Sudah Minum Obat Maag kok Masih Sakit?

Pertanyaan diatas sering sekali ditanyakan kepada saya, ada baiknya saya saya share saja jawabannya agar semua juga tahu dan segera sembuh dari maag tahunan. Gambar diambil disini.

Biasanya kalo kita sakit maag, pasti yang terpikir obat yang pertama adalah Promag tablet atau Mylanta liquid. Obat ini bekerja memang untuk menurunkan pH lambung. Ini obat golongan antacid, kerjanya memang menurunkan asam lambung dengan reaksi cepat. Obat ini umum sekali untuk digunakan.

Lantas kalo sudah minum obat itu belum sembuh juga itu kenapa? kok masih sakit? terus obatnya apa?
Itu yang salah bukan obatnya melainkan cara kerja obatnya yang harus berbeda. Saya menyarankan penggunaan proton pump inhibitor. Obat ini menutup pipa kran produksi asam lambung sehingga produksi asam berkurang. Minum obat ini juga mengurangi nyeri. Nama obatnya macam-macam: Lanzoprazole, Omeprazole, Esomeprazole, Pantoprazole. Kalo penyembuhan pertama pake Omeprazole, Esomeprazole, Lanzoprazole  dulu, kalo udah agak parah baru pake Pantoprazole bahkan Rabeprazole.

Selain itu kamu juga perlu lapisan pelindung dinding lambung biar mudah rasa sakitnya berkurang dan dijamin bebas nyeri, namanya Sucralfate. Mereknya macam-macam: Inpepsa, Propepsa, Neciblok, dll.

Saya tulisin aja dech resepnya dan cara pemakaiannya. Kita bisa langsung ke Apotek untuk membelinya:

R/ Lanzoprazole 30mg X
S 1-2 dd 1 tab sebelum makan

Artinya Beli obat Lanzoprazole 30mg 10 tablet, obat diminum 1-2 X sehari 1 tablet saat perut kosong ( 30menit – 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan).

R/ Sucralfate 500mg liq
S 3 dd 2 tsp sebelum makan
Artinya Beli obat Sucralfate 500mg dalam bentuk liquid, obat diminum diminum 3 x sehari 2 sendok teh (2 X 5mL) saat perut kosong (30 menit -1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan).

Semoga cepat sembuh :D

About these ads

105 thoughts on “Sudah Minum Obat Maag kok Masih Sakit?

  1. ah mantap ini, penyakit seribu umat yg sok lupa makan teratur hehe

    ===========================================

    Memang penyakit seribu umat.
    Inpepsa di minum untuk pencegahan setiap hari boleh kok. Sementara kalo sakit maagnya sudah sembuh sebaiknya Lanzoprazolenya di stop.

    Kalo maagnya sudah parah dan terjadi selama bertahun-tahun, boleh ditingakatkan dengan Esomeprazole atau Pantoprazole.
    Terimakasih.

  2. kl pas hamil, obt maag yg aman apa om? Sy dksh Lexacrol, tp spertinya krg ampuh :(

    ==========================================

    Tentu saja. Yang salah bukan obatnya tetapi golongan obatnya dan cara kerjanya.
    Lexacrol utk menurunkan pH lambung dengan cepat (gol Antacid) semetara yang dibutuhkan Nyonya kusut mungkin golongan Proton Pump Inhibitor atau H2 Antagonis (H2 Bloker).

    Sakitnya disatu titik saja? atau disemua bagian perut?
    Kalo sakitnya hanya disatu titik pake golongan H2 Bloker (Ranitidin atau Famotidine). Diminum 2-3 X Sehari. Obat ini aman untuk ibu hamil kategor B dan C

    Kalo sakitnya disemua bagian perut berarti pake golongan PPi (Lanzoprazole) diminum 1-2 X sehari saat perut kosong. Obat ini aman untuk ibu hamil krn termasuk golongan B. Terimakasih

  3. Mba mau nanya,, apa benar klo obat maag CYTOTEC tuh bisa menggugurkan kandungan? walopun diminum sesuai aturan? trus bagaimana dengan obat maag Lanzoprazole 30mg? apakah sama dengan cytotec? thx..

    ===============================================

    Tentu saja berbeda cara kerja dan penggolongannya berbeda. Untuk lebih jelasnya saya tampilkan saja infor lengkapnya. Penggolongan obat Maag ada 5 bagian:

    Antacid : Aluminium hydroxide, Magnesium hydroxide, Magaldarte, Hydrotalcite, Amalgate
    H2 antagonists (“-tidine”) : Cimetidine, Famotidine, Ranitidine • Roxatidine
    Prostaglandins (E)/analogues (“-prost-”) : Misoprostol, Enprostil
    Proton-pump inhibitors (“-prazole”) : Esomeprazole, Lansoprazole, Omeprazole, Pantoprazole, Rabeprazole, Tenatoprazole
    Others : Alginic acid, Sucralfate, Rebamipide

    Cytotec mempunyai kandungan bahan aktif Misoprastol, yang merupakan golongan Prostaglandin E. Sementara Lanzoprazole golongan Proton pump inhibitor.

    Untuk orang awam, biar mudeng begini aja dech.
    Lanzoprazole bekerja menutup kran produksi asam sehingga perut tidak perih. Sementara Misoprasostol golongan Prostaglandin E bekerja untuk menyembuhkan luka lambung.

    Coba bayangkan jika lambung kita terluka dan berdarah apa yang terjadi? lukanya tidak bisa dibalut dan diperban dan lambung ga pernah istirahat bekerja. terus bagaimana dong. kalo lambung berdarah terus lambung kita bisa bolong kena asam lambung dan perih tiada tara.

    Nah, prostaglandin E ini adalah solusinya. dia bekerja melapisi dinding lambung yang luka. luka itu dilapisi oleh jaringan tipis, kemudian menebal menutupi luka dan berwarna putih. Luka akan terhindar dari asam. Tuhan itu hebat sekali dalam memciptakan tubuh kita.

    Setelah terlapisi, dari dalam luka akan disembuhkan. Bukan dengan cara lukanya dikeringkan tetapi dinding lambung yang terluka itu akan meluruh atau copot dari dinding lambung dan akan tumbuh jaringan baru untuk mengganti dinding lambung yang luka tadi. Wow hebat kan…. itulah kerja prostaglandin E

    Namun sayang, banyak orang yang salah menggunakan pengobatan Prostaglandin E untuk aborsi. Itu salah banget dan berdosa.
    Saya berharap obat ini tidak disalahgunakan.

    Jika kamu seorang wanita dan sedang hamil memang sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini sebagai pengobatan maag. Terimakasih.

  4. Mba mau nanya,, apa benar klo obat maag CYTOTEC tuh bisa menggugurkan kandungan? walopun diminum sesuai aturan? trus bagaimana dengan obat maag Lanzoprazole 30mg? apakah sama dengan cytotec? thx..

    =================================================

    Sudah saya jawab.
    Yup benar, obat ini memiliki efek samping aborsi tetapi sesungguhnya obat adalah obat yang sangat baik untuk pengobatan luka pada lambung.
    Tentu saja lanzoprazole tidak akan memiliki efek aborsi karena bekerjanya dengan cara menutup kran asam lambung. Terimakasih

  5. Maag sampai sesak nafas dan dada nyeri….obat apa yg cepat manyembuhkan?…saya sudah kedokter diberi neciblok dan lansoprazole yg dianjurkan dminum sesudah makan,sementara obat domperidone diminum sebelum makan?,,,benarkah begitu…?!….terimakasih…

  6. Siang bu Rina,
    Istri saya mempunyai sakit maag yg cukup berat..bisa seharian merasa mual dan perut tidak nyaman..

    Selama sebulan terakhir, istri saya konsumsi obat maag, nexium sehari 2 x, sebelum makan…tapi selama sebulan ini belum terlihat hasilnya..

    apakah bu Rina bisa memberi feedback atau input untuk kondisi seperti ini karena kondisinya sudah berlangsung paling sedikit 2 tahun terakhir…
    thanks bu

    =======================================

    Untuk Kasus maag berat sebaiknya diberikan golongan yang lebih tinggi dari Esomeprazole, yaitu Pantoprazole.

    Begini saja,
    Saya menyarankan agar makanan yang dimakan tidak boleh pedas, terlalu asam, berlemak. Ini wajib dijauhi agar perut terasa nyaman.
    Lakukan ya.

    Selanjutnya makanlah dalam porsi makan yang lebih sedikit tetapi sering. misalnya makan jam 6 pagi, jam 12 siang, sore jam 3, malam 7 tetapi porsinya kecil.

    Sebelum makan cobalah mengkonsumsi setiap pagi Pantoprazole (mereknya bisa Pantozol, Caprol, Panso, Penzol, beli di Apotek). 1 x sehari untuk melindungi lambung dari asam lambung yang kuat.

    Selain itu, coba deh sebelum mengkonsumsi makan pagi, siang, sore, malam selalu minum Inpepsa liquid atau Rebamipide tablet 30 menit sebelum makan untuk melindungi dinding mukosa lambung dari perih dan mual.

    Semoga cepat sembuh, selalu jaga menjaga pola makan sehat dan bebas stress ya. Terimakasih

    • oiiiii…..
      Panso sediaannya injeksi aja ga ada yang tablet, begitu juga Caprol

      ================================

      Baik Panso dan Caprol sama-sama mengandung bahan aktif Pantoprazole injection.
      Pantoprazole memang hanya ada dalam sediaan injeksi karena hasilnya lebih cepat menuju lambung (tidak melalui perjalanan sistem pencernaan). Selain itu penggunaannya cukup 1 x sehari saja.

      Jika sakitmu masih ringa, kamu dapat mengkonsumsi golongan yang sama PPi, dengan rute pemberial peroral (tablet salut). Seperti lansoprazole, tetapi dosisnya 1-2 x sehari. Saran saya konsultasikan ke dokter untuk hasil terapi penyembuhan yang tepat. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  7. Trimakasih atas pencerahannya,tp saya mau tanya lebih spesifik utk maag saya,knp kalau asam lambung naik di leher dan dada bisa terasa terbakar,dan dada agak nyeri,kemudian apakah maag juga bisa menyebabkan sakit atau pegal di punggung tengah samping kiri,kalau parah seperti tertusuk punggung saya,sebaiknya saya minum obat maag apa ya yg tepat,trimakasih ibu

    ==============================================

    Oke, saya jawab semua pertanyaannya ya :D

    knp kalau asam lambung naik di leher dan dada bisa terasa terbakar,dan dada agak nyeri?
    Jawabannya: Itu gejala penyakit GERD. Gastroesophageal reflux disease (GERD) is a condition in which the stomach contents (food or liquid) leak backwards from the stomach into the esophagus (the tube from the mouth to the stomach). Asam lambung naik keatas dan menimbulkan nyeri dan perih diuluh hati dan teras terbakar.

    kemudian apakah maag juga bisa menyebabkan sakit atau pegal di punggung tengah samping kiri,kalau parah seperti tertusuk punggung saya,sebaiknya saya minum obat maag apa ya yg tepat?
    Jawab: Jika rasa sakitnya hanya berada disatu titik saja, seperti dibagian dada, rusuk, sebaiknya mengkonsumsi obat golongan H2 antagonis. Saya merekomendasikan Ranitidin 2 X sehari diminum. Beli saja di Apotek, kalo tidak ada beli Famotidine 2 X sehari untuk sakit yang lebih parah.
    Semoga cepat sembuh ya. Terimakasih

  8. Dear Rina yang cantik,

    saya mau tanya kalo untuk obat pembasmi sekaligus mengobati tukak akibat bakteris H. Pylori yang ampuh apa ya?

    Terimakasih atas perhatiannya,

    Regards,

    ==========================================================

    Dear Wahyu,

    Terimakasih untuk pertanyaannya yang bagus. Jawabannya cukup panjang.
    Saya jadi punya ide untuk mengulasnya dalam bentuk postingan. Nanti saja jelaskan lebih rinci.

    Jawaban singkatnya dengan first therapy dengan triple treatment : Antibiotik Amoxicillin, Lanzoprazole dan Clarithromycin. Terimakasih

    • seharusnya amoxicylin, Dan metronidasol. Amoxicylin berfungsi untuk penyembuhan luka sedangkan metro sebagai anty fungi atau bakteri jadi yg membunuh h plory adalah metronidasol sedangkan amox anty infeksi atau membasmi luka pada mucosa lambung. Jika pasien sudah tdknmempan dgn amox maka diganti claritromycin

      =============================================

      Terimakasih infonya.
      Saya serahkan dokter untuk mendiagnosa dan meresepkan obatnya agar lebih tepat.
      Terimakasih

  9. Bu Rina yang baik, terima kasih, blog Anda sangat berguna sekali. Anak perempuan saya, atlet lari. Saat latihan, perutnya sering sakit diawali dengan rasa kembung, kemudian sakit sampai punggungnya terasa tertusuk. Tapi kalau tidak sedang latihan, tidak terasa gejala apa2. Apakah itu gejala sakit maag? Obat apa yang cocok?

