Tips Mengobati Luka Bakar

Siapa yang pernah tangannya kena minyak goreng? betis kena knalpot motor? tangan kena air panas waktu mandi? lutut dan siku luka karena jatuh dari motor? mau tahu apa obatnya….Beberapa dari teman saya pernah mengalami hal tersebut diatas, luka bakar seperti ini tergolong luka bakar yang ringan. Karena banyak yang bertanya saya jelasin deh. Tapi jika luka bakar sudah stadium lanjut lapisan dermis yang dalam agaknya perlu perawatan intensif dan berkonsultasi dengan dokter.

Pertolongan Pertama terkena Air Panas dan minyak goreng
Jika secara tidak sengaja bagian tubuh terkena air panas yang harus dilakukan pertama adalah cucilah dengan air mengalir. Misalnya tangan terkena air panas, maka ambil segera air mineral/ air minum lalu disiram perlahan ditempat yang sakit. Gunanya untuk mendinginkan luka, jangan langsung dioleskan dengan salep apalagi dikasih odol. Setelah luka terasa tidak terlalu panas maka lap bagian yang luka dan segeralah pergi ke dokter untuk pertolongan selanjutnya.

Buat ibu-ibu yang suka masak didapur pasti pernah kena cipratan minyak goreng, memang tidak terlalu berbahaya. Waktu saya kecil diberi tahu kalo kena minyak goreng langsung ditempelin pisau dapur hehehe. Kalo sekarang saya pikir, ada benarnya. Prinsipnya sama luka yang panas tadi harus didinginkan terlebih dahulu, barulah boleh dioleskan dengan obat tradisional seperti Minyak tawon. Dua hari lagi juga sembuh :)

Setelah luka tidak tersa panas lalu, diobati apa?
Untuk kasus betis kena knalpot bisa diobati dengan topical antibiotic. Topical antibiotik adalah salep obat yang digunakan untuk mengobati agar tidak infeksi dan lukanya tidak tambah lebar dan cepat kering, biasanya diberikan salep Gentamycin Sulfate, Neomycin Sulfate, Tetracycline HCl, golongan Sulfa. Kalo merek dagangnya seperti Bioplacenton (Neomycin), Burnazin (Sulfadiazine), Garamycin (Gentamycine), Terramycin Poly Topical (oxytetracycline). *bukan jualan obat luka loh…

Kasih tahu dong tentang Bioplacenton?
Mungkin diantara nama obat, Bioplacenton sudah familiar ditelinga, karena banyak yang tanya saya kasih tahu deh tentang obat ini *ga dapet bonus  iklan*. Bioplacenton  kandungannya berisi Neomycin Sulphate0.5% dan ekstrak placenta 100mg.

Neomycin Sulphate adalah bahan aktif yang digunakan sebagai antibiotik yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi, inflamasi (peradangan) dan mencegah  luka tidak melebar. Topikal antibiotik memang banyak digunakan untuk luka bakar dan kondisi kulit lainnya yang bermasalah.

Sementara ekstrak placenton digunakan untuk memberikan kenyamanan pada permukaan kulit. Kulit yang luka juga memerlukan perawatan untuk dapat kembali ke keadaan semula, jadi fungsinya untuk meregenerasi kulit sehingga luka tidak meninggalkan bekas.

Jika saya tidak kena luka bakar tapi luka memar kebiruan atau keunguan pake apa ya obatnya?
Kalo untuk mengurangi memar akibat jatuh kejedot pintu (biasanya anak-anak)  atau jatuh dari motor, bisa pake Trombophop Gel. Dapat dibeli diApotek terdekat. Kandungan obat ini adalah heparin untuk mengurangi memar.

Bagimana menghilngkan bekas luka tadi?
Setelah luka menunjukkan tanda tanda kesembuhan dan luka sudah mulai mengering, kini waktunya untuk meregenerasi kulit agar kembali seperti semula. Untuk bisa diobati dengan pemberian vitamin E untuk regenerasi kulit, pemakaian lotion yang mengandung vaseline dan moisturizer. Ada banyak banget sediaannya di Apotek, MLM (Nutrimost) dan Mall terdekat *maaf ga sebut merek soalnya udah kebanyakan sebut merek*

Semoga cepet sembuh :)


About these ads

104 thoughts on “Tips Mengobati Luka Bakar

  1. Pingback: Tips Mengobati Luka Bakar

  2. wahahahahahaha.. dulu kalo kecipratan minyak goreng atau kena knalpot malah disuruh olesin odol apa mentega di situ :lol: :lol: :lol:
    dan saya yang masih kecil jelas menentang… ga masuk logika gitu :lol: :lol:

  3. huohoho…

    iya sama ama chic,
    dulu suka di suru olesin kecap…
    ampun deh, sekalian aja tambahin bawang merah, bawang putih, merica, jahe dikit, aduk-aduk, masak hingga matang. dan jadilah… semur tangan…
    :mrgreen:

  4. uda ada stok Garamycin dan Trombophop untuk pertolongan pertama..

    tapi untuk luka bakar, yang paling cocok menurut pengalaman gw, Burnol, tapi belinya cuma ada di malaysia atau singapur.. ampuh dan tidak bikin bekas.

  5. selain odol dan mentega sepeti kata chic juga kadang pake sabun atau bulao lah bahasa sundanya hehehehee

    hahahaha ngakak baca komentnya yoan bukan semur tangan kali tapi CAH TANGAN BAKAR ASAM MANIS HAHAHAHAHAHAH

  6. @ Chic
    memang ga masuk akal :)
    jelas-jelas itu mitos yang salah…

    Kalo luka dioles mentega ntar jadi lumer dikulit… ih serem membayangkanya.

    @ Yoan
    ngakak baca ini, semur tangan :)

    @ reallylife
    sama-sama :)

    @ Hawe69
    memang ibu yang berdedikasi hehehe
    Burnol emang ga ada disini, padahal ga susah-susah banget bikinnya.

    @ Omiyan
    gini hari masih ada ga yang jualan blao?
    biru-biru tangannya…
    gimana kalo namanya “tangan bakar mentega goreng” hehehe

    @ nh18
    makasih, hanya ingin berbagi pengetahuan saja :)

    @ Emfajar
    Odolnya yang rasa strawberry enak :)
    *lai sikat gigi*

    @ Wempi
    obatnya teh botol sosro………..

    @ Shofiyah
    makasih muah muah muah shofiyah :)

  7. semua yang di atas ad benarnya.. contohnya yang pake sendok diteken2 itu, bener2 manjur, maksudnya biar luka ga menggelembung,, duh.. bahasanya ap ya.. pokoknya biar ga membesar dan bernanah gt eh.. kalo sakit ya tetep, namanya juga luka.. :) bagus info na.

  8. Nice tips! Tak copas y.

    Cm ingin berbagi, dulu jari tangan sy prnah ‘dicium’ solder panas, trus langsung sy olesin semacam salep/pasta yg biasanya diolesin ke ‘heat sink’ pd perangkat elektronika. Kl di elektro, salep ni tuk mengurangi ‘thermal resistance’ antara semikonduktor dan heat sink hingga 50%. Dan alhamdulillah manjur. Lukanya gk ‘njendul’ (halah basane), gk spt bisul. Aneh jg dl awalnya.

  9. he he he, kalo kena minyak goreng tempelin pisau, pakein odol, dll itu sebenarnya ada asal usulnya ya, jadi orang tua jadul engga asal jeplak kali ngasih solusi kaya gitu, hanya saja mereka belum bisa ngejelasin alasan medisnya atau alasan pake bahasa kerennya.
    sama seperti “jangan duduk di depan pintu, maghrib maghrib, entar susah dapet jodoh” kalo dipikir pake otak kita (yang maunya mikir secara iptek ajah) ya kaga bakal ketemu logikanya. Tapi kalo dipikirin secara runut, dari asal muasal kejadian (ciye), nasihat – nasihat seperti itu sebenarnya banyak benernya.

  10. @ zoel
    ini luka baru atau luka lama?
    kalo luka baru pake vitamin E, Vaseline dan moisturizer. pengobatan luar dalam hehehe.

    @ wi3nd
    vitamin E sangat baik untuk mengobati dari dalam. Coba deh rajin mengkonsumsi antioxidant. Bagus banget buat kulit :)

    @ Daiichi
    Ga bisa. Kebayang ga sih kalo luka yang merah dan perih itu dikasih kecap, nanti malah dirubung semut hehehe.
    Saya sih takut infeksi, ke dokter aja deh :)

    @ Toto
    masa sih? tapi ga disikat kan lukanya hehehe.
    Odol sifatnya untuk mendinginkan luka karena mengandung mint tapi Saya takut nanti masih ada residu yang menempel dikulit.

