Ekstrim: Menghilangkan Mata Ikan

Bersiaplah ngilu membaca postingan dibawah ini. Jangan pernah meniru adegan berbahaya ini and don’t try this at home. Sebaiklah lakukan dengan cara aman dan tanpa darah-darah. Begini ceritanya:

aku punya pengalaman dgn mata ikan. wkt itu aku msh SMU, saking sakit bgt dan nyut2 terus. aku obatin sendiri tanpa beritahu sapa2 dirumah.

aku ambil pisau dapur punya mami, gunting kuku, lilin, korek api, kapas, alkohol, betadin. coba bayangkan pertama aku bakar dulu semua peralatan biar steril terus aku gunting, korek pelan2 kulit telapak kaki dan sambil aku bakar kakiku yg terkena mata ikan itu.

akhirnya sampe ke akar2nya dalammmm bgt…… lobangnya dan akarnya panjang bgt mirip bentuk kerucut. pertama2 sakit sich lama2 krn pengen cepet sembuh ga ingat sakit lg. begitu akar kecabut,langsung sembuh total kakiku.hehehe………. ampe skrg ga ada bekas apapun dikakiku dan ga pernah muncul lg tuch si mata ikan !!!!. telapak kakiku mulusssss…………. Thanks God. (Tika).

Syukurlah ga ada infeksi dan mata ikan kecabut sampai keakar-akarnya. Saran saya, jangan pernah lakukakn sendiri.  Sebaiknya ke dokter aja untuk dilakukan operasi minor untuk mengangkat mata ikan ditelapak kaki. Menurut saya jauh lebih aman dan telapak kaki mulus kembali, mahal dikit ga apa-apa yang penting ga pake acara perih berdarah-darah.

50 thoughts on “Ekstrim: Menghilangkan Mata Ikan

  1. Sama tuh jaman aku SMA pernah dapat mata ikan juga di jari jempol kaki. Trus aku potong pakai gunting kuku sampai kelihatan akarnya mirip sapu lidi tapi ga hilang juga. Akhirnya aku pakai obat yang dioles dan ternyata sembuh dalam 2 minggu 😀

  2. teman aku pernah terserang mata ikan seluruh tangannya penuh lalu dicari yang pertama tumbuh dicabut eh ternyata yang lain ikutan hilang

    =============================

    berarti induknya sudah sampai beranak pinak.
    Syukur deh sudah sembuh mata ikannya.

  3. Saya dulu pake callusol butuh waktu 2 minggu baru sembuh

    ================================

    selamet ya mata ikannya udah hilang.
    2 minggu termasuk cepet.

  4. saya juga dulu waktu kuliah ada mata ikan di kaki, cukup banyak,,, seya gunakan cara dengan dicabut tapi kurang maksimal, selalu tumbuh lagi…. saya gunakan sabun batang yang dulu disebut sabut cap tangan…dioleskan sambil di sikat dan didiamkan semalam,, sekarang udah sembuh…

  5. Cukup, makasih. Saya baca dari sini aja udah kebayang sakitnya… >__<"
    Oh, bisa ya minta ke dokter kulit untuk operasi hanya untuk mata ikan? Ga ada obat luarnya?

    ==========================

    untuk lebih jelasnya silahkan baca tulisan saya cara menghilangkan kutil dan mata ikan.
    untuk mata ikan ditelapak kaki yang akarnya sudah dalam sebaiknya dilakukan operasi kecil (minor surgery), paling waktunya 20 menit, setelah mata ikan diangakat samapi akarnya lalu diperban dan diberi obat agar cepat sembuh dan tidak infeksi.

    Jika mata ikannya kecil, cukup dengan dibeli obat oles asam salisilat (Calusol) dioles tipis-tipis pada mata ikannya. Kulit akan terkelupas perlahan-lahan dan lanjutkan selama 2 minggu pemakaian. terimakasih.

  6. aku jg lg kena virus clavus d telapak kaki neh…awalny kukira krn kemasukan pasir..y kubiarkan ampe sebulan..skr ud bsr kyk kcg.bingung x m pake obat apa.kugunting n d tekan2 ttp z g ad nanah yg keluar.gmn dnk?

