Menghitung Masa Subur

pregnancyTernyata banyak yang tidak tahu cara yang benar menghitung masa subur, padahal ini sangat berguna untuk mencegah kehamilan atau menentukan tanggal yang tepat untuk memiliki momongan.

Masyarakat umum hanya tahunya masa subur itu seminggu setelah menstruasi sampai seminggu sebelum menstruasi, padahal periode menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Gambar diambil disini.

Meski alat kontrasepsi adalah  alat pencegah kehamilan yang paling baik, sayangnya tidak semua wanita bisa menggunakannya. Mungkin karena reaksi alergi, tidak cocok, agama atau punya riyawat sakit seperti hipertensi, dll. Semoga rumus ini bisa membantu. Buat para bapak dan calon bapak juga boleh belajar biar ga kuper amat hehehe. Menghitungnya ada dua cara, yang pertama untuk wanita yang masa suburnya nya teratur dan tidak teratur.

Masa subur tidak teratur
Wanita yang periode mentruasinya tidak teratur,  biasanya terjadi  karena pengaruh hormon, stress, kecapekan, moody. Tenang kamu ga perlu khawatir atau takut… itu masih normal kok asal periodenya masih dalam range 28-35 hari.

Siapkan pulpen karena kamu harus mencatat periode menstruasi paling tidak 6 bulan sebelumnya. Semoga para wanita selalu menandai hari pertama menstruasi tapi jika tidak pernah, maka ga ada salahnya mulai mencatat dari sekarang. Misal menstrusinya tanggal 1 dan terus bulan depan menstruasi tanggal 3 artinya periodenya 33 hari.

Cara menghitung masa subur tidak teratur:
(Periode menstruasi terpendek-18) – (periode menstruasi terpanjang-11)
Misal periode terpendek 30 dan terpanjang 36 maka (30-18) – (36-11)= 12 – 25.  Artinya pada hari ke-12 sampai hari ke-25 setelah tanggal menstruasi pertama, silahkan berjuang  untuk segara mendapat momongan.

Sementara untuk wanita yang menstruasinya teratur, artinya siklusnya pasti setiap bulannya, misalnya periode 29 hari. Wah akan lebih mudah menghitungnya. Memang bagamana sih cara menghitungnya?

Cara menghitung Masa subur teratur:
(hari pertama menstruasi + 12) sampai (hari pertama menstruasi+ 16).
Misal menstruasi hari  pertama tanggal 5 maka (5+12) – (5+16)=  17-21. Artinya pada hari ke-17 sampai hari ke-21 setelah tanggal menstruasi pertama, silahkan berpuasa untuk tidak menambah adik baru hehehe…cuma 5 hari aja kok.

Semoga bisa bermanfaat dan berguna 😀

38 thoughts on “Menghitung Masa Subur

  1. Pingback: Menghitung Masa Subur

  2. Pantesan jadi terus, habis nggak pake itung2an sih, lain kali mesti rundingan dulu lah,….. itung-itungan supaya aman dan lancar.

  3. @ masnoer®
    iya memang begitu biar lebih akurat hehehe.
    capek juga kalo tiap hari :mrgreen: :mrgreen:

    @ toto
    kalo ga dihitung bisa bahaya 😀

    @ top 10 google
    saya juga belum jadi ibu *lalu…*

    dibookmark aja page ini 😀

  4. @ Hawe69
    hehehe rapid test emang mahal 😀
    Dulu saya sempet ngembangiin tapi harganyaga competitive buat kantong Indonesia.

    semoga aja dengan pake hitungan ini lebih membantu.
    pake test packnya sebagai bukti pendukung saja 😀

  5. lah kalo mens pertama tgl 24… brarti

    (24 + 12) sampai (24 + 16) = 36 sampai 40? errrrr… brarti tarolah 1 bulan = 30 hari… brarti tanggal 6 – tanggal 10…

    gitu ya…

    oooooooo…

    pantesan… lagi HBL skrg 😆

    *dibekep*

  6. istri saya yang lumayan pinter ngitung ginian, alhamdulillah berguna juga waktu merencanakan untuk tidak hamil maupun hamil. *duh, bahasa saya kok ndak enak blas dibacanya*

