Mengobati Kutil dan Mata Ikan

Kutil dan mata ikan sering menyerang pada kaki, tangan dan jemari. Beberapa orang menyebutnya caplak.  Penyakit ini terdengar kampungan dan kurang elit, karena itu  seseorang yang terkena mata ikan dan atau kutil biasanya malu dan hanya didiamkan saja. Padaha jika hanya didiamkan nantinya akan membesar dan rasa percaya diri akan berkurang. Jika ada mata ikan ditelapak tangan rasanya sungkan untuk  salaman karena ada menonjol ditangan, atau sakit untuk berjalan karena caplaknya ada ditelapak kaki. *curhat seseorang hehehe*.

Kenapa ini terjadi? Bagaimana menghilangkannya?
Penyakit ini ternyata disebabkan oleh  human papillomavirus (HPV). Virus HPV ini ada beberapa macam ada yang menyerang kaki (HPV-1) dan tangan (HPV-2), khusus untuk HPV jenis lain seperti yang menyerang servik, dan alat kelamin (genital) tidak saya bahas kerena  agak  serem topiknya.

Mengobati kutil dan mata ikan biasanya dengan obat Collomack®, kandungannya asam salisilat 40%. Asam salisilat berfungsi mengikis lapisan epidermis  sehingga lapisan kulit menjadi tipis, sampai akar mata ikan sehingga hilang. Namun sejak Collomack tidak diproduksi lagi penderita kutil/ mata ikan kesulitan mengobatinya. Sekarang juga ada yang membuat formula seperti Collomack, namanya Callusol® (kandungannya hampir sama dengan Collomack). *bukan promosi obat kutil dan mata ikan*. Harganya tidak mahal.

Saya punya mata ikan dikaki tapi ukuranya udah gede, apakah mempan pake obat diatas?

Plantar wartsSebaiknya mata ikan dan kutil tidak dibiarkan, jika mata ikannya masih kecil bisa diobati dengan asam salisilat 40% namun jika mata ikan sudah sebesar koin sebaiknya segeralah kedokter, minta dilakukan minor surgery (operasi kecil) tidak perlu takut kok hanya dibius lokal sedikit, lapisan tebal tersebut akan diangkat dan setelah dikasih obat akan diperban agar lukanya kering dan sembuh. Bisa lompat-lompat lagi hehehe. Kalo mau tahu lebih detail mengenai mata ikan (Plantar Wart) kesini aja deh.

Tips 1: Jika ingin menggunakan obat ini sebaiknya rendam dulu kaki atau tangan atau jemari selama 15-30 menit agar lapisannya tidak keras lalu sikat dengan lembut bagian yang terkena caplak, setelah itu oles dengan obat asam salisilat 40%. Beberapa merek selain obat diatas memberikan ring bentuk bulat agar obatnya tidak melebar.

Tips 2:Rajin pake lotion biar tetap moist dan buat pria tidak ada salahnya menggunakan lotion untuk menjaga kaki tetap sehat,  tidak kering dan pecah-pecah.

Rawat kaki indahmu :D

About these ads

186 thoughts on “Mengobati Kutil dan Mata Ikan

  1. Pingback: Mengobati Kutil dan Mata Ikan

    • saya minta refrensinya( buku ) tentang clavus di sebabkan oleh HPV 1 kaki N HPV 2 di tangan….

      ===============================

      Saya tidak punya yang Nidea maksud.
      Silakan cari di Wikipedia untuk HPV1 dan HPV2.
      Terimakasih

  2. kalo dulu sih saya pernah, tapi entah itu mata ikan atau bukan, karena masih kecil jadi cuma saya olesi lotion saja… walhasil… hilang. :)

    sebenarnya bahaya dari HPV ini apa sih? teman saya dulu pernah dioperasi pake disetrum2 kutilnya sampe gosong2 gitu di jarinya, bahaya gak sih? efeknya apa?

  3. Kalau andeng-andeng ( tahi lalat ) termasuk yang mana ya, saya dulu banyak sekali di badan tapi sudah diambilin semua 4 tahun lalu, hanya ada satu yang sekarang kelihatannya numbuh lagi, pakai colomack bisa nggak ya?

  4. @ Sekartaji
    Ya benar, tapi collomack sekarang tidak diproduksi lagi :(
    kalo tumbuh lagi kutilnya hal itu karena ketika menggunakan obatnya pengobatan tidak sampai tuntas, masih ada akar yang menempel…

    Tidak perlu operasi, cukup pegobatan tadi diulang lagi. sebaiknya ketika mengobati kutil harus sampai lapisan yang agak dalam tidak ada lagi akar yang tertinggal.

    @ toto
    Tahi lalat tidak bisa dihilangkan dengan asam salisilat 40% (nama meredk dagang tidak disebut). Sebaiknya dihilangkan dengan dengan laser CO2.

    Setahu saya, klinik kecantikan memberikan fasilitas after sales deh, ketika sudah dilakukan prosedur laser dan jika masih ada yang tumbuh lagi masih bisa dilakukan tindakan laser kedua gratis :D

    baca aja deh tulisan saya: menghilangkan tahi lalat :D
    kalo ternyata musti bayar lagi, wah sebaiknya ga sah… toh cuma satu *kenang-kenangan*

    @ Maz_Voe
    terimakasih,
    masa sih, tumbuh dibagian mana? kaki tau tangan… harus buruan diobatiin ya biar ga tambah membesar tuh :D

  5. @ Accanoke
    terimakasih, salam kenal Juga…
    maen kesini lagi ya :D
    *gratis obat kutil*

    *timpuk*

    @ Afwan Auliyar
    kok seram ya membayangkannya…
    tapi efektif dan efisien trus juga murah. sedikit menderita :(

    @ Wahyu Kresna
    pake lotion apa? kayanya bukan mata ikan, mungkin kapalan hehehe.

    Penyakit karena virus HPV ini sangat bahaya, sebaiknya periksakan oragan tubuh terutama organ reproduksimu agar selalu sehat :D

    Masa sih disetrum? sepertinya itu pake tindakan Laser, prosedur ini dengan membuang jaringan tubuh yang tidak perlu… rasanya cuma perih aja kok. Kalo ditangani oleh dokter dan tenaga ahli yang berpengalaman tentu resiko bahaya akan berkurang.

    efek laser tersebut? wah itu jelas agar kutilnya hilang, paling bagian tubuh jadi lebih sensitif aja.

  6. jaman saya kecil saya pake obat yang super duper sakit, pertama kutilnya saya potong sampe berdarah-darah, abis itu saya tempel make ramuan yang terbuat dari kapur campur sabun colek. panasnya ndak nahan, ilang kutilnya tapi bekasnya sampe sekarang masih item, bener-bener membakar :lol:

  7. waahh cocok, saya dulu juga pernah kena mata ikan ditelapak tangan sebelah dalam. kebayang dong kalo salaman ma org. untungnya dulu masi aha colomak, saya pakein, saking rajinnya pengen ngilangin. tiap hari saya oles terus. ampe keliatan daging yg merah. akhirnya bintik hitam akar yg cuma setitik. saya cabut. syukurlah hilang sudah. ehh sekarang numbuh lagi. tp numbuhnya ditempat yg gak strategis, trus colomak udah gak ada huks. br beli calusol nih.. mo tes yah

  8. Mau tanya dong, kayaknya ada kutil yang tmbuh di jari2 tangan suamiku..kenapa sih kutil bisa tumbuh, karena kulit luka trus virusnya masuk, atau jenis kulit yang berbeda/sensitif…soalnya ga semua orang pernah kena…

    Dulu karena ada 2-3 yang tumbuh di jari (kecil2) & nggak tau kalo ada calusol, saya bawa suami ke dokter, dan kutilnya diangkat oleh dokter, trus kenapa setelah kurang lebih 5-6 bulan kutilnya tmbh lagi di jari2nya walaupun di lokasi berbeda dengan yang awal?Apa yang harus dilakukan biar kutil tidak tmbh lagi?

    Makasih..

  9. Sedikit koreksi. Kutil yang anda maksud disebabkan oleh HPV adalah Verruca Vulgaris, sedangkan Plantar wart adalah clavus. Clavus disebabkan oleh tekanan berlebihan pada daerah kaki. Keduanya adalah penyakit yang berbeda. Verruca cenderung menular sedangkan clavus tidak.

  10. saya punya seorang ade’ laki2
    ade’ laki2 saya punya kutil di lengan bagian siku-nya
    ade’ saya orangnya cool dan sangat menjaga penampilan
    ade’ saya malu dengan kutilnya yang lumayan gede

    maka..
    setiap hari dia tempeli kutil tadi dengan “hansaplast” untuk menutupi agar tidak ada teman yang sampai tau

    akhirnya..
    Seingat dia, belum ada 2 bulan sejak aktifitasnya itu (menempeli dg hansaplast)
    pada suatu hari tiba2 kutil itu lepas dari kulit saat dia membuka hansaplat-nya

    masuk akal juga,
    logikanya.. kutil itu lama2 jadi lembab, pucat, putih, dan rapuh
    akarnya membusuk
    dan.. copot deh ..

    yakin deh,, anda bisa mencobanya

    (ps. sbenerya saya juga bingung, itu kutil apa caplak ^^ )

  11. pak saya sudah melakukan operasi hingga tiga kali tapi kenapa ya selalu tumbuh lagi>???apa kutilku ini uda terlalu gede???

    • @ Vicki
      Bukan besar kecilnya kutil tapi seberapa dalam akar kutinyal. Jika beberpa kali belum hilang juga, artinya akar kutilnya sudah menjalar agak dalam.

      Cobalah operasi dilakukan sekali lagi, katakan riwayat yang terjadi sebelumnya dan mohon semua jaringan sampai keakar-akarnya diambil semua.

      Salam

      Mbak Rina Susanti

      • Ibu Rina,
        Saya punya mata ikan pas ditelapak kaki sebelah kanan utk menginjak& berjalan.
        sudah dioperasi krn ada mata ikan 3, di RS. Silloam sengaja saya cari RS yg bagus& ternama agar tidak tumbuh lagi dengan Dr. Bedah Dr. Rudi. bln september saya operasi, 2 bulan terasa sakit yg luar biasa..diperban kaki. sudah sembuh eh..ternyata bln nov ada tumbuh lagi mata ikan ditempat jahitan tempat telapak kaki wkt dioperasi. complain ke dokternya,malah bingung? dan tidak memberi solusi, hanya blg harus operasi lagi.

        sekarang apa yg hrs sy lakukan, klo saya hrs dioperasi lagi,waduh…skt nya msh trauma, sakit wkt disuntik ditelapak kaki,wah..luar biasa..sktnya.

        obat sudah saya coba callusol, obat plester dari cina, salep dari dokter kulit utk mengikis kapalan.
        tapi sampai saat ini mata ikan masih ada& tidak mau hilang.

        Gimana dong mbak..cara yg cepat&sembuhkan mata ikan ini spy jgn dioperasi lg, bisakah pakai cara lain, dimana tempat yg bagus utk mengatasi ini, mohon info krn aktifitas saya travelinh dan cepat ber-aktifitas kembali.

        terima kasih sebelumnnya.
        wassalam Yanthi. (berapa no hp mbak Rina
        wassalam Yanthi.

        ==========================================

        Dear Yanthi,

        Sebelum menjawab, ada baiknya silakan Yanthi membaca postingan saya ini:

        http://tukangobatbersahaja.com/2010/09/17/berperang-melawan-mata-ikan/

        Kita memang tidak boleh menyerah melawan mata ikan meskipun kalo bisa tidak melakukan minor surgery lagi Pastinya agak sakit tetapi sekarang yang dilawan bukan mata ikan besar tetapi lebih kecil-kecil. Lakukan saja apa yang saya tulis.

        Terimakasih juga sudah mau dioperasi dan diangkat mata ikannya. Memang ini bukan salah siapa-siapa kenapa tumbuh lagi. Yanthi juga harus tahu kalo akar mata ikan itu sangat kecil namun sangat dalam. Mungkin waktu operasi masih ada tertinggal akar mata ikannya. Menurut saya, dokterpun tidak akan bisa melihatnya. makanya tumbuh lagi.

        TIdak perlu khawatir, kamu tidak harus melakukan operasi lagi asalakan mau mengikuti pengobatan dengan baik. Jika bekas operasi sudah sebmbuh dan sudah tidak sakit lagi, rendam dahulu kami dengan air hangat selama beberpa menit kemudian dioleskan dengan Asam salilisat. Lakukan sampai 1-2 bulan secara rutin.

        Ingat, tidak boleh di gunting, ditarik, dicabut, kelopekin *halah bahasanya*. Jika ada kulit mati yang terangkat, bersihkan dengan air hangat dan gosok perlahan. Tetaplah berjuang melawan mata ikan. Terimakasih

  12. Kalo ada yang butuh asam salisilat ( SALICYL ACID ) di magelang masih ada, di apotik sumbing pecinan magelang. Murah kok cuma 1300 perak kalo belum naik, iya ni obat buatan P.T. USFI Surabaya

  13. mas kalau plantar wart dengan veruka plantaris itu beda ya?
    saya menderita mata ikan di telapak kaki sebelah kanan, sempat dibedah minor di rscm lalu dikasi albothyl, tapi kayanya belum sembuh2…sebenarnya si dokter bilang kalau belum sembuh ya dibedah lagi…tapi saya coba dulu pakai asam salisilat (Callusol) siapa tahu sembuh….saya takut jika harus berhadapan lagi dgn jarum bius…

    salam kenal

    http://sectiocadaveris.wordpress.com

    • rodrymikhael:

      Saran saya sama dengan dokter mas Rodry.
      asam salisiat sangat baik untuk mengikis dengan cepat permukaan untuk mata ikan yang berdiameter kecil dan berakar pendek.

      Jika dalam waktu satu bulan penggunaan asam salisilat tidak membuahkan hasil berarti plantar wart berakar panjang sebaiknya prosedur bedah minor dilakukan kembali.

      Salam kenal juga :D
      Rina

      • Makasih mbak…
        verucca plantar saya sudah sembuh sekarang, cuma satu minggu setelah diolesi callusol pertama kali kulit terluarnya langsung mengelupas…ini lebih baik ketimbang dibedahminor dan dibius hehehe
        sekali lagi terimakasih

        Aug 20, 2009 @ 20:13
        Sama-sama mas.
        Terimakasih juga sudah mau berbagi pengalaman.

        Salam
        Rina Susanti

      • klo boleh tahu alamtanya ini dimna ibuukk?? soale q mo konsul juga + sekalian beli obatnya..

  14. Callusol..? masih di jual di apotik??? ato dimana belinya? ayahku kena mata ikan nih.kesian klo liat dia jalan kesakitan. hiks…

  15. Saya mau nanya, karena saya masih blm bisa membedakan kutil dan mata ikan. Di kaki kiri saya ada spot yg saya sinyalir sbg entah kutil atau mata ikan. Awalnya seperti tonjolan kecil biasa bening tapi lama2 permukaannya mengeras dan nyeri kalau terkena tekanan.

    Apakah benar itu kutil?

    Thanks buat jawabannya

  16. @ primajasa
    Cara mudah membedakan kalo kutil tumbuhnya keluar, sementara mata ikan lebih kedalam.
    Yang dialami kamu mata ikan. Dengan tekanan yg berlebih akan sakit. Sebaiknya diobati sebelum mata ikannya membesar.

    • mbak saya punya kutil d kening saya ,,sya dh beli callusol py saya sanksi krn d situ d jelaskan tdk boleh d oleskn ke tahi lalat,& tdk boleh d oleskan d kutil yg brada d wjah…..jd saya tkot :
      1.saya bingung yg saya alami ini kutil atw tahi lalat krn ada teman saya yg bilang klw ini tahi lalat & ada yg bilang klw ini kutil,smpai ke 2 org tua saya ajj bilang.a berbeda-beda…..jd saya bingung…saya mw brtanya seandai.a klw yg sya alami ini tahi lalat,lalu saya oleskan ke obat callusol,apakh yg trjadi terhdp tahi lalat saya ?
      2.d stu d jelaskn klw tdk boleh d pakai jika kutil.a berada d wajah….kutil saya ini berada d kening atw jidat….apakah saya tetap bisa memakai.a?
      tolong d jwb ini penting mbak……..

