TIPS MEMBACA RESEP DOKTER

Setiap berobat ke dokter pastilah sang dokter akan mendiagnosa penyakit dan kemudian akan menuliskan resep untuk kita tebus. Selanjutnya kita akan langsung meluncur ke Apotek terdekat untuk menebus dan membayarnya . betul??

Sekarang setelah mendapat resep dari dokter ada baiknya kita melihat isi dari resep. Saya yakin sebagian atau bahkan hampir semua dari kita tidak bisa membaca resep dari dokter *hehehe udah janjian ama saya*.

Dulu tulisan cakar ayam dokter dimaksudkan agar si pasien sengaja tidak tahu tapi dengan sejalannya waktu saya berpikir sebagai orang yang tahu akan obat, sebaiknya pasien berhak untuk mengetahui obat apa yang diberikan. ada yang setuju?

apa sih sebenarnya resep? resep ada sebuah permintaan dokter kepada seorang apoteker/ farmasis untuk mengambil sejumlah tertentu obat.

Saya kasih tahu cara membaca sebuah resep. *wekkkk saya perlu kuliah ini 2 sks loh plus prakterk 2 sks. ga pentingya buat dikasih tahu hehehehehe*

ikan cucut makannya kancut

ayo ikut, siaran berlanjut * bakar-bakar*

RESEP 1

R/ pct 500 no. X

S 2 dd 1 ac

Artinya: ambillah paracetamol dosis 500mg berisi 10 tablet yang jangan lupa diberikan dua kali sehari sebelum makan ūüôā

RESEP 2

R/ cefepime 250 mg syr fl no.1
S 2 dd cth no I

artinya: ambillah Cefepime satu botol yang dosisnya pake yang 250 mg/5mL, jangan lupa diberikan dua kali sehari satu sendok teh (5 mL)

RESEP 3

R/ tmp 10mg
as mefe 100mg

msf da pulv dtd no XV
S 3 dd pulv I pc

Artinya: ambil Trimethoprim 10mg dan asam mefenamat 100mg, lalu campur menjadi satu dan bagi sebanyak 15 bungkus terus puyernya diminum 3 kali sehari setelah makan.

Semoga bisa dimengerti, anak-anak hehehehehehe *Ibu dosen FFUP banget*

Sekalian saya tambahin deh…..

Setelah kita menerima obat jangan lupa bertanya obat apa yang diberikan dan apa isinya dan aturan pakainya. bertanyalah karena sekarang udah ada yang namanya pelayanan pharmaceutical care.

Jika kita mendapat resep yang sampai 5 item lebih kita harus bertanya-tanya apakah isinya mengapa sampai banyak begitu, karena menurut saya itu namanya Polifarmasi. Poifarmasi artinya obat banyak. Obat yang terlalu banyak diberikan. Biasanya tulisan R/ pertama dan kedua adalah bahan yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan R/ ketiga dan keempat untuk tambahan atau diberikan vitamin tambahan. Gitu deh… *manggut-manggut*

You And I Both

Was it you who spoke the words that
things would happen but not to me
Oh things are gonna happen naturally

Oh taking your advice I’m looking on the bright side
And balancing the whole thing

But often times those words get tangled up in lines
And the bright lights turn to night
Until the dawn it brings
Another day to sing about the magic that was you and me

Cause you and I both loved
What you and I spoke of
And others just read of
Others only read of the love
the love that I love.

See I’m all about them words
Over numbers, unencumbered numbered words
Hundreds of pages, pages, pages forwards
More words then I had ever heard and I feel so alive

Cause you and I both loved
What you and I spoke of
And others just read of
And if you could see me now
Oh, love love
You and I, You and I
Not so little you and I anymore

And with this silence brings a moral story
More importantly evolving is the glory of a boy

Cause you and I both loved
What you and I spoke of
And others just dream of
And if you could see me now
Well I’m almost finally out of

I’m finally out of
Finally deedeedeedee
Well I’m almost finally, finally
Well I’m free, oh, I’m free

And it’s okay if you have go away
Oh just remember the telephone works both ways
And if I never ever hear them ring
If nothing else I’ll think the bells inside
Have finally found you someone else and that’s okay
Cause I’ll remember everything you sang

Cause you and I both loved what you and I spoke of
and others just read of and if you could see now
well I’m almost finally out of.
I’m finally out of, finally, deedeeededede
well I’m almost finally, finally, finally out of words.

