Pengobatan Schizophrenia: Skizoafektif

Suami sy pnderita skizoafektif. berhalusinasi krn ms lalu. pengobatan dah sejak agustus 2006 sempt diopname 8 hr. setelah itu penyakitnya datang pergi…. datang ketika ada stressor. suami rutin konsultasi dokter tiap bulan. sehari at 2 hr setelah konsultasi dia bisa jaga mood. sekarang obat yg diminum fluxetin 10mg pg hr dan 1/2 risperidone 2mg. dokter memberi th kemungkinan berobat seumur hidup.klo melihat dosis obat yg dikonsumsi saat ini, apakah sakit suami saya msh termasuk kategori parah? trima kasih sebelumnya….. (Yaya Dizzy)

Apa sih yang ada dibenak kita kalo menyebut penyakit Schzophrenia? Pasti kita berpikir, ituloh orang suka berhalusinasi, berkhayal dengan pikirannya sendiri, dizorganized dan berbicara/berpikir tidak umum. Secara umum mereka terlihat “normal” seperti  John Nash di film A Beautiful Mind, yang dapat melihat angka-angka.

Menurut om Wikipedia, Schizophrenia is a psychiatric diagnosis that describes a neuropsychiatric and mental disorder characterized by abnormalities in the perception or expression of reality. It most commonly manifests as auditory hallucinations, paranoid or bizarre delusions, or disorganized speech and thinking with significant social or occupational dysfunction.

Berbicara mengenai Schizophrenia itu luas sekali cakupannya, karena mbak Yaya hanya bertanya mengenai “pengobatan skizoafektif” maka tulisan ini hanya seputar itu saja ya.

Penanganan Schizoefektif

Jika stressor cukup kuat maka paseien dapat dirawat beberapa hari di rumah sakit untuk membuatnya lebih stabil. Setelah pulih dapat dilakukan pengobatan dengan terapi medikasi (seperti obat yang diminum sekarang).

Pengobatan Skizoafektif meliputi antimanik, antidepressan dan antpsikotik. Jika dilihat dari gejala dan pengobatan yang ada maka pengobatan suami mbak Yaya adalah kombinasi keduanya, yaitu antidepressan dan antipsikotik.

Fluoxetine adalah antidepressan yang merupakan golongan SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor. ngerti ga ya?? maksudnya obat ini dipake untuk mengobat depresi mayor sehingga bisa berprilaku lebih tenang dan tidak obsesif. Dosis umum untuk pengobatan ini Fluoxetine 20mg/hari.

Risperidone adalah obat yang digunakan untuk mengobati Schizophrenia dalam golongan psikotik. Dosisnya berkisar antara 0.25-4mg/ hari. Jadi kalo saya simpulkan bahwa terapi pengobtan yang sudah diberikan oleh dokter sudah tepat dan dosis masih dalam takaran normal jadi bukan termasuk sakit yang parah :D :D :D *hore-hore-hore*.

Terakhir, terapi yang tidak kalah penting untuk mengobati Schizoafektif adalah psikoterapi. Terapi ini berguna agar dapat mengatasi stressor, membuatnya lebih tenag dan dapat bersosialisasi/ punya rasa percaya diri.

Saya berharap keluarga dan kerabat dan terus mendukung pengobatan ini. Memang sakit ini bukan seperti sakit batuk yang diobati langsung sembuh tetapi perlu waktu yang sangat lama untuk membuat pasien bisa sembuh seperti sediakala. Mungkin karena lamanya dokter bisa berkata seumur hidup hehehe.

Tidak ada yang mustahil jika kita percaya, pesan saya jadilah Ibu yang kuat, yang sabar dan jangan menyerah untuk terus memberikan yang terbaik.

About these ads

53 thoughts on “Pengobatan Schizophrenia: Skizoafektif

  1. trima kasih sekali atas postingannya… sedikit banyak telah membuat saya lebih ayem… tapi saya msh punya beberapa pertanyaan.
    1. risperidone yg diminum itu 20mg tp selang seling sehari minum sehari libur pengaruhnya sama atau tidak dengan risperidone 10mg tp setiap hr?
    2.klo suami setiap saat setiap waktu bhs masa lalunya tsb apa yg sebaiknya saya lakukan?

    ==============================

    Jawabannya adalah *gaya Fitri Tropika*
    1. Jika obat sudah diminum maka si obat akan masuk dalam pencernaan dan akhirnya masuk dalam peredaran darah. Istilah bekernnya “Profil Bioavailability” artinya perjalanan obat dari mulai masuk sampai menuju titik maksimal toxic terapi dalam darah sampai menuju titik minimum efek terapi (MET). Bentuknya seperti kurva.

    Jika Risperidone adalah obat yang punya T1/2 yang pendek *garuk-garuk, apa ya bahasa gampang ya…*
    maksudnya kadar obat didalam darah tidak berlangsung sampai lebih dari sehari untuk itu perlu minum obat lagi agar dosisnya terapi berada dalam kirasan “efektif terapi” dan tidak turun dibawah minimum efek terapi.
    Untuk itu sebaiknya risperidone diminum 10mg setiap hari :D :D

    2. Memiliki seorang pendamping tentunya akan membuatnya lebih tenang, jadilah pendengar yang baik untuk ceritanya. Mungkin ceritanya akan berulang-ulang… tetap dengarkan saja :D :D

  2. Ok banget infonya, saya butuh lebih banyak lagi berbagai info mengenai pengobatan, tempat klinik, dokter dsb soal penyakit ini karena saya termasuk yang ingin berkonsultsi soal ini..siapapun yang bisa bantu thx banget.
    ====================

    wikipedia sangat membantu loh :D
    banyak dan lengkap.