      ==========================================

      Dear Arya Tatsuya,

      Saya berharap besok dapat berobat ke dokter kulit dan tanyakan yang pasti apakah ini tahi lalat atau kutil. Jangan mengandalakan “kata orang” dan “kata dia”. Dokter lebih paham tentang hal ini. Dokter jugalah yag akan memeberikan obatnya. Bisa saja Calusol atau yang lain. Biarkan dokter menolong untuk kesembuhanmu> Terimakasih

  17. untuk plantar wart itu jika di obatin dengan asam salisilat tanda tanda sembuhnya bagaimana?
    trus kalo kulit kerasnya sudah mengelupas kan kelihatan daging merahnya apakah pemakaian asam salisilat ini tetap dilanjutkan ke daging merah tadi?
    permukaan daging yang kulit kerasnya sudah hilang kan basah dan berair apakah boleh diobati dengan betadine?
    Plantar wart itu virus apa bukan ya?
    plantar wart itu sama dengan mata ikan bukan ya?
    terima kasih dan salam kenal.

  18. Apa bedanya kutil dan veruca?bagaimana cara penularannya k org lain?apakah dgn menggesekkan k kaki org tsbt akn tertular?apakah klo sudah d operasi ada jaminan veruca or kutil itu tidak tumbuh lagi?thanks b4

    • Dear Ovie,

      kutil nama lainnya Verruca vulgaris.
      menurut mas Docran: “Kutil yang anda maksud disebabkan oleh HPV adalah Verruca Vulgaris, sedangkan Plantar wart adalah clavus. Clavus disebabkan oleh tekanan berlebihan pada daerah kaki. Keduanya adalah penyakit yang berbeda. Verruca cenderung menular sedangkan clavus tidak”.

      Hal ini disebabkan oleh virus.
      Penyebab terjadinya kutil bisa melalui banyak hal, ini bukan penyakit menular… tergantung daya tahan tubuh, dll

      Mengenai jaminan operasi, saya hanya menyarankan lakuakan minor operasi sedini mungkin sehingga akarnya tidak terlalu dalam. Beberapa pasien yang tidak kunjung sembuh meski sudah beberapa kali minor operasi karena jaringan kutil sudah besar.
      semoga menjawab. terimakasih

      • mbak…
        saya punya kutil d kening/jidat….
        saya sudah beli callusol,d callusol d jelaskn klw tdk bleh d pake utk tahi lalat &* tdk bleh d pake klw tahi lalatnya brada d wajh,sdangkn kutil saya brada d wajah/kening…….

        1.apakah yg terjadi bila callusol d pake buat tahi lalat ?
        2.apakah yg terjadi bila saya mengoleskn callusol d wajah/kening saya…..

        krn tman saya ada yg blang klw kutil saya ini adlh tahi lalat,ada juga yg blang klw kutil saya ini emang kutil,smpai ke 2 org tua saya ajj bilang nya berbeda…..

        ==============================================================

        1.apakah yg terjadi bila callusol d pake buat tahi lalat ?
        Tentu saja tidak boleh digunakan karena Calusol hanya untuk kutil dan mata ikan. Untuk menghilangkan tahi lalat sebaikanya denga terapi Laser.

        2.apakah yg terjadi bila saya mengoleskn callusol d wajah/kening saya…..

        Pastinya ada resiko, baik iritasi wajah dan bisa meninggalkan bekas luka. Lagipula kulit wajah itu paling sensitif sehingga tidak boleh sembarangan menggunakan sebuah produk.

        Saran saya sebaiknya Arya ke dokter kulit untuk penanganan yang lebih tepat. Terimakasih

  19. di jari bagian dalam tangan kiri saya ada 10 benjolan yg masing diameternya ada yang 2 sampai 3 milimeter. sedangkan di kanan ada 2 yg diameternya 2 milimeter. gimana ni pendapatnya? apa yg harus saya lakukan? operasi atau pakai callusol? saya syok berat ini. mohon masukannya.

    ===================

    Dear Lubyz,

    tidak perlu shock berat hehehe,
    Sebaiknya coba dulu pake Callusol… kalo tidak sembuh baru ke dokter. oke.
    Ngobatinnya tanggan yang tangan kiri dulu. kAlo sudah sembuh baru tangan kanan.
    rendam dulu tangannya sebelum dioleskan Callusol. terimakasih.

  20. saya mempunya kutil di tangan udah saya silet eh numbug lagi, oya apakah benar dengan menggunakan cuka bisa menghilangkan kutil..:-)

    ===================================

    Dear Andi,

    Tentu saja kutil tidak akan hilang dengan disilet karena masih ada akar didalamnya.
    Kalo dengan cuka kulit jadi tipis tapi tidak akan bisa menghilangkan sampai ke akarnya.

    cara menghilangkan kutil/mata ikan dengan benar adalah dengan asam salisilat. Asam salisilat akan membuat kulit mengelupas perlahan-lahan selama beberapa minggu. Mengikis tipis sampai ke akar yabg dalam… agak perih sedikit sih tapi ga apa-apa kok.
    Beli aja diapotek atau toko obat berdekat :D

  21. pakai callusol biasanya berapa lama sih sampai mata ikannya ilang??
    terus kalo makenya ampe kena kulit yg ga da mata ikannya bahaya ga sih??
    thx :)

  22. q dah pake collusol tp kok g ilang-ilang y?????????
    pa q caranya salah????????
    q dah baca petunjuknya tp tetep aja g bisa ilang
    tolong dong gmn cara yang baik dan benar pake ni obat
    plissss…….. (ToT)

  23. mata ikan yang sy rasakan sudah hampir setahun ini, tapi baru 2 bulan kebelakang ini baru diobatin dengan menggunakan salah satu obat mata ikan. selam 2 bulan itu, kulit kaki disekitar mata ikan sudah terkelupas berkali2, tapi pusat mata ikannya belum terkeluas sama sekali, sehingga ketebalan antara pusat mata ikan dengan kulit yang sehat sekitar 4 mm. kalo berjalan sakit sekali,jadi saya harus jinjit bila berjalan hal hasil kaki saya pegal2.
    =======================================
    apa mata ikan saya sudah melebar ?
    Ya, mata ikannya berakar cukup dalam. Memang penyembuhan mata ikan dengan penipisan kulit berlangsung selama 2-3 bulan. Harus sampai tuntas. Jika akarnya masih ada meski kasat mata terrlihat sudah hilang coba lanjutkan beberapa hari sampai bener-benar hilang.
    Sebelum dioles, sebaiknya kaki direndam 20-30 menit.

    penyembuhan yang baiknya bagaimana?

    Ada dua cara:
    1. Dengan cara yang sudah dilakukan seperti diatas. Waktunya penyembuhan lebih lama. Kalo berjalan tersa sakit, coba pake pelindung telapak kaki. Bentuknya lonjong dan tipis, bening seperti silicone.
    2. Operasi minor/ operasi kecil.
    Ga perlu takut sih, bius lokal, mudah dan tidak terlalu mahal (sekitar 500 ribu). Hari ini dioperasi untuk mengangkat mata ikan, lalu diperban dan langsung pulang.

    Silahkan memilih mana yang terbaik :D

  24. klo kena sekitar hidung gmn? bisa diberikan callusol jg?
    area muka?

    ==================

    Sebaiknya tidak.
    Asam salisilat berfungsi mengikis lapisan kulit dan bisa membuat wajahmu iritasi dan kemerahan.
    Pake cara yang lain. Kalo kutil/ mata ikan didaerah mata dan hidung sebaiknya dilaser saja. terimakasih.

  25. @dewi
    saran saya klo udah d daerah wajah lebih baik jngan menggunakan asam salisilat..
    karena indikasi asam salisilat jika terkena kulit adalah pengikisan kulit (hingga lapisan epidermis, spt yg telah di sebutkan), terlebih lagi asam salisilat yang memiliki titik didih yang cukup rendah, dan jika uap dari asam salisilat terkena mata, maka mata akan langsung ter’iritasi, maka akan cukup repot lagi (penyakit jadi bertambah juga toh)..
    maaf jika saya sedikit sok tahu yah.. hehehehe…

    ==================

    terimaksih atas masukkan.
    Berarti sudah paham dan mengerti hehehe

  26. saya punya mata ikan di tumit, saya udah 2 kali melakukan operasi buat ngilangin mata ikan itu, tapi tetep mata ikan itu tumbuh lagi di tempat yang sama, malah sekarang tambah banyak tumbuh di telapak tangan, jempol, jari tangan….
    pake obat callusol juga tetep gak sembuh.sembuh…
    dokter nyaranin buat melakukan operasi lagi, tapi saya gak mau soalnya saya khan udah 2 kali dioperasi jadi takut tumbuh lagi mata ikannya..
    jadi apa yang harus saya lakukan????
    bantu saya buat gmana cara nyembuhinnya…

    thankz before..

  27. saya sudah pake hampir sebulan obat callusolx, tapi belum hilang juga, hanya kulit yg disamping mata ikanx aja yang terus terkelupas. sementara mata ikan nga ilang2 kenapa bisa begitu ya..? mohon penjelasan nya donk?…..

    =============================
    Sebaiknya sebelum dioles dengan obatnya. Tangan direndam 30 menit sampai kulitnya melunak lalu dioles dengan Callusol. Diamkan beberapa saat samapi warnanya putih.

    Jika hanya pinggirnya yang sudah terkelupas, coba gunting tipis-tipis ditempat mata ikannya.

  28. saya terkena mata ikan dan sudah memakai callusol, sudah 3 hari koq belum sembuh2 ya? dan kulit kaki saya manjadi lingkaran agak coklat tua? apa itu tanda2 sudah mau sembuh? thx info nya…

  29. saya nyesel krn dari awal kena sakit ini ga terlalu saya pedulikan (sudah sekitar 8bulan). mpe akhirnya tahu kl namanya mata ikan. skr sudah sebesar koin 25rupiah d telapak kaki kiri dan nambah 1 lg d samping ibu jari kaki. saya mau tanya, yg sebesar koin 25 itu lebih baik operasi atau pakai kolusol saja ya?..
    terimakasih..

    ====================================
    Dear erMa,

    Kalo sebesar koin 25 lebih baik dioperasi saja karena butuh waktu yang relatif lama menggunakan asam salisilat untuk menipiskan kulit.
    Lagipula operasi minor ini butuh waktu yang singkat dan bisa langsung pulang.
    terimakasih.

  30. saya masih punya collomack cuman pastinya udah kadaluwarsa. kira-kira bisa ngga dibikin lagi dengan menggunakan komposisi kimia yang tertera di-label-nya seperti aceton, dll….tentunya dengan bantuan apotik untuk meraciknya, maklum saya cocok banget dengan collomack. thx.

  31. boleh konsul??
    sudah 5 bulan ini kaki saya terasa gatal-gatal, terutama di bagian jempol belakang sebelah kanan, saya ngga tau penyebabnya, jadi saya garuk saja, ternyata timbul benjolan2 kecil yang bikin gatal juga, benjolan itu seperti berisi air (mgkn nanah), untuk menghilangkannya saya suka memencet. Tapi bbrp hari lagi benjolan itu akan timbul lagi. Kira2 ini penyakit apa ya? kira2 juga, obatnya apa? trims :)

  32. apakah KUTIL yang sudah banyak tumbuh di sekitar kaki dan tangan kita,. masih dapat terobati dengan obat “CALLUSOL”…
    Mohon jawaban nya cepat.. kami butuh… pliest….

    semoga bisa,. demi masa depan & harga diri.

    ========

    Dear Ihwan,

    Untuk mata ikan yang berukuran kecil dan berakar tidak terlalu dalam maka Callusol adalah pilihan terbaik.
    Namun jika ukurannya sudah membesar sebaiknya segera lakukan operasi minor untuk membuang dan mengangkat mata ikan.

    Saran saya jika mata ikan berada ditelapak kaki saya lebih merekomendasikan operasi minor karena mata ikan bsa dihilangkan dan cuma butuh lebih kurang 30 menit untuk operasi dan bisa langsung pulang beraktifas kembali dalam 3 hari kedepan.
    Sementara dengan asam salisilat butuh waktu dan akan menyulitkan saat berjalan. Terimakasih.

  33. ass….
    sudah 2 minggu kaki saya kena mata ikan. hari ke 2 saya langsung pk callusol n skrn dah hampir 2 minggu pk callusol tp ko ga sembuh2??? malah makin melebar ky nanah n keriput sih krn sebelum saya di olesi callusol kaki saya rendam dulu dgn air hangat. apa itu tanda’y mau sembuh??? cara yg efektif memakai callusol berapa kali dlm sehari??? knp kulit yg ga luka kena callusol jd memutih??? itu bahaya ga???
    makasih ya,,,
    saya butuh jawabannya krn saya cemas n takut

    ====================================

    Dear Englin yang sedang cemas,

    Menurut saya kamu ga usah takut dan panik.
    Biasanya untuk memastikan pengobatan mata ikan dengan dioles asam salisilat (Callusol) membutuhkan waktu lebih dari sebulan).

    Sudah benar apa yang kamu lakukan, sebelum dioles maka sebaikanya tangan/kaki direndam 10 menit dahulu kemudian diolesin. Warnanya akan berubah menjadi putih dan mengeras. Memang benar kulit disekitar mata ikan akan juga terkelupas dan terlihat rusak itu akibat asam salisilat, warnanya memang jadi sedikit memutih. Ga bahaya kok.

    Pastikan akar mata ikan dioles dengan baik dan jangan sampai masih ada dot/ titik yang masih ada dipermukaan telapak kaki. itu tandanya belum sampai diakar. Lanjutkan samapai 2-3 minggu kedepan, oleskan tiga kali sehari. Ingat jangan terlalu melebar cukup ditempat mata ikannya saja. terimakasih.

  34. daging tummbuh kecil-kecil sama gak denga kutil cara ngilangin gmn?????

    ========================================

    Kayanya beda dech.
    Daging kecil berwarna coklat sampai kehitaman sering hinggap disekitar mata. Awalnya seperti kutil lama-lama bisa membesar.
    Kalo hal itu yang dimaksud maka cara terbaik dengan dilakukan terapi laser. Cara ini cukup efektif.

    silahkan ke klinik kecantikan seperti Natasha atau ErHa klinik untuk solusi terbaik. terimakasih.

  35. Ak mau nanya.klo udh pke colusol.d diemin dlu atw bole lgsg brjalan..?
    lgsg merasap ap gag siih?

    ===========================

    Sebaiknya sebelum dioles direndam dengan air selama 5-10 menit lalu oleskan didiamkan dahulu sampai callusol meresap dan warnanya putih dan agak mengeras.
    tunggu aja 10 menit setelah itu siap beraktivitas kembali.

  36. di kulit wajah saya ada semacam bintil (hitam2) dan macam kutil, mngkn karena ultraviolet, apkh masih bisa d obatin dengan callusol? tks

    =============================

    Dear Andy,

    menurut saya itu bukan kutil, melainkan black spot.
    Untuk menghilangkannya James harus ke klinik kecantikan seperti di Natasha atau di Erha klinik.

    Ada beberapa cara menghilangkannya, tentunya dengan peralatan klinik. Saya sangat tidak menyarankan menggunakan Callusol didaerah wajah.
    cukup berbahaya dan proses pengelupasannya sangat radikal. ke klinik aja biar lebih aman. terimakasih.

