Obat Alergi Dingin

sejak lebih dari 10 th yg lalu saya pilek2an,dulu kt dokter tht saya alergi dingin dan diberi obat….saat mengkonsumsi obat memang pilek berkurang tp setelah obat habis…ya pilek lg….kata seorang dokter yg lain lg alergi itu TIDAK AKAN PERNAH SEMBUH alias kambuh2an…saya putus asa dan menerima pnyakit ini sbg nasib saya hrs pilek setiap pagi….

Tapi setahun belakangan ini bukan hanya pilek yang saya rasakan,selain pilek tiap pagi saya jd batuk2…apalagi klo malam hari yg dingin sekali,batuk2 semalamam sampe sesak napas saya….konsul lg k dokter katanya saya juga kena asma….yang karakternya sama saja dg pilek alergi dingin saya…..dapat kambuh bila pemicunya datang..
haruskah saya menjalani hidup saya dengan batuk dan pilek setiap hari sepanjang hidup saya dok??mohon bantuannya…Terima kasih. Nita.

Saya mengerti apa yang dirasakn mbak Nita, memang tidaklah mudah jika setiap hari harus mengalami batuk pilek. Seperti yang telah dikatakan dokter bahwa Mbak mengalami alergi dingin dan cara yang paling mudah untuk tidak terkena alergi adalah menghindari diri dari pemicu/alergen.

Mari sama-sama kita bahas lebih lanjut mengenai pemicu alergen…

thermohygrometerSaya menyarankan bagi penderita alergi dingin cobalah untuk tidak menggunakan AC dirumah. Biarkan udara di rumah memiliki sirkulasi yang terbuka, artinya matahari bisa langsung masuk kedalam. Mungkin saja sinar matahari masuk namun kelembaban dirumah masih rendah.  Untuk lebih pastinya coba deh beli thermohygrometer. Alat untuk mengecek suhu ruang dan kelembaban. Cek suhu dan kelembaban di rumah dan diluar lalu bandingkan. Bila perlu sedkit renovasi kamar tidur.

Saya pernah menjumpai pasien seperti mbak Nita, jika pergi ke luar rumah (Mall, pantai, Ancol, jalan-jalan) selalu sehat tetapi pas pulang ke rumah, ya sakit kambuhan lagi deh. Itu berarti segeralah kondisikan rumahnya dengan salah satu tempat tersebut. Selain itu jika sudah jam 5 pagi segera menggunakan selimut dan ketika pagi berjemur disinar matahari, bila perlu beli penghangat ruangan. Gambar diambil disini. *saya ga jualan alat-alat*.

Berpikir positif itu adalah harga mati. Bagi penderita alergi jika udah negatif thinking dan ditambah menangis maka sakitnya kan bertambah berat. Semua pasti ada jalan keluarnya.  Selain itu tetaplah untuk berobat dan berkonsultasi ke dokter. Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengurangi derita pilek dan batuk karena alergi. Minum Tremenza juga boleh kok tapi hanya untuk mengurangi loh bukan mengobati sampai ke akarnya.  Untuk terapi pengobatan yang lebih tepat silahkan ke dokter spesialis. Ayo kamu pasti bisa 😀

Menjawab Email

mail

Seperti saya sedang terkena virus M1H3 *Malas hehehe*
*ditimpuk rame-rame*

Sepulangnya dari Madrid, saya harus menjawab banyak email. Terus terang saya rada kewalahan juga, belum lagi menjawab komen-komen. Rasanya ingin sekali tidak menjawab tapi terkadang mereka bertanya lagi: “kok komen saya belum dibalas?”. Well, akhirnya tidak sempat membuat postingan hanya menjawab komen. Saya punya rasa bersalah kalo ga menjawab terlebih mengenai penyakit dan obat. Saya jadi harus baca buku lagi *kucek-kucek mata*. Gambar diambil disini.

Mungkin ini resiko jadi seleb blog hehehe
*dipentung*

image-upload-6-746929PS: maaf ya kemaren saya kecapekaan jadi cuma dari jam 10-12 siang di PB 2009

Godibagnya keren 😀 , pak Tifatul Sembiring berasa seperti artis ibukota, maaf pantunnya ga banget deh hehehe *ditimpuk*

I Love Madrid

I will attend to CPHI Madrid 2009. Wow, seems like a dream come true.
Business and pleasure *muah muah muah*. Many people from all nations from pharmaceutical industry will go to Madrid. One company from Indonesia have booth stand Exhibitor. Great!

plaza de espana

Dinner with flamenco performance, see Royal Palace and of course go to Puerto de Sol, Plaza Espana, and Cervantes Monument and many more. Maybe if i have time i can go to Santiago Bernabeu stadium. Beautiful hotel in Madrid, easy to go around just bring map. Picture from here.

