Belajar Mengobati Sakit Maag (bag III)

saya sudah sakit maag krg lbh 1 thun yg lwt, tp yg prh na sktr 5 bulan belakangan ini. sebelumya obat yang d kash dokter brupa, lansoprazole, inpepsa, ranitidin, renages. Terkadang sakitnya di perut sebelah kanan atas, kadang2 sebelah kiri, kadang2 semua perut saya sakit. sakitnya sampai ke belakang punggung. tp setelah berbt k dktr sekitar 1 bulan yg lwt udh ada angsurannya. yg mw saya tanyakan adalah :
1. apakah penyakit saya memang maag ? karena saya sudah usg tp hasilnya baik2 semuanya
2. apakah ada perbedaan obat paten sama generik, soalnya 2 mnggu pertma sya minum obat paten, karena mahall saya beralih k generik saja, mna yg bgus
3. apa perbedaan sakit maag dengan tifus ?

Untuk kasus maag diatas memang salah satu contoh sakit maag yang umum ditemui. Dimulai dari pH asam lambung yang tinggi dan berlangsung cukup sering, untuk itu pengobatannya dengan mengurangi keluarnya produksi asam lambung sehingga  diperlukan obat H2 antagonis seperti cimetidine, ranitidine, famotidine. H2 Antagonis is used  for decreasing the production of acid by these cells. Gambar diambil disini.

Selain itu terjadinya reflux dapat membuat penderita merasakan sangat nyeri menjalar dari ulu hari ke  tulang belakang, bahkan terasa nyeri jdijantung (seperti sakit jantung padahal tidak). Untuk itu dapat diberikan Proton pump inhibitor seperti Lansoprazole, Omeprazole, Pantoprazole. Selain itu untuk melindungi dinding lambung dari kerusakan dan rasa perih dapat diberikan mucosa protecta ( Sucarlfate, Rebamipide).

Jadi, apakah penyakitnya memang maag ? tentu saja. Pemeriksaan dengan USG bukan cara terbaik untuk mengobati maag tetapi dengan pemeriksaan ke dokter spesialis Gastroenterologi-Hepatologi (Sp.PD-KGEH). Pengobatan untuk penderita maag dengan mengurangi  produksi asam lambung yang berlebihan dan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat.

Mengenai pengobatan yang diberikan oleh doker sudah benar dan tepat. Jika biaya adalah faktor yang sulit, tentu saja saya merekomendasikan penggunaan obat generik. Dari segi mutu dan khasiat sama saja, tidak ada perbedaan dengan obat branded atau obat paten. Kan tidak maka mereknya toh?

Memang beberapa gejala penyakit maag dan tifus menunjukkan kesamaan tetapi keduanya adalah penyakit yang sangat sangat berbeda dari segi pengobatan, terapi penyembuhan dan pemilihan obat.

Pengobatan maag menggunakan pengobatan tunggal atau kombinasi dari beberapa jenis obat seperti golongan antacid, H2 anatagonis, Proton pump inhibitor, mucosa protecta, prostaglandin E, selektif antibiotik dan anxiolytics. Tetap sehat ya dan jaga kesehatan lambungmu :D

About these ads

44 thoughts on “Belajar Mengobati Sakit Maag (bag III)

  1. Selamat malam bu rina!jumpa lg dgn sy antoni yg sdg menjalani dipenjara.bu,wkt minum lansoprasole ud baikan!lalu sy mulai tdk teratur lg mknnya!skrg dada kiri nyeri,punggung,perut kiri spt kesemutan dan juga tangan kiri dan kanan kesemutan,dibwh ketiak kiri nyeri..sdh cek kedokter dtmpt ini ktnya bkn jantung!apkh gejala yg sy tls diatas adalah sakit maag?perut kiri sebelah puser sering nyeri dan berdenyut2x!sy makan buah mengkudu yg masak apakah bs membantu?trima kasih….JBU

    =========================================================================

    Sepertinya masih dengan penyakit yang sama, maagyang lebih kompleks.
    Coba minum obat dari dokter dengan teratur dan jangan stress. Terimakasih

  2. bu klw aku ni suka mau muntah terus ni..belakangan ini suka sering bu..
    apalagi klw kecapean ..cepet cape..trus kebiasaan ngopi ni bu yg gak bs ilang hehe..

    ===============================================

    Kalo gitu mulai sekarang kurangi konsumsi kopi dan jangan terlalu capek. Kurangi aktivitas atau bahkan berhenti dulu sementara untuk memulihkan stamina.
    Pola hidupmu harus diubah ya, jaga asupan makan :D

  3. Apakah benar penyakit GERD bisa sembuh total ? Terima kasih jawaban nya mbak

    =============================================

    Tergantung dari tingkat sakitnya.
    Jika sudah ditangani sejak dini maka penyakit apapun kemungkinan besar untuk semua sangat besar.
    Tetapi jika terlambat ditangani maka akan besar pun efek yang ditimbulkan.

