Mengobati Alergi Debu

Yth. Mbak Rina,
Saya menderita alergi debu, sering bersin,pilek,biduran,bahkan tiba-tiba bisa bengkak-bengkak di wajah (bibir,dagu,pipi).Apa ya mbak obat untuk alergi tersebut,terutama kalo lagi bengkak,apa ya obatnya supaya bengkak cepat kempis. Thanks ya mbak atas bantuannya. Saya tunggu lho jawabannya. Luciana
(Saya posting ya, soalnya emailnya tidak terkirim)

Dear mbak Luciana,
Terimakasih untuk pertanyaannya.

Sebenarnya cara termudah adalah dengan menjauhkan diri dari debu. Pastikan rumah dan tempat-tempat selalu bebas debu, bila perlu punya penyedot debu atau menggunakan masker.

Sebaiknya daya tahan tubuh selalu dijaga agar tidak gampang sakit. Untuk bengkak dan alerginya dapat diobati dengan pemberian Cetirizine tablet 1-2 kali sehari. Beli di Apotek.

Saran juga, kenali apa yang menyebabkan alergi dan perhatikan tubuhnya. Obat-obatan diatas hanya membantu dan bukan diminum setiap hari. Hanya diminum kalo lagi alergi. Jika alergi masih berlanjut silakan berobat ke dokter. Terimakasih

Salam
Rina Susanti, Apt

About these ads

36 thoughts on “Mengobati Alergi Debu

  1. waduh kalo saya alergi ikan laut!!!!!! menyebalkan, padahal paling doyan ikan laut!!!!

    =============================

    sayang banget ga bisa makan sefood, uueennaak banget dech :D

  2. mau share juga ahh..
    dulu saya juga pernah mengalami alergi seperti kak Luciana, tp bedanya saya gak pernah tau sy itu alergi apa :-).
    soalnya alergi nya itu sering datang mendadak,kadang perasaan lagi tenang aja bisa gatal2,makan gak makan juga gatal2.
    ada yg bilang alergi debu,darah dingin entah apa lagi namanya. terus sy minum incidal,sembuhnya sementara aja. akhirnya pergi ke dokter,di kasih obat (lupa namanya) dan disuruh coba ganti sabunnya dengan sabun baby,mungkin kulit sy terlalu sensitif. tapi gak sembuh2 juga.
    akhirnya ada teman yg kasih tau saya utk coba obat kalek / kalk tablet,belinya di apotek.
    sy coba minum rutin,ehh..gak taunya hilang beneran alerginya.senangnya bgt rasanya,soalnya bertahun2 sy alergi dan sangat menyiksa..
    mungkin kak Rina lebih tau fungsi dari tablet kalek(kalk) ini, dan penyebab alergi saya yg sebenarnya apa ya kak?
    thanks.

    ===============================

    benar, silakan dikonsumsi tablet kalk 500mg perhari.
    Calcium adalah untusur penting didalam tubuh, begitu banyak manfaat dari calsium salah satunya untuk mencegah osteoporosis, kehamilan, tulang, pembekuan darah, imunitas.

    Jika alergi seperti biduran, tablet kalcium bisa digunakan. Kalo mau yang rasanya enak beli CDR Fortes diminum satu kali sehari.
    Jangan lupa minum air yang cukup (2 liter perhari) biar calciumnya tidak mengendap.

    Bisa juga dengan makan telur, sayuran berwarna hijau, sawo, keju, itu emua makanan yang kaya kalsium.
    Jangan keliru sama Kalium ya… kalium itu ada di pisang.

  3. Saya juga sering alergi baik itu debu, udara pagi, air dingin dan lainnya. Saya bersin bisa 10 kali berturut-turut malah lebih, hal itu mengganggu saya apalagi berkenderaan. Supleman apa yang bisa saya konsumsi dan aman bagi lambung saya?

    =================================================

    tidak perlu supplemen khusus, sebaiknya mas Dhrun meningkatkan daya tahan tubuh biar ga gamapang sakit.
    Bila alergi debu, selalu sedia masker didalam tas untuk jaga-jaga.

    Saya juga alergi udara panas, kalo kena matahari langsung saya bersin-bersin. Oleh karena itu saya selalu sedia payung, mau hujan ataupun panas saya pake payung. Awalnya aneh dan sempet diledekin tetapi lama-kelamaan sudah biasa, jadilah saya umbrella girl hehehe.

  4. Andy,
    thanks ya buat share nya, tp alergi sy lebih condong ke pilek / bersin, apa tablet kalk itu bisa untuk pilek juga ??

