Belajar Mengobati Sakit Maag (bag II)

Seperti tulisan saya terdahulu disini, tidak semua sakit maag dapat diatasi dengan golongan antasida (seperti minum Mylanta, promag biasa) tetapi ada beberapa golongan lain seperti H2 Antagonis/ H2 Blokers dan Proton Pump Inhibitor serta  obat tambahan lainnya seperti Sucralfate, Rebamipide, Fucoidan. Biar tidak terlalu texbook kaya kuliahan, saya langsung pada aplikasinya saja. Gambar diambil disini.

1. Nyeri Lambung pake antasida = seperti mylanta, promag biasa ( isinya Al(OH)2, Mg(OH)2, Simetikon)
2. Nyeri Esofagus (nyeri ulu hati disatu titik) bisa pake H2 Antagonis = seperti Ranitidine, Famotidine.
3. Nyeri Usus halus (duodenum/intestine) pake Proton Pump Inhibitor = seperti Lanzoprazole, Omeprazole, Pantoprazole.
Quote ini harus dicatat dan diingat ya!.

Ada beberapa hal dasar yang harus diketahui. Pertama, mengapa obat golongan Proton Pump Inhibitor (PPi) mengobati hanya di usus halus? karena obat golongan PPI  berbentuk coated (disalut) agar tidak pecah di asam lambung melainkan baru akan pecah obatnya diusus halus, jadi obat ini tidak boleh digerus.

Kedua, kapan saya harus minum H2 anatagonis? Jika terjadi nyeri di ulu hati. Biasanya saat makanan berada dilambung, dapat terjadi reflux (keluarnya isi lambung keatas) sehingga isi lambung yang bersifat asam dapat melukai dinding esofagus, makanya sakitnya hanya disatu titik saja.

Ketiga, kenapa kalo minum antasida (promag) harus dikunyah dulu sebelum ditelan? karena obatnya dirancang untuk mengembang dulu dimulut biar lebih cepat bekerja untuk menurunkan asam lambung. Kalo ga mau dikunyah, bisa coba dengan Mylanta cair yang suspensi.

Nah, sudah makin megerti kan sekarang. Biar tambah pinter kita belajar contoh kasus ya. Saya ambil dari pertanyaannya Joanna.

Saya mngalami sakit maag sudah 3bulan lebih, hamper tiap hari nyeri atau tdk enak di ulu hati, kalo nyeri dilambung tidak selalu. Bolak balk kedokter dikasi pantozol,vosedon,neciblok,mozuku kadang dikasi socid omeprazole,motilium. Saya mau tanya,
1. Obat apa yg cocok utk jenis maag saya?
2. Pd saat nyeri sekali, obat apa yg bs lgsg meringankan?
3. Apakah tdk apa2 obat2 tsp sy konsumsi jangka panjang (sudah 3bulan & masih terus sy lanjutkan)
4. Obat alami tepung tapioka, singkong rebus,lidah buaya,kunyit,kunir,jelly gamat,jus noni apakah bisa menyembuhkan/memperparah?
Terimakasih banyak atas kebaikan ibu, tq

Wah, pastinya sudah punya gambaran jenis apa sakitnya dan bisa ditebak pengobatan yang tepat. Untuk nama obatnya saya kasih tahu bahan aktif didalam obat tersebut. Pantozol (Pantoprazole) ,Vosedon (Domperidone), Neciblok (sucralfate), Mozuku(Fucoidan),  Socid (Omeprazole), Motilium (Domperidone). Ini dia jawabannya.

1. Obat apa yg cocok utk jenis maag saya?
Menurut saya pengobatan yang tepat untuk nyeri ulu hati dengan menggunakan obat golongan H2 Antagonis.

2. Pd saat nyeri sekali, obat apa yg bs lgsg meringankan?
Sebaiknya kamu ke apotek untuk membeli Ranitidine atau Famotidine. Famotidine 20mg aja dech, diminum 2 X sehari terutama pada saat nyeri. Kalo sudah tidak nyeri obat boleh dihentikan pemakaiannnya.

3. Apakah tdk apa2 obat2 tsp sy konsumsi jangka panjang (sudah 3bulan & masih terus sy lanjutkan)
Kalo sakitnya masih berlanjut mungkin pengobatannya yang salah atau cara minum/ aturan pakai sayang tidak benar. Karena jenisnya H2 anatagonis, sebaiknya obat diminum sebelum makan. Selain itu agar tidak memperparah harus mengubah pola hidup yang lebih sehat. Kurangi makan makanan yang pedas, asam, panas, berlemak, gorengan. Cukupi kebutuhan air dan serat tubuh.

4. Obat alami tepung tapioka, singkong rebus,lidah buaya,kunyit,kunir,jelly gamat,jus noni apakah bisa menyembuhkan/memperparah?
Sebaiknya tidak usah mengkonsumsi yang aneh-aneh. Obat yang dari dokter dihentikan saja pemakaiannya kecuali Sucralfate dan Domperidone. Sucralfate (Mereknya: Inpepsa, Propepsa, Neciblok) boleh diminum setiap hari sebelum makan karena gunanya melapisi dinding mucosa lambung sehingga mengurangi nyeri.

Sementara Famotidine dan Domperidone bisa diminum saat kamu merasa nyeri karena domperidone bekerja mengurangi reflux esofagus. Domperidonenya diminum 3 Xa sehari sesudah makan.

Kesimpulan membeli obat yang tepat:
R/ Famotidine 20mg X = Diminum 2 X sehari setengah jam sebelum makan
R/ Domperidone 10mg X = Diminum 3 X sehari setengah jam sesudah makan
kedua obat diminum untuk mengurangi nyeri di ulu hati.

Untuk pencegahan agar baik pencernaannya boleh diminum setiap hari atau kondisi tidak nyaman.
R/ Sucralfate suspensi 500mg = Diminum 1 X sehari di pagi hari.

Terimakasih. Semoga Cepat sembuh ya. Apa kamu punya sakit maag yang gejala lain? Please share.

Update Februari 24, 2012

Selain contoh kasus diatas, saya juga ingin menginformasikan penyakit maag yang lain yaitu GERD. Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi dimana cairan isi lambung yang sangat asam naik keatas lambung menuju esophagus. Ciri-cirinya nyeri pada ulu hati, perut sebelah kiri bagian atas sakit, badan terasa mual muntah, sakit tembus kebelakang, penafasan menjadi sesak terkadang disertai nyeri pada jantung.

Pengobatan GERD ini harus dilakukan setidakanya 6-8 minggu bahkan terkadang samapai 12 minggu. Pasti kebayangkan kalosakitnya ketika esofagus terkena cairan asam lambung :cry :cry:. Untuk itu jika kamu merasakan nyeri pada lambung jangan disepelekan. Segerlah berobat kedokter dan berobat sampai tuntas.

Pengobatan dengan terapi kombinasi  Proton Pump Inhibitor dan H2 Antagonis dapat meringankan nyeri pada penderita GERD. Selain itu dapat juga tetap disertakan dengan Mucosa protecta seperti Rebamipide atau Sucralfate.  Selama pengobatan berlangsung hindari makan makanan pedas, asam, terlalu panas, berlemak/ santan dan gorengan. Semoga cepat sembuh.

About these ads

229 thoughts on “Belajar Mengobati Sakit Maag (bag II)

    • saya memiliki penyakit maag yang bisa di bilang mungkin akut,…tapi kok setiap akutnya pasti di malam hari,…kepala terasa sempoyongan, perut mual ingin muntah, nyesek di ulu hati jdi sering kehilangan nafas terasanya, jantung sering berdebar debar, susa untuk tidur. ini sudah saya alami 40 hari.
      Saat ini saya sedang menkonsumsi obat, motilium3x sehari, pariet 20 mg2x sehari, sama inpepsa 3x sehari.kalo aturan pakenya motilumnya sya minum berbarengan dengan pariet 1 jam sebelum makan, dan inpepsa nya setengah jam sebelum makan. malah awalnya saya belum pernah merasa sempoyongan, tapi baru beberapa hari ini saya sempoyongan. jenis penyakit saya ini apa dan bagaimana cara mengobatinya yang tepat txs. iqbal

      =====================================================

      Obat yang dikonsumsi dan cara pakainya sudah benar.
      Penyakit yang Iqbal alami disebut GERD. Googling aja untuk tahu apa itu GERD :D

      Penyembuhannya perlu waktu 8-12 minggu agar pengobatannya sampai tuntas. Jika obatnya habis segera ke dokter. Selama penyembuhan hentikan mengkonsumsi makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, berlemak. Makan makanan yang sehat saja.

      Jika mengalami sempoyongan hal itu disebabkan kurang asupan glukosa didalam tubuh. Jangan menunggu sempoyongan, sebelum itu terjadi pastikan Iqbal cukup mengkonsumsi karbohidrat dan gula. Bila perlu sedia selalu permen gula didalam saku. Segera istirahat tapi jangan tiduran.
      Semoga cepat sembuh dan mari memuali hidup yang lebih sehat. Terimakasih

  1. sy sakit maag udah lama bgt. dari sma skarang 40 th. saya slalu merasa kembung dan bersendawa terus menerus tapi di bagian usus jg slalu merasa sakit.obat apa yg harus saya makan yaa?? karena biasanya saya hanya mengkonsumsi enziflex dan polysilane aja.

    ============================================

    Kalo sering merasa kembung coba aja memngkonsumsi tablet Simethicone. Sayangnya belum ada yang bentuk tunggal. Biasanya digabung dengan enzim pencernaan. Mereknya ada beberpa, yaitu:

    1. Tripanzym dari Sanbe Farma, Flazymec dari Ifars, Xepazym dari Metiska (Pancreatin, Simethicone)
    2. Elsazym dari Otto (Pancreatin, bromelain, dimethylpolysiloxane)
    3. Neolanta dari Supra Ferbindo ( simethicone, Pancreatin ( lipase, protease, amylase)

    Diminum 1-2 Kali sehari setengah jam sebelum makan. Terimakasih

  2. ceu rinaaaa

    baru baca lagi blogmuh… aku maag nya kayanya puarahe buangete deh…

    sakitnya tapi awalnya slalu kaya pegel ato nyeri di punggung, nanti baru ke dada yang sepertinya ulu hati, dan kadang kerasa ke bagian2 perut…

    hiks…

    what sud i do? what sud i do? :((

    ==============================================================

    Kalo maag sudah jadi menu wajib penyakit setiap hari, yang salah adalah pola makan.
    Untuk mengobati lakukan detoksifikasi. Membuang semua kotoran dalam tubuh.

    lakukan puasa seminggu, makan hanya siang hari dan sore hari saja. Setengah dari porsi biasa, tanpa lemak, panas, asam, pedas, gorengan.
    Bisa kan?? itu untuk melatih pencernaan lebih moderate/ kalem.

    setiap pagi minum yogurt (Cimory, yakult, macem-macem dech mereknya).
    Setiap hari setengah jam sebelum makan minum Sucralfate (Merek, Inpepsa, Neciblok, Propepsa), baru deh makan.
    sebenarnya itu udah cukup sih.

    Lanzoprazole boleh aja diminum sebelum makan tetapi kalo telat makan aja, biar ga perih.
    Semoga cepet sembuh. Terimakasih

  3. Dear Bu Rina yg baik,
    Terimakasih Ɣª… Pnjelasan yªήğ‎​ sangat lengkap dan gampang dimengerti, smoga kebaikan Ibu yªήğ‎​ selalu menolong org diberkahi Tuhan.

    ===================================

    Amin :D
    Terimakasih, semoga cepat sembuh Joanna.

  4. Sayah tiga2nya bisa dirasakan. nyeri semuamuanyah.
    Udah dari jaman SMP penyakit ini dipelihara.
    gak ada obat yang cocok banget.

    Kemarin sampe ada obat yang dikasih bos saya, bentuk kapsul gitu. lumayan enak. lupa namanya :P

    ============================================

    Kalo bentuknya kapsul/ kapsul transparan bisa jadi goongan PPI seperti Lanzoprazole pallet 8.5% atau Omeprazole pellet.
    Ini teknologi baru dimana bukan tabletnya yang disalut tetapi bahan aktifnya yang disalut (coated).

    bahasa gampangnya seperti bikin kue combro, omcomnya didalam terus dibulet-buletin… jadi dech.

  5. Kak Rina,
    kalo lagi hamil ( usia kehamilan baru 7minggu ) boleh ndak minum Mylanta??
    sejak hamil ini nafsu makan Q nambah dibandingkan sebelum hamil, jadi mungkin ada penyesuain lagi di lambung Q n menyebabakan maag Q sakit sekali :(
    terima kasih jawaban nya

    —————————————–

    Selamat ya untuk kehamilannya.
    Boleh saja minum Mylanta kalo terasa nyeri lambun meski mengandung. Diminum hanya saat terasa nyeri saja.

    Jaga kesehatan ya. Terimakasih

    • kalau untuk kehamilan 20minggu apa masih boleh mengkonsumsi lansoprazole,musin sucralfate dan tripanzym?apa ada efek buruknya bagi janin? Trimakasih.

      =================================================

      Sebaiknya obat hanya boleh diberikan atas persetujuan dari dokter. Konsultasikan dengan dokter. Jika memang harus diminum boleh saja tetapi atas anjuran dokter. Terimakasih

  6. Minta bantuanya donk, saya merasa perut kembung sudah 3bln, tp msh ga sembuh2 tapi perut saya ga perih ‎​Чăπğ ‎​​ berlebihan, cuman klo setelah makan perut terasa kembung, ϑƏN sering bersendawa, saya sudah mengkomsumsi obat neciblok, lancid, sudah berbulan2, ϑƏN apa bila perut merasa kembung saya suka merasakan tidak enak ϑï badan seperti kaki dingin,atau tenggorokan terasa panas, saya sudah ganti2 dokter,

  7. asslmkm…mf teh mau nanya istri saya sakit maag gejalanya,ulu hati terasa perih,sering keluar keringat dingin,dan kepala sering sekali sakit,…kira2 termasuk penyakit maag jenis apa?dan bagaimana pengobatanya terimakasih,haturnuhun

    ====================================

    kalo itu bisa diobati dengan H2 antagonis.
    oa aja ke Apotek trus beli Ranitidin dan diminum 2-3 X sehari sebelum makan. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

    • sy juga pernah seperti itu, dan dulu cukup sering. sampai sy diberi dosis yg ringan menurut seorang dokter (setelah sblmnya berganti beberapa dokter), yakni lanzoprazole cukup 1 butir sebelum tidur (harus sebelum tidur, karena sebelum tidur kt tidak makan apa2 lg, dan fungsinya mengeluarkan gas dr perut).
      Dan sesaat sebelum makan mengunyah plantacid forte tablet (baru/segera mulai makan ketika perut berkurang nyerinya). oh ya, sesudah makan dilarang tiduran, trus dilarang makan pedas dan asam, dan kalau pas perut benar-benar perih dan kembung dilarang makan buah dan sayur yang mengandung vitamin c (mulai makan sayur lagi kalau perihnya berkurang). dan terakhir, jangan lupa makan teratur.

      maka perih dan sakit kepala berangsur – angsur seiring berkurangnya rasa perih … lambung…..

      pernah sekali sy mual terus menerus, muntah-muntah sampai tidak ada makanan yang bisa masuk, satu dokter meresepkan ranitidin untuk mengeluakan gas dari perut. pas 1/2 jam sebelum makan. tp tetap saja yg berasa sgt membantu di samping obat adalah nasehat dokter untuk makan harus sambil duduk tegak (walau sambil menahan pusing dan mual ….. :) )

  8. Tanya ya mbak,
    saya ibu umur setengah abad. Saya memang punya sakit maag. Perut rasanya kembung dan kentut terus menerus (berhari-hari). Terkadang ulu hati terasa sakit seperti ‘lapar’ berat. Obat maag apa yg cocok utk saya?

  9. Mbak, saya mengalami asam lambung berlebih sudah hampir 2 bulan ini.
    Banyak yang saya rasakan. dari awal yang paling mengganggu adalah nafas pendek / sesak nafas. saat ini keluhan yang sering muncul adalah nafas pendek, meriang, cemas, dan kembung dan mual dikit. perih atau sakit di perut/lambung jarang terjadi. kira2 obat yang paling tepat apa ya?

    =================================================

    Untuk pengobatan yang tepat sebaiknya Rano berobat dan konsultasi ke dokter.
    Jangan diobati sendiri dengan obat warung, kamu butuh penyembuhan sakit maag sampai tuntas.
    Biarkan dokter menolongmu. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  10. Yth, Mba rina…

    Sy t’kena mag yg sangat parah, diulu hati & lambung kayak ada batu yg mengganjal, perut tidak bisa ditekuk karena sakit, sakitnya pun tak karuan, kadang terasa ngilu dilambung kadang sakitnya diulu hati sampai ke dada, trus leher saya berlendir dan sering sesak karena lendir tsb, saya sudah perna konsul kedokter masalah lendir ditenggorokan sy, menurut dokter lendir disebabkan oleh tukak lambung dan asam lambung yg naik ketenggorokan, (apa bebar ya???)sy sdh diberi obat tapi tak kunjung sembuh….mana saya susah BAB ,hufff (mohon arahan obat susah BAB, untuk sementara saya mengkonsumsi laxing, apa klo konsumsi laxing setiap hari tidak apa2?).
    Saya mohon arahan, masukkannya dan obat apa yang cocok agar penyakit lambung saya dapat sembuh total, karena sudah sangat mengganggu saya selama setahun ini…
    Untuk sementara saya konsumsi obat Omeprazol 2xsehari (1 jam sebelum makan) dan Fucoidan 2xsehari (1 jam sebelum makan juga)
    Saya sangat mengharapkan bantuannya, agar mag dan susah BAB saya dapat sembuh…
    Atas arahan dan bantuannya saya ucapkan terim kasih

    Salam
    Jufri

  11. mbak rina yg baik sy punya sakit maag yg cukup parah, 5 th yg lalu pernah mengalami pendarahan di lambung, tp skrg sdh tidak pernah pendarahan lg, namun semenjak itu penyakit maag sy sering datang dan pergi malah klo lagi parah sampai tidak bs bangun krn merasakan sakit di seluruh perut spertinya rasa sakit perut itu berpindah pindah dari atas ke kiri ke kanan.. selama ini sy mengkomsumsi ranitidine , lanzoprazole, propepsa, tp spertinya tidak ada perubahan sy ingin menanyakan kira2 obat apa yg cocok buat sy ini mba? tolong di bantu trima kasih..

  12. Maaf bu sudah 2 bulan saya kembung disertai nyeri di punggung. Dan 2 minggu ini disertai keringat dingin cemas Dan kadang gemetar. Sempat dirawat di RS selama 4 hari antata lain diberi sukralfat dgn diagnosa dispepsia kronis. Kemudian dirujuk untuk endoscopy kemudian sy diberi obat pantoprazole, mucosta (rebamipide) dan galflux (domperidone) apakah perlu saya tambah obat lain seperti sukralfat atau yang lain. Terima kasih sebelumnya.

  13. Kalau aku sakitnya g spesifik, perut suka ngerasa ga enak, tp kalau disruh ditunjuk gatau dimana, suka panas juga dan serasa bergolak, mual, puyeng, dan yang pasti habis makan (1/2 jam – 2 jam) justru badan malah lemes.

    prnh aku dikasih lanzoprazole, tp badanku malah tambah lemas dan tak bertenaga..

    mohon info nya

  14. dear mbk Rina,

    thks utk blognya yg snagat menggangu. saya sakit maag sudah hampir 14 tahun.dulu pernah di endoskpi katanya ada borok@ di lambung>maksudnya gmn itu ya? soalnya wktu itu sy msh baru kuliah jadi gak ngerti2. selama 14 tahun gak pnah sembuh total, selalu nyeri di bag lambung, kadang juga samapai di pinggang dan bag punggung sakitnya, tp sy tahan aja yg penting sy makan teratur. kemaren 2 hari sy terkapar, ulu hati saya rasnaya terbakar, punggung saya lebih2. saya gak tidur 2 hari 2 malam, tadi ke dokter, dikasih Inpepsa, PANTOPRAZOLE 40 MG dan Mucosta >>apa udah bener itu mbk obatnya? Apa benar maag/tukak lambung gak bisa sembuh> Perlu dicatat, saya selalu berusaha makan teratur n tidak stress.
    Mohoonnn bnget bantuannya mbk, sy kayaknya dah putus harapan dgn sakit ini.

    thks

    =========================================================================

    Obatnya sudah benar kok.
    Saya ingin menggarisbawahi kalo untuk penyembuhkan tukang lambung/ GERD, ini tidak mudah. Ada berapa banyak obat yang diberikan oleh dokter? Jika obatnya habis pergi ke dokter lagi karena durasi pengobatan sampai sembuh total perlu waktu sekitar 4-8 minggu. Obatnya harus diminum sesuai dosis dan cara pakai yang benar 30 menit sebelum makan.

    Pemberian obat tambahan seperti prostaglandin juga perlu diskusi dengan dokter apabila pengobatan belum juga sembuh. Saya sih berharap obat yang diresepkan sudah cukup.

    Satu lagi, selama proses penyembuhan 1-2 bulan, mohon memperhatikan pola makan dengan makan makanan sehat. Cukup istirahat dan jauhi stress. Semoga cepat sembuh.
    Terimakasih

  15. dear mbak rina..sorry maksud saya blognya sangat membantu :) maag ini yg sangat mengganggu (sorry salah ketik-lagi nahan sakit mempostingnya) mhon bantuannya

    =====================================

    Terimakasih Febe :)

  16. dear kak rina,,mo bertanya makan minum apa aja yg dihindari olh penderita maag??truss klo dah sembuh,penderita maag itu boleh ato tdk mengkonsumsi susu rendah lemak sperti hilo atau anline??
    (mohon pencerahannya) :)

    ========================================================

    Tentu saja penderita maag harus mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan bersih. Menjauhi makanan yang merangsang peningkatan asama lambung seperti:
    1. Makanan Pedas, spt cabe, pokoknya semua jenis makanan yang pedas.
    2. Makanan terlalu asam spt cuka, jeruk asam, pempek cuko
    3. Makanan berminyak dan berlemak
    4. Makanan/ minuman terlalu panas

    Minum susu boleh saja asalkan diminum sesduah makan. Jangan terlalu banyak minumnya, secukupnya saja. Terimakasih

  17. Maaf mau tanya..
    Saya sudah lama sakit maag, biasanya saki sebentar terus ilang. tapi baru 3hri ini lambung tersa sakit terus, apalagi sehabis makan, setelah makan bbrapa jam kemudian sakit ilang, terus terasa lapar lagi, tp setiap aki isi sakit lagi, terus spt itu.. Awalnya perut kembung banget jd tiap makan cm bsa sdkikit, kenapa ya sakitnya bsa berhari2, biasanya cm sebentar. Mohon bantuannya.

