YKI: Benjolan di Payudara

Rasanya berat bagi saya untuk menulis postingan ini. Bila biasanya saya menulis dan menjelaskan tentang penyakit orang lain, kali ini subyek yang akan dibahas disini adalah kisah saya sendiri. Saya memang seorang farmasis/apoteker, tetapi sama seperti orang lain, saya bisa menderita sakit. Saya juga masih merasakan deg-degan setiap kali ke dokter. Kali ini, diagnosis yang saya dapat memang cukup membuat resah.

Pada awalnya saya merasakan ada benjolan  kecil di payudara sebelah kiri. Saya kira ini hanya masalah hormonal biasa, tapi lama kelamaan benjolan ini kian terasa mengganggu. Setelah beberapa lama, akhirnya saya memutuskan untuk mencari pengobatan. Saya sih tahu ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk melakukan pengobatan, tetapi harganya lumayan mahal. Saya ingin mencari tempat yang pelayanannya baik dan harganya terjangkau, tapi dimana ya? Setelah mencari tahu di Mbah Google dan Mas Wikipedia, akhirnya saya mendapatkan informasi yang cukup mencerahkan.

Saya diperkenalkan dengan YKI, Yayasan Kanker Indonesia. Ini alamat dan nomor telponnya:

Jl. Lebak Bulus Tengah No.9
Cilandak Jakarta 11430
Telp (021) 769 0704
Pelayanan: 08.30 – 14.00 WIB

Rincian biaya saya jabarkan menurut harga di tahun 2010 ini ya. Biaya administrasi 25 ribu. Biaya USG 175 ribu. Biaya mammografi tentunya juga sangat terjangkau. Biaya konsultasi dokter bedah 90 ribu. Biaya Pap Smear 50 ribu. Dibandingkan dengan biaya di rumah sakit lain yang saya tahu, biaya servis di Yayasan Kanker Indonesia ini sangat jauh berbeda. Tentunya, YKI bisa menjadi alternatif bagi yang ingin mencari pengobatan tetapi hanya memiliki dana yang terbatas.

Sebagaimana pasien lainnya, saya juga melalui semua tahapan pemeriksaan. Mulai dari pemeriksaan SADARI, USG, mammografi bila perlu, dan konsultasi dengan dokter spesialis bedah. Hasilnya adalah “solid benigna mamae dextra, sugestif FAM dd/ lipoma. Saya didiagnosis memiliki tumor jinak kecil. Klik link berikut untuk tahu secara lengkap apa itu  benign tumor, lipoma dan FAM (Fibriodenometosis). Setelah memahami sepenuhnya arti setiap kata yang tertulis, akhirnya saya bersiap untuk menjalani operasi.

Jangan membayangkan “operasi” itu sebagai kata yang menyeramkan. Awalnya saya memang deg-degan, tapi setelah dibius lokal maka saya menjalani minor surgery dengan lancar. Durasi operasi kecil ini kurang lebih setengah jam saja bahkan saya bisa langsung pulang ke rumah. Dokter yang menangani saya namanya dr. Munandar. Terima kasih ya, Dok.

Seperti orang-orang lain yang didiagnosis memiliki tumor, saya juga bertanya-tanya kepada diri sendiri, kenapa ini terjadi pada saya? Saya Saya belum mengerti kenapa ini terjadi, tetapi saya percaya Tuhan pasti puya rencana yang indah untuk saya.

Mungkin, saya diberi ujian ini agar saya lebih memperhatikan kesehatan saya. Mungkin, saya harus bertemu dokter dan pisau bedah agar saya dapat menguatkan sesama wanita yang mengalami hal yang sama dengan saya. Saya ingin mereka yang sebenarnya tahu bahwa dirinya perlu mendapat pengobatan segera mengambil tindakan. Sebuah benjolan kecil di payudara bisa jadi merupakan peringatan dini. Banyak wanita yang takut pergi ke dokter karena kurang informasi dan tidak punya banyak uang. Saya berharap dengan tulisan ini lebih banyak wanita yang semakin peduli dengan kesehatan reproduksinya. Bila ada wanita diluar sana yang sedang mengalami masalah serupa, jangan takut untuk datang ke dokter. Segera ambil tindakan, selagi masih ada yang dapat dilakukan. Katakutan itu bukan untuk disembunyikan tetapi harus dihadapi. Saya bersyukur mengetahuinya sekarang sebelum terlambat.

Bila kamu memiliki benjolan yang tidak biasa di payudara, waspada dan segera konsultasikan dengan dokter. Bila kamu masih bingung dan takut, silakan berbagi cerita disini, atau hubungi langsung tempat-tempat seperti Yayasan Kanker Indonesia. Kalau mau bertanya pada saya juga boleh. Bila bisa, saya akan menjawabnya.

Kanker, tumor, kista, FAM, lipoma dapat disembuhkan jika ditemukan dalam stadium dini. Jangan tunggu sampai terlambat.

About these ads

82 thoughts on “YKI: Benjolan di Payudara

  1. Semoga cepat sembuh!!!!!
    Saya sekeluarga mengucapakan: “SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA, MINAL ‘AIDIN WAL FA IDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.”

    —————————————

    Amin :) :)
    Met hari raya Idul Adha.

  2. wah, semoga cepat sembuh ya mba.
    mau tanya nih, kalo punya tumor begitu itu apa keturunan?
    dan berapa biaya operasinya di YKI?

    ini mah bukannya ngedoain yang baru sembuh malah diberondong pertanyaan lagi, hehehe.

    trmksh.

    ———————————————-

    Amin, semoga waktu pemulihan tidak terlalu lama dan saya bisa beraktivitas kembali.

    Tumor itu disebabkan karena banyak hal. Bisa dari faktor turunan, pola hidup, abnormalnya jaringan, kelenjar yang tertutup, makanan yang dimakan, radikal bebas, dll.

    Kalo saya bukan karena keturunan karena ayah ibu kakek nenek tidak ada yang punya riwayat berpenyakit tumor.

    Misalnya kakek saya pernah kena tumor maka saya termasuk cucunya yang punya faktor resiko, tetapi tidak diturunkan langsung kesemua anak dan cucunya.

    Untuk biaya operasi tergantung kondisi tumornya.
    Perlu diketahu bhawa YKI, Yayasan Kanker Indonesia tidak memiliki fasilitas untuk operasi,melainkan pusat diagnostik dini. Artinya untuk pemeriksaan dan memastikan apakah ini tumor, kista, FAM, Lipoma, dll.

    Setelah diketahui tumor dan perlu tindakan operasi barulah dirujuk kerumah sakit yang diinginkan. Bisa rumah sakit RSCM, Dharmais atau Rumah Sakit tempat dokter dari YKI berpraktek.
    Kalo saya memilih di RS tempat dokter YKI berpraktek, yaitu Rumah Sakit Sumber Waras.

    Biaya tergantung jenis operasinya. Jika ada tumor yang perlu penanganan khusus maka perlu dibius total dan dilakukan Operasi Sedang.

    Namun saya kemarin bersyukur, tumor saya jinak sehingga cukup dilakukan operasi kecil, istilahnya minor surgery dan cukup bius lokal saja. Terimakasih.

      • sudah periksa ke dokter tp kata dokter pasti sakit krn tumornya besar dan kalau gatal perhatikan mungkin itu bh nya gitu,dia malah bilang sm aku udah g apa g usah kesini lg bekas operasinya jg bagus tidak terlihat banget walau bekas jahitanya byk gitu,munkin krn trauma sampai sekarang saya taku tumbuh lg,krn saya tulang punggung keluarga klu sampai terjadi apa2 pd saya kasihn ank2 saya dan kedua org tua saya,setelah operasi 1minggu pun saya hrs masuk kerja,kadang lupa habis operasi smpi angkat berat yg membuat payudara sy sakit,sy hanya pasrah apapun yg akan tuhan berika,sy berdoa semoga kita yg senasib dlm keadaan baik2 saja mksh share jd curhat deh heeee,smgt bagi yg mau jalani operasi g sakit ko cuma tiduran gitu tau udah selesai operasinya.mksh buat share nya.

  3. hm..begitu, ya, mbak ?
    Toh pengalaman operasi nya itu khan bukan hal yang bisa dipandang sebelah mata, ya, mbak ?

    Semoga lekas sembuh, ya, mbak..
    dan
    bisa beraktifitas kembali… :)

    =============================

    Terimakasih Putri
    Miss you much :D

  4. wah, si mba ini walaupun masih dalam tahap penyembuhan tapi tetep jawabannya memuaskan. :-)
    makasi yah infonya dan sekali lagi, semoga cepat sembuh dan beraktivitas lagi ya mba..

