Menstruasi Tidak Teratur

mb aq mao nanya…aq ckrng umur’na 21
kok aq dpt mens’na bisa 3 bln sekali sampai2 bs lebih. misalnya april mens dpt lg agustus.pernh 1 thn ngak mens. tu normal ngak???(sy tkut kedokter)
trs kadang2 klo mens’na cm bercak2 ja bs lebih dr seminggu. itu knp??? n bisa diobati ngak??? (Lianz)

Umumnya periode menstruasi antara 21-35 hari. Kurang atau lebih masih dianggap wajar mungkin karena faktor kecapekaan, stress, banyak pikiran dan pengaruh hormonal.

Namun jika tidak ada pengaruh hormonal dan periode menstruasi masih lama juga, ini yang harus diwaspadai. Menurut saya jika periodenya terlalu panjang bahkan pernah sampai satu tahun *geleng-geleng* ga menstruasi, itu tidak normal. Menstruasi bukan berarti seminggu penuh mengeluarkan darah merah segar. Wah, bisa dimangsa Vampir hehehe. Biasanya menstruasi hanya “deras”  pada hari pertama kedua, selanjutnya mungkin hanya bercak.

Saran saya sih sebaiknya ke dokter. Kenapa takut?? dokter tidak menggigit dan ga akan sembarangan dalam mengambil tindakan. Mungkin bukan ga berani ke dokter, tapi ga berani menerima kenyataan kalo ada sesuatu yang “ga wajar” dalam organ reproduksi. Memang sih nakutin tapi kalo ga di cek ya ga akan pernah tahu.

Bisa aja kamu cuma perlu terapi hormon esterogen/ progesteron *see that* atau cuma ga boleh kecapekaan. Tidak perlu terlalu takut dan malu. Banyak sih orang kita berpikir: “saya kan belum menikah, buat apa ke dokter kandungan? nanti dikira saya ini cewek ga bener…”. Tidak usah memikikan apa kata orang, bila perlu pergi kedokter kandungan ditemani dengan mama tercinta.

ke dokter yukkk…..

10 thoughts on “Menstruasi Tidak Teratur

  1. saya udah nikah mbak.. tapi masih takut di bilang cewek nggak bener kalo ke dokter kandungan itu wajar apa lebay ya mbak ??

    =================================
    Please deh jangan lebay :mrgreen:
    Stigma masyarakat kita emang seringkali menyudutkan.

    Cuek aja, konsultasi ke dokter sebelum dan sesudah menikah itu perlu.
    Tanya aja, misalnya terlambat menstruasi, masalah “gatal” pada organ reproduksi, konsultasi seks, dll.
    mereka sangat profesional dan tetap menjaga rahasia.

  2. mmm, bener juga mbak yak 🙂
    klo saya bener2 takut mbak kalo ke doketr kandungan, …. 😀
    kan saya laki2 … 😀
    =============================

    Tidak cuma cewek yang harus kedokter, cowok juga harus memeriksakan kesehatan “onderdil”nya 😀

    Kalo cewek ke dokter: Sp.OG – Spesialis Obstetri & Ginekologi (kebidanan dan kandungan)
    Kalo cowok ke dokter: Sp.And – Spesialis Andrologi

    Kamu juga bisa ngecek seberkualitas apa sperma mu, masalah disfungsi ereksi, ejakulasi dini, gatal karena jamur, dll.

  3. saya mau ke dokter kandungan tapi Ayah saya gak mau nemenin sist … gimana yah? temenin yok !!

    =========================

    Saya bersedia nemenin kok. Kapan??
    dengan senang hati… just ask me sist.

  4. asal kita hidup “sehat” tidak perlu kuatir meski terlambat mens. Aku pernah sebulan 2 kali atau 2 bulan sekali baru mens g kuatir klo hamil. Yach….hormon n kesehatan tubuh mempengaruhi semuanya dech

    ===================================

    bener banget, positif thinking dan hidup sehat.
    Satu lagi yaitu jauhi stress.

  5. mba saya usia 21thn . sudah setahun (lebih kayanya) tidak menstruasi padahal dulu saya normal, ini (mens tdk normal) sudah berlangsung kurang lebih 3thn sudah pernah kedokter dan katanya tidak ada apa2, hanya karena sedikit kegemukan .. saya males ke dokter lagi ..
    ada ngga obat herbal atau buah2an atau sayur2an yang bisa membantu melancarkan mens, dan memulihkan reproduksi ? thanks before ..
    —————————————-

    Dear Atika,

    Kayanya Atika memiliki ketidakseimbangan hormon esterogen-progesteron. Sebaiknya Atika berobat ke dokter, ini bukan masalah sepele karena telat menstruasi yang bisa minum obat herbal tertentu. Tidak.

    Atika ini sudah berlangsung 3 tahuin loh? Ini alarm tubuh bahwa kamu memang perlu tindakan medis agar menstruasi normal kembali. Jangan males ke dokter, kamu masih muda dan tentunya ingin punya organ reproduksi yang sehat.

    Ayo ke dokter agar Atika lebih sehat. Terimakasih.
    Salam

    Rina Susanti, Apt

  6. sya mw tnya mba,,,
    udh 4 hri sya mens,tp dr hri ptama,mens sya cma mngeluarkan bercak drah yg sngt sdikit,,tu knp y mba?

    ===============================

    Ga apa-apa kok, masih normal aja.
    Beberapa cewek memang punya variasi saat mentruasi, tidak selalu hari pertama “deras”.

    kadang awal menstruasi hanya bercak sedikit dan setelah beberpa hari baru banyak dan akhirnya berkurang (seperti garis setengah lingkaran).
    atau ada yang yang sung banyak dan setelah beberpa hari berkurang dan berkurang.
    bahkan ada yang “deras” dari hari pertama sampai terakhir.

    so, semua masih wajar Rin 😀

  7. Mba saya mau tanya… Kok saya ga emen emen udah 1 tahun… Itu penyebab nya apa ya mea

    ===========================================

    Pertama tetap tenang dan ga usah panik. Ada banyak faktor seseorang mengalami keterlambatan menstruasi.
    Saran saya segera berkonsultasi dengan dokter specialist obgyn (kandungan dan organ reproduksi), nanti diperiksa dan akan diberikan terapi untuk mendapatkan menstruasi secara teratur. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s