    ===============================================

    Jika sakit maag saat makan maka perut sakit dan perih lagi maka itu disebut peptic ulcer.
    Sebikanya mengkonsumsi Antasida ( Mylanta) dan juga Famotidine. Diminum 30 menit sebelum makan.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  18. mbak,,sy sakit lambung pasca operasi sesar.sakit ini smakin mbuat sy stress berat.hingga klu kumat,sy brpikiran mau mati dan ketakutan sndiri.kmrn sy sakit diperut bagian kiri hingga kpunggung. stlh ke sesialis,skrg ada terasa terbakar di ulu hati,sprt begerak2 jg.obat yg sy minum propepsa sblm makan dan tilidon ssudah makan..sbnarnya sakit apa? bagaimana supaya tidak stres?

    ========================================================

    Saya jawab dalam postingan saja ya.
    Sepertinya tidak hanya ibu saja yang mengalami hal ini. Terimakasih untuk pertanyaannya.

  19. Salam kenal..
    Haduuhhh skr dah jam 2 malam saya msh gak bs tidur setiap malam datang saya selalu merasa resah dan gelisah apakah mlm ini bs tidur atau tidak, sampai saya bertemu dengan artikel ini, saya mohon pencerahannya. Sakit saya dibagian ulu hati, setiap mau tdr sesak nafas seperti asam lambung naik keatas, dada sesak rasanya, leher bahu lengan kiri terasa pegal.. Semakin cemas saya memikirkan semakin membuat saya stress.. Kira2 saya tergolong maag yg mana dan obat yg cocok apa ya? Terima kasih.. Mhn dibantuu yaa…

    ===================================================

    Dika ada masalah apa sih?
    Saran saya selesaikan masalahmu. Stress dan bnyak pikiran akan memperbanyak produksi asam lambung. makanya lambungmu perih. Jika asam lambung bergolak dan naik keatas maka bisa terjadi nyeri diulu hati, sesak napas dan rasanya sangat tidak enak.

    Cobalah untuk selalu berpikir positif, makan yang benar dan punya pola hidup yang sehat (kurangi pedas, asam, panas, berlemak dan berminyak).
    Satu lagi ya, sebaiknya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan Proton pump inhibitor. Sekrang untuk mengurangi nyerinya, coba ke apotek dan minum Inpepsa atau Propepsa. Diminum 2-3 X sehari 1 jam sebelum makan (perut kosong). Jangan lupa ke dokter dan cepat sembuh ya. Terimakasih

  20. Mbak Rina saya tadi pagi barusan di Endoskopi haduh sakit rasax mbak.. Hehe.. Tapi Alhamdulillah dokter menyatakan normal tidak ada luka dan sariawanx, tp memang asam lambung saya yg berlebih, nah saya mau tanya mbak apa sebabx? Dan terapi obat apa yg cocok buat saya? Terimakasih.

    =======================================

    Syukurlah tidak ada yang luka.
    Sebaiknya mulai sekarang berpikir positif, stop stress, jalani hidup dengan damai agar produksi asam lambung tidak berlebihan. Kurangi makanan pedas, asam, terlalu panas. Lalukan itu setiap hari sepenuh hati.

    Untuk pengobatan yang lebih tepat sebaiknya periksa ke dokter dan minta obat yang tepat dari dokter. Jika ada keluhan jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter disana. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  21. Saya punya sakit maag, obat dr dokter pankreoflat, braxidine, omeprazole, sdh 2 bln, pertanyaan knp ulu ati suka nyeri, dan kadang2 jg suka berdebar debar, sdh di EKG normal, terimakasih, mohon masukannya

  22. Malam Mbak Rina saya kena asam lambung udah 2 bln ini perut sebelah kiri terasa mual yg berlebihan rasanya ingin bersendawa terus perut terasa sebah saya sudah ke dokter dikasih obat vosedon,sanmag,omeprasol,braxidin Mbak Rina obat untuk mengatasi rasa mualnya yang mana ya ? Makasih ya Mbak sebelumnya

    ===============================================

    untuk mengatasi mualnya bisa dengan obat ati emetics seperti metoclopramide dan ondansetron.
    konsultasikan dengan dokter ya.

  23. Mba Rina, saya sakit maag sudah 2 thn. Saya merasa sakit di dada, seperti terbakar terutama pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Kadang2 kalo telat makan muntah. Saya juga merasa sakit dibagian perut bawah sebelah kiri, saya juga mengalami diare parah. Saya sudah berobat ke spesialis kgeh tp sampai skrg blom juga sembuh. Obat yg diberikan lansoprazole, neciblok, 1 lagi obat racikan. Obat ini sudah saya konsumsi cukup lama. Apa sakit maag memang bisa menyebabkan diare? Saya kira diare itu efek samping obat, tp pemakaian obat saya hentikan diare malah bertambah parah. Mohon pencerahannya. ♡·♥ τнäиκ чöü ♥·♡

  24. say mw tanya dok kenapa saya terus menerus bersendawa..kira2 itu gejala apa yah

    =============================================

    Sendawa terjadi karena adanya gas-gas berlebih dalam proses pencernaan. Bisa terjadi karena mengkonsumsi makanan tertentu, enzim perncernaan kurang, pengaruh lainnya.
    Saran saya makanlah makanan yang “moderat” artinya yang mudah untuk dicerna, merangsang pembentukan gas.

    Bila perlu mengkonsumsi enzim percernaan seperti Enzyplex atau Vitazyme 2 x sehari agar pencernaan lancar. Kalo masih bersendawa juga coba aja beli Neolanta ( kandungan bahan aktif Simethicone) 2-3 x sehari untuk menghilangkan gas-gas berlebih diproses pencernaan. Terimakasih

  25. Bu Rina yg baik

    2 hari ini setiap pagi sekitar jam 7 perut bagian kiri nyeri sekali.mulanya dari bagian agak bawah lalu cepat makin yeri dan konstan dalam waktu kira 1-2 jam. disertai muntah’ apaun yg saya makan waktu nyeri itu dimuntahkan. setelah 1-2 jam tsb nyeri itu hilang. ini pengalaman baru bg says. Mohon saran Bu Rina. Terima kasih banyak.

  26. Sy umur 36tahun, sy sdh 2 bulan mengalami sakit di dlmbung terasa ngilu,serta ada nyesek diulu hati sprti menahan emosi,dn ada cemas cemas,berdebar dbar jga. Sy pernah diksih renogas,solans capsule dan lexotan tpi efek sampingnya badan lemes,dan pusing sprti mau jatuh,akhirnya sy tdak lanjutkan obat tersebut,obat apakah yang cocok untuk sy ? Trimksih

  27. Saya jg sakit maag yang lumayan parah kalau lg sakit, perut terasa penuh dan punggung terasa nyeri kayak ditusuk tusuk dan muntah.saya coba minum obat maag yg mengandung famotidine (neosanmag fast) memang terasa baikan tp klo sdh muncul gejala gejala tersebut di atas mengapa obat tidak efektif karena saya tetap saja muntah.adakah obat lain yg bisa menyembuhkan sakit maag saya secara total?sehingga saya tidak perlu minum obat lagi.terima kasih atas perhatian dan sarannya.

  28. Saya Sudah Menderita Maag sejak 2 th, sam[e sekarang belum sembuh, smasih konsumsi obat dari dokter ahli KGEH berupa NEXIUM, alodonna D dan dogmatil, keluhan saya sekarang perutterasa tidak enak sehabis makan ( makan berlebihan mungkin) ini adalah dokter ke dua saya periksa krn dr dokter pertama yang juga dr KGEH ( selama dua tahun masih belum menunjukkan kemajuan ) makanya saya coba ke Dokter yg satunya yg kebetulan sudah Professor Dr dr xxx Sp.PD KGEH, apakah pengobatannya sudah benar Bu? beberapa obat yg pernah saya konsumsi dari dokter sebelumnya adalah: solacap, pumpitor, vometa ft,frixitas, demaben,

  29. Saya mersakan sakit di sekitar uluhati hampir 4 bulan ga sembuh2,saya suad minum obat2an tradisonal seprti,lidah buaya,tepung tapioka,promag,mylanta,namun tidak kunjung sembuh,dan kalau terasa lapar sedikit saja,badan saya keluar kringet dingin dan lemes seperti mau pingsan ,mohon petunjuk obat apa yang cocok zntzk penyakit yang saya rasakan

    Wasalam

    • bener nih…saya juga mengalami hal yang sama…apa solusinya ya? pantangan apa yg gak boleh dimakan?

      =======================================

      Jauhi makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung berlebih seperti makan pedas, asam, berlemak/santan.
      Jauhi stress dan cukup istirahat. Terimakasih

  30. Selamat Sore Dok

    Mohon petunjuk aturan minum obat
    NEXIUM
    Aludonna D
    Disflatyl

    ========================================

    Memangnya tidak ada tertulis dalam resep? atau kamu beli sendiri tanpa resep dokter.
    Mohon tidak mengobati diri sendiri kalo tidak tahu. berobat ke dokter ya. Terimakasih

  31. Met malem bu rina….
    Maag saya kambuh sudah 3 mingguan. Keluhan yang saya rasakan adalah rasa lapar yang tak kunjung berakhir. 2-3 jam perut ini terasa perih, terkadang menusuk ulu hati. ‘Laperrrr’ sekali….. perih… kalo dah gitu makan deh tapi jujur saja kadang mulut ini cape buat ngunyah… bingung nih… Obat dari dokter tidak berpengaruh banyak…. akhirnya saya beli antasida LAGESIL…lumayan ngurangi sih tapi tetep aja 2-3 jam lagi makan lagi. -_-’. Apakah antisida sudah pas buat jenis maag saya bu dokter? Apa obat yang lebih sesuai untuk menghilangkan penyakit maag dan ‘rasa lapar’ ini mbak? Apakah keluhan ini menunjukkan bahwa lambung saja ada luka atau boroknya?
    matur nuwun atas responnya… saya tunggu …

    regards
    aryo yg ‘kelaparan’

  32. oia obat dari dokter adalah Famotidine 40 mg (tolong bu rina jelaskan peran obat ini ya) obat yang satunya kaya promag tp gada kemasan dan merknya. … maap jika ada salah kata ya mbak/bu dokter,,, nahan ‘laper’ nih…
    -_-’.

  33. stlah bc dr awal,trnyta g cm aq doank y,aq dh 2minggu lbih skt,awl’y tlt mkn trs sesak nafasjntung debar knceng,trs prsaan g enk ky mo nglayang,tau’y tensi rendah smpe hrs d infus+oksigen,smpe d ekg+rontgen+tes drah,alhmdllh normal,tp smpe skr berasa skt ulu ht,panik,cemas,gelisah jd debar2,tkut yg sgt,td aq k dokter yg ksekian x nya,dksh plantacid,propepsa,gastrolan,mdh2n obt x ni sembuh,jgbwt kalian semua cpet sembuh..amiiin yra

  34. o iya awl’y aq dksh polycrol tp mlh mncret,trs ranitidine tp berasa berat d dada,kluhn skr skt d iga,ulu ht,trs jntung debar2,prasaan g enk bgt,takuuuuuut bgt,g tnang,hiks hiks..sgt mnyiksa,mhon informasi,share y biar g cemas,aplg klo mnjelang mlm,jg bwt bu rina mhon pndapat’y (maaf jk slah nama) mksh byk..

    • keluhan ibu taty sama persis seperti yg saya alami.. coba ibu beli obat alprazolam(tetapi harus resep dokter) ini bisa meredakan utk rasatakut yg ibu alami. kemudian beli obat pantoprazole 40mg,yg mana bagus utk meredakan rasa nyeri di uluhati dan kelebihan asam lambung. terus rubah pola makan bu taty, jgn makan terlalu banyak tapi sering. selang 2-3 jam sekali makan tp sedikit2. makanan pun harus dijaga.jgn makan pedas,berminyak,asam,bersantan..

      ===============================================

      Jawabannya sama seperti yang ingin saya jawab. Rendy bisa jadi calon asisten saya nih buat jawab pertanyaan seputar sakit maag hehehehe
      Sebaiknya tetap berobat ke dokter karena obatnya obat keras dan harus dengan resep dokter. Semoga cepat sembuh.
      Terimakasih

  35. Selamat mlm Bu Rina, saya mau tanya nih .. leher atau tenggorokan saya seperti ada yang mengganjal dan itu membuat saya mual, lalu ulu hati kalau lagi perih kok nyerinya sampai ke leher dan bahu ya, mohon pencerahannya terima kasih.

    ========================================================================

    Sepertinya ini bukan sakit maag biasa. HArus diobati ke dokter spesialis Gastroenterologi.
    Berobat kesana ya. Proton pump inhibitor dan mucosa protecta dapat membantu tetapi obat ini harus dengan resep dokter. Segera konsultasikan ke dokter. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  36. Tanya bu? Fucoidan itu opbat apa ya? boleh kah untuk maag?

    ===================================================

    Foucoidan itu berasal dari tanaman brown algae yang hidup daerah Jepan. Tepatnyanya di Mozuku Island. Nama latinnya Cladosiphon okamuranus dengan kandungan Fucoidan diatas 80-95%.

    Fucoidan bisa digunakan sebagai supplemen kesehatan dan mengobati sakit maag karena dapat menghambat pertumabuhan bakteri Helicobacter Pylori dalam lambung. Terimakasih

  37. mbak rina sya sering kembung..perut terasa kaku…kadang-kadang sakitnya sampai punggung…ditambah perut bunyi dan sering banget kentut…itu karena apa ya?trus obatnya apa?

    trmaksih…

    ======================================

    Ini disebut gejala GERD. Rasa sakit smapai tulang belakang dan disertai nyeri dada dan juga perut tidak enak, kembung dan kadag muntah.
    Pengobatannya dengan PPInh dan mucosa protecta. Bisa juga dikombinasi dengan atau antibiotik. Konsultasikan dengan dokter ya. Semoga cepat sembuh

  38. keluhan saya , kadang2 kepala pusing, perut terasa penuh/kembung, terasa aneh di tenggorokan, tidak muntah, BAB normal, saya munum obat: nexium, aludonna D dan dogmatil. saya sakit apa ya dok? sehari pasti aja dpt perutterasa penuh, walau kadang2 sebentar hilang timbul

    ======================================================

    Pastinya gangguan pencernaan.
    Saran saya sebaiknya berobat ke dokter spesialis gastro.
    Konsultasikan dengan dokter pengobatan yang lebih tepat.

    Semoga cepat sembuh :D

  39. mbak rina yg terhormat..
    saya menderita sakit maag/disepsia/gastritis atau apalah namanya sudah 3 bulan belakangan ini (dari bulan oktober 2011 sampai sekarang). saya sudah berobat kemana – mana bahkan mungkin sudah 5 internist yg saya datangi.
    pada bulana pertama sakit saya cukup parah yg mana keluhan saya yaitu, nyeri uluhati,lambuk terasa kembung,dada nyesak,kepala pusing kalau berjalan sering sempoyongan dan yg paling menyiksa yaitu jantung terasa berdebar-debar dan perasaan tidak tenang. saya pernah mengkonsumsi domperidone, sucralfate dan bermacam2 obat penetralisir asam lambung.

    pada bulan ke-2(14 November 2011) atas saran keluarga saya berobat ke penang malaysia di rumah sakit Lam Wah EE. disitu saya di endoskopi dan anehnya hasil endoskopi “hanya” menunjukkan sedikit bintik kemerahan di lambung (tanpa ada luka). dokter ahli penyakit lambung kemudian memberi obat ganaton & Pantoprazole untuk lambung, dan suplemen berupa vitamin E dan obat penenang(saya lupa).
    sekarang obat yg dari penang sudah habis saya konsumsi. keluhan seperti uluhati serasa terbakar sudah jauh berkurang, jantung berdebar masih terasa sedikit2, namun masih merasakan perut kembung kalau sedikit saja telat makan. oh ya,saya juga meminum obat penenang berupa alprazolam. karena terkadang saya suka merasa ketakutan yg berlebihan.

    yg saya ingin tanyakan :
    saya bingung mau mengkonsumsi obat apa sekarang? sedangkan keluhan yang masih saya alami yaitu perasaan tidak tenang/pusing dikepala,perut masih suka kembung atau nyeri kalau sedikit saja telat makan,dan jantung masih terasa berdebar2 walau tak separah bulan pertama. untuk perlu bu rina ketahui, pola makan saya bnyk berubah. saya tidak berani ambil resiko makan yg pedas2,berminyak,asam,bersantan,dingin2 dan mengandung soda. saya hanya makan ikan di rebus/goreng dan nasi putih. terkadang dengan sayur kentang adn wortel di rebus.

    ========================================================================

    mbak rina yg terhormat..

    saya menderita sakit maag/disepsia/gastritis atau apalah namanya sudah 3 bulan belakangan ini (dari bulan oktober 2011 sampai sekarang). saya sudah berobat kemana – mana bahkan mungkin sudah 5 internist yg saya datangi.
    Rina: Untuk sakit yang Rendi alami disebut GERD dan gastritis. Saya berharap berobatnya ke dokter yang tepat. Umumnya untuk masalah gangguan pencernaan berobat ke dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi/hepatologi maka gelarnya menjadi Sp.PD-KGEH.
    KGEH adalah singkatan dari Konsultan Gastroenterologihepatologi.

    Pada bulana pertama sakit saya cukup parah yg mana keluhan saya yaitu, nyeri uluhati,lambuk terasa kembung,dada nyesak,kepala pusing kalau berjalan sering sempoyongan dan yg paling menyiksa yaitu jantung terasa berdebar-debar dan perasaan tidak tenang. saya pernah mengkonsumsi domperidone, sucralfate dan bermacam2 obat penetralisir asam lambung.
    Rina: Rendi bisa googling apa tu GERD. Secara umum Gastroesophageal reflux disease (GERD) is a condition in which the stomach contents (food or liquid) leak backwards from the stomach into the esophagus (the tube from the mouth to the stomach). Karena asamnya naik keatas atau turun kebawah. Jika asam lambung naik keatas bisa terjadi nyeri diulu hati, dada terasi nyeri, terbakar, sesak nafas dan jantung berdebar. Bayangkan saja pH lambung itu 2-3. lantas kalo naik keatas yang pHnya seharusnya 6-an, tentu saja jadi perih dan luka.

    Pengobatan GERD berlangsung lama sekitar 8-12 minggu. Pengobatan yang diberikan oleh dokter sudah benar. Diberikan domperidone untuk Ulcer dyspepsia untuk mengobati inflamasi, diberikan pelindung mocosa lambung ( sucralfate) agar tidak perih dan menetralisir asam lambung (Al (OH2 dan Mg(OH)2 Simethicone.

    pada bulan ke-2(14 November 2011) atas saran keluarga saya berobat ke penang malaysia di rumah sakit Lam Wah EE. disitu saya di endoskopi dan anehnya hasil endoskopi “hanya” menunjukkan sedikit bintik kemerahan di lambung (tanpa ada luka). dokter ahli penyakit lambung kemudian memberi obat ganaton & Pantoprazole untuk lambung, dan suplemen berupa vitamin E dan obat penenang(saya lupa).
    Rina: Memang ada yang kurang dari pengobatan pertama yaitu tidak ada obat untuk menghentikan pengeluaran asam dihulu. Untuk itu diperlukan Proton pump Inhibitor yang dapat menghentikan produksi asam lambung. Berhubung sudah agak lumayan sakitnya jadi diberikan Pantoprazole ( biasanya sih harus diawali dengan Lansoprazole atau omperazole). TIdak apa-apa. Pantoprazole memang ampuh kok.

    Asam lambung juga akan otomatis keluar jika seseorang mengalami banyak pikiran dan stress. Untk itu mohon berpikir yang tenang dan ceria ya. Memang terkadang dokter memberikan minor tranquilizer ( penenang tingkat rendah) untuk meredakan stress sehingga asama lambung tidak keluar. Obatnya diminm sesuai aturan pakai dan jangan berlebihan.

    sekarang obat yg dari penang sudah habis saya konsumsi. keluhan seperti uluhati serasa terbakar sudah jauh berkurang, jantung berdebar masih terasa sedikit2, namun masih merasakan perut kembung kalau sedikit saja telat makan. oh ya,saya juga meminum obat penenang berupa alprazolam. karena terkadang saya suka merasa ketakutan yg berlebihan.
    Rina : Untuk hasil endoskopi kemungkinan sudah baik karena tukaknya sudah disembuhkan dibulan pertama pengobatan. So tetap terus konsultasi ke dokter ya. Jika sekarang obatnya sudah habis sebaiknya berobat ke dokter lagi setidaknya 8-12 minggu untuk terus dipantau. Pengobatan GERD harus tuntas agar tidak kambuh lagi.

    Obat penenang boleh saja digunakan tetapi tidak boleh berlebihan nanti ketergantungan. Minum sesuai petunjuk dan mohon selama pengobatan berlansung istirahatt yang cukup 6-8 jam sehari, tidak boleh stress apalagi marah-marah. Tidak boleh takut, harus tenang dan damai didalam diri.

    yg saya ingin tanyakan :
    saya bingung mau mengkonsumsi obat apa sekarang? sedangkan keluhan yang masih saya alami yaitu perasaan tidak tenang/pusing dikepala,perut masih suka kembung atau nyeri kalau sedikit saja telat makan,dan jantung masih terasa berdebar2 walau tak separah bulan pertama.

    untuk perlu bu rina ketahui, pola makan saya bnyk berubah. saya tidak berani ambil resiko makan yg pedas2,berminyak,asam,bersantan,dingin2 dan mengandung soda. saya hanya makan ikan di rebus/goreng dan nasi putih. terkadang dengan sayur kentang adn wortel di rebus.
    Rina: Saran saya meskipun sekrang sudah terlalu sakit dibanding bulan lalu harus tetap berobat ke dokter yang sama. Berobat lagi saja. Sebenarnya banyak kok dokter Indonesia yag punya reputasi baik dan manjur tetapi kalo sudah berobat ke Penang ya silakan saja dilanjutkan.

