TIPS MINUM VITAMIN C

Semua orang tahu apa itu vitamin C dan apa manfaatnya namun cuma sedikit orang yang tahu pemakaian/ dosis yang benar. Konsumsi perhari yang dibutuhkan oleh tubuh (Recommended Dietary Allowances RDA) hanya 60-70 mg dan jika berlebih tubuh akan membuangnya.

Coba deh pergi ke pusat perbelanjaan dan lihat dibarisan multivitamin khususnya vitamin C. Hampir semua  mengadung High Vitamin padahal konsumsi High Vitamin itu hanya untuk orang yang defisiensi.

Saya merekomendasikan minum Vitamin C dosis 500 mg jika akan berolahraga berat karena vitamin C dapat memperbaiki fungsi otot tehadap kerusakan oksidatif selama berolahraga. kerjanya mungkin dengan jalan memperlancar pengeluaran asam laktat pada otot.

Namun jika aktivitas sehari-hari tidak tidak terlalu berat mendingan mengkonsumsi sesuai dengan RDA aja. Daripada beli yang mahal dan nanti dibuang mendingan beli Vitamin C IPI (bukan promosi loh). Vitamin C IPI ini ga pernah lupa saya minum 1-2 tablet perhari, selain itu hanganya murah meriah cuma Rp 2000-an. Btw, karena Vitamin ini mudah untuk teroksidasi maka lihat warnanya apakah terjadi perubahan atau tidak.

24 thoughts on “TIPS MINUM VITAMIN C

  1. ehehe, bener mbak. Malah dosen saya pernah bilang, buang2 duit aja kalo konsumsi berlebihan. Malah, yg sampe 1000mg itu buat apa ya? ehehe, makanya saya kalo ke bagian minuman pasti cerewet ngomentarin yg beginian *parah ya saya? :mrgreen:

    oya, nanya yg lain boleh mbak? Soal minuman isotonik, pengganti cairan tubuh dan semacemnya itu gimana? Aman gitu dikonsumsi tiap hari? Bukannya kalo berlebih ion Ca, ato Na malah bisa bikin penyakit? memang belum ada penelitian yg membuktikan sih ya..

    oya, maap langsung nyerocos, salam kenal, hehe 🙂

  2. @ Takochan

    Salam kenal mbak!
    Minum sesuai kebutuhan aje ye… sama juga dengan minuman isotonik 🙂

    Untuk minuman isotonik ada banyak variannya seperti Pocari sweat, Vitazone, Powerade, Mizone, X-ion.
    Setiap varian punya komposisi yang beda-beda.

    kalo aman atau tidaknya harus sesuai RDA (Recommended Dietary Allowances RDA).
    Ion yang penting seperti Ca, RDAnya 1000mg perhari. sedangkan untuk K, RDAnya 90 microgram perhari buat cewek dan 120 microgram perhari buat cowok.

    Bingung ga? nanti kalo beli Pocari ( maaf sebutin merek) liat komposisinya.misal ion Ca nya berapa mg yang di tulis.
    jangan melebihi RDA nya.

    • Terima-kasih mbak atas infoNYA, ini merupakan pelajaran berharga bagi saya, karena saya lebih tau bagaimana membeli munuman sesuai kebutuhan RDA nya? sekali lagi trims mbak yaa.salam dari Waras Suyanto.

      ============================================

      Terimakasih
      Semoga selalu minum obat sesuai aturan pakai.
      Sehat selalu 😀

  3. Setuju, Mbak. Saya juga peminum itu.. Lha, saya juga heran kenapa orang mengagung-agungkan vitamin C dosis tinggi. Pernah saya dan teman saya belanja vitamin c ipi di sebuah apotik. Mbak penjaga apotiknya bilang begini: “Kenapa gak beli yang lebih bagus aja?” What? Ya ampun…. Kita sih senyum-senyum saja.

    Seanjang jalan pulangnya, baru kita dongkol setengah mati, komentar sana komentar sini. Sekaligus bingung dia itu apoteker atau bukan ya? Haha… Sedikit maklum sih, demi bisnis juga kan. Tapi, ngapain buang-buang duit buat yang mahal (baca: vit c dosis tinggi)? Soalnya, kita juga aktif makan sayur dan buah, tuh. 🙂

    ======================================

    Salam kenal juga 😀
    Wah, saya selalu menulis obat-obat generik atau obat yang kualitasnya baik.
    Obat murah belum tentu kualitasnya murahan. Yang penting dosisnya cukup untuk kebutuhan perharinya.
    teimakasih.

    Ups, lupa. Salam kenal, ya..

    • salam kenal mba…klo kita tiap hari konsumsi vitamin c IPI effect ada effect sampingnya tdak??

      ============================================

      Tidak ada efeknya.
      Obatnya cuma 1 tablet kecil kok, dosisnya juga hanya 60mg perhari.
      Jadi itu lebih aman.

      Kecuali kalo minum Vitamin C dengan dosis tinggi isal 500mg setiap hari, itu baru tidak boleh diminum setiap hari.

  4. Saya mau tanya :
    1. Saya rutin beli vitamin c ipi, suatu hari sy pernah beli vitamin c ipi tetapi warnanya tidak kuning bersih tetapi warnanya kuning keoranyean padahal expirednya msh lama, apakah itu palsu atau memang ada 2 warna saat produksinya ?
    2. Saya mau tanya dosis vitamin A dan B12 ?
    Tq

    ====================================================

    Perlu diketahui bahwa Vitamin C mudah sekali untuk teroksidasi baik karena pengaruh suhu dan bahan lain.
    Ketika Vitamin C teroksidasi maka warnanya kan berubah menjadi lebih gelap.

