Drug Misuse: Kisah Dexamethasone

Ak mengkonsumsi dexamethasone  dah lama, dulu utk menambah nafsu makan. selama 1 th 1x 1hari. hasilnya selama mengkonsumsi dexa dan vit pendukung, badan sy terasa nyaman, sehat, gak pernah ngerasa capek, gak pernah sakit2an.

Cuma ak lama2 ngerasa takut ketergantungan. dan ternyata benar. 2 bl yang lalu ak tdk mengkonsumsinya lagi/menghentikan( mulai bl puasa), ak kembali sakit2an, badan terasa lemah, letih, lesu, gak py semangat,( sering ke dokter ktnya lambung luka). sampai skrng gak kunjung sembuh2, terutama sariawan, radang tenggorokan,lemah letih lesu, semangat jg hilang. dan yg parah lagi nafsu makan hilang.

Mohon bantuannya, bagaimana penyembuhannya dan apakah dexamethasone sangat berbahaya efek sampinganya? Trims atas pencerahannya. Yonas

Beberapa orang telah melakukan penyalahgunaan obat (drug abuse), dimana obat digunakan tidak sesuai aturan dan tanpa tujuan pengobatan penyakit tertentu. Seperti Morfin sebagai penghilang rasa sakit malahan jadi narkoba, Phenylpropanolamin (PPA) untuk pelangsing padahal obat influenza. Carisoprodol untuk reduce pain and  muscle relaxant, dll. Mungkin nanti kalo sempat saya akan postingan mengenai drug abuse.

Namun ada pula beberapa orang yang menggunakan obat tertentu secara tidak tepat, tidak tahu penggunaan obat yang benar, istilah ini sering disebut penggunasalahan obat (drug misuse). Drug misuse is a term used commonly for prescription medications with clinical efficacy but abuse potential and known adverse effects linked to improper use. Dalam kasus diatas, terjadi pengunasalahan obat karena ketidaktahuan atas apa yang dikonsumsi.

Mas Wikipedia berkata “Dexamethasone is a potent synthetic member of the glucocorticoid class of steroid drugs. It acts as an anti-inflammatory and immunosuppressant…“. Jadi, obat Dexamethasone bukan untuk meningkatkan nafsu makan melainkan untuk mengobati pegal linu, peradangan sendi dan juga memperbaiki imunitas.

Salah satu efek samping yang menguntungkan dengan mengkonsumsi Dexamethasone memang seperti yang disebutkan diatas.  Bahkan beberapa atlet olahraga mengunakan efek sampingnya sebagai  supplemen steroid biar badannya altetis dan kuat. Buat cewek yang kurus kerempeng bisa jadi aduhai. Lihat body semok Pikiranmu jorok *keong racun*.

Lantas kalo sudah terlanjur bagaimana dong? mau berhenti kok jadi gini…
Saya tahu tidak mudah tetapi bisa asalkan punya semangat yang tinggi. Hal yang pertama harus dilakukan adalah menghentikan pemakaian obat tersebut. Tubuh itu seperti mesin, dia perlu di-adjust untuk setiap kondisi baru. Sakit seperti diatas adalah wajar karena tubuh belum terbiasa tanpa si Dexa, nanti juga biasa lagi. Rasanya seperti minggu pertama puasa hehehe.

Lakukan olahraga dengan teratur setiap hari selama 30 menit. Ini dilakukan bukan untuk punya perut six-pack tetapi untuk melatih kekuatan otot dan semangat. Satu lagi yang penting, jangan tinggalkan rumah tanpa doa dan sarapan pagi.  Oat meat/ sereal, dua telur mata sapi, roti satu lapis. Hukumnya wajib selama 6 bulan. Meski tidak ada nafsu makan, harus makan. Makan itu untuk hidup!

Selain itu, dalam masa transisi ini rentan terkena sakit dan capek. Untuk itu pulanglah tepat waktu, berpikir positif, kurangi stress, istirahat saat weekend agar Senin tidak kecapekan. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter mengenai kondisi kesehatan tubuh secara berkala.  Bila perlu konsultasi dengan ahli gizi. Kalo mau mengkonsumsi multivitamin boleh saja tetapi juga jangan tiap hari, diminum seperlunya saja.

