Penarikan Produk Kosmetik Mengandung Merkuri dan Hidrokuinon

Menjadi cantik adalah keinginan semua wanita. Banyak cara digunakan untuk terlihat lebih dengan pemakaian make up, rambut diwanai, memakai sabun dan perwatan kulit pencerah wajah. Namun tanggal 11 Juni 2009, kepala BPOM Dr. Huniah Rubiana Thamrin Akib, MS, M Kes, SpFk, mengeluarkan Publik Warning NO. KH.00.01.43.2503 mengenai penarikan peredaran 70 item kosmetik yang mengandung bahan berbahaya / bahan dilarang Merkuri, Hidrokinon, Asam Retinoat, Zat Warna Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075).

70 item tersebut terdiri dari: 18 produk Kosmetik Rias Wajah dan Rias Mata Mengandung Bahan Berbahaya/ Bahan Dilarang, 7 produk Kosmetik Pewarna Rambut Mengandung Bahan Berbahaya/ Bahan Dilarang, 1 produk Kosmetik Sediaan Mandi Mengandung Bahan Berbahaya / Bahan Dilarang.

pondsYang terbanyak adalah 44 produk Kosmetik Perawatan Kulit Mengandung Bahan Berbahaya / Bahan Dilarang. Cukup mengejutkan juga karena beberapa produk ternama juga tercatat disana seperti: OLAY Total White, OLAY Total White Krim Pemutih, POND’S AGE Miracle Day and Night Cream, ketiganya mengandung merkuri. Selain itu  terdapat nama produk yang dikenal masyarakat seperti Topsyne, Obagi Nu-Derm, Dr. Fredi S, DR Secret, CR dan lainnya. Silahkan kesini untuk lihat detailnya.

Saya belum mendengar jawaban ke publik dari pihak Unilever sebagai pemegang brand Pond’s, apakah memang benar produk tersebut terbukti melebihi kadar  ppm yang dipersyaratkan, batch yang nomor berapa. Mari kita tunggu kabar selanjutnya (gambar diambil disini).

Saya berharap kita menjad wanita yang cerdas yang dapat memilih produk dengan cerdas pula. Jangan termakan iklan atau rayuan mbak SPG yang memberikan paket promosi, hasil instant. Cantik bukan terjadi dalam sehari semingu sebulan, it takes time and without changing lifestlye it doesnit work.

Pemakaian jangka panjang berbahaya untuk tubuh. Hidrokuinon boleh dipakai asal dalam pengawasan dokter dan kandungannya tidak lebih dari 2%. Jika berlebihan akan membuat kulit mudah teriritasi, rasa terbakar pada kulit. Retinoatpun harus dalam dosis yang tepat.

Kalo Merkuri kayanya semua sudah tahu, bahasa umumya air raksa dan bersifat karsinogenik. Biasanya terdapat dalam alat pengukur termometer, kebayangkan bahayanya kalo menempel diwajah yang mulus. Sementara pewarna Rhodamin B merupkan pewarna pakaian, masa dipake untuk muka dan rambut.

Ayo Sayangi Tubuhmu, kosmetik yang tidak tepat justru akan merusak tubuhmu :D

update 15/06/2009:
Berita tersebut dibantah oleh pihak unilever, menurutnya beberapa produk yang termasuk dalam list tersebut bukanlah produk Pond’s, karena Unilever tidak pernah membuat produk seperti dibawah ini:
Pond’s Detox Complete Beauty Care Make Up Kit
Pond’s Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss, Creme Powder No. 1-2
Pond’s Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake
Pond’s Detox Complete Beauty Care.

Jadilah konsumen yang jeli dalam menentukan produk. Jika memang sebuah produk ditarik dari pasaran tanyakan yang ditarik batch number berapa dan batas konsentrasi berapa ppm atau persen dari bahan tersebut masih dapat ditoleransi.

 

UPDATE 31 OCT 2011

Dear All,

Karena semakin banyaknya permintaan ke saya untuk mengecek apakah prouk A, produk B, produk C, dst aman atau tidak? mengandung merkuri atau tidak? maka tidak  akan mungkin saya menjawab satu persatu semua pertanyaan tersebut. Sebenaranya jawaban tersebut sudah ada di website Badan POM resmi di: http://www.pom.go.id/

Setelah masuk ke websiter tersebut, kita bisa mencari nama produk yang kita inginkan dibagian kotak “Produk teregistrasi”. Dari situ nanti keluar informasi “Daftar Produk Yang Mendapat Persetujuan Izin Edar”

Klik saja “periode 30 hari” lalu klik dibagian yang ingin dicari apakah itu produk kosmetika, Obat, Obat Tradisional, Produk Komplemen, Makanan Minuman.

Misalnya ingin cari nama produk kelly pearl whiteaman atau tidak maka Klik “kosmetika” lalu klik lagi dipojok kanan atas “cari kosmetika” lalu tulis “Kelly” maka akan keluar nama dan informasi yang menunjukkan bahwa kelly sudah memiliki nomor registrasi dan dapat dikatakan aman sepanajang tidak ada penarikan produk.

contoh informasinya seperti ini untuk KELLY Pearl Cream Whitening:
Produk               : KELLY Pearl Cream Whitening
Nomor registrasi     : CD 1005300610
Bentuk Sediaan     : Padat, Kuning kecoklatan
Kemasan      : Pot – dos, 1,5 g, 5 g, 15 g
Klasifikasi     : Kosmetika:: Sediaan perawatan kulit :: Moisturizer
Produsen      : KELLY INTERNATIONAL COSMETICS, PT

Atau Produk Kelly lainnya

Produk : KELLY Pearl Cream
Nomor registrasi : CD 0901702581
Bentuk Sediaan : Krim, Krem
Kemasan : Pot-dos, 1.5 g, 5 g, 15 g
Klasifikasi : Kosmetika:: Sediaan rias wajah :: Vanishing cream
Produsen : KELLY INTERNATIONAL COSMETICS, PT

Kalo belum mengerti juga lihat postingan saya disini : http://tukangobatbersahaja.com/2011/09/22/daftar-produk-yang-mendapat-izin-edar-dan-aman/ Semoga kita bisa lebih bijak lagi dalam memilik produk kosmetika!

About these ads

292 thoughts on “Penarikan Produk Kosmetik Mengandung Merkuri dan Hidrokuinon

  1. Pingback: Penarikan Produk Kosmetik Mengandung Merkuri dan Hidrokuinon

    • dear mb Rina Susanti…
      Saya Saat ini sedang menggunakan Cream perawatan SPARKLING,,yg harga satu paketnya 425.000 (Facial Wash,Night cream,day cream,toner,serum)..tapi setelah 2 minggu pemakaian ,,saya malah gk merasakan berubahan yg baik,malah muka saya rasa perih,terbakar kyk kepiting rebus,mengelupas,…ini referensi temen saya,,katanya banyak yg pake berhasil,bagus..kok knapa pas saya yang pake jadi begini yaaak..sprakling berbahaya gak mb??tq infonya mb…

      =====================================

      Pada dasarnya sebagus apapun sebuah merek jika dalam pemakaian yang relatif singkat terjadi efek samping rasa perih, terbakar seperti kepiting rebus, dan mengelupas sebaiknya penggunaannya dihentikan. Mungkin memang wajahnya yang sensitif atau ada kandungan yang tidak compatible dengan wajah. Terimakasih

      • boleh minta saran mb rina,cream perawatan apa yg aman dan cocok bwt saya….kulit wajah saya sebetulnya aman gk ada masalah,,hanya saja cenderung berminyak dan terlihat kusam,,jadi kalo saya pake make up kekantor hanya bertahan 15menit saja,,selebihnya kusam banget mukanya…tq saran mb Rina yg Bersahaja..=)

      • cream macalana n collagen berbahaya gk mbk,,apa yang bagus cream untuk se usia 17 thun mbk..
        ksh sarannya ya mbk.gmana dengan kelly..

        ================================================

        Sebaiknya periksa dan cek langsung ke website Badan POM. Gunakan produk yang ringan dan tidak terlalu berat untuk kulit remaja.
        Tidak perlu pakai foundation, cukup bedak tabur dan lipgloss aja. Terimakasih

  2. beritanya ga lengkap Jeng.. Ponds dan Olay yang dilarang itu adalah produkan aspal, yang diisi ulang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    berita sepotong-potong memang suka bikin panik… :|

  3. @ Dear Chic

    Memang benar, ada beberapa produk palsu yang digunakan mengandung bahan pewarna berbahaya dan itu terdapat pada:

    Olay 4 in 1 Complete Make Up
    Pond’s Detox Complete Beauty Care Make Up Kit
    Pond’s Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss, Creme Powder No. 1-2
    Pond’s Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake
    Pond’s Detox Complete Beauty Care

    Produk tersebut tidak pernah diproduksi oleh Unilever. Hal tersebut memang produk yang tidak pernah terdaftar.

    Lantas apakah OLAY Total White, OLAY Total White Krim Pemutih, POND’S AGE Miracle Day and Night Cream juga produk palsu? kalo ini jelas-jelas ada.

    karena itu dalam postingan saya katakan bahwa, “…apakah memang benar produk tersebut terbukti melebihi kadar ppm yang dipersyaratkan, batch yang nomor berapa…”.

    Konsumen memang harus lebih jeli dalam menerima informasi. terimakasih untuk sharing dan masukkannya

    • OLAY TOTAL EFFECTS berbahayakah? soalnya saya udah pindah pakai olay karena iritasi pakai POND’S AGE Miracle Day and Night Cream

      ================================================

      Mohon cek langsung ke website badan POM di http://www.pom.go.id lalu menuju ke produk teregistrasi.
      Cari dibagian kosmetika. Terimakasih

  4. Sebagai konsumen maunya juga jeli, dapat produk yang tepat, sehat dan nikmat. Tapi pengetahuan yang terbatas jadi kendala.

    Gimana kalau para ahli seperti mbak Tukangobatbersahaja ini membantu memilihkan produk-produk yang aman?

  5. @ Guh
    Good questions :D bisa saya buat postingan…
    Tidak harus jadi farmasis untuk tahu dan bisa memilih yang tepat hehehe.

    Cara mudah untuk menetahui obat/makanan/cosmetik legal atau ilegal adalah mencantumkan nomor register BPOM di kemasan. Jika tidak ada noreg bisa dipastikan palsu/ ilegal

    Kadang masyarakat tidak tahu kode-kodenya:
    misal DKL 1234566789122 (dalam negri, obat Keras, Luar)
    MD 23456 (makanan, produk Dalam negri)
    CL 27384 (cosmetik, produk luar negri)

    Kedua, harus mencantumkan nama bahan aktifnya, misal panadol harus mencantukan (paracetamol), shampoo harus mencantumkan ingredient list (jangan hanya tulisan anti dandruff, smooth effect, dll).
    Komposisi harus jelas :D

    Tanpa nama jelas, tanpa no. reg, tanpa komposisi bahan aktif, nama produsen pembuat, expired date… harus berpikir ulang untuk membeli.

  6. @ sss
    Tidak semua produk Dr. Fredi Setiawan jelek.
    Yang ditarik ada 2 produk saja:
    1. Dr. Fredi Setiawan Extra whitening cream
    2. Dr. Fredi Setiawan Whitening cream II
    keduanya mengandung asam retinoat bukan merkuri.

    Saya juga menggunakan produk Natasha, sampai hari ini tidak ada masalah tuh. Yang harus diingat, apakah benar itu produk natasha? batch number berapa? kadar yang dipersyaratkan berapa?

    Jika kita menggunakan produk kecantikan dari klinik dan dalam pengawasan dokter, pasti dokter akan memantau kondisi perkembangan kulit wajah kita… so tidak perlu terlalu khawatir :D

    • mbak…aku pake produk natasha baru 4hari ni..tp kulit muka terkelupas??
      apakah itu berbahaya??

      ===========================

      Tentu tidak, biasanya sebelum dikasih krim malam dan krim pagi, dokter selalu menyarankan untuk facial dan chemical peeling.
      Gunanya untuk mengangkat lapisan kulit yang mati.

      Setelah dua hari baru boleh pake krim pagi dan malam. Biasanya memang ada lapisan kulit mati yang terangkat. Dulu wajah saya juga sperti itu.
      Setelah konsultasi dengan dokter, hal itu adalah wajar.

      Kalo wajahnya kemerahan dan sensitif, sebaiknya krim pagi malam dihentikan dan gunakan krim anti iritasi saja.
      Setelah seminggu baru dipake lagi. Terimakasih.

    • kalau perawatan kecantikan d klinik terjamin gak?
      cz muka saya sudah terlalu bnyak bhn yg berbahaya yang masuk karena ketidaktahuan sy(mercury)
      gmn y solusi nya?

      ============================================

      Berobatlah ke dokter dan klinik terpercaya dan bukan sembarangan klinik. Memang harganya sedikit mahal tetapi hasilnya bisa dipertanggung jawabkan. Saya menyarankan klinik Erha dan Natasha. Terimakasih

      • maaf, tp curhat sedikit, saya memakai natasha 5 tahun. 3 tahun memang tidak ad masalah, muka mulus, jerawat ga muncul sama sekali. tapi 2 tahun berikutnya , jerawat muncul. lama2 jd banyak dan tidak hilang . saya sudah melakukan perawatan yang dianjurkan dokter natasha, tapi hasilnya nihil. seperti sudah kebal muka saya, tidak ngaruh sama sekali. pdahal udah ngabisin banyak uang untuk perawatan itu . dr chemical peling, facial, dll. sampe diberi obat tetap tidak sembuh. dokternya sampai bilang, kok bisa ya ?dokternya bgg apalgi saya -,- . dan denger2 natasha memang keras kandungannya . dan ibu saya memakai natasha justru flek hitamnya muncul dan terlihat jelas bgt.

        ===========================================

        Tidak perlu berkecil hati jika terjadi demikian.
        Cobala untuk tidak menyalahkan siapa-siapa tetapi mengoreksi diri terlebih dahulu.

        Jujur saypaun pernah mengalami ini tatkala saya sudah sampai dilevel kulit saya indah dan baik-baik saja.
        Saya menjadi sok dan jadi tidak rutin lagi perawatan. Perawatan bukan hanya datang ke klinik secara teratur tetapi juga perawatan tatkala menjelang menstruasi, kadar hormon meningkat, istirahat saya kurang sehingga saya berjerawat lagi.

        Ternyata saya salah seharusnya meskipun wajah saya sudah oke dan baik, saya tidak boleh merasa semua akan baik-baik saja dan saya tidak menjaga diri. Saya harus terus merawat kulit dengan teratur dengan menjaga hormanal tubuh, makan sehat, kualiats tidurdan mengkonsumsi vitamin untuk wajah. Semoga tips dari saya berguna.

        Setiap wanita pasti punya problem kulit yang berbeda dan jangan disamakan. Terimakasih

  7. saya juga pakai produk natasha Dr.Fredi Setiawan,sampai hari ini juga ga ada masalah.. malah ga pernah ada keluhan selama saya pakai produknya..saya pakai dah sekitar 3 tahun n aman2 saja..mungkin memang benar ada yang ditarik tapi ga smuanya kan…? jadi ga perlu kwatir deh..kita kan bisa datang ke natasha n konsultasi ma dokternya..misal terjadi apa2 kan bisa minta pertanggung jawabannya..

      • Saya pernah pakai produk natasha selama hampir 2 tahun lebih, selanjutnya kadang-kadang saya lupa atau telat memakai cream, muka saya keluar bintik-bintik merah dan banyak sekali (seperti jerawat batu)…Setiap saya lanjutkan kembali pemakaiannya bintik-bintik merah tsb langsung hilang…..maka dari itu saya berkesimpulan kalau produk natasha membuat ketergantungan.

    • @ Abiel
      Tidak :D

      Sebetulnya tidak perlu khawatir terlalu berlebihan mengenai penarikan sebuah produk.
      Bisa saja hanya batch tertentu yang bermasalah. selebihnya tidak.

      jadilah pembeli yang cerdas dan teliti :D

    • Vica Septinia Finita

      Produk kosmetik Kelly sudah ada sejak dulu bahkan sudah dipakai oleh ibu saya waktu muda hehehe

      apakah mengandung merkuri? well, sampai sekarang tidak ada surat edaran dari BPOM yang menyatakan Kelly mengandung merkuri… jadi dengan kata lain Produk masih ini aman.

      memaang ada beberapa isu mengenai hal itu tapi itu tidak ada bukti-bukti yang kuat. selama Vica merasa aman dan tidak ada efek samping silahkan untuk terus digunakan.

      Terimakasih

      • mama gue juga masih pake kelly tapi nggak apa apa kok :D

        ==============================================

        Ga apa-apa, kelly aman untuk digunakan.

      • tapi saya memakai natasha 5 tahun , 3 tahun saya bagus mulus , 2 tahun jerawatan parah ga berhenti . smua perawatan di natasha yg disarankan dokter sudah saya coba. tetap tidak berhasil. kaya uda ga mempan krim dan perawatannya. sampe dokternya bilang kok bisa ya ? dokternya aja bgg apalg saya -,- .

        =====================================

        Tidak perlu berkecil hati jika terjadi demikian.
        Cobala untuk tidak menyalahkan siapa-siapa tetapi mengoreksi diri terlebih dahulu.

        Jujur saypaun pernah mengalami ini tatkala saya sudah sampai dilevel kulit saya indah dan baik-baik saja.
        Saya menjadi sok dan jadi tidak rutin lagi perawatan. Perawatan bukan hanya datang ke klinik secara teratur tetapi juga perawatan tatkala menjelang menstruasi, kadar hormon meningkat, istirahat saya kurang sehingga saya berjerawat lagi.

        Ternyata saya salah seharusnya meskipun wajah saya sudah oke dan baik, saya tidak boleh merasa semua akan baik-baik saja dan saya tidak menjaga diri. Saya harus terus merawat kulit dengan teratur dengan menjaga hormanal tubuh, makan sehat, kualiats tidurdan mengkonsumsi vitamin untuk wajah. Semoga tips dari saya berguna.

        Terimakasih

  8. aduh aku pengguna produk ponds,ponds flawes white dan ponds facial foam…berbahaya gak?/soalnya klo pindah kosmetik lain langsung kulit muka kering…

  9. assal….
    apakah semua produk pond’s mengandung merkuri???
    teuz produk apa yang aman n cocok buat kulit kering sprti saya ini???

    —————————–
    Dear Mirna.

    Tidak semua produk mengandung Merkuri.
    Selama Mirna tidak mengalami efek samping dan reaksi alergi, iritasi dan kemerahan, silahkan tetap menggunakan produk Ponds. terimakasih.