    Segeralah berobat dan jangan sampai terlambat. Terimakasih

  4. Selamat malam Bu Rina… :)
    saat menulis komentar ini, saya sedang dalam kondisi sakit “seperti Maag GERD” … (gejala : perut kembung, napas “seperti sesak”, nyeri ulu hati, kadang jantung berdebar2 kencang tidak biasa) , sudah kerasa skitar 3 bln yang lalu,

    saya seorang mahasiswa, rasa nya ingin sekali melakukan penyembuhan total ke dokter secara intensif dan berkelanjutan,, tp sayang sekali saya merasa terbatas dengan dana karena blum bkerja, jauh dari orang tua, dan orang tua pun pas-pas an.

    Oleh karena itu saya mohon saran aja dari bu rina, kalo saya beli obat dari apotek,, kira2 apa obat nya,, bagaimana prosedur minum obat nya, dan berapa lama pengobatannya? Terimakasih bu rina, semoga Tuhan membalas kebaikan bu rina… :)

    ===========================================================

    Mohon jangan merendahkan orang tua, orang tuamu tidak pas-pasan bahkan mereka terbukti sangat mampu karena mampu membiayaimu kuliah dan hidupmu samapai hari ini.

    Saya juga pernah jadi mahasiswa dan mengalami sakit seperti itu, sakittttttttttt sekali dan itu terjadi saat saya stress, kecapekan, kurang tidur dan banyak tugas kuliah. Lanatas bagaimana saya menyembuhkannya.

    Pertama saya berobat kedokter. Pergilah ke dokter, tidak harus dokter spesalis yang mahal. Cukup ke dokter umum atau klinik/ balai pengobatan, atau bahkan puskesmas. Ceritakan riwayat sakitmu dan nantidokter yang akan memberikan penyembuhan dengan resep yang tepat. Obatnya diminum sesuai aturan pakai.

    Saran saya minumSucralfate 2 x sehari sebelum makan untuk melapisi dinding mucosa lambung bar tidak terlalu perih. Yang terutama dari segala obat adalah memeperbaiki pola makan dan pola istirahat dengan baik. Jangan terlalu capek, harus istirahat teratur dan menentukan prioritas. Semoga cepat sembuh.
    Terimakasih

  5. Salam kenal dok, mo tanya juga nih seputar sakit magh. Saya menderita sakit magh sepertinya cukup parah, dari postingan dokter beberapa waktu lalu katanya ada pengobatan magh yg membutuhkan waktu 6-8 minggu (minum obat terus-menerus).

    Beberapa waktu lalu saya pergi periksa ke dokter dan dokter tersebut juga bilang bahwa magh saya dapat diobati dalam waktu 6-8 minggu. Permasalahannya adalah harga obat yg menurut saya sebagai karyawan swasta biasa cukup fantastik (Rp 400rb >). Beberapa obat yg diberikan: Mucosta, Spasmium, Ranitidin, dan obat campuran dalam kapsul… Apakah harga obat tst memang mahal? Kalau harus membeli obat sejumlah tsb selama 6-8 minggu terus terang saya tidak sanggup dengan penghasilan saya selama ini.

    Alternatifnya saya sering membeli obat sendiri di apotik, seperti Policrol Forte, Omephrazole, dan ranitidin. Yang mau saya tanyakan adalah aturan cara minum obat2 tsb… Saya biasanya minum omephrazole sebelum makan, lalu sesudah makan minum polycrol forte (3x sehari), sedangkan ranitidin cuma sekali sebelum tidur malm. Apakah cara tsb sudah benar?

    Ayah saya juga seorang penderita magh akut (pernah sampai masuk RS karena muntah darah). Mungk karena dinding lambung luka dan sampai saat ini sudah setahun lebih tetap mengkonsumsi sirup Inpepsa. Apakah sirup inpepsa tsb juga boleh saya konsumsi dengan tujuan melindungi dinding lambung saya?

    Kalau boleh saya minya email dokter untuk berkonsultasi… terima kasih atas informasi dan waktu yg diberikan dok, mudah2an diberikan kesehatan dan rahmat sama Tuhan. GBU :)

    • sama nih dengan keadaan saya, sakit kembung dan tak nyaman, terkadang memucak sampai pening, badan kaku semua, berasa lemas tak bertenaga, saya dikasih obat dokter MAGIL, OMEPRAZOLE pagi, LANZOPRAZOLE malam, MUCOSTA, ALGANAX malam
      untuk komsumsinya saya kok tidak dikasi tahu sesudah makan atau sebelum makan untuk omeprazole dan lanzoprazole nya. kalau yg lanzo menurut pengalaman saya sebelumnya, diresepkan dokter untuk 3 jam sesudah makan malam terakhir.

      ===========================================

      Saran saya kalo sudah dikasih Lansoprazole tidak perlu diberi Omeprazole atau sebaliknya. Karena keduanya memiliki golongan yang sama Proton Pump Inhibitor dan fungsi yang sama.

      Obat golongan Proton pump inhibitor harus dikonsumsi saat perut kosong/sebelum makan atau bisa juga 3-4 jam sesudah makan karena sudah kosong lambungnya. Terimakasih

  6. Oyah dok, saya juga mengalami sakit di dada,
    kadang seluruh perut yg menjalar sampai ke pinggang belakang, dada sering sesak juga.