    ====================================================================

    Ini bukan sakit maag biasa, perlu beberapa tahapa pengobatan.
    Saya akan jelaskan pertanyaan ini dalam postingan. Terimakasih

    • ibu rina mohon bantuannya,saya juga mau penjelasan dari postingan ibu yosep,karena saya memiliki gejala yang sama.

      punggung saya terasa sangat nyeri&sakit sekali di satu titik,tepatnya dipunggung sebelah kiri dan saya sering sendawa.obat maag biasa yang saya minum plantacid,belum bisa mengatasi sakitnya.dan sakit dipunggung ini bisa lebih dari seminggu. mohon bantuannya bu rina. terima kasih

  10. mba q pnendrta maag trmsuk parah’.kalo sedang kumat sampe ga bisa brdiri rsanya sakit skali mba.lambung slalu kmbung dan perih..solusinya apa ya mba????

    ===========================================

    Apakah sudah berobat ke dokter spesialis Ganstroenterologi? Sebaiknya kesana dan konsultasikan dengan dokter ahlinya.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  11. mbak ku di bali kayaknya maag parah banget, pernah di kasih gastridin, dogmatil dan aludonna d, dan sekarang pake dogmatil, nexium sama aludonna

    =================================================

    Selain pengobatan dari dokter, mbakmu juga harus merubah pola makan menjadi lebih sehat.
    Hindari makanan pedas, asam, berminyak (gorengan), bersantan dan hindari stress.
    Semoga cepat sembuh.

  12. mbak mau tnya neh. . . Aq pnya keluhan d lmbung yg slu trasa pnuh,gmbung,srg sndawa n buang angin. Udh periksa USG sm dokter pnyakt dlm, kta ny as lmbung ku naik n jg cairan empedu naik msuk k lmbung. Trz ad dksh nexium 2×1,Ethipride n lanagogum. Tp knp y stlh minum obt neh punggung trasa skt,sdkt pusing,kdg prt trasa pns. Ap emg efek obt ny bgtu atw ad yg slh pd mkn obt nya? Mhon bntuannya y mbk. Mksh.

  13. Ibu Rina, mau tanya nih, klo lagi menyusui, boleh nggak minum obat maag Neciblok 100ml & Lanzoprazole 30mg…Mksh.

    ================================================

    Neciblok mengandung bahan aktif Sucalfate. Boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

    Untuk Lansoprazole:
    Special Precautions : Hepatic impairment. Gastric malignancy should be ruled out. Pregnancy and lactation.
    So sebaiknya dihindari tetapi jika hal itu atas anjuran dokter masih diperbolehkan. Saran saya sih tanyakan lagi sama dokternya dan hal itu tergantung dari usia kandungannya juga. trimakasih

  14. aslmlkm. Sy mw tny, apkh inpepsa,prazotec,braxidin,aman d knsumsi dlm jngka wktu yg lma?artinya smpai maag nya smbh,jangka wkt yg aman smpai kpn?efk smpg na pa jika pemakaian lama

  15. bu sy mw tny lg ne,tlg d ksh pncrhn jg sma prtnyn sy sblm na, lansoprazole dan prostaglandin e aman gak d mnum brsma?mksh

    ============================================

    Untuk apa bertanya bukankan sudah berobat ke dokter?
    Saya mau Sofian berobat dulu ke dokter untuk diperiksa, jangan disembuhin dengan minum obat sendiri. Lagipula obat prostaglandin E namaya apa?
    Mohon penjelasannya. Terimakasih

    • mksh sblm nya,emg udh d prksa,sya d ksh 3 mcm obt dr dktr na, lansoprazole,inpepsa sama braxidin. Yg mw sya tnyakn smpai kpn sy hrus mnum obt ini?seandai nya udh hbs,apa blh sya bli lg d apotik untk d mnum lagi?soal nya sy lpa kmrn nny ma dktr tu

  16. Salam Bu Rina yth…

    Saya menderita sakit perut permanent hampir disemua bagian perut (apalagi klo habis makan yg keras tp walaupun makan bubur juga tidak menurangi rasa sakit) dan perut saya selalu kembung. (saya hampir tiap beberapa jam selalu kentut dan perut saya sangat sakit ketika kembung dan perut saya akan berasa enakan klo sudah kentut) sejak 10 thn ini.

    Saya sudah pernah berobat dgn Dokter Spesialis Internis dengan gelar GERH trus di Gastroscopy dan Endoscopy dengan hasil tidak ada virus Hph dan Lambung serta Usus Besar yg baik2 saja (sy tidak di CT-Scan) dan bhkn sampe dirawat yg menghabiskan dana sebesar 25 juta tanpa hasil apa2. Itu sudah 2 tahun yg lalu dan sampe skrg sy msh tersiksa dgn sakit tsb.

    Akibat sakit perut tsb sy klo BAB ngeden sangat kuat yg berakibat sy mempunyai Hemoroid dan sdh operasi 3 thn lalu krn sy pendarahan sampe cek darah cuman 5,5 (sy lupa satuan blkg 5,5 tsb tp kt dokter wkt itu hrsnya sy sdh koma bahkan bs meninggal dgn kondisi darah kyk gtu tp koq msh bs jln meskipun sempoyongan) tp skrg Hemoroid kambuh lg krn ngeden klo BAB akibat perut sakit tdk bs sy hilangkan dan mlhan nambah mslh bru lg yaitu Prolaps Rekti sy dah kluar sampe 4 cm bahkan ketika cek kmrn ke Dokter SpKBD dah divonis Prolaps Rekti Complit.

    spengetahuan sy berdasarkan google artinya Rektum sdh kluar smua dan hrs operasi tp sy berdebat dgn dokter krn sampe skrg sy sdh cek 3 dokter bedah dan tidak ada satupun yg empati dgn sakit perut saya dan kebnykn mengatakan Prolaps Rekti sy bkn krn sakit perut yg akhirnya sy bantah dan malah berdebat dgn dokter (maaf mbak sy berani bantah dokter krn sy yg alami sakit ini dan sy yakin bhw Hemoroid dan Prolaps Rekti sy akibat sakit perut yg menyebabkan sy ngeden krn ketika sy jongkok sakit perut tsb sangat dahsyat terasa bhkn sy ngeden itu jg bkn krn sy tp krn kontraksi otot2 perut sy yg sangat sakit).

    Maaf sy sdh tdk mau ke dokter bkn krn stress tp sy kecewa dgn dokter koq kenapa diagnosis hrs dr mereka bukankah kami pasien yg mengalami sakitnya. Bahkan ketika periksa ke Dokter SpKBD di RS paling terkenal di Jkt ketika sy bilang perut sy sakit dan jd penyebab Prolaps Rekti dokter malah tdk percaya smpe2 istri sy marah dan berdebat dgn dokter tsb.

    Akhirnya ganti dokter di RS lain jg sama sampe sdh 3 dokter akhirnya sy menyerah. Jd dalam bulan ini saja sy sdh periksa di 7 dokter di 3 RS bahkan 2 diantaranya berembel Internasional dgn biaya sampe 2 jt (byr konsultasinya saja mbak, krn banyakan dokternya “By Appointment”) hasil nihil.

    Sy bkn curhat ke mbak Rina tp biar jelas nanti dikira sy gak ada usaha.
    1. Menurut sy kembung sy itu krn produksi asam lambung sy berlebih yg berubah menjadi gas/udara. Klo sendawa dan asam yg sering naik ke tenggorokan sdh santapan sy sehari-hari jd ga sakit lg mbak. Tp koq Inpepsa dan Omeprazole gak mempan ya ???

    2. Usus Besar: Menurut sy hasil Endoscopy sy yg baik2 saja menurut Dokter SpKEMD salah, krn kenapa sakit perut bagian bawah saya agak ringan ketika sdh kentut atau sudah BAB dgn kata lain ketika Usus Besar (Colon) saya kosong koq sakit perut saya ringan tp klo saya kembung dan blom kentut atau blom BAB perut saya sakit banget, jd ada yg salah atau mgnkn luka di usus besar saya. Dan ketika saya tanyakan sampe 3 dokter Spesialis ketika sy dirawat di RS yg sama tdk ada yg bisa menjawab, adakah obat untuk luka di Usus Besar/Colon ??? Dan adakah cara supaya angin di Usus Besar cpt kluar krn slama ini sy meminum air hangat untuk memancing kentut meskipun berhasil tp prosesnya lama banget mbak bisa sampe 1 atau 2 jam tersiksa sakitnya bru angin bisa kluar ???

    3. Lambung/Antrum: Menurut sy hasil Gastroscopy sy yg baik2 saja menurut Dokter SpGERH jg salah, krn kenapa klo kembung perut saya sakit banget bahkan klo saya coba makanan yg keras atau ketika saya makan dan perut saya masih begah maka makanan tsb bisa naik lagi ke tenggorokan bahkan kadang muntah tp tdk banyak dan saya sendawa terus menerus. Sampe berapa lama konsumsi Inpepsa atau adakah obat lain agar nyeri di lambung juga hilang krn Polysilene jg gak membawa efek apa2 ??? Atau adakah obat yg bersifat ekstrim bisa langsung menghilangkan gas2 dilambung dan antrum krn klo lihat iklan2 obat maag koq senang banget mbak tp begitu diminum ternyata iklannya berasa kayak penipuan karena perut sy yg jelas2 kembung sampe gendut krn angin koq ga ilang2 ???

    4. Klo sakit ulu hati jg sdh permanent mbak jd asumsi sy maag akut jg.
    Klo diagnosis sy (meskipun bkn dokter) sy mengidap Asam Lambung Permanent akibatnya perut begah/kembung trus terisi angin dan angin ini penyebab lambung saya sakit trus dan ketika angin masuk ke usus halus sy mengalami sakit perut sebelah kanan bawah dan ketika masuk Usus Besar sy sakit perut kiri bawah.

    Bolehkah sy minta resep Sulfacrate yg diminum untuk jangka panjang mungkin selamanya krn klo minum Inpepsa perut sy agak mendingan tp tidak menghilangkan rasa sakit, juga resep obat penghilang rasa sakit (pain killer) krn koq Mylanta atau Promag cuma isapan jempol belaka atau mungkin Antasid dengan dosis tinggi.

    Atau bolehkah saya minta resep semua obat seperti tulisan mbak dibawah ini:
    1. Nyeri Lambung pake antasida = seperti mylanta, promag biasa ( isinya Al(OH)2, Mg(OH)2, Simetikon)
    2. Nyeri Esofagus (nyeri ulu hati disatu titik) bisa pake H2 Antagonis = seperti Ranitidine, Famotidine.
    3. Nyeri Usus halus (duodenum/intestine) pake Proton Pump Inhibitor = seperti Lanzoprazole, Omeprazole, Pantoprazole.

    karena waktu saya konsultasi ke Dokter Spesialis Internis Umum (bkn GERH dan KEMD) ktnya Inpepsa dan Mylanta sama aja padahal klo lihat tulisan mbak kan fungsinya beda. Karena sy mengalami sakit di semuanya mbak yaitu sakit di Uluhati, sakit di Lambung, sakit Usus Halus bahkan tiap bangun pagi sakitnya akan luar biasa lagi (yg sakit permanent dikanan bawah tp bkn usus buntu krn hasil Colonoscopy Usus Buntu baik2 saja bahkan kata Dokter SpGERH Usus Buntu sy masih bisa makan cabe sampe 30 thn, makanya saya diagnosis sendiri mungkin sakitnya di Usus Halus, krn klo ke dokter banyakan dokter tidak percaya dan katanya yg bisa periksa Usus Halus pake kamera juga cuman RS Siloam kmrn sy tanyakan biayanya sekitar 11 juta, ini berdasarkan rujukan dr 3 dokter di 3 RS berbeda 2 diantaranya Internasional), dan sakit di Usus Besar juga.

    Terim Kasih atas tulisan mbak yg sangat berarti bagi saya dan rencanaya mo saya Print untuk dibagikan ke teman2 kantor.

    =====================================================

    Dear Iqbal,

    Terimakasih untuk penjelasan yang sangat jelas dan detail dan sangat membantu saya untuk mengambil sebuah analisa pengobatan dari sakitmu. Saya sudah membacanya berulang-ulang dan ada beberapa hal yag ingin saya informasikan.

