Cara Mengatasi Keputihan

Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Menurut mas Wikipedia disini, keputihan disebabkan oleh infeksi yang disertai dengan rasa gatal di dalam dan sekitar bibir vagina bagian luar. Penyebabnya anatara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Gambar diambil disini.

Sebenarnya saya kurang sreg dengan istilah “keputihan”, kesanya negatif  padahal tidak semua cairan sekresi vagina adalah abnormal ( terasa gatal, berbau, warna putih kekuning). Saya lebih suka menyebutnya Leukorrhea atau Leucorrhoea, beberapa pustaka menyebutnya Fluor Albus. Dari sini disebutkan bahwa Leukorrhea dibagi menjadi dua bagian:

1. Physiologic leukorrhea (normal)
Cairan yang  agak kental, banyak mengandung epitel, dengan sel darah putih yang sedikit. Tidak gatal, tidak berbau, bentuknya agak encer sampai sedikit kental, kadang bening sampai warna berwarna off white keputihan. Leukorrhea ini biasanya ditemui pada: wanita yang sedang dalam masa subur (keluar secret/cairan dari kelenjar servik), wanita yang sedang terangsang secara seksual, sampai pada bayi perempuan yang baru lahir.

“Oleh karena itu, bagi cewek yang pernah mendapati waktu bangun tidur tiba-tiba di vagina atau celana dalamnya ada cairan berwarna keputihan, sedikit amis tidak perlu takut apalagi paranoid. Itu bukan sperma tetapi itu adalah Leukorrhea. Terjadi pada wanita yang sedang dalam masa subur, lagipula sperma itu tidak amis tetapi beraroma seperti clorine (bleaching, pemutih pakaian)”.

2. Pathology/ Inflammatory leukorrhea (abnormal)
Ini baru istilah yang tepat untuk menyebutkan keputihan karena pathology Leukorrhea mengandung cairan yang banyak mengandung sel darah putih, berwarna kekuning-kuningan sampai hijau, cairannya lebih kental, berbau disertai gatal-gatal. Inget ya… Pathology Leukorrhea = Keputihan

Tidak diperlukan pengobatan untuk Physiologic Luekorrheaa, cukup dengan istirahat, olahraga, menjaga pola makan dan menjauhi stress. Sementara pengobaatan untuk Pathology Leukorrhea=keputihan dapat diobati dengan pemberian obat antifungi atau jamur seperti Candida dan Trichomonas. Pengobatannya dengan vaginal cream mengandung bahan aktif  Metronidazole, Nystatin, atau Clotrimazole.

Selain itu juga dengan pemberian kombinasi anti jamur dan antibiotika tertentu seperti Nimorazole dan Chloramphenicol, Amphotericin B dan Tetracycline. Jika setelah menikah sering  terjadi Pathology Leukorrhea=keputihan sebaiknya dilakukan papsmear, di Yayasan Kanker Indonesia saja yang hargnya terjangkau.

Cara yang mudah mencegah keputihan adalah dengan personal hygiene, artinya jangan biarkan vagina menjadi terlalu lembab.  Mengganti panty liner setiap hari,  menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat, jauhi stress dan kecapekan, jangan garuk-garuk vagina, dibersihkan setiap hari.

Mencegah lebih baik dari mengobati, apakah kamu pernah mengalami hal yang sama?

43 thoughts on “Cara Mengatasi Keputihan

  1. Terima kasih atas infonya.
    Sebagai referensi buat istri saya.
    Alhamdulillah selama ini istri saya belum pernah kena keputihan.

    ===================================

    Syukurlah selalu sehat dan bebas keputihan.
    Salam buat Istri tercinta di Gorontalo 😀

  2. Slmat siang doc,mhon pnjelasan nya.cewe sya sudah sebulan lebih ne tlat haid.tp d blan oktober haid 2x,tgl 3-10 oktber,dan 26 okt-3 november.kami smpat brbbngan bdan sebatas pgang2 pyudara dan mrs v nya.dan itu masih berbusana.dan sempat jg di tespack hsilnya negatif.tp smpai skrg blm jg haid..dan yg ada keputihan.mhon pnjelasan nya.trma ksih.