  37. aku punya pengalaman dgn mata ikan. wkt itu aku msh SMU, saking sakit bgt dan nyut2 terus. aku obatin sendiri tanpa beritahu sapa2 dirumah. aku ambil pisau dapur punya mami, gunting kuku, lilin, korek api, kapas, alkohol, betadin. coba bayangkan pertama aku bakar dulu semua peralatan biar steril terus aku gunting, korek pelan2 kulit telapak kaki dan sambil aku bakar kakiku yg terkena mata ikan itu. akhirnya sampe ke akar2nya dalammmm bgt…… lobangnya dan akarnya panjang bgt mirip bentuk kerucut. pertama2 sakit sich lama2 krn pengen cepet sembuh ga ingat sakit lg. begitu akar kecabut,langsung sembuh total kakiku. hehehe………. ampe skrg ga ada bekas apapun dikakiku dan ga pernah muncul lg tuch si mata ikan !!!!. telapak kakiku mulusssss…………. Thanks God.

    =================================
    gila banget nich pengalamannya. brutal beh…
    saya jadiin postingan ya biar ga ada yang ngikutin jejaknya.

    Untunglah tidak ada infeksi dan sekarang sudah mulus.
    Salam

  38. obat kutil yang ampu bisa menyembuhkan kuti apa ya,,,,???
    takutt niiihhh…..
    pengen cepet di obati…

    ==========================

    Coba dengan pemeberian Asam salisilat untuk mengikir lapisan kulit kutilnya.
    Mereknya Callusol *bukan jualan*.

  39. mba saya pengalaman minor surgery di telapak kaki karena mata ikan. mata ikan saya sudah besar sekali sehinga harus diambil.
    memang sih operasi nya cepat dan sakit hanya di saat suntik tp karena permukaannya lebar jadi harus dijahit dan penyembuhan jahitannya itu lama sekitar sebulan dan sekarang baru sembuh total.

    tapi setelah itu kok saya merasakan sakit lagi di bagian telapak kaki dekat bekas operasi itu, eh ternyata ada si mata ikan lagi muncul, ada dua lagi kecil2 tapi menyakitkan.

    setelah saya baca postingan ini saya langsung beli Callusol nya ya kita lihat saja apakah mata ikan saya (lagi) bs sembuh atau tidak karena ini ada dua gak nanggung2!
    rasanya kesal bgt kalau harus di surgery lagi saya gak mau!

    thanks mba :)

    =======================

    Dear Marditya,

    Mumpung dua mata ikannya masih kecil dioles Callusol. Lakukan pengobatan selama 1-2 buan. Lihat bagaimana kemajannya.
    Jangan lupa telapak kaki direndam dulu biar lebih lunak lalu dioles Callusol.

    satu lagi, karena kaki buat jalan dan saat pengobatan dengan Callusol akan ada penipisan kulit telapak kaki sebaiknya, Telapak kaki yang ada mata ikannya dialas dengan alas kaki dari silicone bening. Beli aja Carefour ke bagian sol sepatu, disitu ada bantalan bening tipis buat menyangga tumit. dipake ya…
    terimakasih.

  40. saya kena mata ikan di kaki kiri.ga tahu kenanya dari mana,kalo liat postingan temen-temen, mungkin karena kurang menjaga kebersihan kaki ya?Jujur sih,kalo mau tidur saya jarang cuci kaki.By the way, mata ikannya udah saya obatin pake plester.

    Teman-teman yg bingung cari dimana plesternya: kalo di jakarta di toko-toko obat cina di pancoran kota,dari pertokoan gloria sono.harganya murah kok, sepak isi 6 kalo gak salah Rp. 7,000,-.Kalo belinya di Yogya ya bisa jadi harganya Rp.10,000,- Nah saya udah 2x mengelupaskan mata ikan itu. pertama-tama kulitnya mengeras,saya ganti lgi plesternya,ampe dia mengelupas sendiri.

    Tapi pengelupasan pertama lama,ditempelin plester itu butuh seminggu,ngabisin kira-kira 2 pack. kirain sukses…eh abis itu tumbuh lagi.Pengelupan yg kedua cepet,cuman 3 hari….eh terus tumbuh lagi.Sebetulnya pas kulit yg mengeras itu dikelupas,rasanya enak loh,jadi enteng….Trus karena udah 2x coba dan gagal,saya pilih operasi>betul kata teman-teman, operasinya di-cauter,jadi dibakar dikorek dibakar dikorek ampe abis.

    Prosesnya ga sakit,tp terakhir-terakhir obat biusnya udah menipis kaki saya berasa panas….Yg sakit pas disuntik obat bius,saya cuman disuntik 1x doang,tapi buseeettt….untung saya bawa jaket yg bisa digigit….abis ngejerit,langsung saya kayak herder yg disumpel jaket mulutnya sambil mengerang-erang…..dalam hati,sialan lu suster,bilangnya sakit dikit….ini mah sakit banget…kayak telapak kaki kena silet….Sorry temen,ini bukan buat nakuti-nakutin,sekedar sharing aja,supaya kalian siap bawa jaket buat digigit-gigit.

    Masalahnya sekarang mata ikan masih ada lagi biarpun dioperasi…apa yg kemarin kurang bersih ya? Mau balik ke RS yg sama dibilangan Grogol saya jadi males,mau pindah ke RS internasional aja deh di daerah Kebon Jeruk….Oh Tuhan,semoga kali ini berhasil…karena saya bener-bener takut……lihat dokter mengorek-ngorek kaki saya…..dan juga takut lihat biaya yg mesti dibayar….he.he..

    ===========================

    Dear Resa,

    terimakash untuk saran, masukkan, pengalamannya. Semoga dari pengalaman tersebut bisa diambil pembelajarannya.

    perlu saya informasikan kembali, Callusol, obat cina berbagai merek hanya ampuh jika diameter dan kedalaman mata ikan masih kecil. Jika sudah terlalu besar diameternya dan akarnya sudah sampai kedalam, operasi minor adalah jalan terbaik.

    Sebenarnya dirumah sakit mana aja sama, yang beda cuma harga dan pelayanannya. prosedurnya sama.
    Jika setelah selesai operasi apakah bisa muncul lagi? jawabannya tentu bisa. Ini bukan salah dokternya yang “tidak bersih ngambilnya”. Bukan bukan bukan. itu karena akar dari si mata ikan yang udah kelewat besar. Mungkin dia tumbuh sudah beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun… otomatis sudah beranak cucu.

    Yang diambil dokter hanya yang induknya saja, mungkin saat proses “pengangkatan” ada akar-akar mata ikan yang masih tertinggal. buat info aja, akar mata ikan itu panjang dan dalam. Kalo tidak diangkat sampai dasar maka dapat tumbuh kembali. Dokter juga ga bisa sembarangan mengorek atau mengambil bagian jaringan… salah salah jaringan yang sehat juga ikut kebawa.

    So, setelah pasca operasi oerhatikan apakah masih ada tumbuh mata ikan baru… kalo masih ada segera ke dokter untuk pengaobatan yang tuntas.
    Minta dibius yang cukup jangan kelebihan atau kekurangan. Kasihan jaketnya rusak dgigit-gigit :mrgreen:

  41. Maaf mau tanya plester cina itu beli dimana?
    di apotek2 umum ada tidak?
    saya tinggal di kelapa gading. apa ada yg jual?
    jika pengobatan saya dengan Callusol juga plester cina apakah itu cukup works?

    trims mba cantik :)

    =============================

    Terimakasih, saya memang cantik *sisiran, rapihin poni*.

    Saya belum pernah lihat obat cina di Apotek biasanya sih di toko obat Kalo tempat pastinya saya ga tahu.
    tetapi yang harus dimengerti obat Cina dan Callusol punya cara kerja yang berbeda.

    Obat cina cukup ditempel selama beberapa hari, setelah itu lama-lama kulitnya terkelupas sementara Callusol, kaki/tangan direndam, kemudian dioles, setelah kering jadi mengeras. kulit akan terkelupas perlahan-lahan sesudah beberapa hari.. Sebaiknya pilih salah satu aja. terimakasih.

  42. apa ubat untuk buang kutil itu ada di malaysia juga?

    ==========================

    tentu saja ada. Coba ke apotek/ toko obat lalu bertanya langsung sama apoteker/ farmasis…
    bilang minta obat yang isinya asam salisilat. obatnya dioles ditempat yang ada kutil atau mata ikan.
    Kalo tidak minta saja saudara yang ada di Indonesia untuk beli dan kirim ke alamat rumahmu.
    mudahkan…

    terimakasih

  43. Salam kenal Mbak,

    Saya terkena mata ikan. Udah saya obatin pake Collomack tapi ga mempan. Kayaknya mata ikan saya sudah besar, sudah menonjol. Collomack cuma bisa membuang sisa2 mata ikan yang tampak seperti kapalan. Yang di bawah kulit kayaknya ga bisa hilang. Apa saya sebaiknya dioperasi saja?

    Kalau operasi angkat mata ikan kira2 biayanya berapa ya?

    Satu lagi, virus ini asalnya dari mana ya? Kok tiba2 saya sudah kena. Biasanya kalau mulai terkena penyakit kulit ada tanda2nya. Tapi yang ini ga ada tanda-tandanya. Saya baru tau waktu ada jendolan warna putih dan rasanya sakit. Selama ini saya kurang memperhatikan kaki saya.

    Kalau untuk pencegahan bagaimana caranya ya?

    Terimakasih

  44. ada gak ya obat altrnatif mata ikan seperti daun daunan gitu

    ===========================

    Saya ga tahu nama dedaunannya apa.
    tetapi sampai hari ini saya belum pernah melihat daun yang mengikis permukaan kulit.
    I have to check. Nanti kalo ada saya informasikan… untuk sementara saya tidak tahu jawabannya.

    Hanya bahan aktif asam salisilat yang saya tahu. terimakasih

  45. Sudah hampir sebulan saya merasa nyeri kalau berjalan, mungkin di sebabkan mata ikan pada bawah jempol kaki saya dan pada telapak kaki. Saya tidak tau sejak kapan timbulnya, tau2 sudah ada beberapa di kaki (masih kecil2).
    Apa kalau memakai callusol bisa segera sembuh gak ya? saya takut sekali bila di operasi. oya, selain callusol apa ada merk lain lagi yg punya khasiat yg sama? Trims informasinya….

    ====================

    Dear Anna,

    Dulu ada obat namanya Collomak buat menghilangkan mata ikan. Hasilnya lebih bagus sih dari Callusol tetapi produk tersebut sudah tidak ada lagi.
    Calusol juga masih termasuk obat yang bagus kok untuk mata ikan, karena itu saya merekomendasikannya.

    Wah, kalo sudah nyeri untk berjalan kayanya sudah sangat mengganggu dan mata ikannya sudah besar. Sebaiknya dioperasi minor aja.
    Ga usah takut, cuma bius ditempat aja… dan langsung hari itu juga sudah hilang mata ikannya dan tinggal pemulihan seminggu.

    Kalo pake calusol perlu waktu yang lama, lagian mata ikannya udah gede, sebulan tidak cukup untuk diobati sampai tuntas… saya malah takutnya masih ada akar yang tertiggal didalammnya dan nanti malah tumbuh lahgi *aduh aduh*.

    Tidak perlu takut deh, percayalah :D
    terimakasih

  46. saya juga terkena mata ikan di telapak kaki saya. NAmun sudah saya obati hingga terkelupas, namun tumbuh lagi mungkin belum sampai ke akarnya. ternyata mata ikan itu menusuk sampai kedalam yaa ?

    ——————————

    Iya, makanya kalo sudah terkelupas mata ikannya tetap diobati sampai seminggu lagi. Emang sih agak perih tapi itu untuk memastikan akarnya sudah keangkat semua. Tak bersisa.

    Ayo obati lagi, tetap semangat. Jangan kalah ama mata ikan hehehe.

  47. Mata Ikan kayaknya masalah sepele,tapi kalo dibiarin bisa menjalar kemana2

    ———————————-
    Yup, kalo masih kecil ga kelihatan tapi kalo udah gede kewalahan.
    Apalagi kalo akarnya dalam, sampai beberapa kalo masih nongol lagi. *Curcol on*.
    Makanya harus diobati sejak dini. Terimakasih.

  48. mbk…mg klo dbiarin (g oprasi) akibatnya apa?
    gda cara lain ta selain oprasi, dger kata oprasi perutku lgsung mules..takuut..

    ——————————————

    Kalo kaki kamu udah ada mata ikan geda dan kalo jalan sakit, sebaiknya memang harus dioperasi.
    Tidak perlu mual mual muntah

    Ini bukan operasi yang menakutkan, cuma operasi minor. Contoh gampangnya misalnya kaki luka berdarah maka biasanya dokter akan memberi operasi minor seperti disuntik bius kemudian luka dibersihkan dan dijahit luka dikakinya. See cuma begitu aja kok.
    So tidak perlu takut.

    Operasi hanya perlu dilakukan jika mata ikannya sudah besar dan akarnya dalam. Jika mata ikan kamu masih kecil cukup diberi asam salisilat (baca calusol) untuk menipiskan kulit disekitar mata ikan.
    Terimakasih.

  49. tapi ada yg crita, hbis d oprasi, selang beberapa blan gtu tmbuh lagi… gmna dunk mbk…
    btuh biaya besar g mbak oprasinya?
    ———————————————–
    Kalo itu, biasanya karena akarnya sangat dalam sehingga saat operasi masih ada akar yang tidak terangkat semua.
    Buat diketahui aja, kalo akan mata ikan itu tipis banget dan agak tidak kelihatan. So tidak salahnya mencoba, apalagi untuk kebaikan kamu juga.

    Kalo biaya sih relatif, dirumah sakit negri aja kalo mau yang murah hehehe. Terimakasih.

  50. Alhamdulillah, makasii yaa mb’ atas infonyaa ..

    sekarang aq sedang mengalamii kena mata ikan :(

    udah ada sebulan niy tapii belum sembuh juga dengan callusol,
    kayanya sii aq pake callusolnya ga continue,
    kadang iya kadang ngga, abiisss udah males mb’ ..

    tapii dengan adanya postingan inii,
    insyaAllah akan kucoba dengan callusol yang lebih intens..

    kalo ngga aq ambil jalan minor surgery dehh :(

  51. aq baru abis operasi neh….(baru saja,td pagi)
    soalnya punyaqu dah 2 bulann…
    waahh…ini pertama x nya kena mata ikan~
    awalnya aq ga tau itu namanya mata ikann~~

    neh aq mau bli callusol
    bwd jaga2 klo ntar kena lagii…
    hehehe…makasih infonya ^^

    bwd yg dgr kata ‘operasi’
    jgn takut….
    ternyata ya..cuma gitu2 aja~~
    klo gw cuma takut jarum suntik aja.. ;__;
    triak2 gw pas disuntik tadi~~
    (maklum saia anak cewe!)
    nah…pas operasi gw ga tau lg dah~~
    cuma ngerasa kek dikorek2 gitu.. ga sakit..
    dah mana gw baringnya telungkup…
    jadi aq ga liat lagi kaki gw diapaan..
    cuma berlangsung 10-15 menit aja koq operasinya…

    (tp aq ga bisa menyangkal klo aq ga takut awalnya,soalnya operasi minor aja ini pertama x bwd aq)

    oh ya …. mau nanya~~~
    yg diangkat ama dokter udah sampe hampir 1 cm dalamnya…mgk skita 7 mm kedalaman…*dah sampe daging x ya?*
    kira2 itu akarnya dah keangkat blum ya?saia khawatir….

    ===========================

    Wah, tulisan dan pengalamannya saya jadikan post of the week ya.
    Biar semua tahu kalo minor surgery itu ga seseram yang dipikir.

    Kalo sudah keangkat atau belum saya tidak tahu tetapi saya yakin jika sebulan setelah operasi tdak ada bintik mata ikan berarti sudah sembuh total.
    terimakasih.

