Toksoplasma gondii

Buat kucingkeren, kucingpemalu, kucinglucu, kucinggarong dan para kucing lainnya harap mengecek kucing meong nya apa sudah di vaksinasi atau belum *kalo buat kodok, itik, gajah ga apa-apa*.

penyakit toksoplasma mungkin sudah umum ditelinga. katanya ibu hamil ga boleh pelihara dan pegang-pegang kucing, apa benar? kucing dapat membawa petaka dan bencana *weleh sok seram*

penyakit toksoplasma adalah parasit toksoplasma gondii yang penyebarannya dapat menyerang semua hewan dan mamalia, seperti kucing, burung, ikan, kelinci, anjing, babi dan kambing.
geto loh… so ga cuma kucing kalee.

si toksoplasma gondii ini terdapat pada daging mentah, buah-buahan dan sayur mayur yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung oosit toksoplasma. jadi kalo abis elus-elus binatang peliharaan sebaiknya cuci tangan *gaya cuci tangan yang benar*.

isu yang berkembang di masyarakat kalo ibu hamil ga boleh pelihara kucing itu salah. karena semua baik anak sampai orang dewasa dapat terkena penyakit toksoplama.

jika ibu hamil kondisi fisiknya lemah dan kurang kekebalan tubuhnya maka dapat dengan mudah terkena penyakit, salah satunya toksoplasma. untuk itu ibu hamil harus tetep sehat ya… *gaya ibu-ibu PKK Posyandu*.

bagaimana tahu kalo terkena toksoplama atau tidak?
kalo itu dengan pemeriksaan laboratorium TORCH (TOkroplasma Rubella Cytomegalovirus Heses). dalam tersebut ada IgM untuk infeksi masa kini dan IgG untuk ìnfeksi masa lalu *semoga ngerti maksudnya IgM IgG*

kasih contoh deh, misal tes TORCH menyatakan IgM positif maka dokter akan menyarankan untuk menyembuhkan penyakit dulu sebelum merancangkan kehamilan. dalam proses terapi penyembuhan obat yang diberikan adalah antibiotik spiramycin, sulfadiazin dan pirimethamin.

untuk mengetahui gejala toksoplasma dapat di cek jika mengalami serangkaian gejala rasa lelah, capek, terkena flu, nyeri kepala, sakit tenggorokan, demam tinggi, pembesaran kelenjar getah bening termasuk hati dan limpa serta gangguan permukaan kulit maka sebaiknya segera memeriksa ke dokter.

semoga angka kasus kematian bayi karena toksoplama dapat dikurangi.

34 thoughts on “Toksoplasma gondii

  1. Wah… untuk mbak tukangobat udah ngasih tau duluan… ntar ya saya telfon istri saya dulu biar gak kena penyakit itu… *nelfon mode o’on*

  2. mbak, mbak, gajah kan mamalia kan? kena juga gak tuh? *digoreng*
    denger istilah IgG, IgM entah kenapa saya jadi inget mata kuliah serologi *mimpi buruk* -__-

  3. caranya tau kucing kena tokso gimana yah…
    soalnya di rumah ada anak kucing tiga yg masih kecil-kecil ‘n suka dijambakin ama anak saya nih…
    jadi serem deh…

  4. @itikkecil : kata siapa? itik kan termasuk unggas yang bisa jadi media penularannya loh.. hohoho

    btw, kalo gw gak salah, asal kucing peliharaan kita dijaga kebersihannya (dimandiin kontinu), dan rajin ngecek ke dokter hewan, gak akan jadi masalah deh….. eh, bukan cuman kucing atau unggas ya?

  5. nah, kebetulan nih. mamanya anya sekarang sedang hamil lagi. kami sekeluarga sih asli nggak suka kucing. kalo ada kucing yang berani masuk teras, pasti kami sambit deh. akhirnya kucing nggak pernah mampir. tapi, tokso itu khan nggak cuman ada di kuciang, khan? katanya ada di ikan juga, ya?

    pertanyaannya:
    gimana cara menghindari dari tokso? apa gejala ibu hamil yang terkena tokso? apa akibatnya kalo terkena tokso?

    saya mohon tukang obat yang bersahaja ini menjawab pertanyaan saya. tengkyu..