    @ Achot
    makasih juga…

    @ AGLG
    habis itu jangan lupa dikasih obat biar cepet sembuh :)

    @ Dafhy
    saya juga setuju tapi ga setubuhan hehehe

    @ Sibaho
    Ciptadent, Darkly juga merek sikat gigi
    Saya jadi pengen sikat gigi nih….

  11. @ just’azzam
    silahkan asal ditulis sumbernya :)
    Makasih bagi-bagi ilmu solder hehehe.

    @ Lyn
    bener, pisau atau odol gunanya untuk mendinginkan luka. Mungkin itu hanya untuk luka bakar ringan dan luas permukaan nya kecil.

    Dulu memang serba terbatas dan bagaimana dengan keterbatasan bisa meberi kesembuhan. itu hebatnya.

    Saya sih lebih memilih disiram dengan air mineral atau air mengalir kalo hanya sebatas mendinginkan luka.

    Habis ini saya duduknya dalam pintu hehehe.
    Terimaksih sudah berbagi :)

  12. kalo gak ada salep biasanya pake garam juga. jadi garam itu diolesin aja ke atas luka bakar yang gak terbuka loya. katanya sih, garam itu oksidator kuat, jadi bisa menyerap panasnya kulit, so kulitnya gak jadi melepuh. pernah eksperimen pas kena setrikaan, separuhnya tak olesin garam separuhnya nggak. hasilnya, yang diolesin garam gak melepuh lo…

  13. aku pakai bioplaceton…kayaknya bagus sih dan semua orang merekomendasikan itu ke aku. Sehari aku kena setrika lalu kena knalpot. Sial deh :0)

  14. kalo bekas knalpot na udah lama, pake apa y mba?
    tq info na :)

    ====================

    Coba aja, sering lakukan scrub didaerah tersebut dan gunakan krim lotion mengandung vitamin A, E, C.
    Biasanya sih kulit jadi lebih halus dan nodanya jadi samar.

  15. terima kasih atas infonya. nice share, maju terus blognya.
    mantap jaya…..

    ==================

    salam mantap. thanks :D

  16. Mau nanya,kalo bekas bisul gt dikasih apa ya yg cepet?wkt itu saya ada bisul,udh sembuh skrg sih..Wkt msh terbuka lukanya,saya kasih Garamycin alhamdulillah cepet kering+nutup.Nah tp bekasnya coklat2 ssh hilangnya.Saya krg cocok dgn krim yg mengandung hidroquinon,krn lgs merah2 gatel gt.

    ================================

    tentu saja kamu tidak cocok.
    hidrokuinon pemakainanny hanya boleh 2%, jika lebih bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan. lagi pula itu sebagai pemutih wajah.
    untuk menghilngkan bekas kecoklatan coba dengan krim mengandung vaseline.
    Coba tanya aja ke APotek terdekat nama krimnya. terimakasih

  17. Saya pernah tuh punya luka bakar kecil, (Bikin sendiri lagi di jidat, waktu patah hati). Saya biarkan lama-lama, tidak saya pegang-pegang sekarang sudah lebih dari 7 tahun sembuh sendiri.

  18. blh tanya gk gma cara meghilangkan bekas luka dileher (kena cupang) hehehe
    truz kulitnya terkupas gmna obatinX ia ????????
    apa merek obtX yang bagus dipake ???

    ==============================

    Pertanyaannya lucu banget hehehe
    Beli trombophop gel ya.
    nanti saya jawab lengkapnya lewat postingan ya…

    *muah muah muah*

  19. sm ak juga lagi mau mandi eh kena air panas (buat mandi) nah saat itu deh aku enggak mau mandi air panas HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE HE

    =====================================================

    Buruan ke dokter ya….
    Jangan pake odol, kopi, dlll. Itu salah banget.

  20. Salam kenal..
    Baru kena knalpot ni semalem:'(
    Sempet dikucurin air, tp gak terlalu lama, cuma semenit kira2.
    Trus saya kasih lidah buaya, nyabut di jalan depan kos :'( karena gak ada persediaan bioplacenton, jadi jarak 15menitan baru diolesin bioplacenton:'( kira2 akan berbekas tidak yaa.. Gak rela betis ku ada bekas luka knalpot,,huwaaaa:'((

  21. Wahhh ini artikel yang saya cari, karena saya memiliki luka bekas knalpot panas dibetis saya dan itu sangat mengganggu dan mengurangi penampilan saya. Jadi kurang percaya diri.

    Apalagi saya memiliki kulit yang kuning langsat jadi ya keliatan jelas banget tuh bekas luka……jadi gak PEDE deh kalau pakai busana yang aga’ mini gitu…..hehehehehe salam kenal.

