Penggolongan Obat Tradisional

Siapa yang sering minum jamu? buat jamu sari rapet, keputihan, langsing, pria perkasa, pasak bumi, masuk angin, otot pegal, dll. namanya banyak banget. tapi tahukah kalo obat tradisional itu dibagi tiga, yaitu jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka.

1.Jamu (Empirical based herbal medicine)

Jamu adalah obat tradisional yang disediakan secara tradisional, misalnya dalam bentuk serbuk seduhan, pil, dan cairan yang berisi seluruh bahan tanaman yang menjadi penyusun jamu tersebut serta digunakan secara tradisional.

Pada umumnya, jenis ini dibuat dengan mengacu pada resep peninggalan leluhur yang disusun dari berbagai tanaman obat yang jumlahnya cukup banyak, berkisar antara 5 – 10 macam bahkan lebih.

Bentuk jamu tidak memerlukan pembuktian ilmiah sampai dengan klinis, tetapi cukup dengan bukti empiris. Jamu yang telah digunakan secara turun-menurun selama berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun, telah membuktikan keamanan dan manfaat secara langsung untuk tujuan kesehatan tertentu.

2. Obat Herbal Terstandar (Scientific based herbal medicine)

obat tradisional yang disajikan dari ekstrak atau penyarian bahan alam yang dapat berupa tanaman obat, binatang, maupun mineral. Untuk melaksanakan proses ini membutuhkan peralatan yang lebih kompleks dan berharga mahal, ditambah dengan tenaga kerja yang mendukung dengan pengetahuan maupun ketrampilan pembuatan ekstrak.

Selain proses produksi dengan tehnologi maju, jenis ini pada umumnya telah ditunjang dengan pembuktian ilmiah berupa penelitian-penelitian pre-klinik seperti standart kandungan bahan berkhasiat, standart pembuatan ekstrak tanaman obat, standart pembuatan obat tradisional yang higienis, dan uji toksisitas akut maupun kronis. obat herbal terstandar seperti Tolak Angin

3.Fitofarmaka (Clinical based herbal medicine)

Obat tradisional dari bahan alam yang dapat disejajarkan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah terstandar, ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinik pada manusia.

Dengan uji klinik akan lebih meyakinkan para profesi medis untuk menggunakan obat herbal di sarana pelayanan kesehatan. Masyarakat juga bisa didorong untuk menggunakan obat herbal karena manfaatnya jelas dengan pembuktian secara ilimiah. Obat fitofarmaka seperti Stimuno (dari daun Meniran)
sumber http://www.ptphapros.co.id

22 Replies to “Penggolongan Obat Tradisional”

  1. kemarin aku lewat di sebuah pasar tradisional. aku lihat tukang jamu gendongan membawa serta jamu bungkusan. dia mencampurkan jamu dari botol bikinannya dengan jamu bungkusan. aku juga lihat di membawa beberapa bungkus pil yang entah apa isinya. duh, yang tradisional campur baur dengan yang kimiawi…

  2. @ JalanSutera.com
    benar saya pun mendapat banyak laporan dari pabrik jamu tradisional yang mencampur dengan bahan kimia seperti analgin, paracetamol, dll.
    kadang saya ingin menuliskan dalam postingan tapi saya belum berani 😦

  3. @ wira
    bener banget. saya pernah hampir nangis dengerin temen saya cerita betapa kejam praktek pencampuran API dgn jamu 😦

    @ thegands
    aku suka jamu ga suka kamu hehehe

    @ zoel chaniago
    ini yang asli *ada stempel di jidat*

    @ ubadbmarko
    sini makan lemang buatan saya biar kuat dan panjang *titisan mak irit*

  4. fitofarmaka dan jamu biasa, samanya dimana ???
    fitofarmaka mengapa tidak dimasukkan ke obat saja.
    Folia digitalis, Ol. ricini dsj. dimasukkan kemana ya…. mengapa ???
    tolong dong

  5. @ limpo 50
    Fitofarmaka tidak dapat disamakan dengan API (active pharmaceutical ingredient) karena API merupakan obat yang dalam takaran tertentu dapat menyembuhkan sementara fitofarmaka membantu menyembuhkan.

  6. Artikel yang bagus.
    Memang benar, sudah saatnya kita beralih menggunakan tanaman obat Selain lebih sehat dan aman, dengan menggunakan obat tradisional berarti juga turut melestarikan warisan leluhur. CINTAI PRODUK INDONESIA !
    Temukan tanaman obat kaya manfaat hanya di agrisilk.com

    ==============================================

    Terimakasih 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s