Infeksi Salah Potong Kuku

Kebiasaan memotong kuku seminggu sekali memang sangat baik namun jika memotongnya terlalu pendek, bisa-bisa kepotong bagian pinggiran kuku, infeksi dan berdarah. Kalo seperti ini bisa terasa perih dan yang lainnya.

Persis apa yang dialami oleh tetangga saya, malam-malam dateng sekitarΒ  pukul 10.30 WIB *buset deh*, bertanya apa obatnya?? jempol kukunya jadi bengkak gede banget dan rasanya cenut-cenut pegel. Karena hari sudah terlalu malam dan tidak ada apotek yang buka… akhirnya cuma diberi minyak tawon untuk sementara. Gambar dari sini.

Keesokan harinya sang ibu menuju Apotek terdekat berbekal selembar kertas dari saya, isinya antibiotik tablet dan krim anti inflamasi. Setelah sampai dirumah segera obatnya diminum dan Puji Tuhan sehari kemudian, bengkaknya pecah *keluar nanah*, dan terus kering deh. Sekarang sudah bisa jalan-jalan.

Well, pastinya ga cuma dia yang terlalu rajin potong kuku sampai kepotong terlalu dalam. Teman saya ada yang suka gigit-gigit kuku sampai perih dan keluar darah *ambil kapas*, katanya enak gigitin kuku :mrgreen: :mrgreen: .

Untuk menghindari salah potong kuku, sebaiknya rendam kuku kaki/tangan terlebih dahulu untuk melembutkan, kalo terlalu keras serpihanΒ  kuku bisa masuk ke mata *true story banget*. Potonglah kuku tetapi sisakan beberapa milimeter dari bagian pinggir. Bila perlu oles vitamin E agar kuku menjadi lebih kuat dan sehat…. tak perlu menikur pedikur jeung πŸ˜€ πŸ˜€

19 thoughts on “Infeksi Salah Potong Kuku

    • @ Chic,

      Sya suka memelihara kuku akibatnya kalo udah ada razia pemeriksaan kuku, saya pasti kena :mrgreen: :mrgreen:

      langsung deh saya gigit hehehe
      namnay ajuga potong kuu express… hasilnya buruk, yang penting selamet dari penggaris gede pak Guru :mrgreen:

  1. wah aku pernah kuku ku tertimpa benda keras dan akhirnya kuku jari tengahku agak beda dengan yang lain

    ==============================

    Kacian hehehe
    Jari jemari itu paling rawan lecet-lecet.
    Coba difoto :mrgreen:

    Kisahnya mirip Adik saya yang kejepit pintu hehehe

  2. minggu ini gak potong kuku dulu, nunggu lebaran aja πŸ™‚

    =====================

    Kenapa musti nunggu seminggu lagi? kalo udah kepanjangan potong aja, item-item tuh πŸ˜€
    Menurut saya sih tidak harus nunggu sampai hari jumat
    karena semua hari sama πŸ˜€ πŸ˜€

  3. wahhh hari ini saya baru potong kuku juga, pastinya perih sekali yah, kalo sampe luka.

    ==============================

    hati-hati potongnya πŸ˜€
    Biasanya sih, karena tidak konsentrasi waktu potong kuku atau tergesa-gesa

  4. kalo ‘katimumul’ itu, penyebabnya apa ya?
    sakit banget tuh…

    ======================

    katimumul itu kapalan kan??
    kalo kapalan itu bisanya menumpuknya lapisan kulit mati pada telapak kaki yang semakin hari semakin mengeras.
    Sebaiknya lakukan perwatan kaki dengan mengoleskan krim yang mengandung moisturizer agar tidak kering.
    Sering merendam kaki setelah aktivittas yang berat agar kaki rilex lalu scrub deh (makasudnya gosok telapak kaki dengan bahan yangagak kasar agar kulit mati ikut terlepas). terimakasih πŸ˜€

