Swamedikasi Radang Tenggorokan

Setelah saya sembuh dari radang tenggorokan dan penyakit pengiring seperti panas, demam, flu disertai pilek dan sedikit batuk selama 5 hari, akhirnya saya sudah sembuh *hore hore hore*. tapi kenapa ya… top search minggu ini radang tenggorokan. mungkin banyak yang sedang sakit seperti saya ini. karena itulah saya tulis resep lengkapnya kalo sakit seperti ini…. *gratis bagi-bagi resep*.

Untuk penyakit ringan seperti radang tenggorokan, kitadapat melakukan swamedikasi artinya pengobatan diri sendiri. kunjungilah apotek terdekat dengan membeli obat generik yang lebih murah, masing-masing obat belinya satu papan (10 tablet) ini dia resepnya:
R/ Paracetamol 500mg     X
Amoksisilin 500mg          X
Asam mefenamat 500mg  X
Vitamin C

sekarang saya jelasin kegunaan dan cara minum obatnya:

PARACETAMOL. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama kepada Antipiretik yang artinya berkhasiat menurunkan suhu tubuh atau panas demam. diminum 3 X sehari sesudah makan. kalo badan sudah tidak panas dan demam obat boleh di stop penggunaannya.

AMOKSISILIN. obat ini termasuk antibiotik ringan dan cukup ampuh terutama untuk inflamasi atau peradangan seperti di tenggorokan. diminum 3 X sehari sesudah makan. karena golongan antibiotik maka obat ini harus dihabiskan untuk mencegah terjadinya resistensi.

ASAM MEFENAMAT. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama sebagai analgesik yang bermanfaat meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman. badan rasanya capek,nyeri bisa diobati pake ini. diminum 2 X sehari sesudah makan.

VITAMIN C. kalo ini vitamin C apa saja ga pake merek tertentu. gunanya untukmempercepat proses kesembuhan. di minum2-3X sehari sesudah makan.

Selama proses penyembuhan kita harus banyak beristirahat  dan banyak minum. semoga cepet sembuh ya 🙂

30 thoughts on “Swamedikasi Radang Tenggorokan

  1. sama kayak itikkecil, biasanya pake ituh…

    ada efek samping kalo pake ituh?

    “Selama proses penyembuhan kita harus banyak beristirahat dan banyak minum.”

    setujuh… tapi agak sulit kalo yang lagi puasa.., terutama soal banyak minum. kalo minumnya pas malem…, perut udah terisi penuh ketika buka dan udah ngga sanggup untuk minum lagi!

    pengalaman pilek pas puasa: maunya tidur terus…, apalagi kalo minum obat pas sahur…, abis shubuh bisa tidur, baru bangun pas mau dhuhur dan seluruh badan mandi keringat! :mrgreen:

  2. alhamdulilah mba sudah sembuh..:)
    ooww..radan9 tokh?? heemm sayah ju9a serin9 kena ituh biasanya amoxcilin ato trocess,pernah sampe nda bisa bicara[nda ada suaranya] biasanya puasa ngomong heheh..

  3. @ itik kecil
    saya sangat merekomendasikan FG Troches buatan Meiji. mungkin karena kemarin radangnya cukup parah jadi perlu antibiotik yang sedikit kuat kaya amoksisilin.

    @ jalanSutera.com
    kalo pilek karena air es kayanya ga perlu minum amoksisiilin.
    cukup vitamin aja. kalobadannya panas boleh dikasih paracetamol.
    btw, obat diatas hanya bisa dibeli di toko obat dan apotek 🙂

    @ gbaiquni
    saya merekomendasikan FG Trochesuntuk pengobatan pertama kalo menderita radang tenggorokan. kalo efek sampingnya tidak ada dan cukup aman. tapi minum sesuai aturan jangan kaya makan permen hehehe

    meski puasa jangan sampai kurang minum, memang beberapa obat malah bikin kita ngantuk banget hehehe.

    @ pengendara
    bisa. tapi dosisnya harus dikurangi 🙂

    @ win3d
    kemarin jsaya uga sempet menjadi wanita bersuara sexy, serak dan berat hohoho

    @ emfajar
    emang harus istirahat total 🙂
    tidur yukkk

    @ angelndutz
    sehat dong hehehe.makanya harus kuat sampai hari ke 30 🙂

  4. @ warmorning
    boleh di coba resepnya. sudah terbukti untuk sahabat saya. manjur. semoga sembuh juga.

    @ achoey
    kok kita sering banget ga sengaja nulis yang sama, sekarang sama sering sakit kaya gini *mikir-mikir*
    ga ada yang kebetulan kan?

  5. wah emang bener nih mba’…saya selalu sedia paracetamol, amoxixilin, vit c, obat pening kepala yang dikasih dokter mertigo, dan mylanta kalo kembung2…ahahaa sebut merek nih tapi bukan buat promosi ^_^

  6. mantap sekali infonya, ga ditambahin dengan FG trosis (bener gitu tulisannya ya?)

    amoksisilin itu yg saya belum tahu adalah dosisnya, ok dihabisin, tp berapa banyak? hehehehe

  7. @ wira
    tulisannya FG Troches. Isinya antibiotika ringan (Gramisidin 1 mg dan Fradiomycin 2.5 mg).