    ===================================

    Dear Rahmat,

    Saran saya sebaiknya jangan pernah dilakukan lagi, berbusana atau tidak itu tidak ngaruh, mau cuma main pinggiran atau sampiai penetrasi penis ke dalam vagina itu juga sama saja. Resiko untuk kehamilan tetap ada.

    Meskpun dikeluarkan diluar tetap saja ada cairan pre-ejakulasi yang berisi sperma.
    Semoga yang terbaik aja ya. Nanti kalo terlambat menstruasi lebih dari sebulan coba test dengan alat uji kehamilan. terimakasih.

  3. mba rina, aku uda beres tuh pengobatan pake metronidazol. tapi begitu beres penggunaan malah keputihan lagi. sama aja kayak sebelumnya. jadi gimana dunx???

    ========================================

    Jika mbak Hasna sudah menikah, sebaiknya selama keputihan obatnya diminum berdua (suami istri) dan sampai sembuh kira-kira 2 minggu puasa dulu berhubungan seks.
    Namun jika belum menikah sebaiknya gunakan salep dan tabletnya untuk pengobatan luar dalam. Terimakasih

  4. kalo yang alami ada nggak mbak? sering banget keputihan aku mbak, tapi sekarang aku lebih mengeringkan mengganti celana dalam uda agak berkurang alhamdulillah

    =============================

    Tidak perlu obat-obatan, yang penting menjaga tidak lembab.
    makasih

  5. hhehehehhe info baguus banget nihhh. jadi kalo bangun tidur ga perlu parno kalo ada cairan yg begituu. trimakasih infonya mbak 🙂 . cupss :

    ——————————

    Sama-sama 😀

  6. mba, aku ngalamin keputihan dari SMP, sekarang umurku 22 th. beberapa bulan belakangan ini aku sering banget keputihan yg disertai gatal dan terkadang bau. kadang aku obatin pake Betadine Hygient (yg warna pink) dan hasilnya keputihanku berkurang. tp begitu nggak pake obat itu, keputihan muncul lagi mba. aku jadi gak nyaman banget, mesti pake pantiliner tiap hari. gmn ya mba cara nyembuhinnya? makasi mba..

    ====================================

    Coba kamu perhatikan apa penyebabnya, mungkin dari pakaian dalam (sebaiknya gunakan bahan katun), bila perlu gunakan panty liner setiap hari (yang penting harus diganti setiap hari), kurangi kelembaban (ga usah pake celana dalam kalo mau tidur, jangan pake celana jeans/ bahan yang terlalu ketat), bila perlu mengganti celana dalam sehari dua kali. Coba dilakukan dan perhatikan perbedaannya. Terimakasih

  7. saya mengalami keputihan yg berwarna kuning, tidak berbau tp gatal. Saya udh coba berbagai cara mba tp ga sembuh jg? Apa ini termasuk kategori pms?

    =========================================

    setiap orang punya gejala PMS yang berbeda-beda. Mungkin iya.
    Sebaiknya jika udah ga nyaman dan gatal jangan digaruk mendingan ke dokter. Nanti diberi obat anti jamur seperti Miconazole.
    Semoga cepet sembuh.

  8. mb, saya mengalami keputihan dg warna putih kekuningan biasanya setelah menstruasi, lebih sering tidak gatal, cm agak bau. trus seminggu setelah mens cairan keputihan itu jadi berubah dri tekstur yang mirip kaya bubuk klo kering jadi berlendir mirip seperti ingus dan sedikit amis, warna nya campuran antara putih telur sama kuning (kya warna ingus). saya sudah keputihan sejak 3 tahunan kira2, kadang banyak, kadang sedikit, ga tentu. pernah ke dokter, sempat sembuh tapi kumat lagi. yang mo saya tanyain apa keputihan akan ada pengaruh dengan kesuburan wanita?saya di saranin temen buat minum grafazol sama primadex f, itu fungsinya buat apa mb?dan obat semprot vagina yg kira2 bagus merknya apa?makasih banget yah mb atas jawabannya.. saya mau menikah dlm waktu dekat dan problem ini bikin saya jadi tmbah stres T_T please respondnya yah mb..makasih.