By Jason Mraz

LAGU DRAGON BALL

Lagi bernostalgia inget zaman waktu SD-SMP suka banget ama kartun Dragon Ball. Siapa yang suka Dragon Ball???? kartun ini selalu jadi tontonan wajib saya. inget-inget ternyata saya masih hapal hehehehe.  nyanyi yukkkk

Orangpun datang
Dan akan kembali
Kehidupan kan jadi satu

Di kehidupan Yang kedua
Akan menjadi lebih indah

Siapakah yang dapat melaksanakan
Sekarang berusaha mewujudkannya

Cahaya cinta perlahan menyilaukan
Itulah mimpi kehidupan kedua
Mimpi itu dari mana datangnya

Jawabnya ada di ujung langit
Kita ke sana dengan seorang anak
Anak yang tangkas
Dan juga pemberani

Bertarunglah Dragon Ball
Dengan segala kemampuan yang ada
Bila kembali dari langit
Semoga hidupkan jadi lebih baik

Tugas yang berat dilaksanakan
Berjuang agar lebih baik

Siapa yang dapat melaksanakannya
Dan berusaha mewujudkan

Semua itu demi hidup yang baik
Hanya dia yang mampu
Melaksanakannya

 

 

 

 

 

 

CARA MINUM OBAT YANG ANEH

Sudah segede ini saya susah kalo minum obat *padahal saya tukang obat bersahaja hehehe* . bukan nya males minum obat saya sih udah punya kesadaran tapi tenggorokan saya ga mau di ajak kompromi.

setiap ada tablet yang masuk mau gede kecil selalu nyangkut di tenggorokan tanpa alasan yang jelas, kadang ada rasa pahit di pangkal lidah *ihh ga enak banget rasanya*. sepertinya sang tenggorokan udah janjian kalo ada tablet yang masuk kita muntahin yaa yukkk..

saya sangat terpesona kalo lihat ada seseorang yang dengan mudahnya ambil 4 tablet lalu dimasuk kan ke dalam mulut sekaligus glek tanpa air *bravo, hebat, horee, berhasil, angkat topi dan menyembah-nyembah*.

mungkin cara minum obat yang aneh mengalir dalam tradisi keluargaku hehehe. mulai dari di buat puyer *gerus ad homogen hehehe*, beli Promina bubur bayi, bahkan harus pake pisang *aduh merepotkan kalo malam sakit mesti cari pisang celingak celinguk*, saya sendiri mau minum satu galon aqua tetep aja nyangkut d√¨leher. tetep…

berhasil minum obat rasanya seperti pejuang menang perang *penuh perjuangan pokoknya*. ga ada yang pernah buang obat ke dalam toiletkan?? ga ada yang obatnya di sembunyiin atau dibuang ke tempat sampahkan?? atau pura-pura udah minum obat padahal belum hehehe.

KANGEN WADEHEL

Buat para bloger manula mungkin tahu siapa wadehel hehehe. Dahulu kala ada seorang seleb blog yang luar biasa mikirnya, cerdas, waras, satir, propaganda, kritis, punya cara pandang yang ekstrim, mesti bawa kitab suci buat bekal agama hehehe. saya ga perlu cerita kehebatan sang nabi ini hehehe *tanya om google deh*. si empunya blog emang udah menghilang entah kemana dan menutup blognya dunia akhirat.

 

satu hal yang saya belajar dari blog yang sudah di tutup blognya itu adalah Dia (om Wadehel namanya) berani tampil beda dan jadi diri sendiri meskipun banyak yang mengusik ketentramannya. memilih menjadi anonim bukan sebuah kesalahan, betul??. sulit memang menemukan yang seperti itu. mungkin ini contoh ekstremnya.