    Terimakasih sudah merubah pola makan menjadi lebih sehat. Sebaiknya memang jangan mengkonsumsi makanan yang merangsang keluarnya asam lambung berlebih. Boleh dimakan tetapi sedikit 3-4 sendok saja. Harus tetap makan seperti ini meskipun nanti sudah sembh total. Saya inginnya sih bawa bekal dari rumah saja. Makanlah dalam porsi yang kecil ( 1/4 piring ) dalam sekali makan tetapi durasinya lebih banyak. Sehari makan 5-6 x sehari ( pagi jam 6, menjelang siang jam 10, makan siang jam 1 siang, makan menjelang sore jam 4, dan makan malam jam 7 malam dan dimalam hari jam 10). Porsinya kecil-kecil saja jadi lambung akan lebih mdah mencerna dan tidak perih.

    Sucralfate ( Inpepsa) boleh diminum setiap hari. Dosisnya 2 x sehari 30 menit sebelum makan. Gunanya agar dinding terlindungi sehingga tidak perih. Makanlah dengan jam yang telah ditentukan, jangan telat dan kecepetan. Untuk masalah sebah atau kembung saya menyarankan minum ezyplex 1 x sehari dipagi hari agar pencernaan berjalan lancar dengan ditambahnya enzim-enzim pencernaan.

    Semoga cepat sembuh Rendi :D

  40. Infonya sangat membantu saya yg juga maag kronis. Sy sangat senang bs ketemu blog ini. Thank you.

    =========================================

    Terimakasih

    Semoga blog ini membantu dan sakit maag yang diderita segera sembuh.
    Ayo perbaiki pola makanmu :)

  41. Met malam Bu Rina…..
    Sy punya keluhan perut sering kembung, mual, sakit dikiri bawah perut (tidak selalu), sesak didada kanan, tenggorokan kering spt tercekik,pegal bahu, penat di tengkuk/kepala bawah dan sering pusing. Sy ke dokter sdh bolak-balik, sempat ke internis dan diberi obat lansoprazole, vit 8 komplek dan neurogen. Apakah sy kena maag dan obat apa sebaiknya yg sy minum.??

    ==============================================

    Sekarang yang lebih penting adalah bukan obat apa yang tepat tetapi Oryza harus merubah pola hidup dan pola makan menjadi pola makan sehat.
    Sehat artinya tidak mengkonsumsi makanan yang merangsang seperti pedas, asam, panas, berlemak, bersantan, gorengan. Juga menghindari stress dan kecapekaan karena terbukti stress dapat meningkatkan produksi asam lambung.

    Penyakit maagnya memang kompleks dan perlu penanganan yang lebih baik. Kunjungi dokter spesialis Gastroenetrologi. Minum obat teratur dan merubah pola hidup menjadi sehat. Terimakasih

  42. Dear Rendi,

    Boleh share dokter di Lam Wah Ee itu namanya apa ya? Karna saya juga mau membawa mama yang ada masalah di lambung ke sana. Thank you

    • Dr.Low Eng Joo
      saya hari kamis 12 januari ini balik ke penang lagi. ke rumah sakit Lam Wah EE, mau kontrol & konsultasi. kalau mau jumpa disana? he he

      ======================================

      Pertanyaan Rendi sudah saya jawab.
      Semoga cepat sembuh ya.
      Terimakasih

  43. Dear Bu Rina,

    Saya mengalami gangguan kondisi tubuh sejak 1 tahun belakangan ini…biasanya dimulai dari perasaaan mual mendadak, perut kembung, keringat dingin yang gak terkontrol akan tetapi kadang2 bisa gak berkeringat gak tau penyebabnya apa…saya gak pernah merasa sehat tiap harinya…perut saya gak tentu, kadang makan mual kadang gak makan malah makin mual….kadang2 bisa mendadak seperti gejala mau flu, bersin2 tapi nanti setelah makan dan berkeringat sudah kembali normal…saya pernah konsumsi banyak macam obat, omeprazole, mylanta syrup, simetichone, biasanya akan mengalami keadaan yang lebih baik setelah meminum obat maag akan tetapi keesookan harinya akan begitu lagi, saya sudah bosan minum omeprazol, saya sampai gak tau lagi haru makan jam berapa…biasanya makan malam jam 6-7 malam, sekarang kalo lewat dari jam 4 sore makan maka saya merasa mulai kembung….apa yang harus saya lakukan? sekedar info saya belum pernah merasakan sakit ulu hati, jadi saya gak tau kenapa orang maag bisa sampe terguling-guling gitu, yang saya tau cuma membuat saya gak enak badan keringat yang keluar gak jelas dan perasaan mual….

  44. dear apri yadi,
    begini dok…saya sudah 3 bulan ini menjalankan masa pengobatan,,,tapi sampai saat sekarang ini belum sembuh2 juga..gejala yang saya alami kata dokter tempat saya berobat..yaitu GERD..tapi waktu itu badan saya sempat kaku dan kebas di bagian perut..akibat terlalu cemas akan penyakit ini..jadi saya juga sempat di rawat beberapa hari di RS..tapi kata dokter disana hanya gejala MAGH ringan…tapi saya tidak percaya..karena perut saya tidak pernah terasa sakit…cuma terasa penuh n kembung aja….jadi sekarang gejala yang saya alami..leher saya terasa tercekik…n susah menelan…dan pada leher bagian kanan..terasa ada yang menjanggal seperti dahak…tapi gak mau keluar…dan setelah bersendawa baru terasa agak lega..dan juga saya merasa tidak nyaman akan penyakit ini..sampai saat sekarang ini…mohon saranya ya dok…ke dokter spesialis apa saya harus berobat

  45. Bu mau tanya, hasil endoscopy: Gastritis cronic reflux esophageal disease
    oleh dokter di kasihobat : nexium, aludonna D, dan dogmatil

    apa sudah bener?

  46. Saya sakit di ulu hati stiap hari slma berthn2 . Sy masih SMA .tiap pagi saja sakitnya. Sakit kaya ditekan2 , ga selera makan,. Gejalanya sih ga parah, tapi sering.. Apa itu maag? Cara pengobatannya apa? Tlg jawab,thx

  47. Saya cuma mau tanya

    1. Obat apa yg menghilangkan bakteri h.pylori?(yg menyebabkan dinding lambung menipis)
    2. Apa yg menyebabkan mag membuat sesak nafas?bgaimana cra mengobatinya,

  48. Keluhan pada lambung saya terasa penuh,selalu terasa lapar tiap 2 jam namun tidak ada gejala sakit,yang saya rasakan timbul keringat dingin yg cukup banyak, punggung dan persendian terasa pegal dan pikiran rasanya gak menentu,kiranya tolong informasikan penyakit saya ini apa,tks

  49. saya sudah 3 hari sakit bagian perut ulu hati disertai sulit b.a.b.
    mohon diberi penjelasan untuk obat yg cocok,trims.

    ===============================================

  50. Salam kenal dok!dok posisi sy saat ini dipenjara narkoba!mhn petunjuk obatnya dok!sy menderita sakit diuluhati,kembung sampai kepinggang,terasa panas dr dlm perut sampai keleher,sakit jg dbwh perut dok!sy jg ad sakit sinusitis dan untk dketahui gigi sy byk yg sdh hbs!mhn dksh tau obt ap yg hrs sy minum?krn ktqbtasan sy tdk dpt kedok internis!mhn dbls dok!mksh

    ===============================================================

    Kalo dari penjelasan itu Anthony menderita GERD yang parah.
    Coba saja kombinasi Lansoprazole + Sucralfate.

    Sucalfate ( Inpepsa) diminum 3 x sehari, 30 menit sebelum makan. Diminum pagi dan sore serta malam
    Juga mengkonsumsi Lansoprazole 2 x sehari sebelum makan

    Minum ini selama sebulan penuh.
    Pengobatan GERD harus selama 8-12 minggu bahkan lebih. Nanti setelah sebulan kasih tahu perkembangannya. Kita bisa meningkatkan dosis atau diganti dengan yang lebih kuat. Keep contact ya.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  51. Apakah pantozolare blh diminum bersamaan dgn ranitidine?trus berapa lama diminumnya dok?tlg dok dibalas krn sy didlm penjara dn kterbatasan pengobatan!perut sy skt sekali dok!trima kasih

    ==================================================

    Memangnya disana tidak ada dokter? bagaiman Anthony bisa mengakses internet? lewat handphone atau lainnya?
    Kasihan sekali.

    Pengobatan PPI and H2 antagonis boeh saja dikombinasikan untuk kasus tertentu tetapi saya tidak tahu Anthony sakit maag yang mana?
    kedua jenis obat ini berbeda cara kerjanya.

    Jika nyeri pada ulu hati dan dada terasa sakit boleh mengkonsumsi Lansoprazole. Pantoprazolenya tidak usah diberikan dahulu, Lansoprazole cukup.
    Minum bersama sucralfate ( hanya jika lambung terasa tidak nyaman).

    H2 antagonis ( Obatnya ranitidine) diminum untuk sakit maag yang ada disatu titik saja. Semoga cepat sembuh Anthony :D

  52. Mksh ya mbak!kalo boleh tau no tlpnya mbak dg!lebih mudah dsms mbak!akn sy beli obtnya mbak!ndk mhal kn obtnya mbak?sy akses melalui hp mbak!mhn ksh tau no hpnya mbak!jd sy bs mgbri lgsg kehp mbak!mksh byk!GBU…

    =====================================================

    Kenapa tidak berobat ke dokter, itu jauh lebih baik.
    Saya belum melayani konsultasi lewat handphone dan sudah tidakmenjual obat secara online.

    Berobat dan konsultasikan keluhanmu dengan dokter. Terimakasih

  53. Mau tny lg mbak,kalo lansoprazole it generik ya mbak?trus kalo beli diapotik namanya tetap lanzoprazole mbak?mbak tlg dg no hp mbak biar sy bs mgabari ke mbak lebih mudah!mksih byk ya mbak!TUHAN memberkati mbak!

    ====================================================

    Lansoprazole itu namaobat generik.
    Anthony bisa membelinya di apotek untuk keluhan lambung golonganproton pump inhibitor.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  54. Dsini dokternya dokter umum bu!sy coba untuk minum lansoprazonenya bu!sehari 2x sebelum makan ya bu?dan selama 1bulan?mksh ya bu!

    =====================================

    Semoga cepat sembuh :D

  55. Selamat pagi bu rina,saya sdh beli lansoprazolenya bu.tp sy bc dbrosurnya ditls pemakaian sebaiknya 1x sehari bu?tdk apa2x jk sy minum 1hr 2x bu?mksh bu!dr antoni dilp..

    =============================================

    Saya jelaskan lengkap ya. Dosis bukan angka mati tetapi tergantung tingkat penyakit, usia dan lainnya.
    Dosis lengkapnya seperti ini:

    Adult: PO Peptic ulcer 30 mg once in the morning for 4 wk (duodenal ulcer) or 8 wk (gastric ulcer).
    Hypersecretory conditions Initial: 60 mg/day. Daily doses >120 mg should be given in 2 divided doses.
    Acid-related dyspepsia 15-30 mg once in the morning for 2-4 wk.
    Gastro-oesophageal reflux disease 30 mg once in the morning for 4-8 wk.

    Maintenance: 15-30 once daily.
    Prevention and treatment of NSAID-related ulcers 15-30 mg/day for 4-8 wk.
    H.pylori infection 30 mg twice daily, usually w/ clarithromycin and amoxicillin or metronidazole.
    IV Erosive oesophagitis 30 mg/day for up to 7 days.

    So, banyak sekali macamnya, dosis itu sperti sebuah rentang 15-30mg. Ada yang 1 X sehari ada yang 2 x sehari.
    Untuk Gastro-oesophageal reflux disease 30 mg once in the morning for 4-8 wk.
    Coba lihat dosis didalmnya ada tablet yang 15mg dan 30mg. Jika dosisnya menyebut 30mg maka cukup 1 x sehari.
    Saran saya tetap 2 x sehari karena kasusnya hypersecretory.
    Terimakasih

  56. Saya sdh beli lansoprazolenya bu.tp dibrosur ditls 1hr pemakaian 1x bu!mhon penjelasannya bu.mksh bu

    =============================================

    Sudah saya jawab.
    Sebaiknya memang berobat ke dokter. Terimakasih

  57. Bu,mau tnya kasus penyakit yg lain ya.kalau diatas mata sampai kekening sakit dn hidung buntu serta sakit smpai keleher belakang itu sakit ap ya bu?maksih bu,

    ===================================================

    Saya bukan dokter yang bisa mendiagnosa penyakit.
    Sebaiknya periksakan ke dokter. Terimakasih

  58. Mhon maaf ya bu karena byk brtanya!terus terang dtmpt spt ini dokternza sgt trbts dn obatnya jg trbatas!sekali lg trima kasih bu!skrg sy lg minum lansoprazolenya 2x sehari seblm mkn!selama 4minggu!mksh bu!

  59. Selamat sore bu rina,mau tanya nich jika dibawah pusar sakit apakah itu sakit maag?trima kasih bu rina

    ==============================================

    Sebaiknya cek ke dokter, bisa saja sakit memang maag atau di usus halus ( doudenal ulcer).
    Terimakasih

  60. dear,,, Bu rina
    lam kenal.alhamdulilah dengan blog ini saya banyak masukan tentang penyakit magh.dan kebetulan saya sudah 1 bulan ini mengalami gangguan lambung,sudah periksa ke dktr dan dikasih obat lancid,mucosta,dan Zypraz.alhamdulilah sich dah ada kemajuan,,,,tp masih ada sakitny.

    skrg klo dilihat dari sakitnya di satu titik tapi persisny bukan hulu hati Bu,tapi di bawahnya sebelah kiri (trmasuk lambung kyny yah Bu daerah situ,maaf aga bingung nich Bu),klo ini trmsk tipe magh yg mana Bu,,,,,?klo baca blogh sblmny sich ciri2 yg sy alami mirip dng Duodenal ulcer,,,trus obat ny apa yach Bu….klo digabung dengan obat yg sy minum sblum nya gpp kan sprti Mucosta…..
    trims….smoga Ibu diberikan pahala yg brlimpah dng ilmu yg ibu share kan…….aminnnn

    ===================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Mocosta silakan untuk terus dikonsumsi karena Mucosta mengandung bahan aktif Rebamipide yang dapat melindungi dinding lambung dan usus halus serta menghambat pengeluaran asam.

    Lancidnya juga boleh terus dikonsumsi mengingat Lancid (Lancoprazole) memang digunakan untuk mengobati duodenal & benign gastric ulcer & reflux oesophagitis.

    Kedua obat ini silakan dikonsumsi ( Mucosta dan Lancid) untuk pengobatan 8-12 minggu. Silakan konsultasikan terus setiap bulannya ke dokter. Mohon dijaga makanannya. sama satu lagi, mulai hari ini stop stress karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

    Untk Zypraz adalah golongan obat penenang ( Alprazolam), Mungkin yang tidak mengerti pasti berpikir kok saya dikasih obat penenang? kan tidak sakit jiwa / depresi. Ternyata dokter dapat saja memberikan obat penenang pada pasien sakit maag akan lebih tenang dan rileks. Boleh-boleh saja diminum tetapi kalo tidak kepakeaan dan stress tidak usah diminum setiap hari. Terimakasih

  61. saya mau nanya nih
    1 perut di sebelah kanan suka timbul keram itu gejala apa
    2 obatnya apa kira kira
    3dan saya suka sakit ulu ati
    4 apa yah obat yang pas

    ==============================================

    Untuk kram perut dan sakit diulu hati sebaiknya periksakan ke dokter.
    Tidak bisa langsung minum obat A sembuh. Harus diperiksa terlebih dahulu jenis penyakitnya apa, bisa saja ulcer, GERD, reflux esofagus dll.
    Jenis penyakit berbeda dan tentu saja pengobatannya berbeda. Segera periksakan diri ke dokter spesialis gastroenterologi.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  62. Saya punya sakit GERD yg sudah 1 tahun ini parah.. Setiap hari saya merasakan nyeri di ulu hati..di bagian perut (posisi dimana lambung berada) selalu terasa keras dan tidak nyaman. Sampai skrg saya msh bingung knp sampai selama ini saya blm sembuh jg ya?

    Faktor pikiran katanya jg mempengaruhi.. Dan mungkin jg krn menu makanan saya yg tdk baik,krn saya msh suka mkn sesuatu yg digoreng. Mungkin bisa dishare menu yg baik utk penderita GERD,krn saya masak sendiri jd ingin tahu menu yg baik dan mudah dimasak. Terima kasih

    ===========================================================

    Sebagai cewek kita memang lebih kompleks. Berusahalah utuk mengatur emosi dan mood kita. Karena stress dan banyak pikiran dapat meningkatkan produksi asama lambung, jadi makin perih deh ulu hatinya.

    Mulai hari ini jadilah cewek yang berbahagia, being happy :)
    Jangan cemberut dan terlalu banyak memikul beban. Masalah bukan untuk dihilangkan tetapi untuk dihadapi dan dijalani dengan ihklas.

    Untuk makanan, penderita GERD sebaiknya makan dalam porsi kecil-kecil saja. Maksimal setengah piring kalo mau makan (Pagi, siang, malam).
    Hindari makanan pedas. Ini harus dicatat. Jangan makan cabe.
    Selain itu bersantan, berlemak, gorengan, asam-asam seperti pempek enak hehehe buat saya saja :)

    Menunya semua boleh asal dikurangi pedasnya, tidak asam, hindari makanan bersantan, gorengan. Terimakasih

    • menumakan yg baik utk penderita GERD :
      - nasi lembek yg agak hangat
      - lauknya sup ayam kampung + wortel + kentang + bunga kol
      - minum air putih hangat2 kuku..
      saya juga penderita GERD (sudah jalan 4 bulan)

      • Rendi, setelah ke penang bagaimana sekarang? saya ingin berobat kesana. Saya sudah 2 bulan lebih merasakan keluhan seperti diatas, sekarang yang masih terasa leher seperti ada yang nyangkut kayak leher tercekik, kalau lagi tercekik rasanya pusing, sesaknya sudah jauh berkurang, saya minum PUMPITOR + INPEPSA setelah baca blok Bu Rina ( resep dari dokter juga ). terima kasih rendi and Bu Rina

  63. Pagi bu rina,sy antoni.saya sdh minum lansoprazolenya sampai hari ini.memang ada kemajuan bu,tp kok maaf kalau bb lembek dan warnanya agk pucat.itu kenapa ya bu?apakah efek samping dr lansoprazolenya bu?trus bdn agk lemas bu.mhon tanggapannya bu.trima kasih

    ======================================================

    Sebaiknya berobat ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Saya tahu sulit tetapi diusahakan ya.
    Bila perlu bawa dokternya masuk ke sel untuk diperiksa.
    Makanan harus dijaga (stop makan makanan yang pedas, asam, bersantan/minyak).
    Terimakasih

  64. Dear

    Saya sering sakit pada perut sebelah kanan atas hingga menembus kebelakang…pernah di rotgen di RS hasilnya bagus .menurut dokter saya gangguan pencernaan.belum lama ini jg saya terkena tipes. Hasil tes darah..yg saya mau tanyakan Saya kena penyakit apa ? Sakitnya di perut sebelah kanan kadang suka naik ke ulu hati.bersendawa dan Buang angin kadang berlebih..Terimakasih.mohon reply ke email saya.

    ===========================================================

    Saya akan jawab disini saja. Terimakasih untuk pengertiannya.
    Saya menyarankan Mbak Endang untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis Gastreoenterologi, yang gelar belakangnya Sp.PD-KGEH.
    Bisa saja hal ini disebut dengan GERD. Nanti dokter yang akan meresepkan pengobatan untuk Mbak Endang.

    Mulai hari ini stop makanan yang pedas, asam, berlemak/santan dan gorengan. Makanan harus benar-benar dijaga dan diperhatikan. Terimakasih

  65. Tdk bisa bu!saya ini dperkirakan sakit apa ya bu?perut saya sakit diatas pusar bu.oh ya bu,sy br cabut gigi krn ad sinus yg dcurigai dr gigi yg sdh hbs!apa perlu tmbahan ulsidex bu?krn impepsa mahal sekali bu!mhn tanggapannya bu.mksh

    ===============================================
    Ulsidex bukan untuk sakit gigi dan bukan untuk nyeri dipusar.
    Sebaiknya periksakan ke dokter jaga disana. Terimakasih

  66. Dear mbak rina, saya punya gejala nyeri ulu hati (selalu terasa & tidak sembuh2) & nyeri di lambung bawah (tidak sesering yg di ulu hati) & terasa lega setelah bersendawa. Setelah ke dokter umum dikatakan gangguan lambung & di obati dengan antasid, omeprazole & cimetidin.

    Karena obatnya sudah habis belum sembuh saya berobat lagi ke dokter internis dan diberi obat omeprazole, enzyplex, dan inpepsa sucralfate (obat belum habis & masih proses minum obat). Saya tidak merasakan perubahan yang significant juga setelah berobat yang ke2 karena nyeri di ulu hati masih terasa, apa yang harus saya lakukan. Rentang waktu saya berobat di kedua dokter sampai sekarang sudah memasuki 2 minggu lebih. Apa yang harus saya lakukan?

    ========================================================

    Untuk pengobatan nyeri ulu hati akbibat GERD perlu pengobatan setidaknya 6-8 minggu.
    Obat yang diberikan oleh dokter sudah benar, dilanjutkan saja minum Sucralfate, Omeprazole dan Enzyplex dikonsumsi terus. Obat tersebut harus diminum 30 menit sampai 1 jam sebelum makan (perut kososng).

    Selama proses penyembuhan dan untuk seterusnya kurangi bahkan hindari makan makanan yang pedas, asam, terlalu panas, berlemak/santan, gorengan.
    Jangan kecapekan dan stress karena bisa memacu asam lambung naik.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih
    Setelah obatnya habis minta ke dokter lagi untuk direspkan obat tersebut.

  67. Saya sakit lambung setelah pengobatan DBD,gejalanya hilang nafsu makan,pusing,nyeri ulu hati dan perut sebelah kiri bagian atas,mual kadang muntah,kmudian sy periksa ke dokter,di ksh obat,antara lain: obat racikan 2 macam ada yg cair warna pink dan ada yg di dlm kapsul,selain obat itu ada pula obat nexium esomeprazole 40ml dan mucosta rebamipide 100ml, yg ingin sy tanyakan, apa beda obat nexium dan mucosta itu, apa efek samping dari obat nexium esomeprazole, trims

  68. Mba Rina,,,,,saya mau nanya obat apa sj yg termasuk golongan domperidone ? Terus cr menkomsumsi yg benar sesudah atau sbelum mkan. thank’s by Adi

    ===========================================

    Domperidone termasuk obat untuk mengobati nausea dan vomiting ( mual dan muntah). Berada pada golongan antiemetic.