  52. ak dulu juga pernah kena yg beginian, tp di tangan trus gak ngeh juga klo itu mata ikan ato bukan,nyangka nya itu “kutil”, tp kok byk amat, ampe parah dulu di kedua jari2 tangan ku ada sekitar 10 titik, awalnya gak sakit, eh lama2 kalo kena air dan deterjen sakit nya minta ampun, kan bingung nih penyakit apaan, lalu ak lgsg aja konsul ke dokter penyakit kulit, si dokter gak ngmg ni penyakit namanya apa, ak jg gak nanya soal nya rada panik gitu, trus dia coba pake alat khusus bentuk nya kyk solder gitu, satu titik di coba di bakar, angus dong….

    udah gitu dia kasih semacam salep, gak tau juga itu salep apaan, dia blg olesin nya jgn kena kulit di sekitar nya, pake plastik kecil yg udah dibolongin trus bru deh di olesin di titik tsb, akhirnya…….gak nyampe 2 hari tuh “kutil2″ lgsg kluar dri persembunyian nya + akar2 nya, seneng dong…….
    itu dah lama sekitar 6 thn yg lalu,

    eh…skrg kok ada muncul satu lg di jari kaki ku, mana sakit lg….klo di pakein “ca**us*l” kira mempan gak ya ??? soalnya ke dokter kulit agak mahal, maren abis skitar 250 rb, mana tau kan ada obat yg lebih murah…… klo gak ada juga, ya mo gak mo hrs ke dokter, demi hilang nya si mata ikan ini…. thx

    ================================
    Dear Tata,

    kalo ke dokter sebaiknya bertanya obat apa yang diberikan dan apa gunanya. Tidak perlu panik. Kalo lupa selalu minta copy resep dari Aptek. Gunanya jika sewaktu-waktu kamu mengalami hal yang sama kamu dapat memperoleh gambaran informasi penyakit sebelumnya.

    Asam salisilat bisa saja digunakan hanya jika mata ikannya masih kecil, jika sudah terlalu besar tidak bisa. Seandainy akmu masih ingat salep apa yang diberikan pasti saya bisa menjelaskan lebih banyak. So, sekarang coba aja dulu dengan Callusol selama sebulan. terimakasih

  53. apa callusol bisa digunakan untuk kutil yang tumbuh di bawah mata???? apa ada iritasi jika digunakan… apa kira2 solusi terbaiknya…
    terima kasih..

    ==============================

    Sebaikanya Callusol tidak digunakan untuk kutil disekitar daerah sensitif (seperti dekat mata, bibir, hidung).
    Solusi terbaik tanyakan ke dokter kulit. Bisa saja laser atau salep tertentu.
    Konsultasikan dengan dokter ya…. terimakasih

  54. Dear mba,

    saya udah pake callusol nya sekitar 3 minggu lebih, trus reaksinya sama si mata ikan kulit di sekitarnya sudah menipis, karena kulit yg putih setelah saya beri callusol saya potong dgn gunting kuku, dan juga akar2 nya sedikit demi sedikit sdh saya cabut dan potong, seperti nya sdh menunjukkan hasil. dan skrg sepertinya ada tinggal 1 titik akar mata ikan nya, apakah itu pusat dari mata ikan tsb ya ? trus krn sering saya potong2, jadi agak sedikit berdarah, bahaya gak mba ya, bisa infeksi gak ?
    masih harus di beri callusol gak mengingat sdh berdarah ?

    mohon advise nya mba, thanks

    =================================

    Dear Tata,

    saya menyarankan kamu tetap memakai Callusol sampai 2 minggu kedepan. Tanda titik memang akar utama dari mata ikan. Pengobatan baru akan tuntas jika sudah tidak ada lagi tanda titik dipermukaan, bahkan saya masih menambahakn seminggu lagi meskipun tanda titik sudah hilang.

    Saya tahu memang agak perih. Sebaiknya jangan digunting atau dicabut ya. Itu yang menyebabkan berdarah. Yang penting rendam dulu diair hangat lalu oleskan dititk mata ikannya saja, jangan terlalu melebar.
    Ayo semangat, perjuangannya tinggal sedikit lagi. terimakasih.

  55. salam kenal mbak

    saya mau tanya, istri saya terdapat benjolan di dalam bibir kewanitaannya. bagai mana cara menghilangkannya dan apa obatnya > trims

    ====================================

    Salam Kenal Abdul :D

    sudah berapa lama? dan seberapa besar ya? Tanpa adanya informasi yang jelas saya tidak dapat membantu.
    Sebaiknya Istri Pak Abdul berobat ke dokter spesialis penyakit kelamin. Dokter yang nama belakangnya bergelar Sp.KK
    Beliu pasti akan memberikan obat dan terapi penyembuhan untuk istri tercinta.

    Salam saya untuk Bunda :D

  56. salam kenal.,

    mbak., di kaki saya ada jendolan kecil seperti kutil tapi di dalam kulit dan terasa sakit bila tersentuh., apakah itu mata ikan?

    saya sudah pernah coba menggunakan salah satu obat anjuran apoteker. awalnya tidak sakit tapi setelah hampir keluar rasanya seperti cubit2 dan dipaksa keluar., bahkan sempat keluar darah kental berwarna hitam., apa itu mbak?
    setelah beberapa kali dipakai tapi tidak mau lepas ., lalu saya hentikan saja. dan sekarang kembali ke bentuk awal.,

    apakah obat diatas memberikan efek nyeri?
    lalu tolong jelaskan perubahan yang terjadi dengan menggunakan obat diatas?

    mohon jawabannya..

    =================================

    Dear Octa,

    Pengobatan yang benar adalah hanya dioles ditempat yang kena mata ikan.
    Jangan pernah di congkel atau dicabut-cabutin, akibatnya bisa infeksi seperti yang kamu alami.

    Sebaiknya ulangi dari awal lagi.
    memang harus sabar mengobati mata ikan, bisa lebih dari 1-2 bulan.

    Kaki/tangan direndam dulu baru dioles obatnya.
    Ga pake digunting, dicabut, dipaksa-paksa, harus step-by step karena kulit kikis perlahan-lahan.
    Sampai hilang mata ikannya, bahkan tanda setitikpun sudah tidak ada.

  57. Mo nanya da gak solusi laen bwd ngilangin mata ikan selain callusol, dan plester cina(alx d tmpt q susah nyarinya…),, yg tradisional z,, da gak ycc,

    q mo nanya,, d kki aq da bbrpa mta ikan, trus da 1 yg lbih bsar,, dlu klo jln dan d tkan2 skit,, tpi skrang dcc gak lge,, pa artix dcc mo smbuh ycc,,,
    Trims…..

    =========================================

    jika mata ikan lebih dari satu bahkan sudah ada mata ikan yang besar sebiaknya dilakukan operasi minor.
    Ga perlu takut. Cukup setengah jam saja maka sudah boleh pulang.
    Pikirkanlah alternatif ini.

    Lagi Operasi minor cepat, mudah, aman dan terpercaya. Terimakasih

  58. Dear Mbak,

    Mau tanya, saya ada mata ikan di telapak kaki, udah tahunan sih adanya sudah sebesar benjolan bisul, tapi karena baru berasa sakit saya baru ke dokter, dokter kasih antiobiotik, dan obat salep racikan.
    Bagusan mana Callusol atau obat dari dokter? kegunaannya sama ya mbak? sebab mungkin karena saya ada sakit asam urat jg, jadi baru minum 2 butir antibiotik, badan saya rada meriang sewaktu tidur, dan sekitar kaki rada nyut2-an sedangkan obat antibiotik harus habis min 15 butir (untuk 5 hari).
    Bolehkah pengobatannya diselingi dengan callusol agar cepat sembuh? krn kt dokter kalau ga sembuh juga nt mungkin akan diambil tindakan medis (operasi).
    Mohon bantuannya segera yach..thx much before :)

    =============================

    Dear Cerry,

    Ga bermaksud nakutin loh.
    Kalo saya selalu menyarankan bagi mereka yang sudah puny amata ikan yang besar sebaiknya memang dilakukan operasi minor.
    Kalo sudah sampai besar seperti bisul maka Callusol tidak banyak membantu.

    Antibiotik diberikan agar tidak terjadi infeksi, jika meriang karena minum antibiotik tertentu sebaikny akedokter lagi. Nanti akan diberikan ganti antibiotik yang tidak bikin meriang.

    Betul sekali, minum antibiotik hanrus dihabiskan karena kalo tidak nanti bisa resisten.
    Cerry, sebaiknya, Operasi minor dilakukan karena mata ikan sudah menganggu dan membuat sakit saat berjalan.
    Operasi minor tidak seseram yang dibayangkan kok. cukup setengah jam saja.
    terimakasih.

  59. hi mba….

    Thanks ya mba atas saran nya untuk memakai Callusol, akhirnya perjuangan ku menghilangkan si mata ikan yg ada di jari kaki ku berhasil dan hilang sudah, mudah2an gak muncul lagi nih si mata ikan.

    trimakasih mba…. :-D

    =======================

    sama-sama Tata.
    Semoga ga ada mata ikan yang tumbuh untuk selamanya.
    Inget aja kalo mulai ada tanda titik segera dech di oles Callusol.

    makasih sharingnya :D

  60. buat semuanya, pakai callusol aja insya allah sembuh
    cara pemakaian tinggal di oleskan saja kebagian yang ada kutilnya, nanti obat tersebut jadi putih biarkan ampe kering
    dipake kalo mau tidur aja biar efek obat mantep…
    harga nya 25ribuan, ga pake resep dokter juga bisa, bentuknya botol kecil isinya cair, sekian terimakasih, semoga kutil2 ilang,,, merdeka,,, basmi kutilllll

    ======================================

    Saya hanya menyampaikan manfaat asam salisilat untuk menghilangkan mata ikan yang kecil.
    Tidak bermaksud menjual/ promosi merek tertentu.

    Semua informasi ini diberikan tanpa tendensi dari pihak manapun.
    terimakasih.

  61. Mbak yang cantik dan baik hati,

    Saya baru saja operasi mata ikan kurang lebih sebulan lalu dengan cara dibedah. Saat itu mata ikan ada sekitar 5 buah yang semuanya di jempol kaki kiri dengan rincian yang besar cuma 2 buah (induknya mungkin sebab ini yang pertama membesar) lainnya masih bintik kecil.

    Seminggu setelah operasi kok malah muncul bintik-bintik kecil mata ikan di telapak kaki saya dan jumlahnya kian hari kian bertambah (ukurannya masih kecil sih) hingga hari ini. Beberapa hari terakhir di jempol malah tumbuh lagi 3 bintik mata ikan yang masih kecil. Padahal sebelum operasi telapak kaki tidak ada mata ikan sama-sekali. Saudara saya bilang bahwa dia dulu operasi mata ikan lalu di telapak kakinya muncul banyak bintik mata ikan yang mengelupas sendiri. Benerkah hal itu bisa terjadi ?

    Bintik yang di telapak kaki lama-kelamaan seperti membenjol dan kini agak sakit dibuat jalan. Tiap malam saya rendam dengan air hangat campur garam, sebelumnya saya coba dengan kapur sirih dicampur pasta gigi dioleskan ke bintik mata ikan.

    Apakah callusol bisa membantu mengatasi bintik mata ikan kecil tersebut ? Bagaimana pemaikaiannya ? Pertumbuhan bintik mata ikannya cepat juga namun saya bertekad TIDAK AKAN MENYERAH dan TERUS BERPERANG MELAWAN MATA IKAN dengan berbagai cara, meski saya berusaha menghindari operasi lagi.

    Lalu yang saya ingin tanyakan lagi adalah bekas operasi di jempol kaki saya kan belum pulih, apa memang bentuknya jadi seperti daging agak kasar gitu ya, bisa kembali normal lg ga ? Jahitannya sudah menutup sih. Akhir2 ini kadang agak nyeri, apa karena di sekitar jempol tumbuh bintik mata ikan ya ?

    Terima kasih atas sarannya, tolong dijawwab dan diberikan solusi terbaiknya yaa.. . Semoga kebaikan dan info dari Mbak dibalas oleh Allah SWT. Aminn

    ===================================

    Dear Andy,
    izinkan saya menjawab pertanyaanmu sebagai bahan postingan minggu ini.
    Saya kagum dengan kegigihanmu untuk terus berperang terhadap mata ikan.

    terimakasih

  62. Pingback: Berperang Melawan Mata Ikan « Tukang Obat Bersahaja

  63. Dear mbak,,,
    sekitar 3 bulan yg lalu sy terkena mata ikan, kmudian skitar 2 bulan yg lalu sy operasikan,, krn wktu sy kasih callusol ndk sembuh2,,,,,trnyata mata ikannya besar, sebesar mata ikan (ikan mujaer) bekas operasi trus mengeras,,, hbs dioperasi sdh ndak sakit,, tp akhir2 ni sakit,,, klihatanynya sih tumbuh mata ikan lagi di sekitar bekas operasi situ,,…

    Gimana mbak cara penyembuhannya tanpa operasi,,, klo’ operasi penyembuhannya sekitar2 minggusdangkan saya bnyak kegiatan mbak,,,klo’ operasi kmren kbetulan pas liburan mbak jd bs rehat di rumah shabis operasi..

    mohon saran pengobatan tanpa operasi y mbak & cara mencegah biar mata ikan ndak tumbuh lagi.

    Trimakasih

    ==============================================

    Dear Ana,

    Apa yang kau hadapi persis seperti judul postingan saya disini:

    http://tukangobatbersahaja.com/2010/09/17/berperang-melawan-mata-ikan/

    Semoga bisa menjawab pertanyaanmu. Terimakasih.
    Pantang menyerah :D

  64. halo…..salam knal y…….! sy mau tnya nih q jga korban dari mata ikan pas persis di tengah telapak kaki kiri ga’tau ukuranx besar/kecil pkokx wktu q liatx bunderan diameter 3-4mm!
    scara sy anakx aktif bnget ma kgiatan nari trutama kya balet, klo sdah masuk grakan jinjit2x ampun sakit bgt tapi sy dah coba in ma plester obat cina & sy bru thu ada jga yng nmanya collomaks!
    g tau dah mau smbuh tpi pas mau sya gntingin putih2x krasa skit kya ngenain sesuatu!
    pngennya sy cabut tpi msih tkut !! sdngkan sebulan lg sy ad ujian balet & saya msih tkut sma yg nmanya di operasi kcil! tlong donk sarannya???????? T-T

    ===============================================

    Dear Rizkia,

    Berhubung kamu mau ujian balet, sebaiknya tunggu saja pengobatan sampai ujian selesai.
    Kalo sudah selesai baru deh bisa dilakukan pengobatan. Caranya beli obat Callusol (bukan promosi obat mata ikan, btw Collomak sudah tidak dibuat lagi).
    Sebelumnya rendam dulu dengan air hangat 15-20 menit kemudian oleskan obat tersebut 3 kali sehari ( pagi sebelum berangkat, sore sesudah mandi, sebelum tidur). lakukan proses ini selama sebulan sampai mata ikannya habis terkikis.

    ingat, tidak boleh digigit-gigit apalagi dicabut, selain karena sakit, akarnya pasti masih tertinggal. lakukan pengobatan sampai tanda titik mata ikan benar-benar hilang. Selamat mencoba. Semoga sukses dan pantang menyerah merah mata ikan. Terimakasih.

  65. ini dah hari ketiga,mata ikan di telapak kaki anak saya (4th) diobati pake callusol,cara pemakaiannya saya ttskan pake kapas n plester tiap habis mandi pagi n sore,lalu hasilnya terbaru (hari ini),mata ikan anak saya ditengahnya msh ada kyk kapalan kecil n sekelilingnya melingkar warna putih agak kekuningan,apakah benar reaksi spt ini klo pengobatan pake callusol? tolong di jawab ya mbak cs sangat kawatir berhubung si penderita msh balita,makasih sblumya…:)

    ===============================================

    Beneran mata ikan bu? Saya baru tahu kalo anak kecil 4 tahun jug abisa kena ikana mata ikan.
    Berhubung masih hari ke 3, ada baiknya saya jelaskan cara pemakaian yang benar.