  10. kenapa d kota saya masih ada olay dan pond’s yg harus nya dilarang…

    =====================

    Dear Riri,

    Seperti ada miss informasi.
    Tidak semua produk Olay atau Ponds berbahaya. Hanya ada 2-3 saja. Mohon perhatikan daftarnya.
    Lagipula sekarang mereka telah memperbaiki formula yang ada dan telah lulus pengujian sehingga boleh beredar lagi.

  11. Saya jg Pke produk Natasha,, skrg saya diberi krim mlm BM4 dan krim pagi BP1 tp yg saya bingungkan,,kedua krim tersebut tidak pernah di tulis di resep yg di berikan kpd saya,hanya ada di struk pembayaran..saya jd bad thinking nih???apa produk trsebut mgandung bahan yg berbahaya??coz seperti di sembunyikan…

    • MISS tAZKA, kamu pake krim mlm BM4 natasha ya?? ud brp lama pake krim itu? dan bagaimana hasilnya?? karena aku jg dtawarin pake krim itu, tp aku ragu ganti krim. wajah kamu jd putih ya??

  12. kalo olay total effect gmana?bahaya kah?aku pake itu soalnya…

    Thanks…

    ========================

    Setehu saya, hal itu sudah diklarifikasi.
    Jadi aman kok mengunakan Olay total effect :D

  13. saya pake meco pearl crem dah lbh 3 th,apakah aman ya,?banyak yang bilang mengndung bnyk mercury jd saya berhenti dan mencoba produk dokter seperti natasha tapi sya merasa gak cocok trus saya berobat lagi ke klinik estetika tp merasa gak nyaman n gak cocokjuga,malah dokter2 dsna heran karena muka saya katanya gak bermasalah tp saya ingin pke kosmetik yang aman makanya saya coba produk dokter…tp saya merasa gak cocok n ga nyaman kulit jd berminyak gtu.saya pgen balik lg menggunakan meco, gmn ya??

    ===========================

    Menurut saya jika kamu sudah cocok dengan krim tersebut dan tidak menjumpai efek samping pada pemakaian setelah beberapa tahun maka produk tersebut tergolong aman untukmu.

    Kalo ada yang Bilang bla bla… sebaiknya kamu cari tahu sumber resminya seperti disitus Badam POM, depkes, dll. APakah ada??kalo ada hentikan.
    Jika tidak ada berarti sampai hari ini produk tersebut aman.
    Daripada wajah tidak cocok dengan krim lain sebaiknya kembali pada krim semula. terimakasih.

  14. terima kasih atas jawabannya,tp saya mau bertanya lagi,bedak padat apa sh yg aman dan yang pastinya awet????,menurut dokter kulit wajah saya tidak bermasalah dengan jerawat maka dokter masih menganjurkan pakai bedak padat,tp setelah saya tau bagaimana mengenali bedak yang mengandung merkuri dengan mengoleskan bedak padat ke lengan trus digosok dgn cincin emas maka terlihat akan menghitam,saya mencobanya dengan bedak padat yang bertahun-thn saya pakai ternyata hasilnya sangat cepet sekali berubah sekali gosokan menjadi keabu2an dan semakin digosok menjadi hitam,terima kasih……

  15. Mw nanya, klo krim 99 bahaya gk?
    n juga sabun papaya?
    Lagi dilema nih mw make ato gak

    ==========================

    Kenapa dilema? kalo sudah cocok kenapa enggak.
    Memangnya kedua sabun tersebut mengandung bahan berbahaya? apa ya?
    Sampai hari ini Badan POM tidak melarang penggunaanya. tks

    • kalo ga salah sabun papaya ngk berbahaya cos ada pom nya
      kalaw krim 99 yng kamu maksud natural 99
      kalo ga salah kan pernah d umumin kalo berbahaya

      ===================================

      Terimakasih

  16. Sebenernya ada alasan juga kenapa obat-obat itu dilarang. Contohnya misalnya Topsyne. Topsyne setau saya itu gak dilarang (malah di Ebay pun ada). Jadi saya sampai hari ini masih pake lhoh. Topsyne kenapa belakangan ditarik karena distributornya belum memperpanjang POM nya lagi. aku udah ngecek di website BPOM, kalo topsyne udah ada nomor POMnya. cuma belum memperpanjang. Natasha juga ada koook. cuma kalo kayak Natural 99 kayanya gak ada deh

  17. Oh iya tambahan, untuk produk2 ternama kayak Ponds atau Olay, itu ditarik karena dari pihak supliernya sendiri, mereka gak mengeluarkan produk itu. Jadi produk itu adalah produk palsu. Sama halnya kayanya produk Hazeline Snow buatan Malaysia yg di import lgsg, itu kan dilarang dijual disini. Kenapa? karena Hazeline di indonesia kan juga udah ada yang mengsuply yaitu dr Citra Hazeline, masak barang luar masih mau jualan lagi, bisa-bisa barang Indonesia jadi gak laku kan. Hehehehe…its simple untukditelaah. Jadi jangan berburuk sangka dulu. cek dulu ke website BPOM, nomor regristasinya udah ada atau belum

    ===========================

    Bener banget, teliti dulu setiap informasi yang disampaikan.
    Jangan langsung dihakimi tanpa melihat duduk perkaranya.

    Terimakasih

  18. Hazeline snOw bhya g?
    Dlu aku pernah make dan cocok,trus tba2 produkny itU lain,ga kayak bysa,lbh brminyak,jd krn aq kira palsu,aq ganti ke bBrapa pRoduk lain,trS g cCok,skrg balik lg make hazeline snOw,tp numbuh jrawat. .:’(
    itU knapa y?kira2 produk apa yg bgus n cCok smw kulit?

    ==============================

    menurut saya Haseline masih aman. Buktinya BPOM tidak menariknya dari pasaran.
    untuk membuat sediaan krim ada caranya yaitu sitem O/W (minyak dalam air) atau W/O (air dalam minyak).

    sepertinya kamu tidak cocok dengan krim berbahan dasar minyak (hazeline snow). Memang wajah jadi seperi lengket dan itu bisa menyebabkan pori-pori tertutup dan pemicu terjadinya jerawat. Efek yang dihasilkan krim berbahan dasar minyak dapat membuat kulit terasa lembut, kaya akan moisturizer, kenyal.

    Coba ke dokter/ klinik kecantikan untuk beauty konsultant.
    Dulu saya juga seperti itu. Saya menyarankan Erha atau Natasha klinik untuk terapi kecantikan.
    Namun kalo itu terlalu mahal untuk kantongmu, coba konsultasi ke dokter spesialis kulit biasa dan minta sabun muka yang cocok untuk jenis kulitmu. terimakasih

    • Mba, kalau Suria Snow itu masih Hazeline Snow bukan? soalnya logo mereknya sama…

      ==========================================

      Sepertinya bukan, satu produk tidak mungkin menggunakan 2 brand. Umumnya satu produk dengan beberapa varian.
      Terimakasih

  19. aku boleh tanya gag..??
    kan di facebook lagi banyak2nya beredar obat pemutih kulit,,
    aku tertarik dengan produk TENLUNG pemutih kulit yang caranya dengan diminum…
    itu aman gag ya dok..??hehe..
    mohon jawabannya segera ya dok.. :)

    ===============================

    Dear Anna,

    Saya Rina Susanti seorang farmasis/ apoteker bukan dokter :D

    barusan gooling, isinya Ten Lung:
    MENGANDUNG BAHAN ALAMI : SOYA BEAN 200MG, SEAWATER PEARL 100MG, CAMELIA SINENSIS 100MG, CURCUMA ZEODARIA 50MG.

    Soya bean (kacang kedelai), camelia sinesis (daun teh), serbuk mutiara air laut, curcuma zeodaria (temu putih).
    Menurut saya untuk mengetahui apakah aman atau tidak, apakah ada tercantm nomor registrasi BPOM.
    Selain itu, kalo dari bahan kandungannya sih tidak ada yang berbahaya. Sepertinya aman.

    Anna, sebenarnya tidak perlu pake pemutih kulit (krim, lotian, gel,dll). Cukup rutin mengkonsumsi antioxidant setiap hari maka kamu bisa lebih segar dan fresh.
    Aliran darah lancar dan mencegah radical bebas. kamu bisa saja rajin mengkonsumsi vitamin A, vitamin E, Vitamin C, antioxidant golongan xanthin (Astaxanthin, Lycopene, retinoid, dll).

    semoga bermanfaat.

  20. hehe…maaf ya..kalo salah pemanggilannya…hehe..
    Ibu..katanya ada BPOM nya..
    apakah perlu ditanyakan nomor BPOM nya berapa,,supaya tau itu berbahaya atau tidak..??

    Lalu yang saran ibu itu,saya bisa dapatkan dimana ya ..??
    apakah dijual bebas di apotek..????
    trimakasih.. :)

    ============================

    Untuk nomornya lihat saja dikemasan produknya. itu wajib ada.
    Sebaiknay membeli ditempat tempat yang resmi dan toko obat terpercaya :D

  21. ibu Rina..mengenai posting saya yang kemarin…saya sudah dapat nomor BPOM nya…
    apakah Ibu bisa membantu saya..mengecek produk ini aman atau tidak..??
    POM TR 053 346 731
    itu nomornya…
    trimakasih ibu.. :)

    =================================

    Untuk nomor POM TR 053 346 731
    Artinya, TR adalah obat tradisional lokal,
    05 merupakan produk tersebut disetujui sejak tahun 2005,
    3 artinya didaftarkan perusahaan jamu,
    3 itu bentuk sediaan (serbuk, krim, lotion, dll)
    46731 merupakan nomor urut jenis/kemasan produk terdaftar.

    Kalo dilihat dan cek no registrasinya, produk ini aman untuk digunakan. terimakasih

  22. saya mau tanya kalau QL night cream (B) itu masuk dalam produk yg berbahaya ga ?? soalnya QL day cream (A) berbahaya.
    trims

    =============================

    saya jawab ya….

  23. saya mau tanya kalau QL night cream (B) itu masuk dalam produk yg berbahaya ga ?? soalnya QL day cream (A) berbahaya.
    trims

    ==================================

    Untuk mengetahui produk tersebut berbahaya atau tidak sebaiknya coba cek apakah terdaftar di BPOM. Lihat no. reg-nya pada brosur atau leaftetnya.
    Selain itu apakah ada pernyataan dari BPOM yang menunjukkan produk tersebut berbahaya/ tidak.

    Saya sih belum dengar akan hal itu, Selain itu jika Tina takut mengunakan produk tersebut sebaik mencari produk lain yang dijamin aman dan terjamin mutu dan kualitasnya. terimakasih.

  24. kalo saya cek di BPOM siy terdaftar dan pernyataan dari BPOM yg menunjukkan berbahaya tidak ada, kec QL day cream (A), QM natural vit c dan e (day cream), dan QL Papaya Whitening peeling gel. berarti QL night cream (B) nya aman to mb?

    =====================================
    ya, sepertinya aman untuk digunakan.
    terimkasih.

  25. mbal,mau tny soal QL Day Cream jg ne…saya lihat dikemasannya kok ada tlsan POM na ya mbak?katanya produk itu berbahaya?soalnya saya juga pakai.kalo berbahaya, bagaimana bisa mendapat ijin edar dr BPOM?saya tunggu jawabannya segera ya mbak…
    terimakasih

    ========================

    Dear Mya,

    Biasanya jika sebuah perusahaan dalam proses registrasi obat maka dalamnya harus tercantum isi kandungan bahan aktif dan bahan tambahan lainnya. Seringkali diwal proses registrasi semua sudah benar dan baik sehinga dinyatakan lolos, namun setelah berjalannya waktu ada beberapa produsen yang mengganti formula mereka agar dapat menekan harga, tambah kuat aktivitasnya, dll (banyak faktor).

    Mungkin informasi itu tidak disampaikan kepada BPOM sehingga bisa sampai terjadi hal itu. Atau bisa juga ada produsen yang membuat produk palsu dari Ql-day Cream yang mengandung bahan berbahaya sehingga kelihatan hasilnya bagus dalam sekejap padahal sudah ditambah bahan lain. Well, kita mamang harus lebih berhati-hati. Sebaiknya kita harus mengkonsumsi produk kosmetik yang aman. terimakasih

  26. wah tengkiu berat infonya
    terus ada tips ak gmana caranya tau bahwa sebuah kosmetik terkandung merkuri atau gak?
    saya pernah baca dengan metode gosok emas di telapak tangan yang telah diolesi krim/bedak.
    ada cara lain gak selain pake emas, karna saya gak punya
    hehe…

    ====================================

    Setahu saya Merkusi akan terdeteksi dengan logam, seperti emas.
    Hal ini sudah umum diketahui masyarakat.

    Jika kamu tidak punya emas, pinjem aja sama temen… sebentar aja.
    Ga perlu malu daripada kenapa-napa dengan bedak/lipstik/ kosmetik lain yang mengandung merkuri.
    Pinjem sama saya juga boleh hehehe.

  27. wah tengkiu berat infonya
    terus ada tips gak gmana caranya tau bahwa sebuah kosmetik terkandung merkuri atau gak?
    saya pernah baca dengan metode gosok emas di telapak tangan yang telah diolesi krim/bedak.
    ada cara lain gak selain pake emas, karna saya gak punya
    hehe…

  28. Mba, tau algae ga…??? Saya pake itu, kan lagi marak di FB…kira2 aman ga siy, krn dikemasannya ditulis besar2 bebas hydrokinon dan merkuri….tp produk ini sangat ampu, dalam jangka waktu 1 bulan wajah dah kaya kulit bayi…makasi infonya…

    ===========================================

    saya ga tahu aman atau tidak.
    Coba cek di leaflet, label produknya ada nomor registrasi dari BPOM ga? jika sudah punya no reg. pastinya aman.
    Saya sih curiga, tidak ada pengelupasan kulit yang berlangsung hanya dalam waktu sebulan.

  29. Sista semua, coba aja cara yg dikasih mama aku sejak dulu, kalau mau tau apa kosmetik itu ada merkurinya. Caranya : oleskan kosmetik di bahu tangan atau pergelangan tangan, terus gosok dengan bagian belakang cincin emas, kalau hasilnya yg dioleskan itu hitam atau hijau kebiruan, tandanya kosmetik itu banyak mengandung mercury, semakin gelap semakin banyak kandungan mercurynya.. Aku gak tau sih benar gak cara itu, tp cukup masuk akal jg, dan merupakan cara termudah…

  30. hello sis…saya dari malaysia…ingin tanya berkenaan produk krim 99,mengandungi merkuri @ ngak…?kawan2 di sini ramai yg guna krim 99,nyata berkesan…tapi sy baru planning mau guna…tapi POM menyatakan krim 99 ada merkuri….tapi pada bungkusan krim ini ada reg.nmber: D00_2006010992..
    confused samada krim ni boleh guna @ ngak…pls help me..thanksn

    ==================================================

    sebaiknya Arifah coba krim tersebut dengan emas murni (perhiasan) kemudian digosok.
    Jika timbul warna kehitaman, pastinya mengandung merkuri.

    Jika tidak ada, produk tersebut boleh digunakan.

  31. kta na ponn’s yg ditarik he bkn produk indonesia melainkn pRoduk luar

    =====================================

    Yup, bener.
    Pastikan dan lihat kondisi produk sebelum mengunakan.

  32. Sis ak dah nyoba gosok2 di perhiasanku baik yg kuning maupun yg putih tp ak gk liat adanya perubahan (apa ak yg gk ngerti yah) gmana ya? Ak nyoba di produk algae yg berubah nama jd a-dha.. Mohon penjelasannya.. Apa cara ak mendeteksi merkuri sdh benar apa blm? Digosok2nya berapa lama ya sis?

    ———————————————

    Caranya cukup miudah, krimnya digosok selama semenit dengan logam emas. Biasanya jika ada kandungan merkuri pasti
    warnanya berubah spt ada bintik kehitaman.
    Jika sudah digosok tidak ada berarti krim sebelumnya aman.

    Untuk Alga atau Adha, dicoba aja. Kalo emang ada bintik hitam setalah digosok maka sebaiknya dihentikan pemakaiannya. Jika tidak ada berarti cukup aman untuk digunakan.

  33. Just info mbak, algae katanya lg proses utuk dpt izin dr bpom dan sdh ada sertifikat dr sucofindo.. Skrg sy bingung mau pake produk ini..

    —————————————-

    Tidak perlu binggung,
    Keamanan sebuah produk sudah melewati proses yang ketat dari badan POM. Setelah mendpat nomor registrasi dan dinyatakan lolos maka sebuah produk dinyatakan aman.

    Sertificate sucofindo digunakan untuk menentukan keamanan dari material dan proses pengujian. Sementara BPOM yang menentukan sebuah produk dpat lolos dan dinyatakan aman,

    So, jika sebuah produk memiliki no reg. BPOM, lolos pengujian keamanan material maka silahkan untuk digunakan. Terimakasih.

  34. Yg ada bintik kehitamannya di perhiasannya ato krimnya mbak? Oh ya kmrn ak nyoba 2 buah krim berbentuk matte atau padat.. Ak gosok ke perhiasan emas kuning.. Gk lama kemudian krimnya berubah warna jd hitam kebiruan tp kalo ak gosok pake perhiasan emas putih krimnya tdk berubah warna. Itu knp ya mbak? Merkuri yg terdetek dgn metode saimple kyk gini biasanya batas kadar berapa mbak? Tks

    ———————————————————–

    Tentu saja krimnya terjadi perubahan warna. Semakin berwarna lebih gelap maka kadarnya semakin tinggi. Gunakan logam emas berwarna kuning.

    Tips dari saya: jika pemkaian produk memberikan efek yang drastis setelah pemkaian 2 minggu sampai sebulan, misalnya kulit jadi lebih putih, kulit terkelupas, lebih sensitif dan merah. Maka saya sarankan produk tersebut dihentikan.

    Tidak ada produk yang bekerja instant. Jika ada perubahan yg drastis pastinya mgd merkuri atau hidrokuinon.

  35. Ak pake krim sdh 1 minggu mbak tp blm ada perubahan yg sicnificant sih.. Hanya kulit berasa kencang n kering.. Apa itu bahaya mbak? Biasanya krim pemutih wajah yg aman baru bs keliatan hasilnya dlm berapa lama mbak? Apa akan menimbulkan pengelupasan jg jika krim tersebut aman? Tks

    ====================================================

    Tidak ada yang instant untuk perawatan wajah. Butuh proses.
    Jika terjadi pengelupasan dan kamu dalam perawatan dokter maka tidak perlu khawatir, dokter pasti sudah memperhitungkannya.