    Dosis untuk Domperidone: Nausea and vomiting 10-20 mg 4-8 hrly. Max: 80 mg/day. Non ulcer dyspepsia 10-20 mg 3 times/day and at night. Migraine 20 mg 4 hrly. Max: 4 doses/24 hr. Rectal Nausea and vomiting 60 mg twice daily.

    Aturan pakai DOmperidone: Should be taken on an empty stomach. (Take 15-30 mins before meals.) Saat perut kosong (30 menit sebelum makan)

  69. Sore bu rina,sy antoni!2hr yg lalu sy kedokter tmpt sy!lalu sx minta obat buat sinusitis lalu dksh obt racikan interhistin3/4 tablt,alerfed1tblt,ambroxol1tblt,dan st mcm lg sy tdk dpt bc!ini obt racikan!stelah sy minum ngantuk,jantung berdebar,kepala sakit!apakah terlalu keras racikannya bu?mhon tanggapannya!mksh bu!dari antoni

    =======================================================

    Antoni,
    Apakah kamu punya email pribadi? saya akan menjawabnya melalui email saja.
    Kalo punya, tolong sebutkan pertanyaan ini dan kirimkan melaui email saya rina_apt@yahoo.com
    Terimakasih

  70. Saya cm punya imail untk fb aj bu!kalo bs tlg at di antony madju bu!atau hub sy di082132982xxx..tlg ya bu!keadaanku skrg dadaku sesak dan panas juga ulu hati sampai disamping kiri pusar bu!tlg ya bu!TUHAN membalas semua kebaikan ibu!

    =================================================

    Saya jarang sekali menggunakan Facebook untuk komunikasi. Kalo gitu saya jawab disini saja untuk seterusnya.
    Mohon maaf untuk konsultasi via telepon pribadi saya belum sanggup. Terimakasih

  71. Ndk punya bu.sy cm punya fb.tlg at sy di antony madju bu.atau hub sy di082132982xxx bu..saat ini dada sy skt bu,uluhati sampai disamping pusar kiri sakit.tlg ya bu.TUHAN membls semua kebaikan ibu.

    Sore bu rina,sy antoni!2hr yg lalu sy kedokter tmpt sy!lalu sx minta obat buat sinusitis lalu dksh obt racikan interhistin3/4 tablt,alerfed1tblt,ambroxol1tblt,dan st mcm lg sy tdk dpt bc!ini obt racikan!stelah sy minum ngantuk,jantung berdebar,kepala sakit!apakah terlalu keras racikannya bu?mhon tanggapannya!mksh bu!dari antoni

    ======================================================

    Saran saya sebaiknya konsultasi lagi dengan dokter yang kemarin. Sayapun tidak tahu apa isi racikan dokter tersebut, saya tidak bisa mengatakan ini dosisnya salah atau kelebihan karena saya tidak tahu apa isinya. Cek lagi dengan dokter.

    Interhistin [ Interbat ] – mebhydrolin
    Indication: Allergic conditions, urticaria, rhinitis.
    MIMS Class: Antihistamines & Antiallergics

    Obat Interhistin ini memang digunakan untuk Antiallergics. memang ada kaitannya antara sinusitis dengan alergi dan saya menghormati piliha dokter untk memberikan obat ini.
    Untuk efek samping obat ini ( Mebhydrolin) dapt terjadi atau reaksi yang dapat berlangsung yaitu:
    CNS depression; paradoxical stimulation (high doses, children or elderly); headache sakit kepala, psychomotor impairment; dry mouth, thickened respiratory tract secretions, blurred vision; urinary difficulty or retention, constipation, increased gastric reflux; nausea, vomiting, diarrhoea, epigastric pain. Rarely, blood disorders. Convulsions, sweating, myalgia, paraesthesias, extrapyramidal effects, tremor, sleep disturbances, depression, confusion, tinnitus, hypotension, hair loss.

    Mengenai mengantuk, hal itu disebabkan dari penggunaan Alerfed (kandungannya Tripolidine dan Pseudoefedrin) biasanya digunakan untuk yang sakit flu.

    Terkahir mengenai Ambroxol sebenarnya ini obat batuk, jadi tidak usah diminum saja. Terimakasih

  72. Mksh bu!saya rasa gerd sy kambuh lagi!ada tdk ya obat untk alergi yg tdk menganggu lambung trutama penykt gerd!bu,sy jg dksh antibiotik pagi levofloxacin500 dan sore cefixime100mg.kdg2x dada saya tmbh sakit!apa ini pengaruh dr antibiotiknxa yg pengaruh ke lambung!mksh bu ats perhatian ibu kpda sy!TUHAN bls kebaikan ibu.

    ==================================================

    Asam lambungmu sepertinya terlalu tinggi, mohon jangan stress, capek atau banyak pikiran. Selalu positif thinking dalam menghadapi setiap tantangan. Tertawa dan berbahagia salah satu cara bebas dari nyeri lambung. Selain itu mulai hari ini hentikan makan makanan pedas, asam, berlemak/santan. Makanan tersebut tidak cocok untuk perutmu karena masih bermasalah.

    Dengan positif thinking dan menjaga pola makan sudah akan membuat lebih sehat, seperti mensugesti diri sendiri kalo saya pasti sehat.

    Setahu saya antibiotik tidak mengiritasi lambung, memang ada sih tetapi bukan dari Levofloxacin.
    Efek samping Levofloxacin:
    Oral/IV: Nausea, diarrhoea, constipation, headache, insomnia, inj site reactions (IV). Ophthalmic: Transient decrease in vision, ocular burning, ocular pain or discomfort, foreign body sensation, headache, fever, pharyngitis, photophobia. Tidak ada yang menyebutkan sakit lambung.

    Mungkin saja dari Antibiotik Cefixime, disebutkan bahwa special precautions:
    History of allergy to penicillins; pregnancy, lactation; renal failure; GI disease. So, sebaiknya Cefixime tidak dikonsumsi.

    Sekali lagi. Mohon buatlah hidup jadi lebih bersukacita :D

  73. Ada tambahan bu,rahang saya kaku,tenggorokan spt ad yg menganjal,lengan saya sering nyeri dsebab bahu dan tengkuk saya sakit!lidah jg terasa asam dan pahit bu!bu,obt ap yg aman buat penderita sinusitis yg jg ad penykt gerdnya!saat ini sy cb terapi memakai uap air panas kepipi dan hidung sy!mhn jawabannya.trima kasih.

    =====================================================================

    Mas Antony, Saya tetap menyarankan untuk selalu konsultasi ke dokter jika timbul keluhan lagi, dokter yang akan memberikan pengobatan yang lebih tepat. Untuk antibiotik Cefixime mau dilanjutkan atau tidak silakan konsultasikan dengan dokter kalo dari saya sebaiknya diganti dengan antibiotik yang tidak berkaitan GI desease.

    Silakan kalo mau terapi uap hangat. Terimakasih

  74. Mksh bu!TUHAN bls kebaikan ibu.sy sdh cek up lab darah,urine dan jantung!normal bu.!cm trygliserida 210(normal dbwh150)lekosit11.6(normal antara 4-10)dan calcium oxalate positive(1).tp skrg dbwh dada kiri sakit sampai kepaha kiri jg sakit,trus bdn dingin bu dan dada sakit!sy ini skt apa sh ya bu?dsn tdk bs rongsen krn tdk blh keluar bu!mhon sarannya bu.mengenai mknan ud sy jaga bu!sy jg ud tdk merokok bu!trim

  75. Oh ya ad tambhan bu,dr sy tertgkp smpai skrg sdktpn sy sdh tdk mau myentuh narkba lg bu!jd krg lbh 1thn3bln dr sy trtgkp smpai skrg!sy sdh benar2x jera dan sadar btpa jahatnya narkoba itu!dan btpa mahalnya kesehatan itu!

    ===================================================

    Kalo boleh saya bertanya beberapa hal ya?
    1. Mas Antony ada dimana? Jakarta kah? dipusat rehabilitasi Narkoba dan sampai berapa lama lagi?
    2. Kok bisa tahu blog saya dari mana?
    3. Bagaimana bisa dapat koneksi internet memangnya ada warnet disana? atau bawa laptop?
    4. Apakah ada dokter disana? berapa banyak?

  76. Sy tau blog ibu dr buka internet melalui hp bu,maaf mengenai posisi sy,sy tdk dpt ktkn bu!tp sy dpenjara bkn rehabilitasi!hukuman krg 1thn3bln lg dgn mengurus pb bu!dokter dtmpt sy hny st dn hny dok umum!

    bu hasil lab diats td bs djelaskan bu?trus mengenai bdn sy dingin,dada sesak,perut sakit dr ulu hati smpai panas dipaha kiri bu!tenggorokan jg sakit bu,keringat dingin dan punggung skt semua! mgkn ibu tau sy skt ap ya?dokter dtmpt ini tdk bgt pengalaman bu!please bu pencerahannya!mksh.

    ======================================

    Terimakasih untuk informasinya.
    Semoga tidak dilulangi lagi ya karena itu sangat merugikan dan tidak bermanfaat.

    Meskipun terbatas jumlah dokternya menurut saya apa yang dilakukan oleh dokter sudah yang terbaik. Kalo ditanya Antony sakit apa? itu tugas dokter untuk mendiagnosa penyakit sementara saya adalah farmasis/ apoteker dan itu bukan kewenangan saya saya menentukan penyakitnya apa.

    Hal yang bisa saya informasikan dari kumpulan gejala itu adalah penyakit gangguan pencernaan yang sudah kronis (menahun). Bisa jadi ini disebut GERD (Gastroesophageal reflux disease), dimana cairan isi lambung bergerak naik keatas lambung menuju oesofagus ( ulu hati), biasanya penderita akan merasakan nyeri ulu hati, sakit tembus sampai tulang belakang, kadang ada juga sesak nafas, jantung berdebar ( seperti sakit jantung padahal bukan), perih dan mual. Pengobatannya harus dengan waktu terapi yang panjang anatar 8-12 minggu (kronis) bahkan lebih. Dokter lebih tahu obatnya seperti PPi, H2 antagonis, Antasida, Mucosa protecta, antibitoik, antiemetic, bahkan obat penenang ringan-mediaum. Konsultasikan dengan dokter.

    Selain itu bisa juga Gastritis ( meningkatnya produksi asam lambung yang sangat berlebihan, bahkan tidak makan pedas, asampun lambung sudah sangat asam). Untuk itu perbaiki pola makan yang benar dan bila perlu makan yang direbus saja. Terimakasih

  77. Maaf bu mau tanya juga maksudnya antibiotik GI deseace it apa ya?dan umumnya sinus obtnya apa ya bu?dan tdk menganggu lambung yg sensitif ato sedang sakit!trus tetes hidung buat sinus itu apa ya?mhn Pencerahannya bu.mksh bu..

    =============================================

    GI disease = Gangguan pencernaan pada saluran Gastro Intestinal.
    Obat sinusitis? banyak sekali ragam dan terapi pengobatannya tergantung dari pasein dan gejala penyakitnya. Periksakan dengan dokter.
    Untuk obat yang tidak mempengaruhi lambung bisa dengan bebrapa golongan antibiotik. Apa yang diberikan dokter juga sudah benar seperti levofloxacin tanpa efek dilambung.

    Mengenai obat tetes hidung untuk sinusitis itu juga ada tergantung keadaan/ kondisi pasien dankarakter penyakitnya, saya tidak bisa bilang minum obat A saja atau obat B lebih keren. Tidak begitu, saya tidak boleh mempromosikan obat tertentu. Ynag benar adalah Antony harus periksa ke dokter untuk mendapatkan obatnya. Terimakasih

    Apa masih ada pertanyaan lagi? silakan disampaikan sekarang karena sampai minggu besok saya sangat sibuk untuk dinas jadi tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang masuk.

    Satu lagi, biasakan bertanya dan diskusi dengan dokter mengenai penyakitmu atau lainnya. Dokter pasti akan senang menerimanya dan itu adalah hak pasien untuk tahu obat apa yang diresepkan oleh dokter. Terimakasih

  78. Mksh bu!doaku TUHAN berikan rejeki yang melimpah buat ibu!trima kasih buat jawabannya!JBU

    ================================================

    Sama-sama Antony
    Tuhan punya rencana yang indah untuk hidupmu. GBU too

    Sering mampir ke blog ini ya. Terimakasih

  79. Salam kenal bu, mohon syarannya, keluhan awal penyakit sy, mual, muntah.kembung sakit ulu hati,sesak nafas(setengah nafasnya). perut keras dada terasa penuh, jantung berdebar,batuk kering, gelisah.sndawa berlebihan.

    dlm 2 bln terakhir ini sy sdh 2 kl ke dr umum dan 2 kali ke sp.pd.
    obat pertama ;gastrinal, omeprazole,scopmaplus.
    obat ke dua : ultilox forte, omeprazole, buscopan,
    obat ke tiga: musin sirup, omeprazol,buscopan.
    obat ke empat. musin sirup, lanzoprazol, & satu jenis obat penenang sy lupa nama nya.

    sdh 4 dokter yg berbeda sy datangi semua sama bilang klo masalah sy hanya di pencernaan, sy sdh tny kan apa perlu ada tindakan lain seperti, ekg/usg/photo torax dll dokter bilang gpp, makan aja obatnya. tp sampai skrg keluhan yg msh ada, batuk kering(tdk setiap sa’at), kembung, sesak nafas(klo sdg kembung) sdh 2 minggu ini sy tdk konsum obat. sebaiknya gmn bu, terima kasih sebelumnya.

  80. Wah ternyata bu rina nasrani ya?kt st iman ya bu!brkt mlmph buat ibu dan keluarga!JBU ALL

    =======================================

    Yes, Mau itu agam Nasrani, budha, hindu, muslim semua akan saya bantu dan tidak ada perbedaan.
    Terimakasih

  81. Bu,ada yg lupa,sy jg minum obt metylprednisolone!apakh it bs menganggu lambung bu?mohon pencerahannya!trima kasih.JBU

    ===================================================

    Obat -obat golongan korticosteroid hormon memang bisa mengiritasi lambung, salah satunya Methyl prednisolon. Terimakasih

  82. Dok, saya punya keluhan tentang penyakit maag saya. Sakit maag saya sudah menahun dok, cuma parahnya dah 1 taon belakangan ini. Membuat saya sangat amat terganngu. Apalagi dikala tidur. Sesek nafas kambuh.
    Saya dah berobat ke dokter berkali2 tapi nga sembuh2.
    Tapi BAB saya lancar dok, cuma yang mengganggu adalah pada saat berisitirahat saya agak terganggu.
    Keluhan saya :
    Bersendawa yang berlebihan( kalo nga bersendawa rasanya mual)
    Sakit di ulu hati lebi sering daripada diperut sebelah kiri… Dan kalo dah sakit mulai naik ke atas, dan buat saya sulit bernafas, dada terasa panas.
    Skg kalo mau tidur punggung rasanya sakit banget… Semua otot rasanya tegang
    Kalo tiduran apalagi, semua gas rasanya ke atas semua, mau muntah dan sesak… Hidung tersumbat dok.
    Itu kenapa ya dok? Saya dah bosen ke dokter dan makan obat tapi nga sembuh2 jugam

    Pertanyaan saya :
    Apa penyakit saya bisa sembuh dok?
    Obat apa ya kira2 yang harus saya konsumsi?
    Apa perlu saya di endoskopi biar jelas kondisi lambung saya?

  83. Salam kenal bu, mohon syarannya, keluhan awal penyakit sy, mual, muntah.kembung sakit ulu hati,sesak nafas(setengah nafasnya). perut keras dada terasa penuh, jantung berdebar,batuk kering, gelisah.sndawa berlebihan.

    dlm 2 bln terakhir ini sy sdh 2 kl ke dr umum dan 2 kali ke sp.pd.
    obat pertama ;gastrinal, omeprazole,scopmaplus.
    obat ke dua : ultilox forte, omeprazole, buscopan,
    obat ke tiga: musin sirup, omeprazol,buscopan.
    obat ke empat. musin sirup, lanzoprazol, & satu jenis obat penenang sy lupa nama nya.

    sdh 4 dokter yg berbeda sy datangi semua sama bilang klo masalah sy hanya di pencernaan, sy sdh tny kan apa perlu ada tindakan lain seperti, ekg/usg/photo torax dll dokter bilang gpp, makan aja obatnya. tp sampai skrg keluhan yg msh ada, batuk kering(tdk setiap sa’at), kembung, sesak nafas(klo sdg kembung) sdh 2 minggu ini sy tdk konsum obat. sebaiknya gmn bu, terima kasih sebelumnya.

  84. kayanya aku kena GERD .. ciri-cirinya mirip

    ===================================

    meskipun ciri-cirinya mirip sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
    Terimakasih

  85. Aku juga punya keluhan sakit maag, tp sakit nya itu sampai ke kepala,sampai2 3 hr sy berbaring tdk bs bngun krn merasakan skt kpl yg hebat. Tp setelah sy berobt ke dktr,sy d br obat musin sucrafate.deprium dan Strocain. Alhamdulillah maag sy agak b’kurang, yg ingn sy tnyakan apakah penyakit maag itu bs lari nya ke sakit kpl? Dn apakah obt deprium boleh d knsmsi jangka panjang?

    ==================================================

    Sakit kepala dan nyeri hebat bisa saja muncul karena sakit maag. So jangan pernah menganggap sakit maag adalah sepele. Obat yang diberikan oeh dokter sudah benar. Berikut adalah penjelasan kandungan bahan aktif dan fungsinya:

    Sucralfate
    Indication: Duodenal & gastric ulcer, chronic gastritis.

    Degrium [ Ferron ] – flunarizine
    Indication: Treatment & prophylaxis of migraine, peripheral circulation disorders.

    Strocain P [ Eisai ] – polymigel
    Indication: Nausea, hyperacidity, abdominal pain & bloating associated w/ gastric or duodenal ulcer & gastritis.

    Obat -bat diatas sebaiknya dikonsumsi sesuai petunjuk dokter. Untuk Degrium memang obat untuk meredakan migraine tetapi bukan untuk dikonsumsi setiap hari apalgi samapi jangka waktu yang lama. Itu tidak baik. Jika sakit lagi sebaiknya berobat ke dokter dan sebisa mungkin menjaga pola makan yang sehat, dan pola hidup yang sehat. Terimakasih

  86. Hai Ibu, umur sy 34th..sdh hampir 4 th Чƍ lalu sy menderita sesak napas, rasa terbakar di perut sebelah kiri atas, sering lemas, sering seperti radang tenggorokan, kata dokt sy menderita GERD, bahkan katanya cairan empedu sy masuk ke lambung..setelah diterapi dg PPI kondisi sy agak membaik..tp sy sekarang tidak bisa makann banyak, makann sedikit (2-3 suapan) sy sdh tdk bs menelan lagi Кƪø sy paksa makanan bs masuk ke hidung sy..akhirnya sy jd kesedak, demikian jg dengan minum, tidak bs satu gelas habis..akhirnya sy jd kurus dan kekurangan gisi..
    Pertanyaan saya:
    1.Apakah sy benar kena GERD?
    2. Kenapa setelah sy menjalani terapi PPi sy jd kesulitan menelan dan makann sy mnjd sedikit (tdk bs makann byk)?Apakah sy mengalami penyempitan saluran kerongkongan/tenggorokan?
    3. Bagaimana caranya agar sy tdk kekurangan gisi mengingat sy tdk bs makann dlm porsi banyak?Diet apa Чƍ hrs sy lakukan.
    Trims

    ================================================

    Saya jawab satu persatu ya
    1.Apakah sy benar kena GERD? Sepertinya gejalanya memang mengarah ke GERD. Coba konsultasikan lagi dengan dokter apakah hanya lambung saja ataukah ada bagian lain yang luka

    2. Kenapa setelah sy menjalani terapi PPi sy jd kesulitan menelan dan makann sy mnjd sedikit (tdk bs makann byk)? Apakah sy mengalami penyempitan saluran kerongkongan/tenggorokan?

    Terapi untuk GERD memang perlu waktu setidaknya 8-12 minggu baik dengan pengobatan dan terapi pemulihan pola makan. Umumya tidak ada pengaruh PPI terhadap rongga mulut apalagi jadi menyempit. Itu tidak pernah dilaporkan. PPI memang cukup baik dalam pengobatan GERD.Baik tunggal ataupun kombinasi dengan obat golngan lainnya.

    Jika terjadi kesulitan menelan, saran saya mulai hari ini Berhenti makana makanan yang pedas, asam, terlalu panas (hangat lebih baik), berlemak/ santan, berminyak. Mengunyahlah lebih banyak dan makanannya lebih kecil. menggigit makanan lebih kecil dan jika sudah terkunyah sempurna baru ditelan. Buat kondisi lambung menjadi “moderate digest” sehingga lambung bekerja lebih mudah dalam mencerna makanan. lakukan selam 4 bulan kedepan.

    3. Bagaimana caranya agar sy tdk kekurangan gisi mengingat sy tdk bs makann dlm porsi banyak?Diet apa Чƍ hrs sy lakukan.
    Agar tidak kekurangan gizi, tentu saja Mbak Susan harus makan. Makan dalam porsi kecil-kecil (seperempat piring saja) setiap 5 jam sekali. Selain itu cukupkan karbohidrat dan protein. Misalnya sebutir telur dipagi hari. Ikan/ daging lunak disiang hari. Sayur dan buah setiap hari. Biskuit/ camilan kecil ( 3-5 keping dimakan saat pukul 10 pagi dan jam 4 sore. susu dipagi hari. Gizi kamu pasti terjaga. Makanan bergizi bukan berarti porsiny harus banyak dan besar tetapi cukup untuk kebutuhan perhari.