    ==================================================

    Sebaiknya periksakan diri ke dokter dengan seksama agar diketahui gejala dan pengobatan penyakitnya.
    Terimakasih

  7. dear mbak rina,
    kalo mbak rina masih ingat, saya pernah komen di thread mbak yg berjudul Belajar Mengobati Sakit Maag (bag II). disitu saya banyak tanya tentang penyakit gerd.

    saya bingung nih kok sudah jalan ke bulan 10 belum kembali normal jg. kata orang sih kalo sakit maag itu sembuhnya lama dan kalopun sembuh bisa kambuh. mohon donk mbak lebih banyak diulas tentang penyakit GERD.

    ================================================

    Baiklah nanti saya akan ulas mengenai GERD dan penyakit maag lainnya.
    Sebebarnya kamu bisa mendapat informasi lebih detail dalam jurnal, googling dan referensi lainnya. Memang semuanya dalam bahasa inggris tetapi cobalah. Seperti mampir ke perpus :D

    Jika belum sembuh juga itu salah siapa? tentu bukan salah 100% obatnya. Cobalah lihat kembali pola makanmu.
    Makanlah dengan porsi yang sangat kecil setiap 5 jam sekali agar tidak nyeri dan perih. Kurangi makanan pedas, asam dan jangan kecapekan.

    Apalagi dibulan juli 2012 ini lagi bulan puasa, ini baik sekali untuk proses detoksifikasi dan memulihkan lambung menjadi lebih sehat. Terimakasih

  8. Selamat malam mbak Rina,
    Awal Juni yl dada saya terasa nyeri, punggung dan tangan pegal2, perut tidak enak. Saya ke Internist. Tensi darah pd saat itu 160/120. Menurut dokter, saya sakit mag dan asam lambung sudah naik ke dada. Saya diberi obat darah tinggi Captopril 3x sehari, obat mag Omeprazole dan farmacrol forte. Dokter menganjurkan saya untuk cek darah lengkap. Hasilnya kolestrol sedikit diatas normal, SGPT 40 (normal <31).

    Saya kembali ke dokter dgn membawa hasil cek darah dan konsultasi lagi karena keluhan di punggung dan tangan masih terasa. Saya diberi tambahan obat mag yg sama utk 1 minggu.

    Saat ini saya mengurangi makanan yg asin, olahraga jalan 30 menit setiap hari, terapi akupuntur 1 minggu 1x, tensi darah 1 minggu sekali. Tensi darah sekarang sudah stabil 120/90. Captopril saya kurangi dosisnya, minum 2x sehari.

    Pertanyaan saya :
    1) Apakah boleh secara bertahap saya mengurangi dosis captopril tanpa konsultasi dokter? Saya ingin perlahan-lahan lepas dari obat darah tinggi.
    2) belakangan ini punggung terasa pegal2 lagi dan tangan agak kesemutan. Apakah ini pertanda asam lambung masih tinggi? Apakah saya boleh minum obat seperti yg diberikan dokter waktu itu? Apakh mbak ada saran, obat ringan apa untuk mengurangi asam lambung berlebihan?
    3) Apakah gejala penyakit jantung juga seperti ini?
    4) Apakah SGPT tinggi pertanda gejala suatu penyakit? Atau bisa terjadi karena badan sedang tidak fit?

    Mohon advisnya ya mbak dan terimakasih atas bantuannya.

    Elen

  9. Sy sdah mnderita sakit maag dah ckup lma sktar 3 tahun,,
    kan tetapi stiap sy brobat ke dokter, penyakit sy tdk juga sembuh, apakah ada obat herbal yg bsa menyembuhkan penyakitku ini,,,??? Kalau ada, apa nama obat tsb,???

    =================================

    Apakah pola hidupmu sudah benar?
    Artinya sudah cukup istirahat, menjauhi stress, tidur cukup, olahraga.

    Juga sudahkan pola makannya benar?
    Menjauhi makanann pedas, makan dalam porsi kecil-kecil, makanan asam dikurangi, bersantan, makanan yang berat. Minum yang cukup, perbanyak serat.

    Lakukan dua hal diatas ditambah dengan meminum obat dari dokter sesuai aturan pakai.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  10. Mbak Rina, saya berpuasa pada Ramadhan ini……saat puasa menginjak ke 19 (kemarin) dan hari ini, lambung dan ulu hati terasa sakit. Pada saat berbuka, sakit tersebut hilang. Belajar dari tulisan mbak Rina sebelumnya, kemungkinan saya kena maag. Apkh sudah benar kalau saya minum Myloxan (Al-hidroksida, Mg hidroksida, Metilpolisiloksan)sebelum buka dan di akhir sahur.