  9. mba, saya mengalami keputihan yang berwarna kuning agak kehijauan dan gatal juga berbau sangat menusuk seperti bau busuk, saya sudah coba minum obat herbal tapi ga sembuh2, saya jd stres kepikiran terus, mkasih banget ya mba atas jawabannya.

  10. mba, saya mengalami keputihan dan sdah berwarna kekuningan tapi tidak bau dan klo keluar bnyak seperti kencing dan itu sangat gatal sekali di bibir vagina, saya sdah pernah minum obat dan ada obat yg dimasukin di vagina jg, tapi kok masih gatal jg y,. mohon atas jawabnya

    ==============================================

    Sebaiknya Rama jangan kecapekaan dan lebih banyak istirahat.
    Jika gatalnya benar-benar menggangu kamu bisa mengkonsumsi obat anti fungi (Ketoconazole tablet) diminum 1 X sehari selama 4 hari.

    Seringlah berganti pakaian dalam 2 X sehari dan jangan sampai terlalu lembab, kalo malam ga usah pake celana dalam ya. Terimakasih

  11. mba, saya mengalami keputihan berwarna putih kyk susu,, gag banyak sih,, tp perasaan terganngu,, udah pernah minum ketoconazol n berhenti tp 1-2 mggu kmudian timbul lgi,, kira2 itu knp y? trus obatny apa?.. mohon jawabannya,, terimakasih.

    ============================================================

    Apakah mbak Rosita sudah menikah?
    Jika sudah menikah dan terjadi keputihan sebaiknya berhenti melakukan hubungan seksual. Juga saat pengobatan yang minum mbak Rosita dan suami sehingga tidak saling menulari dan sama-sama sembuh.

    Jika belum menikah dan sudah berobat tetapi masih keputihan juga saya menyarankan mbak Rosita memperbaiki pola hidup dan makan.
    Stress dan kecapekan bisa membuat cewek kena keputihan. Jika masih belum sembuh sebaiknya ke dokter untuk mendapat pengaobatan lanjutan, bisa terapi obat antijamur yang lain atau kombinasi.

    Satu lagi, kebersiha organ kewanitaan harus selalu dijaga dan dibersihkan, jangan terlalu lembab.
    Semoga cepat sembuh. terimakasih

  12. jika keputihan saya berwarna putih kental dan agak kehijaun serta gatal obat apa yang mesti saya gunakan??????

    ==============================================

    Sebaiknya ke dokter saja untuk mendapat pengobatan yyag lebih tepat obatnya. Terimakasih
    Seoga cepat sembuh ya

  13. dok,untuk keputihan yang kental dan berwarna kehiajuan apa obatnya???

    ===============================

    Saya Apoteker.
    Pengobatan untuk keputihan perlu obat anti jamur, bisa dalam bentuk oral/ tablet atau salep.
    Sebaiknya berobat ke dokter sampai tuntas. Terimakasih

  14. Mba aq mau knsultasi dunk
    tiap hr cairan vagina aq bs
    d’blg normal
    (bening,tdk brlbhn&tdk b’bau)
    biar’pn aq pkai panti hny 1mng9u sblum&ssudah haid
    aq trmsk rank yg resik(mng9anti clna dlm s’hri 3x)
    tp kdang tmbul gtal d’bi2r luar vagina,sebaik’y salep pha yg msti saya gunakan u/
    mngurangi rsa gtal&iritasi

    trus 3hr stlh haid,Slalu timbul flek agak k’coklat’n,dan agak b’bau(bkn bau anyir/bsuk)
    apakah itu normal/trmasuk gjla k’putih’n

