Antioksidan: Pengobatan Thalasemia Beta Mayor

Saya punya anak penderita thalasemia beta mayor. sekarang sudah lebih dari 10 kali transfusi sehingga sudah membutuhkan frriprox untuk kelasi besinya. yang saya tahu, selama dalam masa pemberian iron chelation, dibutuhkan vit. c untuk mengoptimalkan proses tersebut.anak saya sekarang usianya 3 tahun.
kira2 berapa dosis vitamin C dan Vitamin A yang dia butuhkan?  dokter cm kasi resep, tanpa menjelaskan. sementara aku gak merasa cukup, alias kurang puas. aku tunggu jawabannya lho… tks ya mbak..

Buat semua ibu yang memiliki anak yang menderita Thalasemia Beta Mayor saya ingin memberikan semangat untuk tetap memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta. Saya mendukungmu!!

Thalasemia merupakan penyakit keturunan  dari anemia hemofilia dimana terjadi kerusakan sel darah merah dalam pembuluh darah sehingga umur eritrosit menjadi lebih pendek kurang dari 100 hari, (sumber: Ngastiyah, 1997). Bahasa gampangnya sel darah merah cepat rusak, kebayang dong kalo sel darah merah rusak maka badan lemes, lesu, rewel  (seperti cewek lagi menstruasi). Biasanya untuk membuat sel darah tetap bagus perlu transfusi darah (mengganti sel yang rusak).

Tujuan penderita Thalasemia Beta Mayor untuk mendapat  bantuan transfusi agar kadar darah terjaga sehingga tidak kelebihan ferrous/ iron. Ada beberpa obat yangdapat diberikann,  obat yang ibu maksud adalah Ferriprox yang kandungannya berisi Deferiprone 500mg, for treatment of Fe overload in patient with thalasemia mayor when deferoxamine therapy is contraindicated or unadequate (sumber om wikipedia).

Buat siapa aja yang berobat ke dokter, tanyakan apa yang diberikan oleh dokter. Itu adalah hak pasien. Ibu berhak untuk mendapat pelayanan konsultasi obat. Kalo dokter tidak mau memberikan informasi, coba ke Apotek. Katakan, saya mau bicara dengan Apotekernya. Bertanyalah karena itu wujud dari pelayanan Pharmaceutuical Care.

Untuk terapi pendamping memang sangat diperlukan antioxidant agar kondisi tetap fit dan optimal. Dosis untuk Vitamin C adalah 60-100mg perhari. Dikarenakan si anak akan mengkonsumsi dalam waktu yang lama mohon, ditanyakan ke anak apakah perutnya sering perih setelah minum vitamin C, jika jawabannya ya, maka vitamin C sebaiknya diganti dalam bentuk Vitamin C bentuk Ester. Vitamin C Ester tidak mengiritasi lambung.

Untuk antioxidant vitamin A 800ui (beta carotene) dan Vitamin E 200ui (alfa tocoferol) bisa membeli diapotek yang mencukupi kebutuhan perhari. Biasanya sudah ada multivitamin paket yang dijual sehingga cukup minum 1-2 tablet perhari. Tanyakan dengan Apoteker dibangian supplement.

Saya mau kasih satu lagi informasi, antioxidant sangat baik untuk siapapun (baik anak kecil, dewasa, sakit, pencegah sakit) memang dosisnya berbeda-beda. Kandungan antioxidant ada dalam buah-buahan seperti jambu merah, red dragonfruit (buah naga). Bahkansekarang telah ditemukan angka antioxidantnya jauh lebih tinggi dibanding vitamin A, E, dan C.

Coba cari info mengenai super antioxidant seperti Astaxanthin (maaf saya sebut merknya; Asthin force),  indicaxanthin (kandungan buah naga), Fucoxanthin. Sekarang trend Antioxidant sedang marak dipasaran. Semoga informasi ini bisa membantu buah hati tercinta. Terimakasih.

14 thoughts on “Antioksidan: Pengobatan Thalasemia Beta Mayor

  1. semoga mereka yang terkena thalasemia bisa segera lekas disembuhkan

    ==============================

    Semoga cepat sembuh
    Keluarga juga diberi dukungan yang baik 😀

  2. wahh..buah naga banyak mengandung antioksidan ya mbak??

    =============================

    yup, selain itu tomat, alga (seeweed), carrot,
    ikan salmon, dll

    banyak banget… biasanya dibuah-buahan yang berwarna merah mengandung xanthin yang baik sebagai antioxidant.