    Bali Villa, Bali Villas, Bali Property

    ——————————————-

    Salam kenal juga :)
    Semoga cepat pulih kembali. Oleskan Bioplacenton secara rutin, sama mengkonsumsi antioksidan secara teratur biar luka cepat kering dan sembuh. Terimakasih.

  22. mb Rina,
    salam kenal yaa..
    2 hr lalu saya terkena minyak goreng panas, saya cuci dng air mengalir
    krn tdk punya salep yg disebut di atas, saya kasih putih telur krn ktnya jg bs utk luka bakar
    skrng spt ada lapisan mengering di atas luka bakarnya
    apa lapisan ini hrs dikletekin, kmdn baru dikasih topical antibiotic?

    kalo luka bakar yang ada spt gelembung airnya, gimn penanganannya?
    krn ktnya gak boleh memecahkan gelembung air ini, krn bs infeksi

    Apa Nutrimoist jg bs dipakai? apa bedanya dng obat2 salep di atas?

    maaf yaa nanyanya bnyk :D
    trima kasih utk jwbannya.. :)

    ———————————————

    Wah, pertanyaannya banyak banget.

    Pertama, kamu sudah benar, jika ada luka bakar didinginkan dgn air mengalir tetapi bagian yang kedua dikasih putih telur saya tidak setuju.

    Saya malah baru tahu kena minyak goreng dikasih putih telur, sekalian bisa lsg digoreng hehehe. Itu salah, besok jangan kasih putih telur ya.

    Kalo sudah terlanjur dan hanya kena cipratan minyak goreng sedikit maka kamu bisa langsung membeli ke apotek. Nanti dikasih salep/ krim yang mengandung topical antibiotic.

    Khusus untuk mereka yang kena luka bakar stadium berat ga boleh hanya dikasih krim antibiotik tetapi diakasih tambahan lainnya untuk menghilangkan nyeri, pencegah perdangan, antibiotik utk mcegah infeksi.

    Biasanya setelah beberpa hari, luka bekas minyak goreng akan menggembung dan ada air, jangan di tusuk. Biarkan kempes sendiri. Yang penting tetep dioles krim antibiotiknya.

    Setalah terlihat tanda-tanda kesembuhan seperti tidak ada airnya, luka sudah mulai kering dan warnanya kehitaman, jangan dikeletek/ dicelopekin. Nanti bekasnya jelek dan luka akan berbekas.

    Nutrimost itu dipake kalo luka udah mulai mengering sehingga nanti bekas lukanya tidak kelihatan dan hasilnya mulus kembali. Begitu…

    Oke, semoga membantu. Thanks

  23. aku baru-baru ini kena knalpot di sekolah, karna masih pagi trus uks masih tutup lukanya aku biarkan aja. siang harinya aku ke uks, sama orang uks malah dikasih thrombophop. luka di betisku lumayan besar dan setelah 2 hari jadi menggelembung gitu. yang mau aku tanyain;
    1. ada efeknya ga kalo pake thrombophop, soalnya kan thrombophop buat ngilangin memar bukan ngobatin luka bakar
    2. apa yg hrs aku lakukan sama yg menggelembung ini, apa aku pecahin aja
    3. bisa hilang gak luka kena knalpotnya, soalnya lukanya lumayan besar jadi betis keliatan jelek gitu
    makasih ya sebelumnya, mohon dijawab :)

    ————————————–

    Terimakasih, saya sudah jawab by email. Please check. Thanks :)
    Cepet sembuh ya.

    • mohon maaf, saya mau tau donk jawaban pertanyaan Annes (yang udah dijawab via japri) soalnya anakku juga mengalami kasus yang sama. aku gak tega melihatnya & aku takut nanti penangannya salah.Terima kasih sebelumnya.

      ==================================

      Baiklah, saya jawab lagi disini ya. Semoga bisa bermanfaat.

      1. ada efeknya ga kalo pake thrombophop, soalnya kan thrombophop buat ngilangin memar bukan ngobatin luka bakar.
      Jawab: tentu saja ada, luka jadi tambah memerah dan pastinya salah obat itu harus dibenerin. Ke dokter nanti luka akan dibersihan, bila perlu diangkat/ kikis bagian yang kena trombopopnya.

      2. apa yg hrs aku lakukan sama yg menggelembung ini, apa aku pecahin aja
      Jawab: Jangan, karena biarpun dibersihin nanti tetap mengelembung lagi. Sebaiknya setalah dibersihin sama dokter minta disuntik biar cepet kering dan permukaan luka diberi antiseptik (betadine/ PVP Iodine) biar ga infeksi dan membesar.

