Menyembuhkan Batuk Berdahak

Teman saya sedang batuk-batuk berdahak  selama beberapa hari, yang ini batuk membandel. Kalo habis minum obat sih tenggorokan enak tetapi beberapa jam kemudian batuk-batuk lagi. Saya kasih Ambroxol saja, terus reda deh. Ternyata Ambroxol ampuh mengobati batuknya. Gambar diambil disini.

Ternyata pas saya lihat, kenapa bisa sembuh? pertama pengobatan sesuai gejala dan sesuai golongan obatnya. Ambroxol is used for Secretolytic therapy in acute & chronic bronchopulmonary diseases associated w/ abnormal mucus secretion & impaired mucus transport. See… bukan ambrol yang hebat tetapi karena pengobatannya tepat khusus untuk batuk berdahak. Umumnya Batuk berdahak diobati dengan Bromhexine dan  Ambroxol.

Kalo batuk kering tetntu lain lagi cerita dan pengobatannya. Kamu batuk berdahak atau batuk kering?

45 thoughts on “Menyembuhkan Batuk Berdahak

    • ambroxol itu bs didapat dmn ya mba??
      batuk berdahak q mungkin udh parah banget..

      ========================================

      Bisa dibeli di APotek terdekat.
      Konsultasikan dengan dokter untuk dosis penggunaannya.
      Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  1. Nah, batuk kering atau batuk berdahak sama2 gak enaknya. 😦
    Gak enaknya batuk kering itu kalo pas batuk rasanya sakit banget dada ini.
    Kalo gak enaknya batuk berdahak, susah ngeluarin dahak, dan biasanya habis dikeluarin muncul lagi. 😀

    ======================================

    Betul banget, sehat itu sangat berharga 😀

  2. batuk berdahak udah seminggu. hehe. Baiklah saya akan coba ambroxol.

    thanks y mba.. Tepat pas aku lg batuk 🙂

    =====================================

    Jangan lupa obatnya diminum 3 X sehari 1 tablet sesudah makan.
    Semoga cepat sembuh.

    • Kl ambroxol sirup brp sendok dan berapa kali sehari? thanks 🙂

      ==================================================

      Dosis dewasa: PO 60-120 mg/day in 2-3 divided doses.

      Aturan pakai: Should be taken with food (diberikan sesudah makan)

  3. Pagi Dok….
    beberapa hari ini saya mengalami batuk dengan rasa skit di dada, dan tonggorokan rasanya kering akibat gonta ganti rokok, tp sekarang sejak kemarin udah berhrnti merokok,,,,
    Lalu apa merek obat yg sebaiknya saya komsumsi…????
    Trims Dok…

    ========================================

    Saya bukan dokter tetapi farmasis/ Apoteker.

    Sudah berapa lama berhenti merokok? kalo baru 2-3minggu tentu saja masih bisa batuk-batuk.
    Sebaiknya sih berobat untuk batuk mengganggu.

    Saya berharap agar kebiasaan merokoknya dihentikan, bukan untuk sok sehat tetapi agar terhindari dari resiko penyakit yang lebih berat.
    Percuma kalo saya kasih obat tetapi nanti sesudah sembuh merokok lagi. Sekarang ke dokter untuk mendapat obat, seperti Ambroxol untuk batuk berdahak.

    Saya mohon kalo sudah sembuh stop merokok ya. Terimakasih 😀

  4. Saya sdg kena batuk berdahak nih,dan emang sakit bgt pas batuknya.sering kambuh kl sdh malam dan pagi pagi.apa cocok kl sy minum ambroxol mba?apa perlu minum antibiotik lg?ada yg saranin thiamphenicol? Saya sdri sedang menyusui mba? Takut kl makan obat jd mslah bt anak.mohon sarannya ya.tx sblumnya

  5. thanks atas infonya. saya klo batuk berdahak kok sembuhnya lama yaaa.dahaknya ga hilang2 walaupun sudah rutin minum obat

    ============================================

    Cukup istirahat, kurangi makanan yang membuat batuk dan ikuti aturan minum oba yang benar. Terimakasih

  6. Dear Mba Rina Apt,

    Awalnya saya mengalami batuk berdahak kemudian sembuh batuknya tapi tinggal dahaknya sehingga menyebabkan tenggorokan sakit dan suara serak. Menurut Mba obat apa yang cocok untuk saya dan makanan/minuman apa yang harus dihindari saat ini ?
    Sekedar informasi saya menjadi imam shalat tarawih sejak awal ramadhan hingga hari ini yang mana harus menggunakan suara yang cukup keras dan waktunya lama. Terima kasih…