Please feel free to contact me if you need more information. Cepat sembuh ya :D

About these ads

36 thoughts on “Drug Misuse: Kisah Dexamethasone

  1. saya mengkonsumsi multivit setiap hari ketika akan beraktivitas.. bahaya ya… wah saya baru tau

    ============================================

    mengkonsumsi multivitamin boleh tetapi sebaiknya tidak setiap hari.
    Gunakan bila perlu…

    untuk keadaan biasa cukup 2-3kali seminggu.
    Boleh diminum kalo mau kerja lembur, lagi kecapekan, dinas luar kota/negeri.

  2. Tanks banget mbak atas pencerahannya.
    Ini sudah mencoba untuk berolahraga setiap hari. Minum air putih setiap pagi minimal 1 s/d 2 ltr. Nafsu makan masih sangat sulit mbak. Klu gak bener2 lapuaaaar bgt, gak pengen makan, pa lagi klu dah sibuk di dpn compi, gak inget mkn.
    Ak suka banget dengan istilah anda ” makan itu untuk hidup ” . Heeee….. yang penting gak ” hidup untuk makan”.

    Sekali lagi makasih banget,

    ====================================

    Dear Yonas,

    Semoga sukses ya.
    Mau nambahin sedikit lagi. boleh ya?

    Saya kurang sependapat jika setiap pagi minum air 2 Liter. Menurut saya pribadi (pribadi loh) itu tidak tepat.
    Minumlah secukupnya dan terlalu berlebihan juga ga bagus. Pipis-pipis terus.

    Setiap pagi cukup minum dua gelas air putih saja cukup.
    Nanti kalo habis makan minum satu gelas cukup.
    Terimakasih

    • Makasih banget mbak.
      Cuma saat ini tinggal sariawan saja yg betah. gak sembuh2, sehingga sulit banget untuk makan. Ni sedang mencoba garglin, setelah baca artikel mbak.

      ===========================================

      Tetap sehat selalu :D

  3. Phenylpropanolamin (PPA) untuk pelangsing padahal obat influenza

    aih…bisa begitu, ya, mbak ?
    Bagian yang bisa melangsingkannya dimana ? Khan obat influenza ? Apa efek samping dari obat influenza bisa jadi langsing, ya ?

    Oat meat/ sereal, dua telur mata sapi, roti satu lapis. Hukumnya wajib selama 6 bulan. Meski tidak ada nafsu makan, harus makan. Makan itu untuk hidup!

    Nah kalo yang ini..mudah2an bisa dilakukan dengan mudah,…Amin :D

    ========================================

    PPA memang memiliki efek samping sebagai apetite suppressant namun kandungan bahan aktifnya harus diatas 50-100mg.
    Kalo untuk decongestant cukup 15mg saja sebagai dosis maksimal.
    makanya karena takut nanti disalahgunakan beberpa negara melarang penggunaannya.

    khusus di Indonesia masih diperbolehkan karena masih tetap aman dengan dosis rendah.
    Berapa perusahaan mengunakan dosis 12.5mg saja.
    Untuk itu obat diminum harus sesuai aturan pakai. Terimakasih.

  4. jangan tinggalkan rumah tanpa sarapan?
    yang ada neh biasanya nyampe kantor dulu baru nyari sarapan
    bahaya engga?

    btw, jadi tergoda juga pingin punya body semok :)

    ==================================

    Nah, coba dech setiap pagi bangun setengah jam lebih cepat.
    Kelly bisa sarapan dirumah. Lebih hemat dan sehat :D

    lihat body semok pikiranmu jorok hehehe

  5. Yup.saya setuju bgt,pagi harus sarapan dl sblm berangkat ke kantor,saya tiap pagi sarapan sereal drumah..moga ntarny bebas dr kolesterol n pencernaan jg lancar..hehe

    =========================================

    Setuju banget.
    Sarapan sehat untuk pencernaan dan menurunkan kolesterol.

  6. mbak oot nih, gpp y…^^
    dulu saat saya masih kecil sewaktu minum obat orang tua sering bilang “jangan minum obat dengan susu nanti keracunan”. (ada beberapa yg bilang jg jangan dengan teh atau kopi)
    pertanyaannya:
    1. apa benar minum obat dengan susu bisa bikin keracunan?
    2. klo ya, jenis obatnya apa aja ya?
    3. klo tidak, itu isu darimana ya?(setau saya banyak orang tua lain jg bilang bgitu)
    4. baiknya minum obat dengan air putih saja atau ada ketentuan lain untuk kasus2 tertentu?