    ———————————-

    Harusnya jangan digunting karena bisa jadi guntingnya berkarat dan kayanya infeksi dech.
    Sebaiknya ke dokter umum aja. doter pasti tahu kok apa yang harus dilakuan, bila perlu diberi antibiotik biar infeksinya cepet sembuh. Cepet sembuh ya kakinya.

  7. kalo saya pernah oprasi,tapi kira-kira 6 bulan berikutnya tumbuh lagi..kalo gini kyknya dokternya yg kurang bersih waktu ngebersihin….(sdkt menyesal)

    =======================================

    Tidak perlu menyesal.
    itu karena akarnya sangat-sangat dalam sehingga dokter tidak mungkin mengambil jaringan terlalu dalam.
    Bukan cuma Setyo yang pernah mengalaminya, beberapa teman yang lain juga pernah bahkan sampai beberapa kali.

    Ayo, lakukan operasi minor lagi biar tuntas pengobatannya.
    Semangat dan jangan kalah sama mata ikan.

  8. mau tanya, apa bener2 harus operasi ya..?
    soalnya ngebyanginnya aja udah takut banget… 😦
    aku gak tau ini yang adja di kaki mata ikan apa bukan,
    jadi gini ceritanya,,

    waktu itu, kira-kira setahun yang lalu, kaki bagian tumitku kemasukan debu. keciiillll banget…
    nah, debunya masuk ke dalem, tapi masih keliatan,,, jadinya aku coba congkel sendiri.
    eh tapi gtau knpa tu debu gak keluar2 juga. padahal menurutkku gak terlalu dalem.
    terus aku paksain terus, sampe akhirnya kulit sekitarnya jadi agak sobek,,

    sampe seterusnya aku cuekin aja,, soalnya gak jadi masalah,, kadang aku iseng, suka aku kopekin kulit samping-sampingnya,,, dibuat jalan juga gak sakit, kecuali posisi tertentu yang pas banget debu tadi ada, bakal nyeri,,

    sampe akhirnya 1 bulan terakhir ini kerasa benget nyerinya,,, dan baru sadar kalo udah keras banget kulit sekitarnya,,, mennonjol juga,,, sakit juga… 😥
    nah, aku gak tau, ini mata ikan apa bukan? soalnya gak ada item-itemnya gitu…
    apa pake salep aja gak jadi masalah? takut buat operasi, tapi takut juga salah kasih salep malah tambah parah….

    mohon solusinya.. >.<

    =============================

    kalo dari cerita Anni, saya pikir ini bukan mata ikan. Ini serpihan yang tertinggal didalam permukaan kulit. Lama-kelamaan jadi infeksi dan sakit. Sebaiknya Anni ke Rumah Sakit Negeri aja, ke dokter umum bilang aja ada yang serpihan yang masuk kedalam kulit. Dokter pasti tahu kok apa yang harus dilakukan.

    Berhubung ini bukan mata ikan maka prosedurnya lebih sederhana. Mungkin cuma dikasih injeksi penahan sakit dan serpihan dikeluarkan, setelah itu diperban dan selesai. Ga perlu takut, ini bukan mata ikan.

    Jangan pake salep atau obat oles untuk menghilangkan serpiha, percuma. Nanti malah tambah sakit, ke dokter aja ya. terimakasih.

  9. oia, standar harga operasinya berapa ya..?
    takut diboonging ama dokter-dokternya..
    huhu..

    ===================

    kalo mau murah ke Rumah Sakit Negeri aja.
    kisaran harganya 300-500 ribu.
    Harga ini tidak mengikat, terkadang masih bisa lebih atau kurang.

  10. mbak, saya mau tanya cream esther itu aman ga ya? dia racikan dokter, sudah banyak yg pakai tapi di BPOM tidak terdaftar. mohon penjelasannya.trims

    ===================================

    Kalo racikan dokter berarti semua pengawasan dan keamanan obat berada ditangan dokter. Dokter sendiri yang menyatakan cream tersebut aman. selama Tina mengunakannya sesuai dengan aturan pakai dan tidak mengunakannnya secara berlebihan, menurut saya aman kok.

