Mencegah dan Mengobati Alergi

Setiap pagi saya sering batuk-batuk tidak  jelas dan itu sudah berlangsung beberapa tahun. Sudah cek kedokter tapi hasilnya baik-baik saja, menurutnya saya kena aergi,  alergi apa ya? Bagiamana cara mengobatinya?. Makasih.

Alergi dapat terjadi pada siapa saja, dari bayi sampai orang tua.  Alergi disebabkan karena tubuh merespon terlalu berlebihan terhadap  lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya (autoimun). Penyebab alergi bisa terjadi karena faktor genetik dan pengaruh lingkungan.

Untuk memastikannya kita terkena alergi apa, dapat dilakukan pemeriksaan kadar Immunoglobulin E (IgE) yang berperan dalam pembentukan reaksi alergi. Bila reaksi aergi terjadi pada permukaaan kulit, seperti urtikaria (biduran), gatal-gatal, bentol, kemerahan sebaiknya lakukan periksaan skin test untuk menetukan jenis alergi.

Seperti apa contonya orang yang kena alergi? jenis-jenisnya?
Bahan pemicu terjadinya alergi sangat banyak, seperti susu sapi, makanan laut (Udang, kepiting, cumi, dll), kedelai, kacang-kacangan, udara, debu, logam, serangga, cuaca dingin, sinar matahari, es (makanan/minuman), cuaca panas, bulu hewan, karpet, sisa makanan, jamur, suara, asap, karet, bahan sintetis, kelembaban,dll. Bahkan terkadang kita tidak menyadari kalo alergi kita disebabkan oleh hal yang tidak terpikirkan sebelumnya. Cobalah teliti apa yang menyebakan faktor pemicu terjadinya alergi.

Buat beberapa orang, berada dalam cuaca dingin membuatnya sesak nafas, minum es  langsung batuk, kena terik matahari langsung kulit gatal, kena debu langsung bersin, makan udang kena biduran, kena asap rokok lagsung sesak nafas, kena asap bisa mata merah dan perih, kena bahan karet kulit bisa gatal, kena bulu kucing bisa kulit langsung bentol-bentol, makan pempek bibir langsung bengkak, minum susu bisa mencret, dll. Kadang kita merasa masa gitu aja bisa alergi sih. Hal itu karena adanya autoimum, artinya kekebalan tubuh yang bermasalah dan tubuh menganggapnya alergen itu berbahaya, makanya timbul beberapa reaksi alergi.

Saya menenukan bahawa beberapa orang terkena Idiopathic rhinitis.  “..Idiopathic rhinitis refers to a heterogeneous group of patients with nasal hyperresponsiveness to non-specific triggers such as strong smells (eg, perfumes, bleach, and solvents), tobacco smoke, vehicle exhaust fumes, and changes in environmental temperature and humidity in the absence of an identifiable underlying cause”. sumber disini


Setelah mengetahui kita alergi apa, maka pengobatan yang paling bijak adalah menghindari diri dari paparan alergen. Namun jika hal itu tak terhindarkan maka sebaiknya berobat kedokter dan lakukan pemeriksaan seperti diatas.  Obat-obat yang  dapat digunakan adalah Cetirizine sebahai anti histamin.

Menurut mas wikipedia pengobatannya ada beberapa jenis, ingat ya, setiap manusia berbeda-beda dalam menentukan jenis obatnya apa. Untuk itu knonsultasikan ke dokter. Biasanya bahan aktifnya mengandung:

These include antihistamines, cortisone, dexamethasone, hydrocortisone, epinephrine (adrenaline), theophylline and cromolyn sodium. Anti-leukotrienes, such as Montelukast (Singulair) or Zafirlukast (Accolate), are FDA approved for treatment of allergic diseases. Anti-cholinergics, decongestants, mast cell stabilizers, and other compounds thought to impair eosinophil chemotaxis, are also commonly used. These drugs help to alleviate the symptoms of allergy, and are imperative in the recovery of acute anaphylaxis, but play little role in chronic treatment of allergic disorders.

Untuk yang mengalami gatal-gatal pada kulit dapat diobati dengan dexamethasone atau golongan korticosteroid dan antiinflamasi (NSAID). Banyak sediaan salep ang bisa membantu. Untuk masalah yang batuk-batuk dipagi hari sebaiknya cek dulu alergi terhadap alergen apa, kemudian dihindari. Sebaiknya juga diberi asupan immunoterapi (untuk meningkatkan sistem imum dalam tubuh). Pemberian cetirizine dapat saja diberikan namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ayo kenali tubuhmu dengan baik dan jagalah :)

Note: buat penasehat spriritual saya yang sedang alergi, semoga cepet sembuh :D

About these ads

87 thoughts on “Mencegah dan Mengobati Alergi

    • Kayak kenal yang ini :p hehehe
      Lagi biduran nih kang guatelll

      =========================================

      Mohon jangan digaruk ya.Berobat ke dokter.
      Semoga cepat sembuh

  1. Saya sangat setuju kalau sekarang “tukang obat bersahaja dirubah menjadi ” ahli obat bersahaja ” , jadi walau ahli namun tetap bersahaja, setuju teman-teman ? Terimakasih, diagnose yang mantabbb.

  2. aku kayaknya alergi ama carpet di kelas yg bauknya bauk debu. tenggorokanku sakit tiap masuk kelas. tapi gak bisa dihindari hikhik

    apa kirim email ke kampus suruh carpetnya di vacuum yak ?! :D

  3. saya terkena “biduran” selama setengah umur saya, jika lagi kumat saya mengandalkan incidal.
    saya sependapat pengobatan yang paling bijak adalah menghindari diri dari paparan alergen. tapi kadang2 nggak tahan juga lihat masakan udang sdh tersaji di depan mata

  4. eh pernah denger katanya kalo alergi makanan, let say kayak saya alergi udang, harus kuat-kuatin makan udang itu sebanyak-banyaknya biar imun.

    saya kok ga percaya ya? bahaya kan? :roll:

  5. @ Chic
    itu pendapat yang keliru….
    sebaiknya jika sudah tahu kena alergi udang ya jauhi makanan yang ada udangnya.

    masa selamanya ga boleh makan udang?
    itu tergantung dari tingkat alergi, ada yang baru makan sedikit sudah bengkak atau gatal tak tertahankan… sebaiknya tidak makan… masih banyak makanan laut yang lain toh, kepiting bakar, cumi-sumi, kerang, dll.

    Memang katanya minum obat antihistamin dulu sebelum makan udang… menurut saya jika sekali dua kali oke-oke saja tapi kalo terus-terusan kerja nanti obat antihisatamin jadi tidak maksimal dan takut ada efek samping.
    Yang wajar-wajar saja.