    Terima Kasih

    ——————————————–

    Kayanya itu hanya mitos aja. Saya luruskan saja ya.
    Mitos kalo obat plus susu bisa bikin keracunan adalah keliru.
    Setahu saya susu adalah obat untuk menetralkan racun. Misalnya kalo ada yang keracunan, biasanya diberikan minum susu yang banyak-banyak. Gunanya agar racun bisa dimuntahkan dan menetralisir racun.

    Makanya orang zaman dulu khawatir kalo minum obat plus minum susu bergelas-gelas maka khasiat obat tidak akan berfungsi dan jadi ga ada efek menyembuhkan penyakit. Makanya ga boleh.

    Kalo minumnya cuma sedikit, seperti sati sendok makan plus obat yang dogerus biar rasa pahitnya berkurang. Itu ga apa-apa. Kan cuma sedikit.

    Untuk itu sebiknya minum pake air putih aja *glek-glek-glek*.
    Kalo kopi pahit hehehe. Lagipula kalo kamu sakit hypertensi tentu saja ga boleh minum kopi banyak.

    • boleh nambaih dkit mbak :D
      spengetahuan saya,, obat yg tdk boleh dminum bersamaan dgn susu adalah obat yg bahan aktifnya TETRACYCLIN,, krn akan membentuk ikatan komplek shingga obt tersebut tdk dapat dcerna oleh tubuh, slain itu obat yg mengandung tetracyclin jg tdk boleh d konsumsi dgn obat maag yg mengandung Al(OH)3 Mg(OH)2. diberi jeda waktu 2jam antara masing2 obat.

      smoga bermanfaat :)

      ===============================================

      Terimakasih

  7. Mbak Rina Yth,

    Saya sudah lebih 2 minggu, mencoba belajar hidup sehat dengan bangun pagi, olahraga, makan sedikit dipaksakan mulai teratur,merokok jg dah berhenti 2 bln, kopi jg tidak mengkonsumsi. Ini sy lakukan untuk pemulihan,setelah tidak mengkonsumsi dexa.
    Yang saya tanyakan, kenpa badan saya kok masih juga terasa sakit2, pegel2 dan nyeri di persendian,
    Bagaimana mbak untuk menyembuhkannya? Apakah memang perlu waktu lama untuk penyembuhan ini.

    Klu konsumsi, harus mengkonsumsi apa biar rasa nyeri, dan pegel dipersendian hilang.

    Terimakasih atas bantuannya mbak, semoga bermanfaat untuk memperpanjang hidup saya, heee….heee….heeee?????

    ============================================

    Untuk masalah persendian boleh saja mengkonsmsi vitamin B kompleks.
    Cobalah ke dokter dan diskusikan.

    Stay health and super :D

    • Tanks mbak. Dokter specialis apa yang direkomendasikan mbak?? Nanya melulu, kayak Bani Izrael, kwkwkwk????

      ==================================

      saya juga Israel dong juga soalnya lebih banyak tanya :D :D
      Kasihan mas Wikipedia dan mbah google setiap hari saya tanya terus hehehe.
      kayanya saya mesti ditraktir nih buat jasa konsultasi :D

      Pertama, kalo untuk masalah sakit penyakit sebaiknya ke dokter umum dulu. jika perlu penanganan spesifik baru ke dokter spesialis. Misalnya nyeri dipersendian kaki sebaiknya ke spesialis othopedi, atau jika susah pipis dan mungkin berdarah ke bagian spesialis urologi, dll. Dibawah ini list dokter spesialis di Indonesia.