    ===========================================

    Sama-sama Rona :D
    Semoga saya cepet sembuh dan dapat menulis lagi.
    *peluk-peluk*

  5. salam kenal mba…tadinya mo komen di ngerumpi.com tapi krn ga punya akun jadinya ngacir kesini huehehe…

    saya empat bulan lalu baru selesai operasi juga, malahan benjolan saja ga cuma satu..ada empat..huehehe kata dokternya saya berbakat…halah
    Salut sama mba Rina berani langsung memeriksakan diri ke dokter, saya malah butuh waktu 2 tahun lebih baru akhirnya berani ke dokter. dan lalu memutuskan untuk operasi…biusnya bius total lagi…benar-benar pengalaman yg ga terlupakan..

    mudah2an setelah ini akan baik2 saja….^^

    —————————————

    Terimakasih untuk sharing pengalaman tak terlupakan.
    Berarti mbak Isech punya faktor resiko yang lebih hehehe “berbakat”.

    Kalo udah 4 emang bius total :D
    Kalo saya tunggu 2 tahun lagi takut tambah gede atau beranak cucu hehehe.

    Semoga kita berdua akan baik-baik saja :D dan tetap konsultasi ke dokter serta mengkonsumsi antioksidan.
    Salam

  6. Syukurlah bukan carsinoma ya, jadi lega deh :)
    Biasanya ada juga orang yang bergelut di bidang kesehatan, mengalami stres yang lebih tinggi saat didiagnosis suatu penyakit, bahkan ada yang cenderung ‘denial’.

    =========================================

    betul tuh,
    Awalnya menyangkali dan berpikir cuma masalah hormonal.
    Tetapi tidak ada perubahan… ya tentu saja kalo sudah tahu kenapa diam saja.
    Kedokter lebih cepat, pasti lebih baik :D

  7. mba mau tanya yah,, soal kanker payudara itu, benjolan itu sendiri apaan sih? apakah kelenjar? atau tumor yg di sebut dengan benjolan kanker atau apa?

    terima kasih

    ==========================================

    Jawaban lengkapnya sudah saya link sama mas Wikipedia. Ada kok dipostingan saya.
    Keterangannya lengkap sekali ( highly recommended ) atau binggung?

    Saya pake bahasa gampang aja dech.
    Menurut Mas Wikipedia:

    Tumor adalah sebutan untuk neoplasma/ lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya. Tumor berasal dari bahasa latin tumere = bengkak. Jadi semua benjolan atau bengkak disebut tumor.

    Tumor sendiri dibagi menjadi dua, yaitu tumor ganas (malignan) atau tumor jinak (benign).

    Tumor ganas disebut kanker. , dia dapat menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis (berkembang cepat).

    Sementara Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh menjadi besar. Biasanya setelah diangkat melalui operasi tumor jinak ini tidak akan tumbuh lagi.

    Semoga mengerti, sudah saya pake bahasa yang paling gampang hehehe

  8. Huhuhu, bagaimana membedakan antara benjolan yang mencurigakan dan yang bukan? *maaf lho ditanyakan lagi*

    ======================================

    kalo seperti itu dokterpun tidak tahu.
    Memang beberpa dokter bisa mengetahuinya dari merabanya saja.

    Dokter saya saja yang sudah ahli 35 tahun praktek juga tidak mau ambil resiko.
    Yang benar, benjolan tadi diangkat (dioperasi) kemudian benjolan tadi diidentifikasi ke Patologi anatomi.
    Dari situ baru diketahui ini jenisnya maligant (tumor ganas/ kanker) atau tumor jinak (benign tumor).

    Jinak artinya kalo sudah diangkat , tidak berpotensi untuk tumbuh kembali.
    Ganas artinya tumornya ganas yang bermetasis ( merusak jaringan lain).

  9. salam kenal..
    mau tanya mba,

    saya mempunyai benjolan di payudara kanan atas dan menurut hasil dokter adalah tumor jinak (FAM). pada waktu pemeriksaan tersebut saya lagi hamil. sekarang anak saya sudah berumur 2 bulan.
    saking sayangnya pada anak..saya masih menyusui dia walaupun hanya pada payudara sebelah kiri.
    sampai saat ini saya takut untuk periksakan diri ke dokter lagi.

    mungkin pada saat ini Tuhan sedang menguji saya
    saya bingung tindakan apa yang perlu dilakukan?

    oh ya.. saya mengkonsumsi obat herbal

    apakah benjolan tersebut harus diangkat? karena saya takut dengan operasi
    Butuh berapa lama untuk proses operasi tersebut?
    biaya untuk operasinya berapa?

    ———————————–

    Salam kenal juga Mbak Nalys,

    Pertama, saya mau mengucapkan selamat atas kelahiran anaknya yang sehat, semoga menjadi anak yang berguna untuk keluarga dan bangsa.

    Saya tidak ingin menganggap ini ujian, justru Tuhan sayang sekali dengan Mbak. FAM (fibrioadenometosis) tidak berbahaya dan ibu tidak perlu khawatir.

    Saya menyarankan ibu tetap menyusui anak dengan payudara kiri dan kanan. Tidak apa-apa kok menyusui ditempat yang ada FAM nya.

    Saya ingin ibu lebih berfokus untuk mengasuh anak saja saat ini. Ga usah terlalu dipikirin. Nanti kalo anaknya sudah setahun dan sudah tidak menyusui ibu bisa berobat kedokter.

    Ga usah minum obat herbal dulu. Karena apa yang dimakan ibu tentu dimakan anak. Fokus sama anak aja.

    Setahun dari sekarang ibu bisa melakukan operasi. Coba periksa lagi ke dokter, mungkin ada perubahan. Jangan membayangkan operasi itu mengerikan. Tidak, cuma seperti operasi kecil kok.

    Semoga ibu selalu semangat. Terimakasih.

  10. halo mba senang rasanya bisa sama2 berbagi,saya baru tanggal 11 nov 2010 yg lalu melakukan operasi FAM..dan alhamdulilah memang hasil pa nya menunjukan kalo itu memang fam,awalnnya saya juga ke YKI yg berada di kota saya untuk memulai pemeriksaan..padahal dah 8th benojolan itu bersarang pada payudara saya..tadi saya baca tulisan mb..kalo harus mengkonsumsi antioksidan..kalo boleh tau apa antioksidannya..?dan mudah2an kita diberikan kesembuhan dan kesehatan..amin

    ——————————–

    Terimakasih Mbak Yenny sudah dioperasi untuk diangkat FAMnya. Semoga kita selalu sehat dan kembali beraktivitas seperti biasa.

    Saya mengkonsumsi Antioksidan biar badan lebih cepat pulih. Sumber Antioksidan yaitu Vitamin E, Vitamin C, Vitamin A, karotenoid (Astaxanthin). Ada banyak merek yang ibu bisa beli di Apotek. Bisa juga makanan yang mengandung unsur warna merah. Terimakasih

  11. makasih ya mb rina atas infonya…kita harus yakin dan berfikir sehat supaya ntu benjolan ga bolak balik lagi ke tubuh kita…semangat ..senang bisa kenal dengan rina..

    ===================================

    Sama-sama Mbak Yenny

    Tuhan itu sayang sekali dengan kita :D
    Berpikir positif dan jangan lupa setahun lagi konsultasi ke dokter.
    Makasih :D

  12. salam kenal….mba sy baru saja menjalani operasi lipoma di bag lengan kanan pd tgl 4 des 2010…..

    awalny dl 7 th yg lalu sy rajin mengkonsumsi antioksidan tp karena efek sampingny bikin sy gemuk akhirny sy hentikan, tp setelah itu tumbuh benjolan kcl sebesar kacang tnh d lengan knn, krna sy tkt k dokter sy cari alternatif lain seperti akupuntur dn mnm herbal tp hasilny mlh benjolanny semakin bsr yaitu sebesar telur angsa, memang biarpun sy tdk merasa sakit, tp dari segi estetika sangatlah mengganggu.

    sampai akhirny sy bertekad memeriksakan diri k dr spesialis bedah tumor dn kanker. dokterpun menyarankan utk d operasi. krn klo benjolanny makin besar semakin bsr pula biayany. memang seperti jga yg lainny sy pun merasa takut dn cemas.tp ketakutan dn kecemasan itu sy lawan dgn doa dn alhamdulilah…..operasipun tdk terasa sm sekali apa lg sy d bius total.

    dn hasil leb dokter menyatakn bahwa penyakit sy adalah tumor jinak. lega rasany hati ini. terima kasih Tuhan. jd bwt tmn2 yg mmpunyai penyakit seperti sy jgn tkt. lebih cpt d tangani dr lebih baik.