    Memang, beberapa dokter masih melaksanakan dispensing obat dan itu masih diperbolehkan dengan syarat tertentu. Ga perlu takut, kalo kenapa-napa setelah menggunakan cream tersebut Tina bisa meminta pertanggungjawaban sang dokter. Jangan lupa bon creamnya jangan dihilangian sebagai bukti.
    terimakasih.

  11. Pingback: Berperang Melawan Mata Ikan « Tukang Obat Bersahaja

  12. Q jg lg kena mata ikan nich. 4hr yg lalu dah d.opErasi, ting9al tUng9u kering.na.
    Kira2 ampek brapa hari ya bisa sembuH t0tal??

    =============================

    lebih kurang 2 minggu.
    Nanti kalo lukanya udah kering dan pulih, coba cek, apakah masih ada titik kecil akar mata ikan yang tersisa.
    kalo ada segera diobati lai ya. Terimakasih

  13. qu skrng lg kena mata ikan nich..di telapak kaki tpatnya di tumit..kyknya dah lama..coz mpe jd lubang gtu…cara pengobatannya gmn yawh?? klo di operasi…bayanginnya ja dah serem bgd…apalagi qu baca cerita tmn2..klo dioperasi nnt malah nimbul lg…selain operasi ada cra laen gak?? klo pke callusol bsa gak ya??

    =================================================

    Coba aja pake Callusol.
    Cara pakainya kaki direndam 30 menit, setelah itu dioles dimata ikannya, biarkan kering sampai berwarna putih.
    Lalukan 3 x sehari selama 2 bulan atau sampai akar mata ikannya hilang.

    Tidak boleh digunting, dipotong, dijcabut, dikelopekin mata ikannya. Biarkan proses pengikisan lapisan kulit berjalan normal.
    Terimakasih

    • calluusol tu apa.???????????

      ======================

      Callusol adalah obat untuk menghilangkan mata ikan dan kutil.
      Cukup dioleskan ditepat yang ada mata ikannya selama beberapa waktu (1-2 bulan selama 3 X sehari) maka mata ikan akan hilang.

  14. adduuhh…dulu saya juga kena mata ikan,di kaki kanan ada 3 tpi kecil dan di kaki kirinya ada 2,terus saya coba salep yang di kasih mami saya ( maaf,ga tau nama’a apa TT ),alhasil sembuh,wlaupun masih ada bekas item” di kaki saya,dan mungkin itu ga bisa di hilangin ya TT,Setelah beberapa lama mata ikan yang mengganggu saya itu datang lagi,OMG…saya sedang pakai obat Callusol,tpi belum ada perubahan,mudah2an aja bisa cepat sembuh ya,habisnya kalau harus di operasi saya ga berani TT,apalagi ngeliat postingan teman” yg pas di suntiknya itu lho,waaduuhh,belum lagi kalau setelah di operasi tpi tuh mata ikan masih ga bisa ilang,parah bngt,jadi harus ngerasain sakit smpe berminggu2…MUdah2an aja hal ini ga terjadi.AMIN YA ALLAH..

  15. aku ada mata ikan, kira2 6 bulan yg lalu..awalnya cm 1 trus aku operasi, pas udah dijait n jaitannya kering, mata ikannya tumbuh lagi makin besar dan sekitarnya pun ikutan tumbuh ada 7 biji..udah pake callusol it tapi kaynnya kok gak efek ya? denger cerita temen katanya ada dokter yg diobatin dngn cara di bakar..berbahaya gak si?

    =============================================

    Biasanya kalo pake acara “bakar” berarti hanya untuk kasus yang parah, umumnya cukup dengan pengangkatan dengan operasi.
    Sebaiknya ke dokter lain dan minta saran untuk di operasi kembali namun dengan pengagkatan jaringan yang lebih dalam lagi. Biasanya cukup berhasil.

    Jangan pernah menyerang berperang dengan mata ikan 😀

    • masa harus operasi lagi, nanti kalo kambuh lagi gmn? operasi itu sakit bgt, sampe 1minggu ga bisa kerja….

      ada advice lain ga selain operasi, kapok nie sama operasi…

      ==========================================

      Yanthi tidak sendiri kok, ada juga yang mengalami hal serupa.
      Kenapa takut untuk operasi lagi? ibaratnya penyakit tidak mempan sekali diobati harus ditambah dosisinya. Begitu juga dengan mata ikan, jika operasi pertama belum berhasil coba lagi yang kedua.