  6. @ mercuryfalling
    kayanya susah minta pihak kampus untuk Vaccum karpetnya,
    mendingan segarea cepat llus dari kampus tersebut secepat-cepatnya dan mendapat hasil terbaik.

    nanti tulis di pesan dan kesan di buku kenangan:
    Saya pengen cepet lulus karena karpetnya berdebu dan bikin saya alergi hehehe

    @ guskar
    sebaiknya tidak mengkonsumsi incidal (anti histamin) setiap makan udang. mendingan ganti makan udang dengan makan bakso dan udannya buat saya.

    kalo gitu, biar ga laper mata sebaiknya udanganya tidak disajikan untuk mas guskar. disimpan dilemari tertutup dan terkunci untuk yang lain yang tidak alergi.

    @ toto
    makasih hehehe

  7. istri saya alergi cumi sama udara yang terlalu dingin, dia sudah biasa make obat apa gitu kalo lagi kumat. kalo saya alergi tanggal tua, menyebalkan! :mrgreen:

  8. Tukang Obat Yang Bersahaja, makasih untuk blog-nya… Panggilannnya apa sih? Ibu / Bpk? Mas atau Mbak? Apapun, Budi baik anda sangat saya hormati… membantu orang2 dgn dana rendah spt saya :) Boleh bantu konsul dikit yah…

    Sy 35 thn, penderita alergi hidung parah, 3-4 thn blkangan. Bengkak terus, sesak nafas jk kumat, jd lemes, pelupa, kualitas hidup payah, sampai sering dipecat kerjaan… Oh, frustrasi n paranoid takut mati jk kambuh. Makin stress, makin kambuh. Beneran… nyebelin… Oh, andai saja hidungku bisa ditukar tambah *mengeluh*

    Sy mau coba imunology… tp ngga kuat biaya-nya.
    Jd saya trpaksa improve sendiri obatnya.

    Sy baca di blog anda, pseudeoferin 60 ml, aman (tidak ditarik)? … Sy cari di apotik, dikasih Tremenza, pseudoferin 60ml, tripolidin 2,5 ml.
    Amankah saya pakai setiap hari? Itu berarti sy akan pakai tahunan ke depan (seumur hidup)… Apa resikonya?

    Jika darurat sekali (udah mau tewas), sy pakai obat semprot illiadin, oxymetazoline HCL 0,05%… ada tulisannya, tdk boleh lbh dr 3 hari. Jika sy pakai sekali2 boleh tdk? Misalnya 2 hr pakai, selang 2 hari, pakai lg, selang sehari, pakai lagi?

    Maklum dan jujur, ekonomi sy blum stabil. Jd sy blum mampu ke dokter, terapi atau obat mahal… Mohon, belas kasih dan saran yah Apoteker yg Bersahaja … Terima kasih, sangat.

  9. Saya alergi makan kerang,telur asin dan berendam air hangat buat mandi,klo berendam air hangat msti keluar gatal2 tapi setelah mandi gatalnya ilang.
    wktu itu makan telur asin kebanyakan langsung keluar kaya luka bakar,.panas & perih,di leher
    skg lagi gatal2 bentol kecil2 dipaha kmren abis makan kerang banyak bgt,…:(
    ada yg tau obat herbalnya ga???

    • @ Vio:

      obat yang paling ampuh adalah menjauhi dari alergen, jadi stop deh makan kerang….pokoknya jauhi dari seafood, telur asin, air hangat.

      Kalo udah terlanjur gatel kedokter aja, nanti akan dikasih obat antihistamin dan anti alergy.
      Cepet sembuh ya!

  10. mo nanya ni obat yang paling cocok penyakit alergi yang jenisnya dikepala dan bentuknya seperti ketombe tapi lebih parah dari ketombe karena tebal dan mengelupas serta dah mulai menjalar sampe ke kulit dahi….tolong infonya….

    • yusfini yang baik,

      sebelum menentukan obat apa yang tepat, saya harus tahu dulu ini jenis alerginya apa? apakah karena tidak cocok dengan sabun (foam) atau aroma tertentu atau mungkin saja makanan.
      coba perhatikan apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

      Setelah tahu, cara paling ampuh adalah menghindarkan diri dari allergen (pemicu hal tersebut). Pengobatan alergi yang paling umum adalah dengan antihistamin.
      Jika alergi sudah mengganggu sebaiknya segeralah ke dokter untuk pemeriksaan lebih detail.

      obatnya juga ga jauh-jauh dari apa yang saya tulis diatas hehehe. Cepet sembuh ya :D

  11. Trm ksh ats posting’a yg sngat bagus..

    Sy mau tanya,,sy terkena alergi kulit sejak dr SMP.(kira2 udh 12 thn).Gejala’a kulit gatal2.Kadang kemerah2an..Dn sekarang sudah melebar.Kyk’a sdh infeksi..Sy telah berobat berulang kali,tp tak kunjung sembuh..Kata dokter darah sy kotor..Jd hrs hindari ikan2 laut atau makanan yg bs buat gatal (spt daging ayam,mie instant,udang,daging kambing,dll ).Memang sy turuti.Tp terkadang sy langgar jg..Yg jd mslh’a sdh berbagai pengobatan sy jalani.Tp tak kunjung sembuh sampai skrg.
    Nah,,sy mau tanya,bgmn cara pengobatan yg lebih baik.?Apakah sy hrs cek darah.?
    Dan mana yg lbh bagus pengobatan tradisional dg pengobatan modern.?
    Krn penyakit’a spt’a sdh lbh parah..
    Terima kasih sebelum’a

    • Dear Ridha syah putra,

      Berhubung saya seorang farmasis/ apoteker maka saya merekomendasi pengobatan secara modern. tapi sayapun tidak bis amelarang Ridha untuk berobat alternatif asalakan waktu tidak bersamaan.

      Cara paling jitu dan ampuh mengobati alergi dengan menghindari pemicu/ allergen.
      kalo sudah tahu tidak boleh makan udang ya… jangan makan udang.

      Pemeriksaan test darah dan test allergen biasanya dipakai dokter untuk menetukan jenis alerginya apa. Ada beberapa cara mengobati alergi, seperti diberikan obat anti histamin, korticosteroid ataupun NSAID.

      Sebaiknya Ridha berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan terapi pengobatan yang cocok untuk kamu karena setiap orang punya alergi dan pengobatan yang beda-beda.

      Segeralah berobat ke dokter spesialis.

      Salam

      • sy jg sama sprt ridha, tp alerginya pindah2 tmpt bgn tubuh, kadang aja kambuh. benar ga mbak ada yg bilang kl alergi trhdp suatu makanan biar sembuh dimakan terus aja, nanti lama2 sembuh. stres apa jg brpengaruh mbk trhdp alergi?. saya prnh dpt info ada wanita muda alergi mknan laut, kmdn dia minum obat ramuan tradisional ( ga tahu jenis apa), akibatnya kulitnya jd seperti mngalami penuaan dini (sprt kulit orng sudah tua, berkerut).