    Setiap hari makan makanan yang direbus, digoreng boleh tapi minyaknya tidak banyak, makanlah setiap 5 jam sekali dalam porsi-porsi yang sangat kecil. Coba makan seperempat-setengah piring saja. Selain itu boleh kok minum Enzyplex 1 x sehari biar pencernaannya lancar. Setelah 2 bulan bisa dikurangi lagi jadi 3 x seminggu ( setiap senin, rabu, jumat). dibulan selanjutnya dikurangi lagi. Terimakasih

  87. saya sakit mag d sertai sesak nafas dan pegal pegal d bagian pinggang

    ==============================================

    Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
    Pengobatannya harus sampai tuntas ( bisa beberapa minggu) agar tidak kambuh lagi. Jaga pola makan ya. Terimakasih

  88. ma’af bu..sy sdh tiga kali posting tp blm dpt jawaban apa ada yg salah mungkin tdk bs terbaca…?Salam kenal bu, mohon syarannya, keluhan awal penyakit sy, mual, muntah.kembung sakit ulu hati,sesak nafas(setengah nafasnya). perut keras dada terasa penuh, jantung berdebar,batuk kering, gelisah.sndawa berlebihan.

    dlm 2 bln terakhir ini sy sdh 2 kl ke dr umum dan 2 kali ke sp.pd.
    obat pertama ;gastrinal, omeprazole,scopmaplus.
    obat ke dua : ultilox forte, omeprazole, buscopan,
    obat ke tiga: musin sirup, omeprazol,buscopan.
    obat ke empat. musin sirup, lanzoprazol, & satu jenis obat penenang sy lupa nama nya.

    sdh 4 dokter yg berbeda sy datangi semua sama bilang klo masalah sy hanya di pencernaan, sy sdh tny kan apa perlu ada tindakan lain seperti, ekg/usg/photo torax dll dokter bilang gpp, makan aja obatnya. tp sampai skrg keluhan yg msh ada, batuk kering(tdk setiap sa’at), kembung, sesak nafas(klo sdg kembung) sdh 2 minggu ini sy tdk konsum obat. sebaiknya gmn bu, terima kasih sebelumnya.

    ========================================================

    Mohon maaf ya Irwan, sepertinya kesalahan disaya. Akan saya jawab sekarang :D

    Menurut saya ini bukan sakit maag biasa, kalo dibiarkan Irwan akan semakin merasa tidak nyaman. Sakit yang dialami disebakan oleh refluk ( asam lambung naik keatas, disebut juga GERD. Googling aja untuk tahu apa itu GERD.

    Sepertinya obat yang diberikan dokter memang berbeda tapi ada kemiripan satu dengan lainnya.
    Untuk itu saya berharap agar Irwan dapat meneruskan pengobatan pada dokter keempat. Saya jelaskan apa saja yang diminum

    Pertama, Musin ( mengandung bahan aktif Sucralfate) yang dapat melapisi didnding mucosa sehingga mengurangi rasa nyeri didinding lambung dan ulu hati. Obat ini diminum 2 x sehari sebelum makan atau perut kosong (paling tidak 30 menit sebelum makan).

    Kedua, Lansoprazole memang termasuk golongan PPi yang efektif untuk peptic ulcer. Obatnya diminum sesuai aturan pakai 1 x sehari sebelum makan (perut kosong).

    Yang perlu diperhatikan adalah jangan samapi asam lambungnya terlalu tinggi, makanlah dalam porsi yang kecil ( hanya seperempat piring kecil) namun frekuansinya sering. Paling tidak dalam sehari makan pagi ( jam 6), menjelang siang (jam 10), siang ( jam 13), sore (jam 16), malam ( jam 19 or 20). Makanlah yang mudah dicerna. jauhi makanan pedas, asma, bersantan/ lemak, gorengan.

    Satu lagi, tetaplah rileks, jangan cemas, cukuplah istirahat dan jauhi stress. Terimakasih

  89. mbak/ibu..saya mo nanya,,sudah setahun ini saya mengidap maag kronis..tiap hari perut kembung,,n klo kumat biasa’ny perut penuh sesak,sulit napas,cemas berlebihan,keringat dingin,n jntung berdebar,bdan lemas…kdang2 kumat’ny cm rasa lapar trus menerus,wlau diksih mkan(biasa’ny smbuh stelah sy ksih obat trus tidur.)….nb:saya jg tdk merasa mual,muntah,,nafsu mkan saya baik…kesimpulan’ny,,saya ini sakit ap..?,,n hrus minum obat ap..??,mohon bantuan’ny,,,makasih.

  90. mbak rina..saya mau tanya,masalah keluhan yang saya rasakan.
    saya memang sudah lama mangidap penyakit maag tp tidak pernah serius menghadapinya. saya merasa itu hal yang biasa, ketika perut perih, perut kembung terus dan sering kentut (terutama bangun tidur, meskipun memakai baju panjang dan selimut tebal), sering sendawa, susah BAB..
    tapi kemarin saya mengalami hal yang tidak biasa,

    saat itu sedang bersepeda malam bersama teman lalu tiba-tiba dada saya sebelah kiri sakiiiitnyaaaa minta ampun,(entah itu perih atau nyeri atauu sakit,tidak bisa menggambarkannya). terutama ketika bergerak dan menghembuskan nafas panjang. rasa pegelnya sampai ke bahu dan puunggung. tapi tetap saya tahan, semaleman susah tidur, saya kira bangun tidur akan hilang tapi ternyata masih berasa. saya coba googling. hasil yang saya dapatkan ada dua yang mengalami kemiripan yaitu maag (GERD) dan malah sakit jantung. menurut mbak bagaimana? saya berusia 19 th bb 52 tb 152. saya anak kos jd telat makan itu biasaa…gmn doonggg..

    ===============================================

    Sepertinya ini bukan gejala penyakit jantung.
    Bisa saja gejala GERD. Saran saya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan, nanti dokter yang akan melakukan pemeriksaan lebih lengkap dan pasti akan diberikan resep untuk mneymbuhkan penyakit tersebut.

    Mulai sekarang ubah pola makan menjadi pola makan yang sehat, jauhi stress, jangan telat makan dan berpikir positif. Terimakasih

  91. benarkah dyspepsia kronis tak bisa di sembuhkan?

    =======================================

    Jika sudah diketahui sejak dini, penyakit dapat disembuhkan.
    Hal yang sering kali terjadi, pasien tidak aware terhadap apa yang menjadi alarm tubuh dan baru sadar mau ke dokter dan diketahui penyakitnya saat keadaannya sudah berlanjut.

    Hal ini tentu memerlukan banyak konsultasi, therapi, dan pola pengobatan yang lebih kompleks. Namun tetaplah optimis untuk memperoleh kesembuhan.
    Periksa ke dokter, jaga pola makan dengan benar, hentikan stress, tidak kecapekaan, istirahat cukup. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  92. saya ingin bertanya teman?apakah gerd bisa sembuh total seperti sediakala dan tidak menganggu aktifitas sehari2?soalnya yg kurasakan cape dikit kumat?terus gogling ada yg berbulan atau tahunan blm sembuh juga.masi kumatan?binun saiya..hehhehe

  93. dear mbak rina yang baik,
    saya sudah 2 tahun terakhir saya mengidap maag, gejala awalnya perut terasa mual, terus menerus bersendawa dan sering muntah muntah.. terdang dada terasa panas, terkadang sampe sesak nafas dan ketika muntah terlihat seperti ada bercak darah. kalo udah muntah2 seperti ini pagi2nya ketika bab feses berwarna kehitaman.
    selama ini saya mengkonsumsi obat seperti omeprazole, radin dan propepsa.
    tapi saya tidak merasakan adanya perubahanm terutama kalau duduk dan berdiri rasa mualnya terus ada.
    kalau tidur terlentang baru terasa sedikit berkurang.
    yang saya tanyakan saya mengidap maag jenis apa? apakah itu akibat bakteri Helicobacter Pylori?
    obat yang cocok buat penyakit saya apa ya mbak?
    terimakasih sebelumnya

    ================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Saya tidak yakin ini hanya sakit maag saja. Penderita maag tidak pernah mengalami feses yang berwarna kehitaman.

    Saran saya Wahyu periksakan diri ke dokter spseialis penyakit dalam. Nanti dokter yang akan memeriksa apakah ada gejala penyakit lain.
    Saya tidak bisa memberikan referensi pengobatannya apa karena menurut saya ini bukan sakit maag biasa.

    Bercak darah ketika muntah menunjukaan ada luka atau peradangan pada organ dalam. begitu juga feses yang berdarah. Saya tidak tahu perdarahannya dimana? bisa disaluran cerna ( usus, colon, lambung, organ lainnya), bila perlu lakukan endoskopi agar diketahui titik perdarahannya dan agar bisa segera dihentikan.

    Segera berobat dan semoga cepat sembuh. Terimakasih

  94. Dok, saya mau tanya… saya sedang hamil 6 bulan. tapi saya punya maag lambung saya sering terasa perih. sebelum hamil obat yg cocok dan biasa saya minum inpepsa. yang saya tanyakan apakah inpepsa bolah diminum saat hamil.
    terimaksih dok….

    ===================================

    Selamat ya untuk kehamilannya.
    Inpepsa mengandung bahan aktif Sucralfate. Menurut Pregnancy Category (US FDA) termasuk golongan B jadi silakan untuk dikonsumsi. Aman untuk digunakan untuk ibu hamil.

    Saya Farmasis/ Apoteker bukan dokter :D

  95. Dok istri sy habis keguguran dan dikuret,salah satu obatnya adalah claneksi,permasalahannya istri sy ga bisa minum obat tiap minum obat harus digerus sedang claneksi tidak boleh digerus, apa akibatnya kalau digerus?apakah boleh jika digerus

  96. Dok, saya mau tanya klau bisa tolong di email jawabannya…maaf krn komp bkn pribadi
    saya pria 36 th tinggi 173 berat dari 87 kg sebulan turun jd 80 kg skrg, pd awal sakit jantung saya berdebar cepat saya cek jantung treadmill, rekam jantung hasilnya bagus, skrg baru tau klau saya ini maag, saya mau tanya apa klau maag itu bisa krn stress ? klau memang di akibatkan karena stress apa obat nya, skrrang sy minum alprazolam 1 mg 1/2 butir x 3 hari, sama minum antiprestin 10 1butir x sehari, tnp obat maag,

    ==============================================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya. Saya akan cek by email. Untk memudahkan saya jawab disini saja ya.

    Memang benar stress yang berlebihan dapat membuat produksi asam lambung meningkat, mengiritasi lambung dan akibatnya nyeri dilambung, terkadang bila terjadi reflux (naiknya cairan lambung keatas) dapat menimbulkan nyeri dibagian dada, sesak nafas dan nyeri diulu hati.

    Saran saya sebaiknya Mas Yono harus lebih banyak istitahat, jauhi kecapkean, jangan stres, harus tertawa setiap hari.
    Untuk pengobatan yang diberikan dokter saat ini memang tanpa obat maag hanya diberikan obat anti depressant. Obatnya sudah benar dan diminum sesuai aturan pakai.

    Kalo sudah tidak stress lagi dengan minum oba tersebut maka produksi asam lambung kan turun dan jadi normal kembali. Konsultasikan ke dokter perlu tidaknya penambahan obat maag. Yang terpenting bukan obatnya tetapi mengibah pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Terimakasih

  97. dok, apa enzyplex boleh diminum oleh ibu menyusui? terima kasih

    ===================================

    Boleh kok diminum :D
    Sama-sama

  98. Terima kasih banyak mbak/ibu Rina untuk sharing ilmu nya serta menjawab pertanyaan2 dgn sabar.kami jd tau lebih banyak ttg penyakit maag&gerd,kebetulan saya jg penderita menahun penyakit tsb dan sampai skrg belum sembuh.
    Krn mbak/ibu Rina spesialisnya di farmasi,saya ingin bertanya mengenai kapan waktu yg benar meminum obat2 berikut ini (sebelum/sesudah makan&berapa lama selang waktu antara obat yg satu dgn yg lainnya):
    -NEXIUM
    -SULCOLON
    -TRIPANZYM
    -MYLANTA
    -INPEPSA

    Jika terjadi kesalahan waktu meminum obat apa akibatnya?
    Terima kasih banyak mbak/ibu Rina,mudah2an berkenan menjawabnya…

    ===============================================================================

    Terimakasih untuk dukungannya.
    Saya juga ingin bertanya kenapa begtu banyak nama obat yang ditanya, apakah ini resep dari dokter? atau cuma sekedar ingin tahu? ataukah obat tersebut yang saat ini sedang dikonsumsi?

    Setahu saya semua obat dari dokter tentu sudah ada aturan pakai ( berapa kali sehari dan sebelum/sesudah makan). Saya jadi ragu jangan-jangan ini obat yang ingin dibeli pribadi atau dari dokter? saran saya jangan diobati sendiri. Periksakan ke dokter ya.

    Saya jelasin informasinya sebagai berikut ( dalam bahasa inggris )

    Nexium mengandung bahan aktif esomeprazole
    Indication: toprevention of rebleeding of gastric or duodenal ulcers following treatment w/ Nexium IV. Soln for inj (vial): Treatment of GERD as an alternative to oral therapy if not appropriate eg patients w/ esophagitis
    dossis : please contact your doctor
    Administration May be taken with or without food

    Sulcolon mengandung baha aktif sulfasalazine
    Indication: Ulcerative colitis, RA, ankylosing spondylitis, seronegative spondyloarthritis

    Tripanzym mengandung activated dimethylpolysiloxane + pancreatin
    Indication: Meteorism as in aerophagia, pancreatic insufficiency, hepatic, biliary, gastric & intestinal disorders, post-op meteorism, flatulence, gastro-cardiac syndrome. As antiflatulence in preparing patients
    Dosage 1-2 caplet. For radiography/Roentgen 1 caplet 4 times daily for 2 days.
    Administration Should be taken with food

    Myalanta mengandung aluminium hydroxide – aluminum hydroxide + magnesium hydroxide + simethicone
    Indication: GI hyperacidity, peptic ulcer, gastritis, dyspepsia & flatulence.
    dossage : Dosage 5-10 mL between meals & at bedtime.
    Administration :Should be taken on an empty stomach (Take 1 hr after meals.).

    Inpepsa mengandung bahan aktif sucralfate
    Indication: Duodenal & gastric ulcer, chronic gastritis.
    Dosage : Adult 2 tsp 4 times daily.
    Administration : Should be taken on an empty stomach (Take on an empty stomach 1 hr before or 2 hr after meals & at bedtime.).

    • terima kasih banyak mbak Rina sudah bersedia menjawab pertanyaan saya, semua obat diatas adalah obat yg diberikan dokter kpd saya ditambah dgn 2 obat lg yaitu: AMOXICILLIN 500mg dan ABOTIC XL 500mg, yg harus dimakan 2Xsehari 1tablet.
      sedangkan NEXIUM dan SULCOLON dan TRIPANZYM sebelumnya disuruh minum 2Xsehari 1tablet seminggu kemudian dinaikan menjadi 3Xsehari 1tablet.
      yg semua saya minum setelah makan, kecuali MYLANTA&INPEPSA yg saya minum sebelum makan, apakah sudah benar cara makan obat tersebut? krn saya merasakan malah tambah tidak enak(sakit&pusing) setelah meminum obat2 tersebut dan jg saya rasakan lidah seperti kebas&mulut terasa kering.

  99. Ulu hati saya yg sakit,udh 2 hari ini,blm ke dokter cuma minum mylanta,tpi ga ada efek apa apa dan ga ada tanda tanda bdan saya membaik. ulu hati sakit,d ikuti badan gemetaran,keluar keringat dingin,trkadang punggung rasanya pegel pegel juga. Itu maag juga ya?atw bukan?terima kasih.

  100. Ulu hati saya yg sakit,udh 2 hari ini,blm ke dokter cuma minum mylanta,tpi ga ada efek apa apa dan ga ada tanda tanda bdan saya membaik. ulu hati sakit,d ikuti badan gemetaran,keluar keringat dingin,trkadang punggung rasanya pegel pegel juga,dan kadang2 dada berdebar debar. Itu maag juga ya?atw bukan?terima kasih.

  101. Saya pria 36 th tinggi 173, berat 80 kg

    Sebulan yg lalu saya mengalami lemas dan jantung berdebar dengan cepat, lemas sampai mau pingsan, saya di rujuk ke rumah sakit jantung harapan kita, stelah rongent dan EKG smua normal, lalu saya disarankan untuk treadmill itu juga normal, Saya cek lagi ke bagian paru normal juga, setelah ke dokter umum saya di diagnosa maag, tapi stlah saya rasakan kenapa penyakit maag yang saya rasakan beda dengan yang teman saya rasakan seperti :
    - dipunggung seperti sakit dan ada yg berjalan dan ngilu dan sakit
    - di ketiak terasa ngilu terutama di ketiak sebelah kiri.
    - klau tidur tidak bisa miring, klau miring jantung berdebar terutama jika miring ke kiri.
    - tengorokan sering tegang jika lagi asam lambung naik.
    - ditambah terkadang naik kehidung itu bikin pusing.
    - klau tidur saya harus posisi bantal yang tinggi.

    yang sama ciri nya dengan maag :
    - Bersendawa.
    - Perut terasa kencang karena gas
    - Kluar keringat dingin.
    - Lambung sakit.
    - Perut atau usus didalam perut terasa perih
    - Susah BAB
    - Sakit di Ulu hati

    saya mau tanya apa kah saya kena penyakit GERD atau MAAG ?

    apa yang harus saya lakukan karena sekarang saya stress dan sekarang menjalani terapi di spikiater, untuk menurunkan ketengangan dan was – was,

    obat yang diminum untuk penenang adalah :
    - Antiprestin 10 mg diminum 1 x dipagi hari (sesudah makan)
    - Alprazolam 1 mg diminum 1/2 table 3 x sehari (sesudah makan)

    Obat yang buat maag :
    - Omeprazole 20 mg x 1 dipagi hari ( sebelum makan )
    - Kalxetin 10 mg x 1 dipagi hari ( setelah makan )

    Setelah saya minum obat tersebut masih saya rasakan gejala maagnya, terutama yang sangat menggangu adalah jantung berdebar di tambah pegal dibawah ketiak dan dipunggung belakan seperti ngilu atau panas juga di pinggang belakang terasa panas.

    Mohon bantuan infonya nya tentang penyakit yang saya alami, untuk membuat keseharian saya lebih tenang, terima kasih sebelumnya

  102. Tahun lalu, oleh dokter specialis asthma saya di diagnosa terkena GERD, lalu di beri obat racikan untuk mengurangi asam lambung tsb, selang 6 bln berikutnya kena lg lalu di beri omeprazole plus harus menghindari makanan yg memicu munculnya GERD.
    GERD yang saya alami, ciri2nya tidak seperti tersebut di atas (seperti nyeri pada ulu hati, perut sebelah kiri bagian atas sakit, badan terasa mual muntah, sakit tembus kebelakang terkadang disertai nyeri pada jantung), tidak seperti itu. Yang sangat terasa adalah tiba2 terjadi batuk -mulanya pendek pendek…trus lalu berkepanjangan tanpa putus seperti orang yg sedang tertawa geli sekali. Setelah itu lalu menjadi sesak yg amat sangat tdk mengenakkan krn seperti orng di cekek (beda dgn sesak dr paru-paru), jika sudah seperti itu saya harus makan, makan apa saja tp dgn porsi kecil lalu menunggu makanan tsb berproses +/- 30menit-1jam untuk menghilangkan batuk disertai sesak tsb. Setelah batuk hilang, yg tertinggal sesaknya, sesak ini saya obati dgn seretide (obat hirup khusus buat teraphy asthma).
    Tapi lama kelamaan GERDnya makin menjadi dan jika sdh seperti itu mau tidak mau saya harus mengkonsumsi Omeprazole, baru bisa benar2 lega….
    Kemarin saya disarankan untuk minum Ranitidin, katanya itu lebih efektif di banding Omeprazole.
    Mohon penjelasannya, apa perbedaan antara Omeprazole dan Ranitidin untuk yang kena GERD ? Apa efek masing-masing bagi tubuh jika di konsumsi dalam jangka waktu lama ?
    Apakah GERD = maag ?

    Terimakasih sebelumnya

    Salam hangat,
    Rien

  103. Hallo mbak Rina,
    Ga sengaja browsing cari artiikel inpepsa. Nemu blog bu Rina. Kebetulan maag sy lg kambuh. Sy biasa minum omeprazole, Ranintidine, inpepsa, Braxidin.
    Kalau boleh sy share pengalaman sakit maag sy untuk teman2 juga. Krn dulu sy pernah mengalami “gangguan lambung” selama 1 tahun. Sudah sgl macam obat dicoba sampe pake obat maag yg disuntik (Acran) tdk kunjung sembuh. Bahkan internist pun menvonis sy GERD, tapi tetap tidak ada perubahan. Ternyata “gangguan lambung” sy disebabkan krn depresi (dispepsia anorganik). sy ke Psikiater dan diberi Xanax. Setelah minum Xanax lambung sy langsung nyaman. Dr pengalaman sy, kalau maag nya bertahun2 “mungkin” bisa jadi itu krn psikis (ada penyakit lain). Soalnya setelah kejadian itu, kalau maag biasa (dispepsia organik) karena telat makan jadi luka lambungnya minum obat maag yg seperti Bu Rina sebutkan dan diet maag ,lambung sy dalam 2 hari saja sudah membaik.

    Mudah2n pengalaman sy bermanfaat untuk teman2 semua. Dan penjelasan2 Bu Ina pun banyak memberikan manfaat untuk kita semua.

  104. Hallo Mba Rina, Nama Syamsul, saya mengalami sakit sudah 6 bulan saya sudah minum banyak obat seperti: inpepsa, Nexium esomeprazole, lacidofil, trypanzym, Domperidone, dan lain2 seperti broxidin,dan storchain namun sampai sekarang masih belum ada perubahan, uluh hati perih dan menusuk ke atas sampai dada terasa sakit, nafas agak nyesak, mulut terasa asam, kalau telat makan bisa sampai gemetar, kaki keram dan dingin, namun saya belum melakukan endoskopy, mohon bantunnya mba kira2 saya menderita maag atau jenis apa ya mba dan jenis obat apa ya yang cocok buat penyakit saya? sekali lagi terima kasih ya mba sebelumnya.