    Amoksisilin adalah antibiotika ebih tigginya FG Troches.
    dosis amoksisilin buat wira 500mg diminum 2-3 kali sehari.

    @ Сантехник Гоша
    thanks for coming 🙂

  8. pak saya kena radang tenggorokan nih
    klo kmrn saya k dokter tht
    dikasi Asam mefenamat
    ama ciprofloxacin

    nah gue bis minum asa mefenamat ini kok malah panas n pusing2 kringeten gitu
    gue search d google eh bener tu efek sampingnya persis ama yg gue alami
    ckckc
    kok bisa gt yah?

    akhirnya gue ganti panadol aja
    trus gue tambahin obat batuk silex ama obat kumur tantum verde
    gpp kan?

    • @ kelvin
      untuk mengobati radang tenggorokan tidak harus selalu diberikan asam mefenamat. Asam mefenemat berfungsi sebagai Analgesik (mengurangi nyeri).

      Kalo sekarang Kelvin minum Panadol (berisi paracetamol 500mg) yang juga berfungsi sebagai Analgesik dan antipiretik. Kemungkinan tidak terjadi efek samping seperti asam mefenamat.

      Reaksi obat setiap orang sangat individual, artinya mungkin hanya Kelvin yang mengalami dan orang lain tidak.

      Untuk obat Siladex? siladex untuk obat batuk dan bukan untuk radang tenggorokan. Obat kumurnya boleh saja dipakai untuk melegakan tenggorokan. boleh juga pake permen woods

      obat Ciprofloxacin harus dihabiskan. ikuti aturan pakai
      Semoga cepet sembuh.

  9. wah makasih banget nih….
    saya dua hari ini emang lagi demam + pilek n tenggorokan sakitnya minta ampun…. sampe 2 hari ini gak bisa siaran…

    maksih bangt resepnya nanti saya coba, kemarin udah minum obat cm paracetamol ajja. mau kedokter males, abis kl diyaman tiap kedokter pasti pk di ambil darah dulu, padahal aku paling gak suka disuntik….

    buat teman2 yang mau dengerin siaran kita dari hadramaut Yaman buka :www.radiomadufm.com.

    Abdul aziz Ms : S2 Universitas Al-Ahgaf hadramaut Yaman

  10. kalo fg troches itu minumnya harus dihabiskan atau ckup sampai gejala radangnya reda ya?

    ================================

    Sebaiknya harus dihabiskan.

  11. Mbak,dosis utk fg troches tuh gmn?trus kl kt uda trbiasa mam antibiotik am0xixilin ato cefadroxil,apa masih mempan pk fg.troches?sy jg sangat srg kena radang tengg0r0kan,tiap kena dsertai demam,pusing,pilek.apa panad0l+fg troches saja uda cukup?makasih sblmnya..

    ===================================

    Dear Lina,
    Apa yang kamu lakukan sudah benar, Pertanyaannya sangat bagus sekali.
    seharusnya jika kita melakukan swamedikasi sebaiknya mengunakan dari antibiotik yang paling rendah dahulu.
    Artinya minum FG troches dulu. kandunga bahan aktif FG troches itu Gramicidin dan Neomcycin/ Fradiomycin. Ini golongan antibiotik ang aman dan tidak ada resistensi.

    Setelah tidak bisa sembuh baru diobati dengan golongan Penicillin, sperti Amoxcicillin.
    kalo ga sembuh baru diobati antibiotik goglongan Cephalosphorin, golongan 1: Cefadroxil, golongan 2: Cefaclor, dst

    Itu baru benar… nah orang ndonesia maunya langsung instant pengen sembuh dan dihajar dengan antibiotik tinggi.
    Apa yang Lina lakukan sudah benar. Biasanya jika sudah biasa mengunakan antibiotik golongan tinggi maka golongan sebelumnya tidak mempan lagiatau harus dikombinasi. terimakasih.

    Semoga yang lain juga dapat mengerti.

  12. mbak kok resepnya dpt asam mefenamat ama paracetamol? kan salah satu aja cukup tuh buat nyeri ama demam.

    ===================================================

    Memang cukup salah satunya.
    Jika ada nyeri, asam mefenamatnya bisa dikonsumsi. Terimakasih

  13. amoksisilin itu obat keras. seharusnya tidak boleh ditebus di apotek tanpa resep dokter dan tidak bisa dikatakan sebagai swamedikasi

  14. Dear mba Rina yang baik,

    Mba mohon penjelasannya dong, apakah pada saat sakit minum obat antibiotik/antipretik boleh dibarengi dengan minum vit c sekaligus? Dan apakah sesudah/sebelum minum obat dan vit c ada pantangan makanan yg harus dihindari? Kan kalau sakit sering dibawakan roti, susu, minuman penambah ion, atau buah-buah’an tuh.
    Makasih mba

    Salam sehat,
    Esther

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s