    =================================

    Untuk alergi pilek dan bersin-bersin bisa juga dengan tablet kalk.
    Nanti saya jelasin tersendiri. makasih

      • @ Luciana
        Saya jelasin ya mengenail manfaat kalk untuk alergi.

        Tidak diragukan lagi kalau Calcium memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita ini. Dalam buku Encyclopedia of Nutritional Supplement, Michael T Murray,1996 hal 149-158 ada banyak hal dan manfaat calsium, yaitu untuk mencegah osteoporosis, darah tinggi, kehamilan, tulang, pembekuan darah, imunitas.

        Jika imunitas rendah maka tubuh akan mudah sakit, alergi berhubungan dengan pecahnya sel T mask yang pecah. Seperti pertahanan benteng tubuh yang salah.Oleh karena itu bisa menyebabkan reaksi berlebihan oleh tubuh seperti gatal, bengkak, bersin, dll. Setiap orang terntunya berbeda.

        Sumber Calsium bisa juga digunakan untuk menekan alergi. Dosis maksimal adalah 1200mg perhari, biasanya cukuplah dengan 500mg saja sehari.

        Untuk itu kamu bisa menggunakan tablet Kalk yang dapat dibeli apotek terdekat. Harganya relatif murah. kalo mau yang agak enak dan punya uang lebih bisa beli CDR Fortes. bisa diminum sehari sekali. Jangan lupa minum yang cukup (2 Liter perhari) untuk kesehatan tulang dan mencegah penumpukan calsium berlebih. Terimakasih

  5. Makasih banyak ya mbak Rina atas penjelasannya. Oh iya sy juga ada asma, apa berkaitan juga dengan alergi ? Obat asma yg manjur utk penyembuhan apa ya mbak ? Sy pakai Ventolin Inhaler kalo lagi sesak asma.

    =====================================

    Ventolin adalah obat untuk asma dan sesak, bahan aktifnya Salbutamol Sulfate.
    Jika sudah cocok sebaiknya terus digunakan. Terimakasih.

  6. Mba mau tanya mengenai tungau debu, soalnya saya alergi debu sudah 3 tahun belakangan ini dan sudah ke dokter kulit tapi belum sembuh juga.saya jg sdh periksa darah memang kadar alergi sy tinggi, kira2 obat apa ya cocok u sy, apa sy hrs minum tablet kalk u mencegah gatal2. Kalau mulai gatal2 kenapa setiap malam ya datangnya. Apa yg hrs sy lakukan supaya tidak timbul gatal2 lagi.

    ===========================================

    Coba saja dengan rajin mengkonsumsi tablet kalsium. Mereknya ada banyak, kalk, CDR, yang kandungannya 500mg.
    Jangan lupa minum air yang banyak.

    Jika kadar alerginya tinggi, sebaiknya mbak Susi konsultasi dan berobat kedokter untuk mendapat obat anti histamin yang tepat.
    Juga, sebisa mungkin menjauhkan diri dari debu-debu. Terimakasih

  7. Mbak Rina, sy sdh coba minum tablet kalk selama 3 hari, dan biduran & pilek/bersin2 mulai jarang muncul. Sampai berapa lama sy sebaiknya minum tablet kalk ? Trims atas sarannya….

    ===============================================

    Untuk sekarang, intensif dulu selama sebulan penuh. Lihat perbedaannya. Semoga bidurannya berkurang juga selalu menghindari diri dari faktor resiko.

    Calsium itu sangat dibutuhkan tubuh, untuk seterusnya boleh saja diminum, gunanya untuk memelihara kesehatan tulang, mencegah osteoporosis, meningkatkan daya tahan tubuh dan badan lebih fresh. Dikonsumsinya untuk pencegahan seminggu tiga kali (senin, rabu, jumat) saja. Jangan lupa minum air yang cukup biar calsium tidak mengendap.