    Pertama saya sangat menyarankan agar mas Iqbal harus berhenti dari stress, jiwa yang menyerah, mudah marah dan harus mengontrol emosi. Sangat terlihat kalo mas Iqbal sangat emosional. Ketahuilah bahwa amarah dapat membuat orang sakit maag parah. Seperti sekarang ini. Stress akan meningkatkan produksi asam lambung melonjak dengan sangat tinggi. Hal ini harus dibenahi secepatnya, jika tidak dibenahi sara saya yang selanjutnya tidak bisa berhasil. Jangan marah-marah ya. Senyum :D

    Kedua, Saya membaca bahwa kasus ini cukup kompleks dan butuh kesabaran dalam pengobatan. Mari kita benahi dari pola makan dan pola hidup. Yang harus dilakukan muai besok adalah:
    1. Berhenti marah, tidur harus cukup 6 jam perhari, olahraga setiap pagi cukup 20 menit saja. Ini wajib dilakukan untuk seterusnya!
    2. Makanlah 5 kali sehari dengan porsi sangat kecil ( satu piring bayi saja sekali makan), makan buah dan serat yang cukup setiap hari.
    Makan dalam porsi kecil akan membuat tubuh mudah untuk mencerna dan hindari semua makanan yang merangsang produksi asam lambung berlebih seperti cabe/ pedas, asam-asam, bersantan. Ini juga wajib dilaksanakan selama 6-8 bulan kedepan. Makan pada pukul 6 pagi, 10 pagi, 12 siang, 3 sore, 6 sore, 8 malam. Semua boleh dimakan tapi porsinya kecil kecuali jam 10 n jam 3 cukup makan camilan kecil saja dan jangan makan nasi. Ini juga wajib dilaksanakan selama 6-8 bulan kedepan.

    Mohon reportnya dikirmkan kepada saya setiap bulan sekali dan tidak boleh dilanggar! Saya tahu mas Iqbal sudah sangat dewasa dan bisa melakukan hal itu. Minta dukungan istri bila perlu jawaban ini diprint untuk pengingat.

    Langkah ketiga, menghargai profesi tenaga kesehatan. Saya bukan dokter tetapi seorang Farmasis/ Apoteker. Kami juga ingin dihargai dan jangan membentak-bentak. Dengarkan dan kalo tidak setuju ya sudah cari alternatif yang lain seperti sekarang ini bertanya kepada saya. Saya sangat welcome dan saya juga pernah memarahi pasein, baca saya tulisan saya diblog tetapi pasien tersebut akhirnya sembuh juga setelah saya tegur :D

    Langkah keempat, jangan pernah menyerah untuk sembuh teruslah berobat untuk mendapat kesembuhan. Jangan mendiagnosa sendiri penyakit sendiri karena kita juga bukan orang yang ahli. Biarpun saya sakit (padahal sy farmasis) saya tetap berobat dan konsultasi ke dokter. Kalo saya seperti itu pastinya mas Iqbal juga bisa seperti itu. Bila sudah 7 dokter, carilah dokter ke 8, siapa tahu dari tangan beliaulah kamu sembuh. Itu bukan karena dokternya hebat tetapi itu karena pola hidup dan pola makan yang diubah dan diberikan obat yang tepat. Rumah sakit berlebel atau rumah sakit pemerintah, swasta bukan jaminan sembuh.

    Langkah kelima, mengenai pengobatan tetap konsutasikan dengan dokter ya. Saya hanya ingin menambahakn supplemen yang dapat membantumu lebih nyaman untuk menghilangkan kembuh dan sendawa berlebih. Memang beberapa orang ada yang banyak sekali gas-gas berlebih didalam tubuh namun ada yang sedikit mengeluarkan gas. Sepertinya mas iqbal termasuk yang aktif memproduksi gas didalam tubuh entah karena faktor makanan yang dimakan atau karena hal lainnya. Memang kalo berlebih tidak enak, tidak nyaman, sebah dan sakit. Untu itu saya merekomendasikan mengkonsumsi:

    1. Untuk kembung/ sendawa
    minum Enzyplex 2 x sehari pagi dan sore selama satu bulan kedepan. Kita lihat perkembangannya. Obat ini bisa dibeli diapotek dan bsangat baik untuk membantu kelancaran proses pencernaan. Didalamnya terdapat enzim – enzim pencernaan dan Simethicone untuk menghilangkan gas berlebih didalam proses pencernaan.

    2. Untuk usus besar dan dubur
    sebaiknya periksakan kembali kedokter ya. kalo untuk masalah menghilangkan gas berlebih (angin) sepertinya minum enzyplex cukup untuk menghilangkan gas berlebihan. mengurangi porsi makan sangat membantu mebuat pencernaan jadi lebih mudah mencerna dan mencegah reflux ( makanan naik keatas dan muntah). Kalo belum cukup juga enzyplex boleh saja minum tablet Neolanta 1 x sehari saja sesudah makan. mengandung Simethicone 125mg khusus untuk menghilangkan gas dilambung diminum selama sebulan penuh saja. Kita lihat sama-sama hasilnya.

    3. Untuk masalah lambung.
    Saya juga ingin menjelaskan bahwa Mylanta, Promag, Polysilane itu obat antacid yang dapat menurunkan pH lambung yang sangat asam menjadi normal kembali. Jadi dalam hal ini bukan obat ini penipuan tetapi karena sakitmu bukan karena masalah pH lambung saja, lebih komples lagi jadi minum obat itu tidak mempan.

    Obat maag ada Antacid, proton pump Inhibitor, H2 antagonis, protaglandin E, mucosa protecta, antibiotik, bahkan terkadang ditambahkan penenang. So jadi banyak sekali ragam dan jenisnya dan itu semua tergantung dari jenis penyakitnya sendiri. konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatanmu.

    4. Pengobatan ulu hati
    Sepeti saya katakan diatas untuk pengobatan ulu hati dapat diobati dengan H2 atagonis tunggal atau dikombinasi dengan proton pump inhibitor. Konsultasikan kedokter jenis obat yang tepat.
    Khusus untuk Inpepsa ( mengandung bahan aktif Sucalfate) berfungsi untuk melindungi melindungi dinding lambung dan usus ( mocosa protecta) jadi memang fungsinya berbeda dengan antacid. Sucralfate hanya membantu saja dan bukan untuk mengobati lambung atau ulu hati yang sakit. Boleh saja dikonsumsi Sucalfate 1 x sehari tetapi bukan untuk selamanya. Itu salah, semua obat ada aturan pakai. Berikut saya informasikan aturan pakai Sucrafate:

    Oral Chronic gastritis
    Adult: 1 g 4 times daily or 2 g bid for 4-8 wk, may extend up to 12 wk if necessary. Maintenance dose of 1 g bid may be given to prevent the recurrence of duodenal ulcers. Max: 8 g daily.

    Oral Peptic ulcer
    Adult: 1 g 4 times daily or 2 g bid for 4-8 wk, may extend up to 12 wk if necessary. Maintenance dose of 1 g bid may be given to prevent the recurrence of duodenal ulcers. Max: 8 g daily.

    Oral Prophylaxis of gastrointestinal haemorrhage from stress ulceration
    Adult: 1 g 6 times daily. Not to exceed 8 g daily.

    Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga cepat sembuh dan jangan menyerah untuk sembuh. Semangat!

    Salam
    Rina Susanti, Apt

    • Dear mas iqbal dan bu rina, saya juga mengalami hal yang sama dengan mas iqbal….saya sudah habis biaya utk endoskopi dan clonoskopi diluar negri, hanya ditemukan polis dalam lambunh dan sudah dibuang, diberi nexium,ganaton dan satu obat lagi saya lupa, tapi tidak sembuh juga, padahal polipnya satu dan udh dibuang, masalah perut kembung gak selesai, saya mengalami stress yang sama dengan mas iqbal sehingga sudah tdk mau ke dokter lagi, krn semua dokter buka resep itu2 saja tdk menyembuhkan, sptnya hanya penyembuhan sementara dan timbul lagi setelah obat habis…kemarin saya ke johor bahru periksa kepada seorang profesor ahli nadi, menurut beliau saya terkena batu empedu, lemak hati dan batu2 kecil di ginjal, setelah konsumsi obat herbal beliau memang maag saya udh gak kumat, kalo dulu sering keringat dingin dan lapar semau perut saja, kalo sekarang agak mending tp gam menyembuhkan, beliau USG juga kasih lihat batu empedunya, masalahnya sekarang setiap malam saya seperti mau sendawa dan gak enak diperut seperti mau naik keatas asam nya, setiap pagi pasti punggung sakit krn gas kebanyakan diperut, sehari saya bs ke toilet 3-4 kali hanya utk buang gas sekalian buang hajat….biasanya saya kalo malam gejala GERD, saya minum metoclopramide, kl saya terlambat makan saya minum omeprazole/lansoprazole dibarengi polysilane, akan tetapi kl sudah bergejala mau demam saya akan minum pantoprazole malam satu butir sebelum tidur, krn saya tau omeprazole/lansoprazole udh tdk mempan….saya juga udh habis banyak biaya opname dll gara2 maag, saya gak tau kenapa dgn maag saya, apa penyebabnya adalah penyakit batu empedu menyebabkan gangguan asam lambung? Saya tidak ada H.pylori karena sudah di cek dokter secara endos dan klonos, saya pernah konsumsi fucosid, tapi gak mempan juga, inpepsa saya kira tdk cocok karena dinding usus dan lambung saya sama sekali tdk ada luka, bahkan dokter luar meng klaim saya sehat, tdk perli cek ulang endos dan clonos dalam 2 tahun mendatang…menurut bu rina apa sakit saya? Kalo boleh arahkan saya mencari dokter bagian apa yg bs mencari tau penyakit saya? Trima kasih…

      • saya siap bantu….ridho llillah hita.ala karena allah…pa haji yang ngobatin.daerah purwakarta jawabarat.

  17. Salam Bu Rina Yth…

    Trima Kasih untuk jawabannya…
    Saya salut koq mbak Rina bisa tahu klo saya juga lg emosional dan iya mbak sy jg tdrnya kurang bngt krn sdh biasa tdr diatas jam 12 mlm krn stress ;)
    Iya nih mbak saya sdh cuti kmrn selama 7 mggu dari pekerjaan kntr dan mulai kmrn sudah masuk kerja lg. Sementara saya cuman mengkonsumsi nasi bubur + perkedel jagung + sayur sop bening tiap 3 hr sekali…klo cemilan cuman biskuit Roma saja mbak.
    Klo profesi Dokter sy hormat banget koq mbak, bahkan dalam email resmi sy ke RS yg berisi komplain mengenai pelayanan Dokternya sy terlebih dahulu memuji profesi Dokter dan menganggap beliau bagai Orang Tua saya yg sdh merawat sy dan ditanggapin baik oleh Manajemen RS tsb dgn memberikan sy sesi Meeting gratis dgn 3 Dokter Spesialisnya… ;)

    Klo boleh sy tulis ulang berarti resep sy:

    - Enzyplex 2 x sehari pagi dan sore selama satu bulan. Sebelum atau sesudah makan mbak ? apakah di label obatnya ada aturan pakainya ?
    - Neolanta 1 x sehari sesudah makan. Sebaiknya sesudah makan apa mbak, pagi siang atau malam ?

    - Inpepsa masih blh lanjut nggak ? sy sdh konsumsi selama 2 mggu dan memang mengurangi sakit. Sy pernah dituliskan dokter Internis obat yg katanya hrs dikonsumsi slm 3 bln bahkan setahun yg fungsinya untuk menutup luka dan melapisi lambung, asumsi sy itu Sucralfate. Tp koq inpepsa sy bc aturan pakai cuma 2 mggu ya, apakah ada obat lain lagi ??? (Maaf mbak resepnya hilang dr berkas sy, pdhl wkt itu mo sy laporkan ke kntr sbg referensi rawat jln)
    - 3 hr lalu Omeprazole sy hbs dan sempat sehari tidak mengkonsumsinya krn males ke apotik besoknya perut sy yg semula sdh enakan nyerinya kambuh lg. Bagaimana dgn Omeprazolenya, apakah hrs dihentikan jg krn sy sdh mengkonsumsi selama 2 mggu berbarengan dgn Inpepsa.

    Catatan:
    Memang sy akui wkt pemakain obat Inpepsa dan Omeprazole mggu pertama tdk terasa hasilnya ternyata bru berasa stlh 2 mggu (sy minum sejak 2 mggu lalu setelah sy membaca Blog Mbak Rina, sekali lg sy bertrima kasih atas tulisannya). Tp skrg sdh memasuki mggu ketiga bagaimana ? Trus klo sy ke Dokter lg berarti terapi dr Mbak Rina gak kepake donk atau supplemennya bs dikonsumsi berbarengan resep dokter kah ? Krn klo mang gtu sabtu bsk sy ke Dokter lg, ada nggak point2 penting lainnya dr Mbak sebelum sy ktemu Dokter lg ?