  5. Hmm, dulu pernah denger kuku bisa nembus kulit kaki lagi.
    lupa saya namanya.
    tapi yg jelas dikasih lihat fotnya aja udah ngeri :oop:

    ============================

    Bener tuh, ada teman saya yang pernah mengalami, ternyata awalnya karena kebiasaan kalo potong kuku kependekan akibatnya , daging agar naik terdorong sehingga si kuku bisa menembus lapisan kulit 😦 😦

    Makanya potong kuku sewajarnya πŸ˜€

  6. hihi sama kaya aku donk kerajinan potong kuku tapi ga sampe infeksi koq sistaaaa

    ===================================

    Berarti kukunya bersih dan terawat πŸ˜€
    Kalo ketemu Bang Andrea Hirata bisa jatuh cinta

    “Lintang, Aku baru saja ketemu dengan kuku paling cantik sedunia”,
    “memang kau sudah keliling dunia?” kata lintang.

    ” sudah, pemilik kuku cantik itu bernama Julie” hehehe.

  7. aduh mampyus ne ane.. ane tiap HARI potong kuku! mane ampe pinggir2nya juga ane sabet pula.. rasanya kalau ga “abis” itu ga afdol geto.. haiiyyaa gimana niiih ane ga nahan kalau liat kuku panjang apalagi yang nyisa nyisa dikit 😑

    ======================================

    caranya buang jauh-jauh gunting kuku yang ada dirumah di kamar ditas,di mana-mana.
    Gunanya biar ga mudah gunting/potong kuku.

    kalo perlu kamu gaboleh potong kuku sendiri dan harus dipotongin orang lain, ke salon kuku juga boleh
    πŸ˜€

  8. Hi kak rina.saya mampir lg ni.hehe.
    saya punya pengalaman,tiap potong kuku jari tangan terutama jari tengah dan jari manis,pasti abis tu ujung jari manis saya warnany kyk memar n denyut gt.aneh saya rasa,tiap pangkas bersih pasti jd kyk bengkak n denyut gt.pdhal gak berdarah.mknya saya plg malez potong kuku.tiap potong,pasti saya sisain dikit kukuny utk yg jari manis tuh.mm.pengen tau aja apa kak rin prnh dgr kasus kek yg sy alami ni.hehe..

    =================================

    Silahakan mampir dan bertanya Lina πŸ˜€
    Untuk masalah potong kuku saja pernah menulisnya dipostingan saya. Silahkan dicari.
    Saya menyarankan kepada Lina dan semua teman-teman untuk rutinitas potong kuku, jangan memotong kuku terlalu pendek.
    Yang benar sisakan beberpa milimeter untuk perlindungan.

    Kuku yang terlalu pendek dipotong dapat membuat kulit ujung kuku jadi sensitif, akibatnya mudah terjadi infeksi jika tergores.
    Rendam kuku sebelum dipotong kemudian potong dengan rapi dan bila perlu diberi vitamin E buat kuku biar kuat dan ga gampang patah.
    terimakasih.

    • Itu karena potong kukunya sampai pangkal.Aq juga setiap kali gunting kuku, pasti sampai pangkalnya, Dan sudah pasti menyisakan denyutan2 di kukunya. Ada sensasi tersendiri rasa sakit dan denyutan di kuku karena memotong sampai pangkalnya.

  9. saya mau tanya,kuku jari tengah tangan kiri saya saya gigitin akhirnya perih dan berdenyutan mungkin krna kependekan juga. akhirnya bengkak,bernanah,saya pakein salep namanya genoint gentamicin atas rekomentasi apotekernya,tapi gak mempan. beberapa hari yang lalu nanah yang sudah keringnya kepocel dan akhirnya kuku jari tengah saya seperti mau copot karna letak kulit/daging bawahnya tdk terletak spti semula. apa yg harus saya lakukan? obat apa yang harus saya beli? tolong di jawab ya,penting:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s