Mengobati Pilek Pada Anak

Breathy Nasal Tulisan ini saya buat untuk jeung Finda yang punya anak Farel 1.5 tahun. Farel sering sekali kena pilek dan akhirnya hanya didiamkan karena takut  mengkonsumsi obat kimia.  Katanya kalo ke dokter dikasih resep banyak banget… kasihan obatnya pahit-pahit.

Mbak, gimana sih mengobati Farel biar pileknya sembuh tapi ga pake obat kimia?
Kunci utama agar anak tidak mudah sakit adalah memberikan sistem imunitas yang baik. Anak harus cukup gizi, istirahat dan bermain. Biasanya anak kecil suka menjelajah dan mencari tahu ini itu, pokoknya sangat aktif sehingga kurang istirahat. Kalo sudah begini gejala  pilek, batuk atau panas mudah terjadi.

Untuk pengobatan cukup dengan pemberian multivitamin anak dengan kandungan vitamin dan mineral. Namun kalo belum sembuh coba deh pake Breathy produk Novell Pharma. Saya tidak  jualan/promosi obat pilek apalagi dapet royalti dari Novell Pharm. Silahkan kesini untuk informasi resmi.

Biasanya dokter selalu memberikan obat yang ada kandungan Pseudoefedrin HCl 15mg, mungkin ditambah CTM, kalo sedikit batuk dikasih Guafenisin dan Dextromethorphan HBr *gaya tukang obat sejati hehehehe*. Obat tersebut bisa dalam bentuk sirup atau tablet tapi formula Breathy ini cukup unik karena  BREATHY nasal drops hanya mengandung Sodium chloride 6.5 mg, alias  garam murni dengan pure water (NaCl) yang dapat digunakan untuk melonggarkan pernafasan dengan diteteskan dihidung 1-2 tetes kiri dan kanan.

Semoga cepet sembuh ya 😀 😀

26 thoughts on “Mengobati Pilek Pada Anak

    • Hi, Mel

      Bintitan atau bahasa kerennya hordeolum disebabkan karena terjadinya peradangan pada folikel rambut…. bukan karena sering ngintipin saya mandi hehehehe.

      mengobati bintitan bisa dengan dikompres air hangat di kelopak mata selama 15 menit. Saran saya dengan pergi kedokter sebelum bintitan/ radangnya semakin membesar.

      mata jadi susah untuk mengedip, rasanya berat, sakit dan sedikit gatal. Untuk itu dokter pasti akan memberikan salep antibiotik untuk mengurangi peradangan. mungkin juag salep mata golongan kortikosteroid.

      Ayo buruan ke dokter dan jangan hanya didiamkan saja.
      Sayangi mata indahmu :p

  1. pilek karena kecapean. dan kecapean harus didoping vitamin.
    begitu?
    kalo baca majalah atau nonton film, di barat itu flu selalu dianggap penyakit serius utk dijauhi bahkan penderita dikarantina. padahal di sini malah dibiarkan sembuh sendiri dan tetap bergaul biasa saja.

    • ya bener. saya biasanya hajar pake vitamin dan langsung istirahat banyak hehehe.

      Mungkin kalo disana flunya agak beda dengan disini.
      Orang eropa kalo udah kena flu itu seperti kita yang sedang kena “flu berat”. mungkin karena iklimnya beda, malah biasanya menjelang musim dingin pada imunisasi influenza biar ga kena flu.

      Makanya saya seneng tingal disini. matahari berlimpah hehehe

  2. mbak, gimana cara merawat anak yg terkena bronkhitis?
    biar g gampang batuk2 n flu lg. vitamin apa yg bagus buat dikonsumsi anak. anak saya usianya 3 th, bulan september mendatang.
    makasih bgt ya mbak….

    • Dear Voy-voy,

      nampaknya pertanyaan ini akan saya masukan dalam postingan mendatang untuk merawat anak yang terkena bronkhitis.

      kena flek/ bronkhitis memerlukan terapi beberapa bulan. Sebaikanya ibu berkonsultasi dengan dokter anak untuk menentukan terapi pengobatan yang tepat.

      untuk mencegah agar anak tidak mudah sakit sebaiknya mengkonsumsi imunomodulator. Banyak mereknya Imuno, imboost, dll.

  3. dah sebulan ini anak sy (2,4thn) selalu mengeluh hidung mampet saat tdr malam. sehingga tidurnya sll terganggu. kasian skali….tp kl tdr siang tidak.
    apa ini disebabkan oleh alergi dingin (AC) ato krn pilek biasa ya? mohon saran. tq

    ================================

    Dear Mbak Dewi,

    Mohon dicoba beberpa saran saya.
    Untuk mengetahui apakah hanya pilek biasa atau tidak tahan dingin, coba nanti malam tidur tidak menggunakan AC dan pake baju tidur panjang dan selimut yang hangat. Tunggu sampai si anak tidur…. jika setelah itu sudah baik berarti tandanya hanya perlu diangetin aja badannnya.

    Lantas jika masih pilek…. coba obati dengan Breathy (bukan jualan produk obat, tapi karena obat ini yang paling aman karena hanya mengandung garam NaCl), tetesi di kedua hidungnya menurut aturan pakai….. apakah berhasil?? jika iya maka telah terjadi penyumbatan pada saluran hidung.

    Lantas jika masih pilek…. sepertinya si anak alaergi dingin, mungkin karena cuaca yang sedang hujan dan dingin. Sebaiknya dibawa ke dokter untuk terapi lebih lanjut.

    Satu lagi, sebelum tidur malam atau sehabis mandi sore langsung pake baju hangat untuk mencegah dingin. terimakasih.

  4. mbak..Breathy itu tidak menimbulkan perih atau panas di hidung?khususnya bayi < 1 tahun

    ——————————————–

    Komposisinya hanya garam NaCl murni jadi tidak akan membuat perih/ panas. Satu tetes aja cukup. Lihat leflet untuk keterangan lengkap dan takaran untuk anak dibawah setahun. Terimakasih.

  5. Mbak, anak sy umur 1 taun, skrg lg krna batuk pilek, sy kasih breathy sm syrup pim tra kol plus buat batuknya, itu gmn yah mbak? Udh dr td mlm sih, tp msh agak batuk n flu, wkt lg dikasih obat muntah dy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s