      * Sp.A – Spesialis Anak
      * Sp.An – Spesialis Anastesi
      * Sp.And – Spesialis Andrologi
      * Sp.B – Spesialis Bedah
      * Sp.BA – Spesialis Bedah Anak
      * Sp.BTKV – Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler
      * Sp.BP – Spesialis Bedah Plastik
      * Sp.BS – Spesialis Bedah Syaraf
      * Sp.EM – Spesialis Kedaruratan Medik
      * Sp.F – Spesialis Kedokteran Forensik
      * Sp.FK – Spesialis Farmakologi Klinik
      * Sp.JP – Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
      * Sp.KJ – Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiater
      * Sp.KK – Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin
      * Sp.KN – Spesialis Kedokteran Nuklir
      * Sp.KO – Spesialis Kedokteran Olahraga
      * Sp.M – Spesialis Mata
      * Sp.MK – Spesialis Mikrobiologi Klinik
      * Sp.OG – Spesialis Obstetri & Ginekologi (kebidanan dan kandungan)
      * Sp.Ok – Spesialis Kedokteran Okupasi (kerja)
      * Sp.Onk.Rad – Spesialis Onkologi Radiasi
      * Sp.OT – Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi
      * Sp.P – Spesialis Paru (Pulmonologi)
      * Sp.Perio – Spesialis Periodonsia (jaringan gusi dan penyangga gigi) (dokter gigi)
      * Sp.PA – Spesialis Patologi Anatomi
      * Sp.PD – Spesialis Penyakit Dalam
      * Sp.PK – Spesialis Patologi Klinik
      * Sp.PM – Spesialis Penyakit Mulut (dokter gigi)
      * Sp.Rad – Spesialis Radiologi
      * Sp.RM – Spesialis Rehabilitasi Medik
      * Sp.S – Spesialis Saraf atau Neurolog
      * Sp.THT-KL – Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher
      * Sp.U – Spesialis Urologi
      * Sp.Ger – Spesialis Geriatri (sedang dikaji)

  8. Makasih banget mbak semua pertanyaan saya cepet bgt dijwb dan sangat berguna untuk kesehatan saya.
    Klu traktir mentraktir, ak mau banget mbak, tp kapan dan gimana bisa ketemu ya? jenengan di ujung barat ak diujung timur. Tp jgn kecil hati, traktir doa aja dech, moga mbak nanti masuk sorga, soale byk menolong org yg lagi sakit,gratis pula, hebat….hebat dan hebat?

  9. mbak mau tanya, knpa tdk boleh tiap hari mengkonsumsi multivitamin? adakah efek samping nya?
    matur tengkyu

    ——————————————

    Mengkonsumsi multivitamin boleh saja tetapi bila perlu dan bukan setiap hari. Misalnya sedang sakit, masa pertumbuhan, lagi kecapekaan, lagi dalam pemulihan. Multivitamin akan sangat baik mempercepat kesembuhan dan lebih fit.

    Jika badan sedang fit dan sehat kenapa harus minum obat? Kalo untuk sekedar jaga-jaga, ya boleh saja setiap minggu sekali minum multivitamin.

    Rhedo harus tahu, multivitamin juga obat. Obat yang digunakan menyebumbuhkan penyakit. Jika sehat aja minum obat, dikhawatirkan tubuh akan “malas” bekerja untuk proses daya tahan. Lagipula pengunaan selama bertahun-tahun sangat tidak dianjurkan dan dapat me munculnya gejala penyakit lain.

    Oleh karena itu minumlah multivitamin bila perlu atau sesuai petunjuk dokter. Terimakasih.

  10. Nah..pembahasan yang begini ini yang perlu ditingkatkan. Karena banyak orang menilai obat itu dari sisi baiknya saja. Sehingga tidak takut untuk mengkonsumsi obat sering sering. Sakit sedikit langsung minum obat, udah sembuh minum lagi obat untuk pemulihan, udah sembuh minum lagi obat untuk menjaga kesehatan..he..jadinya minum obat terus deh.

    Padahal banyak sekali makanan yang bisa kita jadikan pengganti obat. Seperti,capek2 ya banyakin makan sayur san buah, susah BAB banyakin makan pepaya, pisang dan yang semisal. Dan masih banyak lagi contohnya..

    harusnya kan begitu??
    tapi kenyataannya justru obat lah yang dijadikan pengganti makanan. Waktu capek2 daripada makan sayur n buah mending langsubg beli kumpulan vitamin dalam 1 tablet, praktis.. waktu susah BAB drpd makan pepaya atau pisang atau yang berserat lainnya, mending minum obat pelancar buang air besar..

    untuk jaga kondisi tetap fit,harusnya konsumsi buah dan sayur secara cukup, eh ternyata cukup diganti dengan vitamin kapsul 1x sehari

    =======================================

    makasih untuk pengalaman dan masukannya.
    Memang benar, tidak harus semua penyakit ringan diobati dengan obat dan juga obat tidak boleh disalahgunakan.
    Semoga lebih banyak lagi yang mengerti. makasih

  11. Trus mba…itu kan untuk obat2an yg dr bahan sintetik,,klo yg dr bahan tradisional seperti serbuk jintan hitam gmn dong mba???ga boleh di minum tiap har jg ya????mohon penjelasannya,,terima kasih :-)

    ===================================================

    Jintan hitam boleh diminum.