    Kalo udah berasa sehat, cukup seminggu 1-2 kali saja. Terimakasih

  8. Trims atas sarannya mbak. Tadi subuh sy bengkak lg di bibir, sy minum Cetirizine, tp kok ga cepat kempes ya bengkaknya, sampai siang sekitar jam 14.00 baru sembuh.Mohon saran mbak lg yaaa….Trims…

    ==========================================

    Jika sakitnya masih berlanjut sebaiknya Mbak Luciana segera berobat kedokter untuk penanganan lebih lanjut.
    Cepet sembuh ya. thanks

  9. mba mohon konsultasinya yah… ^_^
    aq rmaja usia 18 thun,sbelumnya ga prnah jrawatan dri kcil smpai smu,tpi stelah itu tiba2 ada 1 bnjolan di pipi aku yg ga smbuh2.. justru mkin banyak..
    smpai skarang masih ada di pipi aku.. yg aku heran,kok cuma dibagian2 itu aja tmbuhnya..
    aku bingung.. entah alergi atau gmna.. klau jerat,tpi ga ada cairan kning/putih nya,hanya bengkak2 mmerah..
    klau mlam kdang gatel bnget.. hbis itu mradang lagi.. dan tmbuh lagi… kbetulan kulit wjah aku agak terang,jdi klihatan bnget klau ada noda gitu.. jdi ga PD mba… :’( tersiksaa bngett..
    mohon bntuannya ya mba.. mksyy…

    ===============================

    Dear Chacha,

    Saya menyarankan kamu untuk dokter spesialis kulit. Daripada hanya menebak-nebak apakah ini reaksi alergi atau infeksi bahkan mungkin rekasi iritasi.
    Berobat ke dokter lebih baik.

    Menurut saya ini bukan alergi tetapi inflamsi atau pruritic, ada kok obat yang tepat untuk mengobatinya. Penggunaannya harus dengan resep dokter, so berobat ya biar kulitmu semakin terang dan bersinar :D

  10. makasyy mba’.. :)
    klau bleh tau infamsi atau pruritic itu apa yah..??

    oya mba,bisa ga untuk mnghilangkan bekas2 jerat itu pkai lendir lidah buaya..?? trims…

    =====================================

    Sama-sama :D

    Inflamasi = terjadi peradangan dan bengkak
    pruritic = bintik-bintik kemerahan yang gatal

    Sebaiknya jangan gunakan lidah buaya. ke dokter aja biar lebih pasti. Thanks

  11. hallo mba… :) oya, tblet kalk itu banyak mengandung calcium yah..??
    berarti.. bgus untuk pertumbuhan tulang dong…??

    klau untuk dikonsumsi.. bgus mna dg becom- C..??
    thanks… :)

    ———————————

    Halo juga, apa kabarnya?
    Tablet mengandung calsium memang bagus untuk daya tahan tubuh, pertumbuhan tulang dan kesehatan.
    Apapun mereknya, silakan saja dikonsumsi. Yang penting diminum sesuai aturan krn kebanyakn juga ga bagus. Terimakasih.

  12. baik mba.. :) trus klau tablet kalk itu berapa X sehari mba…???

    =================================

    clasium 500mg cukup satu kali sehari, diminum sesudah makan. terimakasih

  13. Halo mba rina,
    Suami aku alergi ma debu, debu jalanan ama debu rumah dan langsung bersin2. Klo mandi pagi n hawax dingin, kumat deh bersin2x tp ga lama. Biasax klo kumat ato terkadang sbelum brangkat krja dia minum bufacaryl, alhmadulillah mempan n hargax jg murah. Ada jg yg nyaranin minum polofar plus, apa sama aj mba fungsix ato beda..? Klo dg mengkonsumsi Kalk bagus dg dosis gmn mba…?
    Ty.

  14. Q jg mau share y mbk..
    Q kan kerjanya dipbrk kayu jd setipa hari ktmu ma debu..trus gmn caranya agar tbuh tetap fit agr debu gk mengendap ditubuh mksh:-)

    ============================================

    Saya menganjurkan untuk selalu menggunakan kacamata pelindung didalam pabrik.
    Partikel debu yang sangat kecil juga bisa membuat matamu iritasi dan perih. Beli diapotek kacamata pelindung yang transparan, seperti buat mask dipabrik steril.

    Kedua, gunakan masker yang bagus. Bukan maker yang berwarna biru yang dijual Rp3.000-an.
    Beli yang ada moncongnya bulat dan gunakan. Itu masker yang benar. Harganya memang sedkit mahal tetapi itu baik untuk mencegah penyakit dan paru-paru bersih. Coba cari di bengkel motor atau di toko besar bangunan. Ada dech.