  3. Mbak santi…. Yang saya tahu antioksidan tuh pan yg menghambat kanker ya mbak? Sayuran dan buah-buahan sumber utamanya, wabil khusus buah mengkudu, teh, bawang putih (?) dan gingseng. Buah naga dan jambu merah? ini info baru…

    Trims tuk share ya mbak… kayaknya akan sering kesini nih.. 😀

    ==========================

    Just call me Rina 😀
    Saya sangat mengerti apa itu antioxidant.
    Gunanya banyak banget… let me share to you: Antioxidant digunakan sebagai mencegah radikal bebas, whitening agent yang dapat memblok sinar matahari, mencegah terjadinya tumor, mencegah diabetes, menghaluskan kulit, dll. semuanya ada loh. so Antioxidant itu sangat bermanfaat sekali untuk tubuh.

    sekarang yang lagi ngetren yaitu Alga merah, ganggang Clodasiphon Okamuranus, Fucoxanthin, Coenzyme Q-10, Carotenoid, dll
    So amazing discuss about Antioxidant…. malahan bagus banget kalo dibuat penelitian 😀

  4. Artikel ini bermanfaat bgt..
    saya da teman penderita Thalasemia minor 😦 hiks
    Izin kasih link ini buat temenku yah…

    =========================

    terimakasih, silahkan link saja dengan teman-temanmu.
    Sampaikan salam saya 😀

    Tidak perlu bersedih karena kita semua punya hak untuk hidup berbahagia denga sekecil apaupun keadaan.
    Penyakit hanya kelemahan… masih banyak kan hal lain yang patut disyukuri.
    Salam

  5. Hallo…. dah lama ga mampir…
    mampir2 dah ada putunyah…agak mirip seseorang..Hehehehe

    Alhamdulillah gw ga mengidap thalasemia…yang pasti gw suka makan jus buah naga. Hehehehe

    ========================================

    Ayo, mirip siapa??

  6. saya sedang penelitian obat alternatif untuk fe chelating,, secra in vitro tebukti mengikat fe, kalau berhasil harganya pasti murah sekali

    ======================

    Semoga lebih banyak lagi ilmu pengetahuan yang dapt membantu sesama yang membutuhkan.
    Kasih tahu ya nanti kalo sudah dipublish. Great to know it 😀

  7. Saya juga apoteker dan Ferriprox salah satu obat yang populer dibeli oleh pasien2 pasien thalassemia. Semoga kita bisa selalu sharing obat2an yang natural utk Fe chelating yang berguna utk thalassemia major.

    ===============================================

    Terimakasih. Salam kenal mbak 😀

    • sy berdomisili di batam.
      sy membutuhkan obat ferriprox, tp tidak ada d sini. kira2 sy bs mendapatkannya dimana ya

      =================================

      Ferriprox mengandung bahan aktif Deferiprone dan memang belum ada generik atau Branded Generik yang ada di Pasaran sehingga tidak banyak ditemui di beberapa Apotek.
      Coba Mas Joko konsultasikan lagi dengan dokter apakah obat tersebut dapat diganti atau hal lainnya.

      Atau coba alternatif kedua dengan menghubungi manufacuturenya langsung dan tanyakan distributor obatnya siapa dan adanya dimana. Mas Joko dapat menghubungi manufature Ferriprox yaitu PT Quamed. Alamatnya :
      Mailing Address:
      Jl Johar No 5 Jakarta 10350
      Contact Number:
      Tel: 021-314 9335
      Fax: 021-314 9336

      Terimakasih

  8. Hi there would you mind stating which blog platform you’re working with? I’m going to start my own blog soon but I’m having a tough time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I’m looking for something unique.

    P.S My apologies for getting off-topic but I had to ask!

    ========================================================

    I recommended to using wordpress as your domain and engine. there are a lot of things that awesome in WordPress.
    Be unique and different but always focus in what you want. Thank you.

  9. Dear ibu dan Bapak sekalian, sedikit informasi yang harus di perhatikan bagi orang tua Thalasemia adalah penurunan SF (Serum Feritin) dan LIC (Liver Iron Concentratrion), pada tahun 2000 memang tingkat kematian diakibatkan karena adanya penumpukan Besi di Hati dan sepanjang berjalannya waktu ternyata pada tahun 2010 diketahui penyebab kematian yang paling utama adanya penumpukan di Hati, sehingga untuk kasus ini pada pasien thalasemia memerlukan obat iron chelator yang dapat mengeluarkan besi baik di jantung dan di hati,

    termasuk besi yang tersebar di dalam darah, karena apabila terlalu banyak penumpukan besi, makanya kulit sich penderita tentu nya akan menghitam, splen akan membesar, dan lama kelamaan akan menyebabkan gagal jantung dan hati,… tetapi bagi orang tua jangan khawatir sekarang sudah ada obat yang mampu mengikat besi yang ada di jantung, hati dan di dalam darah sekalipun, nama obat tesebut juga sudah masuk dalam fornas, dan ditanggung BPJS yaitu Deferasirox, ……… dan hanya cukup 1 kali sehari untuk diberikan si penderita sehingga sich penderita untuk kepatuhan nya meminum obat lebih baik,….

    sekian informasi dari saya, dan semoga bermanfaat dan silahkan di berikan informasi ke pada teman, saudara, keluarga atau yang anda kenal ketika tau orang-orang yang mereka sayangi menderita thalasemia, karena sebenarnya thalasemia itu ada obatnya, dan jangan berputus asa, …………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s