Reaksi-Reaksi Alergi Pada Tubuh

Reaksi alergi setiap orang berbeda-beda, ada yang hanya gatal, kemerahan, bentol dan bengkak. Hal itu bisa disebabkan alergi debu, makan seafood, udara dingin, dll. Kali ini saya ingin sharing mengenai salah seorang teman saya yang memiliki begitu banyak reaksi terhadap alergen disekitarnya. Seperti dibawah ini:

Saya dari kecil udah alergi gatel-gatel (eksim). Awalnya cuma alergi debu, sampai bingung diobatin apa-apa tetap ga sembuh. Dibawa ke dokter ilang habis itu kalo udah ya kambuh lagi, sampai coba- coba berbagai cara dari di rendem air panas belerang lah, di kompres sirih, singkong, tapi ga mempan. Sampai pernah waktu kecil di paksa minum jamu-jamu aneh yg pahit banget tapi tetep aja ga ilang. Lama-lama akhirnya ngejalar ke alergi sea food setiap makan tanggan langsung gatel-gatel.

Namun seiring waktu alergi yg tadinya di kaki ilang waktu SMP tinggal di tanggan, SMU kelas 1 mulai hilang, tapi menjelang kelas 2 smu karena pindah sekolah dan sekolah mewajibkan pakai kerudung akhirnya pakai peniti, karena gesekan peniti di leher lama lama menimbulkan reaksi gatal, nggak sadar di garuk lalu jadi ber-air. Anehnya mulut lama2 bengkak mata juga gatal dan berair di lekukan tangan siku dan ketiak juga gatal, lama lama makin parah.

Biasanya pakai kalung imitasi nggak gatal ini mendadak menimbulkan reaksi alergi baru bentol2 yang sangat gatal dan kecil kecil membentuk lingkaran seperti bekas kalung yang di pakai, akhirnya ke dokter alergi di cirebon, di situ saya di diagnosa mengidap alergi nikel (logam), dan dari situ juga saya tau bahwa alergi saya di turunkan dari ibu saya yang mengidap asma, tapi sebelnya dokternya bilang nggak bisa sembuh dan memiliki indikasi untuk bertambah parah.

Mendenger itu akhirnya pasrah dan sejak itu menghindari logam, akhirnya udah di obati dan ya memang tetep nggak sembuh padahal juga menghindari logam, dan alergi gatal itu pun muncul di tempat tempat tertentu dan hilang , setelah hilang di tempat tertentu muncul lg di tempat lain pada waktu yang lama mungkin bulanan dan menjadi parah.

Kalo sembuh ya pas ke dokter kulit aja, tp kambuh lg juga, waktu kuliah mulai membaik alergi kulitnya tapi sempat kena bronkitis dan kambuh kambuhan gara gara di kos pakai kipas angin. setiap kesentor kipas angin batuk batuk rasanya gatel parah, lama lama dada sakit dan badan panas pas periksa ternyata bronkitis, akhirnya di obatin sembuh nggak pernah kambuh tapi kalo kesentor kipas angin pas tidur tetep aja masih batuk – batuk, selimut berdebu juga.

Ketika semester 3 mulai ada gejala baru setiap abis makan kerang malam hari wajah mulai bentol kecil – kecil, padahal sebelumnya nggak pernah kejadian kayak gitu, ama – lama bentol kecil jadi besar dan pagi harinya bengkak wajah udah ga berbentuk, susah ngomong gara – gara mulut juga bengkak, akhirnya pagi pagi ke ugd, baru pertama itu saya di suntik gara – gara alergi dan baru bener bner kempes kembali ke wajah semula dalam waktu 3 hari.

