Sumpah Apoteker

kemaren lagi liat-liat foto waktu pelantikan dan sumpah apoteker. jadi inget waktu itu kami melafalkannya kompak *jaman idealisme tinggi*.

sepertinya saya belum sepenuhnya melaksanakan apa yang pernah di lafalkan dulu :-l. bunyinya seperti ini:

saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan prikemanusiaan terutama dalam bidang kesehatan.

saya akan merahasiakan segala yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai apoteker.

sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kefarmasian saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan.
saya akan menjalankan tugas saya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kefarmasian.

dalam menunaikan kewajiban saya, saya akan berikhtiar dengan sungguh- sungguh supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudukan sosial.

saya ikrarkan janji ini dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh keinsyafan.

Sebelum Cahaya

ingatkan kau kepada embun pagi bersahaja
yang menemanimu sebelum cahaya

ingatkan kau kepada angin yang berhembus mesra
yang kan membelaimu cinta…

kalo inget lagu sebelum cahaya-letto, ada banyak sekali kenangan buat kami…

rasanya seperti baru kemarin, suapin pop mie rasa baso, makan roti kacang ama teh hangat di ruang Hemodialisa, naik taxi srimedali tiap senin kamis, nginep di ruang dirgantara, makan mie rebus pake telor malem-malem di kantin…

meski ia telah pergi jauh tapi kami tak perlu bersedih.
kami dapat mendoakannya setiap hari 🙂

Otak Yang Sedang Jatuh Cinta

hampir semua pasti pernah mengalami jatuh cinta.
jatuh cinta berjuta rasanya
biar siang biar malam
amboi rasanya
*lyric mode on*

jatuh cinta adalah keadaan otak yang paling tidak rasional yang tak terbayangkan baik bagi laki-laki ataupun perempuan hehehe. saat jatuh cinta otak menjadi tak logis, keadaan otak terdokumentasi yang berbagi sirkuit otak dengan keadaan obsesi, mania, mabuk, haus dan lapar.

aktivitas otak yang membara ini berbahan bakar hormon dan senyawa kimia saraf seperti dopamin, esterogen, oksitosin dan testosteron.

dalam buku female brain saat kita jatuh cinta sama dengan sirkuit dalam otak seorang pecandu narkoba yang sedang sakau menanti suntikan berikutnya. amigdala-sistem siaga rasa takut diotak. serta anterior cingulate cortex-sistem kekhawatiran dan berpikir kritis diotak, benar-benar dimatikan ketika cinta bekerja penuh.

Keadaan hampir sama terjadi bila orang minum pil ecstasy, kewaspadaan normal dimatikan saat sirkuit-sirkuit cinta dihidupkan. so cinta adalah mabuk ecstasy yang alami.

gejala awal cinta juga serupa dengan efek awal narkoba semacam amfetamin, kokain, candu, heroin, morfin *berasa pengedar ganja*.

apakah cinta bisa menimbulkan efek ketagihan? iya, lihat saja yang baru jadian kira-kira enam hingga delapan bulan. terdapat perasaan eksitasi dari kebersamaan dan mungkin merasa sangat saling tergantung. daya hidup orang yang dicintaì menjadi lebih penting atau lebih penting daripada kepentingan, kebahagiaan diri sendiri.

jika pasangannya pergi dalam beberapa hari maka ada rasa sakit akibat berkurangnya senyawa kimia saraf, timbul kerinduan yang mendalam..hampir seperti rasa lapar.

namun saat keduanya bertemu kembali, semua komponen dalam ikatan cinta itu dapat dipulihkan oleh dopamin dan oksitosin.

aktivitas seperti membelai, mencium, menatap dan memeluk dapat memulihkan ikatan kimiawi cinta dan kepercayaan diotak. serbuan oksitosin-dopamin sekali lagi menekan kegelisahan dan kesangsian serta memperkuat sirkuit di otak.

dengan informasi ini saya jadi tahu kalo pada cewek harus lebih waspada, sebuah pelukan *gaya teletabis…berpelukan* dapat menimbulkan kecenderungan untuk mempercayai orang yang memeluk dan mempercayai segala sesuatu yang dikatakan si pemeluk.

suntikan hormon oksitosin atau dopamin ke dalam otak mamalia dapat mendorong perilaku berpelukan dan membentuk ikatan pasangan tanpa cinta dan perilaku seksual yang biasanya harus ada, khususnya pada mamalia betina.

Pilih Mana Dokter Atau Farmasis?

Saat ini dengan melimpahnya informasi obat dan kesehatan, kita dapat memilih sendiri semua informasi tersebut. Namun terkadang ada saja informasi yang keliru, mitos yang salah, dll. Kepada siapakah kita dapat bertanya mengenai sumber informasi obat yang terpercaya?

Jawabannya terserah anda, mungkin ada yang mencari sendiri, tanya tetangga, tanya dokter, tanya temen, dll. Saya pribadi kalo disuruh memilih lebih memilih bertanya kepada farmasis. Maaf para dokter jangan marah… kalo saya tulisnya farmasis.