  12. sejak lebih dari 10 th yg lalu saya pilek2an,dulu kt dokter tht saya alergi dingin dan diberi obat….saat mengkonsumsi obat memang pilek berkurang tp setelah obat habis…ya pilek lg….kata seorang dokter yg lain lg alergi itu TIDAK AKAN PERNAH SEMBUH alias kambuh2an…saya putus asa dan menerima pnyakit ini sbg nasib saya hrs pilek setiap pagi….
    Tapi setahun belakangan ini bukan hanya pilek yang saya rasakan,selain pilek tiap pagi saya jd batuk2…apalagi klo malam hari yg dingin sekali,batuk2 semalamam sampe sesak napas saya….konsul lg k dokter katanya saya juga kena asma….yang karakternya sama saja dg pilek alergi dingin saya…..dapat kambuh bila pemicunya datang..
    haruskah saya menjalani hidup saya dengan batuk dan pilek setiap hari sepanjang hidup saya dok??mohon bantuannya…
    Terima kasih

    =====================

    untuk jawabannya saya buat postingan ya :D
    spesial lho…

  13. tukang obat bersahaja, anak saya baru umur 3 thn, awal terkena alergi waktu itu…. siangnya hbs jalan2 ke mall sorenya badannya gatal2 trus ada merah2nya bentolnya lebar2, sy ke dokter tp ga da kepastian alerginya karena apa? trus d kasih obat alhamdulillah sembuh. jelang 3 bulan terkena lg (pas musim hujan), sy ke dokter tp lagi2 dokter blangnya dengan segala kemungkinan dan stelah d beri obat 2 hr blum sembuh jg, yg sy tanyakan:kira2 dengan kejadian yg diceritakan di atas, kemungkinan yg paling spesifik anak sy alergi karena apa?

    =========================================

    Dear Mbak Titin,

    Sebaiknya mbak titin membawa anaknya ke rumah sakit RSCM. Disana boleh dilakukan “allergen test”. Sebuah tes spesifik untuk menetukan jenis alerginya apa.
    Mungkin saja alergi, debu, sinar matahari, air hujan, atau apapun. Hasilnya sangat akurat.

    Bilang saja ke dokternya saya ingin melakukan test allergen :D
    Cara terbaik mengobati alergi bukan dengan obat tetapi menjauhkan diri dari pemicu/ allergen.

    terimakasih

  14. sya alergi di waja,dan badan,,,,wjah sya memerah trus,setiap hari gtal,gtal trus,,,penyakitku,,slma 3th,,pdahal sy menghindari mkanan seperti udang,ikan laut,,,g

  15. sya alergi di waja,dan badan,,,,wjah sya memerah trus,setiap hari gtal,gtal trus,,,penyakitku,,slma 3th,,pdahal sy menghindari mkanan seperti udang,ikan laut,,q sudah berobat berbagai cara pun kyaknya sda,dokter kulit,,???

  16. alergiku yang lebih parah di wajah,kalu kena pnas matahari,air,ya terkadang dingin,wajahku seperti terbakar panas dan gatal2,,gmana solusinya??

    ==================

    wah, komennya sampai 3 hehehehe.
    Saya jawab ya mbak/mas Teguh :D

    Wajah yang sering mengalami kemerahan akibat paparan sinar matahari yang menyengat atau cuaca yang sangat dingin dikategorikan sebagai kulit yang super sensitive.
    Biasanya tubuh memiliki perlindungan yang alami agar sanggup bertahan pada suhu yang panas/dingin.

    Sepertinya yang kamu alami sama dengan saya hehehe.

    Untuk kukit yang kelewat sensitive, sebaiknya
    1.jangan pernah meninggalkan rumah tanpa krim tabir surya. Hukumnya wajib.
    2. Sebisa mungkin hindari sengatan sinar matahari langsung, bila pelu pake payung atau penutup wajah.
    3. Coba deh setiap malam pake calming cream agar kulit yang sensitif/ kemerahan akan berkurang kemerahannya.
    4. Minum vitamin antioksidan seperti vitamin E atau Astaxanthin

    kedua,
    jika gatal kemerahan ini akibat alergi terhadap makanan laut, suhu yang ekstrim, atau yang lainnya. Pastikan apakah ini jenis alerginya. Menurut saya ini bukan alergi seafood tapi suhu ekstrim. Coba lakukan “allergen test” untuk memastikan ke rumah sakit terdekat.

    Terimakasih.

  17. kalau setiap malam badan selalu bentol kayak biduran apa ya penyebabnya ?

    ============
    Dear Tumini Ali,

    Saya malah jadi ingin bertanya balik:
    1. sejak kapan badan bentol setiap malam? jika baru terjadi belakangan ini mungkin karena perubahan cuaca dan tubuh ga tahan dingin…. tapi jika sudah terjadi sejak beberpa tahun belakangan ini mungkin terjadi alergi.

    2. Untuk mengetahui jenis alerginya, Ali yang paling tahun. Coba deh aware dengan alarm body. Apakah sebelum terjadi bentol mengkonsumsi makanan tertentu, obat tertentu, atau hawa dingin. Mohon dijawab

    3. Mungkin juga karena kecapekan ataupun lainnya. Coba ke dokter untuk memastikan pemicu terjadinya keluhan tersebut.
    Saya tunggu jawabannya. terimakasih

  18. istri saya alergi terhadap daging ayam (reaksi gatal2 dikulit) dan debu (reaksi bersin dan batuk). saat ini sedang hamil muda. kira2 cara mengatasi alergi tersebut dengan aman bagi janin bagaimana? bukankah penggunaan obat alergi berpengaruh terhadap janin yang dikandung.

    =====================
    Dear Herlambang,

    Terimakasih sudah berbagi :D :D
    Sebaiknya memang selama masa kehamilan tidak mengkonsumsi obat-obatan.

    Untuk membuat kenyamanan selama kehamilan sebaiknya rawatlah rumah untuk meminimalisasi debu. Jika rumah terlalu banyak debu (seperti disamping jalan raya) sebaiknya cukup konsentrasikan pada satu ruang saja yang bebas debu misalnya kamar tidur. Buat ruangannya nyaman, bila perlu dipasang exhouse.

    kedua, mengenai alergi daging ayam, kalo sudah tahu gatal ya tidak usah dimakan. Saya tidak tahu apakah daging ayam kampung alergi atau tidak? kalo tidak alergi bisa dikonsumsi tetapi kalo alergi juga, sebaiknya protein ayam diganti dengan sumber protein lainnya seperti daging atau ikan juga telur. Buatlah menu yang bervariasi agar tidak bosan.

    Saran: tiap weekend mas ajak istrinya untuk makan bersama menu special buat mas Herlambang sendiri yang penuh cinta *semangkuk cinta hehehehe*.
    Tunjukkan mas bisa masak nasi goreng telur ayam kate gembul special hehehe
    ikan asin rasa cinta setengah mati hehehe

    Pasti deh, rasa yang biasa jadi luar biasa :D
    terimakaasih.

