Hati-Hati Suntik Obat Kurus

Beberapa hari yang lalu saya melewati klinik kecantikan dan memperhatikan harga-harga perawatan: facial, menicure, massage, spa, dll. Harganya emang agak mahal sih buat anak kost hehehe. Diurutan paling bawah ada harga yang membuat saya geleng kepala, harga suntik untuk obat kurus sekitar 500 ribu.

Saya sih ogah kalo harus bayar segitu biar kurus untuk sekali suntik, lagian masih banyak cara sehat untuk bisa punya badan ramping. atau mungkin saja karena itu di kilinik mahal. Lalu  saya tanya sama teman saya emang segitu harga rata-rata untuk suntik kurus. Wah, berarti bukan disatu tempat aja dong ada suntik kurus. Gambar diambil disini.

Sepengetahuan saya sebagai farmasis ga ada API (Active Pharmaceutical Ingredient) yang fungsinya bikin kurus, cuma gologan obat narkotik/psikotropik aja yang punya efek samping seperti itu. Setelah saya cari tahu, saya terkejut  ternyata obat suntik kurus itu berisi Ampethamine. Mas Wikipedia bilang:

Amphetamine (amfetamine (INN)) is a psychostimulant drug that is known to produce increased wakefulness and focus in association with decreased fatigue and appetite.

Kenapa praktek/ klinik  kecantikan bisa menggunakan psikotropik? bukankan peredarannya diawasi oleh BPOM.   Kok bisa masuk sampai ke klinik kecantikan? Padahal dampaknya negatif  akibat pemakaian obat golongan psikotropik sangat berbahaya. Seandainya tim Investigasi di televisi bisa mengungkap hal ini, pastinya akan jadi berita besar dan banyak klinik kecantikan yang kena teguran.

Tidak harus punya tubuh seperti manikin yang sempurna dan menjadi kurus itu bukan segalanya…  apalagi harus mengeluarkan uang banyak. Hati-hati ya dengan iming-iming bisa kurus cepat/ instant dan iklan kecantikan yang membahayakan tubuh. Sayangi tubuhmu 😀 😀