    Saya tekankan lagi ya, supplemen apapun sepanjang itu bermanfaat dan berguna untuk kesehatan boleh dikonsumsi bila perlu.
    Jadi bukan diminum sepanjang masa/ setiap hari, hanya bila perlu saja. misalnya kalo lagi capek, lelah, sakit.
    Terimakasih

  12. saya mau tanya…
    saya laki2 umur 22th
    badan saya saat ini timbul bintik2 seperti varicela, itu timbul kurang lebih 1 bulan yang lalu.

    saya sudah periksa ke dr. spesialis kulit.kata dr.nya ini karena terlalu banyak mengkomsumsi dexametason.
    tp memang 1bulan kemarin saya komsumsi dexa karena gatal. eh….setelah konsumsi dexa gak malah hilang tp malah tambah muncul bintik seluruh badan.

    ==============================================

    Coba saja lakukan detoksifikasi.
    Cara yang sederhana adalah dengan berpuasa 1-2 minggu dan selama berpuasa stop dari pengobatan dan kontrol makanan yang dimakan.

    Semoga membantu. Terimakasih

    yang saya mau tanyakan.1″bagaimana cara menghilangkan sisa2 obat yang ada dalanm tubuh?”

  13. Mbak sy mau tanya nih,sy pnya pnya pnyakit klit d wajah merah dan kring.Dr thn 2002 sy pkai salep hydrocortisone.Ntar smbuh ntar nimbul lg.Tp sy gak pk salep itu lg th 2010.Wajah sy merah gatal

    ==========================================================

    Jika masih sering merah dan gatal sebaiknya ke dokter saja lagi, nanti dokter bisa memberikan krim yang mengandung bahan aktif lain yang lebih kuat.
    Glucocorticoids krim itu banyak sekali variannya, pasti ada yang satu yang tepat untukmu.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  14. Mbak sy mau tanya nih,sy pnya pnyakit klit d wajah merah gatal dan kring.Dr thn 2002 sy pkai salep hydrocortisone.Ntar smbuh ntar nimbul lg.Tp sy gak pk salep itu lg th 2010.Wajah sy merah gatal dan kering.Trus thn 2011 ini br 2 bln sy mnm obt dexa-m.Smua pnyakit gatal hilang.Tp lo brhnt mnm obtnya,gatal d wjh timbul lg.Gmn y cr mnymbhknya.Tp tdk ktrgntungan obat?

    =====================================================

    Dexamethasone jangan diminum setiap hati nanti bisa keteragantungan.
    Saran saya sama, sebaiknya berobat ke dokter untuk terapi pengobatan gatal n kemerahannya. Hydrocortisone, dexamethasone masih tergoglong dalam Glucocorticoids.
    Glucocorticoids itu banyak sekali varian dan jenisnya, biarkan dokter yang memutuskan obat yang dipakai. terimakasih

  15. Mbak sy mau tanya nih,sy pnya pnyakit klit d wajah merah gatal dan kring.Dr thn 2002 sy pkai salep hydrocortisone.Ntar smbuh ntar nimbul lg.Tp sy gak pk salep itu lg th 2010.Wajah sy merah gatal dan kering.Trus thn 2011 ini br 2 bln sy mnm obt dexa-m.Smua pnyakit gatal hilang.Tp lo brhnt mnm obtnya,gatal d wjh timbul lg.Gmn y cr mnymbhknya.Tp tdk ktrgntungan obat?Tanks.Endang.

  16. Gak perlu ditappering of dosis dexamethason nya? Hati2 krisis adrenal akut….loh…..sesuai pernyataan anda…tubuh mesti di adjust….termasuk kelenjar adrenal dari orang yang sudah menggunakan preparat kortikosteroid jangka panjang…

    ===============================================

    Tentu saja bukan berhentilangsung mendadak. Tubuh akan kaget, caranya dengan mengurangi dosis secara perlahan-lahan. Misalnya jika setiap hari minum 1 X sehari , sekarang 3 x seminggu ( senin-rabu-jumat). lakukan dalam sebulan.

