Cerita Coating Tablet

Semua pasti ingat “pil biru”  Viagra, warnanya biru cerah dan ada tulisan pfizer. Atau obat Zantac yang berwarna kuning agak pucat dengan tulisan Glaxo 300. Pernah ga kepikiran, kenapa obatnya warna-warni? kenapa ada rasa manis dan ada yang  keras banget sampai ga bisa dipotek *patah jadi dua*. Semua itu bisa terjadi karena teknologi coating tablet. Saya malah harus pergi ke Shanghai seminggu hanya untuk belajar coating hehehe.

Memang coating ada berapa cara sih? ada 3

1. Coating Salut Gula.
Pernah minum obat saat ditelan rasanya manis? itu karena obat yang pahit sudah dicoating dengan salut gula sehingga rasa pahit berkurang atau tertutupi. Gulanya bukan gula jawa tapi gula khusus, biasanya coating ini untuk tablet anak-anak.

coating2. Coating film
Kalo yang ini yang paling banyak dipakai. Gunanya untuk mempercantik tablet, biar tablet tetap stabil, dan warnanya macam-macam seperti pelangi. Bahan obat yang warnanya tidak menarik seperti ektrak herbal atau warnannya yang blurek bisa tertutupi. Tidak semua obat perlu dicoating ada yang tetap memperlihatkan bentuk warna aslinya, atau diberi warna pada saat sebelum pencetakan tablet.

3. Enteric Coating
Untuk obat tertentu terkadang penyerapan yang paling bagus buka di lambug tapi diusus halus, seperti Zantac (ranitidine 300mg). Obat ini harus diserap di usus halus, untuk itu tablet perlu dicoating untuk tahan menghadapi asam lambung sehingga setelah sampai di usus halus obat baru dilepas perlahan-lahan. Teknologinya canggih, nama kerennya sustained release, lepas lambat

Oke, sekarang sudah tahu toh bahwa tidak semua obat boleh dipatah jadi dua atau digerus pake sendok. Perhatikan petunjuk pemakaian.

12 thoughts on “Cerita Coating Tablet

  1. @ mas stein
    sepertinya tidak pake identifikasi khusus, ga pake lambang segitiga ntar disangka CD hehehe.

    Enteric coted umumnya dijumpai pada obat yang pH pelepasannya pH5.5 sementara pH lambung 3.5. kerena itulah hanya beberapa bahan obat yang masuk dalam ketegori tersebut.

    Umumnya golongan PP inh, aspirin and fish oil (EPA, DHA,omega 3). btw, semoga bisa dicerna otak… susah juga ya pake bahasa awam hehehe

    Obat saluran pencernaan, salah satunya golongannya Proton Pump Inhibitor (PP inh) Omeprazole, lanzoprazole, pantoprazole. Obat ini biasanya untuk mengobat sakit maag.

    Aspirin dapat mengiritasi lambung, beberapa orang yang peka biasanya mengkonsumsi Aspirin coated jadi ga sakit kepala dan ga sakit lambung.
    Sama halnya dengan Vit C, pake coated atau dalam bentuk Ester C.

    Untuk omega 3 memang paling baik dalam bentuk coated sehingga penyerapan diusus terabsorpsi sempurna

    hehehe saya kaya ibu dosen 😀

  2. untuk obat2 generik coating ini jg menjadi perhatian nggak mbak? tentunya untuk proses coating ini akan menaikkan harga obat, sementara obat generik harganya relatif lebih murah.
    obat yg diproses dengan enteric coating pasti mahal ya?
    terima kasih atas pencerahannya.

  3. @ Guskar

    Memang biasanya coating hanya untuk obat-obat branded. tapi ingat, tidak semua obat perlu dicoating 😀 :D.
    Obat Generik contohnya Paracetamol tidak perlu dicoating karena bahan bakunya sudah putih bersih dan stabil sehingga tidak perlu dicoating.

    Mahal atau murahnya harga sebuah obat banyak faktor yang berpengaruh. teknologi enteric coating memang membuat harga sedikit mahal tapi hal tersebut dilakukan karena memang bahan aktifnya membutuhkan absopsi yang terbaik diusus halus sehingga harus dilakuakan enteric coating.

    Apakah obat yang tidak dicoating lebih murah? jawabannya tidak. hal itu tergantung bahan aktifnya (API), misalnya Obat jantung yang tidak dicoating pun harga bahan bakunyanya memang sudah mahal per kilogramnya.

  4. siip….akhirx tau jga enteric coated tu apa…

    =========================
    masa sih?
    semoga makin ngerti lagi. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s