  19. mo nanya, kalo habis minum es malam saya mengalami sesak nafas,apakah ini termasuk alergi? apa obatnya dan gmn cara mengatasinya ?

    ======================

    Belum tentu Nia,
    Alergi itu ada faktor pemicu. Mungkin tidak tahan dingin saja.
    Jika kamu minum es isang hari atau saat panas minum es tetap sesak nafas itu baru disebut alergi dingin.

    Cara paling mudah dan aman menyembuhkan alergi dingin adlah menghindar dari pemicu atau allergennya.
    tidak minum es salah satunya….

  20. mo nanya, kalo habis minum es malamnya saya mengalami sesak nafas,apakah ini termasuk alergi? apa obatnya dan gmn cara mengatasinya ?

  21. saya seorang mahasiswi kedokteran…
    saya sedang melakukan penelitian terhadap obat alergi….
    penelitian saya tentang “bagaimana cara membuat 1 macam obat untuk semua jenis alergi, mulai dari kulit, makanan, dsbgx”.
    mungkin sangat tidak mungkin untuk menemukannya tapi tolong di bantu yah….
    terima kasih :)

  22. kalo saya penyakit biduran sdh lebih dari 6thn cuma kadang kalo sudah menjelang malam alergi aku selalu kambuh terkadang sampai seluruh badan bahkan mata bengkak atau benjol maupun bibir jontor sampe keesokan harinya malu utuk berangkat ke kantor karena mulut jontor….. huehue ibarat aku sudah kecanduan obat dengan memakan obat celestamine ataupun incidal itu obat setia yang selalu menemaniku disaat aku terkena serang penyakit alergi aku sdh berkonsultasi dengan dr.marthin daerah medan.obat itu cocok untuk aku.terkadang aku sampai menangis kerena sulit untuk tidur harus menggaruk bseluruh badan aku dengan memakai sisir supaya kotoran yg di tangan tdk menempel ….so jadi teman teman yg msh terkena biduran diharapkan tdr jam 8 mlm saja supaya alergi nya tdk kambuh krn dengan kita tidur cepat tidak ada pergerakan untuk menggarruk badan oke cuyyyyyyyyyyy……..

    =======================

    Dear Dina,

    terimakasih udah mau berbagi tips dengan saya :D
    memang biduran sampai bentol bentol bikin marah, nagis dan gatel banget….
    Memang kalo udah alergi udara dingi tidurnya cepetan.

    Bobo yukkk….
    tapi masih siang hehehe

  23. Artikelnxa ckup bgus sya jdi tertarik,. Karena saya jga menderita alergi,sejak 1 thun lebih ni kulit saya slalu gatal, awalnxa keluar bintik2 merah dan akhirnya jadi bentol kecil kecil gitu..saya udah mencoba berbgai cara tapi kayaknya gakda hasil,.apabila pakek lotioN atau sabun yang wangi selalu gatal,kena udara panas n terlalu dgin juga gatal,udah beberapa kali k dokter c.. tpi tetep kambuh terus.akhrinya saya memuTuskan memakai hydrocortison setiap kali gatat tpi proses penyembuhanya lama,menuruT anda apakah memakai hydrocortison terus menerus tidak apa apa?

  24. Saya kayaknya alergi dingin deh.. Setiap pagi saya selalu meler disertai tenggorokan sangat gatal.. Memang sih saya menderita sinusitis.. Tapi wkt musim kemarau lalu saya tdk meler2 begini.. Apa sebaiknya saya tidur d ruangan tanpa AC? mana saya juga alergi debu, stiap hr mata gatal2 dan bersin2..
    Setelah bersin, 99,99% saya pasti meler.. Tolong pendapatnya..

    ======================

    Bisa saja, kamu selalu pake jaket saat jam 4 pagi dan sebelum beraktivitas berjemur di matahari pagi.
    Kalo tubuh terlalu dingin minta diselimutin hehehe

  25. Saya capek nih.. Setiap pagi saya selalu meler disertai tenggorokan sangat gatal.. Memang sih saya menderita sinusitis.. Tapi wkt musim kemarau lalu saya tdk meler2 begini.. Apa sebaiknya saya tidur d ruangan tanpa AC? mana saya juga alergi debu, stiap hr mata gatal2 dan bersin2..
    Setelah bersin, 99,99% saya pasti meler.. Tolong pendapatnya..

    =========================
    Dear Stela,

    Boleh saja tidur pake AC, apalagi sekarang sedang panas.
    Yang paling penting setelah kamu tertidur pulas AC sudah mati,
    coba atur AC pake timer, misalnya AC hanya sampai jam 2 malam setelah itu otomatis mati sehingga saat pagi hari tidak kedinginan dan mengurangi terjadinya Alergi. terimakasih.

  26. saya pernah biduran terutama setelah jam 17.00 keatas. setelah cukup cape konsultasi dgn dokter spesialis, dokter yg terakhir malah menyarankan salah satu gigi geraham saya dicabut. gigi itu ternyata retak……..

    ===========
    terimakasih atas informasinya.
    biduran bisa terjadi karena hal apapu. intinya ini adalah alarm tubuh bahwa salah satu anggota tubuhmu bermasalah atau tidak seimbang.

  27. pak,
    klo sya seperti biduran gitu pak,d seluruh tubuh,
    sdh sjak 3thn yg lalu,
    biasany d picu klo sya makan makanan yg mengandung daging,ikan,unggas dan turunanny,mkanan yg berminyak, kcapekan,atau kedinginan,
    sya bngung,
    sya sdh konsultasi k dokter,
    sempat sembuh 1thn,tp skrng kambuh lgi,mlah lbh parah,
    mohon solusi pak?

  28. anak ku umum 10 th tiap kali badannya kurang fit kalo makan sea food langsung bentol2 tapi kalo pas sehat hat sih nggak papa. apa alerginya nanti bisa sembuh ya makasih

    ==========================
    Cara terbaik mengobati alergi dengan menjauhkan dari pemicunya.
    Namun jika hanya saat kurang fit saja terjadi maka sebelum makan tanya kepada anak, apakah kamu sehat hari ini? jika sehat boleh saja diajak makan sea food.

    Jika hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh si anak maka coba saja konsumsi Stimuno atau imboost (bukan jualan obat). Isinya imunomodulator atau si penjaga sistem imunitas sehingga anak/ orang dewasa tidak mudah sakit dan gampang capek. Lihat aturan pakai untuk dosis yang tepat. Selamat mencoba. terimakasih.

  29. Dear Widayanti,

    Menurut saya cara terbaik mengobati alergi ini adalah dengan meningkatkan imunitas si anak sehingga tidak mudah capek dan gampang terserang sakit.

    Coba saja mengkonsumsi Stimuno agar tidak gampang sakit.
    Satu lagi, kalo maen jangan sampai kecapekan. semoga membantu :D

  30. saya sakit gatal2 kemudian badan saya terasa membengkak ada yang tau gak cara mengobatinya atau tips2 lainya tolong donk………..

