Menghilangkan Keloid

Siapa yang tidak ingin punya kulit sehat dan mulus, what a lovely girl and yummy moist :D. Namun tidak semua orang beruntung memilikinya, salah satu temaan saya yang  memiliki “bakat” keloid, jika terjadi luka  maka bekas luka tidak dapat rata permukaannya dan tumbuh benjolan kemerahan, yang biasa disebut keloid. Keloid adalah jaringan kulit tambahan yang tumbuh di bekas luka. Keloid sendiri sebenarnya tidak berbahaya tetapi tidak sedap dipandang mata. Gambar diambil disini.

Keloid juga bisa terjadi setelah operasi besar/ kecil, melahirkan, luka kecelakaan,  luka bakar yang tidak tepat penangananya.  Keloid juga bisa menurunkan rasa percaya diri terutama jika bekas lukanya terlihat (wajah, perut, kaki, leher).

Lalu bagaimana menghilangkan keloid?
Ternyata tidak sulit menghilangkannya, ada beberapa cara untuk menghilangkannya. Pertama kamu punya keloid kecil, kamu bisa menggunakan krim yang mengandung Silicone/ Dimethicone untuk dioles dipermukaan kulit yang ada keloidnya dan dalam waktu 2-3 bulan keloid akan menipis dan akan tersamarkan. Juga bisa digunakan bahan centella asiatica yang berfungsi mengurangi bengkak keloid.

Kedua, jika keloidnya sudah berukuran sedang sampai berat, kamu bisa ke dokter spesialis kulit atau bedah untuk disuntik dengan injeksi corticosteroid beberapa kali maka keloid akan mengempes dan permukaannya dapat rata kembali.

Semoga cepet kempes ya keloidnya dan jangan berusaha diobati sendiri, kamu butuh bantuan seorang dokter untuk menyembuhkannya. Welcome kulit sehat dan kulit cantik. Terimakasih

About these ads

11 thoughts on “Menghilangkan Keloid

  1. ada rekomendasi merek ga Rin? :D

    ===================
    Untuk yang kandungannya Silicone/ Dimethicone:
    Dermatix gel® [ Transfarma Medica Indah ] – dimeticone
    Dermatix Ultra gel® [ Transfarma Medica Indah ] – ascorbyl tetraisopalmitate + dimethicone

    Untuk yang kandungannya centella asiatica:

    Fitocassol cream® [ Kimia Farma ] – centella asiatica
    Mederma gel® [ Combiphar/Merz ] Purified water, PEG-4, Allium cepa extr, xanthan gum, allantoin
    Tekasol oint® [ SDM Lab ] – centella asiatica extract

    Untuk yang sediaan injeksi:
    harus dengan resep dokter!!
    Trilac vial® [ Novell Pharma ] – triamcinolone
    Kenacort A injection [ Taisho Pharmaceutical ] – triamcinolone

  2. Terima kasih terlebih dahulu saya sampaikan kepada mbk rina karena telah mmberikan informasi mengenai keloid.
    Saya ABG usia 22 thn (udah lmyn tua), di pinggir pipi saya terdapat keloid bekas jerawat yg tak kunjung padam mbk… menonjol dan memanjang sekitar 4 cm. Tekstur nya yang keras,licin mengkilap dan berbukit2 seringkali membuat saya geram. Usaha injeksi corticosteroid sudah lebih dari 5x telah saya lakukan begitu pula degan tetapi keloid tetap saja masih membandel, malah terlihat menular k tetangga kulit yang semula normal. Al hasil semakin lama smakin meluas dan meninggi (smoga sya salah dan segera hilang keloid ini). Saya minta sarannya mbk, sebaiknya diapain ya ini keloid biar pergi dari diriku??? dan saya bisa jadi pede lagi seperti semula…

  3. Jangan Khawatir bagi yang mempunyai keloid, takut salah pengobatan atau takut keloid gak hilang – hilang. Saya punya cara alternatif, yang benar2 pure alami, gak perlu beli herbal.
    Yaitu dengan mengusap dan membilas keloid tersebut dengan air rebusan daun sirih, usap keloidnya pake daun sirihnya, perlahan keloid menghitam dan mengempes, namun butuh proses, gak seketika ilang gitu aja, tergantung besarnya keloid tersebut.
    Semoga Membantu :

    =====================================

    Terimakasih infonya :D
    Kayanya hanya bisa kalo keloidnya kecil.
    Kalo sudah besar sebaiknya tetap berobat ke dokter.