    Trims ya mbak…mudah2an ilmunya makin bertambah…

    ====================================================

    Menurut saya makanan mas Iqbal harus bervariasi agar tidak kurang gozi :D. Kalo terlalu kers bisa di giling terlebih dahulu. Kenapa makan seperti orang sakit. Makanlah yang wajar namun dalam porsi kecil dan lebih lama mengunyah.

    Obat yang saya berikan tidak berpengaruh terhadap pengobatannmu karena Enzyplex dan neolanta bekerja untuk memperlancar proses pencernaan dan menghilangkan gas berlebihan. Kedua obat tersebut diminum 30 menit sebelum makan.

    Sucralfate dan Omeprazolenya silakan dikonsumsi lagi selam 2 minggu kedepan. Omeprazole tdak boleh digerus. Sucralfate boleh dikonsumsi tetapi tidak selamanya. kalo untuk pencegahan saja boleh diminum 2-3 x seminggu 30 menit sebelum makan ( senin n kamis atau selasa jumat).

    Saya masih sangat sibuk minggu ini karena ada CPHI south east asia. Hubungi saya by email saja untuk konsultasi lanjutan. Terimakasih

    • Sekedar ingin menambahkan, siapa tau bs membantuu. Sy pernah baca satu artikel, gejala bersendawa dan sering buang angin itu masalah enzim. Enzim itu ada beberapa macam. Utk lbh jelasnya mgkn cb di googling : “gejala kekurangan enzim” atau googling aja ttg penyakit kekurangan enzim. Tq

  18. salam Bu Rina,
    Saya remaja umur 14 tahun, beberapa hari kemarin maag saya kambuh, saya juga tidak tau apa sebabnya, saya merasa makan dengan porsi banyak tapi tanpa nasi, saya hanya makan roti2an saja.
    Saya kira hanya mual2 biasa, jadi saya diamkan.
    Setelah keesokan harinya malah melunjak, dibagian tengah perut saya terasa sakit,sampai keatasnya dan ke ulu hati, dilain waktu hampir semua titik perut yang sakit.
    Pas berobat, dokternya malah ngobrol sama asistennya, dia cuma bilang ‘maag’ dan ngasih resep.
    jadinya Saya gatau jelas tahappenyakitnya.
    Saya dikasih obat Inpepsa, tp sy rasa kurang ngefek. Malahan, makin hari sakitnya makin nyeri kepunggung belakang dan sesak nafas dan susah tidur:( jadinya jam tidur berkurang karna nyeri perut dan nafas sesak membuat sy susah sekali tidur.
    Oh iya, kalau makan jg uring2an karena mual sekali.
    Saya harus apa Dok?
    Kalau saya baca2 diartikel, melakukan endoskopi, apakah itu aman untuk seumuran saya? Agar bisa tau lebih jelas.
    Terimakasih dokter, ditunggu jawabannya…

    • Hai bu,
      saya remaja 15 thun, saya sering mengalami sakit mag dan wktu itu sya meminum obat promag.
      Dan saya sering pusing,sesak nafas, dan sakit di semua bgian perut saya. Stlah sya prgi k dokter, kta dokter asam lambung sya naik. Trus dikasih obat
      - Lansoprazole 2 x 1
      - Sucralfate 3 x 2
      trus bu, seletah obatnya abis asam lambung sya kambuh lagi. Dan sya balik lagi k dokter dan di kasih obat yg sama tpi Lansoprazole diturunin dosisnya 1 x 1. Yang sya mau tnya bu, apakah sya ketergantungan dengan obat itu atau bgmana bu ?
      Mohon pnjelasannya ya bu.
      Trima kasih :)

  19. Oh iya, dok, kan saya mengalami gatal2 yang menimbulkan luka dibagian lipitan paha, kata dokter itu tumbuh karena lemak, jadi saya disarankan untuk diet (mengurangi jam makan + porsi makan ) dan di satu sisi lagi saya maag akut,saya harus makan lebih dr biasanya.
    Ada obatyang menyeimbangkan 2 penyakit saya ini?

  20. Halo, Bu Rina.
    Saya mau tanya, saya penderita gejala G.E.R.D sudah sekitar 3 – 4 Bulan yang lalu, jika kadang kambuh terasa ulu hati sesak dan nyeri perut sblh kiri, bernapas agak susah, badan dingin + keringat, panik, kepala berkunang dan ada sesuatu yg mengganjal di leher. Saya sudah minum antacid [Magra FA dan Braxidin dari resep dokter] waktu serangan awal, sudah lumayan baik. Tetapi suatu saat kumat kembali mungkin karena makan yang tidak terkontrol [Berat badan saya sekitar 90 Kg]. Sudah saya resepkan kembali Antacid diatas plus P.P.I [Lanzoprazole], sudah agak mendingan, tetapi kadang kambuh jika telat makan dan obat sudah habis [pernah saya hentikan pemakaian obat menimbang takut efek panjang terutama pengaruh buruk pada ginjal dan hati]. Sekarang saya ke dokter lain dan digantikan Inpepsa [3x sehari, 1/2 jam sebelum makan] dan Omeprazole [1x sesudah makan, sebelum tidur malam], sudah mulai tampak perkembangan bagus. Namun kadang antara jeda saya minum obat tersebut diatas terasa kambuh pd siang hari (di tempat kerja), apalagi jika perut kosong, salah makan pantangan atau mungkin stres beban pekerjaan. Yang mau saya tanyakan apakah perlu Antacid kembali jika dalam jeda pengobatan tersebut ternyata kambuh karena meningkatnya asam lambung ini. Jika memang iya, antacid apa yang aman dan bagus untuk saya serta dosisnya.
    Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih atas responnya.

  21. hallo bu rina, pa kbr ?
    sayasudah sakit maag krg lbh 1 thun yg lwt, tp yg prh na sktr 5 bulan belakangan ini, sakitnya di perut sebelah kanan atas, kadang2 sebelah kiri, kadang2 semua perut saya sakit. sakitnya sampai ke belakang punggung. tp setelah berbt k dktr sekitar 1 bulan yg lwt udh ada angsurannya. yg mw saya tanyakan adalah :
    1. apakah penyakit saya memang maag ? karena saya sudah usg tp hasilnya baik2 semua na
    2. apakah ada perbedaan obat paten sama generik, soalnya 2 mnggu pertma sya minum obat paten, karena mahall saya beralih k generik saja, mna yg bgus
    3. apa perbedaan sakit maag dengan tifus ?

    sebelumya obat yang d kash dokter brupa, lansoprazole, inpepsa, ranitidin, renages

    ==========================================================================

    Saya jawab dengan postingan ya. Terimakasih

    • oya ktgglan, saya kalau duduk lama2 jga tidak bisa, rasa na skt prt ini kalau duduk lama2.
      makasih sebelumnya. mohon penjelsannya

      =======================================================

      Semua yang berlebihan memang tidak baik. Jangan duduk atau berdiri terlalu lama. Terimakasih

  22. terima kasih buk rina atas postingan jawabannya
    apakah mengkonsumsi lansoprazole dan ranitidin dalam jangka watu yang lama aman ? kan untuk pngobatannya bisa smpai berbulan-bulan. trus kalau duduk lama2 trsa skt apakah ada hubungannya dengan ginjal ? terima kasih

    ===========================================================================

    Tentu saja pengobatan disesuaikan dengan tingkat sakitnya.
    Memang bisa sampai berbulan-bulan 8-12 minggu tetapi sekali lagi hal itu atas rekomendasi dari dokter.

    Duduk tidak berhubungan langsung dengan ginjal, begitu banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kerusakan fungsi ginjal tetapi hal itu tidak terjadi tiba-tiba karena duduk. Itu informasi yang salah. Harus dengan pemeriksaan dari laboratorium untuk kadar Ureum, kreatinin, untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan fungsi ginjal. Terimakasih

  23. hai dok,..
    saya mau bertanya. ada gak ya pengaruh maag dan GERD ke aroma nafas?? soalnya aroma nafas saya beraroma tajam sekali dan mengganggu penciuman (kata orang2 terdekat). dan memang kata dokter internis yang memeriksa saya, saya itu mengalami GERD dan inpepsa yang mengakibatkan asam lambung sering naik ke mulut (begitu kira kira penjelasan dr internist nya).
    apa benar ya dok, aroma nafas yang kurang enak itu disebabkan oleh GERD itu????
    makasih dok

    ==============================================

    Memang benar, refluks atau disebut juga cairan lambung yang naik keatas menyebabkan cairan asam dan gas-gas dipencernaan juga naik sehingga gas itu juga ikut keluar dari dalam tubuh sehiggamenimbulkan aroma nafas yang kurang sedap. Mulailah makan dalam porsi kecil dan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna. terimakasih

  24. kmren udh saya cek lagi ke dokter yang lain, yg gelar na SP.PD, KGEH, FINISIM
    stlh d USG na, kata na hati nya berlemak, trus d empedu na ada pasir sedikit.
    apa obatnya ya buk ???? yg bisa membuang lemak di hati ma pasir di empedu nya, kalau terlambat kan bisa menjadi batu.
    terima kasih

    ===============================================

    Memangnya obat yang diberikan oleh dokter apa ya? mohon infonya.
    Mohon obat yang dari dokter dikonsumsi sesuai aturan pakai dan lihat bagaimana perkembangannya.
    Terimakasih

  25. Siang bu Rina,
    Saya mempunyai kakak yang dulunya sakit maag terus di diagnosa gejala liver yg mengalami muntah darah, BAB ada darahnya, dada terasa sesak, perut terasa kram sampai tidak bisa bangun, punggung terasa ditusuk-tusuk dan badan terasa cepat capek. Kakak saya sudah berobat ke dokter dikasih obat yang sudah dibikin puyer, tiap 3 hari kontrol. Ketika kakak saya telat minum obat penyakitnya langsung kambuh perut langsung kram sampai bisa muntah darah (dulu ada riwayat suka minum alkohol). Yang mau saya tanyakan gimana solusinya biar penyakitnya bisa sembuh dan obat apa yang harus diminum.
    Bu Rina saya tunggu jawabannya.
    Terima kasih

  26. Kalau saya mau mengganti lanzoprazole sama cytotec dokter mau beri resep tidak ya mas….karena saya lambungnya sakit selalu terlebih ini puasa promaag saya coba tetap saja mohon penjelasannya ke emai saya juga

  27. Mbak sy lagi menyusui, ketika puasa ini GERD saya kumat lagi (pertama kali kena gerd tahun 2009)..biasanya kalo GERD kumat saya minum lanzoprazol atau nexium, sudah berobat ke dokter jga diresepkannya lanzoprazole tapi semua referensi yg sy dapat mengatakan kalo lanzoprazol sebaiknya dihindari..jd gimana ya mbak baiknya tetep diminum apa ga ya?

    ==================================================================

    Referensi dari mana ya? kok saya tidak tahu. Sebaiknya ambil sumber referensi yang resemi seperti dari FDA atau badan yang mengerti.

    Menurut Pregnancy Category (US FDA): Lansoprazole cukup aman digunakan karena masuka dalam kategori B. Berikut penjelasannya.
    Category B: Either animal-reproduction studies have not demonstrated a foetal risk but there are no controlled studies in pregnant women or animal-reproduction studies have shown an adverse effect (other than a decrease in fertility) that was not confirmed in controlled studies in women in the 1st trimester (and there is no evidence of a risk in later trimesters).

  28. Salam Bu Rina
    Apa Kabar?
    Mau nanya Bu, Berapa lama maksimal kita mengkonumsi Inpepsa ( Sucralfate ),dan apakah sucralfate dan Omeprazole boleh dikonsumsi berbarengan?
    Terima Kasih

  29. Selamat Siang Bu Rina

    Mbak saya mau tanya obat untuk sakit liver apa aja mbak ? Soalnya sudah berobat ke dr terus dikasih obat tapi tidak ada bungkusnya bahkan ada obat yang di bikin puyer segala padahal umurnya sudah 33 tahun. Setelah satu bulan berobat sudah mendingan sudah tidah pernah muntah darah tapi badannya masih terasa lemas tidak bertenaga. Bu Rina selain nama obat yang harus di minum, saya juga minta solusinya buat kakak saya pola hidup yang bagaimana yang harus di jalanin. Terus terang dulu sering minum alkohol sering telat makan, perokok berat bahkan sering begadang sampai pagi.
    Terima kasih Bu Rina
    Saya tunggu jawabannya jika tidak keberatan saya minta nomor telpon Bu Rina ke alamat email saya aja Bu.