    ========================================================

    Saran saya sebaiknya ketika puasa mengkonsumsi Lansoprazole 1 x sehari saat menjelang imsak.
    Kemudian kalo Myloxan mau diminum boeh saja tetapi kalo tidak ada perubahan yang signifikan sebaiknya tidak diminum karena yang diserang nyeri adalah ulu hati dan ususnya, bukan lambungnya. Terimakasih

  11. Terima kasih responnya……….Mungkin perlu saya sampaikan sebelum maag terasa sakit, saya minum Meloxicam, Renadinac, Nerofa; karena nyeri lengan. Semalam saya periksa ke dokter askes, katanya maag saya kena kemungkinan karena obat2 nyeri tsb. Saya diberi Omekur + promag (perkiraan saya karena tablet warna hijau dan dikunyah). Menurut mbak Rina bgmn, apakah masih perlu Lansoprazole? Terima kasih. Salam……..

  12. selamat hari gini mbak rina yang cantik…..
    saya menderita GERD disalah satu resep/obat yang diberikan ada yang bernama “metoclopramide HCL 10 mg” untuk apa ya gunanya, karena mbak rina selama ini gak pernah nyebut2 obat ini. thanks……..

  13. mba udah 2 bulan ini sya menderita maag. Tp parahnya hanya seminggu, saya tidak bisa berdiri serasa pusing dan berputar, sesak nafas, nafas pendek, ulu hati sakit, jantung berdebar-debar. Tapi sekarang udh lumayan sembuh. Keluhan saat ini sering sakit di ulu hati, pusing, sakit di tengkuk.

    Saya pernah cek darah, gula darah saya normal tp trigliserida saya tinggi. Apa ada kaitan trigliserida yg tinggi dengan maag mba? selama sakit maag perut saya jarang perih hanya sesekali sja. apa mungkin ada penyakit lain mba?
    terima kasih atas jawabannya.

    =========================================

    Saran saya jaga pola makan dan istirahat dengan cukup.
    Trigliseride yang tinggi tentunya berasal dari makanan yang diasup kedalam tubuh seperti tinggi kandungan karbohidrat dan lemah jenuh. Makanan tersebut bersala dari gula, tepung dan lemak. Saran saya batasi konsumsinya agar Trigliseridenya turun.

    Trigliseride juga berpengaruh tingginya nilai kolesterol. Dengan demikian dapat memicu penyakit hipertensi dan lainnya. Cobalah periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lengkap. Terimakasih

  14. Sangat bermanfaat sekali artikelnya dok .
    Semua penyakit pasti ada obatnya kok , teruslah berusaha, positif thinking dan jangan lupa berdo’a .

    ==========================================

    Terimakasih, saya Apoteker atau Farmasis :D

  15. selamat siang dok , nama saya agustin , saya mempunyai penyakit asam lambung terlalu lebih , saya sudah berobat kemana-mana , tapi tidak ada perobahan , keluhannya perut mual , pedih hulu hati , sampay ke belakang punggung .. Jantung berdebar-debar , kaki gemetar ..
    solosinya apah dok ? terus obatnya apah ?
    Proses penyebuhannya berapa lama dok ? terima kasih dok :-)

    ====================================================

    Masa sih sakit terus? memang udah diobati apaan aja? mohon infonya.
    Untuk penangan kasus seperti ini harus konsultasi ke dokter spesialis Gastroenterologi (gelar Sp.GERH). Pengobatannya memakan waktu 8-12 minggu dengan mengkonsumsi obat secara teratur.

    Mulai hari ini, stop makan pedas, asam, terlalu panas, santan. Istirahat ya yang banyak kalo tidak asam lambungnya naik terus. Untuk perih diulu hati dan Berdebar jangtungnya dari di obati dengan kombinasi Proton pump inhibitor dan oabt lainnya. Ikuti saran dokter.

    Kalo nanti sudah sembuh tetap menjaga pola makan agar tidak kambuh dan sehat terus lambungnya. oke, Smeoga cepat sembuh ya. Terimakasih

  16. Sy month nanya ni dok ,,,, kmarin sy opname dirumah sakit 1 minggu , blang dkter saya kena gastritis kronis ,,, sy dikasi obat maag tpi sudah hampir 1 bln lbih dak ada prubahanya …. Sbenarnya sy skit p si ,,,,, kdang badan lmas , sesak napas , kaki kiri sy sampe lengan kiri trasa lmas , kpala pusing!!!!!

    ================================================

    Semoga kamu cepat sembuh ya.
    Menurut saya dari gejala yang kamu alami adalah gangguan saluran pencernaan yang sudah terjadi menahun. Dalam bahasa medis disebut Gastritis Kronis (menahun/sudah lama sakit lambung). Gejala sakit maag memang bisa seperti sakit jantung seperti nyeri di dada, terasa sesak nafas, dan lemas.

    Hal itu terjadi karena refluk (naiknya cairan gas didalam lambung ke atas) yang terjadi berulang kali sehingga mengikis atau mengiritasi saluran cerna atas. Terasa terbakar karena sifat asam lambung yang begitu asam yang naik ke rongga atas sementara rongga tersebut bersifat netral sehingga ketika asam lambung naik akan terasa perih, sakit, seperti tertusuk atau nyeri sesak.

