Mengobati Luka Bakar Jangan Pake Odol

leggy

Satu minggu lalu jatuh dari motor, trus betis saya kena knalpot, n lukanya besar dan lebar selebar betis. setelah kena, saya malah pake odol, trus dilarang sama mama saya, disuruh pake air mengalir, nah trus saya cuci pake air mengalir, n langsung dibawa ke dokter.

Setelah dibersihkan sama dokter, aku dikasi resep obat untuk makan dan salep mebo. kata dokter sih luka bakar ku tingkat 2, skrg salep mebo uda habis, jadi aku lanjut pake burnazin, kata org cepet tumbuh kulit.

Tapi, masalahnya, setelah pake burnazin, kaki ku kok bengkak semua ya ? bengkak dari betis sekitar luka sampe pergelangan kaki.. semacam kaki gajaah gitu. trus aku tiap sore bersihkan dan kompres pake cairan Ecosol Nacl. Setelah dibersihkan, bengkak di kaki uda agak mendingan, tapi masalahnya, sakitnya itu mbak , ampe ga bisa jalan gitu..padahal kalo aku liat luka bakarku uda ada yg berkerak lo. Apa aku ga cocok pake burnazin ya mbak ? Mohon pencerahannya mbak. thanks

Ternyata masih banyak stigma yang salah di masyarakat mengenai penanganan luka bakar. Pertama, untuk mendinginkan luka bakar jangan pernah dikasih odol. Itu tindakan yang keliru. Jangan dikasih kopi atau langsung diolesin minyak. Biarkan luka bakar yang panas itu didinginkan dengan disiram air mineral/ air matang yang mengalir.  Kalo sudah disiram akan terasa lebih dingin dan tidak perih. Setelah itu segera pergi kedokter dan gunakan pengobatan dari dokter. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, anti inflamasi untuk mencegah infeksi dan agar tidak meradang lukanya. Selain itu juga pemberian krim untuk mempercepat kesembuhan luka. Dapat pula diberikan  tablet yang diminum (untuk anti infeksi). Ikuti aturan pakai ya dan jangan ditambah atau dikurangi obat yang telah diberikan dokter. Setiap luka bakar tidak bisa disamaratakan pengobatannya tergantung tingkat luka bakarnya dan kondisi pasien juga.

Kedua, begitu banyak obat diluaran yang menyatakan krim ini atau itu sangat bagus untuk  luka bakar, maka tanpa pikir panjang kamu langsung menggunakan. Itu juga tindakan yang kurang tepat. Untuk mengeringkan luka ada beberapa antibacterial yang dapat digunakan selain golongan sulfonamide. Tidak setiap orang cocok dengan golongan Sulfa karena setiap orang memiliki riwayat kesehatan sendiri-sendiri. Burnazin memang tepat tetapi belum tentu yang terbaik untuk kasus luka bakarmu. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum digunakan, mohon jangan langsung asal pake karena cocoknya obat untukku belum tentu untukmu!

Menurut data MIMS, Burnazin digunakan untuk mengobati all degree of burns. Semua tingkatan luka bakar. Kandungan bahan aktifnya Silver sulfadiazine, belongs to the class of topical sulfonamides used in the treatment of dermatological diseases.

Ketiga, Ecosol NaCl? tahu darimana ya, memangnya tahu kegunaannya untuk apa dan bagaimana? seperti sudah ahli. Tahukah kamu bahwa Ecosol NaCl mengandung bahan aktif  kandungannya 0,9% sodium chloride infusion yang biasanya digunakan untuk obat infus *tambah geleng-geleng*. Kenapa obat infus untuk mengobati luka bakar?

Ketika sekarang lukanya belum  sembuh dan makin bertambah sebaiknya periksakan diri lagi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Ikuti semua aturan pakai dari dokter, kalo obatnya sudah habis namun belum  sembuh segera ke dokter lagi untuk konsultasi agar bekas lukanya segera kering dan tidak meninggalkan bekas kehitaman dibetis.

Saya berpesan kepada semua, ketika mengalami luka bakar mohon jangan panik dan tidak melakukan hal-hal yang salah seperti dikasih odol, kopi, kecap, minyak, dll. Itu tindakan yang keliru. Segera dinginkan luka dengan air mineral/ air matang yang mengalir. Kemudian segera berobat ke dokter, jangan dopbati sendiri. Jika telah kedokter dan obat sudah habis namun luka belum kering segera ke dokter lagi untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

About these ads

5 thoughts on “Mengobati Luka Bakar Jangan Pake Odol

  1. ternyata salah yah dioles odol? baru tau juga,kadang malah pake handbody salah juga ya?

    jadi diabaikan gitu? maksudnya tetep harus ke dokter ya?

    **saluut masih konsisten nih mba nya ngeblog :)

    =====================================================

    Memang masih banyak anggapan yang salah dimasyarakat. Semoga informasi ini berguna :D
    Makasudnya jangan diabaikan (didiamkan saja nanti juga sembuh sendiri) tetapi harus periksa ke dokter.

    Terimakasih

  2. alhamdullilah jd nambah pengetahuan. selama ini saya taunya hrs pake odol.
    jadi bisa sigap klo terjadi apa2, yg penting air bersih / matang yaaa untuk pertolongan pertama.
    terima dan salam kenal.

    =====================================

    Ya betul, jangan pake odol. Air matang gunanya untuk mendinginkan luka yang panas tadi sehingga kulit lebih dingin.
    Setelah itu segera berobat ke dokter untuk pertolongan selanjutnya agar lukanya bersih, kering dan tidak meninggalkan bekas kehitaman. Terimakasih

  3. kirain luka bakarnya didiamkan lalu disiram air mendidih…tambah parah dong,

    ==============================

    hehehehe
    Disiram dengan air mengalir.
    Maksudnya untuk mendinginkan luka. Kalo sudah tidak terasa panas barulah dioles dengan krim atau salep dari resep dokter.
    Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s