Operasi Pengangkatan Tumor FAM

Saya mendapat sharing dari Mbak Hani yang baru saja selesai menjalani operasi pengangkatan FAM (sejenis benjolan/ jaringan abnormal). Tidak disangka semua dimulai saat dia membaca kisah saya dsini. Kita tidak akan pernah tahu bahwa sebuah tulisan dapat membantu orang lain yang membutuhkan. Kisah kami berdua hampir mirip, semoga bisa menjadi kepedulian bersama. Gambar diambil disini.

Enam bulan lalu  aku ngerasain benjolan di payudara kanan.  Aku begitu takut untuk periksa sampai akhirnya ketika mendapat panggilan kerja untuk test masuk di sebuah Bank.  Dokter yang memeriksa mengatakan kalo payudara kananku ada tumor jinak sebesar 6cm.  Aku benar-benar kaget  dan udah pasrah karena tahu pasti aku ga akan lulus masuk  padahal tinggal 1 tahap lagi aku diterima, mungkin memang ini belum rezekiku.

Setelah itu langsung aku beranikan diri untuk USG ke Yayasan Kanker Indonesia dan hasilnya ternyata ada 3 benjolan; 2 dikanan besarnya 4cm dan 2cm, dikiri besarnya 2cm. Sempet shock pas tahu hasilnya, setelah itu tanpa  pikir terlalu panjang, setelah konsultasi dengan dr. Munandar aku langsung operasi  di RS MH. Thamrin Salemba.

Memang yang namanya operasi itu menakutkan apalagi aku seumur hidup ga pernah dirawat di Rumah Sakit dan diinfus jadi sempat nangis-nangis  segala. Beruntung dokter dan suster disana baik-baik dan berusaha menenangkan hingga aku mampu menjalani operasi FAM. Aku dibius total karena operasinya mayor (besar).

Alhamdulillah operasi berjalan lancar dan aku hanya dirawat selama 2hari. Sekarang aku masih dalam proses recovery. Mohon doanya  Mbak dan semua pembaca blog ini semoga semuanya baik-baik saja dan benjolannya benar-benar sudah hilang dan saya bisa beraktifitas sepertt sedia kala..amiiin..

Buat yang merasa ada benjolan walaupun masih kecil segera periksa ya, lebih cepat lebih baik. Sekian cerita dari saya, kalo mau ada yang bertanya  mudah-mudahan saya bisa bantu menjawab. Thx a lot mba Rina sayang atas blognya *kisshug*. Hani 25 tahun.

25 thoughts on “Operasi Pengangkatan Tumor FAM

  1. Dear Mba Rina,

    Wah makasih mba udah dipostingin semoga bisa membantu sesama ya mba 🙂
    Oia aku mau tanya mba, wkt abis operasi mba dikasih tau ga makanan pantangannya apa aja?aku tny dr. Munandar cm dijawab yg bikin alergi aja yg dipantang..

    Thanks & Best Regards :*

    ================================================

    Hindari makanan sea food, udang, cumi, dan juga makan telur ayam. Terimakasih

    • Beneran g bLh mkn telur ayam ya? Abz oprasi ak mLh mkn teLur ayam terus cz utk mpcpt keringnya jhtn. Ap ak sLh informasi ya mb?

      ===============================================

      memang sih ada yag bilang seperti itu tetapi menurut saya selama pengobatan yang diberikan dokter sudah baik, artinya sudah ada obat untuk mempercepat penyembuha luka, obat anti infeksi/ antibiotik maka tidak apa-apa sih.

      Makan telur boleh, secukupnya saja jangan berlebihan. Kalo sudah terlanjur dimakan ya sudah. Besok jangan makan lagi.
      Ini lebih kearah prevention (pencegahan) saja karena pengobatan sudah ditangan dokter. Terimakasih

  2. Hadoh, barusan pacar saya juga ngeluh klo ada benjolan di dada kanannya..
    mesti segera diperiksa nih….

    =========================================

    Sebaiknya segera periksa ke dokter ya…
    Ditunggu hasilnya

  3. Artikel ini sangat bagus karena bisa membantu sesama khususnya para wanita agar selalu waspada terhadap kanker payudara, benar apa yang dikatakan kita harus memeriksa sejak dini kalo ada sesuatu yg lain pada payudara kita…

    =============================================

    Terimakasih, semoga kita lebih peduli dengan aware dengan perubahan dalam tubuh kita. Kenali alarm tubuhmu dengan baik.
    Untuk hidup yang lebih baik

  4. kalau benjolannya dioperasi apa nggak makin meradang,karna yang sering saya dengar kalau tumor dioperasi sama dengan membangunkan harimau tidur,jadinya saya takut satu bulan yang lalu saya meraba ada benjolan dipayudara kiri saya,dr bedah yang saya datangi menyarankan supaya ke RS propinsi kalau didaerah alat untuk memeriksanya gak ada.

    ================================================

    Hal itu adalah anggapan yang salah.
    Justru jika dokter mengatakan ada benjolan yang harus diangkat sebaiknya dilakukan. Jika didiamkan maka benjolan akan semakin membesar mengerogoti jaringan sehat disekitarnya.

    Sebaiknya Sazrah berobat dan cek di Rumah Sakit Provinsi setempat. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  5. saya uda periksa ke rumah sakit propinsi,hasil usg nya:massa mamae sinastra (FAM ? ),bentuknya bulat lonjong,ukuran 2,6 cm x 1,7 cm dikawasan lotsol mamae sinistra,tepinya sebagian tidak nampak,dokter bedah bilang tumor jinak,dan dr menyarankan segera dioperasi tapi saya masiih takut,bagai mana saran anda,oh ya pada tgl 26 july 2011 saya baru menjalani operasi usus buntu yang sudah ada semenjak sebelas tahun yang lalu.