    Setiap produk berbeda-beda proses peremajaan kulit tetapi sebaiknya gunakan bahan kosmetik seperti hydrokuinon diawah 2%.
    Konsentrasi 2% masih dinyatakan aman untuk digunakan. Terimakasih

  36. Mb… sy mau tanya… sy baca comment diatas mengena algae /a-dha cream.
    Apa benar ada mercury nya???
    pemakain seminggu memang kulit sudah langsung cerah, dan sebulan sudah putih.

    Sy coba gosokan dengan emas kuning dan benar mb, muncul garis kehitaman, Tapi makin lama makin digosok malah hilang.
    Kenapa bisa begitu ya mb?? Masih aman ga jadinya Mb???
    makasiee…

    =================================

    saya tidak berhak memberi label produk A bagus dan produk B jelek. Itu biarlah diserahkan kepada masing-masing pihak.

    Yang pasti tidak ada cara instant untuk peremajaan kulit semua butuh proses dan waktunya pasti lebih agak lama. Tidak ada cantik dalam 7 hari.
    Kecantikan adalah proses yang lama dan berkelanjutan. terimakasih

  37. mbak,, saya muka saya jerawatan. lalu ada teman yg menganjurkan untuk memakai kelly. waktu membeli cream tersebut, saya coba gosok pake cincin emas (untuk mengetes ada atau tidaknya merkuri), creamnya tidak berubah warna jadi kehitaman, jadi yaa saya pakai saja. memang setelah pemakaian 2-3 bulan, wajah saya bersih, jerawat berkurang dan flek”nya juga pudar.

    setelah cream ini habis, saya membelinya lagi, namun saat di tes dengan cincin, creamnya berubah jadi kehitaman, pdhl yang pembelian yg pertaa tidak. ituu bagaimana yaa mbak?? saya googling ko banyak berita kelly ada merkurinya, tapi banyak juga yg bilang aman, apalagi produk ini uda lama ada dari jaman nenek”.trima kasih.

    ====================================================

    Waktu ibu saya muda juga memakai produk tersebut :)

    Sebaiknya Nissa membeli produk yang sama namun ditempat yang berbeda. Kalo tidak ada bintik hitamnya silakan digunakan.
    Kalo memang ditempat Nissa membeli produk kelly tersebut tidak ada bintik hitamnya, Nissa bisa membeli 2-3 buah untuk persediaan. Terimakasih.

    • oke mbak :D
      tapi sebenarnya kelly itu aman ga sih?? ko harganya sangat murah tapi hasilnya bagus? saya lihat ada reg POM nya dikemasannya. trus bagaimana cara ngcek nomor POM itu asli atau tidak..
      trima kasih :)

      ===================================

      tidak selalu obat yang bagus harus berharga mahal. Murah tetapi bukan produk murahan.
      Jangan terpaku pada harga, lihat no reg, segelnya, kemasan, referensi/ review produknya.

      Kalo diobat-obatan, ada banyak merek vitamin C. Mulai dari level vitamin rakyat sampa yang premium. Saya melihat bukan dari merek tetapi fungsinya. Saya memilih vitamin C IPI aja yang murah (sekitar Rp 3.000-an sebotol kecil). Cukup konsumsi perhari. semioga bermanfat. terimakasih

      Menurut saya sih Kelly cukup aman dan dikenal masyarakat dan ada nomor registrasinya.

      • wah berarti kelly aman yaa, soalnya saya udah gunain produk ini dari umur 15 tahun sekitar 6 tahunan lah saya gunain produk ini , tapi karena sekarang2 banyak cream pemutih yang mahal dan banyak yang bilang kelly itu mengandung mercury saya jadi ragu,

  38. informasi yg sangat berguna ya :) , mau share nih..saya skrg lagi pakai produk dr teman saya , tidak ada merk untuk obat ini,hanya tertulis KOENZIM ,apa itu berbahaya? kosmetik ini terdiri dari sabun,dan 2 krim,salah 1 krimnya wanginya seperti kelly. terimakasih :)

  39. informasi yg sangat berguna ya :) , mau share nih..saya skrg lagi pakai produk dr teman saya , tidak ada merk untuk obat ini,hanya tertulis KOENZIM ,apa itu berbahaya? kosmetik ini terdiri dari sabun,dan 2 krim,salah 1 krimnya wanginya seperti kelly. terimakasih :)

    maaf,pesannya saya ulang karna ada kesalahan e-mail :)

    ====================================

    Coba lihat, apakah ada nomor reistrasi POM dan apakah segelnya tidak rusak.
    Yang saya tahu memang sekarang sedang ngetren Coenzyme Q 10 yang digunakan untuk kosmetik dan sebagai anti oksidan.
    Semoga produk tersebut ccok dikulitmu dan aman.

    Jika terjadi iritasi dan kemerahan sebaiknya dihentikan. Kalo cocok silakan terus. Terimakasih

    • wah ,sayangnya tidak ada nom.pom nya.
      smoga tdk berbahaya,dan cocok..terima kasih ya mbak :)

      ===============================

      semoga cocok dan aman :D

  40. saat ini saya memakai olay total white extra fair cream with uv protection, kira-kira produk tersebut aman ga ya ? sayangnya dus kemasannya sudah saya buang jadi lupa ada or ga POM nya. saya jadi ragu soalnya pas liat daftar 70 kosmetik yang berbahaya ada termasuk olay total white, apa termasuk yang saya pake ga ya ?
    and share dong, untuk kulit berminyak n udah berumur hampir 60 tahun tapi masih eksis jd wanita karier n selalu pake motor kemanapun pergi, bagusnya pake kosmetik apa ya soalnya mukanya jd kaya yang kebakar kena Matahari (item) tolong ya infonya …. trims ^_^

    =============================

    Salut buat Mbak Naomi yang eksis,

    Meskipun baru berusia 60 tahun ternyata mbak masih cantik.
    Menurut saya produk yang mabk gunakan saat ini aman. Silakan digunakan secara teratur.

    Kulit yang cantik dan sehat bukan kulit yang putih. itu salah.
    Kulit yang sehat adalah bebas jerawat, bersih dan tidak berminyak, untuk itu kalo masalah takut hitam, sebikanya setelah menggunakan produk tersebut, gunakan sublok dengan SPF 30, digunakan 30 menit sebelum berkendara motor. Untuk kulit berminyak, gunakan kosmetik yang ringan saja agar tidak menghambat pori-pori. Terimakasih.

    Selalu sehat dan Cantik :D :D

  41. seneng banget bnyak dapet info dsini… trus, klo blh recommend, produk kosmetik apa yang aman, dan terbukti???

    ——————————

    Sudah pasti produk yang aman dan terbukti adalah obat yang terdaftar dan memiliki nomor registrasi Badan POM, produknya asli, segelnya baik, wadahnya baik, tidak mgd bahan berbahaya, tidak menyebabkan iritasi, kemerahan dikulit.

  42. Mbak…aku jg pake kosmetik herbal..kemasannya sama dg ALGAE..tp ini ga’ ada merk sama sekali dan jg ga’ ada BPOM nya…cream mlm warnanya putih,cream siang kuning dan ada vitamin c serum yg pemakaiannya 2-3 tetes..memang wajah ku bersihnya drastis banget..tp setelah ku coba ngegosok pake mas murni…ga’ terjd apa2 tuh…gimana dong mbak…hari pertama pake sih kulit muka agak berasa perih gimana gitu…tp hr ketiganya udah enggak ,dan tdk pernah iritasi wajah ku biasa aja gak ada merah2nya…aman ga’ sih mbak…trims ya mbak..

    ============================================

    Kalo kamu cocok silakan digunakan.
    Memang sih agak ragu mengingat tidak ada no reg dan informasi lainnya. Coba aja dipake tetapi bukan untuk pemakaian bertahun-tahun, coba selama 3 bulan ini dan lihat bahgaimana hasilnya. Jika terjadi iritasi , kemerahan dan perih sebaiknya dihentikan. Terimakasih

  43. mba,kalo lagi hamil aman gak sih pake produk ALGAE..beaty care plus yang katanya gak mengandung merkuri n hydroquinon

    =================================

    Menurut saya, karena sediaannya topikal (diluar tubuh) jadi ga apa-apa dipake aja krimnya.
    Sebaiknya cek kemasannya, apakah ada no registrasinya, tidak mengiritasi kulit, tidak memberikan efek drastis.
    Terimakasih

  44. mba…

    pas aku k slh stu apotek kimia farma yg di bandung,,
    aku mau beli amoxilin, eh tiba tiba c mba2 yg ada d sonoh nawarin aku produk pemutih g2,
    katanya dia bilang itu produk copian resep dokter, satu paket harganya 150rb, terdiri dr daycream nightcream sabun sama penetral,
    itu gmana tuh mba??

    =======================================

    Apakah petugas apoteknya atau mbak SPG produk tersebut?
    Biasanya kalo di Apotek ada dua pelayanan, yaitu pelayanan informasi obat (biasanya sih bapak/ Ibu Apotekernya, yang pake baju jas Putih) dan pelayanan produk (biasanya orang yang bekerja sama dengan Apotek tersebut untuk menawarkan/ menginformasikan sebuah produk).

    Kalo memang berkeberatan, katakan saja permohonan maaf.
    Lebih sopan dan bersahaja :D

    • kayanya petugas apotek deh,
      mba2 nya tuh pas pertama aku nyampe apotek dia lgsung nyamperin aku sambil nanya ” mba mau cari apah?” aku bilang ajah nyari amoxilin, trus diambilan sama dia trus dia nawarin deh pemutih ntu..

      emang bisa ya copian resep dokter beredar ??
      mba ada cara sederhana gag buad meriksa kosmetik kita ada merkurinya ato hidrokinonnya dan bahan bahan berbahaya…???

      ============================================

      Copy resep seharusnya tidak boleh disalahgunakan tetapi memang hal seperti itu masih bisa terjadi.
      Untuk kandungan bahan berbahaya dalam sedian kosmetik, coba cek beberapa hal:

      Periksa kemasan, segelnya harus asli, ada no registrasi dari BPOM, kalo ga ada berarti keamanannya masih dipertanyakan.
      Hidrokuinon masih diperbolehkan asal kandungannya dibawah 2% sebagai pemutih wajah. Kalo merkuri itu tidak boleh ada, biasanya merkuri akan bereaksi dengan logam (seperti emas) coba ada ditempelkan dan digosok. semoga warnanya tidak berubah. Terimakasih

  45. Mba mau nanya, sekarang kan banyak iklan yg beredar di FB seperti Yesta lotion, yang bisa memutihkan dalam waktu 1 minggu dan bisa permanen, katanya sih sdh terdaftar di badan POM dg no CA 32080100138, apakah ini aman yaa??

    ——————————————–

    Kalo dari no registrasinya sih bener tetapi saya ga tahu apkah ini aman atau tidak. Jangan percaya dengan iklan putih dalam seminggu. Rasanya tidak mungki,

    Pake kosmetik bukan biar putih tetapi biat kulit sehat, kenyal, moist, cerah. Coba aja ditest dikulit sensitif. Terimakasih

    • ternyata bener, yesta bisa mutihin…tp ga permanen, cuma sesaat, itu bisa putih klo kita pake aja, kena air langsung pudar lg. ya,….kaya foundation2 lainnya. mustahil deh klo mutihin kulit hanya dalam sekejap. fakta ini saya ambil dari pengalaman user2 di berbagai forum yang sudah mencoba/memakai produk YESTA original/asli.

      ===============================================

      Cek dulu apakah ada nomor registrasinya. Kemudian kta harus curiga jika sebuah krim bisa memutihkan dalam waktu sekajap.
      Teliti dulu produknya sebelum membeli.

  46. Sore mbak/ibu… Aku mau tanya, aku kan suka pakai cincin, bukan cincin emas asli, yg biasa dibeli di mall saja.. Nah kalau sudah agak lama memakai cincin logam tsb, suka terlihat noda kebiru2an/kehitaman di bekas tempat cincin tsb dan itu terjadi pd bbrp cincin yg berbahan logam, apakah artinya ya mbak/ibu? Padahal saya jarang pakai body lotion, dalam artian tidak ada krim2 yg saya pakai di jari2 saya itu.. Apakah itu artinya ada merkuri nya? Thx

    ========================================

    mungkin ibu termasuk yang memiliki alergi terhadap logam-logam tertentu.
    Biasanya kulit yang alergi akan mengalami perubahan, misalnya tidak tahan dengan logam non emas (kulitnya merah dan gatal), kupingnya bisa bentol hehehe

    sebaiknya perhiasan itu tidak digunakan lagi setiap hari, cukup diwaktu tertentu (seperti arisan, koondanga, rapat, jalan-jalan).
    Sehari-hari tidak usah dipake.

    Warna kebiruan itu bisa dihilangkan… coba deh perhiasannya dilepas selama 2 minggu dan perhatikan apa yang terjadi. Terimakasih

  47. Mba aku mau tanya, aq baru beli krim wajah dari online shop. Dia rekomen krim itu blg udah banyak yg pake & hasilnya bagus katanya. Tapi aq agak ragu makenya coz takut berbahaya.

    Nama creamnya :
    SJ Special Whitening Cream
    Day cream : POM C A18070100936
    Night cream : POM C A1807000935

    Diproduksi oleh PT. COSMAR, Jakarta Untuk U.D.DIANA, Bekasi ..

    Kira” produk krim ini berbahaya ga mba ?
    Mohon informasi selengkapnya. Trims

    ====================================================

    setahu saya PT Cosmar adalah sebuah perusahaan cosmetic yang hanya menerima pembuatan berdasarkan pesanan ( makloon) . PT Cosmar tidak mempunyai merek sendiri sehingga tidak bersaing dengan customernya sendiri dan kerahasiaan produk & marketing strategy customer akan terjaga.

    Menurut saya sih aman, silakan untuk digunakan tetapi kalo dalam 2-3 minggu kedepan terjadi iritasi dan kemerahan dikulit sebaiknya jangan digunakan. Terimakasih.

  48. mbak.. terima kasih untuk infonya…

    sekalian mau tanya nih mbak… tadi siang aku beli produk kosmetik tanpa nama dan tanpa kode bpom. Produk itu ada tiga: sabun cuci muka, krim malam, krim tabir surya dengan harga total 100rb. orang2 di kantor aku banyak yang pakai dan mereka cocok dengan kosmetik itu sehingga banyak yang berlangganan. aku lihat memang wajah mereka cerah dan tidak mengalami merah2 pengelupasan. wajahnya kelihatan segar gitu, mbak…

    aku sudah cek dengan gosok2 tiga jenis kosmetik itu ke emas dan tidak ada perubahan warna apapun. emas yg aku gunakan itu emas putih. ada bedanya gak ya dengan emas biasa?

    dan apakah berarti produk itu sudah cukup aman untuk dipakai?

  49. klo cream herbal gtu kira2 juga bisa ngandung merkuri or hidroquinon gak yah? thanks..

    ======================================

    kemungkinan itu selalu ada. Hendaknya teliti dulu sebelum membeli.
    Terimaksih

  50. Mba mau tanya dunk, aq kan pake meco pearl cream udah 2 tahun, tp aq dengar slintingan katanya mengandung mercury,terus aq coba ngecek pake cicin emas katanya kalau hasiLnya hitam pas dgosok mengandung mercury, terus aq coba n hasilnya agak keabu2 an gtU, tp knpa aq ngecek dI Situs badan pom produk ini gak masalah, n aq ngecek di situs PT.Yg ngeluarin produk ini tp ko gak ada yag ,adanya jg meco bleaching cream, jd binggung :s
    Apa bener yag mengandung mercury ?

  51. cream apa ya yg cocok buat menghilangkn bekas jerawat dan ,mengecilkan pori’yg d hidung???
    trus pgn bgt pnya wajah yg fress gtu…
    sprti mengkilap gtu dan putih jg???

  52. maaf ya…saya dari malaysia..ingin tahu apa Krim natural 99 aman dikapai tau tidak?g mana diindonesia..apa diharamkan?

    ===========================================

    Coba lihat apakah ada nomor registrasi dari BPOM di Indonesia. Kalo ada berarti aman untuk digunakan. Terimakasih.
    Untuk halal/ haram coba cek logo halalnya.

  53. wah thx bgt,byk bgt info yg aq dpt dr sini…

    aq mw tnya ni mba..
    aq sdh menggunakan produk pemutih wajah,rekomendasi dr tmn aq,krna dya menggunkanny dan hasilny bagus bgt…
    aq tnya ma tmn aq itw,sblmny konsul atau ga,dya blg ga tp lgsg beli produk itw via tmn kerja nya yg beli produk itw lgsg ke tempatnya lokasi di fatmawati, smcm klinik + apotek gtu mba,aq pnsaran,akhirnya aq ksana,saat itu ingin konsul dgn dokterny tp jam praktekny lg gda,nama dokterny dokter amnur,akhirny aq hanya lgsg beli pemutih wajahnya itu dr apotekerny,trs aq pake dan hasilny cocok dan bagus…

    mnrt mba,produk yg aq katakan td termasuk aman ga??
    thx

  54. mb, mau nanya ,saya sudah 5 bulan memakai prodak Tabita Skin Care,yg sy rasakan gatal2,pedih dan kadang2 merah2,apakah prodak ini aman dan hrs sy teruskan,mohon jawabanya sy tunggu mb?

  55. mbak…saya mau nanya nih..
    saya baru menggunakan produk Natasha, tp karna baca ini saya jd takut….
    produk yg saya pake untuk pagi AP4, malam AM2..trus bwt yg dileher pagi AP9
    leher malam AM15…kira2 produk yg saya pake trmasuk yg berbahaya ato tdk y??trima kasih…

    ============================================

    Tidak perlu takut, saya juga ke Natsha kok :D
    Semua krimnya boleh di pake dan digunakan sesuai aturan pakai.

    Setahu saya semua yang masuk ke dalam daftar tersebut sudah mereformulasi sediaannya sehingga lebih aman dan tidak berbahya untuk kulit.
    Terimakasih

  56. mbak, di face book tuh ada kanatha shop yg nawarin 1 paket kosmetik, katanya dari resep dokter dan dijamin tanpa merkuri. setelah sy pakai, kulit mengelupas stlh itu nampak sehat, halus dan bagus. Ssampai2 teman pada tanya. Cuma, saya jadi ragu tentang keamanannya. katanya produk ini sdh beredar di banyak salon juga, cirinya sangat mudah dikenali: sabun pembersihnya warna orange, cream siang dan malamdikemas spt natasha, tanpa label dan hanya tulisan “siang” dan ‘malam”, trus plustoner. Mohon infonya ya mb…

    =================================

    Sebaiknya lebih jeli untuk melihat dan memilih sebuah produkk kecantikan. Tidak ada bersih dan cantik instant. Semua butuh proses dan perawatan harus dilakukan terus menerus dengan teanga berpengalaman.

