Sukses Presentasi

presentation1

Saya baru saja menyelesaikan presentasi penting untuk salah satu customer besar. Presentasi hari ini tidak main-main karena bos besar sampai ikutan menyertai saya. Well, saya malah tambah nervous deh….*curhat colongan*

Kalo boleh dibilang, hari ini saya sukses membawakan materi presentasi. Sebuah presentasi haruslah tampil enak dimata yang melihatnya dengan desain yang baik *thanks ya papa Anya* dan isi yang tertata dengan sistematis dan informasi yang akurat.

Lalu bagaimana caranya sukses dalam melakukan presentasi?

Pertama siapkan mental dan berdoa. Ini kuncinya…tidak perlu takut kalo ketemu owner, direktur, manajer, dll. Mereka semua manusia biasa hehehe, yang paling mengetahui materi ini adalah kita sendiri karena kita yang membuat.

Kedua siapkan materi dengan sebaik-baiknya. Persiapkan data yang menunjang, bila perlu siapkan artikel yang mendukung materi presentasi. Jangan membuat materi presentasi yang terlalu panjang dan berfokuslah pada intinya.

Ketiga siapkan amunisi tambahan. Perhatikan para audiens, sisipkan jokes ringan atau cerita pengalaman produk hehehe. satu lagi harus senyum yang manis dan pakailah baju yang rapih dan bersih *buat cewek harus kelihatan lebih cantik dari biasanya*. Oh iya, harus minum air yang cukup ya..

Semoga tips-tipsnya bisa dilakasanakan.

5 thoughts on “Sukses Presentasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s