      Seperti judul postingan saya ini< silakan dibaca:
      https://tukangobatbersahaja.com/2010/09/17/berperang-melawan-mata-ikan/

      Terimakasih 😀

  16. minta solusi boleh?
    saya takut kalo di operasi,sedangkang jika pake calusol gak mempan…
    ada cara yang mudah gak ya?

    ==========================

    Jangan pernah takut untuk operasi.
    Operasi tidak se-seram yang dibayangkan kok. Yang penting saat operasi pastikan semua akan mata ikan/kutil ikut terangkat semua.
    Jangan sampai ada yang ketinggalan, nanti bisa tambah banyak dari sebelumnya. Terimakasih

  17. Q ga tw neE, rS skt d’sela2 jempol kaki aQ t’msuk mt ikn to bukn_
    awal’Y bintik merh ky bekas gigitan nyamuk, truz b’nanah n tmbh geDe_ skt bgt cenat cenut,,pech satU tUmbh yg laen’Y_
    lom pke obt”n..cuma d’kompres aj pke betadine anti septik_
    mhon obt yg aman ap ya..coZ qU lg hmil 5 buln, ga bolh smbrngn pke obt_ thanXs

  18. wwwaaaaaadddddduuuuuuuhhhhhh………
    ayah saya sudah pernah operasi mata ikan,,,sudah diberi callusol jga tidak ada efeknya,,,

    sampai sekarang dibiarkan saja sampai membesar,,,
    bagaimana solusinya???

    =========================================
    Jika tumbuh lagi, segera konsultasi dengan dokter, jangan hanya didiamkan dan membesar.

    Saya berharap jangan pernah menyerah untuk berperang melawan mata ikan.
    Sebaiknya lakukan operasi sekali lagi, lakukan pengangkatan sampai akar yang terdalam.
    Sukses ya! Terimakasih
    Jika tumbuh lagi, segera konsultasi dengan dokter, jang

  19. Azizah,

    Mbak anak saya perempuan umur 1.5 tahun ditumitnya ada kapalan, setelah saya cek ke dokter ktnya mata ikan. untuk pengobatannya, dokternya menyarankan tunggu sampai anaknya besar dulu baru operasi minor.

    Saya takut terlmabat pengobatannya , bagaimana solusinya ya ?

    Mohon pencerahanya ..

    terima kasih sebelumnya.

    ( Alhamdulillah tumbuhnya di tumit jadi tidak mengganggu proses berjalannya. )

    =======================================================

    Mengingat usianya masih 1.5 tahun sebaiknya memang ditunda dulu pengobatannya.
    Sebaiknya selalu mengunakan alas kaki 🙂

    Meskipun tidak berada ditelapak kaki mata ikannnya tetapi anak 1.5 tahun masih butuh waktu untuk melakukan tindakan medis meskipun kecil/ minor.
    Nanti kalo usianya sudah 3-5 tahun silakan saja. Terimakasih.

  20. Mbak tahu aja , emang kalau main didepan rumah nggak mau pake alas kaki.

    Kalau saya obatin dengan calusol bagaimana mbak , bahaya atau tidak ?

  21. aku belum selesai perang melawan mata ikan…..
    uda lamaaaaaaaaaaaaaaaa banget deh….. tumbuhnya satu.. ilang..tumbuh lagi…..
    ni mudah2an yg terakhir…. karena ceritanya juga uda berakhir.. kok mata ikannya ga ilang juga
    kudu berketetapan hati membantainya…. *hiaat2….. oles2 calusol yg banyaakk*