  3. numpang tanya dong om…., apakah Risperidone sama dengan sanax (alprazolam) om?

    ===========================
    tentu beda….

    Yang benar Xanax (kandungannya Alprazolam 1 mg) digunakan untuk terapi Anxiolytics/ Axiety disorder seperti panik, cemas dan gelisah.
    Sementara Risperidone untuk antipsychotics, manajemen dari gejala schizophrenia.

  4. saya ingin tahu tentang penyakit skizoafektif….
    jangan suruh saya tanya om wiki atau pakde google….

    ========================

    kenapa?
    saya menulis postingan ini beberapa juga saya ambil dari mas Wikipedia.
    Dia itu pinter dan baik. Emang sih rada ngebosenin dan bikin bingung tapi kalo dibaca pelan-pelan…. wow keren banget deh :D

    Salam buat Mas Wiki hehhehe

  5. Saya mempunyai putra 20 tahun, yang memiliki penyakit mirip dengan yang diatas, halusinasi, dan mudah tersinggung.
    Sudah pernah 4 kali dirawat di RSJ, dan diberi obat CPZ HLD dan THP, pernah juga diberi risperidon atau persidal;
    Namun putra saya ini kalau sudah mulai tenang dan keluar dari RSJ (berobat jalan), perlahan-lahan tidak mau lagi minum obat-obatan tersebut, alasannya dia tidak mau seumur hidup bergantung pada obat.
    Selain itu beberapa saat setelah setiap kali minum obat, kapalanya terasa pusing berat, mungkin karena obatnya sedang bekerja? ini pula yang menjadi salah satu alasan dia susah untuk minum obat. Akhirnya begitu dia berhenti minum, sebulan atau dua bulan berikutnya, maka penyakitnya kembuh lagi.
    Yang mau saya tanyakan adalah:
    Sudah seberapa parahkan penyakit yang diderita anak saya ini?
    Adakah peluang untuk dia tidak mengkonsumsi obat-obatan itu lagi?
    Mohon penjelasan, dan terimakasih sebelumnya.

    ===============================

    Dear Suryadi,

    Sampaikan salam hangat saya untuk putramu.
    Secara khusus pertanyaan bapak akan saya buat dalam bentuk postingan.

    Silahkan lihat disini http://tukangobatbersahaja.wordpress.com/2010/05/05/pengobatan-schizophrenia-kombinasi-cpz-hld-thp/

    Salam

    Rina Susanti

  6. Pingback: Pengobatan Schizophrenia: Kombinasi CPZ HLD THP « Tukang Obat Bersahaja

  7. Thanks bgt infy.. kbtulan adekku jg pny gjala spt itu (mlmun,sering gkonsen,&bcr sndri), apakah trmsuk gjla schizophrenia? & apa jnis obatnya??… tq.

    =========================
    Dear Muhammad,

    Saya tidak bisa memastikan apakah ini Schizophrenia atau depresi berat
    Saran saya sebaiknya berobat kedokter untuk lebih memastikan dan diketahui obat-obat yang tepat.

    Schizophrenia bukan gila, sinting, miring, ga waras… ini adalah penyakit, sehingga dengan penanganan tepat dapat memiliki kualitas hidup yang baik.

    Salam

    RIna Susanti, Apt

  8. ibu atau bapa saya mau tanya.,., kalau mood berubah tpi sering merasakan halusinasi apakah termasuk penyakit skizoafektif??

    ===================
    Panggil saya mbak Rina :D

    Gejalanya mirip tetapi belum tentu Skizoalektif.
    sebaiknya diperiksa kedokter untuk memastikan dan berobat agar bisa pulih.

  9. begini mbak sebelumnya saya pernah kirim2 pesan dgn anda lewat email..tp terakhir ga dibalas,,,,saya menduga dulu kena hipoglikemia tp setelah ditelaah saya kena anxietas panic disorder nah apa obat untuk mengatasinya???? alprazolam???? apa obat itu bisa menimbulkan ketergantungan??? harganya kira2 berapa???

    =================================

    Dear Jun,

    Tentu saya ingat dan saya sudah membalasnya. Mungkin emailnya nyangkut dan tidak terkirim. saya kirim lagi, please check it.
    Hipoglikemia memang berkaitan dengan beberapa penyakit. Saya tidak tahu kamu menelaah darimana sampai mendiagnosa axietas panic disorder?
    tidak semudah itu mendiagnaosa, hanya dokter yang bisa. Sayapun tidak bisa mendiagnosa.

    Untuk pengobatan, alprazolam memang umum tetapi saya berpikir sebaiknya Jun ke dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut. Jangan berpikir berlebihan. Sebaiknya menjaga pola hidup yang sehat, jauhi stress, istirahat yang cukup dan makan yang sehat. Terimakasih.

  10. Kk saya 29th,dy tipe yg pendiam dan kurang bersosialisasi.
    Dan akhir2 ini dy suka berhalusinasi,berkata ngelantur,bengong,ketawa sendiri.
    Sehingga keluarga membawanya ke rsj.
    Tp dy sadar,dan tdk mau bersosialisasi dgn pasien2 disana.
    Krn dy menganggapnya semua pasien itu gila.
    dan dokter memberinya obat olandoz,luften,trihexyphenidyl.
    Apa obat2 itu ada efek sampingnya?

    =================================

    Salam saya untuk kakakmu.
    Shizophrenia bukan sakit gila, ini memang sebuah penyakit.