  31. Mau tanya.. saya tiap malem minum obat alergi krn pagi harinya pasti bentol2 n bengkak .. pertanyaannya….. bahaya ga klo tiap hari minum obat alergi ?

  32. Nice info artikelnya. Kebetulan saya menderita bentol2 saat dingin jdi sangat bermanfaat.

    ===========================

    terimakasih.
    semoga bermanfaat

  33. dear all,

    teman saya ada yg alergi air, jadi kalo kena air seluruh badannya gatal2, tapi setelah dia minum propolis alerginya sudah sembuh, coba aja cari article tentang propolis siapa tahu bisa membantu

    tq

    ====================

    setahu saya Propolis adalah lem lebah yang digunakan utuk pengobatan.
    sekarang diserahkan kepada masing-masing individu untuk memilih jenis pengobatan.

    terimaksih atas share pengalamannya mengunakan propolis.
    salam

  34. ass.wr.wb sehat saja adanya semoga semuanya menjaga di siplin apa saja pola makan plus keseimbangnnya tanpa ada keseimbangan tentunya salah satu organ tubuh kalian akan sakit karena organ tubuh semuanya yang ada pada tubuh kita membutuhkan respon dan nutrisi,vitamin dan lain-lain kalau semua terbagi rata terawat tentunya semuanya akan berfungsi semestinya dan tentang elergi juga telah di ditulis teman kalian di atas maaf saya tidak mengulang pokoknya semua harus serba disiplin kalau ingin sehat seungguhnya dan termasuk tidur yang teratur itu juga demi otak kalian supaya istirahat dan nanti bisa berfikir jernih saya rasa sekian bro terima kasih.wassallam

  35. Sekitar 3bln k blkng,dr jam 17.00 ke atas pasti gatal2,bentol2 kecil jg pd gede2 sekitar pinggang,lutut,punggung dan tangan.setiap cuaca dingn kambuh.pke clana dan bra yg pas jg suka lngsung bentol2,gmna donx solusinya?mksh

    —————————————

    Sudah bisa dipastikan Zie alergi terhadap udara dingin.
    Obat antihistamin memang bisa membantu mengurangi bentol-bentol dan gatal. Konsultasikan dengan dokter ya.

    Selain obat, saya menyarankan agar Zie memperkuat daya tahan tubuh biar tetap kuat dan sehat. Selain itu setiap hari mulai jam 15.30 harus sudah pake jaket dan selimut. Mandi lebih awal dan pake sarung tangan dan kaki. Tutup jendela lebih cepat.

    Bila perlu minta kamar diberi penghangat ruangan di kamar. Minta ama bokap ya hehehe.

  36. saya alergi pada obat antibiotik tertentu..
    Apabila minum obat antibiotik pada sebagian kulit timbul bercak merah dah gatal..
    Cara yg cepat untuk mengatasinya apasih ? Karena walaupun sudah minum obat alergi sembuhnya lumayan lama,bisa 3 hari baru ilang alerginya

    ————————————–

    Saya boleh tahu jenis antibiotik apa yang diminum?
    Memang beberapa antibiotik dapat menyebabkab alergi bahkan shock anafilaktik.

    Jika sudah terjadi reaksi alergi jenis ini, sebaiknya jangan pernah menggunakan obat ini lagi. Coba dengan antibiotik lain yang efektivitasnya sama.

    Misalnya untuk contoh kasus, alergi dengan antibiotik golongan penicillin, seperti Amoxcillin atau Ampicillin. Azhar bisa minta diganti dengan golongan cephalosphorin, seperti cefaclor atau yang lain.

    Jika suatu hari nanti sakit lagi, bilang sama dokter, jangan dikasih atibiotik jenis penicillin. Jika timbul reaksi alergi sebaiknya Azhar menghentikan pengobatan dengan antibiotik tersebut. Ke dokter lagi dan minta diresepkan dengan yang lain.

    Antihistamin bekerja untuk mencegah reaksi alergi. Memang kalo sudah bentol agak susah hilangnya. Sebaiknya jangan digaruk. Terimakasih.

  37. sprtinya saya alergi pd udang, sebab jika saya mkan
    udang psti langsung gatal dan kulit menjdi merah..
    bgaimana yach utk menghindarinya?????

    ===========================

    Cara menghindarinya dengan tidak makan udang.
    Jauhi rumah makan yang mengandung udang hehehe.

    Kalo ga sengaja makan udang, buruan deh minum obat antihistamin biar badan ga merah, gatel dan betol-bentol.
    Terimakasih

  38. mao nanya nih…..
    mank ada ya allergi terhadap daging ayaM?
    terima kasih
    —————————-
    Hal itu bisa saja terjadi.
    Alergi serbuk, panas, dll. Bahkan alergi yang tidak dapat dideskripsikan penyebabnya. Terimakasih

  39. saya mauu tanya bagaimana cara menyembuhkan alergi pada serbuk spons?\
    waktu itu saya sedang membantu teman saya membersihkan sofa yang sudah rusak, serbuk spons itu tersisa di tangan saya dan saya, tidak sengaja mengusapkan tangan saya yang berisi spons itu ke wajah saya, pada saat itu langsung wajah saya gatal-gatal dan semakin bertambah banyakk.,
    bagaimmanaa iia craa’a menyembuhkannya???
    makasi. :D

    =============================================

    Menyembuhkan alerginya dengan pemebrian obat anti histamin selama 2-3 hari.
    Untuk pencegahan, gunakan selalu pelindung tubuh, baik itu masker atau jaket untuk mencegah terjadinya alergi. Terimakasih

  40. saya mau nanya, saya kalau makan udang, kerang, kepiting, telur, tangan saya gatal, tris lama lama kering menjadi seperti koreng, saya sangat risih sekali dengan keadaan ini, karena letak nya di telapak tangan kadang kadang saya malu untuk ketemu teman dan salaman. yang mau saya tanyakan, apa sih obat yang cocok baik dari dalam maupun dari luar, dang perlu di ketahui saya orang yang susah menahan mulut say kalau sudah ketemu makanan sepertidi atas…. saya mohon bantuan nya….
    terima Kasih
    Roland

  41. Saya pernah mencoba untuk mamakai produk kosmetik Quins Yen, tetapi setelah beberapa minggu, muka dan leher saya menjadi bentol2 pink, saya sangat panik dan takut sekali, karna saya baru duduk di bangku kelas 2 smp, tetapi saya juga sering memakan udang bahkan setiap hari, saya bingung apakah ini alergi atau kesalahn dalam memakai kosmetik?
    saya ingin tau secepatnya bagai mana mengobatinya? Terimakasih.

    ==========================================

    coba selama 2 bulan ke depan tidak makan udang dan tetap menggunakan kosmetik tersebut.
    Jika terjadi bentol berarti karena produk kosmetik.