  30. Mbak..saya sedang menyusui bayi umur 6 bulan..
    Akhir2 ini saya sering nyeri di bawah dada kiri bagian depan kadang tembus kebelakang, juga sesak nafas seperti hampa udara n kadang diikuti rasa nyeri ulu hati. Kemarin saya ke dokter n di beri sucralfate (3×1) dan domperidone (3×1) sebelum makan. Juga omeprazole 1x sehari malam hari. Untuk di minum selama 10 hari. Apa kah obat2 tersebut aman untuk ibu menyusui? Mohon info dan saran nya mbak..terima kasih :)

  31. Selamat mlm mba..sy mau bertnya dan ini sy infokan kronologis penyakit sy,kira2 setahun yl sy mengalami keringat dingin,kembung dperut dan buang gas terus,serta saat bernafas terasa berdetak ulu hati dan bergetar seluruh tubuh serta tdk seimbang seperti rasanya mau jatuh…sy bw tidur bangun tdr langsung enak…kira2 dua bln dari itu sy kena penyakit diabetes..selama kena diabetes penyakit awal tadi seperti asam lambung tdk kambuh lagi…setelah sy ke dokter,diberi obat diabetes dan alhamdulilah menjadi normal kadar gulanya,itu kira kira 3 bln lalu,tapi penyakit lambung perut kembung keringat dingin dan rasa mau jatuh seperti penyakit awal thn lalu muncul lg dan tambah parah,,,sy sdh ekg dan treadmild jantung normal,sdh medical cek up hasilnya normal/bagus(cm dsarankan konsultasi ke dr gigi) truss sdh MRI hasilnya bagus,terakhir endoscopy di siloam hospital balikpapan hasilnya normal2 aja,sy bingung sesungguhnya ini penyakit apa?dokterpun geleng2 kepala…sampai tulisan ini sy buat,perut msh kembung,saat bernafas sesak berdetak dan rasax mau jatuh,tdk bisa berdiri lama2…..mhn petunjuk mba…( jeriko_formak@yahoo.com)

  32. Hii Dok, saya Dosma penderita sakit maag kronis, sudah hampir 3 thn lebih, bahkan saya udah 2x diopname hanya sakit maag, sudah banyk jenis2 obat yang saya minum, seperti Inpepsa Sucralfate, Lanzoprazole, dan Omeprazole. Tetapi tidak sembuh2 juga, sembuhnya hanya bbrapa bulan saja, sesudah itu kambuh lagi.

    ============================================

    Kalo sudah sering kambuhan bahkan bolak-balik ke rumah sakit, artinya lambungmu memang harus ektra diperhatikan. Sedikit sajamakan makanan merangsang lambung bisa berakibat kambuh.

    Mulai sekarang berhenti makan makanan pedas, tidak boleh capek apalagi stress. Perbaiki pola makan, harus dijaga jangan sampai kambuh lagi.

  33. Halo mba

    Saya penderita maag ringan, beberapa waktu lalu saya pergi ke dokter dan di beri obat prazotec30mg dan mucosta 100 mg seblum makan dan pankreoflat setelah makan, yang mau saya tanyakan mengapa setelah makan obat tersebut badan saya merasa tidak enak, melayang, terasa berat di bagian dada.. Ada kah yang salah dalam obat tersebut, atau obat tersebut terlalu keras untuk saya, obat yang manakah yang memiliki indikasi tersebut,

    Terima kasih mba atas jawabnnya

  34. mba suami kna maag,sendawa trus mnerus, sdah trapi skitar 3 bulan, skrang knsumsi lanzo dan fucoidan.
    krna ada fatty liver, suami hrus olahraga rutin, nah boleh kah lanzo diminum sebelum olahraga? mksh mba

    • Salam..
      Saya Usia 42thn. Saya kena maag kurang lebih 8 tahn, 2 bulan trakhir terserang sampai skarng. Sudah dperiksa ke dokter umum 2x dan kedokter Sp.dlm 2x. obat dari Dr Sp.d yang pertama propepsa, lanzoprazole, B6. Yang ke 2x lanzoprazole, galflux dan yg satunya obat kunyah sebelum makan. Hasl USG KE (Dinding tak menebal, tak tampak batu. USG kandung empedu tak menunjukan kelainan). kondisi skarang, masih terasa perut sakit, kembung, kalo abis makn sedikit pun langsung terasa penuh dan sprti banyak ada gasnya, sering sendawa terus menerus dan menguak terus menerus pada saat mengeluarkn gas. Badan sangat lemes, pada saat hbs jongkok kmudian berdiri sering pusing dan pingsan. parktis tidak bisa aktipitas

      Mohon saran, dan informsi obat yang tepat.
      terimakasih atas bantuannya.

  35. salam
    saya umur 37th, bb 56, tb 165,
    saya sudah 4 bln menderita maag, tiap bangun pagi perut tengah atas terasa sakit kaya dicengkeram, kalo baru makan tubuh jadi lemas dan mulut terasa asam,
    pernah ke dokter dikasih sanmag ama braxidin, stelah obat habis sakit lagi, saya udah bolak balik kedokter, dan kayaknya saya kecanduan obat trsbt,
    mohon pencerahan,
    trimakasih

  36. Salam..
    Saya Usia 42thn. Saya kena maag kurang lebih 8 tahn, 2 bulan trakhir terserang sampai skarng. Sudah dperiksa ke dokter umum 2x dan kedokter Sp.dlm 2x. obat dari Dr Sp.d yang pertama propepsa, lanzoprazole, B6. Yang ke 2x lanzoprazole, galflux dan yg satunya obat kunyah sebelum makan. Hasl USG KE (Dinding tak menebal, tak tampak batu. USG kandung empedu tak menunjukan kelainan). kondisi skarang, masih terasa perut sakit, kembung, kalo abis makn sedikit pun langsung terasa penuh dan sprti banyak ada gasnya, sering sendawa terus menerus dan menguak terus menerus pada saat mengeluarkn gas. Badan sangat lemes, pada saat hbs jongkok kmudian berdiri sering pusing dan pingsan. parktis tidak bisa aktipitas

    Mohon saran, dan informsi obat yang tepat.
    terimakasih atas bantuannya.

  37. Salam Bu Rina,
    Istri saya kena maag, lumayan berat, sampe perutnya mengeras dan sakit sampe ke ulu hati. Sekarang sudah agak mendingan, dari dokter dikasih obat Inpepsa dan ciprofloxacin (karena alergi amoxilin), dan omeprazole. Sekarang beraknya agak keras dan sedikit sulit, adakah obat untuk melancarkannya? Trus perlukah istri saya dikasih obat dari golongan Prostaglandins (E)? Apa yang cocok?
    Terima kasih bu

  38. dokter yth,, singkat aja dok pertanyaanya, penyakit lambung, asam lambung suka naik ke dada, sewaktu konsul sama dokter,,dok, boleh minum susu gak,,,? kata dokter bilang boleh, malahan bagus.. ada yang bilang gak boleh juga dok kadar asam bisa naik..jadi mana yang bener dok, minta penjelasan nya, mksh dok sebelumnya.

    ===========================================

    Menurut saya kalo minum susu boleh saja, susu memang sangat menyehatkan tubuh.
    Agar terhindar dari sifat asamnya, sebaiknya susu diminum setelah makan. jangan diminum saat perut kosong. Terimakasih

  39. Yang Terhormat.
    Saya pria umur 54th. Sudah lama perut saya ini mengalami masalah, dan yang paling menyebalkan ketika perut merasa penuh/sebah kalau orang jawa bilang. Ketika ke dokter selalu saja merek obat yang diberikan tidak sama, ujung-ujungnya ketika obat telah habis dikonsumsi maka permasalahan perut ya kembali lagi, sebah setelah habis makan.
    Tolong saya dokter,beri saya advis, bagaimana seharusnya saya merawat perut saya ini, dan kalau harus memakai obat, maka obat apa/merk apa yang seharusnya saya konsumsi, atau kalau harus mengkonsumsinya dalam jangka panjang tolong beri saya obat yang bisa dikonsumsi.
    Terimakasih banyak, semoga Tuhan YME senantiasa memberikan yang terbaik bagi saudara yang telah mendermakan ilmunya kepada kami-kami yang sangat memerlukan,amien.

  40. dokter saya mau tanya tentang gejala maag yang saya alami,saya pria 22thn
    pertama kalinya saya berobat dokter bilang asam lambung saya tinggi.gejala yang saya alami tenggorokan saya sering terasa kencang/spt ada yang ganjal,sering sendawa,perut suka kembung terutama perut atas,suka nyeri diulu hati kanan/kiri,kadang dada saya terasa sesak,tapi tidak sampai membuat saya kesulitan bernapas.saya bisa bernapas dan menelan makanan dengan baik.
    saya pernah endoskopi dan hasilnya Gastritis ringan & pyloryc gapping (jujur saya ga bgitu ngrti istilah itu) dan saran obatnya PPI
    lau saya diberi obat Omeprazole & Musin sucralfate,,saya minum hanya krg lbh 1minggu,terasa lebih baik sdikit saya tidak minum lagi selama 1bln,karna saya rasa perut saya bergejolak lagi,saya baru2 ini konsumsi lagi dan sdh jalan 3hari.
    1.pertanyaan saya apa obat tersebut sesuai dgn gejala yang saya alami?
    2.berapa lama kira2 saya harus konsumsi obat tersebut?
    3.diresep dokter sucralfatenya hanya ditulis 2btl saja sdgkn 1btl hbs hanya 3hari,apa saya perlu membeli lagi tanpa resep dokter?
    4.apakah semua obat itu aman bila harus saya konsumsi jangka panjang?

    semoga dokter bersedia meluangkan waktu menerangkan ttg kluhan saya ini.terima kasih dan GBU…

  41. Dr Rina yang baik hati;
    Saya mau tanya dokter, apakah batuk2 leher terasa gatal bisa penyebabnya dari sakit lambung. Saya sering batuk2 karena leher gatal, saya awalnya pikir krn sy alergi, tapi ada teman yang mengatakan itu bs juga penyebabnya karena maag lagi ada masalah, apakah itu bisa terjadi dokter Rina, trim’s.

  42. Bu,saya mau nanya suami saya kna asam lambung bolong,lambungnya udah mendingan ko masih lemez2,
    kadang ngedrop lemesnya,truz jantung berdebar2..emang kalau asam lambung kaya gtu y ?

    ======================================================

  43. mba rina yg baik hati,saya mau menanyakan saya sakit maag sdh hampir 3 bln ,baru kira2 3 minggu yg lalu saya melakukan endoscopy yg hasil biopsinya gastropi erosiv akut atau gastritis antral ringan, yang mau saya tanyakan dokter kemaren ini memberikan saya resep obat spasmium,enzyplex dan lonseprazole tapi kenapa yg saya rasakan masih mual dan terkadang perut perih ya..apakah ada referensi obat yg lain yg bs membantu menyembuhkan luka dilambung saya dan asam lambung yg berlebih …trimakasih banyak mba rina

  44. Sya mendrita usus buntu tp blm pasti,sbb awal nya kta dokter cuma maaq,dan asam lambung.wktu d cek dktr smua gjala bukan usus buntu.hnya memang.jika d tekan aga kras.prut bwh sblah kanan sya sakit

  45. Maaf saya harus tanya lagi, meskipun pertanyaan saya yang terdahulu belum dijawab, hal ini karena saya merasa ada penyakit yang lain.
    Saya mencoba test darah dan hasilnya semua normal, kecuali:
    Lemak
    - Cholesterol: 191
    - Triglyserida: 87
    - HDL : 40
    - LDL : 124
    - Lipid Total :402

    Widal Slide
    - Salmonella Typhi O : (+) 1/320
    - Salmonella Typhi H : (+) 1/320
    - Salmonella Parathyphi A : (+) 1/80
    - Salmonella Parathyphi B : (+) 1/160
    Catatan lain :
    Umur saya 54 thn
    Tekanan darah : 110/70
    Mual dan keluar keringat dingin.
    Menurut dokter saya terjangkit Typhus, cuma saya koq tidak mengalami demam, terus saya diberi resep obat : Lacophen 500, Braxidin, Lapibal 500, dikonsumsi untuk 5 hari. Setelah itu saya merasa sehat, tetapi selang 5 hari lagi keadaan kembali seperti semula, mual-mual dan keringat dingin.

    Yang menjadi pertanyaan, apakah benar saya sedang terserang penyakit Typhus, tapi kenapa saya tidak mengalami demam sama sekali.
    Saya memang pernah terserang Typhus dua kali, yang pertama thn 1978, kedua thn 2008, cuma waktu itu mengalami demam.
    Saya sangat berharap mendapatkan jawaban dan solusinya, dan atas atensinya saya mengucapkan banyak terimakasih.
    Email saya: gieksoekarno@yahoo.com

    ==================================================

    Dear Giek,

    Selamat tahun baru 2013, semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Mohon maaf jka ada pertanyaanmu sebelumnya belum terjawab. Saya menerima banyak sekali email mau komentar yang masuk. Maaf ya.

