Sering BAB Berdarah Tanda Bahaya

Mba saya pria, usia 25. Sudah 2 tahun ini saya mengalami BAB berdarah,PUP normal,ada benjolan di bagian anus luar,terkadang darah yg keluar menggumpal seperti darah beku…bahkan tidak terkendali…
Contoh pada aktivitas yang banyak dalam posisi jongkokpun darah keluar dari anus..penyakiapakah itu?
kira2 langkah apa yang harus saya lakukan? pengobatan apa yang tepat untuk saya? Thanks. (NN)

Ternyata saya beberapa kali mendapat pertanyaan yang hampir mirip dengan salah satu penanya. Banyak yang berpikiran wah, ini cuma BAB berdarah biasa… mungkin karena pupnya keras banget jadi kurang elastis dan jadi deh pupnya berdarah. Yang penting makan berserat dan banyak minum. titik. Lalu apa jadinya jika kebiasaan ini sudah berlangsung menahun? menurut saya ini bukan sekedar darah biasa. In alarm tubuh bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhmu.

Pada kasus yang dialami mas ini [maaf nanti bicaranya bahasa dewa…. tapi sudah saya turunin kastanya biar mudah dimengerti] bukan kasus biasa seperti yang pernah saya tulis menenai Obat Susah BAB, lalu BAB Tidak lancar kemudian Mengatasi Ambeien dan BAB berdarah sampai juga kebiasaan Anal Sex , kasus ini lebih kompleks.

Saya menyarankan bagi siapapun yang sering mengalami BAB berdarah menahun segeralah untuk lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam dan mintalah untuk dilakukan pemeriksaan endoskopi. Seperti apa sih dan bagaiman kerjanya dan fungsinya? let see….

Endoscopy means looking inside and typically refers to looking inside the body for medical reasons using an instrument. Endoskopi adalah prosedur untuk melihat bagian tubuh dalam dengan menggunakan peralatan, bentuknya seperti selang kecil yang dimaksukkan kedalam tubuh. Ada juga sih yang pake Kapsul berkamera untuk memperlihatkan bagian tubuh… tapi jarang disini, kebanyakan pake selang kecil. Sakit??? ga tuh kan da dibius lokal dulu hehehe. Kesini untuk lihat lebih jelasnya.

Bagaimana prosedurnya?

Endoskopi ini berfungsi untuk melihat apakah adalah bagian yang mengalami peradangan, perdarangan, atau mungkin terjadi dari bukan dari bagian dubur/ dianus saja tapi bagian yang lebih dalam lagi. semua bisa ketahuan… Saya sih yakin kalo jongkok saja sudah bisa berdarah pasti ada sesuatu yang tidak beres.

Sebelum prosedur berlangsung, pencernaan harus kosong sehingga pasien harus puasa 12-14  jam. Kasihankan dokternya kalo nanti diperiksa isinya ga kelihatan karena ketutupan pup hehehe. Sehari sebelumnya pasien akan dikasih obat laxative untuk menguras isi perut…. paling bolak-balik ke toilet sampai kosong hehehehe.

Dari pemeriksaan tersebut pasti akan ketahuan sakitnya apa, nanti dokter yang akan memilih pengobatan yang tepat dan kitapun akan tenang karena sudah ditangani oleh tenaga medis yang berpengalaman. Memang prosedur ini tentu memerlukan biaya, setahu saya biasanya berkisar antara 1-2 juta rupiah. Memang agak mahal… tapi kesehatan itu penting banget. Sakit kalo hanya didiamkan tidak akan sembuh, bertindaklah dan yakin kepada Tuhan bahwa saya pasti sembuh.  Saya berdoa untukmu 😀

11 thoughts on “Sering BAB Berdarah Tanda Bahaya

      • saya mau nanya kalau saya buat bab sedikit2 keluarnya uadah 3-4bln<<<<<tapi tetep sama apakah di endoskopi itu sakit_______trmkash

        ==========================

        Setahu saya tidak terlalu sakit karena alatnya yang masuk ke dubur kecil dan sudah pake lubrikan biar tidak sakit waktu masuk.
        Konsultasikan ke dokter untuk terapi lebih lanjut. terimakasih