    Penderita shizophrenia tidak perlu masuk RSJ jika memiliki prilaku yang baik. kecuali dia berprilaku menyerang, amarah, mengancam.
    Tentu saja setiap obat ada efek sampingnya, coba obatnya dihabiskan dahulu kemudian baru ke dokter lagi untuk dievaluasi. Ingat, pengobatan harus rutin dan peran keluarga sangat dibutuhkan. terimakasih

  11. Halo,nama saya adith,saya penderita schizophrenia,sudah 3 tahun saya menderita penyakit tsb.sudah berbagai obat2an telah saya coba,dari generik sampai yg mahal,tapi suara2 dan halusinasi penglihatan saya tdk hilang2,terakhir saya diberi obat oleh dokter yaitu:THP,Risperidone 12mg,haloperidol,sertra line,luften, hasilnya bergelombang,naik turun,kadang2 jarang suara2nya,kadang2 sering,yg saya ingin tanyakan adalah kemungkinan saya sembuh dan kombinasi obat2an apa yg hrs saya coba lg?terima kasih atas perhatiannya

    ———————————————

    Dear Adith,

    Terimakasih atas pertanyaannya. Semoga Adith terus semangat dan yakin untuk kesembuhan. Saya mendukungmu.

    Adith harus tahu bahwa Schizophrenia memerlukan terapi pemulihan yang panjang bahakan bisa bertahun-tahun lamanya. Adith juga harus patuh dengan obat yang harus dikonsumsi dan aturan pakai yang tepat.

    Menurut saya obat yang diberikan oleh dokter sudah tepat. Sebaiknya pengobatan terus dilanjutkan dengan obat yang sekarang. Mungkin suara-suara itu sulit hilang total, tetapi saya yakin dengan mengkonsumsi obat tersebut suara-suara tersebut jauh lebih sedikit dibanding tidak minum obat.

    Dalam pengobatan memang terkadang ada fluktuatif. Untuk itu tetap berpikir positif. Jangan membayangkan hidup yang penuh tekanan. Saya menyarankan Adith untuk berolahraga secara rutin. Bila perlu Adith juga dapat menulis sebuah blog untuk mensharingkan “suara-suara”, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapat terapi dan konseling. Terimakasih.

    Saya yakin Adith pasti sembuh :D

  12. Halo tukang obat bersahaja,saya adith,terima kasih atas reply dan dukungannya, saya mau cerita bhw hari ini ganti dokter obat barunya adalah Depakote 500 mg,ativan 2 mg,zyprexa 10 mg,govotil 5 mg,luften 100 mg,arkine 2 mg,menurut kamu gmana?trus durasi saya mesti tunggu berapa bulan lagi buat ganti obat lagi,ohya nama kamu siapa boleh nga calling2,no.hp saya 0857111XXXXX,trims

    ———————————————————
    Dear Adith,

    Mohon jangan pernah menyebutkan no Handphone pribadi dalam kolom komentar. Nanti takut digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nomornya sudah saya moderasi.

    Obatnya mantap :D
    Love Depakote, Untuk pengobatan sebaiknya tidak gonta-ganti obat atau dokter. Setelah obatnya habis konsultasikan dengan dokter. Jika ada yang kurang atau masih ada “suara-suara”, kasih tahu dokter. Jika setelah ini merasa lebih baik, sama dokter yang sekarang aja.

    Untuk konsultasi via telpon belum bisa, maaf ya. Sebaiknya kirimkan konsultasi atau pertanyaan ke halaman contact me. Terimakasih.

  13. Salam mbak rina, mb mau tanya, ibu saya menderita skizofrenia dengan depresi berat dengan ciri psikotik, th 2004 pernah masuk rsj 2 bulan, lalu sembuh, akhir th 2010 kambuh lagi, gampang marah, teriak2, mukul orang, halusinasi, dll, lalu masuk rsj lg selama 1 bulan, sekarang masih terapi obat Trifluoperazine 5 mg 2×1, trihexipenidil 2mg 2×1, chlorpiomozine 100mg 1x. Fluoxetine 20mg 1×1, sekarang obat dari rsj udah habis, kemarin sy coba beli obat di apotek kecuali fluoxetine tidak ada, gimana ya kalo ga pake obat itu? Tolong berikan keterangan tentang masing2 obat? Makasih mbak.

    ===============================================

    Sebaiknya semua obatnya dibeli, coba cari di Apotek lain ya.
    Jangan menyerah untuk kesembuhan ibumu :D

    Fluocetine berguna untuk mengurangi kecemasan dan mengurangi rasa gelisahnya, jadi ibu lebih tenang.
    Bila perlu minta stok khusus dan membeli jauh-jauh hari sebelumnya. Terimakasih

  14. sepupu sy wanita 45 thn, dia skizo dan jantung,,1 hari rokok abis 3-4 bungkus,, obat2an yg diminum aspilets uap-2×1/2, issorbide-dinitrate 10mg 1×1, dan remital 10.olanzapine 10mg 1×1,, bisakah obat2 ini diganti dengan obat generik,,?karena mahal..
    keluhan nya : susah tidur,pribadi kalem,malas,menghayal dan kepikiran dgn suatu masalah,suara2 di telinga musik2.. tks,wass.. klo bisa kirim ke email aja

  15. Selamat malam, ada masalah yang saya mau tanyakan, saat ini saya sedang terapi penyembuhan dari ketergantungan narkoba (mungkin ada korelasi nya dengan Pengobatan Schizophrenia)

    sekarang saya dalam tahap “penyegaran badan” (tahap ke-3) karena menurut dokter saya, pengobatan ketergantungan narkoba ada empat tahap.