  105. Selamat sore dokter
    saya pria 36 th tinggi 173 cm berat awal 89 kg, stlah saya sakit ini slama 2 bln turun menjadi 80 kg, yg saya alami adalah awal dada berdebar cepat sesak napas, saya cek ke dokter jantung di ekg, rongsen, treadmill smua hasilnya normal, trus keluar lendir seperti gel saya cek ke dokter paru juga normal, saya kedokter umum saya katanya kena maag, tp smp 3 bln ini maag saya tidak sembuh, dengan ciri 2 :
    - badan lemes, pucat
    - sempoyongan
    - telinga trkadang berdenging
    - sering sendawa
    - buang angin klau malam dan pagi
    - perut kembung / begah
    - perut sering bunyi walau sdh diisi makanan
    - mual klau sedang begah / kembung.
    - jantung masih berdebar.
    dan saya mau tanya apa klau asam lambung bisa masuk kedalam peredaran darah ? krn dikulit saya seperti ada ruam merah, dah dihidung saya juga ada ruam merahnya bibir juga seperti pahit / asam.

    mohon penjelasannya mengenai penyakit saya dan saya harus berobat kemana bu

  106. selamat malam bu dan salam knl,sy mau nanya bu,sy pnya kluhan,awalnya sy minum telor ayam kampung yg msih mentah.berselang sepuluh menit tiba2 jantung sy berdetak kencang kyk serangan jantung,kira2 gjala apa itu bu?terima ksh atas informasinya.

  107. saya pria umur 46 th mau nanya perut saya kadang kadang rasanya tak nyaman dan jantung kadang kadang berdebar kencang,awal dari kejadianyan ketika selesai makan sate kambing,saya ke dokter di periksa tekanan darah bagus rekam jantung bagus kolesterol normal katanya mag di kasih obat tapi kok kadang2 msih timbul. apa benar mag dok mohon saran dan solusinya terimakasih banyak.

  108. saya akhir2 ini tiap pas makan perut bag tengah diatas pusar(mngkin tngah2 antara pusar dan uluhati) agak nyeri,tpi samar2,,pas aq tekan2 ga berasa,,,tpi pas makan lgi,,nyeri ringan lgi,,,ini gejala sakit apa ya,,??,,,nb:saya jg mengidap maag kronis sjak feb 2011…

    =======================================================================

    Saya tidak dapat mendiagnosa sakit apakah ini, saran saya coba periksa ke dokter spesialis gastroeneterologi.
    Dengan pemeriksaan lengkap maka akan diketahui sakit apa dan bagaimana cara penyembuhannya.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  109. selamat sore ibu dokter yang saya hormati.

    Ibu saya ucapkan sbelumnya terimakasih.

    Saya mempunyai magg sudah 1tahun yg lalu saya sering sendawa terus, kembung namun tidak disertai sakit lambung..
    1/2 bulan yg skarang saya merasakan,
    1. jika setelah makan saya selalu bersendawa, jika tidak bersendawa kpala saya pusing, mual, gelisah dalam psikologis, sakit di bawah jantung(mungkin lambung). dan jika setiap malam saya slalu susah tidur karna perasaan gelisah.
    Obat apa yg harus saya konsumsi agar tida merasakan hal tersebut?

    2. Obat apa yg harus saya konsumsi agar saya sembuh, utk konsumsi jangka panjang.?

    Saya sangat terrsiksa dengan asam lambung ini.

    Saya pani umuq saya 18thn.
    Saya ucapkan terimakasih banyak, karna saya tida mempunyai uang utk konsultasi langsung dgn dokter.

    Saya ucapkan Terimakasi bamyak ibu dokter

    ====================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya. Saya bukan seorang dokter tetapi Farmasis/ Apoteker.

    Jangan jadikan ketiadaan biaya sebagai alasan untuk tidak berobat danmemperoleh kesembuhan.
    Mohon untuk segera berobat ke Puskesmas, setahu saya berobat di Puskesmas sangat terjangkau.

    Proton pump inhibitor, H2 Antagonis, mucosa protecta dapat menngurangi derita dari sakit maag komples ini.
    Sebaiknya berobat dan mintakan selalu obat generik dengan harga terjangkau. Obat generik terbukt sama dengan obat paten.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

    • makasi banyak mba rina sudah menjawab.
      Maaf kira saya dokter. Maaf mba.

      Saya sudah 5x k pskesmas, slalu d kasi parasetamol 500mg, cimitidine, ama antasida tablet.
      Tapi kurang memuaskan mba.
      Saya k dokter klinik jg d ksi vesperim, librozim , sama 1 lg obt nya lpa.
      Kurang mempan

      saya belum ada uang utk ke dkter specialis mba.

      Tp ktika bli lansoprazole dulu aga mendingan.

      Bole saya tau cara pakai obat yg mba rina sebutkan?
      Makasi mba mohon d balas. Makasi mba

  110. bu,saya hbs minum obat radang tenggorokan perut suka sakit dan kaya kembung…
    mohon pencerahanya.terima kasih

    =================================================

    Abdul sebaiknya berobat dan konsultasikan ke dokter agar mendapat pengobatan yang lebih tepat dan minimal efek samping.
    Terimakasih

  111. Salam kenal mbak rina .
    Apakah penderita GERD bisa sembuh total ?
    terimah kasih atas jawabannya

    =======================================

    Salam kenal juga Naldy :D
    Hal itu tergantung dari tingkat sakitnya.
    Jika sudah ditangani sejak dini maka penyakit apapun kemungkinan besar untuk semua sangat besar.
    Tetapi jika terlambat ditangani maka akan besar pun efek yang ditimbulkan.

    Segeralah berobat dan jangan sampai terlambat. Terimakasih

  112. GERD bisa sembuh dengan banyak menelan air ludah. Air ludah adalah berkah dan Air ludah adalah obat maag dan Gerd yang terbaik. Kalau kembung, berdiri dengan ujung jari, jalan di tempat, lutut tetap lurus. Selama nafsu makan baik dan BAB baik, usus sehat dan Perbanyak makan buah

    ==========================================================

    Saya tidak sependapat dengan komentarmu”GERD bisa sembuh dengan banyak menelan air ludah”.
    Saya tahu manfaat dan fungsi air ludah tetapi itu bukan utuk mengobati GERD. Sebaiknya tetapi konsultasikan dengan dokter karena GERD sangat berpengaruh terhadap produksi asam lambung dan bukan jumlah air ludah.

    Berdiri dengan ujung jari juga tidak akan membuat sakit maag sembuh. Ke dokter merupakan cara yang tepat sekaligus juga merubah pola makan, cukup istiahat, jauhi stress. Terimakasih

  113. Selamat malam Bu Rina… :)
    saat menulis komentar ini, saya sedang dalam kondisi sakit “seperti Maag GERD” … (gejala : perut kembung, napas “seperti sesak”, nyeri ulu hati, kadang jantung berdebar2 kencang tidak biasa) , sudah kerasa skitar 3 bln yang lalu,, saya seorang mahasiswa, rasa nya ingin sekali melakukan penyembuhan total ke dokter secara intensif dan berkelanjutan,, tp sayang sekali saya merasa terbatas dengan dana karena blum bkerja, jauh dari orang tua, dan orang tua pun pas-pas an….
    Oleh karena itu saya mohon saran aja dari bu rina, kalo saya beli obat dari apotek,, kira2 apa obat nya,, bagaimana prosedur minum obat nya, dan berapa lama pengobatannya??
    Terimakasih bu rina, semoga Tuhan membalas kebaikan bu rina… :)

    ======================================================

    Mohon jangan merendahkan orang tua, orang tuamu tidak pas-pasan bahkan mereka terbukti sangat mampu karena mampu membiayaimu kuliah dan hidupmu samapai hari ini.

    Saya juga pernah jadi mahasiswa dan mengalami sakit seperti itu, sakittttttttttt sekali dan itu terjadi saat saya stress, kecapekan, kurang tidur dan banyak tugas kuliah. Lanatas bagaimana saya menyembuhkannya.

    Pertama saya berobat kedokter. Pergilah ke dokter, tidak harus dokter spesalis yang mahal. Cukup ke dokter umum atau klinik/ balai pengobatan, atau bahkan puskesmas. Ceritakan riwayat sakitmu dan nantidokter yang akan memberikan penyembuhan dengan resep yang tepat. Obatnya diminum sesuai aturan pakai.

    Saran saya minumSucralfate 2 x sehari sebelum makan untuk melapisi dinding mucosa lambung bar tidak terlalu perih, selebihnya tetap periksakan diri ke dokter. Yang terutama dari segala obat adalah memeperbaiki pola makan dan pola istirahat dengan baik. Jangan terlalu capek, harus istirahat teratur dan menentukan prioritas. Semoga cepat sembuh.
    Terimakasih

  114. saya sakit maag (kembung + bersendawa) sudah 4 tahun, tapi dalam sebulan belakangan ini bertambah parah, setiap hari badan terasa meriang , lemas, uluhati sakit dan telapak tangan dan kaki berkeringat.. selama ini sudah sy obati dengan mylanta, impepsa dan saat ini sy obati dgn omeprazole + dramamine, tetapi blm kunjung hilang gejala” yg td sy sebutkan.. mohon bantuan infonya sy hrs berbuat apa.. sebelum dan sesudahnya sy ucapkan byk trm ksh, dan sy sgt berharap sekali jawabannya..

  115. Assalamu’alaikum Mbak Rina :)
    Mohon infonya, apakah digest lansoprazole dan elsazym (pancreatin, bromelain, smethicone) dapat dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan? untuk digest saya konsumsi malam hari. akhir-akhir ini saya sering merasa kembung, mual dan nyeri di ulu hati. ketika berobat, saya juga diberikan suplemen makanan synbio (konsumsi sblm makan). Kiranya mbak Rina bisa memberikan pencerahan. Terima kasih sebelumnya :)

  116. Ass. mbak. saya ibu menyusui yang terkena sakit maag. sbelumnya sekitar 1 tahun yang lalu sudah sakit maag sampai muntah ketika makan waktu itu sama dr diberi obat axidin dan cimetidine, 1 kali berobat langsung enakan, dan sekarang gejala maag saya perut seperti diperas (kayak masuk angin yang nusuk2) dan panas di uluhati.

    saya sudah ke banyak dokter dan gak sembuh2 dan sekarang lagi terapi dengan ranitidin 2x sehari dan lansoprasol sebelum tidur. tetapi sudah 1 minggu masih kambuhan setiap hari lebih dari 1x sesudah makan. apakah pengobatan yang saya lakukan sudah betul? amankah penggunaan obat tersebut untuk sya yang lagi menyusui? trimakasih sebelumnya.

    =================================================

    Obatnya sudah benar. Obatnya harus diminum dalam keadaan perut kosong atau 30 menit sebelum makan.
    Coba beli sucralfate di apotek dan diminum 2 x sehari sebelum makan. untuk melindungi mocosa sehingga mengurangi rasa nyeri.
    Cobalah untuk tenang dan cukup tidur. Obat-obatan tersebut boleh dikonsumsi untuk ibu hamil dalam jangka pendek. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  117. Selamat siang…
    Akhirnya saya nemu blog yang memberikan penjelasan dengan sangat rinci.
    Mba… saya sudah mengalami sakit maag selama 9 bulan ini… awal saya kena, saya alami sesak nafas, lemas n jantung berdebar. saya sudah ke internist tp tak kunjung sembuh..jadi saya putuskan untuk menghentikan sementara konsumsi obat kimia. Yang sering saya rasakan saat ini adalah sendawa terus menerus… nafas terasa berat/sesak nafas..n sedikit pusing. rasa pedis di kerongkongan hingga dada kalau sendawanya banyak. Pada hal saat ini saya sudah menjauhi seluruh pantangan.. kira2 apa yang harus di lakukan lagi.. Thanx

  118. Sya mhiny…
    Sya mau nanya,sya sering sempoyonga,mgkin tiap hari,rasanya ngga ada. Tenaga,terasa sesak,skt kepala,dan kadang dada nyeri,dan perut kadang sakit kanan Țau kiri
    Sy sring ke dokter…..tp tdk ada perubahan sma skali
    Mohon infox sakit saya ini obatnya apa dan maag jenis apa…..terimakah kasih

  119. Sakit lambungku sdh 1 thn blum sembuh aku konsumsi ameprazole dan braxidyn , skrg BAB sedikit2 terkadang mencret berlendir . Badan tdk stabil gampang lemas dan cemas. Mohon saran

  120. Salam kenal mbak.. Terima kasih sebelumnya, Blok ini sangat2 bermanfaat. Saya laki berusia 26 tahun, akhir2 ini perut sebelah kanan saya terasa seperti ada yang mengganjal, sebelumnya n sampai sekrang sy terkena penyakit maag, sy sdh cek kolesterol 186 (normal). Apkah prut kanan yang mengganjal itu pengaruh dri maag??? atau sya terkena penyakit liver atau batu empedu? Sebelumnya maag saya tdk terlalu keras.. Tpi sdh 3 hari ini, perut sebelah kiri saya (lmbung) sering nyeri 3 jam sekali,, kepala menjadi sakit dan pusing, produksi air liur berlebih, dan diikuiti degan perut sebelah kanan yng terasa mengganjal sampai tembus kebelakang… Mohon bantuan penjelasannya mbak…. Terima kasih… Sukses selalu

  121. Salam kenal bu Rina,

    saya ingin nanya nih bu rina, ibu saya sperti menderita maag kronis / GERD, berat badan menurun, tinggi 155 cm, berat trakhir cuma 44kg, ini dialami sudah bbrapa tahun, kmren saya lakukan medical checkup di RS hasilnya normal dan bagus, cuma USG terdapat keluhan yaitu batu empedu dan miom,
    ibu saya sering mengalami sendawa yg berkali kali, dokter pun memberikan obat Prazotec 30mg dan Vometa 10 mg utk lambung dan urdafalk utk pengobatan batu empedu, cuma kadang kalau kumat muntah nya obat maag saya tambahkan juga Inpepsa,
    yg ingin saya tanyakan adalah apakah perlu dilakukan endoskopi untuk kasus ibu saya ini bu ? terus apakah ada hubungan antara batu empedu dengan muntah2 yg sering dialami ibu saya ?
    dan apakah obat yg diberikan dokter untuk pengobatan maag ibu saya sudah tepat bu ? sebagai informasi sebelumnya ibu saya juga pernh diberikan Nexium oleh internis lainnya. apakah Prazotec mempunyai efek lebih kuat drpd Nexium ?

    Makasih banyak sebelumnya bu rina :)

  122. Saya mempunyai penyAkit nyeri di ulu hati,mual,pusing, n dibarengi demam jg nyeri tulang, itu sakit pa ya dok?
    Kmarin setelah saya berobat saya dikasih obat anadex, cefadroxil 500 mg,vometa ft domperidone 10mg, n yg satunya g da namanya, tp rasanya sejenis promag,.
    Setelah saya minum obat tersebut kok rasanya lemes n g enak perut kayak pengen muntah ya?
    Setauq vometa tu kan buat mual, sdangkan salah satu efek samping cefadroxil itu mual, pa g bertentangan dok?
    Apa ada obat lain yg lebih cocok dg saya dok?
    Tolong saranya ya dok… :) thx

  123. Sy didiagnosa antral gastritis,obat apa x cocok buat saya,apakah penyakit sy identik dengan bakteri???tapi sampel lambung sy tdk menunjukkan adanya bakteri dilambung.thanks

    • hi silvi,saya juga abis melakukan endoscopy dengan hasil gastritis antral ringan dengan hasil biopsi gastropati erosiv akut . 3 minggu pertama setelah endoscopy saya dikasi obat ranitidine,lansoprazole,spasmium dan pankreoflat.setelah 3 minggu berikutnya dikasi obat lansoprazole,spasmium dan enzyplex… semoga bs membantu

  124. dear bu Rina
    saya sering sekali merasa nyesek ke ulu hati, apalagi kalo nafas suka sakit dan gak full, artinya tidak plong tarik nafas nya.
    bahkan ketika tarik nafas suka sakit mulai dada tengah sampe ke tulang belakang terasa ke angkat, sakit, saya udh periksa ke dokter tapi katanya hanya maag lambungnya bengkak. saya udh rontgen katanya gejala bronchitis,. jadi sebenr nya yg mana penyakit saya, saya udh konsumsi obat Tripanzym punya ibu saya, dan alhamdulilah bisa kentut dan nafas agak legaa…
    mohon saran nya ya bu..

    =============================

    Oke, nanti akan saya jawab dalam postingan. Terimakasih

  125. Dok, kami buka blog ini pagi-pagi, sangat menolong info & tanya-jawabnya. Tdk sangka, skt maag ada macam2. Putri kami baru 10 thn kok sdh kena ya, padahal tdk trll suka gorengan, jarang skli makan sosis-nugget-mie dll yg diawetkan, tdk makan yg asem2…., tapi santan iya, kopi iya (dlm puding), makan panas2 iya (kami sekeluarga suka), pedes iya.

    Oya, obat yg diberikan Dr. kmrn: Domperidon sirup 1/2 jam sebelum makan, dan Spasmacine 1/2 butir saja sesdh mkn kalau sakit perut. Keluhannya sdh 2-3 hari ini sakit di daerah perut (ulu hati?), tapi bukan di kiri, bilangnya di tengah, juga sampai ke bagian belakang pinggang. Kasian lihatnya, sampai keringat dingin terus n agak pucat. Tapi terjadinya selalu setelah makan (Sabtu siang, malamnya, Minggu siang, malamnya (walaupun sdh minum obat dr Dr.) Minggu2 lalu memang sempat agak encer BAB nya (kepedesan) & pilek, sesak nafas (sy kira asmanya kambuh). Sy cuma balur2 badannya biar hangat n taruh botol air panas di daerah perut.

    Kira2 berapa lama pengobatan anak sy ini? (sy lihat obatnya cuma utk 2-3 hari, padahal kalau baca2 info di sini anak sy sepertinya menderita GERD??). Apa bener, kadang maag mulainya krn diare? Trus Domperidon kok spt obat utk ibu hamil? Maaf Dok, pertanyaan panjang…… Dan trima kasih atas jawaban yg diberikan.

    ====================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya, silakan bertanya kepada saya Farmasis/ Apoteker :D
    Saran saya jika nanti obatnya habis, sebaiknya berobat lagi ke dokter spesialis penyalit dalam bagian gastroenterologi. Beliau ahli untuk masalah Gastro (pencernaan). Satu lagi, sakit maag bisa menyerang siapa saja. Maag bukan karena makanan tetapi juga faktor fisik dan psikis.

    Saran saya kalo lagi sakit jangan menangis, tenangkan diri. Mengkonsumsi Ranitidin 2 x sehari sebelum makan (perut kosong) dapat membantu mnegurangi nyerinya. Selama 6-10 hari. Domperidone bukan untuk ibu hamil saja tetapi juga kepada mereka yang merasakan rasa mual muntah dan rasa tidak enak diperut.

    Kalo ditanya maag dan diare memang berkaitan karena keduanya masih dalam masalah saluran pencernaan. So, segeralah ke dokter dan perbaiki pola makan menjadi lebih sehat. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  126. Mbak sya mau tanya,bulan kmrn saya abis di rwt di rs karna maag sya yg tdk kunjung smbh selama 2 minggu,sudah ke 2 dktr dan di ksh bermacam obat ttp sakit,akhir’a dirwt inap dan melakukan endoskopi,kta dokternya usus 12 jari sya meradang trus diksh obat neciblok sm lancid, tp sampe skrg msh terasa sakit perut sya sampai ke punggung dan sempat mual,mules dan buang air besar kurang lancar biasa’a cm terasa mules sja. Yg mo sya tnya obat tu cara pemakaian yg benar gmn?dan kira2 sudah sesuai dgn pnykit sya atau tdk apa perlu ditmbh obat lg?ada tdk obat untk menghilangkan rsa skt?trus radang usus itu bsa smbh total kan?
    Terima ksh..

  127. Saya merasakan sakit d dada.nafas saya menjadi sesak,sangat sesak.besoknya jantung saya sangat nyeri,detak jantung saya sangat cepat.. Sebenarnya saya sudah merasakn ini 2 minggu yg lalu.karna sblm nya saia jg prnh d rawat dgn sakit hepatitis.. Jadi saya kira nyeri d perut ini karna penyakit hepatitis yg saia alami,tp ternyata salah..sakit maag yg blm prnah saia alami kni sudah parah.saya mau tanya bu,apa yg harus saya lakukan,n obat ap yg cocok buat saya.makasi..

  128. Saya persis menderita GERD. Dah 4 thn berobat kmana2 lom sembuh. Mta tlg di beri contoh pngobatan yg tepat yg hrs saya minum stiap hari. Trimakasih

  129. Salam kenal mbak Rina,saya M.NAinggolan saya punya keluhan, sakit maag/GERD, persaan saya, 3 bulan lalu peri perut bagian bawah, saya uda 4 x masuk rumah sakit/alias otname, kata dokter saya kena penyakit asam lambung dan obat yang diberi LAnsoprazole/omeparazol ?e, antasida/propat, domperidone, aprazolam, namun sekarang persaaan saya setiap naik asam lambung itu dada dan ulu hati saya sangat panas kadang sakit terasa ke jantung dan sakitnya sampai ke punggung, dan kadang kadang bila saya tidur jantung saya berdebar sangat kencang namun jika saya bangkit dan duduk terus tarik napas berlahan lahan baru enakan jantung nya normal, tapi sampai sekarang penyakit asam lambung itu terus datang dan muda lelah mohon penjelasa n dari mbak 1. apakah obat yang saya maka sadah benar ? 2. apa obat yang paling cocok obAT untuk saya makan apakah ? 3. APAKAH JENIS OBAT FUCOIDAN PERLU SAYA MAKAN DAN APA FUNGSINYA, SERTA APA KAWAN OBAT TERSEBUT ? TQ, ATAS JAWABNYA MBAK SEBELUNYA MOGA TUHAN SENANTIASA MENYERTAI MBAK SEKELUARGA.AMIN.

  130. selamat pagi mba rina,saya mau share sedikit dan minta pendapat untuk obat mual dan terkadang pusing.saya sdh sakit gastritis hmpr 3 bulan ,3 minggu yang lalu saya melakukan endoscopy dengan hasil gastritis antral ringan dengan hasil biopsi grastropati erosive akut.

    obat yg diberikan oleh dokter spd saat ini spasmium,lansoprazole dan enzyplex yg ingin saya tanyakan keluhan saya saat ini hanya tinggal mualnya yg sangat dan terkadang pusing kira2 obat apa yg bisa direferensikan

    trimaksih banyak sebelumnya

    =======================================================

    Saran saya yang pertama, berhenti mengkonsumsi makanan pedas, asam, bersantan. CUkuplah istirahat dan jangan kecapkan karena akan meningkatkan produksi asam lambung. Mbak Belle harus lebih rileks ya, makan makanan yang mudah dicerna dan dalam porsi yang kecil tapi sering.

