Olahraga Aman Bagi Penderita Diabetes

Ibu saya penderita DM, ketika ibu saya terluka kakinya, ibu saya di bawa kw dokter. kata dokter gulanya tinggi, makanya di beri penurun gula oleh dokter, tapi setelah 2 kali minum penurun gula darah, ternya gula ibu saya semakin drop dan akhirnya tidak sadarkan diri dan di bawa kerumah sakit. olah raga apa yang tepat untuk penderita DM???? terima kasih untuk jawabannya. Oktasari Diana.

Olahraga bagi penderita diabetes melitus tentu berbeda dengan olahraga untuk orang sehat. Hal yang paling penting untuk penderita diabetes adalah olah raga yang tidak berlebihan. Jangan sampai setelah olahraga malah jadi lemes karena kurang glukosa.

Jika tidak ada luka saya lebih menyarankan berenang, senam pagi atau olah raga jalan pagi 30 menit. Cukup jalan kaki dan melakukan peregangan otot maka badan sudah bergerak dan beraktivitas *ayah saya contohnya hehehe*. Kalo sudah kuat bisa ditambah menitnya secara berkala. Biar lebih kuat tangannya, bisa juga mengangkat beban yang ringan seperti botol air mineral 600mL kiri dan kanan. Beban berlebihan sangat tidak dianjurkan.

Jika ada luka dikaki coba aja dengan bersepeda statis, genjot sepeda selama 20 menit setiap hari juga lakukan senam pelemasan untuk pergelangan kaki dan persendiaan lutut dan paha. Lakukan perawatan luka agar tidak melebar dan infeksi.Gambar diambil disini.

Hal yang terpenting adalah cek glukosa darah agar tidak terjadi hipoglikemia (pingsan mendadak karena glukosa dalam darah drop). Kalo udah mulai lemes minum teh manis untuk meningkatkan energi biar tidak 3L lemah letih lesu hehehe.

Memang olah raga teratur itu sedikit membosankan apalagi kalo sendirian, sebaiknya ajakin teman/ pasangan/ saudara biar olahraganya lebih seru atau ikutan member di sport center. Stay health and beauty.

7 thoughts on “Olahraga Aman Bagi Penderita Diabetes

  1. wow, nice article. btw, kenapa angkat beban yang berat gak boleh?

    ============================

    Untuk mencegah agar tidak tidak membebani kaki yang luka.
    Terus, penderita DM itu cenderung lemas… takutnya sih lemes dan jatuh waktu ngangkat beban berat.

  2. waaah kasian juga yaa yang kena DM, agak repot juga yaa mo alah raga harus hati2 niiih. Yaa Allah jauhkanlah diriku dan keluarga ku dari segala penyakit yang ada.

    ====================

    Dari sekarang emang harus sudah memperhatikan pola makan, Olahraga teratur dan istirahat.

  3. ternyata untuk seorang penderita DM olah raga yang banyak kontak fisik tidak dianjurkan, ya, mbak ?

    btw..
    apa kabar mbak rina ? SIbuk, ya ?

    ====================

    olah raga yang ringan saja sudah cukup jadi ga usah yang terlalu berat.
    Bener banget, sekarang lagi super sibuk. Baru pulang dari luar kota seminggu. thanks ya perhatiannya.

  4. untuk ini :

    Dari sekarang emang harus sudah memperhatikan pola makan, Olahraga teratur dan istirahat.

    mungkin untuk sebagian orang akan berhasil (apalagi yang mempunyai ciri2 menuju ke diabetes melitus tipe2 seperti kegemukan,dll)
    akan tetapi tidak berpengaruh kepada DM1. karena DM1 adalah penyakit akibat sudah rusaknya organ pankreas dari kecil. tidak dapat dicegah dengan hal2 tersebut. malahan yang ada dari kecil sudah mulai lemas, sering ngantuk, serta tidak kuat berolahraga secara maksimal. itu pengalaman saya sebagai penderita DM1.

    ===============================
    Dear Sochdi,

    Meskipun kamu penderita diabetes type 1, kamupun punya kesempatan dan hak yang sama untuk sehat.
    Bukan berarti penderita DM tidak punya kualitas hidup yang baik, perhatikan pola makan, tetap olah raga, menerima dengan ikhlas dan jangan kecapekan.
    Saya salut buatmu πŸ˜€

    teruslah sehat untuk bisa meraih mimpi dan cita-cita. terimakasih.

  5. kalau boleh saran, bagi penderita DBM coba lakukan dengan meditasi dalam waktu shalat bagi umat islam,
    karna dengan cara demikian insya allah kadar gula akan tejaga dan setabil, !!!

    ==================================

    Terimakasih untuk saran yang baik.
    Saya juga setuju bahwa pengobatan bukan hanya minum obat dokter tetapi juga menjaga pola makan dan pola hidup sehat, jauh dari stress dan cukup beristirahat. Senam dan meditasi banyak sekali gunanya. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s