KEGUGURAN

teman saya baru mengalami keguguran makanya sepanjang minggu kemarin saya menemaninya. sampai tak sempat menyapa dan berhahahihi dengan sahabat saya yang tumben nongol dihari minggu.

keguguran rasanya seperti orang yang pipis tapi tanpa berhenti. prosedur kuret juga sangat ngilu untuk saya ceritakan. sewaktu saya kuliah “alat-alat kesehatan” dulu, memegang sendok kuret saja membuat tangan saya gemetar, bagaimana kalo terjadi infeksi, dinding rahim bakalan robek dan terlebih bagaimana alat ini bisa masuk…..

*kok jadi ikutan gemetar*
Ibunya memberi nama Gabriel meski dia baru bertahan hanya dua bulan dalam kandungan.

Saran buat para ibu hamil:
Kenali diri apakah termasuk orang yang kuat fisiknya atau tidak. jika tidak, makan makanan yang bergizi tinggi, kurangi aktivitas, minum obat penguat janin, minum asam folat dan calsium, jangan stress dan banyak relaksasi.

Saran jika keguguran:
Jangan menyalahkan diri sendiri, buat perencanaan yang terprogram untuk sang buah hati, banyak berdoa dan makan agar tubuh kembali fit. Pemeriksaan ke dokter secara berkala untuk kesehatan reproduksi.

16 Replies to “KEGUGURAN”

  1. kalo nggak dikuret ntar malah jadi kanker .. πŸ™‚

    Memang benar bila seorang wanita sudah mengetahui dirinya hamil hendaknya dijaga dengan baik, dan disertai dengan tawakkal dan berdoa .. semoga selamat lahir di dunia,

    tetapi jika tidak selamat tetaplah berprasangka yang baik, karena kita tidak tahu jika selamat apakah anak itu menjadi orang baik atau tidak .. dan Insya ALLAH seorang anak yang meninggal setelah ditiupkan roh (setelah 120 hari) Insya ALLAH bisa menjadi tabir penghalang bagi ibunya dari Api Neraka .. πŸ™‚

    Allohu’alam

  2. Terima kasih atas informasinya. Karena saat ini isteri saya juga sedang hamil. Oleh sebab itu, tulisan ini berguna untuk menambah wawasan saya.

    Thanks ya, dan salam kenal

  3. Kamis tgl1 kmrn vagina sya mengeluarkn bnyk lendir brcmpur gumpalan kecil spt gajih,3hr sblmnya sya flex trus menerus,tgl2 jumat slma 2hr dr vagina sya keluar bnyk darah,sya pkr mens,tp ini luar biasa bnyk dan sakit d skitar punggung dan perut bag bwh,d sertai pusing+lemas
    Trakhr sya mens adl tgl 2maret,siklus sya 28hr,trkhr brhubungan tgl 13-14maret
    Jumat d tgl2 april sya k bidan u menanyakan keluhan sya,dan dr diagnosanya(tnpa pemeriksaan darah+yg lain) sya d diagnosa keguguran,dan bidan tsb menyarankn sya utk tes d RSIA trdkt u keakuratan
    Yg sya ragukan apakah bnr itu keguguran krn sya tdk d berikan obat sm sx,,
    Apa sya ttp perlu mengecek k RSIA trdkt?
    Perlu d ketahui tgl 3 kmrn pndrhn tdk trjd lg,dan sore tgl 4 ini lagi2 trjd pendarahan yg ckp bnyk(utk d ketahui menstruasi sya tdk pernah brlebihan)
    Trmksh atas jawaban dan sarannya y mb,,

    —————————————-
    Dear Galih,

    Saya menyarankan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kandunganmu. Kemungkinan bisa saja terjadi, sebaiknya lakukan dirumah sakit yang terpercaya.
    Bisa saj ini gejala keguguran atau malah bukan keguguran, namun rasanya ada ketidakwajaran dalam siklus menstruasi. Dengan mengecek kondisi kita akan lebih pasti. Terimakasih.

    Salam
    Rina Susanti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s