  15. mbak,,,sya menderita keputihan dr smp sampai saya berusia 26 ahun,,,segala obat dr dokter,,,dan ramuan tradisioanl sudah saya minum tp tdk ada perkembangan nya,,,keputihan saya itu berwarna kuning kehijau2an,,,berbau dan gatal,,,dan saya sebentar lagi akan menikah,,,bagaimana ya mbak solusi nya saya sangat takut dengan keputihan saya ini

    =====================================================

    Untuk masalah keputihan yang berlangsung bertahun-tahu saya sangat menyarankan mbak HARUS SEGERA berobat ke dokter ginekolog (kandungan)
    Nanti akan diberikan pengobatan untuk menghilangkan jamur ( antifungi ) baik bentuk krim maupun tablet obat.

    Kebersihan daerah kewanitaan juga harus selalu dijaga. Mabk juga tidak boleh terlalu capek dan lelah. Istirahat yang cukup dan mengganti celana dalam 2 x sehari. Semoga cepat sembuh ya. Terimakasih

  16. mba mau tanya dung…

    daerah miss v saya suka timbul kayak biang keringat gitu sampai ke selangkangan, kadang kalau sudah lembab banget gatel2… obatin nya pake apa ya mba? salep atau obat…? obat nya apa mba…

    sebelumnya makasih infonya……

    ==============================================

    Saya tidak yakin itu biang keringat. Hal itu bisa saja disebabkan karena iritasi atau jamur sehingga menjadi gatal. Saran saya sih pake salep yang mengandung anti iritasi atau salep anti jamur. Segera berobat ke dokter dan mohon jangan digaruk saat gatal.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  17. mbak saya mau tanya..
    umur saya 14 thn sudah 2 bulan saya mengalami keputihan,warnya puti klo kelamaan dia mengering,itu gimana ya..bahaya atau tidah dan apa yg harus saya lakukan..

    saya tunggu jawabannya..terima kasih

  18. mb sy mw tanxa, saya wanita usia 27th dan blm menikah. saya sering skali keputihan.tiap kali sebelum dan stelah haid keputihanya keluar sperti ingus berwarna kuning, tp tdk gatal dan tdk berbau,dan disaat masa subur keputihanya jernih spt putih telur mentah. kira2 hal itu menggangu kesuburan reproduksi sy atw tdk ya mb?kr2 itu normal atw tdk, kl tdk,obt ny sebaikny apa. mhn blsny mb.trmksh

    ==================================================

    Justru itu adalah hal yang sangat normal. keputihan tidak selalu identik dengan bau, gatal. Hal ini disebut Physiologic leukorrhea (normal).

    Cairan yang agak kental, banyak mengandung epitel, dengan sel darah putih yang sedikit. Tidak gatal, tidak berbau, bentuknya agak encer sampai sedikit kental, kadang bening sampai warna berwarna off white keputihan. Leukorrhea ini biasanya ditemui pada: wanita yang sedang dalam masa subur (keluar secret/cairan dari kelenjar servik), wanita yang sedang terangsang secara seksual.

    Jadi tidak perlu khawatir. Justru mbak Intan jadi tahu bahwa diri sendiri sedang dalam masa subur dengan bentuk jernih dan agak memanjang kalo ditarik, seperti bening telur ayam.

    Jika sebelum dan sesudah menstruasi warnanya menjadi agak kekuaningan itu berarti mbak intan perlu lebih banyak istirahat. Tidak perlu diobati aatau dikasih sabun pembersih atau apapun. Nanti juga normal lagi.

    Yang perlu dicurigai adalah kalau sampai keputihan ini jadi berbau, gatal, flora manjadi lembab, bahkan berwarna sangat kekuningan. Itu baru sebaiknya berobat ke dokter. terimakasih

  19. Mba aq mau tanya
    Mba aq sering bngt keputihan,trus lama kelamaan koq jd agak kuning yaa d celana dalam? Trus kl berhubungan ama suami mengalami becek mba. Trus ngatasi supya ga becek gmn cara’a mba? Aq kmrn ud IVa trus dksh obat, keputihan quu bza sembuh kn mba?