    Saya jawab untuk gejala penyakit diatas ya. Saya jelaskan apa saja obat yang diberikan oleh dokter.
    Lacophen [ Lapi ] – thiamphenicol
    Indication: Resp tract, hepatobiliary, GIT & GUT infections. Typhoid & paratyphoid fever. Gonorrhea.
    MIMS Class: Chloramphenicols. Obat ini untuk mengobati peradangan/demam tipoid.

    Braxidin [ Sanbe ] – chlordiazepoxide + clidinium bromide
    Indication: Treatment of autonomic & somatic symptoms because of anxiety. Symptomatic treatment of peptic ulcer, hypersecretory & hypermotility of GIT, nervous dyspepsia, spastic & irritable colon.
    MIMS Class : Antispasmodic. Obat ini kombinasi untuk mengobati kecemasan, rasa mual dan iritasi colon.

    Lapibal [ Lapi ] – mecobalamin
    Indication: Peripheral neuropathies, tinnitus, vertigo, megaloblastic anaemia caused by vit B12 deficiency.
    MIMS Class: Nootropics & Neurotonics/Neurotrophics. Obat ini adalah multivitamin B12 untuk mempercepat kesembuhan dan lebih sehat.

    Kalo dari analisa obat yang diberikan memang belum tentu tipus, yang pasti ada gangguan saluran pencernaan, baik itu tipus, ataupun peradangan respiratori ( saluran pernafasan).

    Secara keselurahan obat yang diberikan sudah benar. Jika masih merasakan sakit dan nyeri kebaiknya berobat lagi ke dokter lagi untuk pemeriksaan lebih lengkap. Tidak selamanya tipus harus disertai demam tinggi. Keluhan seperti leams, mual, muantal, pusing dan sempoyongan bisa mengarah ke penyakit ini. kalo dari hasil laobatorium sih sepertinya memang ada bakteri salmonera. Infeksi ini harus diobati sampai tuntas agar Salmonelanya mati dan tubuh bisa sehat dan beraktivitas.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

    • Terima kasih dokter atas segala perhatian dan advisnya, advis yang telah dokter berikan sangatlah berguna bagi saya, semoga Tuhan YME memberikan kecukupan ilmu bagi dokter.

      ==========================================

      Terimakasih, semoga cepat sembuh.

      Salam
      Rina Susanti, Apt

  46. Dok…saya mau tanya….
    saya mengalami radang dah 2 bln sdh ke Dr spesialis THT katanya diakibatkan oleh asam lambung terus saya dikasih propepsa sucralfate sirup tp disaat diminum kok tenggorokan saya jd seperti ditusuk2 sedangkan sebelumnya ga terlalu sakit seperti ini mohon bantu penjelasannya. Terimakasih atas bantuannya.

    ===========================================

    Penggunaan Propepsa harus diminum sesuai aturan pakai yaitu saat perut kosong atau 30 menit sebelum makan.
    Jika mengalami nyeri dibagian atas, bisa saja mengkonsumsi proton Pump Inhibitor untuk mencegah refluk (naiknya asam lambung keatas).

    Selain itu makanlah makanan yang mudah dicerna. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  47. Dear Bu Rina yang saya hormati

    Saya menderita maag sejak 3 bulan kemarin.
    Terus terang ada faktor stress yang juga menjadi pencetusnya.
    Awalnya saya tidak menduga kalo maag dan kurang sabar minum obat jadinya kadang saya hentikan ditengah jalan.
    Hasil endoskopi dan kolonoskopy normal hanya asam lambung yang berlebihan.
    Awalnya saya diberi Lanzoprasol , spasmodium dan gol aproazolam setelah enak beberapa jarang saya minum jadi lambung masih sering perih . Saya sempat berhenti dan minum obat tradisional kunyit, dll tapi masih sering kembung dan perih.
    Saat ini saya sudah ganti dokter dan menurut dokter lambung saya bereaksi asam pada kondisi normal, jadi memang ada stress . Saya diberi obat esompresol,librax dan domperidone.
    Perut saya lebih enak setelah minum obat ini.. Selain itu saya juga mendapat obat dari psikiater yaitu dogmatil dan setraline karena saya sempat menderita cemas dengan sakit ini.
    Pertanyaannya apakah obat ini bisa diminum bersama terutama domperidone librax dan dogmatil dan sampai kapan.
    Untuk golongan prazol sebetulnya bolehkah dalam jangka panjang?
    Terima kasih dan saya tunggu informasi dari Ibu.
    Best Regards

  48. Bu, Lanzoprazole maksimal berapa lama ya pemakaiannya? Saya abis ke dokter, dikasih 30 butir, kemarin ada 4 hari sembuh jadi saya stop minumnya, terus 2 hari kemudian kambuh lagi, jadi sampai hari ini udah 10 hari saya minum bu.

    ========================================================

    Saran saya habiskan obatnya sampai benar-benar habis.
    Untuk pengobatan yang berkelanjutan umumnya tergantung dari seberapa parah sakit maagnya. Untuk pengobatan umum antara 1-3 bulan tergantung kondisi penderita.

    Jangan sesuka hati minum obat ya. Ikuti aturan pakai dari resep dokter dan kunjungi lagi dokternya jika sakit terus berlanjut untuk mengdapat pengobatan yang lebih tepat. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  49. Kalau minum obat sucralfate boleh tidak diminum setelah makan?
    Trims..

    ==========================

    Sucralfate diminum sebelum makan (30 menit- 1 jam sebelum makan) atau bisa juga sesudah makan.
    Terimakasih

  50. Halo ibu rina,
    saya mohon bantuannya, ibu saya dulu 2010 dia pernah masuk RS karena radang usus (saya lupa usus halus atau besar) yg awalnya maag biasa, kemudian diberikan beberapa obat, tapi saya lupa dan keseluruhanya ada dalam satu plastik, tapi saya tidak yakin obat apa saja yg diminum, dan sekarang beliau mengalami hal tersebut kembali (radang usus).
    dioagnosa yg dapat saya berikan saat ini:
    - sakit ulu hati (kadang2)
    - mual2
    - sakit kepala (pusing), panas dingin(meriang)
    - sulit buang air
    dan obat2 yang saya dapatkan pada kantong plastik
    -propepsa
    -policrol
    -omeprazole
    -tripanzym
    -clavamox
    -asam mefenamat
    -metronidazol
    -budenofalk
    -dulcolax
    -mixalgin
    -allopurinol
    -aspilet
    dari kesekian obat diatas beberapa sudah dihentikan, namun obat terakhir yang masih dilanjut kan sampai habis (seingat ibu) itu adalah Propepsa, obat ini telah saya berikan namun mual dan perih nya masih berlanjut.
    Pertanyaan saya, dari kesekian obat diatas obat mana yang perlu saya gunakan kembali, untuk mengobati penyakit ibu saya ini.

    Terima Kasih

    ====================================================

    Dear Mas Abdurrahman,

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Sepertinya ibumu menderita masalah gangguan saluran cerna. Apakah mas ini dokter? kok bisa mendiagnosa?
    Saya seorang farmasis dan tidak memiliki kewenangan untuk menegakkan diagnosa pasien.

    Saran saya periksa kembali tanggal kadaluarsa dari setiap obat yang terdapat dalam kantong plastik. Biasanya tanggal kadaluarsa obat sekitar 3-4 tahun. Khawatirnya obatnya sudah expired. Obatnya sangat beragam mulai dari obat maag, asam urat, konstipasi,dll.

    Saran saya sebaiknya berobat lagi saja kerena kita belum dapat mendiagnosa sendiri suatu penyakit. Jangan hanya kira-kira saja. Semoga cepat sembuh dan segera bertindak. Terimakasih

  51. dok,saya mau tanya.saya merasa sesak di ulu hati dan sering merasa pusing dikatakan dokter saya menderita maag kronis dan saya di anjurkan menkonsumsi plantacid,tapi tidak sembuh juga kemudian di anjurkan lagi menkonsumsi lansoprazole dan ulsidex tapi sudah hampir 1bulan tidak sembuh juga sedangkan saya sedang menyusui.sebaiknya obat apa yang harus saya gunakan dok ? trims infonya

  52. kalo misalnya salah aturan minum obat aspilet yang harus nya 1 kali tapi malah 2 kali gimana ?

    ======================================================

    Hentikan pemakaian dan ikutilah aturan pakai.
    Jangan mengkonsumsi obat tanpa sepengathuan dokter.

    Selalu menjaga kesehatan dan jangan sembarangan minum obat. Terimakasih

  53. Dok saya udah sakit slama 5 hari.
    Awal2nya hanya badan demam dan pegel saja. Tapi saya paksain keluar rumah slama 2 hari dan saya menjadi lemas banget. Kemudian saya jadi mencret warna hitam… ada saran dok saya harus minum apa?
    Saya cmn tidur 4 jam sehari pas sakit dan 2 hari tidak makan. Sisanya cmn sedikit saja. Bagusnya makan apa dan minum air apa?

  54. Bu dokter, saya mau tanya saat ini asam lambung saya serasa lebih dan dada saya sakit klo asam lambung itu udh naik ke atas, sebaiknya obat apa yang perlu saya minum ?

    ============================================

    Saya seorang Farmasis/ Apoteker.
    Saran saya sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis gastroenterologi. Nanti akan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai gejala penyakit maagnya. Terimakasih

  55. Selamat malam mbak rina,

    Saya wen2 umur 24, saya mengalami masalah lambung, yg saya sadari akhir tahun 2012 kemarin, saya cepat merasakan kembung / begah dan sulit bersendawa padahal rasanya angin suda ngumpul di dada. Puncaknya pada bulan februari 2013, saat saya sedang menikmati bakso pedas, saya merasakan kembung yg luar biasa,sampai saya sesak napas,dan perasaan saya tidak enak sekali, tiba2 jantung saya berdebar dengan hebat nya sampai triak2 (panik + takut)

    Saya dilarikan ke UGD, langsung cek EKG , cek darah jg.. Hasil normal bagus .. Saya hanya dberikan obat untuk lambung saja.. Dan diberi obat penenang diazepam , karena stelah mengalami kejadian itu saya cepat sekali merasa panik,hingga jantung saya debar2 kencang lg..yg membuat saya gelisah saat tidur. 2hari di RS saya pulang hari sabtu ..

    Hari senin saya dilarikan ke UGD kembali karna 1 badan saya kesemutan luar biasa dari ujung kepala hingga ujung kaki, habis melakukan terapi panas batu germanium yg ada di rumah saya (atas saran mama,katanya bagus untuk mengeluarkan angin!) Dan dokter mendiagnosa saya kekurangan kalsium berat! Saya disuntik kalsium ada 6x selama saya dirawat 3hari itu ..

    Sudah 2 dokter berbeda dan mendiagnosa saya penyakit yg berbeda, tp tetap yg utama saya ada masalah di lambung .. Akhirnya saya USG, kata dokter ke3, lambung saya banyak gas nya .. 1minggu minum obat sudah merasa enak,tapi obat habis kembali kumat. Tetap saja kadang perut saya terasa penuh, dan sendawa sulit, BAB yg td nya tiap hari lancar sekarang 2-3hari sekali .. Timbangan saya td nya 45 jd 43 ..

    Sampai ke dokter ke 4, saya diberikan obat
    1. Amoxycillin ,kemosilin
    2. Nefora
    3. Berlosid
    4. Hanya butiran bulat gepeng putih ada tulisan 1 sisi INF dan sisi 1 nya DIAZ/2 (yg katanya diazepam)

    Fyi : saya memang suka makan pedas , asam , dan soda , tp tidak pernah merasakan sakit perut melilit seperti gejala maag pada umumnya ..

    Yg masih saya rasakan sekarang, perut sering mengeluarkan suara2, padahal saya baru 2jam makan.. Saat makan sering terasa begah, dan rasanya ada angin mau keluar terus, kadang sampai mual jg.

    Pertanyaan:
    1. Saya terkena penyakit maag / apa?
    2. Obat apa yg cocok untuk mengatasi angin yg berlebihan?
    3. Kesemutan 1 badan yg saya alami kata orang bisa dari stress / pikiran, apa benar?
    4. Apa perlu saya melakukan endoskopi??