    ==========================================

    Terimakasih untuk pengalamannya. Saya terharu :D
    Semoga lebih banyak lagi wanita yang mau berbagi pengalaman dan tidak takut untuk dioperasi.
    Berobat sebelum terlambat dan dengan pengobatan teratur akan sehat kembali. Terimakasih

    *peluk mbak Watie*

    • halo mba,, senang rasanya bs berbagi pengalaman,,, sy baru akan menjalani operasi kamis ini,, hasil dr usg adalah sugestif FAM,,, tp y agak takut utk menjalani operasi tersebut,, tp setelah membaca pwngalaman mba,, sy jd berani dan ikhlas menerima cobaan ini,,,,
      mohon doanya ya mba,, agar operasi aku berjalan dengan lancar,, dan sll diberikan kesehatan,,, amiin

      ==============================================

      Saya mendoakan agar operasi berjalan lancar dan proses pemulihannya cepat.
      Ini bukan cobaan justru Tuhan sayang sama mbak Vie :D

      Bersyukurlah sudah tahu dari sekarang sebelum terlambat.
      Nanti kalo sudah operasi, komentar lagi ya mengenai pengalamannya… biar lebih banyak lagi yang tercerahkan dan tidak takut.
      Terimakasih.

  13. salam mbak. .saya saat ini berusia 23 thn, kira2 5 thn yg lalu saya menjalani operasi dikarenakan ad benjolan di payudara sebelah kiri saya, waktu itu karena takut, saya minta dokter untuk bius total, .namun, kira2 1 thn kemudian, saya dapati benjolan itu tumbuh kembali, dan akhirnya saya kembali memeriksakan diri beberapa bulan yg lalu, dan dokter menyarankan untuk dioperasi kembali. .namun, saya sampai saat ini msh blm siap untuk operasi kembali. .saya menanyakan pada dokter tentang penyebabnya, tp jawaban dr dokter tdk bs memastikan penyebabnya. .kira2 apakah penyebab bnjolan ini sehingga dikemudian hr saya dpt menghindarinya supaya tdk tumbuh kembali?

    Terima kasih.

    =====================================================

    Terimakasih untuk pertanyaan dan sharingnya.
    Saya yakin kamu adalah pribadi yang kuat *peluk-peluk*

    Bolehkan saya tahu apa diagnosa dokter sewaktu operasi pertama? tumor, FAM, kista, maligan. Coba kasih tahu saya hasil USG 5 tahun yang lalu. Disitu biasanya tertulis nama penyakitnya. Emang sih, tulisanya blebek-belek ga ngerti (cuma dokter dan saya yang tahu). Mohon dikasih tahu saya ya. Saya tunggu ya.

    Sambil menunggu saya ingin menjelaskan apa itu FAM. FAM itu kepanjangan dari Fibrio AdenoMetosis yang merupakan jaringan abnormal yang tumbuh di payudara tetapi tidak berbahaya. Meskipun jaringan ini tidak bahaya tetapi dokter akan merekomendasikan untuk dioperasi. Lantas apakah setelah dioperasi bisa tumbuh kembali? jawabannya iya. bisa tumbuh kemabli ditempat yang sama atau berlainan.

    Kenapa? setelah pengangkatan operasi, ada bagian payudara yang kosong, dan jaringan kosong ini jika tidak dijaga akan terisi kembali sehingga akan memenuhi ruangan yang kosong lagi. Coba tanya mbah google untuk informasi apa itu FAM. tulis aja FAM…

    Untuk mencegah hal itu terjadi biasanya setelah operasi dokter selalu menyarankan setiap tahun, melakukan USG setiap 2 kali setahun. Namun untuk jaga-jaga, misalnya kasusunya ringan bisa setiap tahun USG. Coba aja di Yayasan Kanker Indonesia, harganya terjangkau. Biar dicek akapah semua baik-baik saja.

    Selain itu, cobalah untuk menjauhi stress dan kecapekan. Kurangi aktivitas fisik dan psikis yang berlebih dan selalu positif thinking and be happy. Terimakasih

  14. salam kenal mb..kebetulan nama kita sama, ada benjolan di bagiab bawah payudara saya, awalnya kecil, tapi sudah dua bulan ini terasa membesar dan terasa bulatnya..awalnya saya takut untuk memeriksakan benjolan tersebut, karena alhamdulillah selama ini saya jarang sekali ke dokter, tapi setelah membaca tulisan mb..saya akan memberanikan diri untuk memeriksakannya,terimakasih mb..

    ==============================================================

    Ayo Rina, kamu pasti bisa dan berani.
    Sejujurnya saya juga nervous tetapi saya tidak mau terlambat. Ikuti saran dokter.
    Setiap benjolan pasti bisa diobati jika diketahui sejak dini.

    Nanti kasih tahu ya, diagnosanya apa.
    Kalo toh harus diangkat, tidak perlu takut. Saya (Rina) bisa, Rina juga bisa :D

  15. salam sejawat mba,,
    mba mo nnya..stlh operasi kmren benjolannya tumbuh lg gag???cz ak jg di diagnosis FAM,trus disuruh operasi sm dokternya..,tp yg ak takutin stlh operasi tumbuh lg trus jdnya ganas,
    ak jga pnh bca artikel kedokteran,kok mlah di anjurin cepet nikah y mba??trus apa hubungannya hhehee..
    thanks sblmnya mba..

    ================================================

    Sampai hari ini tidak ada benjolan yang tumbuh kembali, yang penting selalu bersyukur, happy and positive thinking.
    Jumalah cewek yang kena FAM ada banyak, FAM itu tidak berbahaya dan tidak ganas (bukan maligan).

    Saya juga setuju dengan dokter, sebaiknya memang dioperasi untuk diangkat akan jaringannya tidak semakin melebar dan membesar. Tidak perlu takut, buktinya saya sudah berhasil melewati operasi tersebut. Kalo saya bisa Amelia juga bisa! you can do girl :D

    Untuk menika memang benar, sebaiknya segera menikah bila sudah punya pasangan dan sudah mantap. Kalo belum jangan kawin sama kucing hehehehe.
    begini nih makasudnya…..

    Ada yang namanya faktor resiko terjadinya benjolan (tumor, FAM, kista, kanker) di tubuh terutama bagi cewek diantaranya:
    1. tidak menyusui anak
    2. Melahirkan diatas 35 tahun, makanya buruan nikah sebelum 35 tahun.
    3. Faktor keturunan/ genetis
    4. Menopause

  16. Boleh tau mbak berapa biaya operasi oleh dokter munandar
    Kebetulan ada teman sekantor mengalami masalah yang sama dan kesulitan biaya untuk masuk kerumah sakit umum karena yang berrsangkutan tidak memiliki polis asuransi apapun juga

    ————————————–

    Biaya operasinya sih tidak terlalu mahal. Kalo ada keluhan, sebaiknya cek dulu ke Yayasan Kanker Indonesia karena harga pemeriksaannya terjangkau.

    Dari situ akan mendapat rujukan, misalnya ke dokter Munandar dan beliau yang akan melaksanakan operasi tetapi tidak di YKI namun rumah sakit tempat dokter tersebut bekerja. Terimakasih.

    Salam
    Rina Susanti

  17. mbak … aku juga pernah ngalamin ini loh ,…
    setahun terakhir ini aku ngeraba bagian payudara sebelah kanan ..ada benjolan
    terus aku periksan kers umum .
    mulai dr foto thorax. hasilnya tdk ada klainan paru paru
    terus patologi klinik ..hasilnya semua normal kata dokter
    terus patologi anatomi nya aku kurang ngerti gt mbak bahsa dokternya ..
    terus usg mamae..kesimpulan nya FAM dextra ,,
    terus aku operasi kan mbak ,..aku bius total ni ,, krn hasil usg bilang ukuran benjolannya kurang lebih 1,7-1,8 cm ..setelah 3 hari opnmee .. aku pulang kerumah tp hasil operasi aku dilem loh mbak gak dijahit gt ..
    tp anehnya wktu lepas perban ,,, aku kan mandi ni mbak ..terus luka nya belum gt kering terus kena air …eh malah ujung nya gak smbuh mbak agak brair gt … tp gak bengkak apalgi nyerri ,,,
    kenapa tu ya mbak . saat ini aku konsumsi obat ESTER C ,,it bgus gak untuk pemulihan luka pasca operasi ..

    mkaasi mbak rinaa…
    jelasin ya mbakk .-

    ==============================================

    Terimaksih sudah berbagi kisah dan pengalaman. Yang penting sekarang sudah dioperasi dan semoga pemulihannya cepat erta dapat beraktivitas lagi seperti sebelumnya.

    Saya tidak mandi selama 2 minggu pasca operasi. cuma dilap saja pake tissue basah. itu sudah cukup.
    Jika luka belum kering memang sebaiknya jagan mandi dulu. Kalo ujungnya agak berair, minggu depan konsultasi lagi ke dokter ya. Biar mendapat tindakan pemulihan dan luka cepat kering.

    Just info saja, terkadang kita sudah merasa kelewat senang setelah operasi berjalan baik lalu malas ke dokter. Meskipun sudah dinyatakan sehat dan tidak usah konsultasi lagi, saya tetap datang jika ada keluhan baru. Minum antioksidan seperti vitamin C (seperti Esthrr C), atau viatamin E, Astaxanthin uga boleh agar luka cepat sembuh.