    Hormat saya,

    Agus Winarso

    ============================================================

    Perhatikan pola makan, kurangi makanan yang bersantan dan terlalu manis serta makanan berminyak. Suara bisa serak.
    Minum wedang jahe biar seger dan minum Fatigon C. Terimakasih

  7. gini mbaa,saya mau tanya..Umr sy 20thn..Aq lg kena batuk berdahak n trkna flu udah 1 minggu…Untk skrg flu nya uda agak reda,tp batuknya membandel,..Sangat mengganggu kegiatan saya….
    Mba bisa bantu saya mengenai obat apa yg efektif buat btuk sya.,n cara mengkonsumsi nya dbulan ramadhan

    ==============================================================

    Kalo batuknya berdahak coba aja diobati dengan Ambroxol 3 X sehari. Mengingat sekarang bulan puasa maka minumnya jam 4.30 pagi, 12 malam dan 7malam.
    Untuk flunya yang hampir reda, minum vitamin C aja biar cepet sembuh. Terimakasih

  8. Just sharing, saya jg bbrp hari ƴğ lalu batuk berdahak sangat menganggu aktivitas, saya tidak langsung minum obat. Tapi saya membuat ramuan tradisional kencur ϑάπ kunyit. Kencur 3 ruas ϑάπ kunyit 3 ruas. Diparut,dikasih air sedikit, direbus, ϑάπ disaring airnya, lalu ditambahi perasan 1 jeruk nipis,dan diminum dg madu. Alhamdulillah esoknya langsung sembuh. Θάπ ini jg saya berikan ke suami ϑάπ anak2 saya kalau batuk pilek. Ada baiknya ditambahkan jahe. Mudah2an bermanfaat. 🙂

    ================================================

    Terimakasih Sharingnya. Sangat bermafaat dan tidak harus semua penyakit ringan ke dokter.
    Kita bisa mnegobati dengan jamu yang berkhasiat. Terimakasih

  9. batuk berdahak keluar darah sedikit apa obat nya dok…

    ===================================

    Sebaiknya berobat saja karena ga pengobatannya bukan cuma batuk tapi juga peradangan.
    Jangan diobati sendiri ya. Semoga cepat sembuh.

  10. saya taupik datuk berdahak campur darah

    =================================

    Jika disertai batuk berdarah sebaiknya periksakan diri ke dokter.
    Jangan takut ya. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  11. saya batuk , tp campur lendir berwarna hijau + ungu + orange + pink, gimana ngobatin nya ya ??

    ===================================

    Kalo lendirnya sudah berwarna-warni sebaiknya berobat ke dokter spesialis paru-paru.
    Coba di cek lebih lengkap ya. Berobatnya harus sampai tuntas. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  12. terima kasih bu, batuk saya sekarang udh hilang lenyap krn obat Ambroxol …. pdhl sebelumnya 3 minggu gak ilang2 sudah makan dex*ral+o*h campur sari, apakah masih perlu diteruskan atau tidak pengobatan Ambroxol nya ? thx

    ============================================================

    Kalo sudah sembuh, Ambroxolnya tidak usah diminum. Jaga kesehatan ya supaya tidak batuk lagi. Terimakasih

  13. Saya memiliki kasus yang ingin saya tanyakan mengenai lutut saya yang mengalami pembengkakan. Saya adalah wanita berumur 20 tahun dan sebelumnya belum pernah mengalami kecelakaan/ luka dalam separah ini. Begini kronologis ceritanya:

    Tgl 26 Okt. 2011 lalu, saya jatoh dari motor. Motornya sih cuman lecet”, tapi sayanya kelempar sampai helm saya copot dan tas saya robek”. Lalu saya jatuh ke kiri dan posisi kaki saya sedang tertekuk, jadi yang kena adalah lutut kiri saya. Saat jatuh, saya terus memegangi lutut saya dan tidak bisa bangun, sampai digotong warga ke trotoar. Saat it, saya menggunakan celana jeans yang cukup tebal, jadi darah tidak keluar. Pagi itu, jam 7.00 saya rencana menuju ke tempat kuliah dan setelah itu saya lanjutkan, sampai sore hari pukul 17.00 bengkaknya semakin parah, saya jalannya mulai pincang dan pada akhiirnya pukul 18.00 saya tidak bisa jalan sama sekali. Lutut saya sudah berubah warna menjadi biru+ungu+bengkak segede bola basket.
    Malamnya saya ke dokter syaraf dan disuntik tapi semakin sakit. Keeseokan harinya saya dirongent dan katanya tempurung lutut saya geser, tulang sedikit retak. Saya juga sempat diurut 3x dalam 2 minggu. Tidak ada kesembuhan, saya pergi ke dokter umum dan katanya saya tidak boleh diurut. Ada banyak cairan di lutut saya berupa darah kotor+nanah dan cairan2 lain yang harus dikeluarkan. Akhirnya saya disedot oleh dokter umum, menggunakan jarum namun sampai sekarang pun, sudah hampir 3 minggu, bengkaknya belum kempes2. Kaki saya masih tidak bisa ditekuk, kalau jalan beberapa langkah sakit, ngilu dan merasa pegal2.
    Yang ingin saya tanyakan adalah, pengobatan apakah yang harus saya lakukan setelah ini? Saya takut pembengkakan yang terlalu lama menyebabkan radang sendi dan tumor. Padahal melakukan sedot juga hanya boleh 2x, maksimal 3x. Lalu, apakah makanan yang harus dihindari? Thx