    Sebaiknya kalo sudah berubah warnanya tidak usah dikonsumsi. Ga berbahaya sih tetapi buat jaga-jaga aja, lagian harganya murah kan, jadi ga terlalu mahal kalo beli lagi.
    Saran saya, kalo udah ambil vitamin C didalam wadah, segera ditutup dengan rapat dan simpan ditempat yang sejuk dan aman.

  5. wah….thanks…guna..nih. tapi ada gak sih efek sampingnya..??? takut kalo nanti ada apa-apa. karna kakak sering ngomel kalo minum begituan..mau ngelak tapi ga tau gimana bingung…

    =============================================

    Vitamin C boleh diminum setiap hari asalkan dosisnya tidak berlebihan, cukup 60-100mg perhari.
    Memang kalo terlalu banyak dan dosisnya berlebih bisa membuat perih karena asam, ntuk itu ikuti petunjuk pemakaian yang aman. Terimakasih

  6. wah infonya berguna bgt nih mbak, tp mau tnya juga, saya pnya temen yg sibuk kerja jd hrus punya daya tahan tubuh yg bagus, sy saranin utk minum vitamin tp dia agak ragu takut klo ketergantungan. Apakah bisa sprti itu? Lalu apakah klo berhenti minum vitamin, tubuh akan mudah sekali drop? trimkasih mbak…

    ======================================

    Minum multivitamin boleh tetapi tidak setiap hari apalagi sampai bertahun-tahun, minumlah bila perlu.
    Misalnya saat sedang capek dan lelah. Tidak mungkin toh setiap hari capek….. cukup 1-2 X seminggu.

    Apalagi jika aktivitas banyak, harus diimbangi dengan olahraga yang lebih banyak biar balance. Makan sehat dan istirahat juga 😀
    Semoga selalu fit dan prima 🙂

  7. kalo minum vit C ipi sekaligus vit B ipi apa boleh?? apalagi dikonsumsi rutin??
    soalnya saya pelupa dan menurut informasi harus mengonsumsi vit A dan B dan ikan serta kacang-kacangan…

    =============================================================

    Saya lebih memilih untuk Niki rajin mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, buah-buahan segar berwarna merah, telur.
    Serta makan sehat lainnya.

    Mengkonsumsi Vitamin boleh tetapi hanya bila perlu dan bukan rutin selamanya.

  8. klo untuk proses penyembuhan (sprti sariawan ) dosis perharinya berapa ya Mbak??

    ============================================================

    250mg perhari cukup.

  9. makasih infonya. jadi sia2 dong kalo gitu minuman bervitamin tinggi. wong yang kepake hanya sebagian 🙂

    ================================================

    minumlah sesuai dosis dan jangan berlebihan 🙂

    • waaah… Makasih atas Infonya ya mbak..
      sejak kecil saya suka buah n suplement yg vitamin C nya tinggi, sekarang saya harus membatasi niyh setelah tau info dari mbak

      ==============================================================

      Terimakasih.
      Minum vitamin boleh saja asalkan sesuai kebutuhan tubuh. Minum terlalau banyak juga percuma, nanti akan keluar juga bersama urine.
      Kalo terlalau banyak juga dapat membuat lambung perih karena vitamin C bersifat asam.

      Minumlah sesuai kebutuhan. Terimakasih

  10. maaf’ saya mau nanya jika mengkonsumsi vit A bersama dengan vit C bagaimana??? karna mata saya cilinder.

    =====================================

    Sebaiknya Vitamin C diminum sesudah makan karena dapat mengiritasi lambung dan perih. Terimakasih

  11. Saya merasa mengidap sinus karena hidung saya seperti mampet sebelah tapi dokter THT bilang bukan sinus, teman sya ada yang menganjurkan minum vitamin C ipi? Benar ada hubungan sinus dengan vitamin C

    ================================================

    Kalo bukan sinus lalu apa dong? mohon tanyakansama dokter apa yang terjadi dengan saluran pernafasan saya. Jangan hanya “merasa”. Tnaykan dengan jelas. Minum Vitamin C boleh saja. Dosisinya vitamin c 60mg per hari ya. jangan berlebihan keculai kamu lagi capek.

    Vitamin memang baik untuk kesehatan apalagi vit C merupakan antioxidan jadi bisa kesemuanya. Tetapi minum Vit C tidak akan menyembuhkan saluran pernafasannmu. Kamu harus konsultasi ke dokter yang berbeda untu minta secnd opinion. Terimakasih

  12. Saya merasakan rasa manis dari vit. C IPI. Apa jenis pemanis yg dipakai dalam vit. C IPI, dan berapa (gram/miligram) kadar pemanis tsb dalam 1 tablet vit. C IPI?
    Ada yg bisa bantu memberi info tsb? Terima kasih sebelumnya. Salam sehat.

  13. mau nanya nih….
    klo minum berbagai macam vitamin dari produk IPI per hari boleh nggak???….
    truss….. klo blh, ada effek sampingnya nggak….

    =====================================

    Tentu saja tidak boleh. Minum multivitamin harus sesuai dengan dosis dan sesuai kegunaannya.
    Tidak boleh diminum sesukanya harus dengan takaran yang tepat.

    Misalnya untuk apa minum Vitamin C jika kebutuhan Vitamin C dalam makanan yang kita konsumsi sudah cukup. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Terimakasih

  14. Bu sya mau tanya , sya kosumsi vitamin c ipi dengan obat paracetamol barengan itu berbahaya ga ? Tolong jawaban nya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s