    Saya mau share pengalaman saya minggu ini, saya baru konsultasi kedokter lagi.
    Ternyata setelah luka kering dan hasilnya bagus namun 3 bulan setelah operasi ternyata muncul keloid. Aduh, ternyata saya punya bakat keloid.
    Akhirnya perlu disuntik beberapa kali biar lukanya kempes dan rata.

    So, tetap konsultasi ke dokter dan lakukan SADARI setiap minggu. Terimakasih

  18. keloid itu apa ya mbak ??ehm iya mbak .. hasil patologi anatomi pasca setelah operasi blm saya liat loh mbak , berhubung jadwal kulia saya yang padat .terus dibagian luka yang bekas operasi agak mngeras..kenapa itu ya mbak ? terus kok saya liat benang hitam didlamnya … saya liat benang itu dr luka yang ujung blm sembuh itu mbak ,..
    apa itu benang daging ato bukan ?soalnya operasi saya main lem gt mbak gak dijahit :(

    semoga kita menjadi wanita yang sabar …

    ===============================================

    Ga mungkin cuma dilem doang, pasti dijahitlah bekas luka operasinya.
    1.8cm itu lumayan juga.

  19. keloid itu apa ya mbak ?
    dan keloid itu bisa tumbuh dmn juga mbakk
    ?ehm iya mbak .. hasil patologi anatomi pasca setelah operasi blm saya liat loh mbak , berhubung jadwal kulia saya yang padat .terus dibagian luka yang bekas operasi agak mngeras..kenapa itu ya mbak ? terus kok saya liat benang hitam didlamnya … saya liat benang itu dr luka yang ujung blm sembuh itu mbak ,..
    apa itu benang daging ato bukan ?soalnya operasi saya main lem gt mbak gak dijahit :(

    semoga kita menjadi wanita yang sabar …

    =====================================

    Informasi keloid itu apaan sih bisa lihat disini. http://en.wikipedia.org/wiki/Keloid

    Sepertinya apa yang kamu alami hampir mirip seperti saya.
    Ira yang baik,

    Tentu saja dokter menjahit operasi tersebut, memang kamu tidak melihatnya karena dibius total. garis hitam itu dalam benang jahit operasi.
    Saya juga sempat khawatir karena benangnya seperti terbuka dan lukanya mengeras. Itu seperti ciri-ciri terjadinya keloid.

    Jika bulan ini sibuk, saya bisa memaklumi tetapi kalo bulan depan mau atau tidak mau harus konsultasi ke dokter.
    Ga masuk sehari ga apa-apa toh? emang udah habis apa jatah bolosnya? ke dokter dan berobat sampai sembuh itu harus.
    Nilai kuliah jelek bisa diperbaiki tetapi kalo bekas operasi jelek akan kelihatan seumur hidup. Terimakasih

    • iya mbak ..besok saya mau konsul kedokter deh ;) makasii ya mbakk atas sharing2nyaa …
      hehhehe …

      ==============================

      Oke deh, semoga cepat sembuh :D

  20. Hallo mbak, sya jg punya tumor di payudara, saya tau ada tumor pd thn 1999, setelah periksa kedokter. Mka d putuskan untk d operasi. Sya lalu mnjalani operasi kcl dgn bius lokal. Trnyata doktr x salah angkat, sya g tau apa yg dia angkt tp tumorx ttp ada smpe skrg, sdh 12 thn benjelon x tetap ada N keras, bntuk x tdk trjdi perubahan. Bru akhr2 ini sy peduli n pgn USG

    ===========================================================

    Dear Mbak Vina,

    Saya tidak mengerti kenapa dokter bisa salah angkat, memangnya tidak dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, USG, Mamografi, SADARI, dll.
    Begini saja dech, yang sudah berlalu biarlah itu menjadi pemebelajaran. Tidak perlu menyalahkan siapapun.

    Sekarang saya berharap segera berobat ke dokter dan lakukan pemeriksaan lebih detail di rumah sakit besar dan lengkap peralatannya. Lakukan dengan benar dan teliti, cari rumah sakit yang punya referensi yang baik untuk tumor, kalo di Jakarta seperti Dharmais.

    Jika memang harus di operasi lagi sebaiknya lakukan, jangan terlalu banyak pertimbangan nanti malah ga jadi dan takut.
    Semoga cepat sembuh dan sehat kembali.

  21. ass. wr. wb..
    mb’ rina, saya mo nanya lagi nich..
    Apakah hasil dokter bisa berubah ubah setelah setahun pemeriksaan yang kemarin?
    anak saya sudah berumur 6 bulan skrang mb’

    Saya sudah pingin menjalani operasi FAM karena benjolanya makin besar dan terasa sakit
    Apakah saya bisa di operasi walaupun saat ini saya masih menyusui?

    dan setelah dioperasi apakah saya dapat menyusui kembali?

    Mb’..
    Saya takut membayangkan operasi,.
    Kalau benjolannya besar, apakah seluruh bagian paudara di angkat?

    trima kasih mb’

    ================================================

    Dear Mbak Nalys,

    Selamat ya untuk kelahiran anaknya yang sehat dan selamat. Semoga menjadi anaka yang membanggakan.
    Setelah 6 bulan maka pemberian ASI eksklusif bisa dihentikan.

    Sekarang mbak ke dokter spesialis bedah, nanti akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh. USG dan maografi untuk mengetahui kondisi terbaru FAMnya.
    Takut itu wajar, saya juga pernah takut :D

    Tetapi jangan terlalu berlebihan.
    Jangan terlalu berpikir yang berat-berat, seperti payudara diangkat/ kanker ganas, dll. LIhat dulu apa diagnosis dokter dan biarkan mereka yang menentukan dignosanya. Percayalah bahwa semua yang terjadi adalah indah pada akhirnya.

    Semua itu harus dilalui bukan untuk disesali.
    God be with you always :D

  22. ass wr. wb.
    salam kenal mbak….
    sy mo sharing tentang FAM nie, langsung aja ya mbak. sekitar tahun 2005 sy menjalani operasi pengangkatan FAM, waktu itu benjolan cuma satu. tp beberapa bln setelah dioperasi, tumbuh lg benjolan n bahkan lebih banyak. sy jg sempat ke YKI mbak, trus sm dokter YKI diresepkan vitamin E selama 3 bln. mgkn dokter observasi dl krn saking banyaknya benjolan. belum sampai 3 bln sy diterima PNS di jogja sehingga sampai sekarang tdk cek lg ke YKI. waktu punya anak, sy tetap menyusui. cm bedanya payudara kiri yg banyak benjolan jd kurang banyak produksi ASInya dibanding payudara kanan. sy kl mau priksa ke rumah sakit lg ragu2, karena kemungkinan besar rekomendasinya adalah operasi lg. yg membuat sy ragu adalah karena membaca salah satu brosur YKI tentang kelompok resiko kanker payudara, salah satunya yang pernah menjalani operasi tumor jinak payudara. mbak, sy ga siap kl payudara sy bolak balik dioperasi pdhal mungkin nanti jg bisa tumbuh benjolan lg. sy jg ga siap dengan resikonya. untuk menanggulanginya sy hanya rutin pijat refleksi n mencoba pola makan sehat alami. makasih mbak. wassalam.

  23. Aslm,
    Mbk, d sebelah kiri payudara sy ada benjolan dan terasa sakit. Ttp d pinggir payudara. It apaya?.
    Saat ini sy sdg menyusui, tp belakangan ini payudara yg kiri jarang d susui coz produksi ASI sbelah kiri krg byk di banding yg kanan.
    Tq

    ==========================================

    Dear Bunda,

    Untuk lebih mengetahui benjolan apa sebenarnya, sebaiknya bunda ke dokter untuk dilakukan test USG biar ketahuan.
    Kalo cuma diraba saja kurang kuat analisanya. Terimakasih

  24. mbak, saya 19 tahun, kemarin malam tonjolan kecil di aerola saya mengeluarkan zat putih kental agak padat seperti kekentalan pasta gigi, apakah itu berbahaya dan salah satu tanda kanker? terima kasih,

    ==================================================

    Sebaiknya Anggun coba cek ke dokter dan lakukan pemeriksaan secara detail.
    Saya tidak tahu ini kanker atau bukan, semua harus diperiksa menggunakan alat dan pemeriksaan laboratorium.
    Bila Anggun takut, minta ditemani orang tua ya. Terimakasih

  25. Aslamu….
    Salam kenaL kak,saya melda (19 thn).
    Saya akan menjalani operasi tumor payudara medium kak.
    Kira2,biusnya lokal atau total?trus,brpa lama kira2 masa penyembuhannya kak?makasih

