Penggolongan Obat di Indonesia

Obat-obat di Indonesia digolongkan menjadi beberapa kategori didalamnya. Supaya tidak membingungkan apa bedanya OTC, Ethical, Obat daftar G, dll. Saya jelaskan satu persatu. Gambar diambil disini.

1. Obat Narkotika. Simbol: O, Opium
Obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter dan penggunaanya berada dalam pengawasan yang ketat dari Badan POM. Contohnya seperti Morfin, heroin, dll

2. Obat Keras atau Ethcial.
Kadang disebut obat daftar G, Gevaarlijk yang artinya berbahaya. Ada logo Bulatan Merah dengan huruf K (Red dot). Obat ini hanya dapat diberikan dengan resep dokter. Contoh Antibiotik, Obat Jantung, dll

3. Obat Bebas Terbatas
Dalam Belanda disebut W, Waarschuwing yang artinya waspada. Ada logo bulatan dengan warna biru (Blue dot). Obat ini tidak perlu resep dokter tetapi hanya tersedia Apotek, pemberiannya atas seizin Farmasis/ Apoteker. Contoh Antimo, FG Troches.

4. Obat bebas atau Over the Counter (OTC)
Obat ini obat bebas. Tidak memerlukan resep dokter. Ada logo dengan bulatan warna hijau. Contohnya Paracetamol, Vitamin C.

Semoga bermanfaat dan tetap sehat :D

Apoteker Diperbolehkan Mengganti Obat Generik

Ada berita baru, sekarang apoteker/ farmasis diperbolehkan mengganti obat branded ke obat Generik. Info ini  saya terima dari Ibu Menkes  Endang Rahayu Sedyandingsih menegaskan sekarang peranan farmasis/ apoteker lebih ditingkatkan, “apoteker dapat mengganti obat yang diresepkan dengaan obat generik yang mutunya terjamin” jelasnya (sumber: Majalah Info Obat, Edisi XVII/ Th 3/2010, hal 56-57).

Saya sih berharap dengan adanya informasi ini, pasien mendapat haknya yang lebih baik. Bayangkan saja, sewaktu adik saya dirawat, saya pernah menebus resep di Apotek seharga Rp 900.000 dan harus dibayar saat itu juga. Padahal ada Generiknya namun saya dikasih obat branded. Meskipun saya farmasis, saya tidak punya kuasa untuk mengganti resep tanpa perintah dokter. Syukurlah sekarang farmasis boleh melakukan hal itu. Continue reading

Cara Menurunkan Demam Pada Anak

Anak-anak mudah sekali terkena panas dan demam. Beberapa orang tua sering bertanya kepada saya bagaimana cara menurunkan demam anaknya yang masih berusia balita.

Umumnya pemberian Paracetamol/acetaminophen dapat membantu menurunkan demam. Meskipun demam sering terjadi pada anak balita namun tetap saja orang tua khawatir dengan kondisi si anak.

tabletsSelain Paracetamol, Ibuprofen juga merupakan obat analgesik antipiretik yang bekerja untuk menurunkan panas, mencegah kejang pada saat demam, mengurangi nyeri/ sakit.

Saya pribadi sering mengkonsumsi paracetamol atau ibuprofen. Tatkala saja berkunjung website Kalbe Farma, ternyata ada informasi yang baru untuk saya. Semoga juga bermanfaat untuk yang lain

Kesimpulan : Pada anak-anak yang mengalami demam sebaiknya dianjurkan penggunaan ibuprofen terlebih dahulu, dimana kombinasi parasetamol + ibuprofen dapat dipertimbangkan penggunaannya untuk memperpanjang waktu bebas demam dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian. (sumber: kalbe Farma)

Jadi Jika anak anda demam sebaiknya diberikan obat Ibuprofen terlebih dahulu. Jika panas demamnya agak mereda dapat diberikan kombinasi paracetamol dan ibuprofen bersamaan sesuai dosis yang dianjurkan.

Sekarang memang sedang musim hujan, semoga tidak ada yang sakit….

Salah Minum Obat

Sebaik apapun kita tahu fungsi obat, sebaiknya tanyakan dulu atau lihat brosur/ leaflet agark tidak salah atau kelebihan dosis.  Meskipun cuma obat yang dapat dibeli diwarung ada baiknya tetep waspada. Mengenai salah obat, saya punya cerita mengenai hal itu*pengalaman sendiri*.

Ceritanya begini…
Teman saya sedang sakit dan memutuskan untuk menelpon saya.
teman: “Hallo, badan saya lemes ini. Kayanya kecapean.. Gimana sih nyembuhinnya?”.
saya: ” Kalo kecapeaan mendingan istirahat dulu dan minum vitamin C 500mg”.
teman:  ” Oke thanks ya”.