    Wadah yang sama bukan jaminan, yang terpenting isinya dan keamanan krimnya. Periksa nomor registrasi BPOM. Terimakasih

  57. katanya sie kelly aman…….
    Tp masih ragu nie…..!!

    Soalnya saya make kelly nie…..
    Apa BPOM dah meneliti kandungan kelly shg aman untuk kulit???

    ===========================================

    Setahu saya sih aman, tidak pernah ada penarikan produknya.

  58. saya mw pake kelly, itu bagus ga ya??
    soalnya saya takut.apa ga ada mngandung mercury??
    tlg di infokan yah??

    ===============================

    Menurut saya Kelly itu bagus dan aman.
    Coab cek, apakah ada nomor registrasi POM.
    Terimakasih

    • kelly itu murahan udah gitu merkuri nya sebaskom haha

      =============================================

      Jangan berkata seperti itu, hormati mereka yang menggunakan produk Kelly.
      Kalo memang belum ada larangan dari Badan POM berarti produk Kelly masih aman untuk digunakan.

  59. klo tulljye aman g??? coz aq udah lama pake produk itu… BPOM ada, cuma banyak jg yang bilang g aman….
    Truz aq pengen ganti k immortal, kata’y bagus n aman krn hanya d jual2 d klinik2 kecantikan n apotek.. beber g sich??? thank’s
    ==========================================

    Kalo memang sudah lama dipake dan tidak merasakan efek yang merugikan sebaiknya tetap menggunakan produk kecantikan sebelumnya (Tulljye).
    Tidak selalu produk klinik kecantikan lebih baik dari yang pasaran, cuma beda segmen pasarnya saja. Terimakasih

  60. Mba…. Saya pakai produk dari dr.pure. Tu aman gak ya….. Ada POMnya

    ========================================

    Saya tidak berhak menyatakan ini aman atau tidak, yang bisa hanya BPOM.
    Coba lihat apakah ada nomor registrasi BPOMnya? ada komposisi bahan dan kemasannya baik.
    Bijaklah dalam memilih produk kosmetik

  61. salam sist,.aku pemakai produk natasya,..tapi kenapa yah,.tdk banyak perubahan setelah sekian lama melakukan serangkaian perawatan dan penggunaan produk sedh sekita 1 th 5 bulan,.sehingga serasa ingin ganti produk lagi,.gimana menurut anda ttng produk tabitha??

    ==========================================================

    Memangnya perubahan apa yang diinginkan? lebih putih? kalo itu sih ganti ke klinik perawatan lain tidak akan mungkin terjadi.
    Kalo ingin bebas jerawat tentu saja tergantung kamu juga. Natasha Tabitha Erha, dll hanyalah sarana untuk pendukung (tool) saja, selebihnya tergantung diri kita sendiri sih.

    Percuma gonta-ganti klinik kalo pola hidup masih sama seperti dahulu (jauhi stress, olah raga, istirahat, makan makanan sehat, rileks) itu semua sangat berpengaruh terhadap tampilan wajah kita. Terimakasih

  62. Mba sy wkt d toko kosmetik dtawari produk natasha dr.freddy,terdiri dr krim siang dan malam plus sabun.trus ktnya produknya mau ganti nama jd mibbele.tp stlh sy liat d internet kok sama dgn prod.luar negri.saya tkt kalo prod.ini palsu,apalg sy sdh memakai prod.ini baru mau 1paket.3minggu pertama gk mslh ada prubahan muka agak cerah,tp krem mlm nya agak perih.skrg dagu dan pipi sy tmbh jrawat batu,itu gmana ya mnurut mba.apa sy hentikan aja?.kalo ganti k olay white radiance bgs gak?dtunggu blsannya.

    ==================================================

    Setahu saya semua produk Natasha tidak ada dijual atau didistribuasikan ke toko kosmetik, adanya hanya di klinik Natasha. Kalo dari tempat lain pastinya bukan produk Natasha. Ini harus dicatat!!

    Sebaiknya dihentikan saja dan berobat ke klinik Natasha. Terimakasih

  63. mba saya mao share nihh ,
    kulit saya jerawatan uda lama bgt tp ga sembuh2 ,,kta sdra sih jerawat turunan ,tpi apa iyah jerawat turunan ga bsa smbuh ???? saya jd minder+ga pede :( ..
    mohon solusinya ,,makasiih :)

    ============================================

    Saya lebih setuju jika jerawat itu dikaitkan dengan pengaruh hormonal, makanan yang dimakan dan kebersihan wajah, jenis kulit seseorang.
    Keturunann memang mempengaruhi tetapi bukan faktor mutlak.

    Pertama kenali jenis kulitmu? normal, kering, beminyak, kombinasi. Apakah produk kosmetik yang digunakan? semua harus disesuaikan dengan jenis kulit.
    Ubah cara makanmu dan jauhi stress. Ini adalah yang paling ampuh membasmi jerawat… membersihkan wajah dengan benar dan konsultasikan dan berobat ke dokter. Jangan mencoba-coba merek kosmetik sembarangan.

    Coba oleskan ke siku-siku tanganmu dan perhatikan akapah terjadi reaksi alregi, merah atau gatal. Test setiap product yang digunakan. Terimakasih

  64. saya bingung mba harus pke produk apa ?? kulit saya brminyak ,,pola mkan slalu saya atur tapi hasilnya nihil :( ,,mungkin bisa jadi saya stres karena jerawat yang ga sembuh ..

    mohon solusinya sbaiknya saya pakai produk yg seperti apa ??? mkasih mba saran.a sangat berguna ,smoga mba bisa membantu saya ,,amiin :D

  65. mba makasih jawabannya,tp sy msh penasaran produk mibbele kosmetik prod.pt pesona mutiara indonesia,itu kosmetik aman gak?tks

    ===================================================

    Coba lihat apakah sudah punya nomor registrasi dari Badan POm di Indonesia.
    Karena hanya badan POM yang berwenang menyatakan sebuah produka aman/ tidak. Terimakasih

  66. ada yang tau produk mibelle kosmetik gak?share dong..

    =======================================

    Saya ga begitu tahu mengenai produk Mibelle, saya tahunya Mibelle ini produk dari Holland Belanda dengan rangkaian perawatan wajah, kulit, baby, rambut.
    Untuk keamanannya coba lihat apakah sudah terdaftar di Badan POM indonesia dan lihat nomor registrasinya. Terimakasih

  67. mba..kalo mau tau terdaftar d BPOM tuh bagaimana?soalnya d mibelle hanya ada BATCH NO and EXP.DATE.menurut mba bagaimana,amankah atau sy lbh baik beralih k kosmtk lain?tks

  68. mbak, ada olshop yg tawarin cream buat pemutih wajah, katanya aman, tidak mengandung merkuri, produksi lab sucofindo, dan olshop itu namain creamnya secret whitening. telah lulus uji lab dan deperindag, tapi belum terdaftar pom, memang foto pemakainya wajahnya putih halus dan merona, bukan putih pucat, minta sarannya mbak. apakah itu boleh?

    =========================================================

    Yang berhak menyatakan sebuah produk aman atau tidak adalah adanya nomor regustrasi Badan POM.
    Tanpa no reg tetntunya produk tersebut belum dikatogorikan aman secara sah dan meyakinkan.

  69. Mbak mau nanya donk…produk kecantikan Dr. Hua Lie Fei
    Day cream POM CD 1004700435
    Night cream POM CD 1004700436
    Soap POM CD 1004702504
    kira2 aman ngga?
    cos aq liatpenampakannya mirip algae,walet,tabitha tp kok ada BPOMnya?
    asli ngga BPOMnya itu?
    cara ngecek keaslian di web BPOM dibag. mana?
    mksh infox mba…

    =========================================

    Coba cek diwebsite Badan POM dan cari tahu nomor pengaduan dan keluhan.
    Terimakasih

  70. saya udahh coba gosok gosok tapi yang berubah warna malah cream’y…..

    mengandung mercuri gak tuh?

    ===========================

    Sepertinya tidak ada.

  71. mbak kalo produk krim malam natasha BM4 aman d pakai untuk remaja usia 17th ? trmksh :)

    ==================================================

    saya tidak tahu kode-kode dari Natasha, sebaiknya konsultasikan ke dokter saja.
    Terimakasih

  72. Saya mau nanya,apakah produk tabita mengandung mercuri?
    Benarkah Produk Tabita duplicate dari produk RDL.Soalnya semua ada kesamaannya dari sabun,cream,lotionnya…Saya jadi bingung.Amankah Tabita ?
    Tolong penjelasannya…
    terimakasih….

    ==================================================

    Hikmah yang baik,

    Saya tidak memiliki kewenangan untuk menyatakan sebuah produk aman atau tidak, bebas merkuri atau tidak. Yang berwenang adalah Badan POM RI dengan dikeluarkannya nomor registrasi dari produk tersebut. Coba cek saja produk Tabita, RDL, dll.

    Jikapun sudah ada nomor registrasi, maka secara berkala badan POM akan melakukan pemeriksaan kadar dan bahan berbahaya dalam sebuah produk. Jika diketahui sebuah produk mengandung bahan beracun/ berbahaya umumnya Badan POm akan mengeluarkan surat edaran atau pengumuman bahawa merek tertentu tidak aman. dan produk tersebut harus ditarik dari peredaran.

    Untuk kesamaan sebuah produk bukan hanya dilihat dan bentuk sediaannya seperti sabun, krem, lotion, dll. Coab perhatikan kompisisi atau kandungan bahan aktif dan bahan penolong didalamnya. Umumnya tidak ada sebuah produk yang benar-benar sama, kalo yang mirip memang ada tetapi kadar bahan aktifnya tentu berbeda. Terimakasih

  73. Saya mau nanya,apakah produk tabita mengandung mercuri?
    Benarkah Produk Tabita duplicate dari produk RDL.Soalnya semua ada kesamaannya dari sabun,cream,lotionnya…Saya jadi bingung.Amankah Tabita ?
    Tolong penjelasannya…
    terimakasih….

    ===================================================

    sudah saya jawab by email. please check :)

  74. terima kasih mbak buat informasinya.
    saya jd tau memilih produk yg aman.

    kalau boleh saya tanya,
    bisa tau biodata diri seputar “pendidikan” mbak dlm bidang ini gak??
    saya liat Mbak jurusan Farmasi ya,
    dr mana?

    maaf ya mbak,
    saya bkn tdk percaya,
    informasi mbak ckp membantu kok.!
    cm saya perlu meyakinkan penjelasan/tanya jawab ini apakah bnr2 real dr ilmu kesehatan?

    terima kasih untuk TUKANG OBAT BERSAHAJA.
    salam

    ==========================================

    Dear Lia yang baik,

    Silakan Lia membaca siapa saya dihalaman “about”.
    Informasi yang disampaikan berasal dari badan POM RI. Terimakasih

  75. Mbak mau nanya donk…produk kecantikan PT. KEMBANG HATI
    Beauty Care a-DHA

    tidak ada no Reg BPOMnya ?
    cara ngecek keaslian produk kecantikan di web BPOM dibag. mana?
    mksh inboxnya mba…

    =========================================

    Sebaiknya, jika tidak terdapat nomor registrasi Badan POM maka tidak dijamin keamanannya.
    Setiap produk harus diregistrasi oleh POM.

  76. salam kenal mbak…saya pernah pakai krim pencerah merk Anisa (kemasan ungu& putih +sabun hijau). katanya aman, tidak mengandung zat bahaya. tp blm ber-BPOM karena konon msh proses. hasilnya memuaskan. wajah cerah, bercahaya, dlm waktu kurang dr 1 bln.
    sy merasa cocok. tapi kemudian banyak berita yg menyebutkan krim ini mengandung zat berbahaya. sy jadi was2. pihak penjualnya bilang itu hanya black propaganda. tp sebulan setelah berita itu krim tsb menghilang dr peredaran. ktnya ditarik dl untuk memperbaiki kwalitas bahan. muncul lagi kemudian dgn nama Anisa Premium (kemasan hitam& putih, sabun merah), dg harga lbh tinggi krn sudah ber BPOM. masalahnya, setelah pemakaian habis 3 juga, wajah saya yg tadinya cerah, kenyal, bercahaya, malah jadi kusam, menghitam. kenapa ya mbak? ada saran? trims b4 ya…

  77. kalo kode POM NA 1234567, NA artinya apa ya

    =======================================

    Setahu saya tidak ada nomor registrasi yang pake NA. Ini kode nomor registras BPOM:
    TR = Obat tradisional produksi dalam negeri
    TI = Obat tradisional Import
    SD = Suplemen produksi dalam negeri
    SI = Suplemen Impor
    MD = Makanan produksi dalam negeri
    ML = Makanan impor
    CD = kosmetik dalam negeri
    CL = kosmetik impor
    CA = kosmetik dengan tanda notifikasi

  78. sist..,a-dha algae beauty care dari pt kembang hati.,….itu sebenarnya gimana ya statusnya…?kl emang ada bahan berbahanya kok ..sama badan pomnya ngk ditarik..atau dilarang…,soalnya aku pakai kosmetik itu…dan cocok..walaupun ngk putih2 amat dlm jangka 1.5 bln…tp jerawatnya hilang…,pleas dong sist…kasih tahu..kebenaranya…,thanks.

    =========================================================

    Mohon maaf saya tidak mengetahui produk A-DHA Algae Beauty Care dari PT Kembang Hati.
    Saran saya jika memang sudah ada nomor registrasinya silakan digunakan. Kalo tidak ada sebaiknya jangan dipakai.

    Jika sudah ada nomor reg. dan tidak ada reaksi iritasi atau kemerahan, silakan terus digunakan. Terimakasih

    Satu lagi, coba buka website http://www.pom.go.id/
    kemudian ke Produk teregistrasi, kemudian cari produk dan tulis nama produk. Ini untuk mengetahui kebenaran sebeuah produk, teregistrasi atau tidak di BPOM.
    Sekali lagi terimakasih

    • mba..sya kn udh pke a-DHA BEAUTY CARE selama 5bln.. Tdinya sy pakai in krna ingn mnghilangkan flek hitam bekas jrawat.alhasil mmang benar,dan klit trlhat brsih.bukan ptih. Tp bnyak yg blang in mngandung mercuri.
      Ad no sprti in dbrosurnya:
      TDI No:503.058/Dep.I.01
      Merk No.Doo.2010.008739
      Ap it nmer POM?

      ============================================================

      Nomor registrasi POM tidak seperti itu, pasti selalu ada barcodenya.
      UMumnya untuk kosmetika dapat dlihat dari dua huruf diawalnya.
      Depannya selalu :
      1. CD =cosmeic dalam negeri
      2. CL = cosmetic dari luar negeri
      3. NA = Notifikasi Kosmetika

      biasanya salah satunya ada baikitu CD, DL atau NA kalo bukan berarti dari departemen/ Organisasi lain
      Kalo nomor yang dimakasud itu pasti bukan dari POM

  79. saya kecewa ma pons, banyak bedak pons ada di toko2, tapi kata pons sendiri dy tidak memproduksi bedak… sekarang ada juga loh pons bedak warna hitam… kenapa gak ada respon ttg ini.

    ==================================================

    sebaiknya dilaporkan saja produk tersebut ke pengaduan layanan konsumen.
    Badan POM (NA-DFC)
    Jl. Percetakan Negara No.23 – Jakarta 10560 Indonesia
    Telp: (021) 4244691/42883309/42883462, Fax: (021) 4263333
    Email: Informasi@pom.go.id

  80. Mba,dlu ak prnh pke kelly ,dari SMP.dan hsilnya bgus. Kulit ak bgus trz putih brsh. Stlh ak krja, ak pke garnier, kulit jg bgus,v kmudian ak coba citra hazelin yg ttupnya biru,tp wjah mlah jd hitam brminyak, tmen ak nyuruh ak nyoba mecco , tp aku bingung. Trs tmen ak jg ada yg pke krim boneka, tp aku ragu ma 2 produk ini.