    Pertama rendam kaki dengan air hangat-hangat kuku dikaki selam 15 menit agar permukaan kulitnya lebih lunak.
    kemudian oleskan asam salisilat (callusol) dengan cutton but didaerah mata ikannya saja, jangan terlalu melebar, diamkan selama 15 menit sampai olesannya benar-benar mengeras dan berwarna putih. Lakukan selama 3 minggu atau sampai akar mata ikannya hilang. Plester apa ya? sebaikanya tidak usah pake plester, yang penting anaknya tidak lari-lari dan menggunakan sandal bersih didalam dan diluar rumah (bila perlu beli sandal baru).

    Dengan dioles maka kulit disekitar mata ikan akan mengelupas pelan-pelan, memang sih agak kasihan juga tetapi memang begitu reaksinya. Tidak boleh diorek-orek, digunting-gunting apalagi dicabut. Biasanya setelah mandi kulit matinya akan hilang terkelupas sendiri. lakukan sampai akar mata ikannya hilang.
    Untuk anak-anak mungkin waktunya lebih pendek karena kulitnya lebih tipis, mungkin sekitar 2-3 minggu.
    Ibu harus mengawasi anaknya agar selalu menggunakan sandal dan mengurangi aktivitas yang berlebihan. semoga cepet sembuh ya. Terimakasih.

    • makasih jawabannya…tp kyknya klo utk anak umur segitu gk mungkin atau stidak susah klo dilarang lari2 dech..hehehe…
      mbak,klo boleh saya mau tanya lg nih,apakah luka yg didiamkan di seputaran kaki (telapak n tungkai kaki) itu berpotensi jd mata ikan? soalnya saya n suami pernah mengalaminya n sampai hrs melalui operasi kecil,terus si kecil kami ini sptnya jg mengalami hal serupa,tp si kecil kami ini sampai ada 3 titik : 1 titik besar,n 2 titik kecil di telapak kakinya, moga berkenan utk menjawab pertanyaan saya ini lagi…trim’s

      ================================

      saya jawab by email ya.
      Terimkasih.

  66. Saya mau tanya, di kaki kiri saya bagian luar ada benjolan seperti kutil, kalau tersentuh / keinjak / tergesek nyeri dan sakit, apakah ini mata ikan ? ukuran besar / kecilnya mata ikan itu seberapa ?

    terimakasih

    ==============================

    Wah, saya ga tahu ini mata ikan atau bukan.
    Coba google dech disini, http://en.wikipedia.org/wiki/Plantar_wart

    kalo gambarnya mirip berarti mata ikan. Mata ikan kalo ukurannya membesar akan terasanya nyeri saat berjalan.
    Sebaiknya lakukan operasi kecil ya… tidak perlu takut kok.
    Sekali dan langsung hilang mata ikannya

  67. ya sih itu sih bukan kuti tapi mata ikan juga , bisa kali ya sih ada obata ya salosl tahu ya buat menyembuhkan kutil kali ya sih yayaya ya iya lah ya sih yayaya sih yayaya

  68. Saya mau tanya, di telapak kaki kiri saya ada mata ikan, sudah saya oles pakai callusol kira2 sudah 1 bulan lebih. Setiap bangun tidur terasa sakit dan ga sembuh2. Akhirnya saya ga pakai callusol lagi, kira2 sudah 1 minggu ini cuman saya tutup pakai kapas & plester, ternyata malah ga sakit. Cuman pas di mata ikannya gatal sekali, juga kulit disekitarnya, sampai ga tahan saking gatalnya. Saya mau tanya, apakah ini ciri2 lukanya mau sembuh? Saya lihat, lukanya sekarang kelihatan merah seperti kelihatan daging didalamnya. Apakah saya perlu melanjutkan pengobatan pakai callusol. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    ===================================================

    Sebaiknya selama pengobatan, kaki harus pake sandal baik didalam atau diluar rumah.
    Gunanya mencegah bakteri atau lainnya masuk dan mencegah infeksi.

    Jika kaki terasa gatal hentkan pengobatan untuk sementara waktu, jika sudah tidak gatal baru lanjutkan.
    Rendam dulu kaki sebelum dioes Calusol. Semoga cepet sembuh dan tuntas pengobatannya.
    Terimakasih

  69. Mbak, saya baru tahu bila benjolan di jari tangan saya itu kutil. Sesuai nasihat teman, saya mengobatinya dengan callusol (sama dengan saran di posting ini). Beberapa hari kemudian, kutil tersebut mengelupas.

    Melihat salah satu jawaban atas komentar di posting ini, ternyata pengelupasan tsb tidak boleh dicabut. Sayang, saya telanjur mencabutnya. Luka kutil tsb mengeluarkan darah.

    Apakah ada saran untuk kasus saya, mbak (telanjur mencabut)?

    Terimakasih.

    =================================

    Dear Very,

    Kalo sudah terlanjur dicabut sebaiknya hentikan pengobatan dudlu selama seminggu.
    Untuk memastikan luka sudah sembuh.

    Nanti kalo sudah seminggu baru lanjutkan dengan dioles Callusol.
    Sekali lagi mau ngingetin, sebelum dioles direndam dulu diair biar kulit lunak.
    Oleskan dengan tepat dan jangan meleber.

    Kulit yang terkelupas tidak boleh di kelopekin, digigitin *halah bahasanya hehehe*
    nanti berdarah lagi…
    menghilangkan kulit yang mati dan terkelupas sebaiknya saat kulit direndam air dan kemudian gosok pelan-pelan saja.
    Inget ya, pelan-pelan saja.

    Jika bintik mata ikannya sudah tidak ada (lewat pengelihatan mata), coba tetap pengobatan dteruskan sampai 5 hari lagi.
    untuk memastikan si akar mata ikan hilang. Semoga berhasil.

  70. Gue kena mata ikan udah hampir setahun di sela sela jari kaki gue,,pertama2 muncul satu bintik dulu kemudian masih gak gue hirauin,,tp lama2 kok makin membesar dan terlebih lg udah nyebrang ke jari kaki sebrangX lg…kebayang ga’ gimana gua gak kesel…mungkin karna sering bersentuhan dgn jari kaki yg satuX..jadiX malah ikutan kena deh dgn si mata ikan i2..n Sialan,,mata ikan i2 sekaranG udah ada indukX n kyk mho nyari tempat lg buat tempat ankX….
    IndukX i2 kira2 udah sebesar mata ikan bandeng dan indukX membesar karna udah gabung dngn mata ikan di dktX…
    Btw,,masi bs g klo di pakein ma collusol…??
    N sbenarX ap sih yg bkin si mata ikan i2 muncul…?
    Karna ibu gue bilang klw munculX gara2 gue sring lama ngebasahin kaki gue di kamar mandi…

    =======================================

    Dear Mata ikan Hater yang benci bangeeeeeeeet ama mata ikan,

    Dengan sangat menyesal saya harus bilang, sudah tidak bisa lagi diobati dengan Callusol.
    Itu cuma untuk mata ikan dengan diameter kecil.

    Kalo si induk sudah beranak pinta dan punya cucu banyak sebaiknya lakukan minor surgery.
    Tidak perlu takut. Baca postingan saya ini: http://tukangobatbersahaja.com/2010/08/02/mata-ikan-minor-surgery-siapa-takut/#more-2449

    Hal itu jauh lebih baik dan hanya perlu kurang dari 30 menit operasi kecilnya.
    Buruan dech dari pada kalo jalan semakin sakit.

    Satu lagi, tidak ada hubungannya mata ikan dengan sering basahi kaki dikamar mandi.
    Yang penting pakailah alas kaki kemanapun pergi. Jika punya luka terbuka seperti ke gigit serangga, gatal dikaki,luka ringan, kegores, dll.
    Cepat diobati agar tidak ada jamur/virus yang masuk.

    Mata ikan disebabkan adanya virus Human Papiloma type 1.
    Human papiloma ada beberapa type, ini termasuk virus yang menyerang di khusus dikaki.
    Dengan pengobatan yang tepat maka mata ikan akan hilang dan harus sabar.
    Terimakasih.

  71. Terimakasih sarannya mbak. Sekarang kulitnya udah mengelupas dan ga sakit lagi. Tapi didekat bekas luka lama, masih kelihatan ada sedikit luka kering tapi ga sakit.
    Dan sy lihat seperti ada 2 titik kecil putih di sebelahnya, seperti pada saat pertama sekali muncul. Apakah titik putih itu menandakan bahwa mata ikan belum tuntas sampai ke akarnya meskipun sudah tidak sakit? Saya masih pakai calussol 2x sehari.
    Trimakasih.

    ===============================

    Bentuknya seperti titik sangat kecil.
    Nora sebaiknya terus mengunakan Callusol sampai bintik putih itu hilang.
    setelah bintiknya hilang, tambahkan pengobatan 5 hari lagi untuk memastikan akar mata ikan sudah tidak ada lagi.

    Mengapa hal ini harus dilakukan? Soalnya pernah ada yang merasa sembuh karena bintiknya sudah hilang. pengobatan distop dan akhirnya tumbuh lagi lebih banyak :( :(

    makanya pengobatan harus sampai tuntas. Berperang melawan mata ikan.

  72. aku mengalami hal yg sma dgn Mata ikan hater..

    Aku trkna mata ikan sktar 4bln yg lalu, ada benjolan d sela sela jari manis kakiku, awalnya aku tdk tahu kalu itu mata ikan dan benjolan itu tdk aku hiraukan krn tdk terasa sakit. Stlah aku menanyakan kpd kakak dan tmanku, kta mrka itu adalah mata ikan.Smakin lma benjolan itu smakin mbesar dan menular pda jari tengah kakiku.

    Aku sempat menggunakan callusol sesuai ptnjuk yg d sarankan yaitu: ambil kapas secukupnya disesuaikan dgn luas pmukaan mata ikan; tuangkan callusol secukupnya pda kapas; tempelkan kapas yg tlah di basahi callusol pada mata ikan; kemudian tutuplah dgn plester. Stlah bbrapa kali pmakaian kmudian kulit d sktarnya tkelupas, dan pda saat memakai callusol lg trnyata perih bnget. Lalu aku menghentikan pmakaian, krn perihnya gak nahan (perihnya bkin aku beruraian air mata..bnran kok, gak lebay..hehe).

    Stlah tdk melakukn pngobatan trnyata mkin besar dan skit. Aku putuskan untk operasi kecil. Skdr info trnyata pas d suntik biusnya sakit bgt, sakitnya naudzubillah. Gak da mksd buat nakut2in. Kata dkternya lukanya tdk blh tkena air dlu, alhasil waktu mandi kakiku hrus d bngkus pke plastik. Seminggu kmudian aku kmbli k dktr untk lepas jahitan. Luka bkas operasi itu smpe skrang blum smbuh total.

    Eh muncul lg mata ikan d tlapak kakiku. Menyebalkan skali. Skrg aku lg coba pke callusol lg, soalnya tkt kalau hrus operasi lg. Sumpah aku kapok.
    Mbak sbnrnya cra pmakaian callusol yg bnar tuch gmana??

    ========================================================

    Dear Ita,

    pertama-tama saya mau mengucapkan terimakasih sudah mau melakaukan anjuran untuk operasi minor.
    Saya tahu mungkin hal itu tidak menyenangkan (ya, iyalah mana ada operasi yang ga sakit hehehe).
    Hal itu lebih baik daripada diobati dengan Callusol.

    Musti diingat kalo Callusol (asam salisilat hanya berguna dan berkhasiat jika mata ikan memiliki diameter yang kecil). Kalo ita kan sudah beranak cucu mata ikannya sebaiknya memang dioperasi.

    Jika muncul lagi mata ikan ditempat lain, seperti ditelapak kaki maka musti dicek, jika diamternya masih 0.5cm maka boleh dilakuakan pengobatan dengan asam salisilat.

    terus cara yang benar gimana?
    Khusus untuk telapak kaki agak berbeda. Pertama, rendam kaki dengan air hangat kuku selama 15-20 menit. Gunaanya agak kulit lebih lunak dan oba meresap beih baik. setelah itu kaki dilap sampai kering.

    oleskan callusol degan cutton but ditempat mata ikan (ingat jangan terlalu lebar, hanya didaerah mata ikannya saja, gunakan cutton but bukan kapas). setelah itu tunggu hingga kering. Kalo kering akan terbentuk lapisan berwarna putih. tunggu hingga benar-benar kering, lebih kurang 15 menit. setelah itu dapat beraktivitas, tidak perlu ditutup. lakukan setelah pulang kerja jam 6 sore, sebelum tidur malam 10, dan pagi hari sebelum berangkat kerja jam 6.

    Setalah beberpa kali pemakainan kulit disekitar dan mata ikan akan mengelupas, Ingat, mata ikan tidak boleh dicabut, digunting, kelopekin. Semoga bermanfaat dan dilakukan. Ayo, terus berperang melawan mata ikan benar-benar tuntas.

  73. Mbak kayaknya saya punya kutil dileher, (seperti daging tumbuh kecil banget & lunak, dipegang sih nggak sakit, tapi lumayan mengganggu), Sedangkan sekarang saya sedang hamil, apakah tidak berbahaya jika kita menggunakan callusol ? Mohon sarannya…atau apakah pengobatan saya lakukan setelah melahirkan ?….Mohon Jawabanya di email, saya tunggu, terima kasih banyak…

    ===============================

    Dear mbak Dian,

    selamat atas kehamilannya. Semoga diberi masa kehamilan yang sehta dan tenang dan nanti melahirkan anak yang sehat dan selamat, ibu dan anak.

    Berfokuslah untuk sehat dimasa kehamilan ini, untuk itu pengobatan kutil nanti saja setelah selesai melahirkan. Konsultasikan kedokter cara pengobatan yang cepat dan tepat. Terimakasih.

  74. saya pernah terkena mata ikan awalnya saya tidak tahu itu adalah penyakit mata ikan dan saya biarkan saja sampai segede kuku jempol orang dewasa dan setelah saya periksa kedokter kulit (karena sakit saat diinjak dan sangat menggangu aktifitas) ternyata harus dioperasi kedokter spesialis bedah dan mau tidak mau kaki saya harus diopersi kira-kira pada awal bulan puasa lalu (awal agustus) dan Alhamdulillah saat lebaran luka bekas operasi sudah sembuh…

    yang mau saya tanyakan : kenapa sekarang mata ikan saya tumbuh lagi disekitar bekas mata ikan yg lama atau 2 bulan seteleh operasi mata ikan, tapi ukurannya masih kecil seperti jarum.
    setelah saya membaca blog ini saya mencoba Cal*** ditambah dengan plaster Betadine untuk menutupi mata ikan yg telah dioles Ca****, tetapi kenapa ya, mata ikan saya menjadi kuning.
    apakah asam salisilat akan berefek kontraindikasi terhadap Betadine?

    —————————————–
    Dear Rafs

    Terimakasih utnuk pertanyaannya dan udah melakukan operasi minor. Hal itu adalah tindakan yang tepat mengingat mata ikannya sudah sangat besar dan akarnya cukup dalam.

    Jika setelah beberpa bulan tumbuh lagi, sebaiknya jangan menyerah untuk berperang melawan mata ikan sampai tuntas.

    Terimakasih sudah membaca saran saya untuk mengunakan asam salisilat untuk menipikan kulit dan menghilngakan mata ikan yang kecil.

    Tetapi saya tidak pernah menyarankan untuk menutup mata ikan dengan plester apapun. Sebaiknay tidak perlu diplester.