  42. tia sering gatel gatel ni…..terus aku garuk deh…..
    hasilnya,,,,,tubuh akhu jadi timbul bintik bintik merah……gimana ni????
    plis solusi nya…
    makasih#

  43. Anak saya 8th minum akhir-akhir ini sering merasa gatal-gatal, hingga muncul benjolan di kepala. Semalam anak saya agak panas, dieri obat penurun panas prosis ibuprofen forte, selang kira-kira setengah jam, bibrnya bengkak atas bawah, badannya gatal-gatal bentol, di bagian kelopak matanya bentol/bengkak juga. Bagaimana cara mengatasinya, please advicenya.

  44. saya mau tanya. tiap pagi habis bangun tidur pasti pilek2 dan bersin2 gak jelas. padahal siang, malamnya biasa aja.. trus juga kalo siang cuaca panas, atau habis makan yang panas, pedas, kemudian badan menjadi panas, pasti badan2 terasa gatal2. itu sudah hampir sekitar 3 – 4 bulan ini. apa itu alergi? alergi terhadap apa? sebelumnya saya tidak mengalami alergi apa2.

  45. salam kenal.. saya mau tanya, anak saya (2thn 9bln) udh 3 bulan ini pilek terus.. baru sembuh 2hr pilek lagi, baru sembuh 5hr pilek lagi, paling lama sembuh seminggu deh trus pilek lagi.. awal2 ke dokter diksh obat pilek biasa, tapi yg terakhir ini saya ganti dokter, katanya ada kemungkinan alergi.. soalnya jarak dari sembuh ke pileknya itu terlalu deket.. dikasih obat histrine 0,3ml sehari sekali..

    saya sih kepikirannya anak saya alergi debu sama udara dingin.. soalnya kalo pagi bersin mulu trus meler, kalo udh agak siangan udh mendingan, tapi kalo tidur siang hidungnya mampet..

    yang ingin saya tanyakan :
    – kalau memang alergi, kok kambuhnya baru sekarang ya..?
    padahal keadaan sekitar ga ada yg berubah.. dari dulu juga tidur pake ac, lebih dingin dari skrg malahan..
    – obat histrine itu bisa diminum sampai berapa lama?
    – alergi seperti ini bisa sembuh ga ya?

    thanx before ya mba..

  46. SAAT ni saat diresahkan dengan ALERGI angin , Tolong petunjuknya …. ampe sekrng blum sembuh2 dah berturut 3 bulan gak ada kunjum Sembuh thanks

  47. bagaimana cara mengatasi gatal2 pada kulit dbarengi dengan bentol2,…
    sudah 2tahun lebih saya menderita, udh berbagai macam obat sudah dicoba,..
    tpi toh kambuh lagi,..
    tolong tipsnya donk gmna caranya ngilangin penyakit saya ini,…
    biar sembuh total…
    terimakasih

  48. Saya mau tanya, sejak kecil kulit saya sensitif sekali. Saya sering dibawa ke dktr spesialis, tp karena masih kecil maka sy ga inget penyebabnya kenapa. Setelah SD penyakit itu ga tau kenapa ga pernah muncul lg. Tapi sekarang ini sudah 3bulan terakhir kulit sy gatal sekali. Sy sudah cek alergi di RS Borromeous bandung, hasilnya sy alergi debu saja, tp kayanya cek itu ga di cek mslh udara, sinar matahari ,dll singkatnya ga komplit. Ternyata benar setelah sy menghindar dr debu tetap saja gatal2. Kulit sy jadi banyak borok dan berbekas, krn sy tidak tahan dgn gatalnya jadi selalu sy garuk, sy ke dokter spesialis yg katanya sudah jauh berpengalaman, sama dokter disuntik, diberi obat krim dan obat makan, tapi setelah berulang kali sy ke dokter tsb, ga jg sembuh. Sy lalu tanya ke teman sy yg dr farmasi, lalu dianjurkan dgn obat celestamint dengan antibiotik, pertamanya lumayan, gatalnya agak berkurang, tp ga bertahan lama sepertinya obat tsb udah ga mempan lagi karena gatalnya muncul lg. Oh iya kata dokter spesialis, sy stress atau alergi keringat dan debu. tp kalau digigit serangga aja bentolnya sangat besar sekali Dan sangat lama sembuh Dan kempesnya Dan juga selalu berbekas yg selalu membuat sy risih sendiri kalau melihat kulit saya. Yang sy mau tanya apakah ada solusi lain untuk masalah sy supaya cepat sembuh? Dan juga bagaimana cara agar borok atau bekas pada kulit sy cepat hilangnya? Thank’s a lot before

  49. mohon di coment ya,saiia ini 6k tau aler6i apa,tp di lin6kun6an baru saiia sn6at kotor,saiia baru men6alami 6atal2 bentol kyk di 6i6it nyamuk,tp 6k da nyamuk,klo mnurut saiia,,,
    saiia ini aler6i di tempat2 y6 bnyak debu,bekas kotoran hewan & jejak hewan,j6 din6in,,,,,,
    cara men6atasinya 6mn,,,,,?
    saiia blum cek ke dokter,,,,

    ==========================================

    Mohon gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Saya bukan saiia.

    Untuk mengatasi alergi sebaiknya hindarkan diri dari pemicu terjadinya alergi. Jauhi debu, dekat-dekat kotoran hewan, gunakan jaket+ sarung tangan+kaos kaki kalo kena cuaca dingin. bila perlu pake air purifier di rumah.

    Menghindari itu jauh lebih baik, selain itu segera berobat dan memeriksa diri ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.
    Jangan diobati sendiri. Semoga cepat sembuh dan alerginya tidak kambuh. Terimakasih

  50. Anak saya (skrg 11 th) suka bersin2 dan pilek, biasanya pd pagi atau malam hari, kalau siang tidak. Kondisi ini akan semakin parah pd saat musim dingin, dia bisa menghabiskan berlembar-lembar tissue. Dulu pd saat dia masih bayi, sekitar umur 1 bulanan, dia pilek. Lalu kami bawa ke bidan tempat dia dilahirkan, tetapi anehnya sampai di klinik bidan itu, pileknya sembuh. (Sbg catatan, waktu itu kami tinggal di daerah yg agak tinggi, jd udara sudah agak dingin). LAlu oleh bidan, bayi sy diberi obat (kalau gak salah antihistamin ya? yg diteteskan di hidung). Kmd disarankan utk diberi semacam kompres hangat sewaktu dia tidur. Bidan itu jg blg kalau sewaktu besar nanti, bayi saya akan mempunyai daya tahan tubuh yg bagus. Yg ingin saya tanyakan, apakah kondisi anak saya sekarang ini ada hubungannya dg kejadian pd saat bayi itu? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  51. mau tnya jika alergi panas cara pencegahannya gmana
    jadi klo panas kulit wajah memerah dan timbul bercakmerah
    sy konsumsi obat stenirol tp hanya bersifat sementara dan harganya pun mahal

  52. mau tnya jika alergi panas cara pencegahannya gmana
    jadi klo panas kulit wajah memerah dan timbul bercakmerah
    sy konsumsi obat stenirol tp hanya bersifat sementara dan harganya pun mahal

  53. saya baca postingan ini sambil makan sate kambing. padahal saya alergi daging kambing… ┐(‘~ `;)┌
    tapi yaa namanya nafsu susah ditahan. hehehe
    dulu klo sy makan daging kambing bisa langsug gatal² dskujur tubuh, tp skrg alhamdulillah udh agak berkurang krn stiap mkan sy yakini ga bkal apa². tp ya kadang manjur kadang nggak. tergantung sbrapa persen sy yakinnya.
    jd inget buku the secret, ❝the power of mind❞ kalo kita bener² meyakini hal itu yg akan terjadi maka hal itulah yg akan terjadi. :)
    ttg ini ada pnjelasan medisnya ga mba?