    tar klo dah ilang bnr2 aku crt lg dech

    ========================================

    Cepat sembuh dan memberantas mata ikan sampai akar -akarnya

  22. calusol atau collomac hanya bisa mengelupaskan kulit luarnya aja, ga pernah bisa smp ke akarnya…coba aja racikan yg sederhana…ambil seujung kuku kapur sirih, kemudian campurkan dgn sabun cuci (boleh merk apa aja) dgn perbandingan 1 : 1…aduk smp rata, lalu oleskan ke benjolan mata ikan atau kutilnya jgn smp melebar ke kulit lain (karena racikan ini akan mengelupaskan kulit), tunggu hingga racikan kering 1,5 – 2 jam, dijamin dgn hanya max 2x oles aja ga cm kulit luarnya yg copot tapi smp ke akar2nya, sudah terbukti oleh saya…racikan ini memang agak perih sedikit, tp itu cm reaksi waktu akar terpisah dr daging, jgn lupa siapkan betadin, jika mata ikan atau kutil sdh copot lgsg bersihkan dgn alkohol lalu oleskan betadin spy lekas kering…ingat racikan ini hanya untuk sekali pakai, jd ga usah banyak2 bikinnya, cukup bikin sedikit untuk sekali oles…

    • bener ?? mau cobaaa … mudah”an ilang soalnya udh 5 bulannn ini ga mau dioprasiii 😦

      ======================================

      Semoga berjalan lancar dan sembuh total 😀

      • aku udah operasi tapi masih tumbuh lg (ternyata dokternya kurang profesional), malah makin banyak ada sekitar 4-5 mata ikan (tp masih kecil2).
        Ga bahaya kan racikan ini untuk yg sudah dioerasi?

        =====================================================

        Mohon jangan menyalahkan dokter tetapi salahkan akar mata ikannya yang terlalu dalam dan kenapa ke dokternya saat mata ikan sudah besar dan dalam akarnya.
        Dokter juga tidak mungkin mengambil semua jaringan yang ada dibawa kulit, bisa berbahaya.

        Jangan lalukan hal ekstrim untuk menghilangkanmata ikan, berbahaya dan bisa infeksi.
        Jika sekarang tumbuh lagi sebaiknya lakukan operasi lagi sebaiknya ke dokter lagi ( dokter lain) untk dilakukan pengangkatan mata ikan sampai tuntas).

        Setahu saya pasien mata ikan butuh perjuangan dan kesabaran ektra untuk menghilangkan mata ikan.
        Mari berperang melawan mata ikan!! Jangan takut, jangan malas ke dokter, jangan menyerah apalgi hanya didiamkan saja.
        Semangat 😀

  23. malam ini saya baru saja mengkorek mata ikan saya, apa tidak berbahaya?
    ceritanya begini, waktu itu mata ikan yg ada di telapak jari kaki berbentuk kerucut, saya potong saja dengan gunting kuku sehingga berbentuk datar. lalu kelamaan membesar. hari demi hari tangan saya usil mengorek ngorek mata ikan itu, lalu baru saja tadi sore saya kaget kenapa mata ikan, warnanya menjadi hitam bintik2. karena penasaran, saya korek dengan gunting kuku. dan tercabutlah semua bagian yg mengeras. saya ratakan semua permukaannya. namum meninggalkan kulit yg dikit tipis dan darah terlihat.
    apa tidak akan membahayakan? mungkinkah mata ikan tumbuh lagi?

    ===========================================================

    Sepertinya itu membahayakan, hati-hati aja. Nanti bisa infeksi apalagi kalo guntingnya berkarat dan tidak bersih.
    Untuk tumbuh atau tidaknya tergantung apakah akarnya ikut terangkat seluruhya atau tidak.

    Semoga semua terangkat dan bebas dari mata ikan 🙂

  24. Q ada kutil d ujung kelopak mta bwh,hmpir msuk k dlm mata.. klu pake obat oles itu apa g bhya buat mata sy???

    ==========================================

    Tidak boleh pake obat itu..
    Jika ada kutil/ mata ikan sebaiknya ke dokter saja untuk dilakukan tidakan penyembuhan. Please jangan diobati sendiri karena khawatir kena mata dan berbahaya.
    Semoga cepat sembuh

  25. Aku ada Kutil Di Ibu jari kaki ada 4
    Yang kecil 3 yang besar 1
    pliss Bagaimana Cara Penyembuhannya
    Yang Besar itu Besarnya Seperti Kacang

    =================================

    Sebaiknya dilakukan operasi kecil, ga apa-apa kok
    kalo pake obat yang dioles terlalu lama pemakaiannya karena sudah besar dan akarnya dalam.

    semoga cepat sembuh. Terimakasih

  26. Dlu wkt aq smp, ditangan aq ada kutil trus aq ksh tip’ex setiap hari…kurang dr 2 minggu kutilnya copot dgn sendirinya.