  26. Dear Mba Rina,

    Seneng bgt pas googling cari tau ttg paska operasi tumor jinak payudara aku lgsg dpt blog mba ini, berguna bgt utk aku mba :)
    Aku mau ikutan share ya mba,aku hanifal (25th) awalnya aku ngerasain benjolan di payudara kanan itu udah 6bln yg lalu tapi aku takut utk periksa smp akhirnya pas aku Tes MCU utk BI dokter yg periksa tes fisik bilang kalo di payudara kananku ada tumor jinak sebesar 6cm,aku bnr2 kaget mba,dan udah pasrah krn tau pst aku ga akan lulus masuk BI pdhl tinggal 1 tahap lagi,memamg blm rezekiku :)
    Stlh itu lgsg aku beraniin diri utk usg ke YKI dan hasilnya ternyata ada 3 benjolan,2 dikanan masing2 bsrnya 4cm dan 2cm.dikiri bsrnya 2cm.Sempet shock pas tau hasilnya wkt usg di YKI tp abis itu aku ga pikir pnjg lagi stlh konsultasi dgn dr. Munandar aku lgsg operasi, aku operasi di RS MH. Thamrin Salemba. Memang yg namanya operasi itu nakutin apalagi aku yg seumur hidup ga pernah dirawat di RS+diinfus jd smpt nangis2 segala :D
    Tapi krn dokter2 & suster2 disana baik2 dan berusaha nenangin akhirnya aku mampu jlnin operasi FAM, aku dibius total krn operasinya mayor (besar).
    Alhamdulillah operasi berjalan lancar dan aku hny dirawat selama 2hari. Skrg aku msh recovery di rumah dan masih diperban,baru jumat bsk lepas perban, mohon doanya yaa mba dan semua pembaca blog ini semoga semuanya baik2 saja dan benjolannya bnr2 sudah hilang dan saya bisa beraktifitas spt sedia kala..amiiin..
    Buat yang merasa ada benjolan wlpn msh kecil segera periksa ya,lebih cepat lebih baik :)
    Sekian cerita dari saya, kalo mau ada yg tanya2 mdh2an saya bisa bantu menjawab sesuai pengalaman saya..
    Thx a lot mba Rina sayang atas blognya *kisshug*

    =====================================================

    Dear Mbak Hani

    Terimakasih untuk sharing pengalamannya, terimakasih sudah mau melakukan operasi.
    Saya mendoakan agar proses penyembuhannya berlangsung cepat. Tetap konsul ke dokter dan perhatikan pola hidup sehat.

    Pengalaman mbak Hani akan saya tulis dalam pstingan. Terimakasih

  27. Pingback: Operasi Pengangkatan Tumor FAM « Tukang Obat Bersahaja

  28. Selamat sore mbak
    Sekedar mau sharing aja, tadi saya baru konsultasi dan usg di rs PIK, dengan dokter Dhina Hangesti. Menurut dia benjolan di payudara sebelah kiri saya adalah FAM ( tumor jinak )
    dan dia menyarankan untuk segera operasi dan tidak mencari pengobatan herbal. mengigat umur saya yang masih tergolong sangat muda (17 tahun) saya takut di operasi, pernah kebetulan saya membaca artikel tentang FAM yang menyebutkan kalo FAM tidak bisa berubah menjadi kanker, tetapi Dr Dhian menerangkan kalau suatu saat nanti( tidak tau kapan) FAM bisa berubah menjadi kanker. Sya jelas takut :(
    Yang mau saya tanyakan, kira2 apa FAM harus segera di operasi? Setelah mbak mlakukan pengankatan, apa benjolan FAM itu bisa tumbuh lagi??
    Mohon di jawab ya mba, terima kasih
    Bte ukuran benjolan FAM saya cukup besar 4,8 cm kurang lebih. TT

    ================================================
    Dear Dewin,

    Terimakasih untuk sharing pengalamannya.

    Sayapun pernah takut tatkala dokter menrekomendasikan untuk operasi.
    Saran saya setelah usiamu 18 tahun Dewin dapat melakukan operasi pengangkatan FAM. 18 tahun artinya sudah dewasa dari segi hukum dan kesempurnaan perkembangan tubuh. Jangan ditunda terlalu lama.

    Memang benar, meskipun FAM tidak berbahaya tetapi tetap saja jika dibiarkan bisa terjadi hal yang itdak diingin dan sangat mengganggu rasa percaya dirimu.
    Bayangkan dengan benjolan hampir 5cm didalam tubuh tentunya dari segi estetika terlihat menonjol dan tidak nyaman.

    Apakah bisa tumbuh lagi setelah dioperasi? itu tergantung Dewin sendiri bagaimana pola hidup setelah operasi. Colaha lebih banyak istirahat, kurangi stress, banyak amakan sayur, dan positif thinking. Setelah selesai operasi tidak ada salahnya setiap tahun cek USG untuk pemantauan berkala. Terimakasih

    • makasih mba atas reply nya..
      Sampai sekarang saya belum melakukan operasi pada payudara saya. benjolan nya juga sama saja, (tidak bertambah besar/tidak bertambah kecil) , cuma sedikit lebih lembek.
      Saya juga mulai menjaga pola makan saya, gag makan kfc, dan perbanyak makan sayur.
      Yang mau saya tanyakan kalau saya melakukan operasi dimana dokter dan rumah sakit yang bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal. Karna saya sempat cek di rs P*k biaya bisa mencapai 20 juta :( apa mba punya saran untuk dokter yang bagus dan lebih murah biayanya?

      ==============================================

      Saya bersyukur mabk sudah mulai rebuh pola hidup menjadi lebih sehat. Terimakasih
      Tetapi bukan berarti skitnya akan sembuh. Mbak harus berobat ke dokter untuk menyembuhkan sampai tuntas karena percuma kalo menjaga pola makan yang baik tanpa mengobati penyakit.

      Jika harga menjadi biaya, saya menyarankan berobat ke Yayasan kanker Indonesia, setelah memeriksa USG dan mamografi maka mbak akan dirujuk oleh Rumah Sakit tempay dokternya praktek. Waktu itu karena saya berobat dengan dokter Munandar maka saya melakukan operasi di Rumah Sakit Sumber Waras. Semoga bisa menjadi referensi. Terimakasih

  29. salam kenal mbak,….aq nena,ada benjolan di dada kiri,3th yg lalu aq tau br sebiji jagung,skrg tambah besar,tp lom priksa ke dokter,takut bener,…pasti solusina hrs dioprasi,….hmmmm….takut,…YKI cm ada di jkt y mb???aq sendiri tgl di solo,…klo priksa ke RS gt harusna aq ke bagian mn mb?
    Mksi atas perhatian mbk rie…:)

    =================================================

    Kalo tinggalnya di Solo ya tidak usah ke Jakarta. Bisa saja Nena berobat ke dokter di Rumah sakit besar di semarang saja.
    Coba saja ke Rumah sakit besar sperti : Rumah Sakit Dr. Kariadi, Rumah Sakit Santa Elizabeth, Rumah Sakit Telogorejo.

    Disana pergi berobat dan konsultasikan dengan dokter spesialis Onkologi atau dokter spesialis bedah. Nanti dari sana akan mendapat rujukan untuk melakukan USG dan atau Mamografi. Dari hasil itu kelihatan benjolannya itu apa? apakah perlu dioperasi atau tidak? nanti bisa ditanyakan dengan dokternya.

    Operasi tidak semenyaramkan yang kita takutkan kok. Saya pernah mengalami ternyata cuma tiduran aja.
    Semoga yang terbaik saja yang terjadi :)

    • ud hbs USG nie mbk,…hasil di ft td ada warna merah sm biruna,kt dokter klo jinak gda wrna2 ky gt klopun ad,itu yg menuju ke gejala kanker…takut mbk…klo smp diangkat semua,…judulna GALAU beneran nie,…
      Br nyiapin diri utk proses selanjutna yaitu oprasi,…mohon doana smg hanya tumor jinak sajaaaaaa….(*takut sambil nangis delewerannnnn*)…

      ========================================================

      Menangis boleh tapi jangan kelamaan.
      Sayapun juga tidak tahu apakah ini tumor jinak atau CA.
      Kalau dokter menyarankan operasi sebaiknya segera dioperasi saja agar ketahuan hasil pastinya.

      Semoga yang terbaik hasilnya. Saya mendukungmu untuk sembuh *peluk-peluk*

  30. Asalamualaikum mbak,cerita mbak memberikan saya keberanian untuk bertanya tentang benjolan yg ada dipayudara saya sebelah kiri disamping puting,saya wanita yg berumur 22th,sekarang saya sedang hamil 5bln,Saya merasakan benjolan itu sejak saya hamil,saya takut untuk periksa kan itu ke dokter apalagi sekarang saya sedang hamil,apakah benjolan itu kanker?dan apa yg harus saya lakukan dengan kondisi saya sekarang yg takut untuk periksa ke dokter?adakah cara yg bisa saya lakukan untuk membedakan itu benjolan biasa atau kanker tanpa harus ke dokter?tolong dijawab mbak..dan terimakasih atas jawabannya….

