DIABETES MELLITUS

Mungkin boleh dikatakan saya cukup mengerti seputar penyakit Diabetes Melitus dan komplikasi yang menyertainya dibanding penyakit lain *sombong dikit boleh kan?*. saking mengertinya saya tidak tahu harus mulai dari mana (mungkin akan saya bagi beberapa bagian. kalo boleh)…

Buat saya pribadi jika ada saudara, tetangga, teman, orang tua, keponakan, pacar, nenek ataupun kita sendiri yang mengalaminya saya berpesan tidak perlu takut dan stress.

INGAT

PENYAKIT DIABETES MELITUS MERUPAKAN PENYAKIT YANG TIDAK DAPAT DISEMBUHKAN NAMUN DAPAT DIKENDALIKAN *see we don’t have to be afraid*

Dibanyak buku dan jurnal kesehatan diabetes dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu DM tipe 1 dan Tipe 2 (untuk lebih jelasnya bisa lihat dan tanya om google ganteng yang maha tau). Perbadaan memdasar adalah:

DM tipe 1 adalah penderita DM yang tergantung kepada insulin, artinya setiap hari harus di suntik insulin karena tubuh tidak mempunyai bahan pembuat insulin. biasanya DM tipe 1 adalah DM turunan atau genetik, maksudnya sejak bayi pn sudah mederita Diabetes mellitus *wah panjang juga*

DM tipe 2 adalah penderita diabetes yang tidak tergantung insulin. punya bahan pembuat insulin tapi produksi insulin tidak mencukupi. penyakit ini terjadi karena pola hidup yang salah. Penderita DM tipe 2 adalah penderita yang terbanyak.

Diabetes Mellitus tidak perlu di takutkan dengan pola hidup yang benar, olah raga, diet dan minum obat penstabil gula darah maka kualitas hidup penderita dibetes dapat ditingkatkan. Memang sebaiknya perlu diwaspadai bila kita mengalami penurunan berat badan drastis, keinginan minum yang berlebh, sulit konsentrasi, badan lemas, hal itu adalah awal penyakit diabetes.

Segeralah ke dokter untuk memeriksa tes gula darah puasa dan dua jam setelah makan serta pemeriksaan yang lain. dengan pemeriksaan sedini mungkin dapat menghindari diridari omplikasi di masa mendatang seperti hipertensi, jantung koroner, gagal ginjal, kematian jaruingan (gangren), retinopathy ( kematian saraf mata).

31 thoughts on “DIABETES MELLITUS

  1. Suami saya berasal dari keluarga pembawa DM, namun karena perawatan yang baik, neneknya bisa tetap hidup panjang sampai 80 1n tahun.
    Suami mulai merasa tanda-tanda kena DM tahun 1984…dan sejak itu makanan dibatasi, akibatnya serumah juga menjadi terbiasa makan makanan yang di rebus, dipepes, kalau daging hanya sesekali yang tanpa gajih…juga mengurangi gula. Jadi walau minyak goreng naik, bagi keluarga saya pengaruhnya sangat kecil.

    Banyak makan ikan, sayuran berserat dan buah…dan minum air putih sebanyak-banyaknya.

  2. ternyata diabet itu bisa di bagi dua yah? baru tahu 😳
    makasih banyak buwat inponya yah…
    *ada dokter blog baru lagi nieh… asiek…

  3. Aq routine medical cek up per 6 bulan sekali, dapet fasilitas dari kantor, so far guladarah masi normal, cuma tukangobat, tingkat HB aq tinggi, 15.6, alias darahnya pekat banget, itu stabil seperti itu, dibandingkan sama 6 bulan lalu, aq di angka 15.2, jadi seputar disitu aja, katanya si masi normal, cuma masi harus di jaga pola makannya, jadi gaboleh banyak makan yang bergula dan manis2, rajin olahraga, sebabnya kalu dibiarin, bisa2 bakalan sering pingsan..

    record medical aq emang jelek, makanya mengikuti saranmu, aq udah memulai konsultasi sm dokter dan ahli therapi

    btw, emang google itu lelaki ya? bagaimana kalu wanita coba? apakah dia penggemar… hmmm…

  4. @ Niaalive
    Namun jika saya menggunakan acuan lain yang lebih spesifik, maka nilainya semkin sempit:
    Cewek 12.1 – 15.1
    Cowok 13.5 – 16.5

    Kalo pake ini nilai Neng Nia sedikit diatasnya (15.2)

  5. Baiklah, segera diterapkan, doakan ya tukang obat,,
    btw, maksutnya aq udah miris itu gimana ya> udah overdosis gitu maksutnya? bahaya ga tukangobat?

  6. @ Niaalive
    Miris maksudnya, angka tersebut mendekati ambang batas atas normal. tidak perlu khawatir kok. semua masih dalam tahap wajar, untuk itu harus memperhatikan pola hidup dan pola makan sehingga 6 bulan lagi kadar Hb nya bisa turun πŸ™‚ .

  7. @ Zoel Chaniago
    Jika penderitanya wanita maka perlu dipantau kadar gula dalam darah selama masa kehamilan juga pasca persalinan untuk mencegah menyebarnya luka dan mempercepat proses keringnya luka.

  8. @ Zoel Chaniago
    Jika penderitanya pria, memang DM dapat menyebabkan impotensi namun hal itu hanya pada beberapa penderita saja jadi tidak dapat di generalisasi. dengan pengaturan makan dan olah raga maka kualitas hidup dapat di tingkatkan.

  9. Ada informasi tentang ginjal?
    saya sering merasa sakit pinggang sampai berhari-hari, yang menurut istri karena kurang gerak serta kurang minum air putih. Karena kopi lebih nikmat… πŸ˜€
    Adakah aturan yang menyarankan, seberapa banyak konsumsi air putih dalam satu hari?

  10. @ Sapimoto
    Mengenai air putih tidak ada aturan yang baku menyatakan harus berapa gelas perhari idealnya tergantung aktivitas kita.
    terkadang bagi yang tidak biasa rasanya perut kembung dan eneq.

  11. @ Sapimoto
    Satu gelas mug isinya sekitar 300ml air putih. maka minumlah
    Bangun tidur (2X300ml), sarapan pagi 300ml, waktu di kantor 300ml, makan siang 300ml, makan malam 300ml, sebelum tidur 300ml.

  12. Salam
    Aku suka juga manis..tapi anehnya ga pernah gemuk2 ya moga ga kena DM deh. OOT nie, Eh Jeng mo tanya kalo urine yang sehat itu yang berwarna atau yang bening seeh? trims b4

  13. @ Nenyok
    Saran saya kalo habis pipis di toilet sebelum disiram lihat dulu deh apakah keruh atau tidak.

    kalo pipis pagi hari memang biasanya lebih kuning tapi selama tidak keruh masih sehat kok πŸ™‚

  14. Banyak banget yak yang harus diminum… 😦
    Trus lagi saya ini punya kebiasaan males untuk buang air kecil, biasanya sehari cukup 2-3 kali. Sepertinya ini juga memperparah keadaan yang saya alami… 😦

  15. Harapan baru telah hadir bagi penderita diabetes di Indonesia,khususnya yang menjalani pengobatan tetapi belum juga menunjukkan perbaikan yang signifikan,kini telah hadir Tahitian Noni Juice.
    Tahitian Noni Juice bekerja pada inti sel,tahitian noni juice memperbaiki pankreas yang sakit.Tahitian noni Juice telah memperoleh patent untuk diabetes dari amerika.untuk konsultasi,pemesanan hubungi anton 08812386634.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s