    ====================================================

    Sebaiknya hormati dan sayangi wajahmu. Jangan jadikan bahan eksperimen.
    Jika sudah cocok dengan Kely dan Garnier sebaiknya tidak usah gonta-ganti lagi.
    Terimakasih

  81. bebrapa wkt yg lalu aq ke dokter spesialis kulit. kulit q gk brmasalah apa2… cmn di dagu ama sekitar hidung, ada flek bekas jerawat. sama dokter dikasi resep krim malam n spf 30. aq gk beli yg krim malam nya.. takut soalnya :D , trus aq jg dikasi resep REVIDERM 0,01% ama dokter, krn aq pux hiperpigmentasi di kantung mata. stelah aq baca brosurx, emg bs ngilangin hiperpigmentasi di kulit + ngilangin kerut di wajah, dlm wktu 12-24 minggu (gk bs instant). yg aq tanyain, aman gk ya kl aq pke di muka yg ada flekx,? soalx itu golongan TRETINOIN/RETINOIC ACID…

  82. mba Rina,
    Saya nana umur saat ini 39 tahun mba, dan sepanjang umur saya slalu bermasalah dengan kulit. Untuk kulit wajah saya termasuk jenis normal kombinasi tapi cenderung sensitif yaitu pori-pori kecil tapi didaerah T (Jidad,Hidung,Dagu) agak berminyak. Tapi yang anehnya hampir tak ada produk kosmetika yang cocok untuk saya. bedak, pelembab, pembersih,atau apapun produk kosmetika yang saya tempelkan di wajah pasti kulit wajah saya sampai ke leher terasa panas,perih, merah-merah,gatal,bengkak, kemudian kering dan terkelupas.ini sudah sering terjadi shg sya udah berkali-kali ke dokter saat kulit wajah saya lagi memerah gitu..dokter bilang saya alergi mba saya diberi obat anti histamin dan kostiroid dan vitamin namanya macam-macam yang saya ingat yang terakhir bulan lalu saya diberi obat histapan, lameson, dulu juga pernah diberi obat cetirizin ama dokter.Memang sih berkhasiat tuh obat setelah diminum 2-3 hari langsung merah dan bengkak wajah saya. Tapi jika saya pake kosmetika lagi ya kambuh lagi mba…,sampai dokter saya itu bilang bukan masalah di kosmetika nya tapi di kulit saya yang super sensitif jadi katanya saya harus cari kosmetika yang ga beralkohol, ga berparfum, yang anti alergi, jadi katanya cari yang ada tulisan nya sensitif skin. Masalahnya saya tidak mengerti kandungan yang tertulis di produk kan biasanya tertulis dengan bahasa kimia seperti salicylic acid, titanium dioxid jadi saya ga ngerti apa itu dan kadang di produk tertulis for all skin tapi saat saya pake ya tetap aja alergi apalagi pake yang tertulis for sensitif skin pun tetap alergi.
    segala merk yang mampu saya beli udah saya coba mba…selalu bereksperimen dan berakhir dgn kulit merah dan ujung-ujungnya ke dokter.
    Bulan ini saya coba Oriflame yang optimal day cream fluid,pagi saya olesin siang jam 12 nya muka leher udah merah dan gatal trus sorenya udah bengkang.
    Kulit saya bagian lainnya juga mba…gampang banget kena alergi dan iritasi, bila cuaca tiba-tiba panas sekali atau dingin sekali, atau kalo saya makan udang dan ikan laut, kena logam stainles steel kaya jam tangan ya langsung gatal dan merah -merah tapi itu ga lama kadang ilang sendiri.
    Jadi kembali ke masalah kosmetika tadi mba saya minta tolong untuk informasi nama ilmiah atau kimia dari bahan atau ingredient di dalam produk yang lazim di tulis dikemasan kosmetika yang anti alergin itu apa aja ya mba….
    Jadi mohon bantuannya mba ya….
    Sebelumnya terima kasih

  83. mba Rina,

    sory mba saya kirim 2 kali krn ada salah ketik kayanya…
    Saya nana umur saat ini 39 tahun mba, dan sepanjang umur saya slalu bermasalah dengan kulit. Untuk kulit wajah saya termasuk jenis normal kombinasi tapi cenderung sensitif yaitu pori-pori kecil tapi didaerah T (Jidad,Hidung,Dagu) agak berminyak. Tapi yang anehnya hampir tak ada produk kosmetika yang cocok untuk saya. bedak, pelembab, pembersih,atau apapun produk kosmetika yang saya tempelkan di wajah pasti kulit wajah saya sampai ke leher terasa panas,perih, merah-merah,gatal,bengkak, kemudian kering dan terkelupas.ini sudah sering terjadi shg sya udah berkali-kali ke dokter saat kulit wajah saya lagi memerah gitu..dokter bilang saya alergi mba saya diberi obat anti histamin dan kostiroid dan vitamin namanya macam-macam yang saya ingat yang terakhir bulan lalu saya diberi obat histapan, lameson, dulu juga pernah diberi obat cetirizin ama dokter.Memang sih berkhasiat tuh obat setelah diminum 2-3 hari langsung merah dan bengkak wajah saya ilang. Tapi jika saya pake kosmetika lagi ya kambuh lagi mba…,sampai dokter saya itu bilang bukan masalah di kosmetika nya tapi di kulit saya yang super sensitif jadi katanya saya harus cari kosmetika yang ga beralkohol, ga berparfum, yang anti alergi, jadi katanya cari yang ada tulisan nya sensitif skin. Masalahnya saya tidak mengerti kandungan yang tertulis di produk kan biasanya tertulis dengan bahasa kimia seperti salicylic acid, titanium dioxid jadi saya ga ngerti apa itu dan kadang di produk tertulis for all skin tapi saat saya pake ya tetap aja alergi apalagi pake yang tertulis for sensitif skin pun tetap alergi.
    segala merk yang mampu saya beli udah saya coba mba…selalu bereksperimen dan berakhir dgn kulit merah dan ujung-ujungnya ke dokter.
    Bulan ini saya coba Oriflame yang optimal day cream fluid,pagi saya olesin siang jam 12 nya muka leher udah merah dan gatal trus sorenya udah bengkang.
    Kulit saya bagian lainnya juga mba…gampang banget kena alergi dan iritasi, bila cuaca tiba-tiba panas sekali atau dingin sekali, atau kalo saya makan udang dan ikan laut, kena logam stainles steel kaya jam tangan ya langsung gatal dan merah -merah tapi itu ga lama kadang ilang sendiri.
    Jadi kembali ke masalah kosmetika tadi mba saya minta tolong untuk informasi nama ilmiah atau kimia dari bahan atau ingredient di dalam produk yang lazim di tulis dikemasan kosmetika yang anti alergin itu apa aja ya mba….
    Jadi mohon bantuannya mba ya….
    Sebelumnya terima kasih

    • Mbak Nana,

      Jika mbak tidak keberatan, saya mencoba untuk menawarkan perawatan kulit untuk mbak nana di tempat kami. Saat ini produk kami teruji sangat aman untuk kulit yang hypoalergenik. Untuk lebih jelasnya mbak bisa hubungi saya melalui email.

      =================================================

      Saya Rina Susanti :D
      Terimakasih untuk penawarannya.

      • Mbak Nenny…
        Makasih ya mba untuk penawarannya. Tapi saya lagi mau cari referensi bahan-bahan kosmetika yang ga bikin alergi dan iritasi dulu ya mba, agar saya sendiri biar ga salah pilih lagi…

        Mba Rina…bisa minta tolong kasih tau saya bahan yang namanya salicylic acid, titanium dioxid, AHA, Allantoin, Micronized titanium dioksida , Oktil metoksi sinamat, Benzophenon-3 itu apa aja sih. Makasih sebelumnya.

        =====================================

        Bahan-bahan yang disebutkan diatas digunakan dalam sedian krim/ gel. Ada beberapa bahan aktif yang berguna untuk menipiskan kulit wajah, pewarna, pencerah, UV protector, pengawet. umumnya bahan-bahan tersebut ada untuk krim-krim pencerah wajah :)

  84. Mbak mau tnya.cnth produk anti oksidan tu pa ja ya? Tlg blsnya lwt emai ja ya.

    ===========================================

    dijawab disini aja ya :)
    Contoh produk Antioxidant: Ascorbic acid (vitamin C), Glutathione, Melatonin, Tocopherols and tocotrienols (vitamin E).

    Terimakasih

  85. dear mb Rina Susanti…
    Saya Saat ini sedang menggunakan Cream perawatan SPARKLING,,yg harga satu paketnya 425.000 (Facial Wash,Night cream,day cream,toner,serum)..tapi setelah 2 minggu pemakaian ,,saya malah gk merasakan berubahan yg baik,malah muka saya rasa perih,terbakar kyk kepiting rebus,mengelupas,…ini referensi temen saya,,katanya banyak yg pake berhasil,bagus..kok knapa pas saya yang pake jadi begini yaaak..sprakling berbahaya gak mb??tq infonya mb…

    ===========================================================

    Jika terdapat efek merah, perih, rasa terbakar dan mengelupas secara drastis sebaiknya hentikan penggunaan.
    Mohon tidak digunakan lagi. Terimakasih

  86. boleh minta saran mb rina,cream perawatan apa yg aman dan cocok bwt saya….kulit wajah saya sebetulnya aman gk ada masalah,,hanya saja cenderung berminyak dan terlihat kusam,,jadi kalo saya pake make up kekantor hanya bertahan 15menit saja,,selebihnya kusam banget mukanya…tq saran mb Rina yg Bersahaja..=)

    =================================================

    Untuk masalah kulit terlalu berminyak bisa mengubah pola makan dan istirahat.
    Membawa tissue pengangkat minyak diwajah dan gunakan bedak yang ringan saja spt loose powder dan cari kosmetik yang berbahan dasar air (water base).
    Terimakasih

  87. dear mb Rina Susanti…
    Saya Saat ini sedang menggunakan Cream perawatan SPARKLING,,yg harga satu paketnya 425.000 (Facial Wash,Night cream,day cream,toner,serum)..tapi setelah 2 minggu pemakaian ,,saya malah gk merasakan berubahan yg baik,malah muka saya rasa perih,terbakar kyk kepiting rebus,mengelupas,…ini referensi temen saya,,katanya banyak yg pake berhasil,bagus..kok knapa pas saya yang pake jadi begini yaaak..sprakling berbahaya gak mb??tq infonya mb…

    ====================================================

    Jika terdapat efek merah, perih, rasa terbakar dan mengelupas secara drastis sebaiknya hentikan penggunaan.
    Mohon tidak digunakan lagi. Terimakasih

  88. mbak
    sya mau tanya
    ini da kosmetik yg katanya bagus, tapi ada efek detox, merah dan pengelupasan
    apakah itu wajar?
    namanya anisa day cream and anisa night cream
    bahan kandunganny
    Komposisi cream Siang:
    Purifeid Water, Propylene Glycol, Mineral Oil, Olive Oli, Capric Acid, Arbutin, Glyseril Stearate, Pg100 Stearat, Sodium Lactate, Latic Acid, Allantion, Vit.A, Palmitate, Vit. E
    Acetate, Methyl Paraben, Pro Vit.B5, Fragrance.

    Komposisi Cream Malam:
    Purified Water, Propylene Glycol, Mineral Oil, Olive Oil, Capric Acid, Alpha Hydroxy Acid, Glyseril Stearat, Sodium Lactate, Latic Acid, Allantion, Vit. A Palmite, Vit. E Acetate, Methyparaben, Pro Vit. B5, Fragrance.

    aman gak y mbak?

    ==========================================================

    Kalo dilihat dari komposisinya, sepertinya baik-baik saja tetapi saran saya coba perhatikan nomor registrasi Badan POM nya. Apakah ada?
    Kalo tidak ada sebaiknya tidak dipakai. Terimakasih

  89. mba saya mau tanya,

    dulu saya pake skin care, tp rasa2nya ga ada perubahan sama wajah saya, trus ditawari, jadi saya ganti pake krim merk nya lingzhi, nah pemakaian sekitar 2 sampe 3 minggu, kulit muka saya menjadi bersih.hampir 8 bulan saya pake krim tersebut, hasilnya kulit saja jd putih, bersih dan tidak berjerawat, tp kok setelah saya baca2, kok ternyata krim lingzhi ditarik dari peredaran ya?? jd g aman ya mbak?
    saya jd deg2an.

    seminggu yg lalu saya balik lg ke skin care yang dulu, tp tetap saja, sebenarnya saya kurang cocok sama produk skin care ini, sudah beberapa x konsultasi tetap saja wajah rasanya jd berminyak dan tidak bersih.. ditambah lg sekarang terdapat jerawat kecil2 di pipi saya..

    Bagaimana solusinya ya mbak?? mohon bantuannya :) terima kasih banyak :)

    ==============================================

    Sebaiknya cek kebenaran apakah memang benar produk lingzhi ditarik peredaran atau cuma gosip. Periksa juga nomor registrasinya. Jika tidak ada sebaiknya tidak dipergunakan. Begitu juga dengan Skin care produk. Untuk lebih amannya sebaiknya berobat ke doker kulit untuk mendapat referensi kosmetika yang aman. Terimakasih

  90. Sebuah Produk berupa krim siang dan krim malam bermerk A-Dha digrebek POM JABAR…pertanyaan saya no.regristrasi dan no.notifikasi bedanya apa mbak…?

    ==========================================

    Nomor registrasi dan Nomor notifikasi ada sejak adanya penerapan ASEAN Harmonized Cosmetics Regulatory Scheme (AHCRS) ditandatangi oleh 10 negara ASEAN tahun 2003. AHCRS terdiri dari :
    1. ASEAN Mutual Recognition Arrangement of Product Registration Approval for Cosmetic, dimulai tahun 2003-2007.
    2. ASEAN Cosmetic Directive (ACD), dimulai tahun 2008-sekarang.

    nomor registrasi itu nomor yang dikeluarkan oleh Badan POM untuk menentukan bahwa produk terebut untuk melewati proses registrasi dan aman digunakan untuk masyarakat di Indonesia. Sementara nomor notifikasi, juga sama sudah melewati proses registrasi dan keamanannya tidak mencakup satu negera saja, cakupannya lebih luas (ASEAN), data keamanan produk didapat dari negera pembuat.

    Misalnya produk dari kosmetika singapura masuk ke Indonesia. Bisa diregistrasi ulang dengan kode registrasi badan POM dgn nomor registrasi CI (cosmetik Import) atau CA ( cosmetik nomor notifikasi) bila menggunakan notifikasi, artinya aman digunakan untuk negara Singapura dan bisa digunakan dinegara lain, jadi Industri kosmetik pembuat dituntut untuk bertanggung jawab penuh terhadap mutu dan keamanan produknya. Begitu deh. semoga lebih mengerti :)

  91. aslm mba,,terima kasih banyak atas pengetahuanny,,selama ini sy tdk pernah memakai produk aneh2,,tp krn sekarang muka sy terlihat kusam,,sering jerawatan,,bekas jerawat banyak dan masalah komedo di hidung,pipi, dahi yg membuat sy smakin ingin mencoba produk2 pencerah maupun pengecil pori2…td ny sy ingin memesan produk A-DHA,,tp setelah baca komentar2nya,,sy urungkan niat tsb,,apalagi stelah tahu klo bis digrebek..

    menurut mba solusi terbaik bwt muka berpori2 besar gmn y,,?
    lalu warna kulit muka sy lebih hitam dibanding leher sy yg tdk pernah diberi kosmetik apapun…apkh ni wajar?

    ========================================================

    Untuk masalah pori-pori yang besar, warna kulit wajah kusam, kulit terlihat leih hitam, jerawat, bekas jerawat, dan komedo, saran saya sebaiknya ke dokter saja.
    Tidak ada satupun krim untuk mengobati semua masalah kulit tersebut dengan satu krim saja.

    pertama harus disembuhkan adalah jerawat dan komedo. Setelah bersih baru dihilangkan bekas jerawat dan menghaluskan wajah serta mengangkat kulit mati diwajah sehingga kulit terangkat, lapisan baru tumbuh, kulit jadi rata dan wajah menjadi lebih fresh dan tidak kusam.

    Kalo semua sudah selesai baru terakhir dikecilkan pori-porinya dengan laser. Semuanya harus diperbaiki satu persatu dan menurut saya ke dokter adalah jawaban pasti untk masalah wajah yang kompleks. Terimakasih

  92. salam mba.. :)

    saya ingin tanya, krim ling zhi sudah saya coba gosok2 pak e emas, tapi ga ada perubahan warna, warna masi sama seperti sebelumnya.. itu aman atau tdak ya mbak? mohon bantuannya.. terimakasih :)

    =====================================================

    Digosok atau tidak itu tidak menjamin.
    Sebaikna periksa nomor registrasi Badan POMnya ada atau tidak.

    Bila tidak ada, sebaiknya tidak digunakan!

  93. Lam kenal mba…
    aq mo tny, td’y 5th pk tulljye hasil’y bagus… tp aq tertarik dgn produk adha n ganti adha selama 2bln. tp ternyata adha bermercury. aq pengen balik lg k tulljye cuma product tulljye skrg sedang langka n kt’y d tarik dr peredaran. aq bingung, akhir’y make cream yg murah meriah aza, kelly pearl cream, menurut mba product kelly baguz g y??? n bila d padukan dgn pelembab citra hazeline pearly white uv gmn….
    thx mba…:)

    =========================================

    Dear Sinta,

    Satu hal yang harus diberin adalah jangan mudah berganti-ganti produk kecantikan. Jika sudah ada yang cocok,bagus, bebas merkuri sebaiknya terus dipakai.
    Jangan mudah terlena oleh janji-janji indah krim kosmetik. Kecantikan tidak ada yang instant, butuh proses yang panjang.

    Produk kecantikan yang bagus bukan yang mahal tetapi yang sesuai dengan jenis kulit dan tanpa bahan berbahaya. Pilih satu yang tepat untuk kulitmu!. Terimakasih

  94. Halo mbak.
    Saya lg googling tentang hydroquinone trus ketemu blog mba rina ini..terima kasih informasinya..
    3 bulan ini saya sempat menggunakan beauty magic cream (BMC) dan hasilnya sangat memuaskan.. Kulit bersih, bebas jerawat dan sangat segar.. Krim ini kata sellerny berasal dari makkah diracik oleh pharmacist dari dhiouf pharmacy makkah.. Dan belum ada POM nya disini mba.. Jd meragu.. Hiks..
    Oke, jd pertanyaan saya, seandainya mau cek kandungan bahan aktif krim ini kira-kira saya mesti kemana ya mbak?
    Trus pertanyaan selanjutnya, hydroquinone dibawah 2% bolehkah digunakan tanpa pantauan dokter?
    Terima kasih.. ☺

    ============================================

    Penggunaan krim Hydroquinone dibawah 2 % boleh digunakan tanta pantauan dari dokter. Krimnya dioles tipis-tipis dipermukaan wajah 2-3 X sehari.
    Meskipun hasilnya bagus tetapi jika belum ada tanda nomor registrasi POM sebaiknya tidak digunakan.

    Coba cek komposisi krim tersebut isinya apa. Dalam setiap kemasan kosmetika harus dicantumkan kandungan bahan aktifnya.Tidak boleh label polos hanya dengan nama produk saja. Komposisi Itu harus dicantumkan kalo tidak ada sebaiknya tidak digunakan. Ini bukan karena produknya jelek atau tidak memuaskan tetapi karena kelengkapan dan syarat keamanannya tidak menjamin.

    Kalo mau ngecek kandungan bahan aktif sebaiknya bekerjasama dengan Badan POM, lembaga pemeriksaan uji analitik atau uji kualitatif atau uji pemeriksaan lainnya. Terimakasih

  95. Halo mbak.
    Saya lg googling tentang hydroquinone trus ketemu blog mba rina ini..terima kasih informasinya..
    3 bulan ini saya sempat menggunakan beauty magic cream (BMC) dan hasilnya sangat memuaskan.. Kulit bersih, bebas jerawat dan sangat segar.. Krim ini kata sellerny berasal dari makkah diracik oleh pharmacist dari dhiouf pharmacy makkah.. Dan belum ada POM nya disini mba.. Jd meragu.. Hiks..
    Oke, jd pertanyaan saya, seandainya mau cek kandungan bahan aktif krim ini kira-kira saya mesti kemana ya mbak? (Saya berdomisili di makassar)
    Trus pertanyaan selanjutnya, hydroquinone dibawah 2% bolehkah digunakan tanpa pantauan dokter?
    Terima kasih.. ☺

    =========================================
    wah, sampai 2 kali bertanya hehehehe

  96. salam kenal mba, saya mau tanya bagaimana cara mengetahui suatu krim mempunyai kandungan mercury atau tidak?? tentunya selain di tes di lab. saya pernah mendengar krim yg ditaro di udara terbuka jika berubah warna maka krim tsb mengandung mercury. apakah benar sprti itu mbak?? trima ksh sblumnya atas jawabannyan

    ============================================

    Seingat saya sewaktu praktikum anlalisa kualititif ada cara untuk mengetahui identifikasi Merkuri tetapi tentu saja tidak bisa dilakukan orang awam karena perlu beberapa pereaksi kimia.
    Umumnya sih Merkuri yang terdapat dalam air yang tercemar merkuri dapat diperiksa dengan cara menambahkan HN)3 pekat untuk mengikat kandungan logam.