  31. sore mba..
    saya wiwin usia 21th,,,,
    sekitar 6 bulan lalu payudara saya mengeluarkan cairan,dan cairan itu tdk keluar lagi,akan tetapi 2 hari lalu payudara saya mengeluarkan cairan darah.
    saya mau ke YKI yg di lebak bulus,akan tetapi saya masih bingung,,,,,apa saya langsung USG atau Konsul dulu,dan kalo konsul saya harus konsul dengan dokter apa?apakah dr.onkologi atau apa?
    terimakasih

  32. hmm, trnyt byk yg sharing disini, br td sih waktu tiduran ngraba kok di dada sebelah kanan kayak ada benjolan bulet…galau tingkat dewa lgsg browsing biaya cek up payudara dan pengobatannya. saya di solo, apa harus ke semarang ya, nena kmrn jg ke semarang kah?
    sbnrnya sensi sama operasi2 gt karna kulit aku bakat keloid (bayangin bekas bedah jd keloid di payudara :( , kalo di solo dmn y mba? mksh

    ============================================

    Saya juga pernah galau hehehe
    Jangan terlalu dipikirkan mengenai biaya dan bagaimana pengobatannya. Sekarang yang lebih penting adalah mengetahui apakah jenis benjolan itu.
    Jangan dibayangin yang serem-serem deh.

    Sekarang mendingan cek ke dokter yang ada disemarang. Pstinya lebih lengkap peralatannya. Lakukan pemeriksaan USG dan mamografi. Kemudian lihat apakah hasil analisanya. Jika memang suspectnya CA, FAM, Lipoma, tumor, atau lainnya baru konsltasikan bagaimana penyembuhan/ terapi berikutnya. Keep contact kesini ya. Terimakasih

    Saya mendukungmu untuk sembuh!

  33. mb mau tanya apakah benjolan itu sakit saat dipegang?

    =================================

    tidak semua benjolan terasi nyeri, terkadang tidak ada rasa sakit sama sekali.
    Periksa dan konsultasikan ke dokter. Terimakasih

  34. ass, mbak..
    saya juga ada sebentuk klenjer di payudara sebelah kanan, dan dokterpun menganjurkan untuk di operasi.. tapi saya takutnya setelah di operasi akan numbuh lagi dan numbuh lagi..
    saya mau tanya, stelah mbak operasi apa gah pernah ada keluhan lagi?
    terima kasih

    =========================================

    Saya tidak tahu diagnosa dokter apa? tumor, lipoma, FAM, dll. Mohon cek dan tanya ke dokter apa diagnosanya, sudah seberapa besar dan bagaimana peluang kesembuhannya. Jika dokter melhat operasi adalah alternatif terakhir sebagai pilihan untuk penyembuhan maka sebaiknya dioperasi.

    Operasi saya berjalan dengan baik dan tidak ada keluhan hingga sekarang tetapi itu semua juga tergantung apa jenis benjolannya dan kondisi tubuh setelah pasca operasi. Konsultasikan dengan dokter. Semoga cepa sembuh. Terimakasih

  35. Hai saya rusti , saya mau Tanya, usia saya 26 tahun belum menikah saya sudah operasi fam 6 minggu alu kedua payudara saya kiri Dan kanan, menurut hasil lab ternyata tidak ganas, tapi sekarang di payudara sebelah kiri saya menjadi mengeras di sekitar bekas luka tersebut Dan melebar yg jika diraba keras seperti bakso, kata dokternya itu karena bius nya, karena pada waktu oprasi yang sebelah kiri itu bius di tambah karena saya masih merasa sakit, mohon penjelasannya dokter, karena saya takut tumornya kambuh lagi, pada waktu itu diameter tumornya hanya 1 cm, tapi sekarang bagian yang mengeras lebih dari 7 cm di sekitar puting. Dan bagaimana apabila tekstur yang mengeras tersebut tidak lekas pulih seperti sedia kala… Terimakasih

  36. Bulan februari 2012 sya melakukan opersi tumor payudara jinak,tp setlah 8 bulan pyudara mengaras,dan sya belum periksakan kedokter,yg sy tanyakan apakah gejala saya itu berbahaya?

    ===========================================================

    Kenapa tidak periksakan diri lagi ke dokter?

    Sewaktu saya habis operasi setiap bulan saya rutin untuk cek perkembangannya sampai 3 bulan setelah operasi.
    Dan jika ada keluhan sewaktu-waktu juga saya sempatkan periksa.

    Dengan memeriksakan diri maka kita akan lebih tenang dan tidak berpikir macam-macam seperti berbahaya, jangan-jangan nanti….

    So, besok segera periksa ke dokter ya. Terimakasih

  37. mbak, yayasan kanker indonesia yang di surabaya alamatnya mana mbak klo boleh tau :-)

    ===================================================

    Coba kunjungi alamat dibawah ini:
    Yayasan Kanker Wisnu Wardhana
    Jl. Kayoon No. 16-18,Surabaya 60271 Jawa Timur,Indonesia
    Jawa Timur
    Fax.(031) 5322375
    Telp.(031) 5342181, Telp.(031) 5470482

  38. mbak……mau sharing dong, kl benjolannya ada diketiak kiri itu kira2 bgmn ya mba. dl benjolannya spt kelereng, skr kok rasanya ud ky bola pingpong…..

    aku tau dr. Munandar mba, bgs ya dokternya, thn lalu aku operasi laparatomi sm beliau tp wkt itu lupa bilang spy yg diketiak jg diangkat skalian. thanks mba….

    =====================================================

    Sekarang, konsultasi lagi sama dr. Munandar. Katakan apa yang dialami oleh Olga sekarang diketiak, nanti dokter yang akan mengambil diagnosa terhadap benjolan tersebut apakah mau dioperasi atau ada tindakan yang lain. Ikuti anjuran dari dokter, semoga cepat sembuh ya. Terimakasih

  39. hai mba..
    aku udah seminggu ini ngerasain ada benjolan keras di payudara sebelah kanan, ukuran tidak terlalu besar, dan terasa nyeri setiap saat. aku baru hanya memeriksa ke dokter klinik saja, tetapi dokter itu blm bisa memastikan penyakit apa ini.
    karena saat diperiksa benjolan itu tidak dapat dirasakan oleh dokter klinik itu.

    saya hanya diberi obat penghilang rasa nyeri dan antibiotik saja. karena dikira dokter tersebut ini hanya infeksi saja.

    semakin hari, benjolan ini sangat menganggu aktivitas saya.
    saya blm sempat bercerita tentang ini kekeluarga saya.

    mba. yang mau aku tanyain?
    benjolan aku berada disebelah kanan, apa kemungkin disebelah kiri juga bisa merasakan hal yg sama seperti sebelah kanan?

    apa mungkin ini ada hubungan nya dengan pra menstruasi yang ingin datang bulan?

    dan apa boleh pemeriksaan ke YKI itu saat kondisi datang bulan?

  40. beberapa minggu terakhir saya baru mengetahui bahwa pada payudara sebelah kanan saya ada benjolan, pada saat di tekan benjolan itu bergerak.

    yg mau saya tanyakan dimana saya bisa berobat yang akurat tetapi biaya terjangkau. mohon informasinya karena saya takut sekali dengan gejala ini.
    terima kasih

  41. salam kenal mbak rina, kiss dulu aah **muaaahhh** ,
    tgl.14 feb tepatnya hr valentine,tp ;( kado valentine yg membuat tersedu2 hehe,pasalnya setelah aku USG payudaraku ternyata ada benjolan yg mengarah ke tumor, tp kt dr radiologinya itu jinak,agak lega sih,nah hr ini mo ke dokter bedah tumor lg,klo memang hrs di ambil benjolannya,aku udah siap dan kudu siap,setelah bc artikelnya mbak **kisss lagi***

    ====================================

    Salam Kenal *muah muah muah*
    Happy Valentine.

    Sedih boleh tapi jangan lam-lama, kita wajib bersyukur karena diketahui sejak dini dan masih dalam tahap jinak.
    Segera konsultasi dengan dokter bedah kalo memang sebaiknya dioperasi, ya sebaiklah lakukan. jangan berpikir terlalu lama.

    Nanti kabari lagi ya hasil dan perkembangan terbarunya. Saya mendukungmu untuk sembuh. Terimakasih

    • Hai hai halo halo mbak Rina cantik *muuuaaah*… btw aku sdh jalani operasi tumor payudara di RS Telogorejo semarang nama dokternya Yan Wisnu Prajoko sp.B Onk, ternyata operasi ga sakit sm skali *sempet deg2 ser* hehehe…dan ternyata si doi *FAM nya udah gede, bersyukur operasi berjalan lancar.

      yg bikin deg degan bukan operasinya tapi krn dokter sp bedah onkologinya ganteng,baik hati,gak sombong,ga nukut2tin,bahasanya halus,dan kerjanya bagus bgt,buat dokter Yan makasih ya… buat mbak Rina trimakasih atas dukungannya…*peluk peluk peluk*

      ==========================================

      Sama-sama. Terimakasih untuk sharingnya.
      Bersyukur deh dapet dokter ganteng. Yang terpenting operasi berhasil dan proses penyembuhan berjalan lancar. Terimakasih

  42. slm knl mb’rina…
    seneng dc ktmu blog ini…
    gni lho mb’.. stiap mnjelang haid dada saya biasanya memang bengkak, padat, sakit klo disentuh… kbetulan tbuh saya kcil jadi PD nya tidak besar.. nah klo pra mens benjolan nya hampir dibagian atas padet bgt mbk.. klo agak ditegan terasa seperti bergerigi2.. tidak mulus…nah… apakah mb’ sbelum difonis fam juga seperti itu…??? saya blum k dokter mb’ krna kbetulan tgl 7 kmren saya baru di diagnosa endrometriosis… saya blum siap klo mendengar diagnosa lain… :(… mbk… mohon saran nya dnk…

  43. salam kenal mba, apa kabar?..