    1. melepaskan diri dari ketergantungan narkoba dengan cara diberikan obat yang setahu saya sebagai orang awam adalah KODEIN, VIT B Comp dan Alprazolam 0.5mg
    .
    2. Tahap pembuangan racun dalam tubuh pasien, caranya pun masih sama dengan yang pertama hanya kadar KODEIN nya turunkan dan dosis VITAMIN nya dinaikkan, efek dari tahap ke-2 sering buang air kecil dan nafsu makan bertambah.

    3. Tahap penyegaran badan, dimana badan pasien dipulihkan layak nya orang yang tidak memakai narkoba, tetapi masih diberikan obat seperti tahap pertama, hanya KODEIN yang dihilangkan.

    4. Tahap Sosialisasi kembali ke masyarakat. (saya belum sampai tahap ini)
    Karena saya merasakan badan saya sudah vit tetapi susah tidur, saya konsultasikan kembali dengan dokter saya dan dokter hanya memberikan saya FRIXITAS 0.5mg, karena saya “diasingkan” keluar kota, untuk mendapatkan obat tersebut susah sekali, dan dokter pun hanya memberikan saya 4 butir saja, sedangkan dosis saya, 3butir baru bisa tidur tetapi saya mengalami efek halusinanasi yang “berlebih” selanjutnya FRIXITAS pun diganti dengan ATARAX 0.5mg yang notabene kandungannya sama yaitu ALPRAZOLAM.

    Tetapi setelah saya memakai ATARAX malah dosis saya makin bertambah, yang tadinya menggunakan FRIXITAS 3 butir saya bisa tidur tetapi mengalami halusinasi, sekarang menggunakan ATARAX saya minum 5 butir baru bisa tidur tanpa mengalami halusinasi tetapi rasanya mulu menjadi kering.

    adapun yang saya ingin tanyakan adalah tentang susah tidur, adakah obat tidur yang tidak mengalami halusinasi dan rasa mulut menjadi kering tetapi tidak menimbulkan efek ketergantungan dari obat tidur itu sendiri, jika ada, bisakah dibeli dengan bebas tanpa resep dokter?.

    Karena saya sekarang beda kota dengan dokter saya, komunikasi dan konsultasi hanya melalui telpon saja, jadi dokterpun tidak tahu secara persis tentang progres saya, saya takut akan ketergantungan obat tidur.

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

    ==========================================

    Dear Vito,

    Terimakasih sudah mau berbagi di blog ini dan bertanya kepada saya. Oke, akan saya jelaskan satu per satu ya.

    Pertama, terimakasih sudah menjalani pengobatan sampai tahap ketiga. Apakah kamu masih ingin sembuh? Apakah kamu mau dan ingin berjuang untuk melepaskan diri dari narkoba? Mohon dijawab. Saya melihat usahamu belum maksimal untuk kesembuhan ini.

    Mulailah dari dalam diri, jangan mengandalkan obat-obat dokkter sebagai satu-satunya kunci sukses sebuah penyembuhan. Semua itu berpulang kepada diri sendiri. Seharusnya ketika sudah sampai tahap ketiga tidak ada lagi minum Alprazolam, cukup dengan vitamin saja. Menurut saya, kalo kamu mau berjuang melawan diri sendiri dan punya semangat maka ga perlu lagi minum Alprazolam apalagi dosisnya malah ditambah sendiri. Alprazolam juga bisa membuat kamu ketergantungan dan punya efek samping.

    Sekarang mari benahi diri lagi, kalo sudah sampai ke tahap ketiga sebaiknya melakukan pendekatan spiritual, saya berharap Vito menunjukan kedekatan kepada Tuhan, baik agama islam, kristen, dll, belajarnya untuk Berdoa dan berpuasa. Ini salah satu kuci suksesnya, dekat kepda Allah. Lakukan dengan hati dan iman.

    Cobalah setiap bangun tidur berdoa kepada Tuhan, memulai aktivitas dengan berolah raga ringan, kemudian berpuasa. Jam buka puasa jam 5 sore karena itu batas ketahanan normal. Lakukan perlahan-lahan, dari setiap senin. 2 minggu depan senin dan rabu. 3 minggu depan lagi senin rabu jumat. dll. Ketika puasa berarti juga berhenti minum obat dari dokter.

    Saya tahu tidak mudah tetapi saya yakin kamu pasti bisa. Nah, jika tingkat spiritualmu sudah lebih baik, artinya hubunganmu dengan Tuhan sudah terjalin baik, barulah lakukan sosialisasi terhadap sesama. Bergaullah dengan orang benar dan isi hidup ini dengan kegiatan yang bermanfaat. Pandai-pandai memilih teman dan selalu dekat dengan Tuhan.

    Semoga, kamu bisa kembali pulih. Dipulihkan tubuhmu, jiwamu dan kedekatanmu dengan Tuhan. Terimakasih

  16. Dear Mbak Rina, terima kasih saya ucapkan untuk jawabannya, memang benar apa mbak katakan, bahwa sekarang saya menjadi tergantung dengan alprazolam dan mengalami sugesti jika tidak minum alrpazolam seperti ada yang kurang.

    Perlahan saya lepaskan diri dari alprazolam dengan penggantinya minum jamu yang diseduh (digdodok) sendiri atas arahan terapis, alhamdulillah sedikit demi sedikit saya bisa mengatur pola tidur saya walaupun belum seperti layak nya “orang normal”.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas saran mbak (Insya Allah saya jalani), memang benar mbak, kesembuhan hanya dari diri sendiri, dokter saya pun bilang seperti itu, 90% dari diri sendiri & 10% dari pengobatan medis atau alternatif.

