Zinc: Mengatasi Rambut Rontok

Sudah sebulan ini saya mengalami masalah rambut rontok padahal rambut saya tergolong kuat, gede,  dan sedikit kaku. Untuk mengatasi hal itu saya udah ganti shampo yang anti hair falls plus vitamin rambut. Hasilnya berkurang tapi masih ada rambut yang rontok. Saya jadi berpiikir kenapa? Mungkin Jakarta panas, saya jadi mudah kecapkean, kulit jadi kering dan berjerawat.

Saya penasaran, apakah saya kurang vitamin/mineral tertentu?. Akhirnya saya menemukan jawabannya di Presciption for Nutraceutical Healing book, page40. Ternyata saya kurang mineral Zinc. Kekurangan Zinc dapat menyebabkan rambut rontok, jerawatan, kolesterol meningkat, kelelahan, kuku terdapat garis putih dan tipis, flu, penyebuhan luka menjadi lama serta pengaruh imunitas.

Saya putuskan beli vitamin Zinc di Apotek dan mengkonsumsinya sekali sehari (dosis tidak boleh lebih dari 100mg/hari). Hasilnya sudah dua minggu ini rontok rambut saya berkurang jauh dan kulit menjadi sehat 😀 😀 😀

Zinc banyak terkandung dalam telur, jamur, seafood, soy lecithin, kedelai. Jadi, tidak ada salahnya buat kamu yang ingin mengatasi rambut rontok, kulit yang lebih sehat, meningkatkan imunitas tubuh biar tidak gampang sakit, silahkan mengkonsumsi Zinc secara teratur.

Stay Healthy and Beautiful 😀

18 thoughts on “Zinc: Mengatasi Rambut Rontok

  1. wah ini infonya bagus banget, soalnya rambut saya juga rontok banget. nanti mau coba beli vitamin zinc ah 🙂

    kalau untuk dermatitis seboroik (bener kan yah istilahnya) di area kulit rambut obatnya apa ya mba? saya pernah baca di internet, bisa pakai shampoo yang ada kandungan ketoconazolenya. selain itu apa ada salep khusus yang bisa dibeli di apotik?

    terimakasih banyak infonya 🙂

    • Dear Rona,

      Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit yang berlangsung kronik dan kambuhan. Dermatitis seboroik ditandai dengan kemerahan, gatal, dan kulit bersisik, paling sering mengenai kulit kepala (ketombe), tetapi juga dapat mengenai kulit pada bagian tubuh lainnya seperti wajah, dada, lipatan lutut, lengan dan lipat paha. (lihat disini: http://www.kalbe.co.id/?mn=news&tipe=detail&detail=19243 )

      Ga usah pake salep Ketokonazole, minum aja Itraconazole capsule 200mg.

      Itraconazole kapsul 200 mg/hari selama 7 hari dan penggunaan berturut-turut 200 mg/hari selama 2 hari pertama dari setiap bulan selama 2 bulan berikutnya

  2. Apakah kalau melihat gambar atau video orang yang rambutnya tidak banyak ada pengaruhnya juga ke rambut sendiri. Bisa hilang atau rontok…? Jadi ampuh nggak ya kalau lihat orang yang rambutnya banyak atau gondrong….

    ===========================

    dicoba aja sendiri 😀

  3. kalau make merk shampoo yang mengandung zinc sama nggak bu

    ============================

    tentu beda.
    Kalo ini dalam bentuk tablet, jadi penyembuhannya dari dalam.
    Sementara shampo penyembuhan dari luar.

  4. mba? kok pertanyaan saya belum dijawab yaa???

    ======================

    Saya menerima banyak pertanyaan jadi harus dibalas satu-satu.
    Sabar ya!.

    sudah saya jawab, please check. Makasih

  5. oke mba rina.
    terimakasih banget ya.
    very helpful.

    thank you again 🙂

    ==================

    Sama-sama 😀
    Stay health 😀

  6. wihihihi tak kira iklan tadi itu mbak 😀

    ==========================

    Saya malah ga kepikiran sama sekali.
    Mungkin si pembuat shampo juga berpikir yang sama ZPT
    Zinc juga isinya.

    kalo shampo untuk pemakaian luar, ini Zinc gluconate dan Zinc picolinate untuk tablet yang diminum 😀
    makasih 😀

  7. Tolong tanya, kalo untuk menguatkan akar rambut supaya tidak rontok bagaimana?. Karena saya sudah minum zinc 50mg/hari, pakai serum. Rambut baru sudah banyak yang tumbuh, tapi rambut tetep rontok, bahkan yg tumbuh baru jg ada beberapa yg lepas.
    Kapan waktu yg paling tepat tuk konsumsi zinc?
    Terimakasih Mbak.