Memang profesi farmasis atau apoteker masih dipandang sebelah mata atau tidak populer ditelinga masyarakat. Tidak ada yang tau susahnya jadi farmasis. Kurangnya sosialisasi ke masyarakat menyebabkan farmasis hanya bekerja dibelakang layar dan hanya bekerja dalam alur distrusi obat. Padahal secara jalur akademik seorang farmasis mengerti obat sampai hal yang mendetail, mulai dari sintesis, formulasi, pembuatan, sampai distribusi obat.

Umumnya masyarakat hanya tau siapa sih farmasis atau apoteker? ituloh, mbak yang jaga di apotek yang namanya mejeng didepan pintu masuk. Padahal jika seseorang akan dikatakan sebagai seorang apoteker, diaharuslah lulus sarjana farmasi dan kemudian mengambil program profesi apoteker utuk melengakapi kompetensinya.

di luar sana banyak informasi tentang kesehatan, dan banyak pula yang menyesatkan. jangan tinggal diam. sudah saatnya yang merasa sebagai anak farmasi angkat bicara. jangan malu menunjukkan kemampuan diri. mana pharmaceutical care untuk masyarakat.

saya ingin farmasis punya peran dalam keluarga juga masyarakat. jadikan kita (para farmasis) sejajar dengan rekan sejawat tenaga kesehatan lain.

Akhirnya saya ingin mengarisbawahi bahwa kita sesama tenaga kesehatan adalah rekan sejawat, mari kita hidup dalam harmoni yang sehat. melakukan tugasnya masing-masing sesuai pada porsinya.

FARMASI SATU…

Jaket Uniform Mario Teguh

Minggu tanggal 20 juli 2008 saya bakalan ada di novotel hotel jalan gunung sahari raya no.1 mangga dua square. buat apalagi kalo bukan ketemu dengan pak Mario Teguh. GMG 2008 My Brilliant Live. ssuuuppperrrr…
ada yang mau ikut??

sejak saya diberi kesempatan di undang untuk jadi 10 audiense yang beruntung bisa ketemu pak mario teguh dan mas hilbram dunar dan siaran on air, bertanya langsung dengan sang motivator saya semakin mengenal beliau dan membaca tulisan nya dan super member yang lain setiap harinya. wah top deh…

trus apa hubungannya dengan jaket uniform? lihat gambar yuk…

*pamer mode on*. ini jaket termahal saya harga nya sama dengan blazer resmi saya hehehe. tulisan merah MTSC ada lambang saya tergabung dalam komunitas super MTSuperClub. didalam jaket tersebut nama indah saya terukir manis. so sweet *kayanya hiperbola*. jadi ga sabar nih menunggu hari minggu…
SALAM SUPER

Goyang Dangdut

ada yang suka dangdut? mungkin tidak semua.. 😉 termasuk saya. meski dangdut is the music of country my country oh my country *lyric mode on* mungkin saya kurang familiar dengan dangdut *sok inggris*

tapi kemarin semua jadi berbeda, saat saya jadi MC, bos besar mengganti acara puncak menjadi acara mari bernyanyi dan berjoget. goyang dangdut *halah-halah*

saya mutar otak gimana nih? akhirnya saya jadi mendadak dangdut hehe. saya ajak semua untuk turun ke tengah berjoget. dengan senyuman maut dan tebar pesona banyak juga yang mau hehehe. akhirnya…

are you ready? teriak saya. musik pun di putar…
semua mulai berjoget “Jablay”…
tapi kok ga ada suaranya *bingung garuk-garuk, ternyata ini musik karoke* terus gimana dong siapa yang nyanyi *oon detected, gw yang pegang mic ya gw musti nyanyi*

lalu saya mulai bernyanyi bak titi kamal imitasi 15 karat.
lai lai lai lai lai lai panggil aku si jablai
abang jarang pulang
aku jarang di belai

suasana waktu itu heboh luar biasa, apalagi waktu lagu SMS trio macan, kucing garong, dll *saya lupa*.

acaranya keren abis deh, suara sampe serak *gw MC nya. sombong detected*. pas udahannya saya mikir, ternyata saya bisa lagu dangdut hhhaaaaaaaaaaaaaaaa.
mungkin ini efek kebanyakan dengerin anak-anak kecil nyanyi diangkot hehehe.

Puncak Inn Hotel

tanggal 11-13 Juli 2008 saya ada di Puncak In hotel Ciloto. ada acara gathering kantor yang pesertanya adalah seluruh karyawan dan keluarganya.

sekarang masih dalam perjalanan kesana hehehe. ga sabar pengen maen semua permainan disana.

buat warga jakarta selamet mati lampu ya…
ditulis pake opera mini di ciawi.

My Umbrella

ini bukan lagu umbrella yang itu…
ini payung andalan saya yang selalu saya bawa kemanapun.

hidup tanpa payung terasa hampa *halah garing pisan*. bukan karena pake payung agar kulit terlindungi sengatan matahari, sinar UV, radikal bebas dan takut item hehehe tapi karena saya terlalu peka terhadap matahari, percaya ga kena sinar matahari saya bisa langsung bersin-bersin dan mata langsung menciut.

umbrella girl banget…

Perawatan Ratus Vagina

Beberapa minggu yang lalu saya ke salon buat perawatan hehehe. Ini perjalanan menuju cewek sejati. Dikarenakan kebutaan saya mengenai jenis-jenis perawatan tubuh saya ambil paket lengkap yang lebih praktis.