    Terus setelah terikat sempurna baru ditambahkan beberpa peraksi kima:
    1. NaoH maka terjadi endapan kuning
    2. KI maka terjadi endapan putih
    3. HCl maka terjadi endapan merah
    4. NH3 maka erjadi endapan putih

    Kalo penetapan kadarnya harus dengan metode kuantitatif dengan peneriksaan Spektrofotometri, biasanya dipakai atomic absorption spectrophotometer.
    Wah kayanya susah deh kalo orang awam yang ngerjain. Kalo berbentuk krim maka krim dilarutkan terlebih dahulu dan baru ditambahkan beberapa pereaksi. Terimakasih

    • Ada yg bilang kl pengen tau krim bermerkuri atau tidak dengan cara dlarutkan ke dlam air. secara merkuri kan logam dan tidak larut air jadi krimnya nanti ga larut. Tp kl diaduk dan larut kayak susu gitu artinya krim itu aman. Kira2 cara ini valid ga ya?

      ==================================================

      Tentu saja tidak Valid karena begitu banyak jenis loga yang tidak larut dalam air. Memang sifat logam tidak larut dalam air.
      Sebaiknya gunakan krim kosmetik yang terpercaya dan aman dengan membeli ditempat baik dan memeiliki nomor registrasi POM. Terimakasih

  97. Hehehehe.. Maap mbak. Pertanyaannya ke-repost gitu. Ehehehe..
    Oh okke deh mba, kayaknya mau mnta tolong temen yg mahasiswa farmasi buat uji krim nya. thanks ya mba..

  98. Mbak..td aq liat di badan POM kelly Pearl Cream kok ga ada ya? Padahal ni dah dipak dai zaman ibu aq. Sebenere Kelly pearl Cream aman ga ya?

  99. Mbak..td aq liat di badan POM kelly Pearl Cream kok ga ada ya? Padahal ni dah dipak dai zaman ibu aq. Sebenere Kelly pearl Cream aman ga ya? Tolong dunk kasih tau

    ============================================================

    Memang carinya dimana? cari diwebsite Badan POm yang resmi di sini http://www.pom.go.id/
    setelah itu klik dibagian produk teregistrasi. ketik nama produk dibagian periode 30 hari dIbagian kosmetik. Tentu saja kelly adalah produk yang aman.

    Produk : KELLY Pearl Cream
    Nomor registrasi : CD 0901702581
    Bentuk Sediaan : Krim, Krem
    Kemasan : Pot-dos, 1.5 g, 5 g, 15 g
    Klasifikasi : Kosmetika:: Sediaan rias wajah :: Vanishing cream
    Produsen : KELLY INTERNATIONAL COSMETICS, PT

  100. Hai mba.. aku mau tanya ni, aku lagi bingung pake cream pemutih muka. Sekarang aku baru coba pake citra hazeline pearly white. kira-kira bagus ga ya mba? ga ada merkurinya kan ya? tapi kenapa ada kerlap kerlip nya ya?

    ==========================================================

    Silakan ke website POM untuk mengecek hasilnya atau baca informasi dibawah ini.
    Tentu saja pearl white ada kerlap-kerlipnya, namanya juga pearl :)

  101. saya juga memakai produk dr natasha.,. tapi sampai skrg juga nggak ada apa2,, malah kult wajah sya jd tmbah putih dan halus.

    ===================================

    Saya juga pake Natasha :D

  102. kalo produk garnier engandung merkuri ap g y ?

    ==============================================

    Mohon dapat melihat dan membaca informasi dibawah ini.
    Terimakasih

  103. Dear All,

    Karena semakin banyaknya permintaan ke sqya untuk mengecek apakah prouk A, produk B, produk C, dst aman atau tidak? mengandung merkuri atau tidak?

    Tidak akan mungkin saya menjawab satu persatu semua pertanyaan tersebut. Jawaban untuk pertanyaan tersebut sebenaranya sudah ada di website Badan POM resmi di: http://www.pom.go.id/

    Setelah itu kita bisa mencari nama produk yang kita inginkan dibagian kotak “Produk teregistrasi”.

    Dari situ nanti keluar informasi “Daftar Produk Yang Mendapat Persetujuan Izin Edar”

    Klik saja periode 30 hari lalu klik dibagian yang ingin dicari apakah itu produk kosmetika, Obat, Obat Tradisional, Produk Komplemen, Makanan Minuman.

    Misalnya ingin cari nama produk kelly aman atau tidak maka Klik “kosmetika” lalu klik lagi dipojok kanan atas “cari kosmetika” lalu tulis “Kelly pearl” maka akan keluar nama dan informasi yang menunjukkan bahwa kelly sudah memiliki nomor registrasi dan dapat dikatakan aman sepanajang tidak ada penarikan produk.

    Kalo belum mengerti juga lihat postingan saya disini : http://tukangobatbersahaja.com/2011/09/22/daftar-produk-yang-mendapat-izin-edar-dan-aman/

    Terimakasih
    Semoga kita bisa lebih bijak lagi dalam memilik produk kosmetika!

  104. mbak,mo nanya…klo cream punya biosoft itu aman gak????makasih

    ===============================================

    Mohon lebih spesifik, nama produknya apakah bedak, whitening, dll. Nama produknya harus lengkap.
    Terimakasih

    • saya juga menunggu ini. penasaran apakah TABITA SKIN CARE aman? soalnya kok banyak beedar. tq

      ==========================================

      Silakan cek di website Badan POm http://www.pom.go.id
      selanjutnyaklik dibagian produk teregistrasi dan ketik produk yang dimaksdud.
      Terimakasih

  105. numpang tanya nih, sabun papaya dari rdl kan pernah ditarik dari pasaran karena mengandung merkuri. Sekarang ada sabun batang papaya dari rdl yg baru yg mengandung vitamin A,C,E plus sunscreen itu kira2 aman ga ya? ada sih nomor dari bpom yaitu CL 0201401707. Masalahnya apa bpom indonesia itu benar2 bisa dipercaya?

    ======================================================

    Coba cek ke website Badan POM di http://www.pom.go.id lalu ke bagian produk teregistrasi.
    Dsitu pasti ada informasi resminya. Terimakasih

  106. satu lagi….gimana cara mendeteksi merkuri pada sabun pembersih wajah? terima kasih

    =============================================

    Selalu gunakan produk-produk yang dikenal terpercaya. jangan mudah gonta-ganti produk.
    Untuk mendeteksi merkuri tidak mudah, haarus dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.
    Terimakasih

  107. mbak,saya maw tanya .,.apakah membeli kosmetik ato krim pemutih wajah via online itu aman?namannya Walet Cream Produk Perawatan Kecantikan yg mengandung 60% liur burung walet dan 40% nya adalah campuran dr Derma White ,Extract Bengkuang ,Vit C ,UV-A & UV-B
    mhon saranya?thx

  108. Saya sgt kcwa pke pond’s. Mkin buruk aj. Produkny bkin pori2 mkin lbr.
    Mkin bermnyak, gk nyaman bgt di wjah. Awalny saya suka, tpi krna hsilny jdi bruk bgt, saya jdi kcwa, n gk mw pke pond’s itu lg, ntr wjh saya kyk kulit jeruk pdhl saya msh 22thn.

  109. mbak,,kalo cream racikan apoteker bandung yg tdk bermerek it aman ngak,,,aku udah pake 9 bln,,tp skrng gk lg tkut ada mercury nya,,ks tw dong cream yg untuk wajah kusam,thanks

  110. halo.. kalau tull jye and tje fuk sekarang apa sudah bebas mercury and hydroquinon? mohon penjelasannya tentang aman ato tidaknya memakai product tull jye and tje fuk… pengin pake tapi takut sebelum dapet advice. thenkyu

    ============================================

    Sebaiknya cek langsung ke website http://www.pom.go.id lalu klik dibagian produk teregistrasi untuk memastikan produk tersebut aman atau tidak. Terimakasih

  111. saya baru 2 3 hari pake tulljye cream bleaching A & B, tiba-tiba muncul jerawat kecil-kecil dan bernanah di seluruh muka, berbahayakan tull jye? atau ini hanya efek samping sementara pemakaian awal (adaptasi)?
    mohon dijawab ya :( saya lagi frustasi karena masalah tersebut.
    terimakasih

    ========================================

    Sebaiknya hentikan pemakaian sekarang juga. Itu bukan karena adpatasi tetapi kulitmu tidak cocok dengan krim tersebut.
    Saran saya sebaiknya berobat ke dokter agar jerawat dan nanahnya cepat sembuh dan tidak merusak lebih jauh ke permukaan klit wajah lainnya. Terimakasih

  112. saya mau tanya… pernah denger TABITA SKIN CARE gag? itu aman gag ya? soalnya di kemasannya ndak ada ijin depkes bpom nya. di kemasan juga gag ada kandungan2nya. jadi kek natasha gt. soalnya kmrn saya pake natasha bm4, malah jd kusam. sekarang ganti pake TABITA SKIN CARE. tp kok begitu baca2 artikel ttg mercury dsb jd takut juga. gmn ini……. :(

    ========================================

    Kalo beli produk tidak dari dokter kulit, sebaiknya periksa kembali apakah produk tersebut ada nomor registrasinya?
    Jika tidak ada sebaiknya tidak digunakan. Terimakasih

  113. Mba sy pakai produk Inez whitening cream siang n malam.sy cek k badan pom,utk krim malamnya ada izinny tp krim siangny koq g ada ya.bgaimna mb?trms.

  114. Met mlm mbak…mohon infonya klu produk tabita skin care itu aman atau tidak ya….katanya sdh ada izin sucofindo tp apakan sdh ada izin juga dari BPOM ….karena harga prduk tabita khan mahal jd klu belum ada izin bpom…. bagaimana??? trimakasih

    =====================================

  115. Pingback: Tukang Obat Bersahaja: Annual Report 2011 « Tukang Obat Bersahaja

  116. mbak, saya pake tull jye cream big A..meskipun di situ tertera produknya aman tapi saya jd takut menggunakannya krn skrg sy sdg hamil 2 bln..banyak yg bilang kl produk tull jye itu mengandung merkuri dan tdk aman utk perkembangan janin..sy ganti dengan produk lain malah jadi jerawatan, tp sbnrnya sy “enak” memakai produk tull jye..sebaiknya bgmna yaa?

    ===================================================
    Saya sudah cek ke Badan POM dan hasilnya baik dan aman. Coba lihat nomor registrasinya apakah sama seperti dibawah ini. Beli Krimnya di tempat yang terpercaya ( toko kosmeti, Mall, Supermarket) untuk mencegah produk yang dibeli palsu/ tiruan.

    Saya infokan produk teregistrasi kao produk tersebut aman. Silakan untuk digunakan.
    Produk : TULL JYE Cream Big A
    Nomor registrasi : CL 1004503665
    Bentuk Sediaan : Krim, Coklat muda
    Kemasan : Pot – dos, 20 g
    Klasifikasi : Kosmetika:: Sediaan perawatan kulit :: Day cream
    Produsen :
    Importir :

    • sebelumnya terima kasih atas penjelasannya, mba..
      ternyata setelah sy lihat di produk tull jye yang sy beli, di situ tertera nomer registrasinya POM NA 47110101080, berarti beda dengan yang mba paparkan di atas, tapi ketika sy meng-klik tulisan Notifikasi Kosmetika Online di Menu Utama Badan POM dan mengetikkan kata tull jye di situ tertera

      Nomor Notifikasi : NA47110101080
      Nama Produk : TULL JYE Cream Big A
      Tanggal habis masa berlaku :17-March-2014
      Nama Perusahaan : Gernetindo Raya, PT
      Alamat : Jl. Pangeran Jayakarta 121/40 Jakarta Pusat Indonesia
      Telp : 021-6245609

      Nomer Registrasi nya sama mba, yang ingin sy tanyakan :
      1. Apa yang dimaksud dengan Notifikasi Kosmetika Online?
      2. Masih baik & aman kah produk tull jye sy?

      Terima Kasih banyak, Mba..

      =========================================================

      Akan saya jelaskan panjang lebar… ada baiknya sekalian saya posting aja :D
      Saya jawab dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti

      Untuk membuat produk, katakanlah produk kosmetik maka produk tersebut harus di daftarkan ke Badan POM. Ada serangkaian proses panjang yang biasanya disebut proses registrasi produk. Umumnya bisa berlangsung 1- 3 tahun tergantung produknya. Kok lama sekali? tentu karena untuk keluar nomor registrasinya perlu banyak dokumen, validasi, formula, stabilitas produk, dan kandungan bahan tersebut aman atau tidak, lolos uji dan sebagainya. Kalo sudah keluar nomor registrasinya akan diberi barcode. Inget huruf depannya saja. Kalo CD artinya Cosmetika Dalam Negeri. CL artinya Cosmetika dari Luar negeri.

      Sejak adanya Harmonisasi ASEAN 2010 dimana barang import dapat masuk lebih leluasa ke negara-negara ASEAN maka untuk memudahkan masuk dan meregistrasi maka dibentuk suatu sistem dari pemerintah dimana produk impor yang masuk tidak membutuhkan waktu yang panjang dan berliku. Cukup hanya didaftarkan saja dan tidak dilakukan pengetesan bahan tersebut (Hanya sebatas kelengkapan dokumentasi dan data pendukung). Keamanan produk tersebut dijamin oleh negara pembuat bukan negara yang dituju.

      Misalnya Produk A dibuat oleh negara Filipina dan sekarang produk A masuk ke Indonesia maka produk A cukup didaftarkan saja ke Badan POM dan mendapat nomor notofikasi ( disingkat NA). Jika sudah mendapat nomor maka bisa dijual di Indonesia, soal keamanannya diserahkan pada produsen pembuat dinegara Filipina dan bukan dari BPOM.

      Jika nanti sudah dipasaran BPOM kita akan mengambil sample di pasaran produk A ( disebut post market surveillance) dan dicek apakah ada kandungan bahan berbahya atau tidak. Jika ada, maka produk tersebut dapat ditarik kembali dari pasaran. Itulah cara kerja registrasi dengan sistem NA ( Notifikasi).

      Saya berharap sudah mengerti apa itu Notifikasi :D :D
      Sekarang tidak tidak perlu ragu kalo produknya kok beda yang satu CL dan NA. Nomor registrasi dengan sistem NA baru berjalan 2 ( sejak 2010) tahun tentu saja bisa terjadi 2 nomor registrasi tetapi itu satu produk yang sama. CL= Cosmetik Luar negeri tentu saja produk tersebut dapat menggunakan nomor registrasi NA. Sepanjang tidak ada berita penarikan kembali maka produk tersebut masih aman dan dapat digunakan dengan baik. Terimakasih

  117. saya pernah membeli bbcream skin79 d online store & betapa kagetnya saya mendapati bbcream saya menjadi HITAM saat digosokkan pada cincin emas..berarti bbcream yang saya beli dengan harga Rp118000 dengan jenis oriental BB Plus 10g positif mengandung merkuri!!

    saya kecewanya bukan main..pantas saja,baru 2 kali pake langsung jerawatan dan muncul noda hitam pada kulit saya.ketika saya konfirm lagi pada penjualnya,dia berdalih bahwa kandungan merkuri pada kosmetik diperbolehkan oleh BPOM dalam jmlh tertentu dan dia menegaskan bahwa produknya itu asli..(hah??g salah??)penjual itu tetap g mau tanggung jawab walaupun saya sudah komplain..huft..

    semenjak itu saya menghentikan pemakaian produk tersebut karena menyadari bahan merkuri sangatlah berbahaya walaupun dalam jmlh sedikit..
    bagi para penjual kosmetik online “please,jualah barang kosmetik yang aman dan asli agar konsumen puas dan selamat!”

    =====================================================================

    Dear Putri,

    Apa yang Putri lakukan sudah benar dengan menghentikan pemakaian produk tersebut.
    Tidak boleh ada kandungan merkuri dalam kosmetika apapun, bahkan dibawah 1 ppm juga tidak boleh. Harus bebas Merkuri!.

    Segeralah hentikan pemakaian jika terjadi reaksi iritasi dan kita patut curiga jika dalam waktu kurang dari sebulan krim tersebut langsung memutihkan wajah. Bisa jadi ada kandungan bahan berbahaya.

  118. mba sy mw tnya stlh tdk pke krim pemutih knp wajah malah tambah kusam dan bnyk flek2 timbul? kl klinik natasha d daerah bogor itu dmna y mb?trms.

  119. maaf mbak mw tanya nich sekarang ada produk baru nmanya creanm biosoft, itu berbhaya apa ga???trus untuk membedakan yg asli ama yang palsu gmn????? tanks

  120. Mbak, apakah pernah tahu / dengan mengenai krim wajah Anisa?
    sepaket krim malam, krim siang dan sabun muka transparan
    saya pernah pake bikin putih meskipun ngga telalu cepat2 bgt keliatan putihnya

    Mohon info, saya sudah cek di situs BPPOM, produk itu blm terdaftar.

    Terima kasih.

  121. sore Mbak,
    Sy mau ty ciri2 kosmetik yg mengandung merkuri katanya jika dioleskan diwajah mk wajah kita ada bintik2 yg mengkilap. Yg ingin sy tykan apa udh positif itu mengandung merkuri jika ada bintik2 mengkilap? Sy udh prnh cb periksa dg menggunakan cincin dr mas kuning dan hslnya creamnya ngak brbh wrn dan tdk ada bintik2 hitamnya. Dan jika ingin diperiksa keamanannya lab apa yg hrs sy datangin unt memeriksanya, kira2 by unt itu brp? Dan unt daerah tangerang-serpong lab apa yg bs mengecek mohon rekomen lab- nya ya. Sblmnya thanks.

  122. apakah produk citra day & night cream aman utk d’gunakan ?

    ========================================

    Coba cek saja di website Badan POM atau di Notifikasi kometika.
    Terimakasih

  123. Menurut anda product perawatan wajah dari A-dha beauty care aman atau tidak untuk kulit.

    ============================================

    Tidak bisa dikatakan menurut saya, soalnya saya bukan siapa-siapa.
    Yang berhak menentukan sebuah produk aman atau tidak adalah Badan POM.
    Silakan cek ke website Bdan POM atau Notifikasi kosmetika online.