  7. @ mas stein
    saya edit deh…
    “Alhamdulilah, istri saya pintar menghitung waktu untuk merencanakan kapan hamil dan tidak”

    bener mas? semoga sesuai aturan EYD

    @ lambenesugiman
    segera dibookmarks… seperti mbak angel 😀
    Jangan cuma dikasih oleh-oleh tulisan tapi “siap action dong!”

  8. Setelah saya hitung kok siklus mensku hari terpendeknya cuma 27 hari,gak normal ya?soalnya dibilang normalnya siklus haid antara 28-35 hari
    bulan april hari pertama mens saya tgl 9 lalu bulan mei hari pertama mens tgl 6 berarti kalo dijumlah kan cuma 27 hari
    apa saya nantinya bsa punya momongan?
    Tolong segera jawabanya

  9. @ Ivho
    Kamu ga perlu khawatir, angka tersebut hanya teksbook aja. Jika peride menstruasi 27 hari itu masih normal.

    Yang penting: menstrusimu tidak ada keluhan, selalu rutin, tanpa nyeri hebat, kurangi stress.

    don’t worry be happy 😀

  10. wah sy inget pljrn biologi wktu SMP,pas sy mau merit sempet nyari rumusan ini nih…tapi blm ketemu,baru ketemu sekarang thank`s yah…
    ga ada istilah terlambat untuk kata ilmu…..
    kan bisa buata orang lain juga…
    pas aku baca ini ada temenku yg mau merit lgsg aku tawarin rumus ini lgsg MAU katanya
    selamat mencoba bagi yg baru tahu rumusan ini…!!!!

  11. sy mau tanya..
    saat kita senggama biasanya sebelum keluar sperma terkadang lbh dulu keluar cairan bening ato di Islam disebut Manzdi..apa bedanya dg mani(sperma)..apakah Mandzi bisa menyebabkan kehamilan..
    Apabila saat kita senggama tetapi tdk penetrasi alias penis hanya ditempel di bibir vagina dan misal keluar mani apakah bisa hamil…apakah mani yg diluar/di bibir vagina bisa masuk sendiri..
    Terima kasih..Mohon bantuannya utk dijawab..
    Sy mohon identitas sy dirahasiakan..Terima kasih

  12. @ Tia
    Ada banyak faktor yang mempengaruhi, namun salah satu yang mendasari adalah pengaruh sifat asam/basa vagina dan jenis sperma. Seperti yang telah diketahui kondisi pH vagina umunya bersifat asam.

    Dalam buku kedokteran disebutkan, sperma memiliki dua kategori sifat kerja, yaitu:
    Sperma XX: berenang lebih cepat dan tahan terhadap asam (pembawa gen perempuan)
    Sperma XY: berenang lebih lambat dan tidak tahan terhadapa asam (pembawa gen laki-laki)
    *kudu dicatet nih hehehe*

    Untuk mendapat anak laki-laki caranya buatlah kondisi flora vagina lebih basa. bagaimana caranya? buat wanita dalam keadaan orgasme karena dalam keadaan orgasme pH vagina cenderung basa. Baru setelah itu pria boleh mengalami ejakulasi.

    Dalam keadaan orgasme, meski sperma XY berenang lebih lambat namun dia akan selamat karena keadaannya didalam vagina sudah basa. Hi, Egg i’m coming 😀 .Hal ini yang mendasari untuk “membuat anak laki-laki”.

    Saya jadi berpikir mungkin karena itulah banyak anak yang terlahir perempuan, ternyata lebih mudah karena si bapak maunya buru-buru hehehe.