    ========================

    Salam kenal.
    Kabarnya baik dan sehat.

    Besok mampir lagi ya. Terimakasih

  44. say.. kemaren juga aku operasi FAAM kanan kiri. ada 4 benjolan dan 5cm ukurannya,. sekarang udah penyembuhan. tapi ini aku kok jahitannya kayak terbuka sedikit(bolong) gmna menurut km??

    ====================================================

    Saran saya setelah operasi slesai tetap periksakan diri secara rutin 3-4 bulan setiap bulannya ke dokter.
    Hal itu untuk memastikan bahwa luka pasca operasi telah pulih serta Mencegah terjadinya jaringan parut, bekas jahitan yang bengkak, ataupun terjadinya keloid, jahitan luka yang terinfeksi, dll.

    So, saran saya sekali lagi. Periksakan diri ke dokter untuk pemulihan. Terimakasih

  45. Mb blh tnya, sdah oprasi brpa lama, dan famnya tumbuh lagi ga

    ====================================

    Operasinya mungkin hanya 25-30 menit.
    Saya tidak kena FAM tapi tumor. Puji Tuhan sekarang tidak tumbuh lagi.
    Terimakasih

  46. maaf mba boleh tanya, tumor jinak yang mba miliki sebelumnya itu apa mengeluarkan cairan aneh di puting payudara?karena payudara saya juga ada benjolan tapi gak ada cairan aneh apapun di puting payudara saya

    ==============================

    Tidak ada cairan ang keluar dari dalam payudara.
    Saran saya sebaiknya kamu segera periksa ke dokter agar lebih pasti dan lebih cepat ditangani.
    Terimakasih

  47. apa ada ruam di daerah jahitan setelah operasi mba?

    ================================

    Ada, setelah itu saya konsultasikan ke dokter untuk menghilangkan ruam tersebut dan kini sudah pulih.
    Terimakasih

    • mb saya mau ty…dipayudara saya ada benjolan jinak tp sy masih takut utk operasi.usia benjolan sy sudah 9tahun sy sudah tahu sejak 2003.tp sy takut skali utk operasi.sbelumnya sy ke alternatif tp smp skr masih ada dan badan sy susah kurus.skr yg sy rasakan sakit dipagian puting itu knp ya mb?

      =========================================

      Sudah tahu ada benjolan sejak tahn 2003 tetapi sampai sekrang masih berdiam diri? itu salah. Setakut apapun, setiap masalah harus dicari jalan keluarnya. jangan hanya didiamkan. Mendiamkan masalah atau mencari solusi instant bukan jawaban yang tepat untuk masalahmu.

      Saran saya sebaiknya Mbak Diah segera berobat dan konsultasikan ke dokter ya. Saya juga dulu takut tetapi rasa takut itu harus saya jalani dan dengan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat kini saya sudah pulih kembali. Kalo saya bisa kamu pasti bisa. Berobatlah dan minta diantar sama orang tua atau teman dekat.

      Berobatnya kemana? tentu di Rumah Sakit yang besar yang ada dokter spesialisnya. Nanti akan di USG dan diperiksa. Jangan ditunda sebelum terlambat. Terimakasih

      • oya satu lagi mb ruam itu apa ya?trus klo abis pasca operasi kira2 berapa lama tdk boleh mandi?krn sy tipe org yang klo bekas luka lama keringnya.

        ===========================================================

        Aneh ya mbak Diah ini. belum dioperasi bahkan belum diapa-apain tanya nya sudah sampai kemana-mana. Bersifat kritis itu perlu tetapi kalo berlebihan seperti ini malah akan menghambat kesembuhan mbak Diah Sendiri.

        Saya tetap bisa mandi kok yang penting tidak kena lukanya. Pake tisu basah juga boleh. Ga perlu takut nanti bau badan karena ga mandi. Santai aja toh hanya beberpa hari. Kalo luka lam keringnya nanti dikasih obat sama dokter untuk mempercepat sembuhnya luka. Bisa dengan antibiotik atau dengan antioxidan. Tidak perlu khawatir mbak :D

      • maaf mb maksud saya susag gemuk dan skr yg sy rasakan suka ngili dibagian benjolannya dan diputing sy agak sakit

        ============================================================

        Kalo sudah sakit kok diam saja? segera berobat dong.
        Saya juga kurus dan itu bukan masalah kok.

      • maaf ya mb tulisannya salah ketik terus…mohon jawabanya terima kasih

        ==================================================

        grogi ya atau nervous?
        Habis ini ga perlu tanya lagi, silakan langsung berobat dan konsultasi ke dokter.
        Jangan ditunda-tunda.

        Saya juga capek banyak sekali yang tanya-tanya tapi cuma ngomong saja dan tidak ada actionnya tahu-tahu keadaan sudah parah. So jangan terlambat dan menyesal dikemudian hari. Kalo saja sejak 2003 sudah ditangani pasti tidak akan sampai seperti ini. Sekarang sudah 2013 kalo masih berdiam diri mau kapan lagi? 9-10 tahun itu waktu yang teramat panjang hanya untuk mengambil sebuah keputusan. Jangan berlambatan mengambil keputusan. Tidak semua benjolan itu kanker! itu bisa FAM, jaringan lemak, dll. Segera berobat ya. Terimakasih

        Salam
        Rina Susanti, Apt

  48. Sekarang kira2 berapa ya mba biaya utk oprasi. Mksh

    ===========================================

    Jangan mikirin biaya, berobat dan konsultasikan dulu ya.
    Masalah biaya pasti ada jalan. Terimakasih

  49. Umur Saya 18 thn, 3 thn yg lalu ada bnjolan kcil d payudara kiri saya, dan kdang bnjolan itu terasa sakit dan d sertai dgn bnjolan d ketiak kiri, tp lama kelamaan benjolan d ketiak menghilang tp benjolan d payudara msh ada smpai skrng, bhkan beberapa bln yg lalu d payudara kanan saya jg trdpat bnjolan yg aga besar dari yg kiri, saya blm periksa k dokter smpai saat ini karena sama sperti anda pada awal nya,

  50. salam kenal dan semoga kita selalu dlm lindungan allah mbak..
    Saya baru kemaren habis jalani operasi pada payudara karna di dignosa ada fam di payudara sebelah kiri saya,sebenar nyaa benjolan nya udah lama tp baru beberapa bln ini terasa nyeri,dokter nyaranin spy cepat di operasi,yg saya takut kan pemulihan setelah operasi,saya takut kali bila lukanya terinfeksi,yg ingin saya tanyakan gmn cara nya merawat lukanya,antioksidan itu apakah nama obat nya atau apa??makasih ya mbak..

    =====================================================

    Saya Jawab dalam postingan ya. Terimakasih

  51. Salam kenal mbak saya berumur 44 thn dan baru saja menjalani operasi pengangkatan payudara sebelah kanan yg dinyatakan tomor fam stadium 2 yg ingin saya tanyaka diatas dadanya masih terasa sakit seperti terausa tertekan dan dibawah ketiak masih agak bengkak apakah biasa yg saya rasakan karna paska operasi ya mbak makasih

    ==================================================

    Sayapun mengalaminya juga. Pasca operasi memang agak nyeri dan sakit. Itu bisa terjadi dan mohon untuk tetap selalu bersemangat untuk sembuh. Rajinlah ke dokter setiap 1-2 minggu sekali untuk kontrol. Apabila ada bengkak atau infeksi atau lainnya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih cepat.

    Begitu juga pemeberian obat agar lukanya segera kering dan sembuh. Tetap semangat ya. Saya mendukungmu
    Terimakasih.

  52. senang rasa’a bisa menemukan web mbak ini :”)
    rasa’a sprti mndptkan pencerahan yang luar biasa..
    saya juga memiliki satu benjolan sprti bakso didalam payudara saya.
    itu terjadi disaat saat kelas 2 sma tahun 2006, sedih rasa’a mendapatkan hal sprti itu.
    tapi sampai skrg saya belum ada melakukan pemeriksaan ke dokter karena ketakutan yang saya alami. saya takut kedua orgtua saya khawatir dgn kondisi saya. ini sudah tahun yang ke 6, dan sedikit pun saya tidak pernah konsultasi kedokter. ukuran benjolan yang saya miliki,tetap begitu saja. sya ingin skali melakukan operasi itu… tp mbak saya ingin tahu biaya’a, saya takut biaya’a sangat besar mbakk…

  53. Mbak,sebenarnya sy survivor kanker,tapi entah kenapa ya?kl dengar teman sesama suvivor ,pulang lebih dulu kesurga,hati ini terasa ter iris2 lho……..biarpun sy udah terima keadaan apa adanya…..