    Dibulan kedua diturunkan lagi 2 x seminggu ( selasa dan kamis saja ). Lakukan dalam sebulan berikutnya
    Dibulan ketiga coba dirurunkan lagi 1 x seminggu (Rabu saja). Lakukan dalam sebulan
    Dibulan keempat 2 x sebulan (senin minggu pertama dan kedua)
    Dibulan keempat 1 x sebulan ( hanya tanggal 1 saja)
    Dibulan kelima selesai

    Ini namanya adjust yang terencana dan bertahap sehingga tubuh akan mudah untuk beradaptasi. Semoga berhasil.

  17. Terima kasih atas pencerahan ini, kisah ketergantungan dexamethasone ini pernah terjadi dg ayah saya, tapi bersyukur ayah saya bisa melewati masa ini dengan terapi minum ramuan daun sirsak sbg pengganti, dan ternyata sangat cocok .
    Kemarin saya pergi ke dokter gigi salah satu resepnya ada dexamethasone , apa ada hubungan dg infeksi dg saraf gigi atau gimana ? Mohon penjelasannya ! Terima kasih.

    ======================================================

    Terimakasih sudah berhenti dari obat yang tidak tepat penggunaannya. Minum sirsak juga boleh tetapi sekali lagi jangan berlebihan, gunakan bila perlu dan minumlah air yang cukup.

    Mengenai Dexamethasone, obat tersebut memang fungsi utamanya sebagai anti inflamasi (peradangan dan bengkak) dan immunosupresant ( meningkatkan daya tahan tubuh). Jika Ayahmu sakit gigi boleh saja digunkan karena Dexamethasone dan mengurangi bengkak di gusi dan radang di rongga mulut.
    Obatnya diminum sesuai aturan pakai. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  18. saya minum dexa selama lbh kurang 1 thn,setelah berhenti makan dexa,badan jadi lemas,rambut jadi rontok,kulit jadi lembek,saya sdh berhenti makan dexa selama 4thn,obat apa ya mbak yang cocok untuk numbuhin rambut saya lagi?juga menormalkan kulit saya lg….mksh bnyk mbak…

  19. komsumsi dexa jgn tiap hari tp tiap 3 hari.kalau merasa sehat knp berhenti lagipula
    nggak mahal kok.pilih mana ,tdk konsumsi badan kurus,kurang nafsu makan sering sakit mual migrain tdk ada semangat atau konsumsi badan naik nafsu makan bertambah tdk merasa sakit dan bergairah kembali. Saran saya yg sakit mag mual2 cobalah minum jgn tiap hari tapi 3hari sekali .ini pengalaman sya teruama kurang nafsu makan,sy sekarang konsumsi dewa+pronicy seminggu sekali thanks

  20. Haii mohon bantuanya niehh aq ini Kena dampaknya dexamethason jgu gara2 pngan menambah berat badan yg kurus krempeng ..badan kurus bukan tak makan
    Hehehe

    Aq mengomsumsi kurang lebih 5 bulan n benar saja berat badanku darastis naik v aq rasa takut kergantungan akirnya aq stoop pakainya lagi
    Dan skrng berat badan turun lemah letih lesu n parahnya lagi aq tiap bangun pagi selalu mual2 kerna air liur penuh dalam mulut aq benar gak tahan begini padahal saya dah lama tidak mengomsumsinya v dampaknya masih sampai skrng
    Mohon bantuanya.gbu

  21. saya menggunakan dexa karena asthma selama hampir 2 tahun dan khasiatnya ruarrr biasa..fullenergi siap kerja 24 jam, minum 1 butir tiap hari bahkan 2 butir kalo perlu.. Namun karena muncul bercak merah di dada, maka kuhentikan langsung sejak awal nov 2012. Dampaknya ruarrrrrrrrrrr biasa juga. lemes, mata keluar kotoran terus, gampang capek, nafsu makan ilang…(kena bau uap nasi di magic jar aja mau muntah) ngantukan, tak bergairah, tak bersemangat..loyo…aku periksakan ke dokter, dokter juga bilang seperti itu dampaknya. maka..ya aku nikmati aja “kesakitan” ini. Alhamdulillah berkat dorongan istri dan keluarga dan komunitas, timbul semangat….yang penting semangat untuk makan dan makan untuk hidup….jadi untuk kawan2 yang terkena dampak negatif dexa…..nikmati saja dampaknya dan kembalikan semangat hidup anda dengan makan….saya memulai semangat hidup hanya dengan makan dengan sepuluh sendok makan nasi putih + satu buah krupuk saja hampir 3 minggu(kebetulan saya vegetarian murni jadi hanya sayur dan tahu tempe yang boleh masuk kedalam perut). alhamdulillah minggu ini ( minggu ke3 desember 2012) saya sudah mulai bisa makan sayur dan lodeh….
    saran dan imbauan saya bagi saudara2 penderita dampak dexa:
    1.tetep kontrol ke dokter untuk memantau perkembangan penderitaan Anda
    2.tetep makan agar tetep hidup
    3. mulailah kehidupan (dipagi hari) dengan cinta kasih – kepada anak istri, keluarga, dan komunitas Anda. Tutup kehidupan dengan cinta kasih pula (malam hari)
    4. Berfikir positif,selalu berdoa dan selalu bersyukur.