  4. Jangan Khawatir bagi yang mempunyai keloid, takut salah pengobatan atau takut keloid gak hilang – hilang. Saya punya cara alternatif, yang benar2 pure alami, gak perlu beli herbal.
    Yaitu dengan mengusap dan membilas keloid tersebut dengan air rebusan daun sirih, usap keloidnya pake daun sirihnya, perlahan keloid menghitam dan mengempes, namun butuh proses, gak seketika ilang gitu aja, tergantung besarnya keloid tersebut.
    Semoga Membantu :)

    ==============================================

    Semoga benar-benar membantu dan tidak salah.
    Btw, untuk keloid yang besar sampai berapa lam? dan butuh berapa banyak daun sirih?
    Mohon infonya. Terimakasih

  5. klo injeksi hitungan ml persuntiknya berapa? soalnya klo suntik lewat dokter dirumah sakit mahal banget,, waktu itu saya pergi ke dokter dekat rumah saya akhirnya diberi resep kenacort-A trus disuruh suntik di bidan aja karna jarum mereka punya yang lebih kecil..selama ini saya beli sendiri obatnya dan minta tolong bidan tetangga saya untuk menyutiknya, terkadang klo habis obatnya saya beli sendiri karena waktu itu masih bebas belinya,, makasih..
    NB: selama ini aku pake obat injeksi kenakort -A, tapi kurang bagus hasilnya, kemudian kenakort gak dijual lagi akhirnya ganti pake flamicort, dan yang ini lumayan keliatan hasilnya.

    =======================================================

    Memang benar, sekali suntik harganya mahal.

    Sekarang Kenacort sudah tidak diberbolehkan.
    Sebenarnya Flamicort isinya sama dengan Kenacort yaitu Flamicort 40 mg/1 mL x 1 mL x 1’s.

    Mohon jangan sembarangan menyuntik dan semua ada aturannya. tidak boleh disuntik terlalu sering. Bagaimanapun penggunaan hormon Cortikosteroid tidak boleh berlebihan dan harus dengan dosis yang jelas. Kunjungi dan diskusikan dengan dokter. Terimakasih

  6. ada cara lain selain injeksi or surgery nggak buat ngilangin keloid yang uda besar.cos sy dl pernah coba injeksi rasa sakitnya ndak karuan smp panas dingin,trus klo berhenti suntik malah tibul keloid dibekas suntikan.mohon penjelasan .tq

    ==========================================

    Setiap orang tentu berbeda-beda, memang ada yang “bakat” untuk kena keloid dan ada yang tidak. Saya juga :cry: :cry:
    Jika sudah disuntik masih seperti itu sebaiknya konsultasikan ke dokter alternatif pengobatan untuk mengurangi keloid.
    Terimakasih

  7. saya mempunyai keloid di tangan yang cukup besar ,
    bagai manqa ya cara pengobatan tanpa harus kedokter , mahal banget kalau kedokter

    ======================================================

    Tidak semua dokter bertarif mahal dan tidak terjangkau.
    Killa bisa ke Rumah Sakit Negeri dan memeriksakan dulu keloidnya. Nanti dokteryang akan memeriksa dan melakukan penyembuhan yang tepat untukmu.
    Terimakasih

  8. saya baru saja disuntik flamicort oleh ibu saya..
    doakan yha semoga keloid saya bisa sembuh..

    ======================================

    Amin
    Semoga cepat sembuh :D

  9. Saya sudah konsultasi kedokter kulit . Dikasih salep tapi ga ada perubahan cuma ada sedikit lembek dibagian keloidnya, saya minta disuntik tapi dokter menyuruh saya menghabiskan dulu salepnya -.- hiks hiks bkakan lamaaa habis salepnya coz banyak bgt apalagi sepertinya ni keloid udh cukup besar meskipun usianya hampir 4 bulan. Sudah bete juga dengan keloid apalagi letaknya diwajah .bikin ga pedeeee.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s