Takaran Obat Yang Tepat

Ketika  batuk atau  saat sakit maag, biasanya tanpa pikir panjang kita menuju kotak P3k dan meminumnya. Terkadang karena sakitnya sudah langganan sampai tidak memperhatikan aturan pakainya. Ternyata banyak yang salah mengintepreatsikan aturan pakai.

Jika tulisanya satu sendok makan, maka kita langsung mengambil sendok yang biasa untuk makan lalu menuangkan sirup obatnya dan langsung diminum. Jika tulisannya satu sedok teh, maka kita langsung mengambil sendok kecil yang ada dirumah, menungkannya lalu dtea spooniminum. Semua salah lho… karena

Aturan Pakai yang benar:
Satu sendok makan= 15 mL
Satu sendok teh= 5 mL


Sendok umum orang Indonesia itu beda dengan orang bule, satu sendok teh kita paling hanya berkisar antara 2.5 – 3 mL. Karena itu masih ada 2 mL yang tidak terminum. Mungkin itu salah satu alasan kenapa kalo sakit tidak kunjung sembuh karena dosis obat tidak terpenuhi. Sementara untuk satu sendok makan yang umum dipakai orang Indonesia sekitar 7.7 – 8 mL.

Untuk itu,  sakit maag atau batuk sudah jadi langganan, sebaiknya sendok putih yang ada didalam kemasan jangan dibuang. Hal itu untuk memastikan takaran obat yang diberikan tepat. Satu lagi deh, kalo minum obat tanya mbak apoteker di apotek, obatnya diminum sbelum makan atau sesudah makan. Minum obat yang tepat itu harus tepat takarannya dan tepat waktunya.

Obatnya diminum ya…. 😀

13 thoughts on “Takaran Obat Yang Tepat

  1. Pingback: Takaran Obat Yang Tepat

  2. jadi? mesti pake sendok khusus? lah yang ada di rumah cuma itu dan keterangan di bungkus obatnya cuma, gimana cara nakarnya jeung.. ribets bener deeeh 😆

  3. @ Chic
    Dalam setiap kemasan sediaan sirup atau suspensi biasanya terdapat leaflet/ brosur pemakaian dan sendok obat. Sendok plastik berwarna putih dgn takaran sendok teh 5 mL.

    Jika sendok tdk ada atau hilang, pake sendok teh biasa yg ada dirumah.

    Jika takaran satu sendok teh maka setara dengan 1.5 sendok teh biasa (umumnya takaran sendok teh rumah 3mL).

  4. oh gitu… br ngerti sekarang di kemasan obat batuk selalu ditulis,untuk dewasa 3-4 kali 3 kali 5 ml sehari..
    btw kalo aturan obat yg dimakan bersama-sama makanan, maksudnya gmana? cara kerja obatnya beda kan?

  5. itulah yang dulu bikin saya bingung, sendok makan ini cuma istilah atau beneran sendok makan. untungnya obat-obat sekarang sudah banyak yang dilengkapi dengan gelas kecil yang ada ukurannya. yang parah mertua saya, sukanya minum langsung dari botol, dosisnya dikira-kira :mrgreen:

  6. Info tambahin nih…. Kalo mau te2p pake takeran sendok teh ataupun makan seperti versi universal, beli sendok takaran di toko roti…. Takaranny sudah pas kalo menurut sy…. Biasany sendokny serentengan isiny ada 4 atau 5 sendok dengan ukuran sendom makan sampe berbagai ukuran sendok teh mulai 1-1/4 sdt…. Dan takeranny ma sendok teh org indonesia memang berbeda…. Semoga infony bermanfaat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s