      3. bisa hilang gak luka kena knalpotnya, soalnya lukanya lumayan besar jadi betis keliatan jelek gitu
      Jawab: bisa dihilangkan. Waktunya tidak sebentar. Luka harus terus diobati, minum obat untuk penyembuhan dari dalam dan juga diolesi krim dari dokter. Minum vitamin E 2 X sehari biar lukanya cepet kering dan minta krim dari dokter untuk menghilangkan bekas luka.

      Semoga cepet sembuh dan luka cepet kering serta mulus.

      • saya juga waktu kecil kena kenalpot besar lagi tapi di kasih pepsoden soalnya lagi di perjalanan ga ada air yang awalnya panas jadi di serasa ademan, bekas luka kulit jadi coklat tapi ga gelembung tapi ga di apa” in bekasnya hilang(cuma pengalaman)
        coba cek zat di pepsoden mungkin ada zat yang buat redain rasa panah coz yang saya tau odol ad zat yang buat dingin contoh mint

        ===========================================================

        Saya tidak setuju luka bakar diobati dengan penggunaan odol (pasta gigi). Memang dingin tetapi itu bukan prosedur yang benar.
        Untuk mendinginkan suhu permukaan luka yang terbakar sebaiknya didinginkan dengan air aqua yang mengalir. Disiram perlahan-lahan. Ingat harus aqua (air matang).

        Setelah itu segera berobat ke dokter untuk mendapat pertolongan dan pengobatan yang lebih tepat. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  24. Untuk meregenarasi kulit seperti semula,,pemberian vitamin E untuk regenerasi kulit, pemakaian lotion yang mengandung vaseline dan moisturizer itu merek nya apa yah mbak??
    makasih atas jawabannya..
    biar aku bisa enak bilang mereknya sm penjual apotik..
    makasih mbak..:)

    ====================================

    Nanti dikira saya promosi obat tertentu. Ini cuma informasi saja ya, dan bukan berarti merek lain yang tidak saya sebutkan tidak bagus lho.

    Minum vitamin E 3 X sehari, mereknya bisa Nature E, Nurish skin, Imeden.
    Jika lukanya sudah benar-benar kering dan tinggal warna hitam saja bisa menggunakan moisturezer kulit, bisa beli Nutrimoist dari CNI, Jergen Healing, olive oill treatment. Gunanya untuk membuat kulit meregenerasi lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas luka. Terimakasih

    • pemberian vitamin E untuk regenerasi kulit, pemakaian lotion yang mengandung vaseline dan moisturizer itu merek nya apa yah mbak??
      makasih atas jawabannya y mbak..:)

      ====================================

      Sudah saya jawab, vaseline untuk melembutkan sementara moisturizer membuat kulit (bekas luka tidak kering dan dikelopekin).
      Semoga cepat sembuh dan lukanya tidak berbekas. Terimakasih

  25. hay,
    mau nanya donk , mohon infonya yaa :)
    kemaren aku kena strikaan , trus dikasih minyak (gaa tau minyak apaan ) sama oma aku .
    kira-kira apa yaa yang bisa nyembuhin lukanya ?
    trus gimana yaa cara perawatan buat ngilangin bekas lukanya , jelek banget soalnya :( , aku ampe nangis liatnya . . gaa rela badan aku ada cacatnya :(
    tolong dijawab yaa , makasih sebelumnya :)

    =================================

    Terimakasih untuk pertanyaannnya.
    Untuk luka yang masih baru, saya berharap Michiko tidak mengobati sendiri.

    Sebaiknya kamu segera berobat ke dokter. Nanti lukanya akan dibersihkan terlebih dahulu, kalo tidak nanti lukanya akan memerah dan bengkak.
    Nanti di dokter dikasih cairan antiseptik untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi. Bisa juga disuntik antibiotik atau analgesik, gunanya untuk mecegah luka tamabah lebar dan luka cepat kering.

    Jangan diobati sendiri. kalo pake Bioplacenton itu nanti setelah luka sudah kering dan tinggal dihilangkan bekas luka saja. Selama proses penyembuhan jaga makanan dan jangan kena air lukanya.
    Semoga cepat sembuh, jangan menangis, ayo berobat. Terimakasih

  26. terima kasih atas infonya,,,adik saya terkena air panas,,,di bagian tangan dan kaki,,,lalu saya belikan bio placenton,,,tapi klo,,luka kulitnya sudah mengelupas,,apa tidak papa klo menggunakan bioplacenton,,terims

    ==================================================

    Boleh saja digunakan, asalkan setelah lukanya sudah tidak panas.
    Pertama-tama jika panas melepuh sebaknya disiram dengan air mineral mengalir, pelan-pelan saja. gunanya untuk mendinginkan luka.

