Lamaran Pekerjaan untuk Farmasis/ Apoteker

salam kenal yaaa. Aku mahasiswa farmasi semester 5. Aku masih belum punya banyak ilmu tentang farmasi dan juga gag punya orang2 deket yang ada di lingkungan farmasi. Aku mau tanya sebenarnya lulusan farmasi itu peluang kerjanya dimana aja mbak?? yang aku tau kebanyakan di apotek, industri ma rumah sakit mbak. Intinya aku pengen tau dunia farmasi itu kayak apa. makasii ya. Anna

Sayapun pernah merasakan hal seperti ini setelah saya lulus, saya mau kerja dimana?. Apakah Apoteker/ farmasis hanya kerja di Apotek atau Rumah Sakit? jawabannya tentu saja tidak. Ladang pekerjaan farmasis sedemikian besar.

Yang paling dicari setelah lulus apoteker bukan hanya nlai IPK tinggi tapi punya skill seperti mengusai komputer, pengalaman organisasi, menguasai bahasa inggris, mandarin, berpenampilan menarik, dll. Kenali diri sendiri apakah kamu orang yang suka bekerja dibelakang meja atau orang lapangan.

Lalu, lamaran kerja saya bisa di-apply ke perusahaan apa saja?


1. Pemerintah/ BPOM
Ini memang favorit, kamu bisa ikutan test CPNS Departemen Kesehatan. Kalo lolos ya kerja di perintahan baik itu di tingkat provinsi atauย  kabupaten. Bisa ditempatkan di Badan POM atau Dinas Kesehatan.

2. Instansi Pendidikan
Kalo udah lulus Apoteker bisa menjadi tenaga pengajar untuk sekolah Asisten Apoteker, Tenaga Madya. Untuk program Magister bisa jadi dosen. Universitas Farmasi dan MIPA udah banyak sekarang.

3. Apotek
Kamu bisa apply jadi APA (Apoteker Penanggung Jawab Apotek) di Apotek Century, Guardian, Watson, dll. Pokoknya semua Apotek pasti butuh Apoteker/ farmasis. Kalau punya modal sendiri bisa punya Apotek sendiri dan mengelola sendiri. Sounds good ๐Ÿ˜€

5. Rumah Sakit/ Klinik
Di Rumah Sakit kamu bisa bekerja untuk pelayananย  instalasi farmasi, penanggung jawab apotek dan pendistribusian obat di Rumah sakit atau klinik tersebut. Ada begitu banyak rumah sakit swasta, negeri, international, private, beauty consultant.

6. PBF (Perusahan Besar Farmasi) dan distributor obat
PBF terbagi menjadi bahan baku obat dan bahan kemas/ packaging. Mualai dari penanggung jawab PBF, Manager, Business Development, Marketing, technical support semua biasanya Apoteker/ farmasis. Seperti saya. Sekarang ini jumlah PBF bahan baku dan packaging sudah ratusan perusahaan.
Untuk Distribusi obat jadi banyak lagi tempat apply kerjanya. Kamu bisa menjadi medical representative, product executive, product manager, training, consultant, sourcing material, dll. Distribusi obat banyak sekali menyerap tenaga kerja farmasi karena distribusi pastinya perlu ada diseluruh pelosok Indonesia, kamu bisa jadi kepala cabang dan lainya.

7. Industri Farmasi
Kalo ini sih udah pasti banyak yang berminat. Bisa bekerja disemua industri farmasi di Indonesia. Jumlahnya sekitar 200-an perusahaan dalam negeri, ditambah 30-an dari Perusahaan Asing dan 4 perusahaan pemerintah.
Tempat ini sangat ideal buat mereka yang baru lulus untuk melaksanakan danmengabdikan ilmu farmasinya, bisa bekerja di bagian Research and Development, production, Quality control and assurance, PPIC/ Logistik, Purchasing, Warehouse, Mantainance, dll. Semua butuh Farmasis dan Apoteker.ย 

9. Lain-lainya
Bukan hanya di Industri farmasi, kita bisa sedikit menyeberang dengan bekerja di perusahaan makanan/ food, fragrance, cosmetics, colorant (pewarna), technical,ย  medical devices,ย  mesin-mesin industri farmasi, alat kesehatan (ALKES). Semua membutuhkan farmasis dan atau Apoteker.