  54. Selamat siang, saya mau bertanya, apabila benjolan tidak disertai dengan gejala lain disekitar payudara seperti kerutan dapat mengindikasikan bahwa orang tersebut terkena tumor payudara?

  55. Asm..salam kenal buat semuanya.saya pyn seorang putra berumur 13 dan dia lahir dengan austis pasif.tapi yang buat kendala buat saya.anak saya punya keloid yang super aktif..itu pun sudah 5x oprasi tapi ttp gagal total,yg membuat saya sedih luka keloidnya itu di alat kelamin akibat sunat..skr anak saya berhenti pengobatan karna saya sudah terbentur biaya.terakhir bln juni..2013.itu pun gagal total..smoga temen2 bisa pyn solusi buat saya…trims

  56. saya uda 1 bln lebi oprasi kanker payudara, dan hampir setiap hari sering kambuh sakitnya, dan saya harus gimana agar supaya lukanya cepat kering n tidak sering sakit

  57. saya uda 1 bln lebi oprasi kanker payudara, dan hampir setiap hari sering kambuh sakitnya, dan saya harus gimana agar supaya lukanya cepat kering n tidak sering sakit, saya juga sering minum obt

  58. Siang mbak..

    Saya baru saja dari YKI tp sayangnya hr ini libur jd saya gak bs dpet informasi apa2. Sy dtg ke YKI lebak bulus krn searching dan lihat postingan mbak..

    Saya mau tanya..kalo biaya mammografi di YKI brp ya? Apakah murah atau sama dengan Biaya di RS ?

    Terima kasih..

    • Salam kenal juga mba Lia..

      Saya sudah 3x ke yki.. Kalo hari kerja insyaAllah buka mba.. Tanggal merah tutup.. Untuk penerimaan pendaftaran mulai jam 8.30 s/d jam 14.00
      Kalo untuk pemeriksaan bisa sampai sore / malam. Ada jadwal dokternya.. Saya sudah usg dan siap operasi di RS. Sumber Waras..
      Semoga info saya bs membantu yaa.. :)

  59. Ass,,
    Mba, saya juga sedang mngalami hal sama spt yg pernah mba alami, ada benjolan tapi benjolan yg saya alami dileher, ini mulai terasa sejak 6 th’an silam waktu itu anak sy masih kecil2, waktu cek up dokter bilang harus bedah otomatis harus offname 2 harian, berhubung anak ms kecil2 (dua anak) jd sy mnunda utk kembali lg ke RS, berhubung tidak ada rasa sakit pd benjolannya pun sy anteng aja sampe terasa sakit ⁿўª stengah tahun terakhir ini dan benjolannya pun beranak jd ada nambah bbrapa benjolan lg gt mba. Nah sy mulai khawatir deh sy kembali lg ke RS itu tp saya bingung dengan penjelasan si Dokter bedah umum, mnurut ⁿўª saya harus dibedah (pastinya dng biaya yg tdk sdikit sdangkan sy Ɓ£>:/ooº°˚˚°º♏ punya jaminan asuransi).
    Langkah pertama cek darah,rontgen dsb lalu hasil semua itu ditujukan kpd dr bedah penyakit dlm bila disetujui oleh dr bedah penyakit dlm kemudian kembali lg kpd dr bedah umum, baru lah ada tindakan pembedahan oleh dr bedah umum.
    Nah menurut ⁿўª pembedahan hanya mengangkat benjolan satu biji saja (sedangka sy ada bbrapa benjolan)
    Untuk kmudian ϑî bw ke lab (luar RS trsebut) lalu nunggu hasilnya kurleb 2 mingguan krn Ɓ£>:/ooº°˚˚°º♏ terdeteksi penyakitnya.
    Dokter bilang Hasilnya baru bs dilihat stelah tes lab itu kluar, katanya kira2 hasilnya itu ada 3 kmungkin,
    1. Adalah kelenjar TBC yg pengobatannya itu harus minum obat slama 9 bulan.
    2.Adalah tumor yg pengobatannya harus dikemo.
    3.Adalah lain2 (faktor lainnya).
    Ɣªηƍ sy bertanya2 adalah ko ϑî bedah dulu baru kmudian terdeteksi hasil ⁿўª, sedangkan teman sy pernah cerita ada temanya yg punya sakit yg sama datang periksa keYKI langsung terdeteksi sblm ada tindakan oprasi.
    Makanya saya bingung mba kmana sy harus melangkahkan kaki utk berobat yg paling tepat dan biaya terjangkau.
    Sore ini saya intip YKI ϑî goegle krn bbrp menit tadi sy ввм an sm sahabat dkt saya yg sedang hamil muda dan punya riwayat penyakit yg sama yg mnurut dokter kehamilannya beresiko akibat penyakit benjolannya itu, dia sudah pernah operasi 1x dgn biaya yg besar tp ms ada 1 benjolan yg Ɓ£>:/ooº°˚˚°º♏ diangkat, slain mengkhawatirkan teman saya sy jadi khawatir jg dng diri saya, lalu saya baca artikel mba, dan ky ⁿўª sy meyakinkan diri untuk datang ke YKI saja.
    Trimakasih pencerahannya mba smoga YKI tempat yg paling tepat untuk sy berobat, selain slalu mmohaon kesembuhan dr Alloh swt.

  60. Pingback: Kepanjangan Usg | Caramanfaat.net

  61. kira2 berapa lama ya bedrest pasca orasi tumor payudara?
    apa stelah oprasi tersebut menghambat aktivitas atau tetap bebas aktifitas?

  62. Salam, mba saalam kenal.. aku mau cerita .. msh bingung musti ambil keputusan apa.. di PD kanan sy ada benjolan hmm kira kira sebesar kacang.. ranny sudah konsultasi ke beberapa dokter, dan hasil ronsen tidak ada kelainan, tapi kata dokter tetap harus di oprasi. cuma sy takut mba.. soalnya ibu saya terkena kanker sekarang sedang menjalankan kemoterapi.. Minta doanya juga ya mba dan semanya semoga ibu saya lekas sembuh. dengar dengar katanya kalo ada riwayat kanker anak2 nya harus priksa juga.. jadi gimana ya mba, jadwal oprasinya tgl 4 agustus.. harusnya sih sudah dua minggu yang lalu cuma susternya lupa telfon saya , jadi balik lagi ke rs buat nanya jadi atau tidaknya dioprasi.. dan ternyata susternya bilang mau dioprasi sekarang juga bisa.. waduhh jantung ini rasanya mau copot, masa iya sekarang.. ranny bilang nanti saja kalo sudah lebaran , suster ambilnya tgl 4.. tapi gmn ya mba ada yang bilang kalo belum nikah lebih baik jangan dioprasi, karena katanya kalo sudah nikah dan menyusui benjolannya bisa hilang ?? saya jadi bigung mba harus kaya gimana baiknya jadi stress sendiri,, mohon sarannya ya mba .. makasih :)

  63. Hai sis…. sy mau tnya kemaren tgl 21 agustus sy juga operasi tumor mamae.. dan tgl 1 kemarin sy lepas jahitan di RS yg menangani sy.. tp pas di rumah sy mengalami pendarahan di jahitan’y ada lubang yg terbuka.. tgl 2 siang sy kembali lg ke RS tsb dan di peras abis payudara sy dan dikeluarkan sisa2 darah beku pasca operasi.. tapi lobanh jahitan sy membesar dan tdk dijahit kembali sm dokter.. dokter kata itu nanti akan rapet kembali…. apakah sis mengalami hal yg sama? Apakah lubang bekas jahitan sy akan rapat kembali sperti kata dokter tsb… mohon info ya sis… thx

  64. Selamat malam mba, saya Nada 19 thn, di PD kiri saya bagian atas, 2 hari yg lalu tiba2 sy menemukan benjolan seperti kelereng bentuknya jelas bulat, padat/keras, tidak begitu sakit kalau dipegang dan bisa digerakkan. Saya udh googling apakah itu FAM mba? Apakah saya baiknya konsultasi ke dokter setelah haid saja atau secepatnya? Diatas sy melihat byk komentar yg bilang FAM disarankan untuk dioperasi, bagaimana dgn bekas operasinya mba? Apalagi sy masih gadis dan belum menikah. Trmksh mba

  65. Sy mau tnya,, saat kita menemukan ada benjolan yg tidak biasa d payudara, pertama kali dokter yg harus d kunjungi, dokter spesialis ap y? Apakah langsung ke spesialis bedah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s