    Penyembuhan sakit ini memang tidak cukup hanya 4 minggu (sebulan). Saran saya kamu berobat lagi ke dokter spesialis gastroeneterologi (gelar dokter Sp.GERH). Nanti akan diberikan treatment untuk penyembuhan secara tepat. Untuk menyembuhkan bisa dengan memakan waktu 6-8 minggu atau bahkan lebih tergantung gejala dan sakitnya selain itu akan diberikan beberapa obat seperti Antacida, Proton Pump Inhibitor, H2 Antagonis, mucosa protecta, atau bahkan antibiotik apabila memang ada infeksi akbibat Helicobacter pylori.

    So, segeralah berobat. kalo belum sembuh saran saya ke dokter lagi atau mencari second opinion dengan berobat ke dokter lain yang lebih ahli untuk masalah kesehatan. Smeoga cepat sembuh. Terimakasih

  17. Bu sya deni penyakit apa yg ada dlm tubuh saya terkadang terasa sakit di bawah pusar dan keram perut sblh kiri n kanan. Sudah priksa ke doktter di ponis luka usus, apa yah obat y??

  18. bu,saya tahun 2009 pernah divonis punya penyakit gastritis kronis karena baktery helicobaktery pilory,dulu dikasih antibiotik yg muahal hrgnya tapi gak saya habiskan karena makin terasa parah,walaupun sekarang rada mendingan tapi sakit kepala dan pusit gak hilang2 terutama 3 jam setelah makan,pertanyaan saya apakah saya harus diendoskopi lagi buat cek bakterynya?

    ======================================================

    Pengobatan untuk infeksi karena Helycobacter Pylori memang harus dengan terapi antibiotik. percuma kalo tidak tuntas, nanti kambuh-kambuhan lagi. Memang pengobatannya lebih mahal tetapi Mas Asep bisa minta ke Ibu Apoteker di Apotek untuk dapat mengganti resepnya dengan Obat generik. Harganya pasti lebih terjangkau.

    Pengobtan harus tntas dan tuntas karena kalo tidak akan terjadi lagi. Tidak perlu endoskopilagi, Cukup lanjutkan pengobtan. Sebaiknya cari dokter yang lain untuk second opinion dan berobat sampai tuntas. Terimakasih

    • mlm dok..Sy pria umur 34 thn
      sudah bertahun2 mengalami sakit di sebelah kiri lambung di bawah tulang rusuk dan nyerih lambung…mhon penjelasan dan obat apa yg bagus sy komsumsi..mks sblm nya dok

  19. saya sering minum obat sesak napas yaitu asma capsul,antibiotik(goxalin 500),soldextam sehabis minum obat tersebut nafas lega,tetapi badan lemas,sering sendawan perut kembung,perut sebelah kiri agak nyeri bagaimana solusinya agar penyakit asma dan maag saya sembuh terima kasih atas jawabanya dari ibu rina,,,(usia sya 42 th)

  20. selamat sore dokter saya ingin menanyakan tentang sakit yg sudah 2 hari ini , begini dokter perut saya ini sering sekali rasanya perih tetapi setiap saya coba untuk makan dengan nasi yg sudah dihaluskan selalu muntah tetapi jika saya makan jelly tidak apa-apa dan perut saya biasa saja jadi selain jelly makanan apa yg bisa saya makan selai jelly agar tetap mendapatkan asupan tenaga ?

    Terima Kasih

    ======================================

    Kalo begitu coba bikin energen.
    Banyak sekali makanan yang mudah dicerna seperti serat dari agar-agar, karbohidrat dari kentang rebus (mash potato), bubur bayi juga boleh seperti Promina, kacang merah direbus kasih gula sedikit, bubur ayam pedasnya sedikit, dll.

    Terimakasih

  21. Pagi dokter?dok,mohon bantuannya sy sering sakit sprt ini n skrg sdg sakit yg rasakan sprt ini yaitu perutnya nyeri bagian bwh n kadang bagian kanan atas sampe nyeri ulu hatinya serta suka sampe panas tembus bagian belakang,sakit kepala yg sangat n kadang suka mimisan.penyakit apakah yg sy derita dok?apa obatnya ? Dokter atas jawaban serta informasinya sy ucapkn bnyk2 terima kasih

  22. Dok, setiap ulu hati saya sakit, payudara kiri saya seperti di tusuk tusuk…paling hanya 3 detik. Setahu saya kalo mag itu dada sesak dan panas. Kenapa ya ini sampai nyeri nya terasa di tusuk2 pada payudara kiri, dan kadang kanan. Lebih seringnya sih kiri …makasih ya Dok

    • saya mengalami keluhan asam lambung tinggi..sangat menyiksa skali..bingung harus berbuat apa lg..lambung slalu gk nyaman..nyesak yg saya alami..bernapas seperti gk nyampai..kdang ambil napas dlm2 gitu lemas pdangan kunang2, bingung bdan saya mudah skali letih cpek..saya gk sanggup olah raga lari.klw dibwa lari nyesak dada berat..lambung kdang trasa ganjal..kmarin sering brobt kdokter .tpi gk sembuh2 cpek mkn obt dokter..sudah 2thn 4bln saya mengalaminya smpai skarang blum sembuh..sudah cek darah sm dokter spesialis penyakit dlm hasilnya normal dan bgus..tpi blum di endoskopi lg lambung saya..apakah ada yg sm mengalami seperti saya..bisakah kita brbagi cerita..ini no saya 082383928587 umur saya 27 thn… tolong bantu saya dok ..apa sya bisa sembuh..sya sering merenungkn nasib sya gimna nantinya. .