Sejak itu saya menghapus nama kerang dari menu makanan saya, setelahnya mulai alergi kosmetik seperti deodoran, kalo deodoran selain dov* ketiak gatal – gatal, shampo juga kalo pakai yg warnanya keruh setelah kering ujung2nya saat nyentuh kulit bikin reaksi gatal yang berujung gatal berair, kalau pakai eyeshadow juga kelopak mata gatal berair, minum teh juga, akhir – akhir ini malah kerasa agak sesak , kadang kadang walau jarang malam kalo lagi tidur suka batuk batuk ga jelas sebabnya tapi kalo di minumin air ilang gatalnya, ini udah berbulan-bulan rasanya tenggorokan ada lendir tapi nggak batuk-batuk setiap saat, cuma saat tertentu dan sangat jarang.
Allergy_skin_testing
Akhirnya pas tau di rumah sakit di jogja ada klinik alergi akhirnya saya tes alergi lumayan mahal si hampir 300rb , tanggan di tusuk – tusuk di tetesin semacam cairan – cairan ekstrak2 penyebab alergi alhasil tanggan merah merah hampir semua alergi tanggan juga merah merah -.-, tapi jadi tau , biasanya dokter kulit bilang nggak bisa sembuh ini tumben bilang bisa sembuh , saya jd semangat, akhirnya ini atas saran sedang menjalani terapi obat berbulan – bulan, tp nggak papa saya bakal disiplin asal sembuh, oh ya saya pernah coba propolis kok tp nggak berpengaruh apa – apa, mungkin apa karena sudah parah sekali juga nggak tau.

Mengetahui sharing diatas membuat saya ingin mengarisbawahi beberapa hal. Pertama bahwa alergi adalah bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun penyakit yang dapat dikendalikan. Asalkan kita mengenali jenis alerginya apa saja dan patuh untuk menghindari alergen tersebut. Gambar diambil disini.

Mungkin tidak semua orang ngeh bahwa dirinya menderita alergi, dikira hanya gatal digigit serangga atau iritasi saja. Untuk itu saran saya cobalah untuk melakukan test alergi. Kenapa? dari situ kita tahu alergen apa saja yang dapat membuat kita menjadi alergi.

Dengan test tersebut dapat diketahui apakah reaksi alergi dikarenakan suhu, bulu binatang, partikel debu, asap, jenis antibiotik tertentu (seperti tetrasiklin, penicillin), serbuk sari, logam seperti perhiasan (logam; emas, nikel, besi, steel, dll), jenis bahan karet, makanan laut (seafood), lactose, dll. List alergi dapat dilihat disini.

Penjelasan lebih lengkap juga dapat dibaca disini mengenai apa definisi alergi, kenapa alergi bisa terjadi, fakto apa saja yang membuat alergi timbul sampai metode test alergi dan penyembuhan. Khusu untuk penyembuhan yang terpenting adalah menhindari diri dari alergen dan melakukan imunoterapi agar kadar imunoglobulin didalam tubuh menjadi seimbang sehingga reaksi alergi dapat ditekan. Terimakasih

About these ads

5 thoughts on “Reaksi-Reaksi Alergi Pada Tubuh

  1. untuk makanan seafood saya ada tip utk mengurangi gejala alerginya yaitu ketika merebusnya gunakan bongkahan ARANG HITAM secukupnya (2 bongkah) untuk menetralisir racun maupun logam berat yang terkandung dlm makanan seafood yang akan kita konsumsi

  2. baru dengar nih ada tes alergi
    makasih infonya :)

    ====================

    Tentu saja ada.
    KAlo mau tahu kita alergi apa saja, ga ada salahnya kita periksa test alergi. Terlebih jika salah satu dari Bapak/ Ibu/ Nenek/ kakek juga menderita alergi. Cek deh. terimakasih

  3. makasih, bermanfaat sekali ilmunya :)
    saya jg terkena alergi thd beberapa macam alergen pdhl awalnya cuma 1, tp makin lama malah makin nambah alergen yg bikin saya alergi

  4. Saya
    Msh dirawat..kaki bibir tangan..langsung engak sembuh
    sudah diberi antibiotik n antihistamin..tp ngak sembih..malah nengkak lagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s