    Untuk mengobati mualnya ,coba saja beli di APotek Ondansetron 1 x sehari diminum sebelum makan. Kalo sudah tidak mual jangan diminum lagi.
    Lihat aturan pakainya dan diminum sesuai dosis. Untik pusingnya sekali lagi, banyaklah istirahat. Terimakasih

  131. selamat sore mba rina,saya ingin ceritakan pengalaman sakit yg saya derita…saya menderita TB paru yg diharuskan minum obat rutin akan tetapi karna bosan saya berhenti minum obat paru sendiri tanpa sepengetahuan dokter dan pada akhirnya setelah 8bln sakit TB itu kambuh lg…setelah periksa ke dokter saya harus lanjutkan minum obat paru lg akan tetapi saya mlh terkena sakit maag yg sampai sekarang masih saya rasakan…saya sudah ganti” dokter untuk mengobati sakit maag ini tetapi hasilnya yah kdg sembuh kadang kambuh…badan terasa nyeri di dada,leher kadang suka pusing badang juga gemeteran..asam lambung klo sedang keluar napas sesak sekali..

    obat yg di anjurkan dokter sekarang
    omeprazole 2 x 1 sebelum makan
    inpepsa saya ganti Propepsa 4 x 1 sesudah makan(yg saya tahu dan baca di petunjuk sebelum makan bukan sesudah makan)

    yg ingin saya tanyakan
    1.apakan tidak masalah minum obat paru sekaligus obat maag?
    2.bukankah inpepsa,propepsa sama neciblok itu sama kegunaannya?
    3.saya termasuk sakit maag apa?
    4.cara makan yg benar selagi sakit maag?

    Tolong dibantu yah mbak Rina..terima kasih

  132. Assllm.Mba Rina,
    Senang sekali menemukan blog anda,sangat informatif dan kebetulan saya lagi cari info mengenai pengobatan GERD.
    Saya sempat dirawat 3hari karena acid reflux,obat selama dirawat: pantozol,nexium,narfoz,pulang dikasih inpepsa,pariet.

    Tapi hanya brrtahan 3minggu saya debar2 lagi dan terasa ada yg ganjal di tenggorokan,akhirnya endoskopi,normal hanya luka kecil,dokter hanya bilang kecemasan saya terlalu tinggi sehingga meningkatkan asam lambung.saya hanya dikasih OMZ 3×1 selama 5hari.obat habis saya tidak lanjutkan,ternyata belum membaik.

    Saya ke dokter spesialis kgeh lainnya saya dikasih Pantozol 2×1 utk 1minggu,sekarang saya masih minum pantozol karena masih suka terasa nyesek di dada dan ganjel di tenggorokan setiap habis makan siang dan malam.
    Saya sudah rubah pola makan:
    6.00: jalan kaki 15menit& minum madu,6.30: minum pantozol,7.00: sarapan.
    10.00: crackers malkist/gandum/regal 3keping. 11.00/11.30: inpepsa. 12.00: makan siang.
    14.00/15.00: apel merah/biskuit&teh bening manis. 18.30: pantozol. 19.00: makan malam.
    Sebelum tidur minum madu & Farmacrol Forte
    Lumayan membantu.

    Yang saya bingung,kalo saya baca disini harusnya ada obat sejenis Ranitidine yah?kok saya tidak dikasih yah?
    Jadi sebaiknya obat yang harus saya konsumsi apa saja dan berapa lama ya,mba?
    Terima kasih banyak untuk sharing nya ya mba…
    GBU&Family

    Wassllm
    Ersty

    =======================================================

    Tentu saja setiap sakit maag berbeda-beda penanganan dan obat-obatan yang diminum.
    Pengobatan maag ada yang diberikan antibiotik untuk ifeksi lambung karena Helycobacter pylori. Ada juga yang perlu diberikan golongan Proton Pump Ibibitor ( Omeprazole, Lansoprazole, Pantoprazole, Rabeprazole) untuk keadaan nyeri ulu hati. Ada juga pengobatan dengan H2 antagonis (Cimetidin, Ranitidin, Famotidin) untuk mehanan sekresi asam lambung di sel parietal.

    Mechanism reaction : H2 Antagonist suppress the normal secretion of acid by parietal cells and the meal-stimulated secretion of acid. They accomplish this by two mechanisms: Histamine released by ECL cells in the stomach is blocked from binding on parietal cell H2 receptors, which stimulate acid secretion; therefore, other substances that promote acid secretion (such as gastrin and acetylcholine) have a reduced effect on parietal cells when the H2 receptors are blocked.

    So, tinggal lihat saja bagaimana gejalanya dan menentukan terapi yang tepat untuk gejalanya. Konsultasikan ke dokter agar mendapat pengobatan yang tuntas. Lamanya terapi pengobatan Gastritis sangat bervariatif tergantung individu.

    Jadi, pertahankan pola makan, cukup istirahat dan postive thinking. Thank you

  133. Ass,,, Bu Rina yg baik

    saya ingin bertanya, saya sudah menderita magh dari kecil. sekarang umur saya sudah 20 tahun tapi baru 4 bulan ini saya merasakan magh yang parah karna sebelum magh saya kambuh selalu di dahului dengan pinggang yang nyeri, kemudian langsung magh. maghnya nggak tanggung tanggung bisa 6 – 8 jam dan terkadang muntah muntah. setelah sakit maghnya hilang…. saya langsung demam 2 – 3 hari.

    obat yg sering saya minum dexanta, walau tidak ampuh krn tetap sakit. tapi saya tambah dengan obat tablet polycrol forte, demamnya hilang. tambahan maghnya terjadi hampir 1x tiap bulannya.

    obat yang cocok buat saya apa ya bu? dan bagaimana solusi agar magh saya nggak kambuh lagi selain menggunakan obat.
    saya sangat berharap ibu Rina menjawab dan memberikan saran, trima kasih bnyk.

    ==========================================

    saran saya sebaiknya Mas Irham berobat dan konsultasikan ke dokter spesialis Gastroenterologi. Nanti diperiksa dengan seksama dan diobati dengan obat yang lebih tepat.

    Selama pengobatan dan juga untuk memperepat kesembuhan ada baiknya mulai sekarang merubah pola makan menjadi lebih sehat. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan sulit untuk dicerna. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering agar sisterm pencernaan lebih mudah bekerja. Makan makanan yang mudah dicerna.

    Satu lagi, jangan kecapekan dan kurang istirahat karena bisa membuat asam lambung berporduksi meningkat. Be happy life and more fun.

  134. Halo ibu rina,
    saya mohon bantuannya, ibu saya dulu 2010 dia pernah masuk RS karena radang usus (saya lupa usus halus atau besar) yg awalnya maag biasa, kemudian diberikan beberapa obat, tapi saya lupa dan keseluruhanya ada dalam satu plastik, tapi saya tidak yakin obat apa saja yg diminum, dan sekarang beliau mengalami hal tersebut kembali (radang usus).
    dioagnosa yg dapat saya berikan saat ini:
    - sakit ulu hati (kadang2)
    - mual2
    - sakit kepala (pusing), panas dingin(meriang)
    - sulit buang air
    dan obat2 yang saya dapatkan pada kantong plastik
    -propepsa
    -policrol
    -omeprazole
    -tripanzym
    -clavamox
    -asam mefenamat
    -metronidazol
    -budenofalk
    -dulcolax
    -mixalgin
    -allopurinol
    -aspilet
    dari kesekian obat diatas beberapa sudah dihentikan, namun obat terakhir yang masih dilanjut kan sampai habis (seingat ibu) itu adalah Propepsa, obat ini telah saya berikan namun mual dan perih nya masih berlanjut.
    Pertanyaan saya, dari kesekian obat diatas obat mana yang perlu saya gunakan kembali, untuk mengobati penyakit ibu saya ini.

    Terima Kasih

    ===================================

    sudah dijawab

  135. ass bu
    temen saya mengalami nyeri ulu hati yang kuat dan gemetar
    seperti nonjok katanya
    ciri-cirinya seperti lambung bocor
    apa ada obat untuk mengobtinya?
    terima kasih

  136. permisi bu saya mau tanya saya, perut saya sering terasa seperti kebanyakan angin sering perih kayak orang lapar, sering bersendawa tp tidak sakit yang berlebih habis makan pun juga enak gak ada masalah tp mulut terasa asam dan susah tidur karena terpikirkan penyakit sampai-sapai keluar keringat dingin yang berlebih, kemarin sampai saya masuk RS untuk observasi dan hasilnya normal tetapi ada positif bakteri lupa namanya singkatanya H.P katanya penyebab asam lambung dan obat yang diberikan antibiotik amoxan dan gastridin untuk menekan asam lambung dan braxidin yang saya tanyakan apa penyakit saya berbahaya dok….? trimakasih

  137. Dear Mba dr. Rina tahun 2010 saya pernah dirawat di Rs. Diawali dari (maaf) Muntah yang berwarna Hitam seperti darah sehingga dilakukan endoscopy yang didapati beberapa bagian mengalami peradangan..saya lupa namanya tetapi yang saya ingat adalah Ulcus.

    Sampai saat ini sering kambuh lagi dan pernah ke dokter di berikan Obat Laproton Lansoprazole 1×1 domperidone 10 Mg 3×1 , sucrafalte 500mg 3×1 dan saya lupa satu lagi 2×1

    yang saya mau tanyakan apakah obat ini aman di konsumsi dalam jangka panjang karena sudah 2x ke dokter diberikan obat yang sama, apakah boleh kita konsumsi terus tanpa harus kedokter bila perih lambung ini timbul kembali

    Mohon pencerahannya dan terimakasih banyak ya Dok

  138. saya bebrapa hri kmaren menglmi skit perut dseblah kiri bagian atas pinggul. Skitnya sngat tersa ktika slesai mkan, kta dkter, sya t’kena maag tpi kq sya g’ ngrasa mual atw bsendawa yah? smpai skrang skitnya tdk brkurang dok, kira2 sya terkna pnyakit apa yah dok? Mhon pnjelasannya, trimkasih.

  139. Dear mba, barusan googling dan nemu ini, banyak skali yg mirip dengan saya keadaan nya saat ini. Sejak ahir feb saya merasa kembung terus dan banyak sendawa krn ada kejadian luar biasa bikin stress dan asam lambung naik, sudah cek ekg,echo dan treadmill ktn takutx jantung alhamdulillah baik. Cm keluhan madih sama, lambung (perut) bag kiri sakit sekali sudah di usg ada penebalan kulit lambung. Dokter ks impepsa dan lansoprazole 30mg. Pengobatan sudah berjalan hampir 1bln dengan perih dilambung kiri datang dan pergi terutama malam hari terbangun krn perut bunti trasa panas dan lapar. Sbg info tambahan : nyeri perut kiri ini sudah sy rasakan srjak kecil yp tdk sy hiraukan diperparah sering diet dan pola makan tidak teratur jd beberapa bulan blakang ini perut bermasalah terus bolak balik UGd dan internist. Mohon info dan sarannya (sy blom mrlakukan endoscopy) dan apa ada obat herbal yg bisa sy konsumsi. Makasi

  140. Sore mbbak rina, keluhanku hampir sama dengan bu lasmi perut teras terbakar, apalg kl lg telat makan, aku sdh endoscopy dan USG hasilnya sih gastritis kronis ringan,bahkan sdh di PA dan aku saat ini lg minum pariet 20mg, braxidin dan dokter kasih aku protexin….yg jd masalaah adalah perutku ini terasa panas, kadang aku ngerasa panas dalam aja, tp luarnya ngak. kl pas asam lambung naik bisa smp ke dada. smpai detik ini aku cuma makn makanan seperti bubur, dah hampir 1 bulan tp kok gak sembuh sembuh ya. apa karena stress mbak?. terus apa yg bisa sy lakukan, apa betul pariet itu waktu minumnya smp 4 bln untuk hasil yg melegakan, terus braxidin bgmn. apa gpp kl konsumsi terlalu sering mbak. trima kasih

  141. oh ya mbak ada yang lupa, saya pernah tes darah CA19-9 hasilnya 55.58 u/ml apa itu pengaruh. dan waktu di PA hasilnya tdk apa2, di USG juga tidak apa2, waktudi endoscopy ada tulisan linear gastritis terus di biopsi gejala gastritis kronis.. terus badanku terasa panas, n cepat lelah tapii aku makan hampir setiap 3 jam sekali sedikit sdikit, yg terasa ngak enak tuh perut terasa pans kadang smp ke punggung. apa yg hrus aku lakukan mbak. obat apa ya untuk nurunin asam lambung trims banyak ya mbak

  142. Salam hangat..
    Mau tanya sedikit , apa Gastroesophageal reflux disease ini yang di sebut dengan sebutan reflax? Yang bisa menyebabkan sesak nafas ..
    Maaf sdikit cerita ,Saya pernah ber’gejala sesak nafas tetapi tidak ad msalah sakit pd lambung maupun uluhati stelah berobat ke dokter internis saya diUsg dn dikasih tau sama dokter gas lambung sangat tinggi, setelah 1 mggu konsumsi pantozol dan obat racikan kapsul, skrang sudah sembuh, :) .
    Apakah penyakit reflax tergolong penyakit maag yang tidak ada efek sakit atau peri pada lambung maupun ulu hati ?
    Terimah kasih sebelumnya.

    ========================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Yang benar adalah Reflux. Reflux terjadi karena naiknya cairan asthma lambung dari lambung menuju dinding Esophagus sehingga mucosa/ dinding tersebut jadi bengkak, kemerahan, terasa sakit, nyeri dan sering kali disertai dengan nyeri diulu hati bahkan sesak nafas.

    Memang tidak semua sesak nafas, ada yang hanya nyeri di dada, atau seperti gejala sakit jantung, dll. Setiap orang berbeda-beda. Pengobatannyapun berbeda-beda untuk setiap orang.

    Umumnya diberikan pengobatan dari golongan Proton Pump Inhibitor seperti Lansoprazole, Omeprazole, Pantoprazole, Rabeprazole. Pantozol mengandung bahan aktif Pantoprazole. Obat tersebt memang dapat mengurangi terjadinya reflux. Bisa diminum tungggal atau dikombinasi dengan H2 antagonis atau mocosa protecta.

    Demikian untuk diinformasikan. Terimakasih untuk sharing nya. Semoga sehat selalu.

  143. Salam hangat..
    Mau tanya sedikit , apa Gastroesophageal reflux disease ini yang di sebut dengan sebutan reflax? Yang bisa menyebabkan sesak nafas ..
    Maaf sdikit cerita ,Saya pernah ber’gejala sesak nafas tetapi tidak ad msalah sakit pd lambung maupun uluhati stelah berobat ke dokter internis saya diUsg dn dikasih tau sama dokter gas lambung sangat tinggi, setelah 1 mggu konsumsi pantozol dan obat racikan kapsul, skrang sudah sembuh, :) .
    Apakah penyakit reflax tergolong penyakit maag yang tidak ada efek sakit atau peri pada lambung maupun ulu hati ?
    Terimah kasih sebelumnya…

    =======================================================

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Yang benar adalah Reflux. Reflux terjadi karena naiknya cairan asthma lambung dari lambung menuju dinding Esophagus sehingga mucosa/ dinding tersebut jadi bengkak, kemerahan, terasa sakit, nyeri dan sering kali disertai dengan nyeri diulu hati bahkan sesak nafas.

    Memang tidak semua sesak nafas, ada yang hanya nyeri di dada, atau seperti gejala sakit jantung, dll. Setiap orang berbeda-beda. Pengobatannyapun berbeda-beda untuk setiap orang.

    Umumnya diberikan pengobatan dari golongan Proton Pump Inhibitor seperti Lansoprazole, Omeprazole, Pantoprazole, Rabeprazole. Pantozol mengandung bahan aktif Pantoprazole. Obat tersebt memang dapat mengurangi terjadinya reflux. Bisa diminum tungggal atau dikombinasi dengan H2 antagonis atau mocosa protecta.

    Demikian untuk diinformasikan. Terimakasih untuk sharing nya. Semoga sehat selalu.

  144. Sata pubya penyakit magh dari usia 17 th.aerelah 2 th pengobatan jalan magh nya tudak terasa sakit lalu stelah 1 th tidak konsumsi obat magh itu muncul kwmbali..stiap kambuh bagian lingkar leher diterasa seperti di tusuk sakit sekali.lau bagian leher dan mulut trasa sangat asam.terasa ingin muntah.lalu punggung terasa sangat nyeri

  145. mbak saya mau tanya. nama saya reza, pria, 32 thn. sejak beberapa minggu yg lalu saya mengalami maag yg sepertinya cukup kronis. obat yg diberi dokter yaitu lapraz (1×1 pagi), lacidofil (1×1), vometa ft (3×1), salofalk 250 (2×1). awalnya penyakitnya, saya makan siang hanya dgn buah pepaya dan nenas selama beberapa hari karena saya sering sembelit. terkadang saya minum dulcolax karenanya, tapi satu hari saya makan siang dgn gorengan yg cukup buanyak… malamnya saya (maaf) mencret sampe berlendir…

    esoknya saya ke dokter karena perut saya benar2 kacau rasanya. entah penuh angin atau kotoran, jantung berdetak, lambung jg kacau rasanya dan sampai saya kehilangan 4kg berat badan saya dlm seminggu itu. akhirnya saya diberi obat yg saya sebutkan diatas.
    pertanyaannya sdh seminggu saya jalankan pengobatan dgn obat2 di atas tp sepertinya kurang membantu. karena akhir2 ini saya sering kembung. apa obatnya yg salah atau apa ya? mohon banget bantuannya… :(

    oya sekedar tambahan, pada saat ke dokter saya jg coba2 cek darah dgn hasil sbb:
    - tekanan darah : 127/83
    - gula darah : 102 mg/dl
    - asam urat : 4,7 mg/dl
    - kolesterol : 216 mg/dl (katanya harus diturunkan nih)

    ====================================================

    kronis artinya sakit yang sudah bertahun-tahun. Akut artinya sakit yang terjadi tiba-tiba.
    Obat yang diberikan sudah tepat. Untuk segera sembuh. Mulailah merubah pola hidup dan pola makan. Stop makan pedas, asam, bersantan, dan makanlah dalam porsi kecil tetapi sering.

    Untuk kembung coba saja mengkonsumsi enzim pencernaan dan simethicone. Beli Enzyplex 1 x sehari. Terimakasih

    • Terima kasih banyak atas responnya :)
      jadi saya perlu enzyplex sama simethicone ya? atau hanya enzyplex saja?

      ==============================

      Didalam Enzyplex sudah ada Simethicone nya.
      Terimakasih

  146. leher terasa dicekik,dada kiri sakit,sendawa,perut panas,sakit jg?knp.dok.apa obatnya

    =====================================

    Segera berobat ke dokter. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  147. Saya selama 1 tahun terakhir ini mengalami sakit yg aneh dan sangat menyiksa. Sudah endoskopi 2x. Lambung tidak luka. Sering keluar masuk ugd dengan ciri2 :
    - Sesak nafas di dada (tiap hari n frekuensi sering)
    - Pusing, sempoyongan berasa mau pingsan (tiap hari)
    - Perut bagian atas baik kanan, kiri atau pun tengah berasa kaku (tiap hari)
    - Nafas pendek2 dan terkadang hidung mampet dua2nya.. :(
    - Perut melilit (kadang2)
    - Mual mau muntah (kadang2)
    - Kepala sakit hingga leher (sering tp tidak tiap hari)
    - Rasanya seperti ditusuk dari dada sampe punggung (sering)

    Selama 1 tahun sudah mengkonsumsi secara ganti2 beberapa obat seperti :
    - Nexium ( selama 8 bulan)
    - Inpepsa ( selama 6 bulan)
    - Omeprazole ( selama 1 bulan)
    - Lanzoprasole ( selama 5 bulan)
    - Braxidin ( selama 5 bulan)

    Sudah pantang makanan dengan ketat seperti pedas, asam, santan, tp untuk minyak (hanya jika terpaksa seperti telor, tempe, lele, dll) masih konsumsi namun tidak banyak. Buah hanya berani pepaya, pisang, apel merah. Sayur hanya konsumsi yg dianjurkan dokter. Namun, hingga saat ini sudah 1 tahun lebih belum sembuh jg. Tiap hari masih merasakan semua gejala di atas. Tiada hari tanpa merasakan sakit seperti gejala di atas. Apa solusi untuk penyakit saya? Saya sakit apa?? Apakah GERD juga? Lalu bagaimana penyembuhan nya?? Karena saya sudah sampai hafal dengan kegunaan obat, pantangan makan, proses refluks tp tidak sembuh juga. Perlu kah berobat ke luar negeri hingga tuntas?? apakah ada suggest dokter atau rs yg direkomendasikan untuk penyakit saya ini dengan kondisi obat dan pantangan makan yg sudah saya jaga???

    Please Help me.. Thanks before.

    ========================================

    Saya jawab melalui postingan ya. Terimakasih

  148. Mau tanya dong aku ada sakit lambung aepertinya seperti asam lambung dan di beri obat lancid. Harusnya lancit di berikan sehari sekali tp aku minum 2x pagi dan siang. Baru sekali sih. Itu bahaya ga ya ?

    ============================================

    Kalo diminum sesuai aturn pakai dari resep dokter tentu saja tidak berbahaya.
    Lancid mengandung bahan aktif Lansoprazole dan dapat dikonsumsi 1-2 x sehari sebelum makan. Terimakasih

  149. saya terkena asam lambung , oleh dokter diberi omeprazol , disflatyl, piralen, pridesia, kok sakitnya sering pergi datang ya.. jadi kadang normal tapi kadang terasa mual dan kembung dan agak lama sekitar 3-4 mingguan … kalao pernah diberi tepung kanji sekitar 3 hari tapi akhirnya ke dokter lagi…lalu diberi obat tersebut diatas … tapi kadang masih ada rasa ganjel diperut sebelah kanan…mohon info lebih lanjut.. tterimakasih sebelumnya

    ==================================================

    Saran saya coba ubah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat. Jangan hanya saat sakit saja makannya bener sehat setelah sembuh kembali lagi dengan pola hidup yang lama. Asam lambung tinggi karena faktor fisik dan psikis. Untuk itu mohon kurangi makanan pedas, terlalu asam, santan, lebih tinggi. Bye-bye dengan semua makanan yang merangsang pemicu asam lambung.

