Mengobati Luka Pada Diabetes Mellitus

Bagi penderita Diabetes Mellitus pastinya selalu berhati-hati agar  tidak terjadi luka pada bagian tubuhnya karena luka sekecil apapun jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat akan berbahaya. Memang, rasanya sulit menjauhkan diri dari luka, bisa saja karena kulit iritasi digaruk, lecet karena pake sandal, jatuh terkilir, tersusuk benda tumpul/tajam (jarum, pemotong kuku), dll.

Untuk orang normal, keadaan seperti diatas cukup diobati dengan obat-obatan biasa dan dapat sembuh dan mengering dengan sendirinya, namun tidak pada penderita diabetes. Luka kecil saja jika tidak segera ditangani dengan cepat akan menjalar, bengkak, bernanh dan dapat membusuk.   Lantas bagaimana mengobatinya? sebaiknya penderita diabetes sadar bahwa luka tidak mudah sembuh dan mengering dengan cepat, kadar gula yang fluktuatif dan cenderung tinggi dapat membuat keadaan memburuk dengan cepat.

Saya sangat menyarankan, segerlah ke rumah sakit untuk mencegah luka menjadi lebih besar karena tertusuk jarum yang sangat kecil bisa fatal akibatnya jika hanya didiamkan. Saya menyadari jika luka sudah agak besar dan mengganggu jaringan disekitarnya, tidak ada pilihan lain…selain amputasi.

Susah juga ya postingan kali ini…..

Lanjutkan 😀 😀

Untuk mencegah terjadinya luka, saya mengharapkan agar penderita diabetes mengatur pola hidup yang sehat, makan bergizi, olah raga dan istirahat cukup. Jaga agar gula darah tetap relatif stabil. Selalu memakai alas kaki baik diluar maupun didalam rumah, gunakan sepatu yang nyaman, sandal jepit yang baik, oleskan lotion agar kulit tetap terjaga kelembabannya (pria dan wanita juga).

Untuk tangan, tidak perlu menggunakan asesoris tambahan yang membebani (seperti jam tangan yang terlalu sempit, cincin yang kekecilan), pakai lotion biar tetep moist, dll.

Jika sudah terjadi luka, jangan panik. Segeralah ke dokter dan pantau gula darah untuk mempercepat kesembuhan luka. Pakai cairan antiseptik agar tidak infeksi. Minum obat dari dokter sesuai aturan.  Cepet sembuh ya!!

18 thoughts on “Mengobati Luka Pada Diabetes Mellitus

  1. Kau emberikan info yg menarik
    Teringat malam kemarin saat sahabat saya menceritakan kakak iparnya yg meninggal karena lukanya semakin parah. Karena kakak iparnya itu diabet

    =============================

    Terimakasih 😀

    Turut berduka cita sedalam-dalamnya…

  2. Terima kasih atas infonya, mbak …

    mbak Diabetes itu menurun genetis secara silang, ya ?

    =============================

    Diabetis memang penyakit keturunan. Dalam sebuah keluarga misalnya ada 4 orang anak yang orang tuanya DM type 2, pasti salah satunya ada yang diabetes, sementara yang lain punya “faktor resiko” untuk terkena DM. Selama menjaga pola hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup… pastinya badan tetap sehat dan resikonya lebih kecil untuk terkena DM.
    Jika Diabetes Type 1: pastinya keturunannya juga diabetes.

  3. obatnya ada koq tapi lupa aku namanya 😀 buatan pharos (promosi pulak)

    ============================

    iya, bener tuh.

    Yang buatan Soho juga ada… ga usah disebutin deh, ntar dikira jualan obat hehehe

  4. Jika sudah terjadi luka, jangan panik. Segeralah ke dokter dan pantau gula darah untuk mempercepat kesembuhan luka. Pakai cairan antiseptik agar tidak infeksi. Minum obat dari dokter sesuai aturan. Cepet sembuh ya!!

    Terima kasih infonya… bermanfaat sekali…
    P3K atau P3P ya…?:D

    Salam hangat Selalu

    ============================

    Terimakasih 😀
    Semoga bermanfaat untuk keadaan darurat.

  5. bener nggak mbak kalo diabetes nggak bole maem mangga?

    ======================

    Pada dasarnya semua boleh dimakan asal jangan berlebihan.
    sepotong kecil untuk cicip-cicip dikit ga apa-apa 😀

    *ngulek sambel mangga*

  6. ibu saya juga penderita DM, ketika ibu saya terluka kakinya, ibu saya di bawa kw dokter. kata dokter gulanya tinggi, makanya di beri penurun gula oleh dokter, tapi setelah 2 kali minum penurun gula darah, ternya gula ibu saya semakin drop dan akhirnya tidak sadarkan diri dan di bawa kerumah sakit. olah raga apa yang tepat untuk penderita DM???? terima kasih untuk jawabannya.

    ===============================

    Saya tulis jawabannya dalam postingan. Terimakasih 😀

  7. 22 hari yang lalu saya kecelakaan dan ada luka dalam yang dijahit. setelah 4 hari luka memburuk dan bernanah. ternyata kadar gula darah saya 244. saya diberi amadiab setiap pagi sebelum makan. saya juga mengkonsumsi ramuan tradisional yang rasanya begitu pahit. katanya untuk menurunkan kadar gula. alhamdulillah, sampai sekarang lukanya masih ada tapi sudah mulai membaik berkat perawatan intens. dua kali sehari luka dibersihkan pakai larutan NaCl oleh adik yang juga seorang perawat. sambil minum obat dari dokter ahli dalam (metronidazole, asam mefenamat, ciprofloxacin) (ga apa ya saya sebut nama obatnya/bukan promosi/saya bukan penjual obat/hanya mau bagi pengalaman/semoga tidak melanggar…. ih takut) jahitan yang jumlahnya 30 luar dalam sudah diangkat begitu saja karena tidak berfungsi lagi menautkan sayatan luka. semoga orang-orang yang menderita diabetes termasuk saya selalu diberi kesabaran dalam menjalani kenyataan pahit yang tidak semanis gula dalam darah kita ini, amin.

    =========================

    Dear Hartina,

    Terimaksih sudah mau berbagi dalam pengalaman hidupnya. Semoga keadaannya semakin membaik.

    Menyembuhkan luka bagi pendrita DM memerlukan penanganan khusus. Luka harus diobati dengan tepat dan harus minum obat (terimakasih infromasinya obatnya). Salut deh mau bagi-bagi informasi. Asam mefenamat untuk mengurangi nyeri karena luka jahitan. Ciprofloxacin adalah antibiotik agar lukanya tidak infeksi dan tidak tambah membesar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s