    Semoga bermanfaat..

  22. padahal sya mau menkonsumsi obat ini,untuk nmbah berat bdan sya.tpi sukur deh,,sya bisa tau efeknya dari kaka2 semua…

    ===============================

    Jangan sembarangan minum obat. Periksa dan kenali terlebih dahulu obatnya dan efek sampingnya.
    Pakailah car-cara alami dan be yourself. Saya juga kurus tetapi sehat :D

  23. Terima kasih ya buat semuanya,,manfaat banget buat sya,,
    paling tidak sekarang memulai untuk sekedar mengobati dan tidak ketagihan ya,amin

    =======================================

    Sama-sama.
    Gunakan obat sesuai gejalanya dan ikuti aturan pakai yang benar :D

  24. maaf bos cuma mau memperbaiki artikelnya IMMUNOSUPRESAN (supresi/menekan sistem imun) maksudnya bukan untuk memperkuat antibodi tapi menekan/memperlemah antibodi..
    cr kerjanya dexa atau steroid ini menekan susunan/sumsum tulang belakang jadi hasil produksi dr sum sum tulang belakang ini ditekan/dikurangi seperti sel darah putih, dll..
    seperti yang kita ketahui sel darah putih adalah sebagai antibodi, jika ditekan produksinya otomatis antibodi kt berkurang..jadi bwt yang mengkonsumsi obat ini jangka lama di pastikan antibodinya lemah dan sangat mudah terinfeksi…(mohon di edit ya artikelnya)

    mau menambahkan juga nih efek samping (jangka panjang) dr obat ini selain di atas :
    1 gangguan hormonal, seperti haid tidak teratur
    2. daya tahan tubuh menurun/mudah terinfeksi
    3. bs menyebabkan ma ag/luka pada lambung
    4. bs mengakibatkan diabetes laten
    5.bs mengakibatkan kerapuhan tulang/asteoporosis
    6.bs mengakibatkan keretakan tulang belakang(ini yang plng parah dan mengerikan.. :-D)

    Efek samping yang sering terjadi ;
    1 moon face (muka tembem, hehehee)
    2.nafsu makan meningkat

    memang benar banyak yang menyalah gunakan obat ini untuk hal2 yang salah… di antaranya seperti
    UNTUK GEMUK
    sebenarnya bukan gemuk tapi obat ini kerjanya menahan Na(natrium) didalm tubuh kita, sehingga natrium akan berikatan dgn air (NaOH), akibatnya memang pipi n bagian2 tertentu dibadan keliatan gemuk (tembem)padahal ini bukan gemuk daging tapi gemuk air.. Selain efek sampingnya memang bs menambah nafsu makan…
    JADI APA MAU GEMUK CUMA ISINYA AIR DOANK?? :-D
    Inilah juga mengapa untuk penderita HIPERTENSI tidak di anjurkan menkonsumsi obat ini cz efek obat ini menahan cairan, akibatnya bs menaikan tekanan darah(ga ush di jelaskan mekanisme kerjanya ya klo dijelaskan mekanisme kerjanya bs panjang ga cukup nih ntar halamannya,…padahal memang lupa….hehehehehe)

