ISK BUKAN PSK

Pernah ga kalo kencing sakit? kadang disertai nyeri dan nyilu? terus minum banyak tapi ga ada efek. kalo pernah berarti
kemungkinan kena ISK (Infeksi Saluran Kemih).

Luas banget bahasannya tapi ga usah khawatir infeksi dari dalam bisa diobati dengan antibiotik yang tepat seperti golongan quinolon, co trimoxazole (sulfamethoxazole dan trimethoprime). Jagalah kebersihan di wilayah pribadi ini. Banyak mitos yang bilang karena pipis ga bersih, harusnya pake ini itu…
wah pembodohan publik.

apa hubungan nya dengan PSK?
Ga ada cuma saya pikir kasus ISK lebih banyak terjadi pada cewek. so buat para cewek harus peduli dengan ‘miliknya’. Saran saya kalo abis pipis cukup dibasuh dengan air dan boleh di lap dengan tissue passeo (ga ngiklan), yang penting cari tissue yang bersih, lembut tanpa pewangi, mahal dikit ga apa-apa. terus bersihinnya dari atas ke bawah bukan sebaliknya.
Gimana dengan sabun pembersih? panty linner?
boleh asal jangan keseringan. vagina itu diciptakan Tuhan keren, punya flora yang baik sehingga bakteri, jamur bahkan sperma bisa langsung mati dengan keasaman pH nya. kalo keseringan pake sabun pembersih pH 3.5 maka kemampuan pelindung alaminya akan berkurang. pake aja seminggu sekali.

kalo panty linner menurut saya gunanya mencegah noda di celana dalam sehingga ga perlu dicuci dengan kekuatan 10 tangan hehe. kalo di iklan bilangnya biar bersih dan kering. ga bener 100 % sìh. bersih iya tapi kalo kering banget ga boleh soalnya pelindung alaminya ada disitu.
Mari jaga kebersihan tubuh dan hati agar selalu sehat jasmani dan rohani.