  27. bahaya paling parah dari mata ikan apa ya ?
    takut ni, udah hampir 6 bulan ga ada perubahan terus ..

    =========================================

    tentu saja akan mengganggu aktivitas berjalan jika ada mata ikan dikaki.
    kalo mata ikan ditangan tentu saja tidak percaya diri dan tidak nyaman bekerja.

    Apalagi kalo diwajah, bisa membesar dan merusak jaringan yang sehat.
    Sebaiknya jangan didiamkan.

  28. saya jg lg da mata ikan ni di telapak jempol kanan msh kecil c tpi skit bgt,kira2 klo ke dokter biayax brp ya??biar bsa ngitung2 dulu gto…makacih

  29. hai hai kabar gembira, gw juga kena mata ikan tapi sekarnag udah sembuh…dulu gw juga di operasi tapi ternyata timbul lagi.
    akhirnya gw obatin pake callusol, cara pengobatannnya yaitu sehabis mandi, cairan callusol lo ratain pake korek kuping ke tempat mata ikan dan rada di tekan. sesudah mengering ditutup pake casa jaring dan diplester. jangan sampe kena air kalo udah di obatin pake callusol. lakukan hal tersebut sehari 2x. saya lakukan ga sampe sebulan, alhamdulilah sembuh.
    emang untuk sembuh mata ikan harus serang yang intinya, kalo intinya mati anak2nya langsung mati juga.
    tiada nikmat yg lebih senang selain sembuh dari mata ikan, semangaaaat

    ===================================================

    Emang nikmat banget heheheh
    Sukses banget, sudah bebas dari mata ikan 😀

    • Permisi mau tanya sama mata ikan mania , ntar itu akar mata ikannya copot sndiri atau ga ? Sakit ga pasakarnya copot ?
      Makasih 🙂 ditunggu balasannya

      ==============================================

      Kalo dengan Callusol tentu saja kulit mata ikannya harus ditipisin sampai akar yang paling dalam. Dikikis perlahan-lahan sehingga tidak perih. Tiidak boleh dicabut, dicopot atau ditarik agar akar mata ikan lepas, harus perlahan-laham dengan penipisan. Terimakasih

  30. Permisi mbak 🙂
    saya juga ada mata ikan dikaki kanan & kiri . Dulu dikaki kiri saya ada 1 mata ikan yg lumayan gedhe , dan udah ilang dgn cra operasi . Tapi stlah 2bln oprasi mata ikan timbul lgi d jmpol kaki kiri , ukurannya masih kecil , skitar 2mm , dan dikaki kanan ada 2 yg tmbuh disekitar kulit bekas oprasi itu, ukurannya masih kecil sperti jrawat . Mau tnya mb kira2 knp mata ikannya kok tmbuh lagi ? Bgaimana cra mnghilangkannya tanpa OPERASI krn rasanya sakit bget . Apa bisa dg pmakaian calusol ? Brp lama kira2 ?
    Mohon solusinya mba 🙂
    trimakasih

    ===============================================

    Jika tumbuh lagi berarti memang masih ada akar mata ikannya sehingga bisa tumbuh lagi dilain tempat.
    Kalo mata ikannya masih kecil bisa diobati dengan Calusol sekitar 2-3 bulan. Penipisannya memang harus bertahap dan jangan dicabut atau digunting-gunting. Terimakasih

    • Kalau ga dicabut/ditarik gimana mau copot mb akarnya ?
      Saya bru pke calusol 2mggu hasilnya emg kulit luarnya nglupas, tp akarnya ttep nempel . Gimana mb solusinya ?
      Maksih 🙂

      ==========================================

      Jangan dicabut, nanti juga akan copot sendiri kalo dioles sampai akar terdalamnya.
      Mohon lebih bersabar karena ini prosesnya memang lebih panjang. Jangan dicabut nanti berdarah dan perih. Terimakasih

  31. .Waktu smp, kaki sya kena kayu d telapaknya, trus saya biarin, lma2 jadi item2, trus sya korek2 trnyata ada akarnya, sya cabut2 trus tpi tetep tumbuh trus akarny, sya g tw itu apa. Trus waktu sma, kta dokter itu mta ikan, jdi di oprsi. Tpi bbrpa blan ssdahnya mlah jdi tmbah bnyak, 8 mlhan yang 1nya jaraknya jauh banget dri induk awalnya
    Sya ksih kalusol, blm ada reaksinya, pdhan dh trmsuk lma sya pkenya
    Mhon solusinya..