    Terimakasih

  124. mba..a-DHA BEAUTY CARE sya cek dpom,gada trdftar namanya.. Tp sya tes d emas gada perubahan wrna sma sx..itu bagaimna mba? Sya udh pkai 5blan ..

    =====================================

    Saran saya kalo sebuah produk tidak ada nomor registrasi Badan POM sebaiknya tidak digunakan.
    Terimakasih

  125. Maaf numpang promo..klo baca semuanya.. Immortal udh ada badan POMnya.. :)

    IMMORTAL series adalah produk yang biasa dipake oleh dokter ato klinik kecantikan ternama di kota besar.
    Paket Lengkap White Series dari Immortal terdiri dari 6 rangkaian perawatan
    1- Milk Cleanser POM CD 1001501244
    2- Facial Wash POM CD 1001501243
    3- Toner /face tonic POM CA 18101201642
    4- Moisturizer cream POM CD 1005501144
    5- Sunblock / cream siang POM CA 18101803931
    6- Night Cream (Whitening Cream) POM CA 18092008627

    =================================================================

    Mohon maaf ya, komennya saya moderasi karena sebaiknya tidak ada iklan.
    Terimakasi

  126. mbak… aq mau nanya… aq baru pemakai produk kelly pearl cream, aq cari di notifikasi bpom gk ada…
    tp mbak postingan diatas memberi contoh kelly pearl cream termasuk yan tidak berbahaya…
    jd sy bingung…
    trus kok yang sy beli POM CD 0901702581, gk sama yang mbak paparkan…
    apakah yang saya beli itu palsu mbak…
    sy belinya cuma 6 rb,…thanks jawabannya mba

    ==============================================

    Baca sekali lagi tulisan saya dengan seksama, tertulis “Kelly Pearl Cream Whitening”.
    Tentu saja berbeda no reg dengan “Kelly Pearl Cream”

    Produk yang kamu gunakan sekarang biarpun harganya sangat terjangkau bukan berarti palsu, Kelly Pearl Cream Aman dgn no reg CD 0901702581 .
    Mohon perhatikan tulisan saya dengan seksama dan jangan langsung mengatakan Kelly itu Palsu.
    Terimakasih
    Jadilah konsumen yang bijak dan teliti sebelum membeli.

  127. Mba, saya menggunakan sabun papaya rdl, disitu dtulis no pom:
    CA 40090507899
    MAL07090454K
    yg ingin saya tanyakn mksd dari MAL07090454K itu apa ya mba? Dan apakah prduk trsebut bbahaya?
    Mohon penjelsannya ya mba, trimaksih.

  128. YANG JELAS KALAU MAU PUTIH YA PAKE BAYCLIN !!!!
    BUAT MUKA SAJA SAMPAI KELUARIN KOCEK RATUSAN RIBU BAHKAN JUTA’AN RUPIAH…
    MENDINGAN DIBELI-KAN BERAS DAPAT BERAPA BANYAK KARUNG + POLA MAKANAN YANG SEHAT DONG WAKWKWKWKWK…

    DASAR WANITA & PEMUDA ZAMAN SEKARANG HEHEHE…

    Regads.

  129. mbak tlg jelasin donk… bingung niiiiii… produk cream biosoft dari bandung aman gak ya…… kalau sabunya dah ada BPOM, creamnya blm, gmn mbak, tlg jawab ya…

    ============================================================

    Saran saya selalu gunakan produk yang ada nomor registrasi dari Badan POM. Jika tidak ada sebaiknya tidak digunakan.
    Itu adalah salahsatu upaya untuk terhindar dari produk yang tidak aman.
    Terimakasih

  130. oya aku pernah pake cream racikan apoteker bandung yg kemasannya pake tube , tidak bermerk dan sabunnya bening ..hasilnya bagus tapi ternyata mengandung mercury dari info yg aku dapat di link2 tanya jawab tntang cream pemutih,,.mw nanya dok,,kalo cream biocent itu aman nggak,,ada no POM nya,,udah ku cek juga,,tapi itu cream rupanya persis dengan cream bandung,,itu gimana ya,,?

    ===============================================================

    Sebaiknya cek langsung ke website Badan POM dibagian produk teregistrasi.
    Kemudian klik dibagian kosmetik dan ketik produk yang dimaksud. Kalo tidak ada nomor registrasinya sebaiknya tidak digunakan.

    Sekarang ini banyak krim palsu dan krim mirip-mirip. Perhatikan kemasannya dengan teliti baik warnanya, texturenya, bentuk kemasan, hologram (kalo ada), tulisan dikemasan. Pasti ada bedanya yang asli dan palsu.

    Saran saya selalu beli dari tempat-tempat terpercaya. Jadilah konsumen yang teliti sebelum membeli. Terimakasih

  131. makasih mbk atas penjelasannya,,udah aku cek dan udah terdaftar produknya, tapi itu cream proses pemutihannya berkisar antar 1-2 minggu,,menurut mbk bukankah yang seperti itu mengandung bahan2 berbahaya? tapi kenapa lulus uji POM ?

  132. Siang Mbak, Saya Dilla berusia 25thn, saya baru memakai cream pemutih wajah yang saya peroleh dari teman saya, katanya racikan dokter, karena wajah teman saya bersih dan kinclong, membuat saya tertarik untuk mencoba (kebetulan saya mengalami wajah yang tidak mulus/berjerawat).

    setelah saya pakai +/- 2 1 minggu, kepala saya jadi sering pusing, apakah itu reaksi dari cream tsb, krena saya browsing pusing2 & mual2 mrupkaan ciri2 cream yg mengandung mercury, tetapi saya coba gosokkan dg logam cream tsb tdk berubah wrna mnjadi hitam.

    apakah cream yg saya pakai mengandung mercury?? sebelum saya terlanjur lama memakainya, karena efeknya sangat berbahaya, mohon dibantu mbak, bagaimana cara mengetahui apakah cream tsb menggunakan mercury? apa yg harus saya lakukan, terima kasih….

    ==================================================================

    Saran saya hentikan pemakaian krim tersebut. Tidak semua orang cocok menggunakan sebuah krim, bisa berhasil untuk temanmu tetapi kamu tidak karena setiap manusia memiliki kondisi dan jenis kulit yang berbeda.

    Harus diingat, jangan pernah menggunakan krim kalo tidak ada Nomor Registrasi POM. Mau dikatakan racikan dkter, dokternya siapa kita tidak tahu?
    Selalu teliti nomor registrasi sebelum membeli produk kecantikan. Terimakasih

      • selamat sore mba. maaf saya mau menanyakan tentang produk bianz:
        bianz night cream POM CD 1006701868,
        bianz day cream POM CD 1004701867
        bianz facial foum POM CD 10011700781L
        produk tersebut aman ga yah? karena saya hendak mencoba nya. krn sebelum nya menggunakan cream a-dha,dan ada yg bilang cream a-dha mengandung zat berbahaya. saya jd takut utk meneruskan nya. jd saya mau beralih dan mencoba produk bianz yg sdh ada pom nya. apakah yg teretera pada produk tersebut pom benar ada nya? mohon bantuan info nya yah mba. terima kasih..
        ===================================

        Mohon langsung cek ke website POM saja di pom.go.id kemudian klik dibagian produk teregistrasi kemudian klik kosemtik 30 hari lalu ketik nama produk yang diinginkan, jika nomornya sama berarti produk tersebut aman. Terimakasih

        Selain itu perhatian bentuk kemasan, hologram (bila ada) atau segelnya tidak boleh rusak.

  133. mbk mau nanya cream wallet yg katanya mengandung liur wallet.yg banyak dijual di o.s itu aman ga?cos aku dah make 2 bulan di wajah enak bgt,trus aku ga beli lg ganti cream olay.cream walet itu aman ga sis kan g ada BPOM nya ktnya sudah ada tp belum dicantumkan……………

    ===========================================

    Coba lihat dikemasan produk itu, jika tidak ada nomor registrasi BPOM sebaiknya tidak digunakan.
    Terimakasih

  134. mba mau tanya kalo cream esther aman gak??

    ==========================================

    Silakan langsung cek aja ke website pom.go.id lalu menuju produk teregistrasi
    kemudian klik dibagian kosmetika 30 hari. ketik nama produk yang diinginkan.
    Pasti ada jawabannya. Terimakasih

  135. wah wah, percobaan pakai cincin emas ? kalo berubah warna kan belum tentu karena merkuri, ada juga Titanium dioxide (logam juga selain merkuri) yang aman biasanya dicampurkan di krim untuk menahan sinar UV, nah itu juga logam, dan bisa bereaksi dengan emas, nah lo ???? saya juga Farmasis lhow mbak……….

    ============================================

    Terimakasih infonya.
    Mohon dapat lebih spesifik lagi memberikan informasinya agar semua jadi tahu bagaimana caranya mengetahui krim yang mengandung merkuri, ada atau tidak. Ditunggu feedbacknya Nidi. Terimakasih

    • jadi gimana cara mengeceknya Mbak? karena saat ini banyak beredar cream2 wajah yang dijual bebas,,,informasinya racikan dokter..seperti istilah tsb selalu digunakan, kasian kan mbak org awan yang tidak mengetahui cara mengeceknya…kalo dipake ke wajah berbahaya,,mohon di share bagaimana cara mengetahui bahwa ada merkuri didalam produk tsb. terima kasih.

      ======================================================================

      Pertanyan ini sudah pernah saya ulas dipostingan saya untuk mengetahui ciri-ciri krim yang mengandung Merkuri. Silakan dibaca. Terimakasih
      http://tukangobatbersahaja.com/2012/01/06/ciri-ciri-krim-mengandung-merkuri/

  136. mbak, apa bedanya notifikasi BPOM dg yang telah registrasi di BPOM, karena ada produk yang saya cek di notifikasi terdaftar, tapi di produk yang teregistrasi di BPOM tidak ada. mohon penjelasannya.

    =================================================================

    Saya sudah membuat postingan tersendiri, silakan baca tulisan saya dibawa ini untuk tahu bedanya:
    http://tukangobatbersahaja.com/2012/01/16/apa-bedanya-notifikasi-kosmetika-dan-registrasi-pom/

  137. mbak kalau lulur susu domba itu aman gak ya, …..

    ===============================

    Sebaiknya segera cek langsung ke website Badan POM untuk tahu hasilnya.
    Terimakasih

  138. Kalau boleh saya tanya, Mbak sendiri pakai produk apa? dengan alasan mengapa? apakah mbak memperhitungkan harganya? atau mbak meracik produk kosmetik sendiri karena mbak berprofesi sebagai apoteker.

    kemudian apakah mbak bersedia menjelaskan bagaimana seharusnya kita merawat kulit wajah dan tubuh agar tetap sehat karena kulit sehat pasti membawa dampak positif (enak dan nyaman) pada yang lihat (lawan bicara). Apalagi wanita yang sudah bersuami atau bekerja yang menuntut penampilan menarik karena berinteraksi dengan banyak khalayak umum?

    ==========================================================

    Kunci kecantikan saya sebenarnya mudah. Cuci muka yang rajin, pakai produk yang sudah terpercaya keamanannnya. Perawatan kulit yang rutin.
    Kebetuan kulit saya itu super sensitive dan mudah berjerawat jadi saya lebih memilih berobat ke dokter. Sedikit lebih mahal memang tapi saya puas hasilnya. Bukan berarti kulit saya akan putih mulus. Tidak yang terpenting wajah saya bersih, bebas jerawat, sudah tidak terlalu berminyak dan komedo berkurang. Itu cukup buat saya. Saya tidak ingin jadi tambah putih kulitnya.

    Meskipun saya farmasis tetapi saya tetap berobat ke dokter, bahkan memang harus merogoh kantong lebih dalam. Karena saya percaya kualitas dan keamanannnya. Saya bukan ahli meracik krim.

    Kerjaan saya memang mengharuskan saya tampil rapih dan enak dipandang hehehe. Rahasia kecantikan kulit adlah melakukan perawatan rutin. Seringkali yang salah ketika tubuh, kulit, wajah sudah menjadi apa yang kita inginkan maka pada umumnya ingin berhenti melakukan peratwan dengan dalih tidak mau ketergantungan. Padahal itu salah. Jika sudah mendapat hasil yang baik dari perawatan kulit/ wajah sebaiknya lakukan perawtan terus menerus. Merawat diri itu setiap saat.

    Tidak harus pake cara yang repot, cukup luluran sebulan sekali. ke dokter kulit sebulan sekali untuk perawatan dan beli krim. minum air putih, makan sehat (sayuran, buah) makan seimbang antara jumlah gizi serta olah raga teratur. Terimakasih

    • Saya suka balasan detailnya mbak. Sangat mencerdaskan dan membuka wawasan. Cantik memang tidak harus putih. :)

      Untuk saat ini, saya berpikir jika perawatan ke dokter pasti menimbulkan ketergantungan. Misalnya: perawatan ke dokter kira-kira Rp 300.000,00-500.000,00 belum termasuk biaya kontrol. Perawatan itu dilakukan selama kurang lebih dua bulan atau tiga bulan (pada bulan pertama, bulan kedua, dan bulan ketiga).

      Selanjutnya, jika sudah berhenti, pada bulan ke-empat, misalnya saya sering melihat teman-teman yang perawatan ke dokter spesialis kecantikan atau kulit kembali bermasalah wajahnya. Saya jadi khawatir untuk melakukan perawatan kulit ke dokter. Mohon penjelasannya dari mbak atas cara pandang saya yang seperti ini, apalagi saya termasuk perempuan yang perhitungan dengan uang. :) maklum masih kuliah. Jadi, harus mengatur alokasi keuangan dengan porsi yang pas. :D

      Jujur saat ini saya memakai produk kosmetik yang ibu saya sudah memakainya sejak SMP dan murah dari segi harganya (Kelly Pearl Cream dan bedak Viva). Hasilnya, kulit ibu saya juga tidak bermasalah, bersih, dan tidak berjerawat. Akan tetapi kulit saya masih bermasalah (berjerawat, mengkilap, kusam, dan cokelat). Saya dulu pernah menjadi korban krim walet (cepukan) yang memutihkan secara instan dan akhirnya saya memilih menghentikannya setelah membaca artikel di internet, salah satunya artikel yang mbak tulis ini.

      Saya berencana tidak ke dokter untuk perawatan karena biayanya yang lumayan membuat saya puasa selama dua bulan. Pada akhirnya, saya berusaha secara kontinyu memakai produk ini. Di samping saya punya planning akan facial satu bulan sekali di salon dengan produk aman dan masker wajah di rumah dari produk yang siap pakai dan tentu saja aman, 1 minggu sekali.

      Mungkin tulisan saya ini termasuk yang paling panjang dan belum tentu mewakili problem pengunjung blog ini secara keseluruhan. Tetapi, saya sangat mengharap sekali ada penjelasan dari mbak. :-)

      Terimakasih.

      Salam kenal dari saya

      ===============================================

      Terimakasih untuk curhatnya yang panjang dan jadi komen terpanjang hehehehe.
      Cantik memang tidak harus berambut lurus dan memiliki kulit putih dan tidak mungkin juga bisa langsung putih dalam seminggu. Just be yourself, You are beautiful.

      Kuliah adalah prioritas sekarang dan memang harus memperhatikan anggaran pengeluaran. lain halnya kalo kamu sudah kerja dan punya penghasilan sendiri. Silakan berobat ke dokter kulit setiap bulan seperti saya :D

      Saya ingin meluruskan pemahaman orang yang salah mengenai “Jangan berobat kedokter/ klinik nanti ketergantungan, kalo berhenti wajah balik lagi”. Menurut saya tidak seperti itu.

      1. Kalo ke dokter kulit ingin apa sih? ini wajah bersih, cerah dan bebas jerawat.
      2. Bagaimana caranya? sudah tentu dengan perawatan rutin, bisa dengan penggunaan krim tertentu, terapi microdermabrasi, jet peel, chemical peeling, facial, laser untuk meratakan wajah yang geradakan hehehe.
      3. Berapa lama? umumnya dalam waktu 3-4 bulan berobat ke dokter akan terlihat hasilnya, wajah bersih cerah dan yummy
      4. Lalu selanjutnya bagaimana? biasanya akan stop ke dokter karena merasa sudah oke jadi tidak perlu
      5. Apakah itu salah? ya, itu salah
      6. Memang yang benar seperti apa? namanya juga perawatan wajah rutin, artinya jika wajah sudah dibenerin dan terlihat oke maka jangan berhenti sampai disitu, kamu harus terus me-maintance/ memelihara hasil yang baik itu.
      7. Dengan cara? memeriksanan dan merawat wajah secara rutin kesana.
      8. kan mahal? tentu saja ada harga ada rupa. Umpakan wajah seperti lantai dirumah. Apakah lantai dirumah harus disapu setiap bulan? tentu saja. Tetapi hasilnya berbeda dengan rumah yang disapu setiap hari bahkan hasilnya berbeda jika lantai disapu 2 x sehari. Akan terlihat lebih bersih.
      9. Jadi intinya? lakukan perawatan wajah dengan rutin setiap hari secara terus menerus.

      Berobat ke dokter teratur untuk yang punya anggaran tetap. Jika tidak punya anggaran berlebih sebaiknya lakukan perawatan rutin dengan dana yang tersedia. Cantik memang sangat berharga tetapi bukan yang utama.

      Perawatan basic wajah adalah membersihkan wajah 2-3 x sekali. Peeling dan scrubing artinya mengangkat sel kulit mati agar wajah cerah. kamu bisa kok facial dan scrubing sendiri.

      Untuk bedak yang aman dan terjangkan coba saja bedak Venus. Wadahnya berwarna biru, Baik sekali untuk digunakan dan aman. Terimakasih

      • Woow, terimakasih mbak :) hhe, jadi komen terpanjang beneran ini yaa? :D

        =======================================

        hehehhehe

      • kalo wajah nya tidak bermasalah bisa berkoment seperti tersebut diatas. kalo wajahnya berjerawat dan timbul bekas jerwat ini yg menyebabkan semua wanita kerepotan. memang tidak harus putih tapi mulus tanpa noda hitam bentol2 lebih menyenagkan untuk dilihat

  139. apakah bdak DHA ada yg tiruan

    ==============================

    Sebagai konsumen telitilah sebuah produk sebelum membeli sebuah produk kecantikan.
    Ada yang tiruan, barang palsu, produk ilegal, dll.
    Cek nomor registrasi, cek ke website BPOM, dan kenali packaging dari produk tersebut (seperti logo hologram, packing atau tulisannya.
    Terimakasih

  140. mbak saya sudah pakai adha cream dan hasilnya bagus tanpa memerah dan melupas parah.. cocok di saya cuma klo keseringan pake itu nanti kulit saya kering atau tidak ya? kalau saya ganti pakai serum whitening aja apa nanti kembali hitam atau tidak ya?