  20. SORE mba, Sya mau nnya.
    kPutihan sya kya keju cottage gtu, kira” apa ya obat’y ?
    krna nggangu bnged tiap ML dgn suami.

    ====================================

    Saran saya silakan berobat langsung ke dokter spesialis kandungan atau spesialis kulit dan kelamin.
    Nanti dokter yang akan memeberikan obat yan tepat untukmu. Jangan diobati sendiri ya apalagi didiamkan. Itu sangat mengganggu hubungan suami istri, so bersegeralah berobat ke dokter. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  21. mba aq mau tanya, aq pertama kali kputihan berwarna hijau, tp setlah itu menjadi kuning,berbau nyengat dan gatal setelah itu kedokter dan sembuh gatalnya dan baunya pun sudah tidak terlalu menyengat namun setelah obat habis keputihan muncul kembali, teman ku menyarankan untuk mengkonsumsi obat FORMYCO apakah aman? dan dengan kondisi miss v yg seperti ini apakah boleh melakukan Ratus ??

    ===========================================

  22. Salam dok.. mau tanya, akhir2 ini keputihan sy banyak kdng bening kdng aga putih tp kental dan jg aga kuning d celana. Tp tdk gatal cuma agak bau amis dikit, klu bole tau itu apa ha dok? Tolong pencerahannya.

  23. Bagai mana cara menyembuhkan plek kcoklatan pd vagina ? Sdh 3 bln ini sya mengalami plek kcklatan pd vagina. Sya sdh priksa k dokter specialis kandungan .stelh d periksa teryata tak ad ap2 ,sbnary ap yg terjd pd dri saya mhn pertayaan sya d jawab

  24. Selamat siang mba. . Saya sudah 2bulan telat , sama sekali tidak mens . awal sya kira saya hamil, namu setelah testpack hingga 2x hasilnya sama saja yaitu negatif. Namun selama 1bulan setengah ini saya mengalami keputihan berwarna hijau, awalnya gatal2,, tapi sekarang sudah tidak gatal. namun masih saja keluar cairan hijau tsb. padahal saya sehari ganti celana dalam sampai 3x, jika tidur kadang2 saya tidak memakai celana dalam. Mohon saran nya yah mba. . saya takut terjadi apa2. Terima Kasih

  25. mbak, saya 21 thn blm menikah. saya keputihan sejak SMA, kira2 5 thn. lendir yg keluar ini kadang berbau kadang tidak tapi baunya tidak amis dan tidak berbau tajam. warnanya putih kekuningan kadang kehijauan, agak kental .tapi seringkali gatal di bibir vagina. kadang2 jumlahnya banyak kadang jg sedikit. lebih sering gatal kalau malam hari apalagi setelah beraktivitas banyak .

    saya pernah kedokter dan diberi antijamur selama 5 hari tapi cuma seminggu obatnya habis kemudian keputihan saya kembali seperti semula. yg saya ingin tanyakan, apakah keputihan saya yg begini dpt berbahaya utk saya? saya tidak memakai sabun khusus miss V.

    lalu apa sekarang saya perlu memakai sabun khusus miss V ? kalau iya sabun apa yg bagus? lalu kalau misalkan penyebab saya ini krn air di rumh saya yg mungkin kurang hygine, apa sebaiknya yg harus saya campurkan ke air mandi saya? apa saya perlu ke dokter lagi??

  26. Mbk Q udh keputihan semenjak SMP dan itu berjalan sampai sekarang.dan udh 1 minggu ini keputihan ku sudah gk wajar.yg q rasa’n gatel dan keluar cairan putih kehijauan seperti tahu putih.udh periksa k’bidan d’kasih obat grafazol 500 tp tak kunjung sembuh.mohon penjelasan ya trimakasih.