So, Jangan takut untuk farmasi jika kamu merasa mampu. Raihlah kesuksesan dan jangan pernah untuk berhenti belajar karena industri farmasi sangat dinamis dan selalu berkembang dengan penemuan obat baru dengan teknologi obat yang semakin canggih. Semoga menjadi farmasis yang sukses dan berguna untuk sesama yang membutuhkan.


12 thoughts on “Lamaran Pekerjaan untuk Farmasis/ Apoteker

  1. mbak mau tanya dari semua perusahaan yg bergerak dalam bidang farmasi, apakah cuma mahasiswa dari univ negeri yg terkenal saja yg diprioritaskan?
    thanks.. ๐Ÿ˜€

    ======================================================

    Jangan suka membandingkan anak negeri dan swasta.
    Saya ini luusan universitas swasta dan saya bangga dengan almamater saya ๐Ÿ˜€

    Justru tunjukan kepada yang lain bahwa anak swasta bukan anak buangan, semua sama kok asal kita tetap mau belajar dan berusaha.
    Tunjukan kelebihan diri sendiri dan jangan minder. Terimakasih

  2. sore mba..salam kenal..!saya arum, mba sekedar mba tau mencari pekerjaan dimana pun memang susah, utk seorang sarjana aja msh susah utk bisa mendapatkan pekerjaan apalagi hny lulusan SMA/SMEA/STM, mereka hny bisa mjd pelayan restoran / SPG…!tapi tenang aja tuhan itu ga akan jauh dari qta selagi qta msh mensyukuri atas apa yg tuhan sudah kasih ke qta..!malah kalo bisa qta bisa buka perusahaan sendiri dan menggaji orang-orang yg nganggur..!

  3. salam kenal mbak, aku mahasiswi jurusan farmasi juga.
    bahasa apa yang kira-kira perlu dikuasai oleh farmasis–selain bahasa inggris–yang bisa menjadi nilai plus untuk melamar pekerjaan nanti ya? khususnya di perusahaan dan industri farmasi.
    mumpung aku masih semester awal, jadi masih punya banyak waktu untuk menambah skill.
    terima kasih.

    ================================================

    1. Meningkatkan bahasa inggris lebih fasih lagi baik oral and writing, serta belajar bahasa Mandarin.
    2. Menguasai komputer dan program yang berkaitan didalamnya.
    3. ikut kegiatan kemahasiswaan dikampus jangan cuma kuliah aja. Bila perlu jadi ketua senat atau ketua organisasi kemahasiswaan lainnya.
    Itu sangat membantu untuk terjun kedua kerja nantinya. Belajar organisasi itu baik sekali. Terimakasih

  4. salam kenal mbak, aku juga mahasiswi jurusan farmasi.
    kalau kerja di BPOM atau di Dinkes lebih ke farmasi klinis atau industrinya ya?
    aku pingin kerja di sana dan mumpung aku blm menentukan minat farmasi klinis atau industri…
    hehe..
    terima kasih.

  5. punten mbak,
    sekarang saya mahasiswa farmasi semester 4. Saya dengar, lulusan farmasi akan sulit sekali untuk mendapatkan kerja kalau belum apoteker. Apakah itu benar?

    Saya anak keluarga golongan menengah kebawah, kakak saya baru mulai kuliah di PTS karena salah jurusan. Karena itu, keluarga saya sepertinya tak akan mampu membiayai kuliah saya lagi setelah saya lulus jadi sarjana farmasi. Terlebih, biaya apoteker yang mahal. Beasiswa sedang saya usaha cari, tapi tetap saja masih belum rejeki.

  6. Kak , numpang nanyak, kalo kita lulusan apoteker saja apakah bisa kerja di industri dan sekalian jd APA di apotek? Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s