    Terakhir, berkonsentrasi dalam bekerja agar tidak terjadi kecelakan kerja dan mengkonsumsi vitamin C biar tetap sehat.
    Belia aja Vitamin C IPI diminum 2 X sehari. Tabletnya kecil dan harganya terjangkau. Terimakasih

  15. Haloo mba Rina.
    Aku mau tanya nih…
    Dulu aku kalo menghirup udara yang kotor/berdebu pasti hidungnya gatal2, terus ujung hidung jadi merah gitu, dan gatelnya berasa banget sampe lubang hidung paling dalam.
    Pernah yang lebig parah lagi, abis bongkar kamar malemnya waktu tidur pernafasan jadi ga nyaman. Tenggorokan terasan panas gatal perih… Kebetulan kamarku pake AC, asal bangun pagi pasti bersin2 dan rasanya tenggorokan spt ada yg terkikis.. Waktu itu smpet brobat ke dokter, trus kata dokter infeksi saluran pernafasan.
    Dan sekarang asal kena debu pasti tenggorokan lgsg jadi ga enak buat nafas gitu..
    Apa ini alergi debu? Atau alergi dinginn ya?
    Obat yang bagus buat jaga2 pas lagi long trip apa ya?
    Makasi mbaa.. ditunggu jawabannya :)

    ==========================================

    Ini sih alergi debu.
    Pengobatan ini dengan obat antihistamin, Ajeng bisa berobat ke dokter untuk mendapat kesembuhan.
    Pengobatn juga tergantung daya tahan tubuhmu.

    Namun yang paling penting adalah menjauhkan diri dari pemicu alerginya.
    Jauhi debu dan bila perlu gunakan masker disetiap kesempatan.
    Semoga cepat sembuh dan tidak kambuh lagi.

  16. Halo Mba…
    Aku mau nanya juga dong. Aku kemarin baru jalanin operasi pengangkatan polip hidung, tapi baru juga sebulan-2 bulan, uda mulai tumbuh lagi polip2 kecil. Kalo kata dokter, memang badanku rentan alergi. Masalahnya aku gak tau aku alergi apa. Kalo orang lain deket2 binatang/debu bisa bersin2, aku enggak. Kecuali pernah sekali waktu beberes kamar lupa ga pake masker, begitu kena debu, rasanya langsung nggak enak banget idungku.
    Nah, tumbuhnya polip itu kan akibat reaksi juga kan ya? Andai aku minum tablet kalk juga, nolong nggak ya untuk mencegah? Makasiiii…

  17. yth. Mbk Rina

    saya alergi debu. Sering menyebabkan langsung pilek, hidung buntu, dan mata bengkak. Bagaimana cara mengobatinya karena saya juga alergi obat ibu profen dan obat pereda nyeri. Obatnya lebih baik yang bagaimana? (masih anak-anak umur 12 tahun)

  18. mba saya punya masalah dari alergi debu tapi saya lebih ke gatal2 bahkan kadang yg jadi sasaran itu gatalnya di pipi bahkan sempet infeksi juga jadi kalau gitu selain pake obat kapsul ada ga obat yang pake salep gitu?

    ===========================================================

    Sebaiknya Pras ke dokter dan berobat dengan baik, jangan diobati sendiri dengan salep yang yang tidak jelas. Terimakasih

  19. Saya alergi makan kerang,telur asin dan berendam air hangat buat mandi,klo berendam air hangat msti keluar gatal2 tapi setelah mandi gatalnya ilang.
    wktu itu makan telur asin kebanyakan langsung keluar kaya luka bakar,.panas & perih,di leher
    skg lagi gatal2 bentol kecil2 dipaha kmren abis makan kerang banyak bgt,…:(
    ada yg tau obat herbalnya ga???

  20. siang mba .. apa yaa obatnya saya sellu gatel2 d tangan dan kaki . kaya bentol kecil .. kata dokte sech alergi debu . tapi itu sllu kabuh setap tahun … apa yaa obatnya?

    ==============================================

    Untuk alergi debu, cara yang paling mudah dengan menghindari pemicunya. Rumah selalu bersih dan bila perlu pakai sepatu yang tertutup. Kalopun susah coba pake kaos kaki sehingga debu tidak langsung menempel dikaki. Juga sering cuci tangan sebelum da sesudah beraktivitas.

    Untuk obat alergi bisa dengan obat antihistamin dan salep. Hubungi dan konsultasikan kedokter. Terimakasih

  21. Halo mba rina,
    aq udh 5 tahun menderita alergi,bintik na ke seluruh tubuh didalamnya ada airnya trus bernanah,alergi apakah itu?soalnya udh pantang makanan,tp tetep aja kambuh,udh sering ke dokter dsuntik dksh obat,kalau obatnya hbis kambuh lg,sampe dah bosen ke dokter,trus kalau minum antihistamin jg gak mempan,yg mempan cma obat steroid,aq gak mau minum obat itu trus soalnya bnyk efek sampingnya,adakah solusi obat buat penyakit ku ini,tablet kalk bsa gak mba?