Setelah menahan kegelian selama proses lulur, scrub, masker telur madu, pijat memijat saya keluar seperti putri keraton yang abis mandi dipermandian raja-raja *sok putri raja*. Saya takjub juga; bersih, mengkilat, moisture, yummy, kaya kue baru keluar dari open *dasar manusia kelaparan*, langsung saya bergegas pake baju lengkap.

“eh mbak tunggu dulu, masih ada satu lagi…” kata mbak spa nya.
ratus vagina dulu ya katanya sambil membawa saya kesebuah tempat duduk warna hitam. Saya dengan polosnya duduk seperti didalam angkot, loh kok kursinya bolong tengahnya, mungkin kursinya rusak kali… Harap maklum saya ga tahu.

Ternyata Ratus Vagina itu perawatan daerah vagina melalui penguapan dengan menggunakan ramuan-ramuan tradisional.

saya cuma pake selembar jubah panjang rapet trus suruh duduk ngangkang selama 25 menit, jangan mikir yang aneh-aneh *jitak-jitak 16 kali*. Kursi yang bolong tadi mengeluarkan uap wangi, sampai sekarang saya masih bingung buat apa sih ratus itu, sumpah rasanya cuma panas *ya iya lah 25 menit gitu loh*

Setelah 25 menit yang panas membara *halah* selesai sudah perawatan lengkap saya selama 3,5 jam. Saya cantik luar dalam hehehe, tapi kayanya ga lagi-lagi deh. Terimakasih

Pulangnya saya langsung tanya ama om google katanya ratus vagina itu untuk menstimulasi peredaran darah agar lancar, menghilangkan rasa nyeri, wangi, menghangatkan vagina, mengurangi kelembaban, kesegaran.

susah dan repotnya jadi wanita 🙂

Autism Is Not a Disease

Pernyataan tersebut memang benar, autis bukan suatu penyakit. Banyak jurnal kesehatan yang membahas tentang autis namun belum diketahui darimana asalnya seorang bayi bisa mengalami gelaja autis ini.

saya ingin mensharingkan pengalaman saya, kebetulan murid saya juga ada yang mederita Autis jenis ringan. Namanya Adhi (9 tahun), dia lincah, energik, cukup cute dan pandai menulis.

kalo saya berbicara sulit rasanya melihat matanya untuk mau beradu pandang dengan saya. sulut buat mama Adhi sehingga ia tidak hiperaktif dan pandai menulis.

Kembali lagi ketopik Autism…
Dalam jurnal dan tulisan ilmiah disebutkan sebaiknya anak autis mulai menjalani diet bebas gluten ( dalam tepung terigu, gandum), casein (dalam susu sapi), mengkonsumsi probiotik, mengkonsumsi vitamin dosis tinggi, dan terapi hormon.

Saya tergelitik mengatahui ada apa dengan gluten, misal saat anak autis makan kue bread talk yummy yang mengandung tepung dan susu sapi, maka didalam tubuhnya  penderita autis tidak menghasilkan enzim untuk mencerna gluten dan casein.

Akibatnya protein yang tercerna dengan baik akan diubah menjadi komponen kimia yang disebut opioid atau opiate. Opiaid bekerja seperti opium atau morfin yang bekerja sebagai toksin yang dapat mengganggu fungsi otak dan sistem imun.

Bisa di bayangkanlah efek morfin pada penggunan, meski gangguan tersebut berbeda-beda pada setiap individu *mikir mode on*

Saya ingin memberi tahu nutrient yang diperlukan untuk anak autis (sumber nutritional healing, 2006)

YANG PALING UTAMA
1. Calcium 1.500 mg perhari dan  Magnesium 1.000mg perhari
this is essential for normal brain and nervous system function. seingat saya saya pernah menulis “miracle of magnesium” boleh dibaca lagi.

2. Choline 500-2.000mg perhari.
this improved brain function and circulation to the brain. use under professional supervision.

3. Co enzyme Q-10 and Dimethylglycine 100mg perhari
improved brain function. an oxgygen carrier to the brain. imprtant for normal brain and nervous system function.

4. Vitamin B Kompleks
contain Vitamin B3 (50mg 3kali sehari), B 5 (500mg perhari), B6 (50 mg 3 kali sehari). this is essential for normal brain and nervous system function.

5. vitamin C 5-20 grams perhari yang sanagt ampuh untuk melawan radikal bebas.

Saya jadi berpikiran jika mengkonsumsi ini sangat baik untuk pengaruh otak dan sistem saraf tubuh anak autis maka ada baiknya kita sebagai orang “normal” juga dapat mengkonsumsi hal ini dengan dosis lebih kecil untuk memberi suplai makanan ke otak meningkatkan kinerja otak. apalagi pekerjaan yang padat dan penuh stress. minum ini aja 🙂
*ga promosi loh*