    Mohon pencerahan nya mbak rina ..
    Email saya wenwenkuw@yahoo.co.id

    Trimakasih mbak rina,

    ==================================================

    Saya jawab dalam postingan ya. Terimakasih

  56. mbak rina saya mengalami masalah lambung.. sebelum adanya masalah lambung saya sempat ke dokter gigi karena ada masalah dengan gigi saya dokter memberi saya antibiotik Metronidazole 500 mg dan nonflamin tablet. sesudah habis semua obat saya minum tiba2 saya megalami diare dan asam lambung saya tinggi mulut sampai terasa panas ( ini sudah terjadi dua minggu yang lalu dan belum berangsur sembuh) yg saya tanyakan:
    1. apakah ini efek dari antibiotik yg saya minum? (soalnya penahan rasa nyeri tidak saya habiskan)
    2. saya meminum obat sesuai resep yg ditulis mbak rina (lanzoprazole dan sucralfat) apakah sudah benar? apakah diare yg diakibatkan karena asam lambung yg tinggi bisa teratasi dengan mengkonsumsi dua oabat diatas..
    Mohon jawabannya ya mbak rina supaya… Terima kasih

    =================================================

    Untuk mengatasi masalah gigi memang bebrap dokter dapat saja meresepkan Antibiotik. Setahu saya Metronidazole untuk mengatasi infeksi akibat anaerob bakteri. sementara untuk anti inflamasinya dapat saja dberikan pereda nyeri. Saran saya kedua obat tersebut dihabiskan.

    Diare mungkin saja terjadi karena Adverse drug reaction tubuh dengan Metronidazole karena metalic taste sehingga terjadi diare. Sebaiknya Metronidazolenya dihentikan penggunaannya.

    Untuk maslah asam lambung, sebaiknya Endro konsultasikan ke dokter ya untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat. Sakit maag itubanyak tipenya dan tidak harus selalu diobati dengan proton pump inhibitor ( Lanzoprazole) dan mucosa protecta.
    Jangan berusaha diobati sendiri, sebaiknya berobat ke dokter. Terimakasih

  57. Asslkum …. Salam sejahterah ,
    Slamt siang Mbak Rina. saya mau nanya , kalo perut perih terus tenggorokan gatal dan batuk kering , dada kadang terasa panas .. ini sudah lama saya alami mbak, kira2 15 th .. sy binggung penyakit ini hilang timbul.
    sudah pernah sy berobat, trus di vonis asma. tapi karna gk yakin, sya pun berhenti berobat. karna gejala penyakit sy yg diatas. perut perih – tenggorokan gatal – batuk kering ( susah keluarin dahak ) klo terjadi pada saat sy habis makan, maka batuk gak bsa sy tahan karna tenggorokan nya gatal terus. akhirnya MUNTAH.
    tapi muntah sy banyak mengeluarkan lendir.

    apa penyakit saya ini MBAK RINA, dan apa obat yg harus sy beli hingga bisa sembuh total ??

    Mohon Jawabanya Mbak ,

    Sblm & Ssdahnya Terimakasih Mbak.

    ========================================================

    Dear Tan,

    Karena gejala penyakit ini terus berulang selama 15 tahun patah tumbauh hilang berganti, saran saya sebaiknya kamu mulai merubah pola hidupmu terlebih dahulu.

    Penyakit Infeksi saluran pernafasan Atas dapat terjadi karena buruknya kualitas hidup seperti udara yang tidak bersih, daya tahan tubuh yang kuras, kurang beritirahat, pola hidup tidak teratur. Apakah kamu mengalami salah satunya?

    Coba perhatikan apa yang menjadi pemicu munculnya batuk kering ini? udarakah? makanan? ketika mengkonsumsi sesuatu saat kecapekan? lainnya?

  58. selamat siang bu rina…
    saya punya riwayat grastitis dan fety liver,alhamdulillah untuk fetty liver saya dah baikan tp untuk lambung saya sampai sekarang masih ada masalah…kalo lambung saya kambuh sakitnya terasa sampai kepala dan betis kaki saya tapi(semacam ada urat2 yang ketarik)…saya dah alami ini kurang lebih dah 1 tahunan…trimakasih

  59. saya ngerasa ada maag.tp apakah maag itu bisa menyebabkan seperti ada yg ganjal di dada kiri?
    tp tidak sakit ato sesak napas.cuma risih aja

    ===============================

    Saran saya jangan hanya dirasain aja.
    Sebaiknya segera berobat dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui ini sakit maag atau gejala lainnya.
    Sakit maag memang dapat memiliki gejala sperti nyeri di dada. Untuk itu ke dokterlah jangan ditunda. Terimakasih

  60. Mba Rina yang baik.
    Udah 10 hari ini ulu hati saya sering sakit.Kadang2 terasa kembung.Saya sudah coba minum Musin sama Lansoprazole tapi ga mempan. Kembung sama sakit di ulu hati masih terasa.

    Dulu saya udah pernah USG, hasilnya semua baik baik saja. Udah pernah medical check up juga. Hasilnya ga ada yang mengkhawatirkan.
    Tapi sekarang ulu hati saya sakit sekali. Saya ga makan cabe sama santan. Mungkin mba rina punya resep untuk mengobati penyakit saya ini.
    Terima kasih sebelumnya dan sukses selalu untuk mbak Rina

    ====================================================

    Saran saya sebaiknya kalo sudah lebih dari 3 hari pengbatan tidak membuahkan hasil sebaiknya periksakan ke dokter. Jangan diobati sendiri.
    Tentu saja makanan pedas, asam, santan harus dihindari. Hal yang lebih penting bukan tidak mengkonsumsi makanan tersebut saat sakit tetapi mengurangi konsumsi makanan tersebut dikala sehat dan fit. Itu yang benar. Mkan dalam porsi kecil tetapi sering. Olah raga dan istirahat yang cukup.

    Tidak semua orang yang sakit maag dapat sembuh dengan Proton Pump inhibitor. Dosis, riwayat kesehatan, pola makan, gaya hidup sangat berpengaruh terhadap setiap orang, tentu saja obatnya berbeda satu dengan yang lain. Segeralah periksa ke dokter dan jangan terlambat. Terimakasih

  61. Hallo mbak, januari yg lalu bpk saya mninggal, sblum beliau mninggal saya tdk ada kluhan dgn tubuh saya. Tetapi setelah dua minggu beliau pergi saya merasa saya ada penyempitan kalau nafas artinya ambil nafas dalam2 tdk sperti biasa. Dan punggung kiri saya jg sakit, awal nya saya mmng agak stres / sedih krn peristiwa bpk saya. Pernah ke dktr di katakan kalau saya maag dan fktor kelelahan otot saja. Di kasih obt maag dan pnghilng nyeri/pegal punggung. Tp klo obat nyeri punggung habis, kok masih pegal nya. Apa ya dok kira2 resep utk saya. Mksih

    ================================================

    Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak tercinta. Semoga beliau mendapat tempat yang terbaik disisinya dan keluarga yang ditinggalkan mendapat penghiburan dan kesabaran.

    Ditinggalkan oleh orang yang sangat disayangi memang menimbulkan kesedihan mendalam. Apalagi baru ditinggalkan 4-5 bulan yang lalu. Saran saya cobalah untuk menerima hal tersebut. Dengan menyadari bahawa Bapak sudah tenang disana dan kita yang masih hidup diberikan kekuatan untuk menjalani kehidupan ini. Berdoalah untuk Bapak dan tenangkanlah diri. Jangan bersedih lagi.

    Sakit maag sangat berpengaruh terhadap tekanan psikologis. Beban psikis yang berat cenderung meningkatkan produksi asam lambung semakin tinggi sehingga sakit maag, nyeri dan pegal-pegal. Dengan bebas dari pikiran yang berat otomatis produksi asam lambung berkurang. Cerialah selalu dan jangan menyndiri.

    Minum obat maag seperti Sucralfate 1-2 x sehari sebelum makan juga boleh agar lambung terlapisi sehingga perihnya berkurang. Semoga cepat sembuh dan bersemangatlah. Terimakasih

  62. To mbak rina ; makasih mbak utk blsan nya, saya sangat di hiburkan oleh tulisan nya, memang saya mnyadari tdk ada mnusia yg hidup selama-lama nya di bumi ini, tapi pasti akan kembali ke pada sang Pencipta yg empunya kehidupan, dan Bpk saya telah memenuhi panggilan sang Pncipta itu. Puji Tuhan.. stress saya mmng sudah berkurang seiring waktu berlalu, tapi pgal punggung di satu titik sebelah kiri dan nafas berat masih berasa sampai saat ini, dlm sejarah hdp memang ada maag dlm tubuh saya, klo dr pagi ngga sempat makan, klo siang nya bisa mual dan muntah sperti mabok perjalanan, dan agak lambat perut bisa nyaman lagi, kecuali di bawa baring dan merem kuat2.., dan mnum obat maag sperti promag baru berasa lumayan. Ada pun tekanan saya normal saja 110/ 80. Oke mbak resep nya akan saya coba beli di apotik, tapi saya tanya kira2 resep itu utk berapa hari ya ?? Dan misal kan suatu saat hamil bisa ngga obat itu di konsumsi oleh Bu- Mil. Makasih ya mbak … GBu

    ==============================================================================

    Kalo masih terasa sesekali sesak dan perih berarti Mbak dalam bawah sadar masih punya pikiran atau masada pegaruh psikis (kepikiran). Memang tidak mudah tetapi harus dicoba. Sudah gede toh pasti bisa.

    Boleh saja minum Promag kalo memang butuh. Promag saja, yang lain tidak usah dibeli yang lain. Hal terpenting kamu bisa lebih rileks, tenang, jangan terlalu banyak pikiran. Allah yang memberi, Allah yang mengambil. Terpujilah Allah. Jangan mikirin hamil yang terpenting menerima hal ini sebagai rencana yang indah

    Semangat ya!

  63. To mbak rina ; makasih mbak utk blsan nya, saya sangat di hiburkan oleh tulisan nya, memang saya mnyadari tdk ada mnusia yg hidup selama-lama nya di bumi ini, tapi pasti akan kembali ke pada sang Pencipta yg empunya kehidupan, dan Bpk saya telah memenuhi panggilan sang Pncipta itu.

    Puji Tuhan.. stress saya mmng sudah berkurang seiring waktu berlalu, tapi pgal punggung di satu titik sebelah kiri dan nafas berat or agak sesak masih berasa sampai saat ini, dlm sejarah hdp memang ada maag dlm tubuh saya, klo dr pagi ngga sempat makan, klo siang nya bisa mual dan muntah sperti mabok perjalanan, dan agak lambat perut bisa nyaman lagi, kecuali di bawa baring dan merem kuat2.., dan mnum obat maag sperti promag baru berasa lumayan. Ada pun tekanan saya normal saja 110/ 80.

    Oke mbak resep nya akan saya coba beli di apotik, tapi saya tanya kira2 resep itu utk berapa hari ya saya beli nya ?? Dan misal kan suatu saat hamil bisa ngga obat itu di konsumsi oleh Bu- Mil. Makasih ya mbak … GBu

    ========================================================================

    Kalo masih terasa sesekali sesak dan perih berarti Mbak dalam bawah sadar masih punya pikiran atau masada pegaruh psikis (kepikiran). Memang tidak mudah tetapi harus dicoba. Sudah gede toh pasti bisa.

    Boleh saja minum Promag kalo memang butuh. Promag saja, yang lain tidak usah dibeli yang lain. Hal terpenting kamu bisa lebih rileks, tenang, jangan terlalu banyak pikiran. Allah yang memberi, Allah yang mengambil. Terpujilah Allah. Jangan mikirin hamil yang terpenting menerima hal ini sebagai rencana yang indah

    Semangat ya!

  64. mba saya mau tanya…
    dalam bberapa hari ini saya mengalami sakit di ujung hati,rasanya terasa kembung,bernapas sesak dan sakit,kalau tdur tindihan sakit..apakah saya sakit maag? saya sudah minum obat mylanta.tp tetap saja terasa sakit.tidak ada perubhn.. malah tambh sakit.. tlng d jawb ya.

  65. Selamat Sore mba..
    membaca postingan & komentar” diatas saya jadi tertarik untuk bertanya soal maag yg dialami suami sya..
    Suami sya sempat dibawa ke UGD karena jantung berdebar sangat kencang, ulu ati sakit dan susah bernapas dokter mendiagnosa Dyspepsia..waktu itu dikasih obat Polycrol dan strocain setelah obat habis ttep saja suami sya sering kembung, sering bersendawa, sering (maaf) kentut dan sakit diulu ati 2 minggu setelah berobat p1 berobat kembali didokter yg berbeda dan dikasih obat pantozol, omeprazol generik, theragram dan domperidone sampai saat ini kembung, sendawa dan sakit ulu ati ttp saja timbul padahal makan sudah dalam porsi kecil dan sering dan juga cemilan di jam 10 & jm15 kira” apakah obat dipostingan mba dapat sya kasih kesuami karna sudah hampir 3 hari suami juga susah tidur dikarenakan kekhawatiran suami saya karna selalu kembung, perih dan bersendawa..
    mohon dijawab y mba karna suami sya akhir” ini bilang sudah tidak kuat terhadap sakitnya..
    Terima kasih

  66. selamat siang mba..
    saya desii.. setelah membaca postingan dan komentar diatass saya jadii tertarikk untukk curhatt tentangg penyakitt perut saya…<<
    awalnya cuma deg2an, cemas, keringat dingin dll hampir 2 tahun ini..
    tetpii mba.. be;akangan perut saya sering sakitt sampee punggungng,, dada sakit sampee gag bsa tidur,, hadehh intinya kalo pas kambuh rasanya sepertii mau matiii mba,,.. cuma saya takutt minum obat2an,, cz setiap kalii dikasii obat malah jadi sakitt dan gak karuan…terakhirr saya sudahh merasa sakitt sekalii dan saya berusaha berobat ke dokterr lagii..
    laluu dikasih
    -san maag..
    _domperidone..\
    _ librax..
    tapii efeknya kalo diminum semua badan malah kaya panas dalam mb.. agak mual..
    saya mau tanya mba. apa memang efek obatnya sepertii ituu atw harus diganti lagii obat2anya.. terimakasih.. GBU,…………..