  22. assalamualaikum mbak rina,
    sudah 2 bulan ini saya merasa gatal didaerah anus dan daerah kewanitaan, sampai ndak tahan tak garuk hingga luka dan terasa perih. obat apa ya yang aman aku konsumsi karena aku masih menyusui, kalau ada salepnya, apa ya nama salepnya itu
    wassalam.

    ================================================

    Mohon jangan digaruk-garuk hal itu malah semakin memperburuk keadaan.
    Saran saya segera berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin nanti akan mendapatkan pengobatan yang tepat.

    Pengobatannya tidak terlalu berpengaruh bagi ibu menyusui. Segera diobati ya jangan didiamkan. Terimakasih

    • Mbak rina. saya udah minum bufacaryl sama kalkapi tapi masih utuh , apa benar mbak gatel pada daerah itu bisa karena alergi dari benang jahitain waktu saya lahiran.trims

      =============================================

      Sepertinya bukan dari benang jahit.
      Mohon segera berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Berobat samapai tuntas dan sembuh.
      Terimakasih

  23. Salam kenal mbak Rina.
    Numpang berbagi.
    saya penderita alergi tetapi stadiumnya tidak sampai separah mbak Luciana ( tdk sampai
    biduran & bengkak2 diwajah) karena sejak awal ada gejala bersin2 di pagi hari selama dua bulan saya cepat2 berobat kepada ahlinya.
    Dari dua dokter ahli THT yg saya temui, satu dokter yg menurut saya pribadi cocok metode pengobatannya untuk penyakit yg saya derita ini. (dr. JU spesialist THT- di RKZ, Malang)

    Menurut beliau, alergi debu yg saya derita tidak bisa disembuhkan total karena merupakan penyakit genetik (keturunan dari ayah saya) tetapi akibat2 dari alergi ini bisa ditekan.
    Berikut ini yg harus saya lakukan:
    1. Ganti semua perlengkapan tempat tidur (kasur, bantal, guling dll.) yg berbahan kapuk dengan bahan yg tdk menimbulkan debu (spon atau springbed).
    2. Jangan ada yg menyapu atau menggunakan bulu2 (kemucing) dlm rumah, lantai kotor langsung di pel, kalau ada alat rumah tangga yg berdebu gunakan lap basah untuk membersihkannya. Juga jangan ada kipas angin di dlm rumah.
    3. Kalau kamar tidur lembab gunakan AC atau kalau tdk bisa … (maaf bukan maksud beliau merendahkan tapi sekedar metode) gunakan se-perongkol gamping yg dimasukkan satu wadah (kaleng bekas biskuit misalnya) taruh pada dua pojok kamar untuk menyerap kelembaban.
    4. Kalau ada karpet di rumah, bersihkan dengan vacum cleaner setiap hari.
    5. Minuman yg harus dihindari: Segala macam Es (ice) dan minuman dingin.
    6. Buah yg harus dihindari : Semangka, Melon, Blewah, Timun, Pear.
    Setelah selama kurang dari satu tahun saya lakukan, Puji Tuhan gejala akibat alergi debu yg saya derita bisa di bilang tidak ada lagi.
    Gejala alergi akan timbul bila saya melanggar terutama point 5 dan 6.
    Oh iya… beliau mengingatkan bahwa, “debu musuh saya adalah debu dalam rumah saya sendiri, bukan debu yg ada di jalanan”. Dan obat yg di berikan dokter hanya untuk meringankan penderitaan sementara tetapi tidak bisa menyembuhkan. Jadi, jaga diri sendiri.

    Semoga informasi ini bermanfaat, thanks.

    =================================================

    Terimakasih sharingnya.
    Semoga bisa dipraktekan oleh teman-teman yang lain.