  54. mas /mba orangtua sya kena alergi kulit semacam alergi akibat perubahan suhu bahasa jawanya c bisa di sebut kamididing…
    sdah berbat kmna2 ttap sja,,sya cba nyri obt di apotek jga ttap sja tdk smbuh smpe bbrpa obat di cba,,,dan akhirnya skrang kya trgantung sma obat winatin stiap obatnya hbis trsa gatal gatal lagi….sya tkut kl nti tergangtung sma obat itu…
    mhon bntu y…??!!

    ================================================

    Saran saya Iwan berobat ke dokter spesialis penyakit dalam subspesialis Alergi-Immunologi Klinik (Sp.PD-KAI)
    Nanti dokter yang akan memberikan pengobatan yang lebih tepat. Pertama mengetahui jenis alerginya apa? mengetahui kadar imunitas tubuh, bila perlu dilakukan allergen test dan terapi imunitas agar lebih meningkat Imunitasnya.

    Pengobatan yang terbaik adalah mencegah dari alergen (pemicu). Misalnya menjauhi tempat-tempat dan udara dingin, menggunakan jaket tebal, dll. Pengobatan dengan antihistamin dapat mengurangi gatal akibat reaksi alergi tetapi tidak untuk dikonsumsi setiap hari.

    Saya mohon jangan asal beli obat China dan beli di apotek tanpa resep dari dokter karena tindakan tersebut tidak tepat. Pertama kita tidak dapat mengobati diri sendiri ( bukan dokter), tidak tahu dosis dan takaran yang tepat, aturan pakai dan efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan obat tersebut.

    Konsultasikan dengan dokter ya. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

    • terima kasih sebelumnya tapi itu semua sdah di lkkan sperti yang anda bilang,,,dpet dweh tue obat dan dkter kasih saran jgn mkan makanan seperti mie,,ikan,udang dan sejenis’x…iya c pertamanya ada perubahan ttpi setelah obatnya hbis kambuh lagi …
      di tambah biaya berobat mahal…sdangkan ortu cma seorang petani..
      jdi kesimpulannya kya tergantung sma tue obat….

      ====================================================

      Mohon jangan merendahkan seorang petani. Keluarga besar saya juga seorang petani dan hasil merekalah kami bisa membiayai hidup dan sukses sampai sekarang ini. Tidak boleh merendahkan, apalagi dengan pekerjaan orang tua sendiri. Dari merekalah kita (anak-anak) dapat tumbuh danpasti berhasil.

      Satu lagi, jangan mendewakan obat, kesembuhan atau kecantikan datang dari dalam diri sendiri. Obat hanya alat bantu untuk memperoleh kesehatan.
      Jadilah anak yang baik dan hormat dengan orang tua dan menghargai sesama. Terimakasih

  55. saya alergi dijari-jari tangan sama telapak tangan pertamanya dari sabun cuci, sampai sekarang gak sembuh2 sampai makanan laut,telor sm ayam jadi bikin gatal gmn nich cara ngobatinya, soalnya sudah parah alerginya.

    =========================================================

    Saran saya pertama, mengenali alergi jenis makanan apa saja? bahan apa saja? keadaan apa saja? yang dapat menyebabkan alergi kambuh. Cara terbaik adalah menghindari dari pemicunya.

    Contoh: jika alergi sabun cuci. Gunakan sabun cuci air yang lebih soft dan selelu gunakan sarung tangan saat mencuci piring dan peralatan rumah tangga lainnya. Dengan sarung tangan maka cipratan air sabun akan berkurang ditangan.

    Kalo sudah tahu tdak bisa makan seafood, ayam dan telur maka sebaiknya kurangi konsumsinya. Cuma 1-2 iris saja. Ganti sumber protein yang bikin gatal alergi itu dengan bahanolahan lain seperti daging sapi, ikan air tawar.

    Lalu meningkatkan daya tahan tubuh dengan berobat kedokter dan mengikuti terapi untuk imunitas tubuh. Mohon dapat berkonsultasi dengan dokter spesialias penykit dalam. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  56. saya setiap habis makan, baik itu ayam goreng, mie, bakso, ikan . pasti akan timbul bentol-bentol merah dilengan, paha dan betis, bentolnya seperti habis gigitan semut/ lebah, dan rasanya gatal, trus lama kelamaan akan membesar itu bentolnya.
    mohon bantuannya, obat apa yang bisa membuat alergi ini sembuh .

  57. ikut share ya

    saya dari kecil udah alergi gatel gatel (eksim). Awalnya cuma alergi debu, sampai bingung di obatin apa apa ga sembuh di bawa ke dokter ilang habis itu kalo udah ya kambuh lagi, sampai coba- coba berbagai cara dari di rendem air panas belerang lah, di kompres sirih, singkong, tapi ga mempan. Sampai pernah waktu kecil di paksa minum jamu-jamu aneh yg pahit banget tapi tetep aja ga ilang. Lama-lama akhirnya ngejalar ke sea food setiap makan tanggan langsung gatel gatel.

    Namun seiring waktu alergi yg tadinya di kaki ilang waktu smp tinggal di tanggan, sma kelas 1 mulai hilang, tapi menjelang kelas 2 smu karena pindah sekolah dan sekolah mewajibkan pakai kerudung akhirnya pakai peniti, karena gesekan peniti di leher lama lama menimbulkan reaksi gatal, nggak sadar di garuk lalu jadi ber-air. Anehnya mulut lama2 bengkak mata juga gatal dan berair di lekukan tangan siku dan ketiak juga gatal, lama lama makin parah.

    Biasanya pakai kalung imitasi nggak gatal ini mendadak menimbulkan reaksi alergi baru bentol2 yang sangat gatal dan kecil kecil membentuk lingkaran seperti bekas kalung yang di pakai, akhirnya ke dokter alergi di cirebon, di situ saya di diagnosa mengidap alergi nikel, dan dari situ juga saya tau bahwa alergi saya di turunkan dari ibu saya yang mengidap asma, tapi sebelnya dokternya bilang nggak bisa sembuh dan memiliki indikasi untuk bertambah parah.

