Jangan Keseringan Minum Obat Pencahar

Saya sudah menkonsumsi dulcolax selama beberapa bulan. Memang tidak setiap hari, antara 2-3 hari sekali. Apakah itu berbahaya? Saya sudah menghentikan pemakaian selama 3 hari tetapi kok malah BAB jadi susah dan keras lagi. Please adv. Makasih

Apakah kita boleh mengkonsumsi obat pencahar? tentu saja boleh. Obat pencahar bisa dibeli di apotek/ toko obat seperti Dulcolax dan Microlax. Obat ini boleh digunakan tetapi tidak boleh diminum terus menerus dalam waktu lama.  Sumber gambar disini.

Kenapa tidak boleh diminum setiaphari atau 2-3 kali seminggu? karena nanti tubuh kita akan ketergantungan dengan obat pencahar, elastisitas dinding usus besar malas untuk bekerja. Bahkan ga punya keinginan untuk pup teratur dan bisa setiap pup akan sakit.

Kalo udah kebiasaan bagaimana menghentikan pemakaiannya? Tidak boleh distop langsung, sebaiknya  penggunaannya  dikurangi secara bertahap. Misalnya sudah biasa minum 3 x seminggu, minggu depan hanya 2 x seminggu, dan 1 x seminggu, sampai berhenti total sekitar sebulan. Selama sebulan itu coba berpuasa “makan berat” seperti makanan berlemak, daging sapi, seafood, asam, pedas, berminyak/santan..

Lalu  selama 3 bulan kedepan selalu makan buah setiap harinya seperti buah pepaya untuk (senin), pisang (selasa), semangka (rabu), melon (kamis), belimbing (jumat), nanas (sabtu) dan alpukat (minggu). Buah – buah tersebut kaya akan serat-serat sehinga baik untuk pencernaan. Juga setiap pagi mengkonsumsi oaker oat, beli aja di supermaket. Serat ini adalah bahan untuk menarik makanan yang ada didalam pencernaan sehingga proses pembusukan berjalan lebih cepat dan dapat segera keluar.

Kurangi makanan yang berdaging seperti daging sapi, kambing, makanan berlemak/santan. Ini akan membuat sulit dicerna. Coba saja ganti asupan protein dengan ikan laut dan telur. Kurangi makanan bersantan, terlalu asam, terlalu pedas, gorengan. Saya berharap ini dicoba selama 3-4 bulan.

Kenapa? karena dengan membuat pencernaanmu berjalan dengan sistem moderate level, pencernaan akan berjalan lebih mudah dan kamu tidak akan kesulit untuk buang air besar setiap hari. Nanti tubuhmu akan terbiasa dengan pola ini. sehingga bisa pup setiap hari tanpa bantuan obat pencahar.

Obat pencahar hanya untuk membantu sesaat dan bukan untuk digunakan secara terus menerus, itu salah. Keseringan mengkonsumsi pencahar (baik diminum setiap hari atau 2-3 x seminggu) akan membuat usus kita akan malas bekerja untuk mencerna dan melakukan proses perncernaan dengan seharusnya, dinding usus akan kehilangan elastitias dan fungsinya.

Mari lakukan kebiasaan yang baik setiap hari agar pencernaanmu lancar, jangan lupa minum air putih cukup. Terimakasih

9 thoughts on “Jangan Keseringan Minum Obat Pencahar

  1. saya punya penykit badan sering bergetar,apalagi tangan jdi klo mengerjakan sesuatu saya sering sekali tidak rapi karena tangan yg bergetar,,,ini penyakit turununan krn kakek dan ayah sayapun demikian,nah bagaimana cara mengatasinya???

    pertanyaan yg kedua,sudah hampir 5 bulan ketika saya nelan ludah seperti ada dahak yg menganjal di tenggorokan,3 mggu yg lalu saya kena flu dan saat itu bnyk dahak yg keluar berwarna kuning,saya kira sudah habis dahaknya tp sampai sekarang masih ada,adakah obat yg bisa mengeluarkan dahak???

  2. saya dari duluuu sampai sekarang susah kebelakang, padahal makan saya banyak bisa sampai 4-5 kali sehari, pdhl tubuh saya kurus (ga kurus kering), tinggi 155cm berat 47kg… kebelakang 3-4 hari sekali… lha terus kemana makanan yang saya makan itu?

  3. mba. kalau aku akhir2 ini sering minum promaag nih. rutin hampir tiap hari. 1 tablet sehari.
    karena aku lagi adaptasi di lokasi kerja baru, kadang ngga cocok sama makanannya, habis makan suka mual,
    jadi aku minum promaag terus. ada efeknya ngga ya mba?

    ================================================

    Sebaiknya jangan diminum setiap hari, hanya boleh diminum kalo lagi ga enak perutnya.
    Kalo masih adaptasi sebaiknya membawa bekal dari rumah dulu. terimakasih

  4. mba klo bab trus itu bagus ga ?
    Soal’a perut saya ga bisa penuh sdkit, abis makan bbrpa menit kmudian lngsung mw bab. Trmakasih

    =======================================

    Masih normal kok. terimakasih

  5. saya ketergantungan dulcolax udh 5 blann dok.

    apa keseringan minum dulcolax bsa membuat usus kita menipis ????

    mohon jawabnx dokter !!!!

    ==============================

    Usus kita tidak tipis karena bentuknya seperti jonjot.
    Yang pasti minum pencahar membuat tubuh jadi tergantung. Sulit untuk mendorong (mengejan) agar buang air besar.
    makan dalam jumlah kecil, perbanyak serat dan buah. Terimakasih

  6. saya udah minum dulcolax tiap hari semenjak 3 bulan kebelakangan ini, dan saya minumnya pun gak sedikit.. saya minum 15 sekali minum. apakah bahaya?

    =======================================

    Itu sangat berbahaya, stop mengkonsumsi obat tersebut apalagi dalam jumlah sangat berlebihan!

    Obat pencahar hanya bersifat membantu buang air besar. Yang terpenting adalh merubah pola hidup dan pola makan. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Minum air putih yang cukup.

  7. Mbk saya uda dari smp smpek kuliah ini kalo mw bab hrus pkek dulcolak. Kira” saya masih bs smbuh gg dr ketergantungn ngk? Apa ada efek sampingnya?? Saya harus gmn?

    ========================================================

    Kesembuhan tentu saja masih ada harapan.
    Saya sangat menyarankan agar kamu berhenti mengkonsumsi obat pencahar. Bagaimana caranya? tidak bisa berhenti begitu saja. Cobalah kurangi dosisnya dulu, jika dulu setiap hari minumnya 2 kali sehari maka sekarang dikurangi jadi 1 kali sehari. atau jika minumnya 1 x sehari maka obatnya diminum selang sehari sekali (artinya 3 x seminggu) nantinya perlahan dikurangi 2 x seminggu satu kali seminggu, dat.

    Saat proses adaptasi ini tubuhmu akan mengalami perubahan, untuk itu cara terbaik adlah selama proses pengurangan dosis sellar mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak, makanlah makanan yang mudah sekali dicerna dan jumlahnya dikurangi agar usus ceci dan usus besar bisa menyesuaikan. Dengan tekad yang kuat semua bisa dijalani dan berhasil. Semangat ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s