Salah Minum Obat

Sebaik apapun kita tahu fungsi obat, sebaiknya tanyakan dulu atau lihat brosur/ leaflet agark tidak salah atau kelebihan dosis.  Meskipun cuma obat yang dapat dibeli diwarung ada baiknya tetep waspada. Mengenai salah obat, saya punya cerita mengenai hal itu*pengalaman sendiri*.

Ceritanya begini…
Teman saya sedang sakit dan memutuskan untuk menelpon saya.
teman: “Hallo, badan saya lemes ini. Kayanya kecapean.. Gimana sih nyembuhinnya?”.
saya: ” Kalo kecapeaan mendingan istirahat dulu dan minum vitamin C 500mg”.
teman:  ” Oke thanks ya”.

Setelah beberapa jam ada SMS masuk dari teman saya yang tadi.
Hi, tadi badan gw panas terus gw minum asam mefenamat, kok ga sembuh-sembuh panasnya? tks

Lalu saya putuskan untuk menelponnya kembali.
Saya: ” Gimana, masih panas badannya?
Teman : “Ga tau  tuh, udah minum obat tapi ga sembuh”.
Saya: ” Siapa yang suruh minum asam mefenamat?. Hi, kalo asam mefenamat itu untuk mengurangi nyeri”
Saya: ” Kalo untuk menurunkan panas minumnya paracetamol”.
teman: ” Wah, salah dong, keracunan ga? apa nanti gw mati?”.
Saya : “Enggak sih, sekarang minum paracetamol 500mg tiga kali sehari. Lain kali kalo minum obat tanya dulu gunanya dan aturan pakai. kudu hati-hati, jangan asal telen…”
Saya: ” Jangan sampai salah minum obat”.
Temen: ” oke, makasih ya. Ga salah lagi deh”.

11 thoughts on “Salah Minum Obat

  1. pertamax-kah?

    sukurlah mbak kalo sudah udah lebih baekan.. 🙂 *malaikat bersayap*

    iya, mesti teliti tuh sama obat..
    jadi gpp ya mbak, mefenamatnya yg udah terlanjur diminum..?

  2. yg recommended as mefenamat siapa ya..yg jualan obatnya? 🙂
    kl kebalik, keluhannya sakit kepala trus dikasi parasetamol mungkin masi agak pas 🙂
    tp kejadian itu ternyata memang sering, rekomendasi, “Si anu pake obat ini bs sembuh sakitnya..” sering ditelan mentah2 oleh masyarakat awam 😦

  3. Salam
    Hai dear!!
    Waduh bisa bahaya tuh klo sembrono gituh, untung ga kenapa2 btw gw paling ogah minum obat kimia, mana kadang mesti digerus he..he..
    *malu dah segede gini masih susah minum obat 😀
    *curcol mode on

  4. wah… ini yang saya senang dari berkunjung di blog ini
    saya punya pengalaman sama mbak, tapi ga smpe salah obat..
    yah untung saya punya kakak yang juga tukangobat sama kayak mbak ini..

  5. @ yuyun
    Pertamax nya buat dirimu hehe. Asam mefenamat yang terlanjur diminum ya sudahlah. Berita baiknya ga apa-apa dlm arti tdk ada kontraindikasi.

    @ det
    Kalo flu ketemu saya migreen ga?

    @ tiya
    Untung bkn lingkaran setan hehe. Namanya obat golongan G atau obat keras

    @ dani
    Saya ga nyuruh minum asam mefenamat *sungguh-sungguh*

  6. @ yuyun
    Pertamax nya buat dirimu hehe. Asam mefenamat yang terlanjur diminum ya sudahlah. Berita baiknya ga apa-apa dlm arti tdk ada kontraindikasi.

    @ det
    Kalo flu ketemu saya migreen ga?

    @ tiya
    Untung bkn lingkaran setan hehe. Namanya obat golongan G atau obat keras

    @ dani
    Saya ga nyuruh minum asam mefenamat *sungguh-sungguhh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s