    ===================================================

    Saya menyarankan agar Yenny berobat ke dokter spesialis orthopedi. Tolong diperiksa secara lengkap dan menyeluruh. Minta saran dari dokter mengenai tindakan yang harus dilakukan. Tidak usah diurut dan pijat. Obat antiinflamasi mungkin bisa sedikit membantu tetapi itu hanya semnetara. Konsultasikan saja ke dokter agar tidak makin bengkak. Jika meman ada fraktur (retak tulang) sebaiknya diobati dan diterapi sampai tuntas.

    Sekarang jalan beraktivitas dulu setidaknya sampai 2-3 minggu kedepan, sampai benar-benar pulih. Untuk makanan sih tidak ada pantagan. Kurangi makanan yang amis-amis saja agar luka cepat sembuh. Terimakasih

  14. Malam mbak, sya seorng ibu usia sya 44 th, akhir akhir ini saya merasakan nyeri di pinggul sebelah kanan , awalnya kaki kanan saya keseleo dua buln lalu lalu d urut tpi spai sekrng masih terasa sakit klo telpk kakinya d tekuk k atas. Apa mungkin sakit pinggul sebelh kanan saya itu ada hubungannya dengan telapak kaki saya yg keseleo dngn posisi miring. Apalagi klo sudah duduk lalau berdiri terasa nyeri d pinggul kanan saya itu apa mungkin jga ada hubungannya dngn kondisi tulng saya yg sebelmnya jga suka terasa pegal pegal.Di tunggu jawabannya ya N trimakh sebelnnya.

  15. Dok, aku dah 2thn flu/pilek truz kmaren aku bwa k rumahsakit truz d kacih obat tp blm smbuh juqa. . Ckarang malah di sertai batuk berdahak. .gmana solusinya dok.

  16. Apa boleh makan obat batuk berdahak tapi saya nya batuk kering dan flu

    ======================================

    Sebaiknya sih gunakan obat sesuai gejalanya.
    Untuk batuk kering bisa disembuhkan dengan dektrometorfan HBr, Anti histamin (prometazin, difenhidarmin maleate, klorfeniramin).

    Beli aja di apotek untuk batuk kering ( Antitusif) yang ada kandungan bahan aktif seperti disebutkan diatas.
    Semoga cepat sembuh.

  17. saya batuk berdahak,kalo malem dan pagi hari,batuk terus,
    saya sudah minum bimaflox dan ambroxol,namum 2x minum belum ada perubahan nya mbak,
    mohon saran nya buat saya

  18. Ibu rina sangat baik. Mau memberikan waktunya utk menjawab pertanyaan dari org2 yg sedang membutuhkan pertolongan. Smoga berkat dan rahmat Tuhan senantiasa bersama bu rina ya.
    Saya jg lg mengalami batuk berdahak nih bu. Akibat ini nafsu makan jadi hilang krn lidah tidak bisa merasakann sperti biasanya. Sbnernya batuknya sih sdh tidak mengganggu tapi produksi dahaknya kok tidak berhenti2 ya. Jadi ya hrs batuk utk mengeluarkan dahaknya.
    Pertanyaan saya adalah apakah ambroxol bisa menghentikan produksi dahaknya? Trus apakah bisolvon, actifed dan fartolin bisa jg dipakai?
    Trimakasih ya Bu..oh iya satu lagi bu. Obat atau ramuan utk meningkatkan nafsu makan / utk menormalkan kembali fungsi lidah shingga bisa merasa dgn benar apa ya? Tengkyu.

  19. Klo batuk berdahak disertai asma bisa g pke ambroxol..??
    tlg bls secepatx. mkch

    ==================================

    Ambroxol memang obat untuk asma namun saya berharap mbak Silvi tetap memeriksakan diri ke dokter agar aturan pakainya benar. Tidak boleh minum sesuka kita dosisnya. Dan pengobatannya harus tetap diawasi oleh tenaga medis agar tidak kambuhan lagi. Terimakasih

  20. sya batuk berdahak disertai sdikit sesak napas sdah sktar 2 blan, stiap ke dokter pazti dikasih antibiotik n obat batuk, tpi g tau obat batuk apa..
    n sampe skarang blum sembuh..
    Apakah Ambroxol bs di pake dlam kasus sya ini..??
    Terima kasih..

