Obat Alergi Dingin

sejak lebih dari 10 th yg lalu saya pilek2an,dulu kt dokter tht saya alergi dingin dan diberi obat….saat mengkonsumsi obat memang pilek berkurang tp setelah obat habis…ya pilek lg….kata seorang dokter yg lain lg alergi itu TIDAK AKAN PERNAH SEMBUH alias kambuh2an…saya putus asa dan menerima pnyakit ini sbg nasib saya hrs pilek setiap pagi….

Tapi setahun belakangan ini bukan hanya pilek yang saya rasakan,selain pilek tiap pagi saya jd batuk2…apalagi klo malam hari yg dingin sekali,batuk2 semalamam sampe sesak napas saya….konsul lg k dokter katanya saya juga kena asma….yang karakternya sama saja dg pilek alergi dingin saya…..dapat kambuh bila pemicunya datang..
haruskah saya menjalani hidup saya dengan batuk dan pilek setiap hari sepanjang hidup saya dok??mohon bantuannya…Terima kasih. Nita.

Saya mengerti apa yang dirasakn mbak Nita, memang tidaklah mudah jika setiap hari harus mengalami batuk pilek. Seperti yang telah dikatakan dokter bahwa Mbak mengalami alergi dingin dan cara yang paling mudah untuk tidak terkena alergi adalah menghindari diri dari pemicu/alergen.

Mari sama-sama kita bahas lebih lanjut mengenai pemicu alergen…

thermohygrometerSaya menyarankan bagi penderita alergi dingin cobalah untuk tidak menggunakan AC dirumah. Biarkan udara di rumah memiliki sirkulasi yang terbuka, artinya matahari bisa langsung masuk kedalam. Mungkin saja sinar matahari masuk namun kelembaban dirumah masih rendah.  Untuk lebih pastinya coba deh beli thermohygrometer. Alat untuk mengecek suhu ruang dan kelembaban. Cek suhu dan kelembaban di rumah dan diluar lalu bandingkan. Bila perlu sedkit renovasi kamar tidur.

Saya pernah menjumpai pasien seperti mbak Nita, jika pergi ke luar rumah (Mall, pantai, Ancol, jalan-jalan) selalu sehat tetapi pas pulang ke rumah, ya sakit kambuhan lagi deh. Itu berarti segeralah kondisikan rumahnya dengan salah satu tempat tersebut. Selain itu jika sudah jam 5 pagi segera menggunakan selimut dan ketika pagi berjemur disinar matahari, bila perlu beli penghangat ruangan. Gambar diambil disini. *saya ga jualan alat-alat*.

Berpikir positif itu adalah harga mati. Bagi penderita alergi jika udah negatif thinking dan ditambah menangis maka sakitnya kan bertambah berat. Semua pasti ada jalan keluarnya.  Selain itu tetaplah untuk berobat dan berkonsultasi ke dokter. Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengurangi derita pilek dan batuk karena alergi. Minum Tremenza juga boleh kok tapi hanya untuk mengurangi loh bukan mengobati sampai ke akarnya.  Untuk terapi pengobatan yang lebih tepat silahkan ke dokter spesialis. Ayo kamu pasti bisa :D

About these ads

27 thoughts on “Obat Alergi Dingin

  1. setuju men…saya juga penderita alergi, tp waktu kerja didaerah yang berhawa dingin, berkabut tiap hr… eee malah setahun gak pernah kambuh…. asal aktifitas fulltime men…

    ==================

    Terimakasih sudah berbagi pengalaman. Tks :D

  2. infonya bagus tuh… makasih dokter,
    lebih semangat nih jadinya, soalnya saya juga punya alergi yang tidak jauh berbeda yaitu alergi pilek.

    ======================================

    sama-sama
    Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

    note: Saya farmasis/ Apoteker bukan dokter :D
    ..