    =====================================================

    Kalo gitu tunggu tiga bula lagi ya. sembuhin dulu operasi usus buntunya. Konsultasi ke dokter.
    Nanti kalo udah 3 bulan dan tidak ada keluhan di usus barulah penyembuhan tumor jinak.

    tetap semngat ya! Terimakasih

  6. Amiin, semoga lekas pulih.
    Hari ini Insya Allah adik saya juga akan menjalani operasi pengangkatan fam.
    Doakan lancar dan dapat segera pulih.

  7. saya udah pernah operasi 10 tahun yang lalu sekarang ada lagi,,gmna yach??operasi lagi???

    ===========================================

    Saran saya, periksa ke dokter lagi, sudah sebesar apa dan bagimana pertumbuhan dari tumor tersebut.
    Jika menurut dokter sebaiknya dioperasi, sebaiknya dilakukan saja daripada tambah besar dan akan mengganggu dikemudian hari.
    Semangat ya dan jangan bersedih! Terimakasih

    • Gak sakit kok cm nyeri sesekali,i2 pun cmn dikit,yg pntng jngn bxk gerak dan mnum obat secara teratur truz rutin periksa ke dokter.Aq jg baru2 kok operasi FAM,awalx jg takut tp stlh menjalanix lega jg dan Alhamdulillah sampai saat ini blm prnh merasakan yg spr sakit.Yg jls demi kesembuhan hrs slalu positif thinking,rajin mnum obat dan berdoa kpd Tuhan.

  8. Mba saya juga baru oprasi 3 minggu ada tumor fam di payudara , mba apa sesudah jaitan kering masih suka merasa kan nyeri , tetapi rasa nyerinya kadang2 soalnya aku baru 3 minggu oprasi mba pemulihannya berapa bulan mba ?? Makasih mba

    ==========================================

    Tentu saja masih sakit dan sedikit nyeri. Mbak masih dalam tahap penyembuhan/ pemulihan. Umumnya pasca operasi diberlukan setidaknya 2-3 bulan untuk benar-benar pulih total. Selain itu setiap 1-2 minggu sekali konsultasi ke dokter untuk mengetahui tahap pemulihannya.
    Tetaplah bersemangat. Terimakasih

  9. Di payudara aku ada benjolan sperti kutil, aku takut itu tumor, tp ga brsa sakit, ini ada sejak 4 tahun yg lalu umur aku 15 thn, tp smpe sekarang umur aku 19 thn aku ga mrsa sakit ato gmna, benjolan seperti kutil itu juga ga membesar. Saya minta pendapatnya yah mbaa, trimakasih bnyak.

  10. saya juga abis operasi fam sudah 4 tahun,tapi kadang rasa nyerinya kambuh kalau sakitx datang saya cuma baring mengurangi aktifitas dokter kasi saran begitu.dan dokter yg operasi saya sangat baik selalu kasi saran yg positif,tidak boleh selalu cemas berlebihan.

  11. saya jga habis oprasi fam..dikiri 3 dan di kanan satu…smpai skrng msih trsa nyerinya soalnya bru sbulan lebih habis oprasi…tapi sampai sekarang masih kawatir kalau kiranya bakalan tumbuh agi.

    ===================================

    Tidak perlu khawatir. rajinlah memeriksakan SADARI pemeriksaan payudara sendiri.
    terimakasih

  12. Hai mba.
    Bagaimana keadaannha saat ini? Apakah sudah pulih?.
    saya mengalami hal yg sama seperti mba. Tp saya blm menjalani oprasi.
    Saya mau tnya, berapa lama proses pemulihannya mba? Harus bed rest selama brapa hari mba?

    ====================================

    Sudah sehaat.
    Istirahat 3 hari setelah itu bisa beraktivitas seperti sediakala.
    Yang penting terus menjaga kondisi tubuh. makan sehat dan pola hidup sehat

  13. ohiya mbak mau tanya, setelah operasi pengangkatan FAM nya itu pantangan makanan nya apa saja ya? kebetulan saya juga dulu pengidap FAM dan baru di operasi 3 bulan yang lalu,trims^^

  14. hai mbak, saya jga udah oprasi fam skitar 1 bulanan lebih menjalan 2 bulan, tapi setelah oprasi saya tidak prnah menstruasi slama 2 bulanan saya jga belum menikah,, apakah oprasi fam itu mempengaruhi haid saya ? mohon bantuannya mbak saya sangat khawatir..terima kasih

  15. Aku juga baru operasi pengangkatan fam di sebelah kiri, masih terasa nyeri sedikit sih.
    Bener gak makan ikan gabus bisa membuat jahitan operasinya cepat kering?
    Makasih

  16. 10 bln yang lalu saya pernah operasi pengangkatan fam dipayudara kiri saya… Dan kemarin tgl 11 april 2017 saya harus melakukan operasi lagi dikarenakan benjolan itu tumbuh kembali di payudara kiri bagian bawah. Awalnya saya kira bukan fam, tp krn sy tkut makanya saya periksakan ke dokter umum. Karena pernah punya riwayat operasi, saya diberikan rujukan ke dokter spesialis bedah yg dl prnh mengoperasi saya. Stlh diperiksa dipoli bedah dokter menyarankan agar dilakukan operasi di RS SISMA MEDIKA. Dan besoknya saya hrs puasa dr jam 6 pagi smp stlh operasi jam 2 siang. Saya dirawat slm 2hri 1mlm.
    Jika ad yg prng mengalami py benjolan sprti saya jgn tkut, sgra periksakan kedokter agar cepat mndpt penanganan scr medis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s