  6. @ JalanSutera.com™
    cara menghindarinya? dengan meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ibu hamil. dengan makan makanan bergizi, jika mual dan muntah coba tetap paksakan untuk makan agar kondisi tubuh tidak lemah.

  7. @ JalanSutera.com™
    untuk mengetahui gejala toksoplasma dapat di cek jika mengalami serangkaian gejala rasa lelah, capek, terkena flu,nyeri kepala, sakit tenggorokan, demam tinggi, pembesaran kelenjar getah bening termasuk hati dan limpa serta gangguan permukaan kulit.

  8. @ JalanSutera.com™
    apa akibat kena tokso?
    yang paling berbahaya dapat terjadi cacat pada bayi atau kematian *semoga tidak terjadi*

    tapi tidak perlu khawatir, dengan pemeriksaan TORCH dapat diketahui kok deteksi awalnya. memang sedikit agak mahal test nya. tapi tidak ada salahnya di coba.

  9. @ JalanSutera.com™
    hasil test menunjukan IgM untuk infeksi masa kini, maksudnya sekarang terkena atau IgG infeksi masa dulu (mungkin dulu ada oosit toksoplasma dalam tubuh). keterangan lengkap dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan

  10. @ JalanSutera.com™
    sementara apakah benar ada pada ikan?
    yang benar semua hewan dan mamalia. yang penting tidak terkena kontak dengan kotoran dari hewan tersebut 🙂

    sekarang yang kuras aquarium ikan koi nya mas jalan sutra aja jangan mamanya anya. jangan lupa cuci tangan pake sabun di air mengalir. terimakasih 🙂

  11. wahh kalu si Ammar Jr sih sudah dong… doi juga rajin mandi..apalagi kalo ’emak’nya datang menjenguk.. hehe.. btw punya obat utk buka kandang eh blog yg diprotect gak? lg perlu nih buat buka kandangnya kucing pemalu. (*kangen mode on* ceritanya… hihi )

  12. ya ya saya juga pernah baca info letak utamanya bukan di melihara kucingnya…

    mau cari info lebih banyak lagi soal ini!!!

    lelakiku miara kucing 5 dong dirumahnya!!! jijay dah… bulu’s kingdom!!! tapi mao apa lagi… kucingnya ada lebih dulu di kehidupannya sebelum saya sih :p

  13. Mau tanya. istri saya lg hamil. trus kemarin kita nemuin tikus di rumah. Seperti nya dia bersarang di atas Kitchen tepatnya di dalam kardus. Kuatirnya tikus itu telah menjejaki perabotan makan kami. Apakah ada kemungkinan si tikus bisa nyebarin Tokso??

    thanks sebelumnya.

    Salam

  14. saya sedang mencari referensi tentang toksoplasma, yang saya bingungkan sebenarnya toksaplasma itu kalangan dari virus bukan sih?, saya butuh jawabannya? tolong kirim ke email saya ya!!
    trimakasih

    ==============================

    Dear Irma,

    Toksaoplasma bukan virus. Toksoplasma gondii adalah protozoa yang bersifat parasit, itu loh hewan bersel satu yang berparasit di hewan berhawa panas sperti kucing, anjing, burung. untuk lebih jelasnya di email ya 😀

  15. saya udah sering sih dengar tentang toxoplasma………. tapi gimana ya kalo liat kucing bawaannya pengen ngelus2 aja soalnya kucing itu binatang yang sangat menggemaskan…. sekarang saya sedang hamil 3 bulan lebih dan sejak awal kehamilan masih sering melakukan kontak dengan kucing….. apakah berbahaya…. lalu tanda-tanda terjangkitnya toxoplasma pada orang yang sedang hamil seperti apa??? mohon penjelasannya… thanks

    ==================================================

    Terkadang gejala-gejalanya tidak terlihat tetapi sebaiknya untuk pencegahan selama kehamilan tidak kontak langsung dengan kucing.
    Bila perlu cek ke dokter untuk memastikan.

    Meskipun kucing sangat menggemaskan tetapi anak yang lahir dari rahim sendiri, sehat wa’alfiat akan jauh lebih menggemaskan dan membahagiakan.
    Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s