  3. saya baru 1 minggu ni kena elrgi dingin ga tau apa penyebabnya, padahal saya paling suka udara/suhu dingin. awalnya naik motor tiupan angin membuat kulit saya gatal2 pentol2,pertama2 saya pikir kena ulat bulu, pada waktu saya di bandung (chembluit) saya mandi pada gatal semua kulit saya. padahal rencana mau ke daerah kutub :-). mohon penjelasan

    ======================================================

    Saya juga suka cuaca yang sejuk (dibawah 20 Celcius). Asyik tetapi kalo cuaca drop sampai dibawah 10 saya malah kedinginan hehehe. Wajarlah namanya juga hidup dii negara tropis.
    Coba perhatikan, apakah ayah/ ibu punya alergi dingin ketika muda? jika iya berarti kamu mendapat turunan alergi dingin. namun jika tidak let see why?

    Apakah ini baru terjadi beberapa kali? atau setiap kena udara dingin langsung gatl bentol?
    Kalo selalu terjadi berarti kamu harus berobat ke dokter dan mengkonsumsi obat antihistamin. Obat ini dengan resep dokter.
    kalo baru terjadi beberpa kali seperti pengaruh daya tahan tubuhmu yang lagi rendah.

    Jika capke atau dalam keadaan kurang fit sebaiknya jauhi udara dingin dan bawa jaket dan kaos kaki. Terimakasih

  4. kasus yang dialami mbak nita sama dengan saya, dan saran doker juga mbak rina sama juga untuk menghindari pencetus alergi…….tapi bagaimana mungkin?????aktivitas saya menuntut saya tuk slalu berinteraksi dengan penyebab alergi itu sendiri.Saya sampai bosen berobat karena slalu dikasih obat yang sama dan hasilnya tidak tuntas.apa ga ada terapi yang bisa dan mudah dilakukan dirumah????

    ======================================================

    Memangnya Nina alergi apa sih?
    Saran saya berobat ke dokter spesialis kulit dan minta dilakukan alergen test dan terapi pengobatan.
    Bisa dilakukan Immunotherapi, seperti terapi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak terjadi hypersensitivity disorder of the immune system.

    Pengobatannya dengan immune sistem. Silakan konsultasi dengan dokter. Semoga cepat semuh. Terimakasih

  5. saya udah 3 thn lebih elergi debu, bau masakan yg menyengat, dingin seperti ruangan ber-ac, kipas angin dan saat hujan walaupun berada di dlm rumah saya langsung bersin2, pilek, demam dan telah berobat ke tht habis obt elerginya kambuh lg. saran Dr unt menghindari pencetus tp skrg mndekati musim hujan dan sering hujan membuat saya sering demam.. keseringan minum obat sejenis pil kata temen berbahaya apalagi saya mulai sakit kepala berat dan telinga berdengung… minta saran dan penjelasannya, saya takut pilek saya mempengaruhi otak karna saya skrg sering sakit kepala

    ===========================================

    Dear Neni,

    Saya juga selalu menyatakan menghindari pencetus timbulnya alergi itu jauh lebih baik dan juga menigkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh jauh lebih kuat.

    Untuk alergi yang komples seperti ini ( alergi debu, bau menyengat, cuaca dingin seperti AC, kipas angin, hujan ) sebaiknya memang menjadi kebersihan rumah dari debu dan partikel kecil, bila perlu jika musim hujan tiba disalah satu ruangan dipasang penghangat ruangan dan menggunakan jaket.

    Memangnya obat yang diberikan dokter apa sih namanya? menurut saya jika sering kambuh mau tidak mau memang harus mengkonsumsi obat tersebut. Sakit kepala itu juga banyak dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti kecapekan/ banyak aktivitas, banyak pikiran, kurang asupan oksigen, makanan mengandung penyedap rasa, makan tidak teratur, mengkonsumsi obat tertentu, dll. Perhatikan apa yang menyebabkan kamu sakit kepala. apakah hanya obat itu semata atau pengaruh lainnya? kamu sendiri yang tahu jawabannya.