      • Coba ke klinik Hosana. Jl cendrawasih raya Cengkareng 021 619 3051 dokternya bagus banget obatin masalah lambung

  23. sama sprti yang saya rasakan, saya bahkan sempat dirawat dirumah sakit karena nyeri lambung disertai rasa terbakar sampai ke punggung, suhu tubuh agak demam dan kadang menggigil sampai akhirnya saya dilarikan ke rumah sakit, saya ditangani dokter spesialis bagian dalam, di usg abdomen hasilnya smua baik2 saja,, saya juga dapat obat yang sama dengan yg anda minum… Sembuh sih… Tapi seringkali kambuh… Kalo kambuh biasanya saya doping dgn mknan2 yg sehat, saya banyakin makan apel…malah sbelum makan nasi dipagi hari saya lebih dulu makan apel… Saya baru makan berat stelah satu atau dua jam kdepan…

  24. Aq sakit maaq solusi nya

    ========================

    Selalu ke dokter terlebih dahulu untuk mendiagnosa sakitnya apa. Apakah benar sakit maag? atau ada penyakit lainnya.
    Setelah itu diberikan pengobatan yang sesuai dengan gejala. Setiap pengobatan sangat berbeda satu dengan yang lain sehingga tidak bisa digeneralisasi kalo sakit maag minum obat A sembuh. Tidak ada, semua harus didiagnosa dan dan diobati secara individu. Terimakasih

  25. Saya,berusia 35Thn .perkerjaan sebagai JURNALIS MEDIA ELECTRONIC ( kameramen ) ,dok,Keluhan saya,tegang pada leher perut ( lambung )mual kalo berdiri mau roboh seperti orang mabuk, detak jantung cepat berdebar2 napas berat pendek,kepala pusing kaya orang mabuk mual,kalo muntah kaya buih buih putih, kepala belakang kaya ditusuk2 gemetaran BAB pernah ada bercak darah,sekarang berlendir Kalo BAB, pandangan kabur kena caha silau terik matahari pusing leher blakkang tebal,sampai ke bagian muka,pernah dirujuk ke UGD katanya sakit maag,tensi naik,160/100.cepat gugup,cek gula normal asam urat normal colestrol tinggi,233.saya sudah makan obat mahal bermacam jenis untuk obat maag,tida sembuh2juga,makanan pedas setahun ini sudah tida lagi minuman bersoda juga tida.santan gorengan juga tida,makaan saya lembut bubur,dikala tekanan darah naik saya minum kaptopril atau TENSIKAP,namun kalo tida di bawa baring saya bisa roboh,tiap hari dada jantung selalu berdetak cepat,berat badan,65 kg,tingi 160 senti meter kalo lama menghadap computer kepala pusing detak jantung cepat, sekarang saya membeli obat kolestrol SIMVASTATIN ( 20 mg),mohon petunjuk ibu dokter untuk kesembuhan saya,semoga keluarga besar ibu dokter dalam keadaan sehat waalapiat aja,dan ibu diberikan kesehatan dan rezki yang berlimpah ruah,itu lah doa saya pada ibu dokter salam hormat saya,WS Dhonny Saputra Indra,Muara teweh KAB. Barut KALTENG,

  26. Saya,berusia 35Thn .perkerjaan sebagai JURNALIS MEDIA ELECTRONIC ( kameramen ) ,dok,Keluhan saya,tegang pada leher perut ( lambung )mual kalo berdiri mau roboh seperti orang mabuk, detak jantung cepat berdebar2 napas berat pendek,kepala pusing kaya orang mabuk mual,kalo muntah kaya buih buih putih, kepala belakang kaya ditusuk2 gemetaran BAB pernah ada bercak darah,sekarang berlendir Kalo BAB, pandangan kabur kena caha silau terik matahari pusing leher blakkang tebal,sampai ke bagian muka,pernah dirujuk ke UGD katanya sakit maag,tensi naik,160/100.cepat gugup,cek gula normal asam urat normal colestrol tinggi,233.saya sudah makan obat mahal bermacam jenis untuk obat maag,tida sembuh2juga,makanan pedas setahun ini sudah tida lagi minuman bersoda juga tida.santan gorengan juga tida,makaan saya lembut bubur,dikala tekanan darah naik saya minum kaptopril atau TENSIKAP,namun kalo tida di bawa baring saya bisa roboh,tiap hari dada jantung selalu berdetak cepat,berat badan,65 kg,tingi 160 senti meter kalo lama menghadap computer kepala pusing detak jantung cepat, tangan kaki sering kram,keringat dingin sekarang saya membeli obat kolestrol SIMVASTATIN ( 20 mg),mohon petunjuk ibu dokter untuk kesembuhan saya,semoga keluarga besar ibu dokter dalam keadaan sehat waalapiat aja,dan ibu diberikan kesehatan dan rezki yang berlimpah ruah,itu lah doa saya pada ibu dokter salam hormat saya,WS Dhonny Saputra Indra,Muara teweh KAB. Barut KALTENG,

