Obat Biar Ga Gampang Stress

Stress dapat menyerang siapa saja baik tua muda dan anak-anak.  Mau tahu obat manjur biar ga gampang stres?.  Postingan ini sambil menjawab pertanyaan yang Mbak Rini.

Ass..,,,,,gmn sich cara’y menjaga kesantaian pikiran qt,,biar g’ gampang stress?????? cozz,,kata’y stress jg bsa membuat maag kambuh???thanxs before………………

Pertanyaan menarik ini membuat saya mencari jawaban dengan membaca buku tebal hehehe, (Prescription for  Nutritioal Healing, 4th edition, Phyllisa A. Balch, 2006, page 720-725). Memang benar, jika seseorang mengalami stres maka otak akan memerintah untuk mengeluarkan asam lambung lebih banyak sehingga pH  asam lambung semakin asam, lambung pun mudah teriritasi dan menjadi perih sehingga timbullah sakit maag. *pengalaman pribadi saya saat ujian praktek Formulasi tablet hehehe*.

…”stress refers to any reaction to aphysical, mental, social, or emotional stimulus that requires aresponse or alternation to the way we perform, think, or feel”. Memang benar kecemasan pemicu terjadinya stress.  Stress ini berpengaruh pada sikap dan tindakan sehari-hari.

Stress pun dapat menyerang semua usia, menurut saya anak kecilpun rentan mengalami stress, diantaranya karena tekanan dalam sekolah,  harus pintar, banyak PR, berteman, bertengkar. Hal itu dapat membuat anak menjadi mudah terkena stress. Dampingi anak anda… (kalo yang udah punya).

Lalu bagaimana menjaga kesantaian pikiran? ada ga rekomendasi yang harus dilakukan?
Yang pasti harus berpikir positif dan hilangkan penat. Menurut buku, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang masih fresh karena didalamnya terkandung flavonoid yang dapat menetralisir bahaya radikal bebas. Jauhkan dari makanan yang mengandung “artificial sweetener” seperti junk food, minuman berkarbonasi, heavy spices,  chips dan snack yang mengandung pengawet.

Hal ini yang tidak kalah penting. Learn to relax…. Belajar untuk lebih tenang. Ternyata tidak semua mudah untuk tenang, teknik relaksasi dapat digunakan dan  sangat membantu. ..” tense the muscles for a count of ten, concentrating on the tension, then let the muscles go lax and breathe deeply, enjoying the sensation of release”. Ada banyak teknik, seperti meditasi, bernafas dalam-dalam, dan mencari sumber pemicu stress dan selesaikanlah. Hal yang mudah adalah berlatihlah untuk tertawa hehehe. Dalam kamar dapat mengunakan aroma terapi yang menenangkan, bbahkan bila perlu ambilah cuti satu hari.

Ada tidak obat stress?

jawabannya ada.  Beberapa bahan aktif seperti  antianxietas, GABA analaog dapat membantu, bila perlu antidepressant. Namun perlu d ingat hal itu harus dikonsutasikan ke dokter lebih dahulu karena tingkat stress tiap orang berbeda-beda. Saya sebagai farmasis dan rekan dokter lainnya pastinya tidak menyarankan setiap hal harus obati dengan obat aktif / active pharmaceutical ingredient (API).

Jika  hanya menderita stress ringan, saya merekomendasikan pemberian vitamin dan mineral, seperti Calsium 2000mg perhari dan Magnesium 1000mg perhari yang dapat mengurangi kecemasan dan takut. *ingat ya dosis tiap orang berbeda-bed a, yang saya cantumkan dosis maksimum perhari*. Dalam sumber lain disebutkan dapat menstabilkan mood.

Konsumsi Coenzyme Q-10 plus Coenzyme A yang dapat nambah energi dan melindungi jantung dan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Bagi yang kesulitan tidur, dapat mengkonsumsi Melatonin yang merupakan natural hormone yang membantu tidur lebih baik.

Tetap sehat, jangan stress ya…. 🙂

6 thoughts on “Obat Biar Ga Gampang Stress

  1. Cemas >>Stress >> asam lambung meningkat >> teritis…. hm..hmm gitu kesimpulannya, ya, mbak ?

    Makan buah dan sayur, ya ?
    Mbak bener, gak..mencium aroma apel segar bisa membuat ngantuk ?
    *he..he..inget ama film Jae Geum, nih 😀 *

  2. wah, postingan keren dan bermanfaat nih… 😉
    wah, lagi-lagi sayur dan buah…

    berlatih tertawa…? tanpa ada sebab…?
    susah mba, gimana kalo senyum aja…
    seperti ini…
    [senyum] 🙂

    hehehe, dulu pernah mengkonsumsi calc 500mg tiap kali makan pagi dan siang pas mau tidur… 1000mg

    mba ada yangrekomendasi merek obat/farmasi yang mengandung magnesium sampai dosis itu ngga…?

    “Coenzyme Q-10 plus Coenzyme A” >>> kalo ini apa mba..?

    dulu dan sampe sekarang, kadang mengkonsumsi kacang merah rebus…, kata seorang konselor psikologi baik untuk menenangkan pikiran karena banyak serotininnya (ha lupa serotinin ato serotonin 😕 )
    bagaimana menurut pendapat mba rina…?

    salam… sehat dan sukses selalu yagh…

    -gbaiq-
    [senyum] 🙂
    === === ===

  3. @ gbaiquni
    senyum-senyum juga boleh kok, kalo ketawa sendiri disangka gile 🙂
    mengenai Calsium dan Magnesium, sekarang sudah banyak kok food suplemen yang kandungannya tinggi diapotek guardian atau century..
    takaran saji umumnya Ca 1000mg dan Mg 500mg. sehingga dapat jika butuh lebih tinggal menggandakan konsumsinya.

    Menurut saya sih, kamu ga stress dan terlihat bahagia *senyum-senyum* cukup minum Ca 1000mg dan Mg 500mg sudah cukup hehehe.

    Kacang-kacangan (kacang merah, kacang almont) memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita yang kaya akan serotonin. *pengen es kacang merah…..*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s