  21. Bu, Dok….
    Anak saya umur 4 tahun batuk berdahak saya minumkan minum ambroxol 15mg bisa kan Bu…??? takaran 1 sendok makan betul ga..???
    Tolong Jawaban secepatnya…???

    =================================

    Untuk anak 4 tahun
    dosisnya : 2-6 year 2.5 mL 3 times daily

    satu sendok makan = 15mL.
    satu sendok teh = 5 mL
    Berarti 1 sendok makan salah aturan pakainya.
    Yang benar : 1/2 sendok teh x diminum 3 kali sehari.

  22. Bu,dok…
    umur q 12 tahun. saya sudah batuk berdahak 2 minggu.Takaran minum obat ambroxol berapa y?
    please jwb cepat y dok……terima kasih….

  23. Iya ambroxol insya Allah ampuh untuk batuk berdahak, tiga bulan lalu saya sampai kena pneumonia karena batuk berdahak yang parah..

  24. Mbak Rina, apa beda ambroxol 30 ml dg 15 ml? Untuk anak2 umur 4 th yg lagi batuk pilek mana yang lebih cocok? Pemakaian jangka panjang apa efek sampingnya? Tolong dibalas ya…terima kasih.

  25. saya mau nanya mohon dijawab,
    kalau penggunaan ambroxol dengan antibiotik itu apakah ada efek sampingnya? Terimakasih

    =======================================

    Antibiotik apa ya yang diberikan oleh dokter?
    Kalo penggunaanya sesuai dengan resep dokter atau atas rekomendasi dokter maka masih aman.
    berobat ke dokter mana ya? mohon info. Terimakasih

  26. Salam
    maaf mau tanya,
    saya sering berdahak dan merasa nyeri di dada tp stlh minum ambroxol lumayan reda dan enakan. Awalnya sy minum 2x sehari tp lama klamaan jadi 1x shari & skrng cm 3 hari sekali.
    Prtnyaannya, kalo konsumsi ambroxol jangka panjang bgaimana utk ksehatan & apa ada efek negatifnya ?
    Skian Trimksih !

    ===============================================================

    Saran saya berhentilah mengkonsumsi Ambroxol. Karena sudah terbiasa maka dihentikannya bertahap.
    Jika sekarang baru 3 hari sekali. Minggu depan coba dengan 5 hari sekali lalu seminggu sekali lalu sampai sebulan sekali dan terus sampai benar-benar tidak mengkonsumsi lagi.

    Bukan hanya Ambroxol, semua obat yang diminum tanpa pengawasan dokter dalam jangka waktu lama maka bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Minum lah obat sesuai petunjuk dokter, kalo tidak sakit tidak perlu minum obat.

  27. Mau tanya nih pak, saya skit sdh 1th lebih. Cuma mslah nya sy tkut obt,, Bila sy mnum obt
    trs berasa tidak enak gt dbdn sy jd timbul gelisah & ketakutan sendiri, Ditenggorokan sy
    merasa ada dahak kental yg tidak bisa dkeluarkn..
    Td 2 semptember jam 9 mlm sy mnum obt bisolvon pengencer dahak Bromhexine.. krn sdh
    tdk tahan di hidung n tenggorokan tdk enak.. sy tkut tdk bisa bersuara.. Ssdh minum jam 10.30
    kepala sy puzing skali.. Nah jam 10,45 obt berjalan yg mmbuat kuping telinga saya ditekan..
    Sampai dini hari jam 3 sy tkut mau mkn obt antibiotik dan obt maag.. Td nya hidung sy lenggang
    n jam skrg dini hari hidung sy spt mampet ada pilek tp tdk bisa kluar..
    Mohon bantuan nya nih pak.. terima ksh atas jawaban nya..

  28. Bu, saya minum pil nya, dahak sya jadi ngga ada lagi dan batuk sya jadi batuk kering parah, apakah ini bagian dari proses penyembuhannya?

  29. Aku mau tanya anak ku usia 5 bulan batuk berdahak belum sembuh sembuh juga udah di bawa ke dokter kalau pakai obat ini bisa atau tidak yah ? terima kasih sebelumnya mohon di respon yah

    ========================================

    Untuk bayi tentu saja berbeda pengobatan dan penanganannya. Dosis dan cara pakainya juga berbeda.
    Saran saya sebaiknya mencari second opinion dengan berobat ke lain dokter untuk pengobatan yang tepat.
    Semoga cepat sembuh ya. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s