    Caranya: bersihakan telapak kaki, rendam beberpa menit ( 15 menit) kemudian obat dioleskan. Tunggu sampai menyerap sekitar 15 menit. Lalu jika sudah menyerap, Rafs boleh beraktifitas seperti biasa. Jangan pernah pergi tanpa alas kaki baik didalam maupun diluar rumah untuk mencegah infeksi.

    Saya tidak merekomendasikan betadine karena digunakan sebagi antiseptik yang mengandung PVP Iodine. Iodine inilah yang menyebabkan warnanya menguning.

    Jika mata ikan ingin ditutup gunakan kasa yang diganti setiap hari tetepi jika mata ikan masih sekecil jarum tidak perlu ditutup dgn plester apapuna atau kasa.

    Demikian untuk dilakukann.

  75. aku mau tanya dong
    di jempol aku sebelah kuku
    ada kulit yg mengeras
    sempet aku guntingin
    tiba tiba jadi bersisik dan di dalam nya ada bintik hitam lumayan banyak
    rasa nya sakit dan aku merasa terganggu
    itu namanya apa yah?
    udah sebulan lebih ga hilang :(

    makasih sbelum nya :)

    ===================

    Saya tidak bisa memastikan ini apa. Apakah mata ikan atau lainnya?
    bersisik dan ada bintik hitam banyak… saya ga tahu pastinya apa, memang sih mirip mata ikan tetapi karena saya tida melihat secara langsung sebaiknya Zola ke dokter kulit aja untuk memastikan dan diberikan pengobatan yang tepat. Terimakasih.

  76. bu Rina,
    Saya punya mata ikan pas ditelapak kaki sebelah kanan utk menginjak& berjalan.
    sudah dioperasi krn ada mata ikan 3, di RS. Silloam sengaja saya cari RS yg bagus& ternama agar tidak tumbuh lagi dengan Dr. Bedah Dr. Rudi. bln september dioperasi, 2 bulan terasa sakit yg luar biasa setelah dioperasi..diperban kaki. sudah sembuh eh..ternyata bln nov ada tumbuh lagi mata ikan ditempat jahitan ditempat yg sama. complain ke dokternya,malah bingung? dan tidak memberi solusi, hanya blg harus operasi lagi.

    sekarang apa yg hrs sy lakukan, klo saya hrs dioperasi lagi,waduh…skt nya msh trauma, sakit wkt disuntik ditelapak kaki,wah..luar biasa..sktnya, 3 suntikan, stelah hbs obat bius, sakitnya melebihi melahirkan. (itu saya alami sendiri)

    obat sudah saya coba callusol, obat plester dari cina, salep dari dokter kulit utk mengikis kapalan.
    tapi sampai saat ini mata ikan masih ada& tidak mau hilang.

    Gimana dong mbak..cara yg cepat&sembuhkan mata ikan ini spy jgn dioperasi lg, bisakah pakai cara lain, dimana tempat yg bagus utk mengatasi ini, dan kalau memang hrs dioperasi, dimna yg tidak sakit berminggu2. mohon info supaya saya cepat ber-aktifitas kembali.
    terima kasih sebelumnnya.
    wassalam Yanthi. (berapa no hp mbak Rina
    wassalam Yanthi.

    ==============================

    sudah saya jawab ya :D
    Jika masih ingin bertanya silakan mengunakan halaman contat me untuk mendapat prioritas jawaban.
    Semoga cepat sembuh dan terimakasih.

    • <a href="mau tanya. Aq juga ada benjolan kcl pas ditengah jidat, tapi awalnya keluar darah. Trz aq periksa di perawatan wajah, kata dokternya kutil tapi yg terinfeksi, makanya sampe keluar darah. Itu bener ga?? dan kata dokternya juga, bisa diatasi dengan cara kouter. Kira2 udah bisa menjamin kesembuhan tidak???mohon sarannya."

      =======================================

      Coba kamu konsultasi dengan dokter yang lain, kemudian tanyakan.
      setahu saya Kouter itu seperti dioles dengan obat tertentu untuk mengikis (penipisan) kulit.
      Kalo benjolannya kedalam sebaiknya konsultasikan saja.

  77. mau tanya. Aq juga ada benjolan kcl pas ditengah jidat, tapi awalnya keluar darah. Trz aq periksa di perawatan wajah, kata dokternya kutil tapi yg terinfeksi, makanya sampe keluar darah. Itu bener ga?? dan kata dokternya juga, bisa diatasi dengan cara kouter. Kira2 udah bisa menjamin kesembuhan tidak???mohon sarannya.

    =========================================

    Kutil yang terinfeksi? sebaiknya untuk mengangkat kutil/bejolan itu harus disembuhakan dahulu infeksinya.
    Kemudian baru dilakukan tindakan selanjutnya. kalo sudah mengganggu sebaiknya diangkat dan dihilangkan.

  78. Saya ada mata ikan di sela antara jempol dan telunjuk tangan. Sudah saya kasi callusol. Mata ikan sudah mengelupas dan sudah tinggal kecil sekali. Tapi waktu pengelupasan, kulit sehat di sekitar mata ikan juga ikut terkelupas, mungkin karena ikut terkena callusol. Kulit di sekitar mata ikan warnanya jadi merah, bengkak, dan gatal. Ini kenapa ya? apa penyebabnya dan bagaimana cara mngatasinya? Terima kasih sekali..

    =====================================================

    Terus dilanjutkan pengobatannyanya.
    Memang repot juga kalo letakya berdekatan. kalo gatal hentikan pemakaian selama 5 hari. Setelah tidak bengkak dan tidak gatal lanjutkan pemakaian.
    Pengobatannya harus tuntas sampai ke akar mata ikan. Terimakasih

  79. saya uda pke callusol,setelah mengkelupas tapi masih ada mata ikan nya trs sy oleskan callusol dan terasa sakit karna mata ikan nya uda lunak menempel dgn daging.
    minta solusi nya dunk ……..^^

  80. haduh kk tolong dong bantuannya… saya punya benjolan kecil ada
    sekitar 3-5 di siku kiri dan 2-3 di siku kanan
    apakah itu kutil? besarnya kurang dari 0.5 cm…

    saya ada baca cara di atas…saya tertarik utnuk mencoba yg sabun+
    kapur sirih…..
    yang saya tanyakan sabun yg dimaksud sabun merk apa ?
    dan setelah sembuh mengering diapakan lagi???
    sekian terima kasih

    ============================

    Saya tidak bisa menentukan itu mata ikan atau kutil. Sebaiknya ke dokter kulit aja untuk lebih jelasnya.
    Saya tidak merekomendasikan penggunaan sabun, cuka, kapur, bawang, odol, dll untuk menghilangkannya.

  81. plis di jawab pertanyaanku diatas
    haduh kk tolong dong bantuannya… saya punya benjolan kecil ada
    sekitar 3-5 di siku kiri dan 2-3 di siku kanan
    apakah itu kutil? besarnya kurang dari 0.5 cm…

    saya ada baca cara di atas…saya tertarik utnuk mencoba yg sabun+
    kapur sirih…..
    yang saya tanyakan sabun yg dimaksud sabun merk apa ?
    dan setelah sembuh mengering diapakan lagi???
    sekian terima kasih

    ========================

    dear Plis Dong,

    Saya tidak melarang orang lain berkomentar dan beropini diblog saya ini termasuk pengunaan sabun dan kapur.
    Silakan beropini tetapi saya tidak merekomendasikan teknik menghilangkan mata ikan dan atau kutil dengan ini.

    Tidak direkomandasikan, kalo mau dicoba silakan saja tetapi resiko ditanggung sendiri ya.

    Sebaiknya kamu berobat ke dokter ya.
    Nanti diberikan obat tepat. terimakasih

  82. Salam kenal, mau tanya mbak..

    Maaf bila ini tidak ada hubungannya dengan kutil atau mata ikan, tp karena saya menggunakan obat yang sama dengan obat kutil / mata ikan, maka saya perlu bertanya untuk mendapatkan solusinya.

    Ditelapak kaki saya ada kapalan yang sudah besar dan sangat tebal, saya mencoba menggunakan calusol, setelah beberapa hari saya rendam dalam air hangat sesuai petunjuk dan kulit dapat mengelupas, tp ada sebagian yang masih mengeras.

    Saya mencoba mengelupasnya dengan menggunakan alat untuk membuang kutikula, dan hasilnya sebagian besar mengelupas (agak dipaksa)

    Yang menjadi masalah, permukaan kulit telapak kaki saya menjadi tidak rata dan terasa perih, sedikit luka serta masih ada kulit yang mengeras. apa yang sebaiknya saya lakukan?

    Perlukah memberikan calusol lagi? Berapa lama sebaiknya memberikan calusol ke daerah yang terkena kapalan ? Apakah dibiarkan terkelupas sendiri atau harus kita kelupas ? Bagaimana sebaiknya?

    Terima kasih atas jawabannya..
    Mohon infonya tips2 untuk menghilangkan kapalan yang sudah sangat tebal di telapak kaki ini.

    ============================================

    Terimakasih untuk pertanyaan dan perjelasannya yang lengkap.
    Saya berharap Devi menghentikan pemakaian Callusol selama seminggu sampai perihnya hilang. Setelah sudah tidak perih lagi, jangan pernah mencabut, menggigit, memaksanya terkelupas dari kulit. Tidak boleh digunting-gunting. Biarkan terkelupas alami. Pengeluapasn kulit juga butuh proses dan tidak instant.

    Waktu penyembuhan tergantung besar dan dalamnya mata ikan atau kapalannya. Kalo agak dalam bisa 2-3 bulan bahkan lebih. Tidak boleh dikupas sendiri, memang sih rasanya ga tahan pengen dicabut. Don’t do that.

    Selama penyembuhan pake alas kaki didalam dan diluar rumah agar tidak infeksi. Sebelumnya harus direndam dulu 15 menit biar kulitnya lunak. Boleh digosok-gosok tetapi pelan dengan sikat halus untuk mengangkat kulit mati. Setelah itu dioles Callusolnya 3-4 kali sehari. Harus sabar dan pantang menyerah. Semoga berhasil. Terimakasih

  83. mbak, saya mau tanya

    saya udh kena mata ikan sktar 4 bln ini
    trus 2 bln kmrn saya coba pake callusol sktar 1 bln tp krg efektif
    akhirnya saya mutusin buat pke pleste cina 3x seminggu kmren
    krna saya pkir udh mau keluar mata ikannya
    akhirnya saya silet (udh di sterilin pke alkohol)
    smpe bagian terlembek warnanya putih
    bentuknya kaya jaringan gt
    trus saya gunting dikit,, eh ga taunya malah berdarah
    akhirnya saya hentikan dan tutup pke plester
    tdnya mau saya cabutin semuanya
    tp ga jd soalnya sakit bgd + berdarah lg

    trus, 2 hari ini saya smpet make plester cina lg tp skrg udh di lepas
    mata ikannya sih jd lembek gt

    nah skrg saya jd bingung mbak sebaiknya di apain nih mata ikan??
    mata ikan saya udh dasar bgd tinggal dikorek aja tp saya ga berani
    kebetulan tante saya dokter jd saya berniat untuk minta di korekin sama beliau
    tp beliau lg di luar kota tp saya takut di operasi mbak
    jadi sebaiknya gmnanya mbak?

    sekian dan terima kasih

    ===============================

    Icha kayanya ga sabaran banget pengen cepet-cepet menghilangkan mata ikan. Tetapi cara itu adalah salah.

    Biarkan prosesnya alami, ga usah digunting-gunting, dikelopekin, dicabutin, apalagi sampai berdarah. Memang butuh kesabaran untuk menghilangkan mata ikan. Akarnya harus benar-benar keangkat semua,

    Kalo berdarah ya pengobatan dihentikan, Kao sudah tidak perih dan berdarah boleh dilanjutkan tetapi harus sabar dan tidak dicabutin/korek-korek.
    Sabar aja ya, lakukan terus pengobatan dengan caluso dan plasternya. Semoga berhasil.

    Kalo ga sembuh-sembuh juga…. boleh dech nanti kalo tante sudah pulang minta saran sama dia, siapa tahu dapet operasi mata ikan gratis. Makasih

  84. salam kenal mbak…saya mau tanya…jari telunjuk kiri saya bagian atas mengeras dan menghitam karena sering saya gigit-gigit, apakah ini prinsip penyebabnya sama dengan mata ikan karena keseringan terkena tekanan gigi, tidak terasa sakit kecuali kalo saya gigit lagi….apakah jaringan kulitnya sudah mati…apakah penebalan kulit itu bisa diobati dengan asam salisilat? makasih mbak.

    =====================================================

    Menurut saya ini namanya kapalan bukan mata ikan.
    Kapalan itu seperti penumpukan kulit-kulit mati dan mengeras. Sebaiknya mulai sekarang berhenti gigit kuku.
    Berikan lotion ditangan setiap hari, gunanya biar ga digigitin terus, lotion yang kena jari pasti terasa tidak enak.

    untuk menghilangkan kapalan dengan merendam jari-jari selama 10 menit diair biasa lalu oleskan dengan asam salisilat.
    Pemakaiannya selama 2 minggu tetapi harus intensif, dalam sehari oleskan 3 X sehari nanti kulit akan mengelupas perlahan-lahan.

    Kalo sudah hilang lapisan kulit yang kerasnya, pemakaian boleh dihentikan. Terimakasih

  85. baru sminggu ini sy pny 2 kutil kecil d bawah mata.
    sblm k dokter, sbaiknya pncegahan apa yg hrs sy lakukan?soalny ngeri jg klo hrs d operasi…..

    ==============================================

    Kalo letaknya dibawah mata, jangan pake asam salisilat (Collomax, Callusol). itu berbahaya, takut kena mata.
    Tidak perlu obat apa-apa, langsung ke dokter untuk penyembuhan.

    Daerah mata sangat sensitif jadi tidak bisa ditangani sendiri, sebaiknya memang ke dokter.
    Operasinya tidak menyeramkan kok. Terimakasih

  86. kalo item item kayak rambut di dalam mata ikan itu apa ya?
    jangka waktu sembuhnya pake callusol berapa minggu y?
    thx

    • menurut saya itu akarnya, saya juga ada di jari telunjuk. dah lamaaaaaaa bgt dah, krn jarang2 make calusolnya jd lom ilan2, pdhl tinggal bintik2. tp klo ga dihajar sampe tuntas, bs tebel lg…. :( da sebel kelamaan

      ====================================

      Harus sampai tuntas diobati. Jangan menyerah :D

  87. solusi terakhir apabila obat apapun dah ga mempan, pake air aki tetesin lsg ke mata ikanya atau cara ke 2 ambil sedikit kapuk campurkan ke air cuka terus tempelin ke lobang mata ikan nya. extreme tapi + ilang.
    tato aja ilang gan..

    ============================================

    Kalo tips ini ekxtrim banget dan berbahaya.
    Saya sih ga mau, resiko tanggung sendiri ya….

    • Yang rajin pake callusolnya! 3 hari sekali abis mandi, dilebarin dikit pas diolesnya. Kalau mau keluar rumah tutupin pake plester. Kalau malem direndem pake air panas 15-20 menit. kalau udah 3 hari dikupas kulitnya pake kuku, mudah kok, trus diolesin lagi.
      Gue juga 2 minggu sembuh!

      Gue pernah dioperasi, dan berbagai cara, CALLUSOL jawabbnya. terima kasih CALLUSOL.

      =================================

      ini bukan lagi jualan Calusol kan? hehehe

      sykurlah udah sembuh :D

  88. Saya juga punya mata ikan, terus saya coba obatin pake calusol tapi karena dirasa kurang ampuh saya coba pakai plester cina yg disarankan ibu saya. Bentuknya kaya plester terus ada obat merah didalemnya, tinggal tempel sgt praktis. Harganya juga terjangkau 7ribu satu kotak dgn isi 6buah. Dan juga lebih terlihat progresnya, selamat mencoba :)

    • Yang rajin pake callusolnya! 3 hari sekali abis mandi, dilebarin dikit pas diolesnya. Kalau mau keluar rumah tutupin pake plester. Kalau malem direndem pake air panas.
      Gue juga 2 minggu sembuh!