    ==========================================================

    Jangan menyerah dalam mengobati mata ikan. Bila perlu lakukan operasi lagi untuk mengangkat mata ikan. Pastikan semua akar-akar mata ikan terambil semua saat operasi. Memang diperlukan kesabaran lebih dalam penyembuhannya karena ketika akar mata ikannya masih tertinggal maka akan tumbuh lagi.

    Jika tumbuhnya jauh dari temapt semula bisa saja terjadi dan bukan dari akar yang sama. Seperti kena mata ikan di telapak kanan bisa juga ke telapak kiri karena keduanya sering bersentuhan. Selama pengobatan jagalah kebersihan, gunakan Calusol sesuai aturan pakai, jangan dicabutin sendiri karena akan sakit dan bisa infeksi. Berobatlah ke dokter sampai tuntas. Terimakasih

  32. Wktu sya SMP, ada kayu nusuk d kki sya, sya biarin, trus lma2 jdi item, ada akarnya, saya cabut2 tpi g abis2
    Trus wktu dh SMA, sya k dokter, ktny it mta ikan, jdi dilakuin operasi minor. Udh slesai operasi, eeee mlah tumbuh lgi jdi 8. Tpi yg 1nya tu jauh bnget dri induknya, sya kasih calussol, tpi cman nglpas klit luarnya aja, sya klpek klit luar smw mta ikan itu, tpi akarnya msih nyangkut d dlm, + skit klw ma d cbut
    Mhon solusinya apa mata ikan yg tumbuh jauh dri induknya itu brarti akar mta ikannya jg dah jauh?
    Gmn jg cra ngbtinnya…

    =======================================================

    Jangan menyerah dalam mengobati mata ikan. Bila perlu lakukan operasi lagi untuk mengangkat mata ikan. Pastikan semua akar-akar mata ikan terambil semua saat operasi. Memang diperlukan kesabaran lebih dalam penyembuhannya karena ketika akar mata ikannya masih tertinggal maka akan tumbuh lagi.

    Jika tumbuhnya jauh dari temapt semula bisa saja terjadi dan bukan dari akar yang sama. Seperti kena mata ikan di telapak kanan bisa juga ke telapak kiri karena keduanya sering bersentuhan. Selama pengobatan jagalah kebersihan, gunakan Calusol sesuai aturan pakai, jangan dicabutin sendiri karena akan sakit dan bisa infeksi. Berobatlah ke dokter sampai tuntas. TErimakasih

  33. Waktu SD aku pernah kena mata ikan. Ada di jempol kaki kiri. Awalnya cuma 1, itu munculnya sehabis kakiku terendam banjir. Lalu aku diamkan soalnya gak ada rasa sakitnya, eh pas SMP, jadi ada 6 tuh mata ikan di jempol semua, gak sakit tp ganggu. Akhirnya aku pergi ke apotek blok M, nanya obat yg bagus. Dikasih plester gitu, ditengahnya ada merah merah. Aku pake sekitar 4 hari langsung ilang semua! Hehehehe

    • saya mau berbagi pengalaman sebulan yg lalu saya operasi mata ikan di telapak kaki saya,2 minggu setelah operasi lukanya sudah sembuh total tapi minggu berikutnya (3 minggu setelah operasi) mata ikannya kembali muncul dan malah lebih besar dan sakit walaupun tidak digunakan berjalan.
      gimana nih?
      apa waktu operasi kurang dalam ngebedahnya karna ga sampe ke akarnya terus tumbuh lagi dan lebih parah dari sebelumnya..

      ============================================================

      Jangan menyerah untuk sembuh.
      Memang perlu kesabaran untuk membasmi mata ikan.

      Nanti kalo luka sudah sembuh dapat dilakukan operasi kembali
      Kalo didiamkan malah lebih parah dan tambah besar lagi.
      Jangan menyerah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s