    Terima kasih mbak Rina.

    ====================================

    Sama-sama Vito
    Semoga lekas sembuh :D

  17. selamat sore mba rina.
    saya ingin bertanya, saya mencari cari obat yg namanya remital 10mg kok sulit sekali yah?
    apakah mba rina mempunya info akan apotik mana yg jual obat itu?
    terima kash yah mba rina, sukses selalu untuk mba rina :)

    ====================================

    Selamat sore juga Deris :)

    Tentu saja sulit menenukan Remital 10mg karena penggunaaanya harus dalam pengawasan dan resep dari dokter.
    Obat ini mengandungOlanzapine yang umumnya digunakan untuk pasien Skizofrenia.

    Sebaiknya harus ada resep dokternya ya. Sayapun hanya menerima pembelian jika disertai dengan resep dokter. Terimakasih

  18. Dear tukang obat bersahaja,saya adith,sekarang saya sedang sudah mencoba kombinasi obat2an depakote,stelazine cpz,haloperidol dan thp selama 6 bulan,hasilnya sama saja,halusinasi penglihatan(bayang2an)dan halusinasi pendengaran(suara2) masih ada dan terkadang makin parah,saya minta tolong kira2 kombinasi obat2an yg bisa mbak rekomendasikan berikutnya,penting sekali,trims sebelumnya

  19. Hi tukang obat bersahaja,saya adithya,baru2x ini saya ganti kombinasi obat lagi menjadi,seroquel xr 300,stelazine,depacote,thp dan luften,hasilnya bisikan2xnya berkurang 3%,kira2x ada obat lagi nga yang mbak bisa rekomendasikan guna mempercepat atau menambah progres pengobatan saya ini,penting sekali,trims

    ==================================================

    Dear Aditya,

    Ada satu hal penting. Amat penting sekali bahwa tidak boleh sembarangan mengganti-ganti obat sesuka-suka hati.
    Obat yang diberikan adalah obat keras dan harus dalam pengawasan dokter, tidak semudah itu mengganti obat. Harus dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter yang akan menganalisa dan menentukan jenis pengobatan yang tepat.

    Meskipun saya farmasis, saya tidak punya wewenang untuk mengganti obat keras (farmasis hanya berhak untuk obat bebas dan obat bebas terbatas). Farmasis juga tidak berhak memberikan obat lain yang lebih tinggi dosisnya atau kombinasi lain. Saran saya, berobat dan konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Terimakasih

  20. dear obat bersahaja,,
    saya anis 23 thn,,saya mmpunyai ibu yg mnderita skizofrenia,,ibu saya slalu berhayal tntang artis2,,suara2 aneh,,getaran2 aneh dlm tubuhny,,ngomong yg tidak rasional dan mnganggap bhwa itu knyataan,,dy suka ngomong yg aneh2 entah apa pun,,wktu itu saya sdah prnah mmbwany k rs tp selang wktu 1 thn dy kambuh lagi,,saya mohon d beri tau obt generik apa yg bagus untuk ibu saya krna obt yg sblumny trlalu mahal krna kami tdak mampu untuk mmbli ny,,mohon bantuanny ya,,

    • just for share aja….
      adik n kakak ku jg sm..
      tp alhamdulillah mrk tdk tergantung dg obat…
      skrg k2 ku sdh bs menyelesaikan s1nya dan mempunyai anak…
      kondisi kejiwaannya jg sdh stabil

      sdgkan adik ku. lg mash dlm proses
      tp blm 100% hy 60%
      slm kt sabar and tulus merawat mereka
      saya yakin mereka akan kembali spt sedia kala…

  21. lam kenal sis,aq itha calon apt,sekarang gi PKPA disalah satu RS dijawa timur,kebetulan DUS yang sy ambil adalah skizo hebefrenik.terapi yang diberi lodomer inj 3×1,diazepam inj 2×1,stelazine 2×5 mg,sizoril 3x50mg,sikzonoat inj pasien saya dah seminggu n CPZ inj diberi hari ke 2 aja..DRP nya apa y?trs ada beberapa obat yang distop scra tiba2 ex:lodomer,diazepam n stezalin.tlong bantuanx.

  22. Salam kenal dari saya. Saya punya kakak perempuan mengidap penyakit schizophrenia. Sudah 5x masuk RSJ. Terakhir dirawat hampir sebulan, dan di ICT 6x terus diberi obat Stelazine 5 mg dan Trihexyphenidyl 2mg, masing-masing 2 kali sehari. Yang jadi masalah, kemarin obat tidak diminum dengan alasan kantuk dan susah diajak kontrol ke rumah sakit. Pertanyaan saya apa sakitnya tergolong parah, dan bisa disembuhkan? mohon bantuannya

  23. Mba, mau tanya..
    Keponakan saya, kena schizoprenia. udah ke psikiater. diberi obat olandoz olanzapine. bisa tau, harga obat ini per butirnya berapa ya? soalnya kemaren kita pakai askes. sebelumnya sama dokter sempat ditawari obat yg lebih bagus, tapi harganya 50rb/butir. itu nama obatnya kira-kira apa ya? Apakah yg olandoz ini memang jelek? banyak efek samping? apakah berbahaya untuk pasien? Keponakan saya masih kuliah, dan sebetulnya penyakitnya blm parah. masih bisa beraktivitas seperti biasa, cuma sering seperti mudah sedih, sering nangis, dan sekarang suka dengar bisikan2 dan pembicaraan2 yang orang lain gak dengar dan gak masuk akal. tapi sekarang dia tau kalau itu hanya dia sendiri yang dengar dan sebetulnya tidak ada.