  27. Saya,berusia 35Thn .perkerjaan sebagai JURNALIS MEDIA ELECTRONIC ( kameramen ) ,dok,Keluhan saya,tegang pada leher perut ( lambung )mual kalo berdiri mau roboh seperti orang mabuk, detak jantung cepat berdebar2 napas berat pendek,kepala pusing kaya orang mabuk mual,kalo muntah kaya buih buih putih, kepala belakang kaya ditusuk2 gemetaran BAB pernah ada bercak darah,sekarang berlendir Kalo BAB, pandangan kabur kena caha silau terik matahari pusing leher blakkang tebal,sampai ke bagian muka,pernah dirujuk ke UGD katanya sakit maag,tensi naik,160/100.cepat gugup,cek gula normal asam urat normal colestrol tinggi,233.saya sudah makan obat mahal bermacam jenis untuk obat maag,tida sembuh2juga,makanan pedas setahun ini sudah tida lagi minuman bersoda juga tida.santan gorengan juga tida,makaan saya lembut bubur,dikala tekanan darah naik saya minum kaptopril atau TENSIKAP,namun kalo tida di bawa baring saya bisa roboh,tiap hari dada jantung selalu berdetak cepat,berat badan,65 kg,tingi 160 senti meter kalo lama menghadap computer kepala pusing detak jantung cepat, tangan kaki sering kram,keringat dingin sekarang saya membeli obat kolestrol SIMVASTATIN ( 20 mg),mohon petunjuk ibu dokter untuk kesembuhan saya,semoga keluarga besar ibu dokter dalam keadaan sehat waalapiat aja,dan ibu diberikan kesehatan dan rezki yang berlimpah ruah,itu lah doa saya pada ibu dokter salam hormat saya,WS Dhonny Saputra Indra,Muara teweh KAB. Barut KALTENG,BBM saya,221DC03E

  28. Selamat mlm bak rina, saya sudah 2 bulan sakit asam lambung , saya sudah periksa tp tetap dokter lain bilang gc papa kok gitu, trs saya usg juga gc papa , menurut ibu berapa lm saya sembuh

  29. Salam kenal mbak Rina…saya pak Hari yang juga mengalami sakit Maag (asam lambung tinggi) dan kalo mencermati gejala yg saya rasakan mirip GERD dan mungkin juga berefek pada organ yang lain, keluhan yang saya rasakan al :
    – Perut sering tiba2 terasa penuh pada posisi berdiri, tapi pada posisi tidur terlentang terasa lapar, jika ditekan dibagian dekat ulu hati rasanya sakit spt ditusuk, bahkan kadang perut sampai kebelakang rasanya seperti terbakar.
    – Dada rasanya sering sesak (sesak nafas) dan sering bersendawa (glege’en org jawa bilang), juga sering merasakan nyeri dibagian dada dan dibawah buah dada seperti ditarik-tarik katanya si mirip sakit jantung
    – Badan tiba2 lemas dan keluar keringat dingin, telapak kaki jg jadi dingin
    – Pada jam-jam tertentu pagi kira2 jam 10, sore kira2 jam 16 dan malam kira2 antara jam 24 sd 03 perut rasanya tidak nyaman dan badan lungkrah, sehingga kwalitas tidur malam sangat kurang
    – Sampai-sampai perut bagian bawah kiri dan kanan rasanya pegel seperti koliq, mungkin ususnya kena efek asam lambung atau kekurangan enzim shg bisa jadi mengalami peradangan saya tdk tau persis.
    – BAB tidak stabil baik waktunya ataupun bentuknya kadang2 normal tapi seringnya tdk normal (seperti diare)
    – Rasa pegal dipundak, pandangan kadang terasa kabur (limbung)
    – Setiap hari resah/stress dan bahkan rasanya sudah seperti dekat dengan ajal
    – setiap akan dinas keluar kota apalagi menginap pasti resah dan harus membawa bekal obat dr dr langganan
    – Aktifitas fiisik menurun drastis, saya dulu termasuk gila kerja shg mengabaikan pola hidup sehat

    PENGOBATAN :
    – Saya sudah berobat ke 5 dokter di kota yg berbeda ( dr umum, 3 dr Sp.Internist/Pd dan Sp.Gastro ) obat yg diresepkan berbeda2 antara satu dengan lainnya, namun bagaimanapun juga saya berterima kasih kpd dr. Sp.Pd yg telah meresepkan saya OMZ, Lansoprazol, Sukralfat, Lancid dan juga obat penenang, sehingga akhirnya saya lumayan membaik.
    – Saya berobat ke dr tersebut sudah 2 tahun lebih meskipun posisinya diluar kota, dan saya catat, tdk terasa ternyata setiap bulan saya pasti berobat ke dr tersebut, krn setiap bulan pasti kambuh (ketergantungan), resep utk 1 minggu…bertahan 3 minggu…trs berputar spt itu
    – saya pertama kali kena sakit ini oktober Tahun 2011 dan sempat dirawat di ICU 4 hari krn waktu itu diduga kena serangan sakit jantung dan kondisinya memang cukup kritis.(tdk lupa saya berterima kasih pada dokter dan tim medis yg sdh menjadi perantara Tuhan menolong dan menyembuhkan saya) waktu itu
    – Intinya segala macam obat herbal sdh saya coba…org bilang apapun, saya coba, tapi maaf tdk etis kalo saya sebut satu persatu