  13. Bener juga ya…….. Soale dulu yang ngebet bapaknya dulu khok,, ibumya malah kayak gedebok pisang..he..he..he

  14. Sy mo tny nich! Sy baru merid 1,5 bln, tp klo sy lg males ML, sy cuma minta suami masukkan penis ke vagina 1cm smpe 2cm aja, apa sperma suami msh bisa tembus ke sel telur ya?

    • @ Helen:
      Kemungkin apapun bisa saja terjadi.
      Namun saya sih Kasihan si sperma harus berenang terlalu jauh untuk sampai kesana, kecuali saat suamimu mengalami ejakulasi daya semprotnya bagus hehehe 😀

      Saran: Jangan males, ayo semangat!!
      btw, selamat atas pernikahannya. Bahagia selalu.

  15. wah, kebetulan daya semprotnya besar…hehe..

    Tp kata org sperma itu cuma nempel divagina aja bisa hamil ya? Ini pengalaman teman sy.

  16. saya bingung cara itungna..saya mens pertma bulan agsts tgl 17 trus september tgl 15..saya itung ko masa sburna pas saya mens..dlm agama sya kan gag bleh kalo lagi mens..apa itungan saya yang salah.??mohon bantuannya.

    • Dear mbak Nana,

      saya anggap saja periode menstruasinya teratur, maka menghitungnya:
      menstruasi 17 agustus 2009
      maka (17+12) – (17+16)= 29-33 hari
      artinya masa suburnya tanggal 29 agustus-2 september 2009

      *ingat bulan agustus sampai 31 hari*

  17. Jdny yg bnr dr awal bln apa dr awal mens mba? aku jg kl diitung hr plg bentar 17 yg plg lama 30, jd ada -1 dong, artiny dr sblm mens smp stlh mens dong..

    =====================
    periode menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya.

    misal: menstruasi 1 feb 2010, menstruasi berikutnya 1 Maret 2010 maka periodenya= 28 hari.

  18. Iya mba, betul begitu.. Tp sy periodeny plg sbntr memang 17 hr *sy kmrn jg konsul sm mba soal mens sy yg tlalu cpt* n plg lm 30 hr, jd gmn tuh?

    =======================

    Tidak apa-apa kok.
    Jika menstruasinya setiap 17 hari sekali tidak apa-apa.
    Jika terlama 30 hari, itupun masih dalam tahap wajar.

    it’s oke honey 😀 😀

  19. apa mungkin sehabis masa nifas saya bisa hamil?
    soalnya saya nggak pakek kontrasepsi apapun.
    terimakasih atas jawabannya.

    ===========================

    Dear Samafa,

    Umumnya 2-3 hari sebelum menstruasi dan 2-3 hari setelah menstruasi adalah saat yang tidak beresiko hamil. Silahkan saja untuk berhubungan tanpa KB.
    Setahu saya, setelah menstruasi tubuh perlu bebrap hari untuk mencapai masa subur.

    Namun untuk lebih memastikan agar tidak terjadi kehamilan sebaiknya dengan ber-KB saja karena hormon esterogen sangat naik turun tergantung keadaannya.

  20. mba.. hari pertama aq haid yaitu tanggal 21 april 2011, bbrti masa subur aku tanggal 3-7 mei 2011 ya mba?? cepet bgt ya mba???

    ===================================================

    masa subur memang cuma sebentar 🙂

  21. maaf ni saya mau tanya singkat aja.,apakah ada obat untuk mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan? kalau ada apa namanya? trima kasih sblumnya.

    =================================================

    Ada, tetapi obatnya harus dengan resep dokter.
    Sebaiknya jika lupa minum obat KB, dan sudah melakukan hubungan seks, kunjungi dokter atau bidan untuk hasil tterbaik 🙂

  22. Dok sya mau tanya . Umur sya 15 thun
    Dari pertama haid blan agustus 2015 sampai sekarang ini , sya haid 7hri lalu berjarak 19 hari sya haid lgi .
    Itu knapa ya dok ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s