  24. mama saya juga sering berhalusinasi,bicara sendiri,heboh bgt deh poko’y…dah dibawa ke psikiater,dpt obat,tapi karena tiap abis minum obat jadi tidur seharian,mama ga mau minum obat itu…susah banget di suruh minum obatnya….malah di lempar tuh obat, n mama malah bilang “kamu mau mama mati?”…da yg punya saran gmn bujuk’y?

    ======================================================

    Coba kalo nanti mood mama sedang bagus, ajak ke dokter spesialis kejiwaan.
    Katakan riwayat penyakit dan sebutkan nama obat yang diminum itu. Mungkinkah dosisnya kurang pas atau perlu mengganti obat atau bahkan dicari yang lebih ringan efeknya.

    Katakan sama Mama, justru karena kami sayang, amat sayang sama mama makanya mama perlu ke dokter agar mama lebih tenang.
    Perlu Ayu ketahui, obat dari dokter tidak boleh dihentikan, harus dengan persetujuan dokter karena kalo berhenti minum obat lama-lama Mama bisa mengalami gejala seperti sebelumnya.

    Konsultasikan dengan dokter yang terpercaya ya. Terimakasih

  25. Halo mba, kakak saya perempuan umurnya 24 tahun sdh dbwake dokter spesialis kejiwaan krna nglakuin prilaku yg ksar trhadap mamah. Prilakunya ini udah 6 bln trkhir. kk sya ini bilang klo dya mndengar suara setan utk myerang mamah. KK sya ga pnya sjrah pnyakit lain tapi dya alergi thdap obat sefalosporin,,
    yg mw sya tnyakan,
    1. Mnurut mba, Obat apa yg mba berikan utk kondisi kk sya itu ?
    2. Dokter mnyuruh kk sya utk dirawat inap di RS, knp hrus drawat inap ? apa yg ingin dlihat oleh dokter saat kk sya dirawat inap ?
    Maap mba bkn mw tw obatnya cuma sbgai prbndingan nanti stelah saya knsul ke dokter, apakah sma atau tdk obatnya .. Trima kasih..

  26. Mbak saya penderita schizoafektif sekarang saya minum obat kapsul campur diminum pagi dan malam (saya tidak tahu rinciannya) dan remital 10 Olanzapine 10 mg diminum malam. yang saya tanyakan adalah dimana saya bisa beli obat remital 10 Olanzapine 10 mg langsung dari produsennya atau distributornya soalnya saya ingin dapat harga yang paling murah, kalo seandainya mbak tahu tolong beritahu saya lewat email di bawah ini.
    Terimakasih.

    ========================================================================

    Mohon maaf saya tidak tahu siapa nama salesnya. Yang saya tahu Remital ( Olanzapine 10mg) diproduksi olehPT Pharos Indonesia.
    Coba mas Ahmad telopn ke Pharos dan tanya langsung kesana. Bilang saja saya ingin bisa membeli langsung melalui rekanan Apoteknya.

    Coba googling aja nomor telpon Pharos atau di telpon disini 7200981 atau 72801866.
    Semoga info ini bermanfaat. Terimakasih

  27. permisi mbak mau nanya… nama saya tia. sbnernya umur saya masih 14 tahun, tetapi saya sering sekali ada ‘suara-suara’ yang tiba-tiba muncul, apalagi sedang capek atau stres ada masalah. saya juga sering merasa dipanggil, tapi sbnrnya ngga ada apa2. lalu sama teman2 dan keluarga saya, saya ini dibilang cuek, nggak sensitif, pokoknya nggak peka. tapi kenapa kalo misalnya udah menyangkut hal pribadi, saya menjadi sangat peduli. saya juga hobi melamun sendiri, duduk di kamar, dan secara nggak sadar. akhirnya saya sering disadarkan teman. saya juga sering bicara ngelantur, terlalu bersemangat (kalo ini mungkin pada dasarnya seperti itu wkwk). sebenernya saya bingung, ngeliat gejala-gejala skizofrenia pas googling itu ada benernya, dan ada nggaknya di saya. apakah saya ini termasuk terkena penyakit skizofrenia ini?sebenernya, kalo soal ‘suara-suara’ sudah ada semenjak saya kecil, apalagi saat tidak enak badan dan sakit. pernah saya sampai mengigau, namun skrg tidak pernah separah itu. jadi apa yang harus saya lakukan? saya belum cerita ke ortu atau siapapun, krn (menurut saya) saya masih kecil dan penyakit ini biasanya menyerang remaja atas hingga dewasa. apakah ini aneh atau saya ada penyakit lain? mohon dijelaskan kegalauan saya…

  28. Halo mba rina,
    apakah seharusnya penderita schizopherenia itu harus tahu kalau dia sakit. Karena ada sodara saya yang diagonis penyakit tersebut, dan saat ini yang bersangkuta tidak mau minum obat karena merasa tidak sakit. dan selama ini ybs memang tidak tahu kalau dia sakit. bagaimana kira2 saranya? apa perlu mengalami rawat inap ?

    tks
    Fina

  29. Saya juga penderita schizofren,yg membedakan saya dg penderita diatas :saya lebih tenang,mgkin diawal awal skt aja sdkt temperamen..makin bergati tahun semakin lebih tidak bermasalah dg berbagai emosi..saya diksh obt sizoril n stelazine..