  1. maaf, mau tanya
    BAB saya berdarah,kejadianya wktu mlm hari,,
    saya BAB pertama dn berdarah,, kmudian selang beberapa menit,, saya pun BAB lg dn berdarah lg,,dn ntah mengapa selang beberapa menit saya ingin BAB terus,,
    BAB saya ckup lncar mnurut saya, cuma kotoran yg keluar sedikti2,,,
    itu kira2 saya punya masalah apa ya..??
    teimakasih

    =========================
    Dear Willy,

    Penyebab Willy mengalami susah BAB dan berdarah disebabkan beberapa hal:
    1. Pola makan.
    ini memang klasik, buah sayur dan air harus cukup. Seringkali enatah karena kesibukan atau memang malas kita jarang melakukannya. Coba deh pilih hari misal setiap hari rabu makan sayur. KAmu harus makana sayur, bisa capcay dan oaker oat plus susu *enak-enak-enak*
    2. Menurut saya kamu punya masalah dipencernaan.
    Kurangi deh makanan yang terlalu pedas atau asam. terus satu lagi jangan pernah menunda untuk pup. kapanpun dimanapun… hajar.

  2. Saya ayu umur 16 thn ,cewek , saya uda 1 minggu lebih gk BAB perut saya gede and rasa nya begah bgt… Kira2 itu gara2 apa y.? Oya trz klau saya pup berdarah… Q tkut bngt… Tlng ksh solusi dunk..
    ==============================

    Dear Ayu,

    Sebaiknya Ayu berobat ke dokter. Nanti Ayu akan diberikan obat pencahar agar pupnya bisa segera lancar.
    Biasanya dalam 3 hari setelah mengkonsumsi obat itu akan sembuh.

    Namun haru diingat, menjaga kesehatan itu perlu.
    Sebagai pencegahan mengkonsumsi Enzim pencernaan seperti enzyplex/ Vitazyme setiap 2 hari sekali (inget: bukan 2 X sehari) dapat membantu kelancaran pencencernaan. Ayo buruan berobat ke dokter. Terimakasih

  3. Dok..
    mohon bantuanya..
    umur saya 22tahun..
    bb saya 60an tinggi 156(gemuk bgt dok)
    dr kecil sy udah gemuk.sekitar smp,disaat saya keseringan makan makanan pedas,saya pupny berdarah..
    tp kalo g mkn pedas gak berdarah,begitu seterusnya. sampai2 2bulan belakangan ini pup saya SELALU berdarah…

    dan akhir2 ini,badan saya lemas dok,padahal makan udah cukup. yang saya rasakan kalau d daerah dubur luar seperti ada yg menonjol,disaat pup berdarah,lalu saya meraba bagian tersebut,pasti darah nya makin banyak..

    saya perlu ke dokter spesialis dalem gak dok?soalnya 2hari ini badan saya lemas.dan 1 minggu kmrn bdan saya sempat linu tiba2 setelah pup berdarah,lalu diberi piroxicam,dexa,sanmol linu ilang,tp jdnya g pup 3hari.hari ke 4 pup berdarah lg,linu lg.makan obat yg sama,bskny linu ilang,tp pup berdarah,sempat minum obat nurwasir dr dokter umum.tp g ada perubahan dok.gmana ya

    ==========================================

    Kalo kejadiannya seperti ini terus dan tidak ada perubahan, sebaiknya coba ke dokter spesial penyakit dalam. Tidak perlu takut ya. Dokternya tidak mengigit.
    btw, saya bukan dokter tetapi Apoteker/ farmasis.

    Mungkin ada masalah dalam sistem pencernaanmu. Sebaiknya Gina mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bukan berdiet biar cepet kurus. Tetapi hidup sehat biar ga gampang sakit. Masalah pencernaan bisa timbul karena fakto psikis (stres dan asam lambung meningkat), makan makanan pedas dan asam. Sebaiknya dihindari. Saya tahu sulit tetapi sebaiknya dicoba. Janigan lupa kasih tahu obat apa yang sudah diminum biar dokter dapat menetukan jenis pengobatan yang tepat.

    Kalo untuk menurunkan bobot tubuh sebaiknya Gina ke Dokter Ahli Gizi. I recommanded it!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s