    ==============================

    Bila mengalami kerontokan, memang vitamin Zinc 50mg perhari dapat membantu membuat rambut terangsang pertumbuhannya.
    Pertama untuk mengurangi kerontokan, guntinglah rambut menjadi lebih pendek (misalnya seleher). Rambut yang panjang bisa membuat akar tidak kuat.

    Lakukan perawatan rutin, Jika punya uang lebih bisa ke klinik rambut Erha. Agak mahal emang 😀
    Kalo duitnya kurang, coba dengan mengkonsumsi Zinc 50mg perhari, diminum setengah jam setelah makan pagi. Lakukan selama 3 bulan tapa stop.
    Setelah 3 bulan kurangi konsumsi zinc, cukup dikonsumsi seminggu 2 kali saja. Karena terlalu banyak Zinc juga ga bagus.

    Selain itu, jauhkan rambut dari stress seperti kepanasan (pake payung), gunakan vitamin/ serum rambut, shampo dan konditioner yang tepat, perawatan creambath setiap sebulan sekali, hindari keringat dikepala, pake daun lidah buaya setiap minggu. Semoga rambutnya sehat 😀

  8. mohon bantuannya
    saya kemarin coba beli diberbagai apotik di surabaya
    saya tanyakan vitamin zinc, tp apotiknya bilang gak ada
    malah ada yg ngasih redoxon, tp saya lihat kandungan vit C 1000mg dan zinc 10mg

    pertanyaannya
    apa saya salah sebut menanyakan ‘vitamin zinc’?
    dan apa semacam suplemen seperti redoxon punya fungsi sama dgn vitamin zinc yg anda maksud?
    trima kasih
    mohon jawabannya

  9. stres juga ni sama rambut rontok, pernah baca di majalah sih emang salah satu penyebabnya krn kekurangan zinc trus coba minum zinc yg dari Tiens nggak ngaruh. Kalau yg kamu minum nama vitaminnya apa tu? pengen coba juga,siapa tau sukses 😀

    =========================================================

    Bukan obat yang membuat kita bebas dari kerontokan rambut. Obat hanya alat bantu saja, coba cek ayah dan ibu kita. Kalo salah satunya berambut tipis atau botak maka dipastikan kita juga akan seperti itu. Jika mereka tidak botak atau tipis rambutnya maka itu disebabkan oleh pola makan, rabut yan kurang ternutrisi, rambut sensitif matahari, kepanasan dan lainnya.

    Cek apa yang terjadi pada diri sendiri. Terimakasih

    • Oh iya, tambah 1 pertanyaan lagi, kalau perawatan di ERHA harganya rata2 berapa?
      Takutnya udah kesana ternyata kemahalan lg 😛

      ================================================================

      Saya tidaktahu pasti harganya karena itu tergantung dengan kondisi kulitmu dan perawatan apa yang ingin diambil.
      Terimakasih

  10. mbak bantu jawab ya, saya ada krontokan rambut dn skrg tipis mbak, kalo ke apotik saya harus bilang gimana untk beli obat zinc itu, merk obatnya maksud saya 🙂
    trs saya baca kan di internet zinc capsule dr tiens itu gimana ya ,apa memang sama saja zinc yg diapotik kandungannya ?? terimakasih

    ========================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Jika rambut mbak Shinta sekarang mengalami kerontokan. Hal yang pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memotong rambut menjadi lebih pendek. Bukan dipotong jadi bondol atau cepak tapi lebih pendek 5-10 cm dari rambut sekarang. Ini pengalaman pribadi saya sendiri waktu rontok. Rambut saya sepanjang garis tali bra hehehe. Rontok dan saya potong sendiri 10 cm tinggal sebahu. Apakaha masih rontok? ya tentu tapi kemudian berkurang.

    Kedua, lakukan perawatan intensif selama 3 bulan berturut-turut setiap 1-2 minggu sekali ke salon untuk creambath. Kalo terbentur masalah biaya untuk perawatan hair spa dan serum sebaiknya beli sendiri saja di toko kosmetik. Tanyakan merek yang bagus untuk treatment rambut rontok apa aja. Yang saya lakukan perawatan hair spa setiap minggu dengan bawa sendiri. Selain itu minta saat creambath tidak dipijat dikepala karena justru akan menimbulkan kerontokan yang lebih parah. Dipijat saja dileher dan punggung. Gunanya biar rileks dan tidak stress.

    Untuk perawatan harian bisa beli Vitamin namanya Pantogar kalo Zinc ga ada.
    Menurut saya kerontokan hilang bukan karena minum obat ini atau itu. Yang penting terus lakukan perawatan kulit kepala, hindari stress, banyak minum air dan bisa ditambah serum untuk mengurungi kerontokan. It work for me and you too.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s