    =======================================

    Terimakasih untuk sharingnya.
    Semoga kualitas hidup semakin baik, nyaman dan damai.
    God Bless you

  30. saya skizofren. gangguan utama yg ingin saya hilangkan adalah hampir setiap detik di otak saya hanya agama, sosial dan nasionalisme. saya butuh obat untuk menghilangkan pemikiran2 tersebut agar saya bisa hidup normal.

    saya coba bergabung dgn kelompok setanis dan atheis untuk menghilangkan pemikiran2 agama saya namun justru pemikiran2 agama saya semakin kuat. saya pun telah berkali-kali menendang (maaf) al-qur’an dan berdo’a sambil menangis agar Tuhan tidak mengganggu saya.

    saya ingin seperti orang lain yg tak peduli dengan penderitaan orang lain. saya iri melihat orang lain yang berani melakukan kekerasan dan menyakiti orang lain. saya ingin seperti mereka.

    saya mengidap penyakit ini sejak kecil. ada daun di tengah jalan pun ketika itu saya pungut karena takut ada motor yg jatuh gara2 daun ini.

    sekarang saya ingin sembuh dan menjalani hidup tanpa pemikiran2 agama, sosial dan nasionalisme.

    =====================================

    Dear M,

    Terimakasih untuk penjelasan yang ingin disampaikan.
    Mohon dapat diketahui bahwa masih ada orang yang peduli terhadapmu dan kamu tidak sendiri.

    Saya tahu bahwa pemikiran seperti diatas sangat mengganggu kenyamanan, keceriaan, ketentraman hidup. Mungkin juga suar-suara itu dapat mempengaruhi setiap tindakanmu. M, tidak bisa mengobati gejala ini sendir. Sayapun ini kamu sembuh.

    Saran saya berobatlah dan konsultasikan kepada dokter spesialis kejiwaan di Rumah Sakit besar di provinsimu. Jika tinggal di Jakarta bisa berobat ke RSCM. Kalo di provinsi lain, cobalah ke Rumah Sakit yang paling bsar diprovinsimu, pasti ada spesialis kejiwaan.

    Dengan berkonsultasi maka kamu akan mendapat mengetahui gejala apa yang kamu derita, dokter ahli akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan observasi untuk menentukan pengobatan yang tepat untukmu.

    Biasakanlah untuk menulis apa yang ada dipikiranmu dalam buku atau tulisan. Keluarkanlah emosi, ketakuatan yang menghalangi dan mengancam. Tuliskanlah sehingga kami tahu apa yang kamu pikirkan. Menulis juga sangat membantu pemulihan kejiwaan.

    Mengkonsumsi obat dari dokter dan selalu konsultasi secara berkala dapat membuat kualitas hidupmu akan lebih baik. Saya mendukungmu untuk sembuh dan terus berkarya. Terimakasih

    Regards
    Rina Susanti, Apt

  31. Salam kenal,,
    saya punya adik perempuan umur 21 th dari kecil ga mau bersosialisasi dya penderita dislesia, 1th ini dya suka bicara sendiri, jarang keluar rmh, ruka ketawa sendiri, marah2 ga jelas suka mukul dan jambak rambut orng, emosi ga stabil, ga boleh ada yg dtang ke rumah,berprasangka buruk,bengong, ga ada ekspresi mukany, adik saya dibawa ke tempat alternatif katanya ketumpangan tp ga ada hasilny smpe skrng yg mau sy tnya apa adik saya termasuk pendrita schzophrenia? Apa yg hrus sy lakukan?
    tks

  32. Hallo mba,
    Kk sy 41th punya penyakit jiwa, beberapa kali masuk RSJ (5x: RSJ Bogor/ Solo). Dulu diberi obat Haloperidol n Trihexpenidil. Setelah lama ga minum obat mulai bulan kemaren mulai konsult ke dokter SpKJ dan diberi resep minum obat : Neripros 2mg (1.5 x) dan Remital 5mg(1x), kemarin konsult lg dan dianjurkan di rubah dosisnya menjadi Neripros 2mg(2x) dan Remital 5mg(0.5x) sambil di observasi hasilnya . Mohon bantuannya info untuk apotik yg menyediakan obat Remital 5mg dgn harga yg lebih murah, karena sekarang 1 butir kurang lebih 23Rb.
    Terima kasih.

    =============================================

    Remital adalah obat yang mengandung bahan aktif Olanzapine. Dosisnya ada yang 5mg dan 10mg.
    Jika harga Remital masih terlalu mahal coba saja ke Apotek dan cari obat
    1. Onzapin FC 5mg [ Actavis ] – olanzapine
    2. Olandoz 5mg [ Sandoz ] – olanzapine

    Keduanya memiliki fungsi dan khasiat yang sama dengan Remital namun berbeda pabrik pembuat. Setahu saya kedua obat tersebut relatif lebih terjangkau. Pilih salah satunya. Selain itu kalo ingin menebus resep konsultasikanlah dengan Ibu Apoteker di Apotek tersebut dan katakan saya ingin membeli obat yang lebih terjangkau dngan fungsi/ khasiat yang sama. Terimakasih

  33. aku mau tanya kalo sering berkhayal dan sering ngomong sendiri kayak lagi ngobrol gitu apa itu normal ?

    ================================================

    Menurut saya masih wajar saja sepanjang tidak merugikan diri sendiri dan orang lain disekitar.
    Kalo sudah mengganggu kehidupan keseharianmu itu tidak wajar.