    =============================================

    Saya tidak berhak mengatakan produk A baik, produk B jelek. Yang bisa meyebutkan statment itu adalah Badan POM sendiri.
    Cocok untukmu belum tentu cocok untuk saya dan lainnya. Semuanya saya serahkan kepadamu sendiri. Terimakasih

  141. mba , akuh ita …
    akuh sekarang lagi pake perawatan A-DHA ,,
    kira2 itu berbahaya gg ??
    selama aq pake siih gg ada masalah apa2 ,, aq juga baru pake kurang lebih 3 minggu ..

    please replay ,,

    ==================================

    Saran saya bebaik apapun sebuah produk, jika tidak ada nomor registrasinya sebaiknya tidak digunakan.
    Tetapi ini bukan pemaksaan, semua diserahkan kepadamu. Wajahmu milikmu juga. Terimakasih

  142. hi mbak,salam kenal..
    saya mau tanya,saat ini saya pakai QL cream dari pt usaha mandiri makmur,saya coba cari di Google ternyata ada yang dari pt usaha cosmetic jaya,itu bisa dibilang ada yang palsu gak ya mbak?
    saya coba liat dikemasan memang ada no pom,tapi yg saya bingung kok beda dengan yang saya liat di pom.go.id ya…QL yg saya pakai pom CA,sedangkan yg sy liat di pom.go.id no pom-nya pom CL.
    Mohon bantuannya mba,saya bingung dan takut skali soalnya..trims.

  143. kalau citra day and night thu asli produk citra gax sih??

    ==========================================

    Setahu saya ga ada yang namanya Citra Day and night. Sebaiknya cek saja langsung ke pom.go.id
    Lalu menuju produk tergistrasi. klik bagian kosmetika 30 hari. Terimakasih

  144. saya pake obat dokter warna pink pagi dan hijau muda malam,,, setelah pmakean 2 minggu kok kulit saya biasa aja,,, malah kayak berminyak gitu ya, gak ada prubahan.. tolong pnjelasannya mbak?

    =============================================

    Dari dokter mana?
    2 minggu adalah waktu yang terlalu dini untuk mengatakan sebuah produk berhasil atau tidak berhasil. Umumnya hasilnya baru terlihat 2-3 bulan pemakaian. Tidak ada cantik yang instan, semua butuh proses. Kunjungi dokter lagi dan segera konsultasikan mengenai kondisi kulit wajahmu. Terimakasih

  145. mba.saya lgi pake krim yang sya bli sec ol,ktanya sih dri farmasi,racikan apoteker,ga ada no BPOmnya jga,krimnya untuk siang dan malam,dua-duanya warnanya kuning,agak mengilat memang tapi tdk kya hologram,wanginya jga harum,sya sdh test dgn emas,dan wrnanya ga berubah,ada tonernya,tapi tidak menyengat baunya,cman memang agak cpt membuat kulit wjh saya putih,krna baru 2 mggu lebh,wjh sya jdi putih (walopun tdk putih skli),dan menimbulkan jerawat.menurut mbak krimnya aman tdk?…trus ada resep ga gmana cra untuk detoksifikasi racun2 yang sdh terlanjur msuk dlm tubuh kita krna pemakaian kosmetik yang mengandung mercuri dan hydrokinon atau bhn kimia lainya.tks b4

  146. aku mau tanya kak, umurku 18 tahun tapi saya pernah mencoba bbrapa minggu lalu menggunakan krim pemutih a-dha, baru pemakaian 1 minggu kulitku terasa kering sekali, terus aga kemerahan kalo kena sinar matahari, juga aga sedikit perih, pas aku tanya ke kaka penjualnya katanya itu pertanda cream sedang bereaksi, jadi tenang saja tetap lanjutkan pemakaian, tapi karena takut saya belum pernah pakai lagi sampai sekarang, tapi kulit kering di wajah saya ga hilang , menurut mba kosmetik adha ini aman atau tidak? apakah langkah saya menghentikan ini sudah baik? atau saya malah harus melanjutkan pemakaian yang sudah saya hentikan sekitar 1 minggu yang lalu, mohon pendapatnya . terimakasih

  147. Kalo garnier night cream gmn mb??

    =====================================

    silakan cek langsung ke website Badan POM
    Terimakasih

  148. mw tanya kalau pake bedak natural 99 bagus ga?? atau bahan tersebut berbahaya untuk dipakai?

    ===============================================

    Sekali lagi, mohon cek langsung ke website Badan POM di pom.go.id
    menuju bagian produk teregistrasi. Ada kok informasinya.
    Terimakasih

    • coba baca2 review difemale daily about skin care disana banyak kok review2 yang berguna

      ========================================

      Sama-sama :D

  149. mb mau nanya,dari td aku nyari tentang produk garnier,kira2 buat ibu hamil aman ga yah?? tolong dunk mb dijawab.biar ga bingung lg.habis cari produk buat ibu hamil susah.makasih banyak atas info’a mb…

  150. Mo tny donk,wajah sy berjerawat, dan kusam trs atas saran sepupu sy disrh pake kelly,sy pake yg pearl cream,udah 1 bln pake wajah tetep berjrawat n kulit msh tetep aja kusam,dan leher saya gatal2 ,hrsnya sy pake yg pearl cream ato pearl cream whitening yach,tp yg whitening apa segampang yg pearl cream nyarinya,trimakasih

  151. Assalamualaikum …
    Mbak saya cwo mau nny ne . muka saya sudah agak berkurang semenjak pakai sabun lifebouy clear skin tp kok lama2 kulit muka saya jadi kering dan bekas2 jerawat jadi menghitam gitu .
    nah yg saya ingin tanya saya mau coba tjefuk .. apakah menurut mbak tjefuk itu aman untuk kaum cwo dan tjefuk yg merk apa yg bagus dipakai utk dipakai pas saat sebelum tidur .
    mohon dibalas ya mbak . :)

  152. mbak mau tanya kalo no.bpom di kemasan krim tidak sama dengan no.registrasi yg saya lihat di http://www.pom.go.id bagaimana?/ trimakasih sblmnya

    =========================================================

    Memang apa sih produknya? dan sebutkan nomor registrasi di dikemasan tersebut?
    Terimakasih

    • mba, maaf saya mau bertanya usia saya 22 tahun saya pakai kosmetik garnier, apakah garnier aman? dan nmr registrasi pom di garnier apa ya namanya? dan diletakan dimana tanda registrasi pom di kemasan garnier nya? mohon jawabannya. trimakasih

  153. mba mau tanya skrng kan bnyak beredar krim walet dll tuh,itu semua aman gak sih????
    trs juga ada produk biosoft krim pemutih dan sabunnya dari bandung,,,aman ga?????

    ============================================================

    Sebaiknya cek langsung ke website Badan POM atau di notifikasi online
    Terimakasih

    • iya nih , saya make krim walet bio energy. katanya si asli ada uji kima farmanya . tp baca dr internet jd agak bbg juga. jd bgg pakai krim apa yang bagus.

      ========================================

      Setahu saya tidak ada uji Kimia Farma, itu nama sebuah perusahaan farmasi di Indonesia.
      Kalo mau tahu krim apa yang boleh dipakai, cobacek aja langsung ke website Badan POM untuk mengetahui kosmetika yang teregistrasi dan aman.
      di http://www.pom.go.id

      Terimakasih

    • mbak aku mw nanyk sudah seminggu ni aku menggunakan Meco pearl cream dan pencuci’a aku pakai pond’s white beauty..

      jujur mbak wajah ku semakin bnyk mengeluarkan jerawat,,,
      menurut mbak aku hrus berhentikan pemakaian thu atau tdk mbak..

      wajah ku gatal2 mbak..
      gk enak semenjak make Meco,,,

  154. mbak, aku coba pake krim ling zhi with vit.E , aman gak mbak ? udah cek di situs bpom gak ada, aku yg salah atau memang krim itu gak aman ?

  155. Kenapa ponds white beauty gak tercantum berarti produknya berbahaya mbak
    yang ada tulisan kayak gini baru ngecek di b pom :
    Microsoft OLE DB Provider for ODBC Drivers error ’80040e14′
    [Microsoft][ODBC SQL Server Driver][SQL Server]Line 1: Incorrect syntax near ‘S’.
    /nonpublic/reg/search.asp, line 226
    maksud nya ap mbak ???
    tolong mbak kasih info nya pileess help mee

      • mbk, q udah 5 tahun ini pake tull jye day cream
        cocok,skrg hamil, d kasih tau tmn sbaiknya ga pake kosmetik dl apalagi tull jye pernah d tarik bpom katanya mengandung merkuri.
        cari d website pom.go.id ternyata tull jye terdaftar, iseng2 krim yg ada d meja rias d gosok pake cincin emas, hanya sebentar langsung hitam
        gmn mbk, bingung nie..sbnrnya tull jye aman ga ya? makasih bnyk jawabanya ya mbk

  156. mb rina yang baik hati,,,sya mau tanya,,kalo pakai bedak kendededes aman g ya?

    ===============================================

    Saya baru denger bedak merek tersebut.
    Please cek langsung ke website BPOM. Terimakasih

  157. Satu lagi pertanyaan saya.. Jika suatu produk sudah terdaftar dlm BPOM, apakah sudah menjadi jaminan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi?? Mungkinkah terjadi penyuapan untuk mendapatkan ijin edar dari BPOM itu sendiri ??? Itu yang menjadi kekawatiran saya. Terimakasih. :)

  158. Berbicara mengenai produk dari klinik terpercaya, apakah efek dari klinik terpercaya tidak menimbulkan efek kecanduan dalam arti pemakaian untuk jangka panjang sehingga suatu saat apabila kita tidak memakainya akan menimbulkan efek-efek yang mengerikan atau yang biasa terlihat adalah flek hitam yang mengerikan pada wajah. contoh nya saya adalah pemakai produk Erha Clinic, jujur saya juga merasa was was. Mohon penjelasannya ya…
    Terima kasih.

    =========================================

    Saya juga sudah 4 tahu lebih menjagi pelanggan setia Natasha Skincare. Apa yang kamu rasakan pernah saya rasakan. Ini bukan seperti ketergantungan obat sehingga tubuh jadi menagih terus. Bukan.

    Ke klinik kecantikan ada 2 alasan pertama untuk pengobatan dan perawatan. Misalnya kulitnya jerawat, wajahnya tiak rata (bolong-bolong bekas jerawat). Setelah treatmen selama beberapa bulan maka kulit akan lebih halus dan bersih. Ini selesai pengobatan. Jika slesai apakah berarti sudah? tentu tidak.

    Kalo sudah baik tentu ingin dipertahankan. Nah untuk itu penting selalu melakukan perawatan agar apa yang sudah diraskan sekarang dapat terus dipertahankan. Ini yang konsep dipandang salah oleh beberap orang, dikiranya kalo nanti berhenti akan sama lagi. Ya bisa sama lagi karena sudah tidak pernah dirawat seperti dulu.

    Selama tidak ada efek samping dan cocok kenapa harus berhenti perawatan. Untuk efek samping, selama penggunaannya berada dalam pengawasan dokter kulit (dermatologist) maka mereka yang bertanggung jawab mengenai keamanan kosmetik tersebut. Terimakasih

  159. bagaimana dengan cream baby pink bersertifikat sucofindo? apakah itu aman? saya sudah cek di BPOM yang telah mbak kasih linknya tadi . tapi nama baby pink sucofindo tidak terdaftar. tetapi mereka sudah memiliki sertifikat sucofindo . apakah ini aman atau tidak mbak? tolong infonya thankyou (ditunggu)

  160. kalo sabun gitu caranya tau klo itu bermerkuri atau ga gmn mbak ? aku baru beli sabun whitening lumayan mhal hrganya 95rb sebatang.
    katanya alami tp dr aromanya nyengat trus bkin nafas sesak mnurut mbak itu aman atau ga?

  161. mbak kalo cara ngebedain sabun yg bermerkuri atau ga gmn ya? aku baru beli sabun whitening katanya sih alami buatan farmasi universitas ternama trus mutihinnya ga instan. harganya jg lumayan hampir 100rb sebatangnya. tp kok aromanya agak ga enak gtu, nyengat trus bkin dada agak sesak. itu knp ya? apa mengandung merkuri?

    =====================================================

    Saran saya kalo kamu ragu, jangan digunakan.
    Universitas ternama tidak mungkin mengeluarkan sebuah produk kecantikan (whitening). Hanya manufaktur/ pabrik kosmetik yang bisa.
    Gunakan yang terpercaya, sebelum menggunakan periksa apakah produknya terdaftar di Badan POM atau tidak. Lebih teliti ya. Terimakasih

  162. mbak kalo criem citra day & night itu berbahaya atau tidak ?
    kira” memgandung mercury atau tidak ?

    =================================

    Sepertinya Aman namun untuk lebih jelasnya sebaiknya cek langsung ke website POM ata cek juga di Notifikasi kosmetika
    Terimakasih

  163. mbak apakah criem A-DHA itth berbahaya apakah tidak yah mbak?
    dan apakah A-DHA menggunakan merkuri

    ==================================

    Silakan cek langsung ke website Badan POm atau Notifikasi kosmetika.
    Terimakasih

  164. Mau tanyaaaaaaaaaa
    aku pake obat bernama RDL, tapi terasa perih dan pana, juga mengelupas. tapi noda-noda bekas jerawat mulai memudar. bagaimana? lanjutkan atau berhenti?

  165. Mba mau nanya, kalau facial wash,toner, Tirai dari dr.fredy setyawan (natsha) kan ada no registrasinya,ada komposisinya, ada exp.date’nya juga, tapi kenapa krim pagi dan krim malam dari dr.fredy setyawan itu kok ga ada komposisinya, trus ga ada no registrasinya,yang ada cuma kode kaya AP1-M,SM25B sama nomer KP.01.01.1.3.3945. Maksud dari kode dan nomer itu apa yah mba? makasih.

  166. mbk , aku pakai biosoft . udah 10hari pakai dan hari ke-11 wajahq merah2 , gatal, bengkak . aq iritasi ya mbk? gmana buat netralin wajahq mbk??? kira2 berapa hari merah2 ama gatal2 gini mbk? blsss ya penting

    • coba deh mbk minum GLUTERA, selain bisa memutihkan kulit juga bisa menghilangkan bekas jerawat, dan juga aman karena sdh terdaftar di badan POM.

      ==================================================

      Saya ga jualan hehehehe
      Saya serahkan kepada masing-masing untuk menilainya. Terimakasih

  167. Mbak, produk Chiumien Special Pearl Cream dengan nomor izin POM NA47110300231 itu aman nggak? soalnya saya baca di situs resmi USU ( Universitas Sumatera Utara) dalam penelitian mahasiswanya, produk ini mengandung + 68 % merkuri mbak? tapi kenapa BPOM masih memberi izin mbak?

  168. sist saya mau tanya kalo deoonard 7 days whitening cream (biru) aman gak??

    ===========================================

    Silakan cek langsung ke website Badan POM atau Notifikasi kosmetika.
    Terimakasih

  169. apakah pond’s white beauty UV Protection cream SPV 15 dan pond’s white beauty spotless day cream, sudah teregistrasi di badan POM?
    Mohon dbalas.

  170. Saya mau tanya nie,saya memakai cream wajah esther whitening cream produk dari dokter,apa itu sudah terdaftar di badan pom?saya coba cek sendri tpi wab tidak mundukung,mohon bantuanya ya terimakasih

  171. Bagaimana dengan produk dr.pure dan topsyne? aman atau gak ?
    mhon infonya, trma ksih.

    ===========================

    Sebaiknya cek langsung ke website Badan POM atau notifikasi kosmetik.
    Informasinya terpercaya. Terimakasih

  172. Aku mw tanya,jd sebenarnya produk kelly itu bagus ga?
    soalnya byk yang bilang kelly itu ga bagus krn mengandung mercury,mohon d jawab ya,terima ksh

    =================================================================

    Sebaiknya cek langsung ke website Badan agar lebih jelas.
    Terimakasih

  173. Bagaimana dengan produk meco, msh amankah dipakai bu,,, karena saya sudah hampir 10 tahun memakainya. terkadang setelah memakai timbul rasa gatal, terkadang tidak sama sekali…

    ===================================

    Sepertinya tidak ada masalah, selama tidak ada efek yang merugikan. Apalgi sudah 10 tahun digunakan dan tidak ada efek yang merugikan silakan untuk terus digunakan. Terimakasih

    • waahh ak bru mau nyobain krim meco dan terlanjur terapply dimuka, n baca cra ngetest merkuri ato gak td.. lngsung ak cobain ke cincin emas muda ak dan jadi ny berubah warna deh tu krim jd abu”, trmasuk bb cream korea yg udh ak pke 3 bulan trakhir ak tes jg dan hasilny abu” jg shock nih.. jd berbahaya gk tu ya?? kandungan merkuriny? tp udh ad pke yg bertaun” msh aman” aj.. duh bingung ni

  174. mlam mba’ maw tanya kalo cream natural 99 aman gk yah?? soalnya sudah 10 bulan sya pake tpi smpai saat ini mash aman2 sja,, hnya sja pipi sya keliatan merah mba’…. kode reg.x DOO_2006010992,, mhon dijawab yah…thanks.

  175. kalo kyk cream whitening magic korea plus yg biasa ad iklan nya paramitha rosadi sm magic korea trus sm yg merk import kyk whitening kojic itu aman ga?tlg di bls soalnya aq pengen coba tapii takut,soalnya aq cek blm terdaftar di bpom tapi itu benaran import atau bajakan ya?

  176. halo salam kenal ;)
    sangat bermanfaat sekali artikelnya :)

    usia saya 18thn dan hampir 2 bulan terakhir ini saya bermasalah dengan yang namanya Jerawat, sebelumnya jika berjerawat yang muncul hanya 1-3 kemudian 3-7 hari jerawat kabur tanpa jejak itupun berjerawat hanya ketika sedang menstruasi saja. Namun sepertinya saat ini saya di keluhkan dengan jerawat yang bertahan di wajah saya, kecil-kecil dan beleweran (tumbuhnya dimana-mana) kemudian meninggalkan bekas yang sangat jelas terlihat dan menjadi icon di wajah saya. Saya menjadi tidak percaya diri.

    menurut kk sebaiknya saya bagaimana? saya tidak ingin masalah ini berlarut-larut T-T mohon bantuannya ;) dan Bagaimana pendapat kk tentang Krim Hazeline Snow buatan Malaysia? Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s