Laskar Pelangi Sorong

Hari ini 25 september 2008 film Laskar Pelangi mulai di putar di bioskp Indonesia. cerita yang diangkat dari novel Andrea Hirata mengambil kisah 10 anak yang berjuang untuk bersekolah dengan keterbatasan yang ada. yang pasti semua harus nonton πŸ™‚

setidaknya sayapun punya cerita yang hampir mirip laskar pelangi tapi bukan versi anak Belitong tapi ini “laskar Pelangi Sorong” tempat saya menghabiskan masa kecil di Kabupaten Sorong, Irian Jaya, Papua.

kalo boleh dibilang masa kecil saya mirip Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara. Anak yang paling pintar, selalu ranking satu di kelas dan ketua kelas *sombong dikit*. saya pun tidak bersekolah di sekolah favorite *kalo di sana SD impres itu yang paling favorite, gedungnya sudah bertingkat*.

nama sekolah saya SD Negeri 3 HBM Sorong Irian Jaya. tipikal bangunan sekolah lama menyerupai huruf U, dengan halaman luas untuk upacara bendera dan ada taman kecil denganΒ  banyak bunga pukul empat (Mirabilis jalapa L) *pernah saya dan teman pergi kesekolah hanya untuk memastikan apakah jam 4 sore bunganya sedang mekar hehehe*

Gedung sekolah menghadap pemandangan bukit kuburan letaknya persis didepan sekolah, makanya saya ga takut kuburan hehehe, setiap malam banyak lampu yang menyala di tiap-tiap kuburan jadilah bukit kuburan itu menjadi terang benderang seperti pohon natal *itu bayangan saya anak SD kelas satu*

Sekolah yang memiliki banyak kenangan, dibawah pohon ketapang yang rindang, kami sering duduk-duduk pada besi memanjang zaman belanda yang masih kuat.

saya sering di ganggu atau dijahili oleh teman-teman kelas yang besar-besar *penduduk setempat banyak yang terlambat menyekolahkan anaknya sehingga kelas satu pun, mereka sudah besar-besar*. sulit sekali melafalkan huruf e, seperti eneng dibaca eneng, membaca dibaca membaca.

sewaktu bu guru sedang rapat, ia meminta saya mencatat anak-anak yang ribut di kelas, setelah mereka di hukum di tiang bendera, pulangnya saya di kejar habis-habisan untuk pembalasan, sampai-sampai saya harusΒ  lari-lari kuburan di kejar 10 teman Irian saya *lucu sekaligus mengerikan*.

Kebiasaan penduduk setempat masih melekat di kepala saya, banyak pesta dan mabuk-mabukan, banyak juga yang kurang gizi atau tidak di kasih makan, lebih suka ubi daripada nasi. kalo bicara hantu mereka tidak kenal pocong atau kuntilanak, tahunya hantu belanda hehehe.

rumah kami cukup kecil isinya cuma televisi hitam putih dan satu radio sharp hehehe, rumah dinas departemen keuangan yang sudah usang yang punya dua pohon ketapang besar tempatku bermain di depan rumah dengan burung kakak tua *namanya Yakob* yang pintar sekali bicara kelayaknya bayi berusia 3 tahun. sejak kecil yakob sudah kami beri makanan manusia (susu dancow, bakso, kopi, sayur bening bikinan ibu, indomie) bahkan dia sudah lupa kalo dia hewan dan ga bisa makan makanan burung. bagiku dia seperti adikku hehehe

wah, masih banyak lagi cerita dan kenangan masa sekolah di Sorong, saya berharap mungkin suatu hari nanti saya dapat ke sana πŸ™‚

26 thoughts on “Laskar Pelangi Sorong

  1. @ warmorning
    hehehe

    @ JalanSUtera.com
    di Jakarta. kayanya yang belum saya kunjungi tinggal pulau kalimantan, itupun hampir.

    @ wi3nd
    emang seru banget. pulangnya saya nangis hehehe.

    @ Dhimas
    saya mbak πŸ™‚
    semoga ada yang mau buat pilem saya hehehe

    @ thegands
    pantas saja, jadi item hehehe
    jangan lupa harus nonton laskar pelangi πŸ™‚

  2. @ the gands
    nonton bioskop aja yukk “laskar pelangi the movie”

    @ Irw@n
    nasib nya beda sebelah mana? buruan bikin novel hehehe

    @ kucingkeren
    semoga mimpi jadi kenyataan πŸ™‚

    @ realylife
    kita bikin film yuk mas…

    @ Zoel
    kalo jadi laskar bulan nanti malah jadi sailor moon.
    dengan kekuatan bulan akan menghukummu hehehe

    @ atja
    masa kecil saya memang seperti petualang

    @ pimbem
    saya mau bayangin lagi ahhhhh

    @ gbaiquni
    ga tahu.mungkin kaya si manis jembatan ancol yang pake baju londo

    @ emfajar
    makasih my budy hehehhe *cepika-cepiki*

    @ afra afifah
    nanti saya mau nonton *menuju 21*

  3. Wah kisahnya unik juga,
    Mirip seorang kawan di kampus. Anak seorang pns depkeu, bertugas di serui. Sempat pamannya mau dimakan orang sana. Sempat kayak gitu ga, hampir dimakan? He2

  4. halo,, bole nanya,,skolah d SD N 3 HBM tahun brapa ya?? saya juga SD nya d situ lulus taun 84,,,,enam tahun sy d SD N 3 HBM Sorong,,,,, oya salam kenal yaaa,,,

    ======================
    sekitat tahun 89.
    Saya cuma sampai kelas 3 SD saja πŸ˜€

    Masa kecil yang tidak akan terlupakan…

  5. Mba saya ampe mw nangis pas bca cerita mba suka juga duduk di pipa besi di bwh pohon ketapang itu..pohonnya skarang udh ga ad, taman bunganya juga udh ga terawat….
    haah…SD N 3 ku…

    ===============================

    Saya juga ikut terharu ternyata ada yang satu almamater dengan saya πŸ˜€
    masa kecil yang tak terlupakan.

    meskipun SDN 3 tidak secantik dahuu, kamu masih jadi bagian memori terbaik dalam perjalanan masa kecilku πŸ˜€

    Salam Nino,
    semoga bisa ketemu dan kopdar bareng ke Sorong hehehe

  6. hallo mbak slam kenal, sy dulu jg penduduk hbm. skrg sy sdh menetap d jayapura. klo boleh tau dulu mbak tinggal d keluarga siapa ya… thanks

    =======================

    Dear Yana,

    Nambah satu lagi teman sekampung.
    Saya tinggal dikomplek (saya ga tahu nama kompleksnya apa ). beberapa departemen membeli sebidang tanah luas dan setiap departemen (keuangan, depdiknas, PU/ PLN, dll) membangun rumah dinas untuk pegawainya.

    Saya tinggal dengan orang tua dan rumah saya yang di departemen keuangan.
    wah, saya ga tahu sekarang masih ada atau tidak 😦 😦

    semoga HBM tetap indah, seindah memori masa kecil saya.

  7. Memang, kalau mau lihat wajah orang Irian/Papua boleh lihat wajah Rina. Mirip sama Mike, Mitha, Evan, Kak Riri & orang Irian itu sendiri. Rina kalau kita lihat-lihat manis juga ya….? πŸ˜†

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s