    Mendenger itu akhirnya pasrah dan sejak itu menghindari logam, akhirnya udah di obati dan ya memang tetep nggak sembuh padahal juga menghindari logam, dan alergi gatal itu pun muncul di tempat tempat tertentu dan hilang , setelah hilang di tempat tertentu muncul lg di tempat lain pada waktu yang lama mungkin bulanan dan menjadi parah.

    Kalo sembuh ya pas ke dokter kulit aja, tp kambuh lg juga, waktu kuliah mulai membaik alergi kulitnya tapi sempat kena bronkitis dan kambuh kambuhan gara gara di kos pakai kipas angin. setiap kesentor kipas angin batuk batuk rasanya gatel parah, lama lama dada sakit dan badan panas pas periksa ternyata bronkitis, akhirnya di obatin sembuh nggak pernah kambuh tapi kalo kesentor kipas angin pas tidur tetep aja masih batuk – batuk , selimut berdebu juga,

    pas semester 3 mulai ada gejala baru setiap abis makan kerang malam hari wajah mulai bentol kecil – kecil, padahal sebelumnya nggak pernah kejadian kayak gitu, ama – lama bentol kecil jadi besar dan pagi harinya bengkak wajah udah ga berbentuk, susah ngomong gara – gara mulut juga bengkak, akhirnya pagi pagi ke ugd, baru pertama itu saya di suntik gara – gara alergi dan baru bener bner kempes kembali ke wajah semula dalam waktu 3 hari ,

    sejak itu saya menghapus nama kerang dari menu makanan saya, setelahnya mulai alergi deodoran, kalo deodoran selain dov* ketiak gatal – gatal, sampho juga kalo pakai yg warnanya keruh setelah kering ujung2nya saat nyentuh kulit bikin reaksi gatal yang berujung gatal berair, kalau pakai eyeshadow juga kelopak mata gatal berair, minum teh juga, akhir – akhir ini malah kerasa agak sesak , kadang kadang walau jarang malam kalo lagi tidur suka batuk batuk ga jelas sebabnya tapi kalo di minumin air ilang gatalnya, ini udah berbulan – bulan rasanya tenggorokan ada lendir tapi nggak batuk – batuk setiap saat , cuma saat tertentu dan sangat jarang,

    akhirnya pas tau di rumah sakit di jogja ada klinik alergi akhirnya saya tes alergi lumayan mahal si hampir 300rb , tanggan di tusuk – tusuk di tetesin semacam cairan – cairan ekstrak2 penyebab alergi alhasil tanggan merah merah hampir semua alergi tanggan juga merah merah -.-, tapi jadi tau , biasanya dokter kulit bilang nggak bisa sembuh ini tumben bilang bisa sembuh , saya jd semangat, akhirnya ini atas saran sedang menjalani terapi obat berbulan – bulan, tp nggak papa saya bakal disiplin asal sembuh, oh ya saya pernah coba propolis kok tp nggak berpengaruh apa – apa, mungkin apa karena sudah parah sekali juga nggak tau. Mohon saran. Tks

    ===============================================

    Saya share di postingan ya. Terimakasih

  58. dok…kalo alergi telor asin obat y pa dok???

    ==================================

    Bisa segera konsultasi ke dokter dan diberikan obat antihistamin.
    Terimakasih

  59. saya udah 5 bualan elergi…
    tapi belum sembuh juga sampai sekarang..
    saya udah periksa ke dokter katanya saya kenak elergi makanan laut, ayam,telor dan kacang..
    saya juga udah banyak di kasih obat tanpa nihil hasilnya..

    tolong donkz kasih solusi buat hilangin elergi saya :)

  60. di kulit saya bnyak terdpat bercak hitam kmerah”an ..
    awal munculnya titik merah, tpi lama-kelamaan melebar dan menyebar di sekitarnya, terkadang berwarna coklat khitam”an.. keadaan ini sdah brlangsung sjak 1 thun trakhir dn blum pernah hilang ..
    sya sdah periksa k dokter spesialis dan sdah mngkonsumsi obat dri dokter trsebut, tpi bercaknya tdak hilang dan msih suka mncul d lain tmpat. dokternya bilang kalau sya alergi telur dan ayam .
    kira” apa yg bisa menghilangkan bercak yg sya alami ini ???

  61. setiap makan sapi atau bakso atau sate kambing kok saya jadi alergi ya, badan saya jadi merah n bentol2 panas, apakah sapi n kambing juga bisa nyebabkan alergi ya

    ===================================

    Bahan atau apapun bisa menyebabkan seseorang alergi. Alergi bukan hanya pada seafood tetapi juga hal lainnya seperti alergi susu, lactose, gluten, telur, dll.

    Bukan hanya dari makanan tetapi juga dari yang lain. Segera konsultasikan ke dokter dan hentikan makanan yang membuatmu jadi alergi dan gatal-gatal. Terimakasih

  62. mau tanya, setiap akhir akhir tahun saya mengalami gatel-gatel.padahal sebelumnya saya ga punya alergi apapun.setiap saya makan seafod ga pernah gatel-gatel. sekarang saya gatel-gatel lagi dan selalu menyebar kalau digaruk pernah samapai ke bibir bengkak. saya sudah ke dokter kata dokter dikasih pantangan banyak banged dan dikasih obat histrine.setelah obatnya abis, gatel-gatel kumat lagi.

  63. Penyakit ana kebetulan sama kayak antum, udah 1 bulan ini batuk batuk gak jelas pas di cek dokter ternyata cuma alergi. Oh, iya ana mau tanya kalau alergi batuk itu timbulnya karena apa yah ? :)

  64. mengonsumsi dexamethasone kok malah jadi ketergantungan, kalau engga pakai obat itu, langsung kumat lagi,…
    gimana cara ngilangin ketergantungan obat itu ???

  65. saya mau tanya,,anak saya sdah 3 hari ini kalau malam kulitnya ska merah2 dan bentol2 diseluruh tubuh,,,,mohon penjelasannya

  66. Pingback: Cara Mengobati Alergi Kulit | Caramanfaat.net

  67. saya mau tanya pak , apa penyakit ini alergi atau tidak , sejak kecil kalau saya kena hujan , 4 jam kemudian saya langsung sesak nafas . .
    sampai sekarang belum pernah sembuh , tolong kasih tahu solusinya ya pak …

    terimakasih

  68. sore admin…
    saya kan alergi seafood, berhubung saya lg kena gondongan hasil browsing saya dianjurkan mengonsumsi imunomodulator. belilah saya stimuno forte tapi saya baca kontraindikasi terhadap hipersensivitas (diantara nya alergi).
    apakah saya aman mengonsumsi stimuno tersebut ?
    apakah efek samping yg terjadi (bila ada) ?
    mohon pencerahan nya
    terimakasih :)

  69. Buk, saya terkena alergi dingin secara tiba tiba. Sudah 1 tahun lebih saya mengonsumsi obat alergi. Saya tidak mau ketergantungan sampai tua . Mohon solusinya :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s