  6. pacar saya juga dapet alergi dingin….truz kemaren dah sempet konsutasi dengan dokter….di suruh renang biar kondisi badan terbiasa dengan suhu dingin,,,,,tapi kasian juga tiap kena udara dingin langsung deh flu….tapi mank untuk obat alergi ga ada ya mba????…..kan biar cpet sembuhnya mba,,,,

    ===========================================================

    Untuk penderita alergi dingin sebaiknya terapi dilakukan bertahap dan jangan sekaligu.

    Jika dokter menyarankan berenang sebaiknya renang dimulai dengan waktu berkala. Misalnya berenang setiap seminggu sekali saja.
    Setelah kuat tambah lagi jadi seminggu dua kali, dst.

    Begitu juga dengan durasinya. Untuk minggu pertama cukup 20 menit saja. Jika sudah terbiasa lanjutkan diminggu berikutnya 30 menit, dst.

    Jika takut dingin, coba berenang disore hari saja. dan jangan tunggu kedinginan baru berhenti berenang. Kita sendiri yang tahu seberapa kuat diri sendiri. Berhenti sebelum kecapekan dan kedinginan. Atau rehat dulu baru lanjutkan.

    Semoga terapi berenangnya sukses. Terimakasih

  7. 1. Mandi dengan air hangat.
    2. Pakai pakaian tebal sebagai penghangat.
    3. Jaga kondisi agar tetap fit, jika lemah maka akan cepat kambuh.
    4. Istirahat yang cukup.
    5. Hindari ruang tidak yang ber AC.

    Jika diserta gatal-gatal :
    6. Gunakan bedak dingin.
    7. Lotion antihistamin/calamine.
    8. jika akut, obat golongan steroid

    Smoga bermanfaat.

    Sukarmin

    ===============================

    Terimakasih untuk informasinya yang bermanfaat :D

  8. Mbak ini aku sella..
    apa obatnya kalau alergi dingin,,setiap selesai mandi pasti badan aku keluar bentol2 terus badan aku gatal2 semua…

    Thanks sebelum nya mbk…

    ===========================================

    Saran saya sebaiknya Sella berobat ke dokter. Nanti bisa diberikan obat antihistamin untuk mencegah alerginya.
    Selain itu kalo sudah tahu alergi dingin sebiknya selalu mandi dengan air hangat. Bisa juga mandi 2-3 jam lebih cepat. Kalo bisanya sore hari mandi jam 5 atau jam 6. Cobalah sekarang mandi jam 3 sore. Airnya pasti lebih hangat. Kalo pagi hari selalu mandi dengan air hangat. Mandi juga jangan lama-lama cukup 3-5 menit saja asalkan keringatnya hilang.

    Semoga bisa membantu. Terimakasih

  9. Kmrn q rncn operasi ambil tumor tp ggl krn pilek. Q tiap bgn pgi n jk kn hw dingin dr ac n kipas angin q mst pilek. Tlg ksh saran biar pilek ini ilang trs q bs operasi cos tau dw ruangan operasikn dingin bgt pdhl syrt bs operasi g blh pilek. Tuk bntuanx trims y mbak..

    ========================================

    Memang betul, kao mau operasikan akan mendapat anastesi sehingga sistem pernafasan perlu dimonitor. Kalo pilek terjadi pasti akan mempengaruhi operasi. Saran saya minta obat sama dokter untuk meredakan flunya. Pseudoefedrin atau tripolidine bisa saja digunakan untuk engurnagi pilek. konsultasikan dengan dokter ya. Semoga operasinya berjalan sukses. Terimakasih

  10. berenang dipantai atau ditempat yang kena sinar mata hari ,

    =====================================

    Kalo alergi kena sinar matahari sebaiknya selalu bawa payung dan jaket untuk mengurangi alergi.
    Meminimalisasi terpapar matahari langsung.

    Berenang di kolam renang saja, lebih bersih dan nyaman. Terimakasih

  11. Saya juga mengalami alergi seperti mb nita ….
    Kalau saya malah tinggal di pegunung jadi gak bisa menghindar dari udara dingin
    tapi menurut dokter suplemen/vitamin apa ya yg bisa menaikkan daya tahan tubuh agar tetap stabil jadi gak terasa dingin ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s