    Untuk psikis, sebaiknya harus banyak istirahat dan lebih rileks (jangan stress, cukup tidur). Untuk masalah pengobatan, obat yang diberikan sudah benar. Dengan perubahan pola makan dan pola hidup sehat makan asam lambung akan berkurang. Jadilah untuk lebih care dan ceria kepada diri sendiri. Terimakasih

    • salam, mhn pncerahany, bbrapa hr ini sy trkena skt lambung, nyeri ulu hati, nyesek, dsertai jg batuk,kalo batuk sluruh bag perut brasa ktarik n nyeri bhkn sampe k punggung n pinggang blkg, ga bs tdr krn smua posisi tdr bikin batuk trus mnerus kcuali posisi sujud, sy g ngerti batuk krn lendir asm lmbung atw krn asli skt btk.
      trus sy mesti mnm obt ap aj? obt batuk ap?
      trm ksh bnyk

  150. hello…saya kena maag hampir 3 bulan dan sudah ke dokter beberapa kali..keluhan akhir2 ini sering kepala nggliyeng ato pusing.sama dokter di kasih obat :
    – propepsa
    – pantozol
    – metoclopramide
    apa obat itu sudah benar dok ?? terima kasih sebelumnya

    ====================================================

    Obat yang diberikan sudah benar. Minumlah obat sesuai aturan pakai dan mengkonsumsi makanan sehat dan merubah pola hidup menjadi lebih sehat.
    Jauhi stress dan cukupi istirahat. Terimakasih

  151. Salam, mohon pencerahanny.. Saya puny keluhan maag, apa obat trimethoprim, sulfamethoxazole dan famotidine, untuk maag?trus ad dikasi lagi obat paracetamol 500 mg sementara saya gk Åϑå keluhan sakit kepala…, guna dari obat paracetamol itu ap y?

    ===========================================

    Paracetamol berguna sebagai analgesik dan antipiretik. Analgesik artinya mengurangi nyeri sakit kepala dan antipiretik untuk mencegah dan meredakan demam. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  152. Hai bu rina,sy mau blng sy setiap hari mengalami sesak napas,sendawa,dn skt pungung stp hri sdh 6 bln sy rasakan skt ini,apa sy di blng skt magh jg ya,udh beberapa dokter sy pergi mereka blng sy kena skt asam lambung,sy mau nanya apakah skt sy ini tk akan sembuh ya bu krn udh mcm2 dokter dn udh mcm2 obt yg sy mkn tp smpi skrg sy gak sembuh2 bu.

  153. saya pria usia 38 thn, dulu waktu masih kelas 3 sd pernah sakit mag parah selama 4 thn, kalo lagi kambuh, usus di perut terasa seperti diplintir, keringat dingin, muka pucat dan tubuh berguling-guling karena menahan sakit. Lalu secara tidak sengaja saya membeli buku yg isinya obat2 tradisional. lalu saya dapat info dari buku tsb yg isinya getah pisang dapat mengobati luka di lambung. saya coba makan pisang mentah yg banyak getahnya 1 jam sebelum makan tiap hari. ajaib dalam 2 minggu lambung saya sembuh gak pernah kambuh lagi. trus saya sarankan ama teman2 utk pengobatan spt yg saya lakukan. dia coba minum getah pisang dari pohon pisang yg dikumpulkan di plastik selama semalam. ternyata juga sembuh. jadi kesimpulanku getah pisang dapat mengobati luka di lambung. semoga bermanfaat bagi rekan2 sekalian. terima kasih.

  154. Hai bu rina,bu sy mau tanya sy stp hari mengalami sesak napas,sendawa sm skt pungung,sdh mau 7 bln sy rasa kan skt ini,stp hari yg sy rasa kan tdk nyaman,dn pkran sy sllu kacau,se olah olah nyawa sy udh di ujung tanduk,sy udh periksa ke dokter udh beberapa dokter sy jumpai dn mengatakan sy skt asam lambung,atau maag kronis,dn udh mcm2 obt yg sy minum dr obt dokter obt herbal,bhkan terapi sy udh pergi jg,udh ush,udh cek darah,udh ronsen jg tp semua bgs,sy stres bu sy ni skt apa,kdng2 di tengorokan sy kyk ada yg nyangkut,obt dr dokter semua sy udh minum tp gak smbh jg bu,jd sy mhn pencerahaan dr ibu sbbnr nya sy skt apa,mksh bu sebelum nya.

  155. saya alhamdulillah sudah bisa menghilangkan penyakit psikis dengan cara keponakan saya yaitu banyak2 baca donal bebek dan nonton film yg lucu2 :D so setiap ada gejala dada kiri sampai tangan kiri nyeri bisa saya abaikan sampai ilang sendiri gejala tsb, segala obat2an baik itu inpepsa, radin, omeprazole cs juga sudah saya hentikan, dulu setiap hari dan kemanapun saya dah kayak org sakaw kudu bawa2 obat2an ppi, yg ada tambah seteress :))
    akhirnya saya pasrah saat ugd saya yang ke9 saya cuman di ekg lagi untuk yang ke 5x nya oleh pihak rumah sakit, gak dikasi obat2an apapun, padahal saya berasa dah mau mati ,kaki sedingin es balok, jantung rock and roll ala-ala metallica ampe istri saya bisa denger suara jantung saya tanpa nempelin telinga kedada saya :D
    kejadian kumat yang paling parah ya saat naik jembatan bussway tiba2 jantung saya debar2 kencang sekali, kepala dah muter2 gak keru2an dan keringet dingin… saya langsung nekat turun kebawah dan nerobos lampu merah pejalan kaki soalnya diseberang ada klinik, tetep aja dah kayak mau mati gara2 asam kumat dan ketabrak motor2 ala valentino rossi eh nyampe klinik cuman disuruh rebahan gak dikasi obat apa2 =))
    dulu saat saya sma saya pernah seperti ini di ugd cuman dikasih tablet kecil entah lupa apa namanya tiba2 mendadak jantung berdebar saya reda, kaki saya dah gak dingin kembali dan perut kembung saya mendadak kempes, pls info kalau ada yg tau nama obat itu ya
    saya seorang tour guide dan paling repot kalau harus naik pesawat diatas 2 jam karena kalau kumat diangkasa ribett yg ada malah nyusahin penumpang 1 pesawat =)) so please share kalau ada saran-saran yg bisa saya gunakan bila saat kumat selain minum air panas yg baru mateng dari kompor, thank you dan semoga kita semua lekas sembuh ^_^

  156. Metd siang Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª . Saya mengalami penyakit maag dan sering bersendawa pada saat duduk atau berjalan. Gasnya sangat menyiksa kalau tertahan dileher. Dada terasa nyeri. Sebelumnya saya penderita penyempitan pembuluh darah di jantung. Sudah sebulan ini saya sering bersendawa dan akibat nyerinya Чάπƍ membuat saya sudah tiga kali masuk keluar rumah sakit. Tolong obat apa sebenarnya Ɣªήğ tepat buat saya. Saya dikasih lansoprazol dan omeprazol serta dexanta sirup. ⇜ⓜⓐⓚⓐⓢⓘⓗ⇝ Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª atas jawabannya. Nohape saya 085242171000

  157. Selama dua minggu terakhir saya mengalami sakit mag, dengan gejala: mual-mual, terkadang demam, dan obat yg saya konsumsi sekarang dari dokter obat Pantozol 20 Mg dan Ondansetron…………

    saya merasa tersiksa apabila sedang mengalami gejala mual-mual.

    mohon bantuannya dan penjelasannya mengenai sakit yang saya derita
    Trmksihh>>>

  158. Saya mau tanya,,,
    Saya pnya pnyakit magh udh hmpir 4 bulan ,,,klo lagi kambuhh perut saya membengkak,nyeri,perih,mual hingga muntah,pusing,dan susah untuk bernafas,dan terasa lemes,
    saya mau tanya obat.a apa yah
    Tlong dbantu yh mncari solusi.a untuk smbuh,,,
    Trimakasih

  159. saya tadi pagi menjalani endoscopy di RS oleh dr.hariadi SpPD,KGEH..
    Hasil pemeriksaan GASTROSKOPI adalah:
    DISTAL ESOFAGITIS EROSI FUNDAL,CARPAL GASTRITIS ERITEMATOSUS ANTRAL DAN DEUDENAL EROSIVA ..
    Apa itu artinya? Dan apa obat yg cocok untuk sakit saya ini? Mohon jawabannya, tks before..

  160. Ibu Rina yg baik hatinya, sya mw nanya. Papa sya kena mag sudah sngat lama dan ahir2 in sering bersendawa, ulu hati terasa perih, jantung berdebar tak menentu, dan jga rasa takut yg sngat berlebihan. Obt dri dkter yg mw sya tnyakan adl aprazolam 0.5 mg (3 bln konsumsi) bkankah itu obat penenang untuk jngka pndek? Ada jga propepsa srup tpi koq diminum setlah makan yah? Mhon pnjeLasannya bu, trimakasih

  161. Kak rina,
    Kalo ranitidine, polysilane, braxidin boleh di gabung tidak?
    saya baru pertama kali merasakan sakit magh sampai ke dokter
    Tapi dokternya cuma kasih ranitidine dan braxidin
    Ada lagi sih 1 obat, tapi semua apotek bilang kalo obat itu uda lama tidak di di produksi..
    Tolong jawab saya secepatnya yah kak? :(
    Saya anak ipa susah kalau tidak masuk sekolah kelamaan

  162. Bu Rina,,,
    1 minggu ini ibu saya (50 Th) mengeluhkan lambung dan ulu hati panas, kepala pusing, perut bunyi (krucuk2) dan kalo BAB cair, tetapi perutnya tidak kembung dan jarang bersendawa.
    Sudah 2x ke dokter , dikasih Lagesil, neciblok, neuroval . Dan juga dirujuk untuk endoscopy. (rencana minggu depan baru akan ke rs Dr. Sarjito – jogya)
    Apa Ibu saya ini sakit maag yang sudah kronis ?
    mohon informasinya
    terima kasih

  163. Dear Ibu Rina,
    Minggu lalu saya mengalami sedikit kesulitan jika bernafas. Lalu perut sebelah kanan bawah terasa sakit, kadang juga sebelah kiri, mual, perut kembung, dan sering sendawa. Saya sudah berkonsultasi ke dokter, dan beliau tidak memberi tahu apa diagnosa penyakit saya. Dokter hanya memberikan injeksi untuk lambung, Neciblock, vitamin B6, Lansoprazole, dan Bio curliv.
    Sakit yang saya rasakan biasanya di sekitaran ulu hati, dan perut kanan bawah, Bu. Kalau menurut diagnosa Ibu Rina, saya sakit apa ya?
    Apa obat-obatan yang saya minum di atas, sudah tepat? Karena saya masih merasa nyeri di ulu hati. tapi kambuhan.

    Untuk pemakaian obatnya bagaimana Bu? Kalau Neciblock biasanya saya minum pagi hari, 1 jam sebelum makan pagi. Lansoprazole sebelum makan siang, dan Biocurliv 2 kali sehari sesudah makan. Apa aturan minumnya sudah benar itu Bu?

    Mohon pencerahannya ya Bu.
    Terima kasih.

  164. Dear ibu Rina…. Saya punya keluhan sering sekali kembing…mungkin sudah lebih dari 7tahun. Tapi 1tahun terakhir ini saya merasakan sering kambuhnya. Hampir tiap hari perut terasa sebah. Kalo pas kumat kembungnya biasanya badan lemas, sesak nafas, kaki dan tangan sebelah kiri terasa berat spt kesemutan, mudah berkeringat… Dan jadi cemas…. selama ini kenbung tdk disertai rasa nyeri.
    Beberapa minggu lalu saya sdh mulai mencoba mengatur pola makan teratur dan menjaga jenis makanan, alhamdulillah sudah baik. Tapi saat terjadi salah atau telat makan jadi kambuh kembungnya dan biasanya baru 3-5hari baru normal kembali.
    Pernah saya 2x ke ugd krn sesak nafas, di ugd dicek semua baik dan ketahuan perutnya kembung…dokter bilang dispepsia. Dan waktu itu diberikan obat mylanta dan omeprazol. Setelah 3hari konsumsi alhamdulillah sembuh. Tapi kembungnya selalu terasa hampir tiap hari. Mohon info kira2 bagaimana pengobatannya? Karena saya merasa terganggu aktifitas saya. Trimakasih. Salam

  165. mba sepertinya saya mengalami Gastroesophageal reflux disease (GERD) bagaimana mengatasinya?perut saya bagai balon ditiup dari dalam susah banget sptnya angin keluar huhuhuhuhuhuhu
    mohon bnatuannya

  166. Salam kenal dulu ya ?! Sy sdh baca tentang tulisan “belajar mengobati sakit maag I,II, dan III” dan karenanya ingin sedikit mendapatkan konfirmasi tentang tulisan yg
    terbaca agak membingungkan utk saya(namanya juga sdg belajar ‘kan?). Yang sy minta konfirmasinya adalah : “titik rasa sakit/nyeri satu titik” itu di Duodenal Ulcer atau Esophagus Ulcer atau dikedua Ulcer itu(krn dikedua Ulcer tsb juga ada tulisan begitu) ?
    Hanya,sorry, sy tak dpt menunjukkan letaknya statement tsb krn tiap tanya-jawab tak ada
    nomor urutnya ; mungkin sibuk krn banyak peminatnya X..Sy tunggu jawabannya& salam
    dari Lukman diJkt.

  167. diawali hipertensi pada akhir Oktober 2013, awal Deseber 2013 asam lambung mening kat kuat, perut begah, kembung & mual tetapi TANPA ADA RASA SAKIT/NYERI. Terkadang begah & kembugnya sampai menekan ke atas sampai seolah nafasnya tdk dapat oksigen. Berbagai obat sdh diminum a.l. : sblm mkan Domperidon & Onansetron 3×1, stlh mkn Omeprazole 2×1 Enzyplex 3×1 & 1 jam kemudian Polysilane Syrup 3×15 ml. Memang bisa sembuh tetapi sementara saja, krn beberapa hari kemudian kambuh lagi. Ke dr lagi yg lain bahkan minta dirawat tetapi tdk direkomen utk rawat inap, polysilane stop kebetulan memang sdh habis & sdh 3 btl @ 100 ml tapi obat ditambah dgn Mozuku 2×1 (3 capsul) harusnya 6 capsul yg 3 kapsul diganti oleh apotekernya menjadi Nutriflam 2×1 hasilnya memang nyaman, tapi sekali lagi hanya sesaat saja. Kembung dan begahnya yg berat tetap datang2 lagi sampai hari ini 21/1/2014. Ada saran dari teman yg sdh pernah bertahun sepert saya utk minum INPEPSA Syrup & saya tanyakan ke dr. jawabnya boleh juga tapi Enzyplex nya tdk boleh di stop. Mohon informasinya agar cepat sembuh, sudah bingung & jenuh juga nih, karena masih harus rutine konsumsi Amlodipin 3×1/2x1hari.

  168. Selamat sore..
    Mau nanya.. Hampir setahun lebih saya menderita mual setiap mau makan.. Udh gitu perut, dada, punggung dan tenggorokan juga terasa panas terbakar. Dan sekarang perut saya terasa perih dan kadang sakit. Klo boleh tau itu sakit apa?
    Makasih.. Mohon dibalas yaa…

  169. selamat siang,
    mohon pencerahab, saya sudah diberi resep oleh dokter fucoidan 2 x sehari 1 kapsul, kemudian oleh dokter lain saya ditambahi obat sucralfate 3 x1. Bolehkan kedua obat itu dikonsumsi bersama? Mengingat obat itu fungsinya hampir sama.
    thanks.

  170. Sudah seminggu saya nyeri di ulu hati, sampe efeknya sakit pinggang dan punggung, klo jalan membungkuk saking nahan nyeri sekeliling perut dan pinggang. paling parahnya pernah sampe kaki linu ke tulang2,, apakah ini termasuk sakit maag juga? Jika ya pengobatan yg paling tepat apa2,, sudah seminggu ini saya mengkonsumsi mylanta cair. Terima kasih atas sarannya.

  171. asalamualaikum,,
    maaf teh mau knapa saya sering nyeuri ulu ati, sesak nafas dn trasa ada yg mengganjal di tenggorokan, sering kali kepala pusing di sertai nyeuri, mual lalu berkeringat dingin , dan badan trasa lemas,,
    saya sakit aph?

  172. Hi… Ikut nimbrung nih. Sy sudah 3bln sakit asam lambung. Saat sakit di ulu hati, tensi sy langsung turun 80/60. Dlm 3bln ini sy sudah 4x suntik neorobion krn tensi rendah mendadak gt. Yg sy ingin tanya maag apa yg saya derita, dan apa obat yg tepat buat sy

  173. halo saya mau tanya, awalnya saya tiba2 nafasnya seperti tersangkut dada berdebar lemas dari atas kepala sampai ke kaki dan tiba2 merasakan ketakutan. sempat dirawat 5 hari. setelah itu setiap makan cepat terasa penuh dan kembung, setiap habis makan bersendawa dan tidak makan pun sering sendawa. ke dokter sdh sering dan ganti2 karena bingung sakit apa. di bilang saya kena gerd, panic attack , di endoskopi asam lambung berlebih. apakah kesemua diagnosa dokter itu benar dan sama… apa yg harus say lakukan ya..

  174. Hampir s
    1 tahun lebih saya sakit magg/gerd saya kurang faham itu,, terkadang merasa cemas,, nyesek,, kira2 solusi terbaik nya Åpά̲̣̣̣̥α̍̍̊ γ̥ά̲̣̥α̩̩̩̥̇̇̇ά̲̣̥α̇̇̇ ,,? Mohon bantuan nya untuk di jelas kan terima kasih

  175. Kl cara mengobati asam lambung yg sampe nyeri di bagian dada kiri dan naik sampe tenggorokan obat nya pake apa ya

  176. kalo saya skit di perutmual gak ada tpi sya punya riwayat sakit magh low setiap mkn nasi suka sakit di perut tlong bantu obatnya apa mba pleas helf my

  177. mkn nya hrus mkn ap yah low g sakit perutnya ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  178. dokter. saya diminta untuk endoscopy. tapi saya takut sakit. apakah ada kemungkinan saya ini radang usus atau lambung. obatnya apa ya untuk radang usus atau radang lambung.

  179. selamat siang mba rina
    sya mau tanya:
    -ulu hati terasa sakit bila ditekan
    -nafas terasa sesak dan perut kembung
    Sya dah USG cek darah,cek air kncing dan rongten hasilnya saya didiagnosa kena maag dan dikasih obat Profat 500mg,ratinidine150mg,rebamipide 100mg ,tpi g smbuh2.mbak rina sbnarnya sya skit apa dan apa obatnya?trimakasih…

  180. aku udah 2 bulan sakit maag.sakit maagnya nyeri di dada dan di perut nggak sembuh2.apa solusix???
    Mohon penjelasanx ya

  181. Dear Bu Rona .. saya Mau Tanya kalau sakit nay di usus halus itu letaknya dibagian mana ya Kalau diperut ?? Dan kali skit nya di ulu hati Dan diatas pusar apakah itu skit maag Dan tergolong maag yg bagaimana yaa ?? Dan perut saya suka kembung , susah sendawa jade Rosanna diperut tidal enak .. Dan saya dikasih obat sama dokter sebelom makan obatbracikan(dagmatil,zipraz,vomitas) , dan nexium , neciblok , mucosta itu setelah Makan .. pertanyaanya apakah obatnya Sudan benar ? Dan apakah maag saya sudah tergolong parah ??

  182. Artikel yang bermanfaat, terimakasih.
    Saya penderita kembung, tetapi 2 minggu ini nyeri ulu hati nembus ke
    Punggung (tulang belakang diantara belikat), menjalar ke dada dan leher
    Seperti tercekik posisi tidur terlentang ataupun miring dada dan leher
    Tidak nyaman. Kata saudara saya itu asam lambung naik..
    Saya terbiasa makan antasid (lagesil) dan acran 150 (ranitidin), karena
    Keluhan berlanjut saya ke dokter dikasih lansoprazole dan inpepsa.
    Menurut tulisan diatas apakah saya penderita GERD? Yang obatnya lansoprazole dan acran 150 ?
    Mohon penjelasannya, terima kasih.
    Catatan : saya juga divonis ppok, obat spiriva dan symbicort kadang di nebu (combivent). Jadi suka bingung asam lambung naek atau dahak
    Yg susah keluar? Usia saya 64 tahun.

  183. Pingback: Obat Maag Anak Kecil | Obat Herbal Untuk?

  184. slmat pagy mbak ,
    sy hasan basri ,
    sy sejak SMP mengalami mual trkdang muntah ,nyeri uluhati ,nyeri punggung dan terkadang kalo malem sukanya sesak dan biasa sy konsumsi bla kmbuh ialah antasyda dan salbutamol ,
    dan yg lbh sakitnya lagi akhir2 ini sy suka pusing berat ,sy biasa minum asam mefenamat klo pusing sy dtg.
    sy termasuk sakit maag ato apa . .
    dan obat apa saja yang harus sy konsumsi ,
    tolong pncerahannya mbak .
    trima kasih ,

  185. Hey There. I found your blog using msn. This is a
    really well written article. I’ll bbe sure to
    bookmark it and retudn too read more of yur useful info.

    Thanks for thee post. I’ll certainly comeback.

  186. Pingback: Info Lengkap Sakit Maag | This Is My Blog, Lucky You!

  187. slamt pagi…
    ibu saya juga sudah lama sakit maag
    setiap makan muntah
    ibu minum obat domperidon dan pariet 20mg sblm mkn..
    tapi masih muntah..
    dan di mlm hari sll lapar..
    ibu sudah pernah endoskopi, dokter mengatakan adanya peradangan di lambung
    trimakasih

  188. HALOO..
    SELAMAT SIANG
    laki2 umur 21 tahun
    memiliki gejalah seperti perut,kembung,sakit ulu hati,pusing,jantung berdebar,stress,rasa tidak nyaman di kepala belakang,susah tidur,panas di dalam perut,sesak nafas seperti tertimpa benda.

    tapi saat saya priksa ke dokter katanya penyakit saya infeksi saluran kencing.

  189. Pingback: Sakit Dada Pd Anak - Serba Serbi Berita

  190. Pingback: Ciri2 Anak Sakit Perut - Serba Serbi Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s