    KONDISI SAAT INI :
    – Setelah saya mengkonsumsi suplemen buatan orang Indonesia tapi diproduksinya di Amerika, tanpa efek samping dan tidak ada over dosis, cara kerja suplemen yg mampu menSTEMCEL (memperbaiki, meregenerasi sel di seluruh organ tubuh kita), kandungan 22 asam amino, protein dan FGF/Fibroblast Growth Factor (penjelasan dari produk tsb).
    SAAT ini saya dlm kondisi lebih sehat sejak menkonsumsi suplemen tsb
    – Maag tdk kambuh, dan tdk ke dokter sdh 3 bulanan
    – Kolesterol dan triglicerid tinggi menjadi normal
    – Asam urat tinggi bahkan sampai bengkak skrg normal
    – BAB sudah mulai normal, kwalitas tidur baik, trauma/stress berkurang jauh
    – Nyeri di dada sdh tidak terasa, kejang/koliq di perut tidak terasa lagi
    – Sdh kuat berdiri dan mengajar sebagai trainer antara 6 sd 9 jam sehari, sdh hampir 1 bln
    Subhanallah…terima kasih Tuhan, yg telah menunjukkan saya suplement ini
    Maaf ini sekedar sharing saja utk sesama penderita…barangkali bermanfaat untuk pembaca
    Mohon maaf tdk etis kalo saya sebut disini nama suplement tsb…dan saya bukan penjual tapi pemakai
    Sharing saja di cp saya 081328291809 terima kasih
    Maaf Mbak panjang banget critanya sepanjang derita yg saya alami 2 th lebih dan makasih kalo berkenan posting ini. SALAM SEHAT

  30. ♍ªªůů tanya mbak rina saya udh 4 bln Ïπï uluhati rasanya berat,nafas sering nyesek,lemes,mual,gmpg capek.saya udh ke internist didiagnosa gastritis erosif.saya udh endoskopi jg,asam lambungnya hyper,sy udh dikasi obat spt pariet,mukosca,prosogan,motilium dan obat racikan.tp blom sembuh jg,kmdn sy ganti obatnya krn mhl,dgn lanzoprazole,domperidom dan famotidin,apakah boleh?smp saat Ïπï sy udh mnm obat selama sebulan,tp kok msh nyesek,sakit disekitat uluhati,mual,pdhl sya udh ubh pola mkn sedikit2 tiap 3 jam,pantang mknan utk maag,bgm mbak rin,apakah obat yg sy mnm hrs diganti lg?mksh

  31. Slmt siang ibu rina yg cantik, aku in penderita maag kronis uda 8x ke dokter tp hasilx tidak memuaskan. Kira 2 apa solusix. Tlng ibu rina

  32. tolong sarannya bu. saya binggung dengan keadaan saya. apakah saya mengalami penyakit serius. atau maag saya semakin parah atau bagaimana. saya terus meminum obat mylanta atau promag dan makan. namun tidak merasa membaik saya sering pening, badan berasa lemas tak bertenaga, kaki tangan dingin dan badan panas seperti demam. saya ingin berobat ke dokter namun karena keadaan sehingga tidak bisa. saya disarankan untuk meminum obat ratinidin dan plantacid forte sebelum mkn,ibuprofen dan biomega setelah makan. namun untuk biomega belum dibeli krn tdak ada. saya sudah meminum obat tersebut tetapi badan saya tetap lemas, kepala pening, dll. haruskah saya periksa? atau saya menghabiskan obat dlu? atau ada saran lain/ selain itu saya sangat mudah lelah. aktivitas saya sangat banyak. sedangkan keadaan saya yang seperti ini membuat saya tidak bisa melakukannya. padahal saya sempat istrahat 2 hari namun sakit kembali. mohon solusinya.

  33. selamat pagi bu rina.
    Saya anang 24th., akhir2 ini saya menderita pusing2 dan mual2 serta perut yg nyerih parah di area bagian belakang,dan perut terasa penuh di area samping kiri kanan, tak jarang saya juga muntah2, tp dimalam hari saja, begitu juga dgn meriang,hanya terasa di malam hari. Tp bersendawa setiap waktu.
    Saya jadi agak bingung,penyakit apa yg saya derita? Sebelum semua ini saya alami, saya periksa ke dokter karna hernia yg saya alami dan mendapat obat dr dokter minum 3xsehari/8pil sekali minum.
    Jawaban anda sangat saya nantikan bu dokter.
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s