    Siapa sih yang kamu aja bicara? apakah ada sosok orang lain atau diri sendiri? apakah dia selalu mengajakmu berbicara? siapa namanya?
    Coba tanyakan kepada orang terdekat apakah mereka mengalami gangguan atau merasa tidak nyaman dengan kondisimu?

    Saran saya cobalah berlatih menulis untuk menceritakan apa yang ada dipikiranmu.
    Just write :D

  34. Mba mau tanya. Adik saya sdh lama sakit gangguan kejiwaan. Thn 2010 pernh dirawat dirsj selama 2 blnan. Skr sdh lebih tenang. Dl kalo kumat suka teriak2, marah2, lempar2 barang2, ga mau tidur, bicara sendiri sampai ketawa2 keras sendiri. Skr dia rutin minum obat dr dokter seroqual xr 500mg, persidal, neripros. Yg mau saya tanyain ada ga obat yg sama dgn seroqual xr tapi harganya lebih murah. Krn seroqual per bijinya 47.500. Mohon infonya. Terima kasih.

  35. Sy mo oder ALPRAZOLAM DEXA1mg,berapa harga per lembarnya.makasih

    ====================================

    Buat siapa?
    Memang siapa yang sedang sakit.
    Obat ini adalah obat keras dan penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter. Jangan sembarangan minum obat ya. harus sesuai gejala dan aturan pakai. Terimakasih.

  36. Permisi Mba Ana, sy penderita skizoafektif. Obat sy amitriptilin 25mg 3×1, haloperidol 5mg 3×1, cpz 100mg 1×1, thp 2mg 3×1 dan satu lagi risperidone 2mg 2×1,tpi risperidone dihilangkan karena tidak ada biatya. Yg ingin sy tanyakan, apakah kombinasi obat tersebut sudah dosis maksimal? Kalo belum, biasanya dosis maksimalnya brp ya?. ini sy tanyakan supaya sy punya masukan saat kontrol lagi nanti ke psikiater apakah dosis obatnya perlu dinaikan ke dosis maksimal. Karena selama berobat ini sy masih punya keluhan. Sekian pertanyaan sy, sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih.

  37. Saya penderita bipolar skizoafektif paranoid sudah 12 tahun, pernah di rawat di rsj 2x 3 minggu, saya di kasih obat seroquel 100mg, sizoril 25mg, remital 10mg, saya ingin berhenti obat2an ini apakah bisa? bagaimana caranya sebab bila saya kurangi pelan2 saya jadi tidak bisa tidur dan makan, cemas, paranoid dan marah. Apakah saya harus minum obat seumur hidup? Trims sebelumnya.

  38. 7 thn y lalu, wktu kls 2 smk (17thn). slma krg lbh 1 bln lebih. sya mndrita schizoafektif dan depresi dgn gejala psikotik.
    sya sgt brsyukur bsa smbuh, dan brsykur msh hidup. krna dlu sya srg mnyakti dr sndri dan mncoba bnuh diri krna brfkir dgn cra itu lah sya bsa kmbli “hidup normal” sya mngalami halusinasi suara n delusi (mrasa d dunia lain).
    dgn mnum obat tratur dr psikiater, jg d urut sma ahli syaraf y brhsil mmbwt sya bsa “ngantuk”. stlah tu sya jd trsugesti bsa smbuh. dan melawan delusi n halusinasi sya. dan akhr x sya smbuh dan tdk trgntg obat lg.
    inti x kta hrz yakin sembuh, dan lbh mndkatkn dri pda y mha kuasa..

  39. hai mba rina,
    Ibu saya jg mengalami halusinasi dan paranoid,sdh hampir 4blm minum obat haloperidol,luften 25mg,obat yg satu lg saya tdk tahu namanya,obat tersebut berwarna kuning,biasanya ibu saya minum 3jenis obat itu tp hari,obatnya skrg sdh habis,nah yg jd masalah psikiater langganan berobat ibu saya sdg sakit,dan tdk buka praktek lg,kalau haloperidol dan luften sdh kami beli diapotik,tp obat yg ketiga krn tdk pakai bungkus kami tdk tau apa namanya,apa ibu rina tahu namanya?(pil bulat kuning) biasanya dosisnya 1x sehari,sama dgn haldol.tolong infonya bu,thx

  40. Ibu saya jg mengalami halusinasi dan paranoid,sdh hampir 4bln minum obat haloperidol,luften 25mg,obat yg satu lg saya tdk tahu namanya,obat tersebut berwarna kuning,biasanya ibu saya minum 3jenis obat itu tp hari,obatnya skrg sdh habis,nah yg jd masalah psikiater langganan berobat ibu saya sdg sakit,dan tdk buka praktek lg,kalau haloperidol dan luften sdh kami beli diapotik,tp obat yg ketiga krn tdk pakai bungkus kami tdk tau apa namanya,apa ibu rina tahu namanya?(pil bulat kuning) biasanya dosisnya 1x sehari,sama dgn haldol.tolong infonya bu,thx

  41. mbak Rina, suami saya menderita skizhoprenia, sekarang sudah masa pengobatan. dan Alhamdulillah sudah mulai membaik. apakah program memiliki anak lagi saat sekarang ini boleh dilakukan mbak? atau apakah akan ada pengaruh obatnya atau penyakitnya kepada calon bayi kami nanti mbak? tolong dijelaskan jawabannya ya mbak, karena anak kami baru 1 dan saya ingin sekali punya anak 1 lagi . terimakasih mbak….Asw

  42. Anak sy dah 4th menderita schizo dan dikasi obat depakote dan seroquel,mau tanya obat yg sama dgn seroquel n lbh murah ada gak? Krn mahal sekali,trmksh infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s