PS: jagan lupa bawa long john biar ga kedinginan 😀 😀

Cerita Kutu Rambut

Teman saya pernah kutu-an sewaktu SMP hehehe. Ga tahu deh, nular dari mana… yang pasti katanya  sang kutu sering menggigit kalo lagi upacara bendera *garuk-garuk kepala* dan tidak akan menggigit kalo baru selesai keramas. Udah pake serit [sejenis sisir bergigi rapat untuk sisiran dan mencari kutu]. Setiap pulang sekolah, mamanya pasti akan bertugas mencari kutu hehehe. Mulai dari telur, kutu muda, kutu tua, kutu kupret… Saat yang paling seru kalo udah ketemu terus dipites (dibunuh pake kuku… mampus deh kutu kupret).

Meski sudah diserit dan pernah pake obat kutu namun tetap saja sang kuku belum mati. Kutunya mungkin mati tapi telur-telurnya masih hidup dan terus beranak pinak.  Sampai suatu hari yang edan dia menemukan formula rahasia… tidak kasih tahu mamanya, mungkin udah despreate kali ya… beli obat nyamuk semprot Baygon terus keramas dan ditunggu sampai beberapa jam. Alhasil pas keramas kutunya berguguran jatuh dan mati HORE HORE HORE HORE. Kini rambutnya bebas dari kutu namun sejak hari itu rambutnya yang harus dan lurus jadi berubah kaku dan kasar 😀 😀

Saya masih punya cerita sebenarnya dari teman kuliah…..

dreadlockTeman saya bercerita kalo dia puya seorang teman yang hobby manjangin rambut gimbalnya. Entah karena perawatan yang kurang atau duit tipis atau pengetahuan kurang. Btw, temen saya sering keramas lho… sampai suatu ketika dia mulai sering gatal-gatal. Mungkin pikirnya ketombe, lagi pula mungkin cowok anti/malu  deh sama adegan garuk menggaruk. Akhirnya dia minta temannya untuk mencukur saja rambut gimbalnya. Gambar diambil disini.

Setelah dipotong memang ada beberapa kutu yang terlihat… wajarlah.  Setelah dicukur tinggal beberapa centimeter terdapat seperti luka-luka dikepala, seperti cekungan-cekungan kecil dipermukaan kulit rambut… ternyata kutunya sudah hidup dan membuat koloni *teman saya langsung mau muntah lihatnya* AAAAAAARRRRRRRRHHHHHHHHHH…IIIIIIHHHHHHHHHHHH

Sepertinya bukan meraka berdua yang pernah kutuan, mungkin semua waktu masih kecil pernah kutuan… atau udah segede gajah baru kutuan hehehe. Biasanya kita pake obat kutu seperti Peditox buat menghilangkan kutu rambut. Sebagian ada yang berhasil namun ada yang tidak, padahal belum tentu semua obat kutu aman karena mengandung pestisida/ insektisida. Lihat kesini untuk pengobatan yang bener.
Ada yang pernah kutuan juga? gimana cara ampuh menghilangkannya.

UPDATE 15 desember 2011

Semua orang bisa saja kena kutu rambut. Memang penyakit kutu sangat tidak elit tetapi bisa menyerang siapa saja. Bukan hanya terjadi pada  masyarakat pedesaan, kurangnya kebersihan, taraf ekonomi bawah dan sanitasi yang buruk tetapi kutu rambut juga bisa menyerang orang kota, terpelajar, tingkat sosial yang mapan.

Orang kayapun juga bisa kena kutu, bukan karena mereka kurang bersih. Bisa saja tertular dari kegiatan anak-anaknya disekolah, ikut camp bersama, menginap dirumah teman, ditemani bibi dirumah. Kutu menyerang dengan cepat dan gatal banget tanpa mengenal gender dan tingkat sosial.

Kalo sudah begini harus diobati dengan tepat. Memang hanya ada Peditox obat kutu yang ada di Indonesia. Obatnya memang ampuh ( iya lah, secara isinya insektisida DDT, pasti kutu mati) namun Peditox tidak nyaman dipakai karena berbau dan bisa merusak rambut.

Belum lama ini saya dikasih tahu kalo Lotion Anti nyamuk juga bisa digunakan. Caranya beli satu sachet dalam gosokkan dikulit kepala dan diamkan selama beberapa jam ( 2-3 jam) kemudian bilas. Seminggu kemudian lakukan lagi, cukup satu sachet untuk memastikan telur-telurnya sudah mati. Semoga bebas dari kutu rambut.

Mari Pake Batik

batik

Hari ini kami kompak pake Batik. Memang, di kantor tidak ada peraturan pake batik setiap jumat. Bangsa Indonesia emang lagi semangat karena tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan Batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Memang sih tidak ada bedanya dengan saya karena setiap Jumat saya sempatkan untuk pake batik tapi hari ini hampir semua orang dikantor pake batik… bagus-bagus lagi batiknya. Selamat hari Batik 😀

Motif batik saya baguskan?

note: turut berduka cita sedalam-dalamnya bagi korban Gempa 7.6 SR di Padang-Pariaman dan Jambi 😦