Kadang dengan derasnya komentar membuat kita malah menulis seperti keinginan pembaca. komentar dan kritikan pedas cabe rawit, apalagi untuk blog anomim banyak banget yang pengen tahu wujud sang seleb, bergerilya mencari tahu, mengganggu dalam tidurnya, menyumpahi dan santet,  *halah mulai ngaco*.

 
selaim om wadehel, saya belajar dari Rindu mengenai kedekatannya kepada Allah, mas BR seorang pekerja ahli yang giat dan family man, dari kang Achoey saya belajar kesabaran dan cinta sejati, dari Nenyok saya bisa bercermin tentang diri sendiri, dan yang lainnya Chic, Natazya, Fairuzdarin, Ulan, mas Daeng limpo, hangga yang ternyata tetangga saya, my new friend Niaalive, dll *buat yang namanya belum saya sebut maaf. lagi pake opera mini yang terbatas karakternya*
you are so alive and extraordinary…

untuk itu inget tujuan awalnya kita ngeblog deh…

 

KEGUGURAN

teman saya baru mengalami keguguran makanya sepanjang minggu kemarin saya menemaninya. sampai tak sempat menyapa dan berhahahihi dengan sahabat saya yang tumben nongol dihari minggu.

keguguran rasanya seperti orang yang pipis tapi tanpa berhenti. prosedur kuret juga sangat ngilu untuk saya ceritakan. sewaktu saya kuliah “alat-alat kesehatan” dulu, memegang sendok kuret saja membuat tangan saya gemetar, bagaimana kalo terjadi infeksi, dinding rahim bakalan robek dan terlebih bagaimana alat ini bisa masuk…..

*kok jadi ikutan gemetar*
Ibunya memberi nama Gabriel meski dia baru bertahan hanya dua bulan dalam kandungan.

Saran buat para ibu hamil:
Kenali diri apakah termasuk orang yang kuat fisiknya atau tidak. jika tidak, makan makanan yang bergizi tinggi, kurangi aktivitas, minum obat penguat janin, minum asam folat dan calsium, jangan stress dan banyak relaksasi.

Saran jika keguguran:
Jangan menyalahkan diri sendiri, buat perencanaan yang terprogram untuk sang buah hati, banyak berdoa dan makan agar tubuh kembali fit. Pemeriksaan ke dokter secara berkala untuk kesehatan reproduksi.

PANGGIL SAYA TUKANG OBAT

menunggu prosedur memperpanjang STNK merupaka hal yang membosankan, seharian cuma berpindah dari satu loket ke loket yang lain. kenapa ya birokrasinya berbelit-belit.

lagi ngantuk-ngantuknya dalam menunggu sesi pemotretan, sederet nama dipanggil dengan toa kuno milik pemerintah *kapan namaku¬†dipanggil…*.
tiba-tiba terdengar sebuah nama:

 
BAPAK GENDUT SEHAT PERKASA BAHAGIA SELALU

 
langsung semua orang yang ada di situ bangun dan mesam-mesem…..
*maaf ya pak saya ga bermaksud mengejek atau merendahkan, tapi namanya lucu, imut, menggemaskan* hehehehehe. Bapaknya sih memang agak gendut tapi saya juga berharap bapak selalu sehat dan berbahagia selalu seperti namanya.

Sejak lahir kita diberi nama yang indah dari ayah dan ibu, meski terkadang kita tidak suka denagn nama girly padahal kelakuan tomboi abis, nama terlalu agamais, atau keningrat-ningratan, nama adat asli, atau tidak umum di telinga, terlalu keinggris-ingrisan, jawa abis, dll.

Pernah ga ketemu atau kenal sama orang yang namnya unik atau punya julukan unik??? apakah ada sejarahnya kenapa namnya demikian??? kasih tahu dong…atau kita sendiri yang punya nama atau julukan yang unik itu.

seperti judul postingan ini panggil saya tukang obat, asli nih nama memang punya sejarah, bukan karena saya pintar farmasi dan obat-obatan (karena semua yang masuk farmasi harus hapalan botak, rumus gila, laporan puyeng, praktek binasa, nilai rantai c-c-c-c-c, duit mulu *terlalu hiperbola* ).

berbagai pelayanan telah saya lakukan menjawab sms nama obat, pertanyaan seks di malam hari, bertanya obat menggugurkan (btw banyak juga ya peminatnya, saya bisa kaya raya dari situ tapi saya tidak mau), obat pendarahan, obat batuk, penyakit kelamin, obat kurus, gangguan pencernaan atau maag kambuhan, sakit mata, gagal ginjal, diabetes ….. capek deh nulisnya, dengan begitu nama saya resmi menjadi tukang obat.