  27. Klo keputihannya berwarna putih susu kental tetapi tidak gatal, apakah berbahaya dan obat apa yang sebaiknya digunakan dan brp dosisnya ? Pdhl tiap hr ganti CD 3x dan dr bahan katun, tpi tetap saja dlm siklus subur ataupun ga subuh cairan putih susu kentalnya selalu ada. Mohon sarannya

  28. Dok sya defi dan sdh menikah.. Sya mau tanya knpa ya dok setiap berhubungan keluar cairan bening yg sngat bnyak itu menimbulkan jdi becek tpi tdk berbau,, tpi aneh ya dicelana dlam sya tdk ad bekas keputihan tpi terasa vagina sya becek tpi tdk keluar dicelana dlam.. Cara ngobatin ya ap dok.. Terimakasih ditnggu bls ya??

  29. mb.saya setelah menikah ini sya mengalami keputihan yg lama setelah haid.dan keputihan itu berwarna kental putih kekuningan,tidak gatal tpi bau.padahal sebelum menikah saya keputihan normal.

    apa solusi n obat buat sembuhin nya za mbk.
    makash

    • Mbak saya belum menikah , mau tanya, saya mengalami keputihan warna seperti susu , dan kadang2 seperti butiran2 keju , trus bau seperti busuk dan kadang2 gatal, , cara pengobatan yg baik gimana ya mbak , tlong infonya dong mbak ,,,,

      ================================================

      Saran saya lebih menjaga kebersihan organ intim, meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan seimbang, istirahat cukup dan sehat.
      Sebenarnya tubuh akan mengobati sendiri keputihan tersebut, diorgan intim wanita ada bakteri baik yang akan membunuh bakteri jahat.

      Namun apabila gatal dan bau kurang sedap sudah menggangu tidak ada salahnya konsultasikan ke dokter nanti akan diberikan pengoabtan yang tepat, bisa anti jamur atau pengobatan antibiotik bila perlu.

  30. Terima kasih atas penjelasan yang di berikan, saat saya membaca dari media asing. Ternyata keputihan memiliki banyak penyebab atau jenis2 lain. Hal ini menambah pengetahuan saya

  31. mba sy mw nanya,sy udh menikah dan pnya anak.selama menikah dn pnya anak syga pernah mengalami keputihan yg parah.cm setahun yg lalu sy pernah mengalami penyakit aneh.klo bdn demam kencingnya ,berwarna putih susu.tdk gatal dan tdk bau.tp sdh sy obatin dn ga kambuh lg.skrg stlh bbrpa bln ini tiap hbs berhbgan selalu bau.pdhl sy dh jaga kebersihan..knp ya mba..mohon saran nya dn obat apa yg hrs ku minum.mksh

  32. Mengganti panty liner setiap hari, menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat, jauhi stress dan kecapekan, jangan garuk-garuk vagina, dibersihkan setiap hari.
    Merupakan car terbaik untuk pencegahan. Terimakasih tipsnya kakak

  33. maaf dok saya mau tanya..saya sekarang lagi hamil 38w dan saya mengalami keputihan yg sdikit gatal..lalu saya mengkonsumsi grafazol 500..yg saya tanyakan apakah obat ini aman untuk janin saya dok..soalnya dulu saya juga pernah keputihan di trisemester ke2 dan sama bidannya di kasih obat ithu..trimakasih untuk jawabanya

    =================================================================

    Kehamilan 38 minggu sedah sebentar lagi melahirkan. Semoga persalinannya lancar dan anaknya sehat sempurna.
    Saran saya kalo terjadi keputihan lagi berobat ke dokter, jangan karena pernah mengkonsumsi obat tersebut bisa dipakai lagi sesudahnya.
    Untuk itu Mangan dikonsumsi dulu ya. Tanyakan ke dokter untuk lebih pastinya. Ini sudah mendekati harinya, jangan sampai ada kesalahan.
    trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s