Setelah beberapa jam ada SMS masuk dari teman saya yang tadi.
Hi, tadi badan gw panas terus gw minum asam mefenamat, kok ga sembuh-sembuh panasnya? tks

Lalu saya putuskan untuk menelponnya kembali.
Saya: ” Gimana, masih panas badannya?
Teman : “Ga tau  tuh, udah minum obat tapi ga sembuh”.
Saya: ” Siapa yang suruh minum asam mefenamat?. Hi, kalo asam mefenamat itu untuk mengurangi nyeri”
Saya: ” Kalo untuk menurunkan panas minumnya paracetamol”.
teman: ” Wah, salah dong, keracunan ga? apa nanti gw mati?”.
Saya : “Enggak sih, sekarang minum paracetamol 500mg tiga kali sehari. Lain kali kalo minum obat tanya dulu gunanya dan aturan pakai. kudu hati-hati, jangan asal telen…”
Saya: ” Jangan sampai salah minum obat”.
Temen: ” oke, makasih ya. Ga salah lagi deh”.

Swamedikasi Radang Tenggorokan

Setelah saya sembuh dari radang tenggorokan dan penyakit pengiring seperti panas, demam, flu disertai pilek dan sedikit batuk selama 5 hari, akhirnya saya sudah sembuh *hore hore hore*. tapi kenapa ya… top search minggu ini radang tenggorokan. mungkin banyak yang sedang sakit seperti saya ini. karena itulah saya tulis resep lengkapnya kalo sakit seperti ini…. *gratis bagi-bagi resep*.

Untuk penyakit ringan seperti radang tenggorokan, kitadapat melakukan swamedikasi artinya pengobatan diri sendiri. kunjungilah apotek terdekat dengan membeli obat generik yang lebih murah, masing-masing obat belinya satu papan (10 tablet) ini dia resepnya:
R/ Paracetamol 500mg     X
Amoksisilin 500mg          X
Asam mefenamat 500mg  X
Vitamin C

sekarang saya jelasin kegunaan dan cara minum obatnya:

PARACETAMOL. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama kepada Antipiretik yang artinya berkhasiat menurunkan suhu tubuh atau panas demam. diminum 3 X sehari sesudah makan. kalo badan sudah tidak panas dan demam obat boleh di stop penggunaannya.

AMOKSISILIN. obat ini termasuk antibiotik ringan dan cukup ampuh terutama untuk inflamasi atau peradangan seperti di tenggorokan. diminum 3 X sehari sesudah makan. karena golongan antibiotik maka obat ini harus dihabiskan untuk mencegah terjadinya resistensi.

ASAM MEFENAMAT. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama sebagai analgesik yang bermanfaat meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman. badan rasanya capek,nyeri bisa diobati pake ini. diminum 2 X sehari sesudah makan.

VITAMIN C. kalo ini vitamin C apa saja ga pake merek tertentu. gunanya untukmempercepat proses kesembuhan. di minum2-3X sehari sesudah makan.

Selama proses penyembuhan kita harus banyak beristirahat  dan banyak minum. semoga cepet sembuh ya :)

Obat Radang Tenggorokan

Pernah tidak kena radang tenggorokan? rasanya badan panas, demam, kalo menelan sakit, suara serak, kadang disertai flu. Wah memang perubahan cuaca yang tidak menentu membuat beberapa orang termasuk saya mengalami hal itu.

Hal yang pertama dilakukan berobat ke dokter. Secara kebetulan, saya dan teman  mengalami radang tenggorokan naman kami berdua menghabiskan biaya berobat yang berbeda padahal obat yang diberikan hampir serupa.

Mau tau ga kenapa saya lebih murah? karena saya melakukan swamedikasi atau pengobatan diri sendiri *secara saya ini farmasis*. Obat mahal belum tentu sembuh. yang benar pilih lah obat yang tepat sesuai dengan sakitnya.

Obat untuk radang tenggorokan ada berapa ya? itu tergantung dari gejalanya karena setiap radang tenggorokan tidak dapat langsung minum obat ini atau itu langsung sembuh. Jika gejalanya sama seperti yang saya tulis di atas, maka obat berikut bisa dijadikan referensi:

1. ANTIBIOTIK

Antibiotik yang umum yang bisa di gunakan Amoxicillin dan Cefadroxil. Saya merekomendasikan obat generik ini karena kualitasnya sama dan harga nya murah sekitar Rp 15.000-an sepapan (10 tablet). mungkin ini juga alasan kenapa teman saya mendapat harga lebih mahal dari saya. ingat obat diminum 2-3 kali sehari dan harus dihabiskan.

2. ANALGESIK DAN ANTIPIRETIK

obat ini seperti panadol, aspirin, paracetamol generik. Harga nya Rp 10.000-an sepapan diminum 3 kali sehari, jika panas sudah reda obat boleh di stop. obat ini gunanya sebagai pain killer mengurangi nyeri dan menurunkan panas.

3. MULTIVITAMIN

kalo ini terserah pilih yang mahal atau murah. multi vitamin berisi vitamin C, B komplek intinya biar badan lebih cepat pulihnya. lihat tulisan saya tips memilih vitamin C.

Selain itu, biasanya untuk radang tenggorokan yang ringan dapat diobati dengan FG troches. FG troches ini seperti permen hisap yang memiliki rasa yang enak. Di dalamnya terdapat antibiotik yang aman, Fradiomycin sulfat 2.5mg dan Gramicidin HCl 1mg.

Dengan pengetahuan umum untuk swamedikasi, mudah mudahan biaya kesehatan bisa di minimalkan. jika masih belum sembuh juga periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. ingat bukan mahalnya obat yang membuat kita sembuh tapi pemilihan obat yang tepat.