      ==================================

      Semoga tidak ada lagi yang tumbuh.
      Masing-masing orang berbeda kesembuhannya, ada yang seminggu bahkan sampai 3 bulan.
      Yang penting cara pemakaiannya benar dan tepat.

      • pakek air aki cuman 1 minggu sembuh..

        ==================================

        ihhhh serem :mrgreen:

  89. Gue pernah ngalamin mata ikan. Gue nyoba buat dioperasi. Soalnya temen gue yang dioperasi jadi sembuh. Sakitnya minta ampun pas dioperasi. Abis itu gue harus jinjit-jinjit, keinjek, ketendang, dll susah banget luka operasinya sembuh. REPOT sama yang namanya operasi. 2bulah kira-kira sembuhnya luka operasi. Efeknya gue jalan jadi kebiasaan jinjit. tapi ternyata masih sakit kalau diinjek. pas gue cek, mata ikannya tumbuh lagi. malahan jadi ada dua pas di tempat operasi. Dokter nyaranin buat operasi lagi tapi GUE KAPOK!!!

    Sebelum dan setelah operasi gue nyari info cara buat nyembuhinnya, pake balsem, dipanasin, atau apalah, semuanya gak mempan.

    Gue baca situs ini katanya pake callusol, gue beli 24ribu di apotek. KURANG DARI 2 MINGGU sembuh mata ikannya. caranya gini:

    Siapin callusol, kapas atau korek kuping, plester.
    Cara pakenya ya cuma diolesin biasa aja callusol itu ke mata ikan pake kapas atau korek kuping, tapi sengaja gue lebarin lebih dari mata ikannya kira-kira 1-2mm, tapi gak terlalu lebar. Tunggu sampe warnanya putih dan cairannya kering. Kalau mau keluar rumah tutupin pake plester, tapi kalo lagi dirumah ya gak usah.

    Pakenya 3 kali sehari, kalau pagi ya setelah mandi, kalau siang hari ya cukup dibasahin aja kakinya atau direndem, tunggu bentar baru pake callusol.
    Kalau malam sebelum tidur direndem dulu pake air yang cukup panas dulu bagian telapaknya. Kira-kira 15-20menit. Kalau airnya udah dingin, tambahin air panas lagi. terus aja gitu. Baru pake callusol, tidur deh. Pas tidur pasti perih. Gak terlalu perih sih.
    Gue ngerendem pake air panas soalnya biar ngurangin rasa sakit mata ikannya pas keinjek.

    Udah 3 hari kulitnya coba dikupas, dikulitin pake kuku, kulit yang putih mengeras tadi mudah buat dikupas. ntar keliatan mata ikannya. terus cobain cara diatas tiap hari. beberapa hari selanjutnya kupas lagi kulit dieskitar mata iakan, olesin lagi, abis ngelakuin beberapa hari pas direndem udah juga mulai disikat bagian mata ikannya.

    Pas udah seminggu udah keliatan mata ikannya, rasa sakitnya udah gak kerasa. Kalau udah gak sakit lagi pas diinjek ya gue gak rendem pake air panas lagi.

    Hari ke-11 mata ikannya menjadi item terus aja pake callusol, gue sih pakeya cuma sehari sekali abis itu, dan beberapa hari selanjutnya mati deh mata ikannya, dikupas ilang.

    DALAM 2 MINGGU ILANG DEH MATA IKANNYA, GAK MASALAH KALAU MAU LARI LARI JUGA KALAU LAGI PAKE CALLUSOL. SOALNYA PAS NGOBATINNYA JUGA GUE TETEP RAJIN OLAHRAGA LARI.
    SELAMAT MENCOBA!!!

    TERIMA KASIH CALLUSOL!!

    ===========================================

    Terimakasih untuk pengalaman dan sharingnya :D
    Semoga informasi ini semakin bermanfaat untuk bersama.
    Terimakasih Asam Salisilat :D

  90. Waduh mbaca ni posting aku jd nambah wawasan,
    bt mbaknya yang baik hati ini makasih banyak atas kabaikan mbak mbagi ilmu kesehatanya.mg nambah rejekinya mbak.
    aku jg lg kena mata ikan mabak,tp cb aku obain nich

    =====================================

    Terimakasih, semoga berhasil Odin.

  91. Hore hore mata ikan saya sudah sembuh sodara2 hahaha alhamdulilah setelah kurang lebih sebulan akhirnya ilang juga itu ‘fisheye’ :D plester cina memang terbukti ampuh. Bagi yg butuh plesternya, beli aja di pasar kramat jati di lt 2 dibeakang toko emas, banyak yg jual tuh.

    =========================================================

    Sebenarnya plaster China juga sama, isinya asam salisilat tetapi pengunaannya todak dioe tetapi ada ring kecil untuk menutup mata ikan yang mengandung asama salisilat. tinggal ditempel saja. Sebaiknya tetap berhati-hati karena dosis salisilatnya bisa melebihi takaran.

  92. Mba , aku mau tanya .. Apa akibatnya jika obat Callusol itu d oleskan melebihi daErah yang terkeNa mata ikan ? ?
    *xie xie ni*

  93. iya betul, bisa lompat lompat tuh kutil, saya aja dah 2 kalioperasi kutil di kaki tapi setelah operasi selang berapa lama kemudian tumbuh lagi satu, capek saya ………..

    ==================================================

    Bukan kutilnya yang lompat-lompat tetapi akarnya sudah semakin melebar dan dalam sehingga jadi tambah banyak kutilnya.
    Persis seperti jamur dimusim hujan, akarnya satu tetapi jamur kecil-kecilnya bangat sekali.

    Tetap semangat dan jangan menyerah melawan si kutil :D

    • menurut aku yah, klo kapalan bisa dikurangi dg calusol dl.. tapi klo uda ga keras lagi… rajin2 pake bodilotion, biar kulit ga ada yg keras. trus perhatiin yg kapalan dimana..

      biasanya kapalan karena bagian tubuh kita sering tergesek, misalkan jari kaki, tumit…dll
      selamat mencoba

      ===================================

      Terimakasih saran dan masukannya :D
      Good job

  94. gw jg udh kapok operasi… gw takut sama jarum suntik. gw pernah sekali operasi mata ikan. eh, blom nyampe sebulan udah numbuh lagi di tempat jahitan operasi. gw konsul lg k dokter. katax coba pake callusol dulu. trus tukar sandal dan sepatux dengan yg nyaman dipake, g boleh yg alasnya keras. mudah2an cepat sembuuh gw. hhehe ^^

    ==============================================

    Jangan menyerah mengobati mata ikan, basmi sampai ke akar-akarnya.
    Terus menjaga kebersihan kaki dan tangan. Semoga cepat sembuh.

  95. permisiiii mau nanya juga ttg mata ikan dong.

    tp sebelumnya, mata ikan saya udh d angkat dr telapak kaki. sekitar 7 hari yg lalu. tapi sampai saat ini saya masih pakai perban yg sehari 3 kali diganti. dengan catatan, bagian “luka” nya tdk terkena air meski saat mandi.

    selanjutnya, kondisi lukanya sudah lumayan kering tapi kulit barunya belum sepenuhnya terbentuk.

    yg jadi pertanyaanya..

    kapan saya boleh buka perban dan berhenti menggunakan salep* yg diberikan dokter ?

    *salep yg digunakan : garamycin ( gentamicin sulfate )

    terimakasih ya :)

  96. Assalamu’alaikum wr wb wmg…………………………saya punya kutil yg nggak terlalu besar(yg induk satu sekitar 4mm) …..nah anaknya ada banyak dan tumbuhnya nggak sebelahan tapi jauhan jaraknya…….ini gimana ya mbak ngilanginnya?????please pencerahannya…….

  97. kalau aku sih pakek cara ndeso “saran dari ortu”.
    pakek air aki yang langsung di ambil dari dalam aki motor. bisa pakek katenbat trus dicelupin ke air aki atau hansaplas yang di olesin air aki di tengahnya, tempelin tu katenbat di akar mata ikan. tahan perihnya sekitar 2 sampai 4 menit kemudian lepas. lakukan berulang setiap hari sampai gak perih ketika di tempelin, kalo aku selama satu minggu dah sembuh..
    gak usah pakek operasi segala…
    semoga membantu..
    “AWAS PERIH”

    ============================================

    Sepertinya terasa perih dan ngilu bacanya…

  98. Hmm….di telapak kaki kanan saya tepatnya dibawah jempolnya,tumbuh mata kaki kecil tp kok banyak sekali…kayak titik2 putih,ada sekitar 10an lebih deh…..kadang2 gatel.Kalo kayak gitu juga mata ikan?..makasih ya

    ================================================

    Jika gatal tentu saja bukan mata ikan.
    Setahu saya mata ikan tidak membuat gatal-gatal. Mungkinkah itu sakit lain seperti eksim?
    Coba berobat ke dokter untuk memastikan.

  99. klo mata ikan, bila di pencet sakit dan kulit di sekitarnya menebal/keras, kalau orang jawa seperti kapalen

    ========================================================

    Kapalan dan mata ikan berbeda.

    Kapalan hanya penumpukan lapisan kulit mati yang tebal dan mengeras, sementara mata ikan penumpukan lapisan tebal, bisa beranak pinak dan punya akar yang dalam.
    Terimakasih

  100. mbak yg baek..
    maaf suratku panjang, lg stress mikirin anak nih…
    anakku umur 5 tahun, laki-laki. di telunjuk tangan kanan bagian atas ( bag yg kulitnya coklat ) hampir pas dgn ruas jari yang bisa ditekuk. – kira2 mudeng ga mb?- awalnya tumbuh gelembung putih seperti digigit semut, sy biarin wong biasanya pecah dan ilang sendiri. Tapi yg ini jadi tambah gede and keras. Liat iklan sy kasih callusol sesuai petunjuk, hari pertama ujungnya kelupas, sekarang udh 4 hari menguning keras ( seperti di dlmnya ada nanah tp keras ). Tapi ujung jari yang lain ( kedua tangan ) terasa sakit siang malam, jadinya rewel, susah tidur and ga bisa belajar.
    Yang mau sy tanyain :
    Apa benar itu namanya mata ikan?
    Kira2 pengobatan gitu progressnya benar ga mb? Kalo ga benar sy mo ajak ke dokter ( dgn segenap perjuangan mb – anak susah ke dokter )
    Emang benar akarnya sampai ke syaraf jadi jari2 yang lain ikut nyeri?
    Tolong dijawab ya mb, bener2 pusing nih..
    Thank you
    Desi Anna

    ==========================================

    Dear Mbak Desi,

    Saya mengerti keadaan yang dialami oleh putranya yang berusia 5 tahun.
    Saya berharap Mbak Desi membawanya berobat ke dokter agar bisa disembuhkan dengan cepat. Hentikan pemakaian Calusol karena usia anaknya masih 5 tahun.

    Menurut saya tidak baik jika kulit anak kecil diberikan asam salisilat karena bisa iritasi dan juga belum dipastikan apakah ini mata ikan atau lainnya.
    Bujuk Putra mbak dengan mengatakan yang terbuka, “adek tangannya kenapa? sakit ya? yang mana?. Adek mau sembuh ga? nanti kita bermain lagi… kita ke dokter yukk biar adek sembuh soalnya mama ga bisa ngobatin, tetapi kalo pak dokter pasti bisa nyembuhin adek. Nanti kita main bareng yuk ke sini ( tempat yang dia sukai).

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

    • Ok mb. Thanks a lot. Di bungkusnya ga ada batas umur (atau sy yg ga baca baik2? – ragu nih), tau gitu mah ga sy kasih dari awal. Duh tambah rasa bersalah nih, abis kalo kesakitan ampe nangis netes air mata gitu. Ntar malam sy bawa ke dokter, besok sy reply mb hasilnya.
      Skali lagi thanks ya…

      =============================================

      Oke, semoga hasilnya yang terbaik :D

  101. Ne aku klu ngilangin kutil cuma pake getah biji atau daun jambu mente doang… Lo dah masak alias hitam tu kutil d gulung sama sehelai rambut sendiri lama2 hilang tu kutil n ga balik2 lg,lo mata ikan sama cuma ulesi terus aja lo dah mantap bisa di cabut tu mata ikan nya ya cabut aj,proses smuax sampai 2minggu,slmat mncoba.

    ==============================================

    Saya ga menrekomendasikan lho.
    Akibat ditanggung sendiri!

  102. pake calusol bisa juga cepet lagi ilangin mata ikan walaupun udag gede banget

    =================================================

    Menurut saya sih, sebaiknya di operasi saja jika sudah terlalu besar.
    Pake Callusol bisa sih tetapi lama banget.

  103. Sy ingin brbagi pnglaman..
    Sy prnah kena penyakit ini..
    Awalny sngt tdk mengenakkan.. Sakit, gatal, panas.. Smua campur aduk jd satu..
    Trnyta pnyakit ini bs ilang tanpa obat2an.. Cukup pake rokok.. Sundutkan pd mata ikan trsbut pelan2.. Jgn trllu lama.. Sampe terasa nyaman aja.. Lakukan continu.. Sesering mungkin.. Sampe kliatan matang.. Mata ikan nnti akan kering dan mnglupas sndiri.. Trust me..!! Silakan mencoba.. Smoga brmanfaat.. Amiinn..

  104. waduh,,saya risih banget punya kutil di kaki bagian kiri..
    pertamanya cuma satu doang di dengkul, terus ampe sekarang malah beranak jadi banyak ada di dket telapak kaki, di betis juga…
    udah berkali2 saya coba pake ramuan tradisional ” kapur sirih & sabun colek”, pertama sukses tapi pada tumbuh lagi,,sekarang jga masih ada..
    gimana ya cara yg paling ampuh buat ngilangin si kutil,,?? tolong mba ya minta pencerahannya…
    makasih :))

    ================================================

    Waduh, kalo sudah sampai beranak pinak sebaiknyake dokter saja untuk diangkat mata ikannya dengan operasi kecil.
    Jangan takut, dioperasi tidak menyeramkan seperti yang dipikir. Berobat sebelum terlambat dan tambah banyak.
    Terimakasih

  105. sya jga kna mta ikan….di kaki kiri sma knan..
    koq smkin lma smkin bsar&tmbah ya ?? ap bsa branak ??
    tp syukurlah udh dioprasi

    ====================================

    Meskipun sudah dioperasi tetap dicek terus kakinya. Jangan sampai ada yang tumbuh lagi.
    Terimakasih

  106. Dikaki Saya sekarang tumbuh lagi mata ikan nya..pdhl dl pnh d operasi.
    Dan makin banyak..
    Apa perlu saya melakukan operasi lg??

    ============================================

    Jika sudah pernah operasi dan sekarang makin banyak sebaiknya dioperasi lagi.
    Jangan takut untuk operasi ya. Semangat :)

  107. kupingku sakit rasanya cekit cekit nich gimana cara menyambuhkanya ya mbaaaaaa dan memakai obat apa kah…?