  67. halo mbak saya wewyn..sy tertarik skali mmbaca komentar2 dsini..mba sy mau tanya, sy pny riwayat skit lambung,ini krena ksalahan sy diet yg berlebihan smpe skrg BB saya trun 7 kg tp berujung mnjadi skit brlebihan dlambung.tp slalu sy atasi dg obat nyeri yaitu sbelum mkan.tp skrg sy malah kena ISK mba ( infeksi saluran kencing) sehari sy buang air kecil bisa 20 kali.sy sudah kedokter dan skrg sdang proses pnyembuhan dg obat dan air putih..
    sy mau nanya, apakah ISK itu bs sembuh ya mba?yg bs meminimalisir BAKsy mnjadi brkurang :(
    Terima kasih Tuhan mmberkati :)

  68. utk ibu rina yht…saya yogi bu kena gejala sakit maag…perut saya sakit di ulu hati gak brnti2…setiap menit nya pasti sakit , saya sdh beli obat buscopan tapi gak sembuh….obat apa bu yg bgus buat penyakit maag saya buk…thankss …bu

  69. Malam mba rina… Sy aiz dr bekasi mba. Usia 25th. Langsung aj ke kejadian yg sdh saya alami 1 th belakngn ini. Awalnya saya sangat suka dengn makanan sngat pedas. Konsumsi kopi hitam 3x sehari. Suatu malam tiba2 saya terbangun dari tidur, dada terasa sulit bernapas, detak jntung sangat cepat dan keras. Saya sangat takut sy pikir sakit jantung/gejala stroke. Sudh ke dokter sy critakan semua masalah saya, yg saya heran dberikan obat myonal dan vrego.tnpa obat berkaitan dengan obat jantung. Awalnya saya pikir karena jantung. 3 bulan berlalu, terulang kembali detak jantung saya sangat cepat dan keras, sy kedokter lain dan pemberian obat masih sama myonal dan vrego cuma ada penambahan obat enzym lambung. 5 bulan berjalan, sering pusing di kepala bagian belakang, pegal2 di bagian belakang,terulang kembali mba jantung berdebar sangat cepat dan keras. Karena saya punya pengalaman yg sudah terulang stiap kali merasa hal spt ini saya selalu merogoh lidah untuk memuntahkan, dan yg terjadi adalah banyak sekali gas yg kluar dr mulut saya, dan setelah saya merasa lega secara perlahan jantung mulai membaik. Dari apa yg saya alami saya tambah yakin ini bukan penyakit jantung dan pemicunya adalah teh… Stia kali saya berlebih minum teh bahkan tuk saat ini sgelas pun sy minum teh pasti ga lama akan terulang. Yg saya bingung penyakit ini apkah berkaitan dengan asam lambung? Krn sy sama sekali tidak meraskan sakit di lambung. Cuma saya merasakan banyak sekali gas yg ada dlm perut saya. Sehinga sering sekali saya merogoh lidah dengan sikat gigi supaya bisa keluar lewat mulut.. Krn pengalaman teman dan nenek saya hampir sama saya coba minum inpepsa, selain itu obat apalagi yg harus sy minum ya? Mohon penjelasannya. Makasih sebelumnya.

  70. Hallo bu rina,bu sy mhn pencerahaan dr ibu,knp ya bu sy udh 6 bln ni suka sendawa,sesak napas,terus pungung skt terus perut jg skt dan ulu hati,udah 6 bln sy mengalami rasa ketakutan pikiran nth kemana mana,stp hari sy merasa tdk nyaman bu,udh beberapa dokter sy jumpai semua blng sy kena asam lambung,sy udh ronsen 2 kali paru2 bgs terus usg udh bbrp kali jg kmrn dokter blng sy di usg maag sy udh melebar 8 centil,sy mau tanya apakah itu bahaya ?udh mcm2 obt bu sy mkn obt dokter obt herbal,bahkan terapi jg sy prg tp smpi skrg hasil nya nihil tk ada kemajuan,apa kah ibu thu sbnnrnya sy skt apa?mksh bu tlg pencerahaan nya ya bu.

  71. Salam Kenal Dok saya Pria berusia 32 Tahun saya ingin bertanya. dada saya masih terasa sesak dan perih kadang-kadang masih susah berbafas , saya sudah berobat dua kali, agak mendingan ulu hati saya tidak sakit lagi, tapi dada saya masih terasa sesak, susah bernafas dan susah buang air besar, saya minta saran, resep obat yang pas buat saya.. dan saran yang lainnya.. makasih Dokter.. saya tunggu jawabanya

  72. saya penderita maag dan asam lambung yang tinggi selama 2th lebih ini,setiap hari saya sendawa banyak sekali,perut kembung,mual mual,badan terasa pegal pegal sampai ke punggung dan leher belakang, saya sudah berobat ke seluruh dokter umum/dokter internist DI SELURUH KOTA MALANG, setiap dokter memberikan obat yang berbeda beda,ex; OMZ,omeprazol,protop,antibiotik untuk bakteri lambung(saya lupa nama obatnya),vomitas,cimetidine,obat racik dari apoteker,dll.. dan harganya pun relatif mahal, saya habiskan puluhan juta untuk periksa dan membeli obat tersebut, tapi tidak kunjung sembuh sakit saya ini, sampai obat obat tradisional banyak saya coba seperti jelly gamat,telo pohong/ketela batang,kunyit,tahu rebus setengah matang,dll… tolong beri saya resep obat yang benar benar bisa membuat saya sembuh dok, sekalian saya minta no rekening bank sebagai rasa terimakasih saya apabila saya bisa sembuh dari penyakit yang menyiksa saya selama hampir 3th ini. terimakasih banyak,.

  73. Sore bu rina..mau tanya,bulan kemarin sy didiagnosa typoid skg sdh berangsur membaik,yg sy mau tanyakan kalo pagi kadang perut suka mual2 kemudian perut teras panas ky kebakar obatnya apa ya bu terima ksh…

  74. Mba,perut sy sakit kdng klu bnyk gerak skit nya smpe di ulu hati.ska mual dan BAB,sy sdh prksa tp skit nya gk hilang2.kta dktr lambung sy skit lambung,sy di ksih obat lexacrol sm miratrim.tp skitnya gk hilang2.sbnrnya obat apa yg cocok??

  75. Mba rina yg baik, saya penderita maag. awalnya divonis thypus walaupun ga pernah demam. semua indikasi normal baik jantung tensi gula darah sj. awalnya saat puasa ramadhan telat makan shg tiba2 keluar keringat dingin dan badan jadi panas spt terbakar (tp ga demam). 4 bulan kemudian kejadian yg sama terjadi lagi (tp badan tdk dlm kondisi lemas). oleh dokter divonis asam lambung tinggi. Kl advis dokter sih, saya tidak boleh telat makan. dan pernah telat makan cm sebentar, badan lsg gemetaran. Mhn info obat yg cocok.

  76. sy sangat senang dgn tulisan ni, betul-betul sangat membantu penderita maag, termasuk sy jg, sy sdh 5 blan mengidap penyakit ni, sy mkan 5-6 kali sehari karna laparx g’ ilang2 tiap 2-3 jam, sy memilih tidak beraktvtas dlu karna msih terganggu dgn kebiasaan mkan yg trllu sring, ketika k’dokter sy d’beri obat sanmaag dan famotidine,
    d’saat mengkonsumsi obat ni perut sy agak mendingan dan lapar sy mulai berkurang, dan sy mersa sdh lbih baik jd sy menghentikan penggunaan obat tersebut, tetapi rasa lapar n xeri pada punggung kembali lg. bemna cara menghentikan ketergantungan obat ni y? sy tkutx trlalu bxk mengkonsumsi obt jatuhx nti k’ginjal, apakah penggunaan terus menerus tdk berdampak apa2? dan obat lanzoprazole n sucraflate ap perlu d’tmbahkn lg dn famotidine???

  77. Punten numpang tanya sblumnya saya ga pernah maag ..minggu lalu sy ke dokter diresepin antibiotik. Ama pereda nyeri. Krn sakit perut krn makan pedes….@?.nyerinya ilang tp kok maag ya…udah mylanta ga mempan…kira2 apa ya pa ..obatnya…?ngga nyeri2 amat cuma uluhati mengglayut rasanya…mohon pencerahan..nuhun Devi

  78. Syylm,slmt siang bu rina,,bu saya mau tanya,sudah hampir sebulan ini saya sakit di perut kiri atas,sudah saya priksa dRS dUSG kta dokter normal,,dn akhiry saya dikasih resep inpepsa dan buscopan..tapi sakit saya tdk smbuh2 smpai skarang,masih terasa perih sekali,apa yg harus saya lakukan ya dok?apakah sya harus puasa dulu beberapa waktu supaya luka dperut saya kering? :’( mohon jawabannya bu rina trmkasih bnyk ,,

  79. Dear Bu Rina, sy menderita Gerd sudah hampir 5 bulan, berat badan sy turun sampe 13 kg dalam waktu 3 bulan, tapi sekarang ini sudah ada kemajuan, makan sudah mulai enak dan berat badan sudah naik 4 kg, 3 bulan terkahir sy rutin konsumsi obat Lanzoperazol, Radin, dan Mexon utk tenggorokannya, tapi udah 4 hari ini dada kiri sy kembali sakit, sampe menjalar ke lengan dan jari, serta kepala sakiit banget , kenapa lagi y bu ? Sy masih menjalankan pola makan sedikit tapi sering, dengan lauk yg hanya di pepes atau sayur, cuma kemarin agak bandel makan yg di yg di goreng, apakah sakit dada itu karena sy makan yg di goreng lg y? Mohon pencerahannya Bu, apa sy juga perlu cek up jantung ? Terimakasih.

  80. Dear Bu Rina.
    Terima kasih telah membuat blog yang sangat informatif dan bermanfaat ini, Saya merupakan penderita maag yang cukup lama dan sering sekali kambuh. Saya baru saja menerapkan resep yang diberikan oleh Bu Rina semoga hasilnya dapat segera dirasakan.
    Terus memberikan informasi-informasi kesehatan yang sangat berguna bagi kita semua. Tetap semangat dan stay healthy :)

  81. Hai bu,
    Saya remaja 15 thun.
    Seminggu yg lalu saya sering pusing,sesak nafas, dan sakit smua bgian perut saya. Trus sya prgi berkonsultasi ke dokter, trnyata kta dokter asam lambung sya naik dan d kasih obat
    - Lansoprazole 2 x 1
    - Sucralfate 3 x 2
    setelah obatnya abis asam lambung sya kambuh lgi bu, dan sya balik lgi k dokter dan dokter ksih obat yg sama lagi tpi Lansoprazole dosisnya diturunin sma dokter 1 x 1. Yang sya mau tnya apakah sya ktergantungan dengan obat itu atau bgaimna bu??
    Mohon pnjelasanya ya bu,
    trima kasih :)

  82. sore bu,
    sudah hampir 4 bulan ini saya sering ngalamin gejala seperti:
    [*]sesak nafas
    [*]pusing pusing keliyengan
    [*]sakit kepala (bisa lagi makan)
    [*]sakit kepala lagi tegang
    [*]tangan kiri dan kaki kiri sering kram dan kesemutan
    [*]bahu dan leher sering pegal
    [*]perut terutama uluhati sering sakit kalau lg kembung kalau tidak kembung hampir tidak ada rasa sakit sama sekali
    [*]selalu merasa takut dikeramaian ( dari gangguan cemas)
    [*]terkadang suka datang pikiran polos dan berasa kosong kadang kadang seperti mau pingsan dan takut mati
    [*]dll.
    klo boleh tau apa & gimana cara ngobatin nya??
    tlong pencerahhannya bu,trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s