    Terimakasih :D

  24. Mat siang dokter,sya mau nanya,sya sering bersin2 apalagi kalau pgi hari tu bersinnya berkali2 ampe mata juga bengkak,dan keluar lendir bening.apa penyakit saya,dan bagaimana cara mengobatinya.??trims

  25. saya mau sharing..
    saya mempunyai penyakit kulit kira-kira 5 tahun. gejalanya muncul semacam panu tapi warnanya merah. selalu muncul bila kondisi tubuh saya panas atau lembab apalagi saat berkeringat. rasanya sangat gatal sekali dan terasa panas di badan. berkali-kali saya berobat dengan mengkonsumsi mycoral dan sabun JF sulfur tapi cuma hilang sesaat. sekarang saya sedang menggunakan obat neuromec dan bufacaryl.
    saya mohon bimbingan dari anda untuk solusi penyembuhannya dan apakah obat yang saya konsumsi di atas adalah obat yang benar?
    terima kasih

  26. Permisi mbak Rina mau nanya nih..

    Temen saya ada yg terkena alergi debu, tapi dia gak mau minum Kalk ataupun suplemen kalsium yg lainnya. Yang Kalk katanya rasanya gak enak dan dia gak suka minum obat karena ginjalnya agak sedikit bermasalah. Kalo CDR kan effervescent dia gak kuat karena punya maag. Nah pertanyaan saya apakah Kalk itu termasuk obat? Dan selain minum suplemen kalsium dan menghindari alergen apa ada cara lain untuk menangkal alerginya? Terima kasih ya mbak :D

  27. malam mba RINA
    sy mau nanya neh mba,,wajah sya dan sekitar leher keluar gatal bahkan benjolan sperti jrwat itu sakit.pas sy priksa seh ktana alergi debu.
    sy ud 3x kdokter tp lum ad prubhan ap tablet talk bisa sya mnum mba,,tpi anak sy ASI.ap tu g brpngrruh??ap mba punya sran lain mngkin??trims ya

  28. halo mbak rina.. saya mau tanya,sebulan setelah melahirkan tangan saya gatal gatal seperti kulit bersisik,dan kulit saya jadi tebal serta berair.. sampai sekarang saya masih memyusui.usia anak saya 8bulan.. saya pernah memakai salep kloderma tapi di boxnya tertulis tidak boleh digunakan pd ibu hamil dan menyusui karena mengandung kortikosteroid. saya ke dokter spesialis kulit katanya tidak apa2 selama pengunaannya dioles tipis2 dan tidak dalam jangka waktu lama. jadi setelah pemakaian 2bulan saya hentikan namun bila berhenti memakai salep ini gatalnya kambuh lagi. saya konsultasi ke dokter spesialis kulit yg lain dia memberikan salep racikannya dia dan seperti saya memakai kloderma bila berhenti pakai salep racikan ini selama 2 bulan juga gatalnya muncul lagi. yang ingin saya tanyakan : apakah saya gatal2 karena kekurangan kalsium saat menyusui ya? dan apakah sebaiknya pemakaian salep ini saya hentikan atau saya teruskan ya mengingat kortikosteroid tidak boleh digunakan pada wanita menyusui? saya masih ingin memeberikan asi ke bayi saya.. terimakasih ya mbak rina

  29. wah banyak informasi bagus ni,,,,berguna banget,
    saya juga pengen konsul nih mbk,,,saya menderita alergi tapi selama ini juga tidak jelas alergi apa,,,saya derita kurang lebih 10 tahun,,kalau konsultasi ke dokter diberi obat sembuh selama masih minum obat tersebut, tapi setelah obatnya habis ya kumat lagi, saya menderita gatal-gatal di telapak tangan dan jari jari tangan mbak, kalau pas kumat rasa gatalnya amat sangat dan lama sampai bentol bentol kecil yang banyak, tapi bentol-bentolnya tidak pernah sampai pecah sampai dia kempes sendiri, biasanya obat yang saya konsumsi dextamine mbak tapi hanya untuk menghilangkan rasa gatalnya saja. untuk penyembuhan mohon informasi obat yang harus saya konsumsi mbak, o ya beberapa hari ini saya menghindari daging ayam dan telur ayam mbak dan baru hari ini saya makan telur ayam dan kembali gatal, apa mungkin itu penyebabnya mbak, mohon penelasan dan obat apa yang harus saya konsumsi, terima kasih mbak.

  30. hai. salam kenal :)
    mb saya mau tanya nih, knp sy setiap terkena angin radak kenceng misalny lg naik mtor, juga pas dingin hidung sy spert tertutup lendir ampe g bsa nafas. tp lendir itu g bsa d keluarin. ntar klo dh lama baru bisa keluar jadi dahak. itu knp

  31. Yth,mba Rina
    Saya menderita gatal2 mba di lutut bekas jatuh dari motor apa ya obatnya?saya di kasih ko ga sembuh2 mba?

  32. Pingback: Obat Paling Manjur Mengobati Panu | Obat Herbal Untuk?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s