    =======================================

    Sebaiknya berobat ke dokter spesialis THT agar kupingnya tidak sakit lagi.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  108. mmbak, saya ad tumbuh semacam kutil di bawah mata di atas rahang kanan wajah saya,
    nah akhir2 ini membesar buletnnya sampe kliatan kl ngelirik ke kanan ad sesuatu di muka gitu..
    apa itu bahaya ya? baca2 katanya harus operasi dll, mau tanya kl operasi kutil di muka itu mahal ga ya? thx

    ============================================

    Berhubug kutilnya didekat mata sebaiknya periksakan ke dokter kulit saja dan konsultasikan berapa biayanya.
    Terimakasih

  109. mbak harga nya operasi minor mata ikan itu berapa ya kira2 kalo di dokter spesialis? makasiiiiihhhh

    ===========================================

    Untuk operasi minor mata ikan tidak perlu dokter spesialis, cukup dokter umum.
    Berobat saja ke dokter umum, biayanya tidak terlalu mahal kok.
    Terimakasih

  110. baru ke dokter nanyain benjolan di jari manis kanan, ternyata kutil, masih ukuran diameter 2 mm, dikasih resep callusol, mudah2an berhasil dibasmi, soalnya ditelapak tangan kanan lmyn ada beberapa yang kecil2 tapi pertumbuhannya tidak se agresif yg di jari manis.

    =========================================

    Pengobatannya harus rutin ya.
    Sehari dilolesin 2-3 x sehari dan harus sampai tuntas agar akar mata ikannya dapat terangkat semua.
    Terimakasih

  111. maaf mba rina, mau nanya info tentang obat selain Callusol yang ada ring bulatnya sehingga cairan obatnya tidak luber ke mana2. apa ya nama mereknya? makasih..

    =================================================

    Saya pernah lihat produk tersebut kalo tidak salah produk China yang mengandung asam salisilat.
    Mohon maaf saya tidak tahu namanya. Terimakasih

    Sebaiknya gunakan yang pasti-pasti saja.

    • itu obat lawas, ntah masih ada jual kagak. nama obat china-nya “Ji Yuan Gao”. pengalaman saya sih, kalo sudah besar sekali (terutama sudah ada bintik2 hitam/ mungkin akar nya) baru pake obat china itu, kalo masih kecil2 pake callusol saja.

      ===================================

      Saya malah baru dengar obat itu.
      Saran saya jika diameternya sudah besar dan akarnya daam sebaiknya tetap diaksanakan operasi kecil saja.
      Terimakasih

    • iya bener dah sempat rata sih, tapi tumbuh lagi, kenapa ya?

      ======================================

      Karena masih ada akar mata ikan yang ada didalamnya meskipun kelihatan sudah rata.
      Untuk itu harus dilihat dengan seksama apakah ada akar mata ikan yang tertinggal atau tidak.

      Saran saya meskipu sudah terlihat oleh mata sudah bersih, rata, tidak ada akar yang terlihat tetap gunakan samapi 2 minggu lagi ntuk memastikan agar akarnya benar-benar hilang. Perih sedikit tidak apa-apa daripada nanti tumbuh lagi. Terimakasih

  112. Sakit buangetz,,,,

    =====================

    Diobati dengan benar ya.
    Bila perlu ke dokter untuk hasil yang lebih pasti.

  113. Saya punya keponakan perempuan.. pernah punya kutil di bagian kaki tapi udah di berikan kapur sirih sama detergen gitu.. kutilnya hilang sih tapi bekas hitamnya itu bkin malu-maluin..keponakan saya sudah tdk prnah pake sepatu yang dpannya terbuka katanya malu sama bekas yang hitam itu. Terus bberapa minggu tumbuh kutil lagi didekat daerah bekas kutil yang telah menjadi hitam itu. Pertanyaan saya
    1. apakah dengan calusol nnti kutil yang tumbuh lagi bisa hilang? Dan
    2. apakan ada salap, obat lain, atau cara yang bisa menghilangkan bekas hitam kutil sebelumnya? soalnya keponakan saya ini masih 16tahun malu sama temannya kalo bekas hitam itu kelihatan.. tolong infonya segera ..kasihan keponakan saya

    ===============================================================================================

    1. apakah dengan calusol nnti kutil yang tumbuh lagi bisa hilang?
    saran saya sebaiknya berobat ke dokter saja, bila perlu operasi kecil untuk mengangkat akar kutil yang tertinggal. Calusol hanya bisa berfungsi untuk kutil/ mata ikan yang diamternya kecil.

    2. apakan ada salap, obat lain, atau cara yang bisa menghilangkan bekas hitam kutil sebelumnya?
    Saya tidak setuju diobati dengan detergen dan kapur sirih, itu berbahaya untuk kulit dan sudah pasti ada bekas lukanya. Obat lainnya tidak ada, sebaiknya lakukan operasi kecil agar tidak malu lagi. Tidak usah takut, ini aman dan prosesnya cepat. Terimakasih

  114. saya punya kutil gimana cara menyembuhkan pake callusol dan waktu sebelum saya nulis terasa saktnya mohon sarannya ya
    terimakasih

  115. saya mempunyai kutil di wajah,
    jika obatnya pake cuka ada bekas ngak
    balas yaa
    soalnya ku ngaok mau ada kutil di wajah
    aku malu

    =======================================

    pertanyaan ini nih yang bikin saya kesal.
    Mau sembuh tapi ga mau rugi dan ga tahu resiko. Asal-asalan aja.

    Namnaya juga asam/ cuka tentu aja berbahaya untuk wajah. Masa sih menghilangkan kutil pake cuka?
    Mohon berobat ke dokter spesilais kulit agar hasilnya terbukti dan terpercaya dan tidak menimbulkan bekas diwajah.
    Pake cuka justru akan membuat kamu tambah malu. Ke dokter segera, jangan diobati sendiri! Terimakasih

  116. mbak, aku ada kutil nih di betis. aku kira bentol doang, ternyata sebulan kemudian baru menampakkan “sosok kutilnya”. terus 2 minggu yg lalu aku coba obatin pake campuran kapur sirih+sabun colek (baca di internet) dalam sehari kutilnya langsung menghitam gitu.

    beberapa hari kemudian kering. herannya kutilnya ga copot2. katanya kalau sudah menghitam dan kering ntar copot sendiri? bener ga mbak? atau ada cara untuk mencopot kutilnya? kalau pake plester cina itu bisa copot ga ya mbak?
    terima kasih, mohon bantuannya.

    ==========================================================

    Saya mohon jangan menggunakan cara-cara instan yang tidak dijamin keberhasilannya. Jika sudah menghitam sebaiknyasegera berobat ke dokter. Saya khawatirnanti terjadi infeksi. Mata ikan tidak bole dikorek-korek, dicopot paksa apalgi pake cara eperti itu. Berbahaya, untuk itu berobat saja kedokter kulit.

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  117. Mbak TukangObat yang Bersahaja..

    saya punya mata ikan di telapak kaki kanan persis dibawah jempol sekitar 1cm diameternya, dan sudah saya tempel plester cina selama hampir 2 minggu, sepertinya sudah banyak lapisan kulit yg terkelupas, dikarenakan saya gulung dengan plester hansaplast rolling, agar tidak terkena air dan debu, maka setiap 24 jam saya buka plesternya benjolannya pasti agak basah ntah karena keringat atau cairan dari kulit..
    lapisan kulit luar udah terkelupas semua..namun selaput kulit yg membalut mata ikannya itu tidak terkelupas, sementara kulit2 disekelilingnya masih utuh, jadi bagian kutilnya saja yg agak dalam..

    karena saya kuatir kulit disekeliling ikut terkelupas, maka saya selalu tutupi dengan plester sehingga hanya menyisakan 1 lobang yaitu tempat benjolan..baru saya tempel plester cina lagi..begitu seterusnya sampai 2minggu, namun tetap gak terangkat..
    setelah baca2, saya coba beli di apotik yg ternyata masih menjual Collomack, jadi saya oles bagian kutilnya saja, namun sekarang rasanya sakit sekali sampai2 gak bisa jalan, sementara waktu masih pake plester cina, saya masih bisa berolahraga, lompat dan lari2, sama sekali tidak sakit bahkan saya pernah saking geramnya saya korek2 pake gunting..benar2 tidak sakit…

    namun sekarang malah sakit banget sejak diolesin collomack, yang mau saya tanyakan, setelah didiamkan dan berwarna putih mengeras, pada saat kita mau oles lagi nantinya apa putih2nya harus dicopotin dulu atau langsunng dioles lagi dipermukaan putih yg keras itu??
    Pekerjaan saya menuntut harus banyak berjalan dan bergerak..apa saya yg saya pake? sandal atau sepatu dengan kaos kaki? Terus pada saat mandi gimana? dan kalo kena air pasti berlendir2 gitu selaputnya apa harus dicopot atau dikeringkan?
    bolehkah saya oleskan collomack sampai putih keras lalu ditutupi plester cina? saya bener2 tidak mau di operasi..Trims jika berkenan membalas..

    ================================================================================

    Terimakasih Bayu untuk pertanyaan dan penjelasan yang sangat rinci.
    Saya kembali ingin menekankan bahwa untuk mata ikan dengan diamter lebih dari 1cm akan sulit diobati dan berhasil dengan Collomack.
    Kenapa Bayu tidak mau dioperasi? menurut saya hal itu bukan karena tidak punya uang tetapi karena Bayu terlalu takut dan malas sembuh.

    Mau nunggu berapalamapun tetap akan sakit kakinya.
    Sekrang prgilah ke dokter untuk operasi minor. Tidak perlu takut dan stress berlebihan. Ini bukan seperti meja operasi yang besar. Ini bahkan lebih kecil dari operasi sunatan. Hanya 20 menit saja dan hanya dibius lokal dsekitar kaki. Sebentar sekali kok, diperban selama seminggu dan istirahat 3 hari selanjutnya bisa beraktivitaskembali seperti biasa.

    So, kalo mau ikutin saran saya, silakan operasi minor. Semua pilihan ada ditanganmu. Saya tidak ingin memaksamu untuk sembuh.
    Terimakasih

  118. sy pernah kena cuplak/kutil waktu masih sekolah dl dah lama, trus sy obati pake kapur sirih plus sabun colek plus air jeruk nipis, kutilnya rontok, tapi sekarang dah puluhan tahun kok ada lagi tumbuh di telapak tangan n kaki gimana ya cara nyembuhinnya dan ga bisa tumbuh2 lagi malu rasanya

  119. ass… mbak,, alo untuk menghilangangkan bekas luka (kecelakaan) yang membenjol pake apa??

    =======================================

    Kalo untuk luka membenjol berarti ada peradangan. Diobati dengan anti inflamasi, bila perlu antibiotik.
    Namun kalo bekas lukanya sudah lama dan membenjol bisa suja itu disebut keloid.

    Saran saya sebaiknya segera dobati ke dokter agar cepat sembuh dan lukanya bisa kempes lagi. Terimakasih

  120. mbk mohon bantuannya dengan jawaban anda karena saat ini saya benar2 takud dan pusing . .

    saya terkena mata ikan di jari kaki tangah dan sudah dioperasi minor satu bulan lalu, namun setelah beberapa minggu saya rasakan sakit disekitarnya bekas operasi padahal luka bekas operasi sudah kering tapi belum mengelupas. . dan ternyata timbul bintik bintik kecil disekitarnya dan juga disebelah jari kaki tengah tersebut . . saya bingung dan masalah ini selalu menjadi beban fikiran, yang mau saya tanyakan berikut.

    1. karena bintiknya kecil2 seperti titik2 disekitar dan sebelah kaki yang dioperasi dan terasa sakit . . saya harus operasi minor lagi atau pake callusol mengingat bekas operasi yang pertama belum mengelupas?
    sebagai penjelasan mata ikan yang pertama membulat dan tumbuh keluar . . sekitar 0,5cm diameternya,,,sedangkan yang timbul lagi disekitar dan sebelah bekas operasi seperti bening di dalam dan seperti ada bintik hitam di tengahnya namun belum menonjol keluar….

    2. virus HPV yang menyerang kaki apa ada kemungkinan menyerang tangan dan menyerang kelamin?

    3 disebutkan jika memakai callusol 3x sehari dan apakah setiap sebelum pemakaian kaki harus direndam?

    terima kasih sekali jika mbk berkenan membalasnya =)

    • saya juga takut apakah caplak di kaki saya ini(skrg udah mulai hilang) bisa menular karena sering memegangnya!!! tapi kata ayah saya yg bikin menular itu cairan dari dalam caplaknya…. mohon penjelasannya mbak tukangobatbersahaja

      • masuk lagi . . .
        alhamdulillah saya sekarang sudah sembuh dari caplaknya, alhamdulillah . . . .
        saya akan berbagi pengalaman . . .

        1. berdoalah kepada Allah SWT memohon kesembuhan dan yakinlah bahwa segala penyakit ada obatnya dengan pertolongan-Nya
        2. dari berbagai media yang saya temui disebutkan bahwa pete, getah pepaya, kapur sirih, sirih, kemangi, sabun dapat membantu . . .
        namun yang saya lakukan setelah operasi minor mengingat seperti tumbuh lagi di atas bekas operasi dan di jari sebelahnya, yang saya lakukan adalah menumbuk jadi satu sirih, daun pepaya, kapur sirih . . terkadang juga saya mengganti dengan kemangi . . ditempel pada caplak saya dulu yang seperti baru mau tumbuh dan setiap kali dilepas diganti dengan yang baru . . . rutin . . selain itu rajin dibersihkan dengan rivanol dan obat merah serta minyak zaitun
        3. mengingat penyakit saya setelah dioperasi minor seperti tumbuh lagi maka saya juga konsultasikan ke dokter lagi . . . dan kata dokter (InsyaAllah) . . seperti itu,, saya diberi obat 3 jenis . . . fargetix (anti nyeri),, rhemafar (anti radang),, helixim (antibiotik) . . . .mohon maaf bukan promosi dokternya bernama (dokter yaqub iskandar) . . kurang afdhol jika tidak menyebutkan orang sebagai perantara yang membantu kita . .=) namun kata kakak saya helixim adalah antibiotik yang terlalu tinggi jadi mungkin kalau bisa diganti dengan yang lebih rendah . . . alhasil bintik2 kecilnya mengering dan mengelupas . . alhamdulillah Ya Allah telah memberi hamba kesembuhan . .

        itulah pengalaman saya yang bisa dijadikan pertimbangan semoga bermanfaat . . .mohon maaf jika tips nya terlalu rumit tapi memang saya melakukan itu dan jangan menyerah kawan kawan . . . ^^9

  121. Pingback: Cara Mengobati Kutil | Caramanfaat.net

  122. Salam kenal mb…saya uda menderita mata ikan lama bgt, 3bln lebi, saya biarkan aja benjolan kecil itu karna saya kira paling apaan.tapi krna lama2 sakit itu saya crta tmn saya tak dy blg mata ikan,setelah itu saya obatin pake plester cina, pake 3pack terlupas deh kulitnya sama 2matanya..tapi 2mingguan tumbuh lagi dan menonjol ada matanya..ini saya hbis operasi mb,dicauter sama dr kulit hari senin kmrn, tapi lukanya blum kering,,setelah membaca blog ini saya takut. Tmbuh lagi itu..apa perlu setelah luka kering saya pake calusol untuk pencegahan??terima kasih sebelumnya

  123. I can provide you such guidelines which will aid you to decide what to do when somehow you face such situation within your career Unknown lender requirement #2 – minimal risk exposure – the majority of instant car
    loans lenders have become apprehensive about lending, especially inside
    present economic climate.

  124. mbak gimana ya, kalau mata ikan saya ada di tangan tumbuhnya msih kecil2 tapi bnyak sekali kira kira ada lah 10an tiap hari mungkin ada saja yang muncul, solusi nya itu gimana ya mbak?saya takut banget tbtb jari saya harus di amputasi:’(( saran nya dong mbk tolong

  125. Pingback: Obat Mata Bengkak Dan Gatal | Obat Herbal Untuk?

  126. begini ceritanya dok, saya baru saja membeli obat callusol utk menghilangkan kutil ditangan saya. saya pakai dengan cara diolesin kapas lalu diplester.
    setelah selesai, saya buka.
    tapi kulit sehat saya jadi memutih dok? berbahaya kah?
    apakah kulit yg memutih itu bisa hilang dok?
    baagaimana caranya menghilangkannya ?
    mohon jawabannya dok.
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s