    biar ga sakit2 badannya/pegel linu
    pasien ini yang agak sulit buat dikasih tau…harus sabar….hehehehe
    kalo ga minum katanya badannya sakit (bisa mati lebih cepat, gitu katanya), tahukah temen2 pasien saya ada yang mengkonsumsi obat pegel linu ini (dexa+na diklofenak+piroxicam), sekarang dia terkena GAGAL GINJAL, awalnya di diagnosa INFEKSI GINJAL, setelah di lakukan anamnesa ternyata ia sering menkonsumsi obat tersebut setiap hari selama bertahun2..
    seperti yang sudah saya jelaskan diatas efek jangka panjang dexa adalah menekan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah terinfeksi, ditambah obat piroxicam & na diklofenak, dimana obat ini dimetabolisme diginjal sehingga memperberat kerja ginjal, akibatnya ginjal main lama makin “capai/kelelahan” ditambah antibodi melemah sehingga mudah terinfeksi ginjalnya..lama2 terinfeksi akhirnya ginjalnya mati total alias ga berfungsi alias GAGAL GINJAL….
    saya juga sebelumnya sering memperingatkan tapi pasiennya “ngeyel” ya apa boleh buat nasi sudah menjadi bubur…saya harap teman2 yang lain tidak terkena efek buruk dr obat dexametasone( obat steroid lainnya).
    Obat ini boleh dikonsumsi jika memang diperlukan misal terjadi radang pada persendian,
    dan ingat untuk menghentikan obatnya ini tidak bs sekaligus, HARUS BERTAHAP DIKURANGI DOSISNYA SEDIKIT DEMI SEDIKIT, sampai tidak ada sama sekali( seperti yg di contohkan kaka MARIA di atas boleh)…

    MENGAPA OBAT INI JUGA BS DISEBUT DOPING (cz membuat ketagihan dan bs membuat badan terasa enak, bersemangat, dan tidak terasa lelah), dlu ada pemain bola yang sering mengkonsumsi obat dr golongan streroid ini juga dan setelah dites doping ternyata positif)..hati2 ya bagi atlet2 jgn sembarangan minum obat…hehehehee

    TAPI temen2 jgn terlalu takut juga sih untuk untuk obat ini jika memang digunakan secara benar dan tepat memang bisa menyembuhkan/mengurangi penyakit2 yang ringan sampai berat mulai dari alergi, sakit gigi,asma,pegel linu,ginjal, dan lain sebagainya…makanya disebut OBAT DEWA , cz bs untuk berbagai macam penyakit… 1 untuk semua gitu…..hehehehheehe

    INGAT HARUS BENAR N TEPAT PENGGUNAANNYA…DIGUNAKAN JIKA MEMANG BENAR2 ADA INDIKASI/DIPERLUKAN…
    dan JANGAN DIGUNAKAN DALAM JANGKA LAMA YAAAAA………(INGAT INI)…!!!!!!!!!

    KECUALI PETUNJUK DR DOKTER atau konsulkan juga ke APOTEKER jika anda mendapat resep ini untuk jangka waktu yang lama……

    Semoga bermanfaat… ;-)

  25. Aslmkm…Saya Minum Kodein yang ternyata itu adalah morfin. saya pasca operasi Yang Alhamdulillah sehata setelah operasi paru-paru selama kurang lebih satu minggu. akan tetapi obat untuk diminum dirumah membuat saya ngeflali, terbang-terbang kalau luka tidak tersa sakit (obat tersebut saya minum 3 kali sehari) akhir cerita Alhmdlh sekarang hampir 2 Bulan sudah hilang akan tetapi leher tersa dicekek, sulit nafas, kalau sehabis tidur badan tersa letih terasa orang yang ngk punya tulang MasyaAllah lemas sekali….kerongkongan juga kering-kering terus. kalau Saudara tau SMS ke (082172974140) saya agar saya tau antisipasinya. Karna kasihan keluarga saya yang menjaga, Kuliah terlantur, dari rumah sakit tidak mau bertanggung jawab, malah melepaskan begitu saja. rumah sakitnya rumah sakit suasta terkenal di Pekanbaru akan tetapi rumah sakitnya baru buka beberapa bulan.
    Terimakasih atas bantuannya saya doakan yang mempunyai Blogg sehat dan diberikan kekayan dunia, akhirat, dan Ilmu yang luas Amin…Yarabb…!!!

  26. ass….saya mempunyai anak perempuan sehat,aktif,pintar.yg ingin saya tanyakan.dia mengalami sakit yg saya sendiri tidak tau apa,dokter ajatidak tau sakitnya apa.kita pernah citisken tapi hasilnya nol,( kebagian saraf ).dia sering melamun kaya orang tidak sadarkan diri tatapan
    kosong,mirip orang bingung.mulai kelas 1 sd sampai sekarang kls 6 sd masih saja begitu berbagai macam obat,vitamin sdh,hasilnya nihil.mohon bantuanya trims mudah2an anda semua bisa membantu saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s