    Baru setelah itu, dikasih antibiotik atau obat yang diberikan dokter, atau bisa juga bioplacenton.

  27. klo bekas terkena air panas , bagian lain yg menggelembung sudah pecah, sebagian ada yg terkelupas juga :(
    noted: yg terkelupas itu ga masalah ya dipakein bioplacenton
    nah bagian yang membengkak dan memerah gimana penanganannya?
    apa cukup dgn bioplacenton?
    trims sblmnya yaa

  28. dok.. kalau luka bakar pada kaki, dan kakinya membengkak hingga kini (sudah 3 hari yg lalu) bagaimana dok? apakah ada penanganan khusus atau obat lainnya? yg mengganggu adalah bengkak pada kaki yg semakin menjadi. sulit digerakkan. terima kasih ya..

  29. dok.. kalau luka bakar pada kaki, dan kakinya membengkak hingga kini (sudah 3 hari yg lalu) bagaimana dok? apakah ada penanganan khusus atau obat lainnya? yg mengganggu adalah bengkak pada kaki yg semakin menjadi. sulit digerakkan. terima kasih ya.. mohon pencerahannya.

  30. Dok,klo luka bakar knal pot,sdh 6 bln lebih,tp udah pake segala macam obat tidk bisa sembuh,,,pake apalagi ya yg bisa? dan sy mau tau info mengenai penanganan luka bakar dari semenjak kena knal pot sampe dia sembuh,,,obatnya apa2 aja,,,tks ya,,,

    =============================================================

    Jika baru saja kena knalpot sebaiknya disiriam dengan air mengalir. Gunanya untuk mendinginkanan luka bakar. Jangan diolesin pake odol, kopi, mentega. itu salah.
    Setelah itu segeralah berobat ke dokter.

    Jangan diobati sendiri. Di dokter akan diberikan obat yang tepat dan penangan y ang tepat. setiap luka tentu saja punya cara penangann yang berbeda.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  31. ciang!ni aq mau tnya!ada gak yg lbh bgus untuk obt luka kna minyak sampek kulit no 2.tpi ni ada slep burnazin.ad yg lbh bgus tak!thanks

    ===========================================================

    Burnazin salep memang baik digunakan untuk luka bakar .
    Jiak ingin lebih cepat kering lukanya, ke dokter aja untuk diberikan pegobatan yang lebih.

    Semoga cepat sembuh

  32. Kalo untuk mengatasi merah2 akibat pemakaian hidroquinon gmn ya? Makasih banyak

    ===========================================

    Kenapa luka diberikan Hydroquinon? apakah untuk menghilangkan bekas luka (hiperpigmen)?
    Jika ya, sebaiknya krimnya diberikan/ dioles tips-tipis setelah lukanya kering, tidak boleh diberikan pada luka yang masih basah.

    Jika terjadi kemerahan sebaiknya distop saja. Pemakaian gel/krim hydroquinon hanya boleh maksimal Hydroquinone 2% saja. Jika persentase lebih sebaiknya dihentikan pemakaiannya. Terimakasih

  33. Saya kemarin kena curly iron di pipi, sempet bingung mo pake apa, awalnya kembung. Paginya setelah bangun tidur sudah kempes, sy ke apotek, dan apotekernya menyarankan menggunakan mederma *maaf sebut merk* dan skg tinggal menunggu kering, kulit yg terkena panas sudah mulai berubah warna menjadi kehitaman. Kira2 proses penyembuhan brp lama ya dok? Saya agak parno kalo ada bekasnya, masalahnya ini di pipi :(
    Trimakasih banyak :)

    ======================================================

    Dipake aja gel tersebut dan mengkonsumsi Vitamin E 3 X sehari biar cepat sembuh lukanya.
    Untuk waktu penyembuhan tergantung dari dalam dan luasnya luka, jika lukanya ringan, menurut saya 1-2 bulan sudah sembuh.

    Besok lebih berhati-hati ya :)
    Terimakasih

  34. Pingback: Kaki kena knalpot? jangan panik « Airyz's Blog

  35. maaf mbak, mau tanya. Kemarin ada jerawat yg aku pencet. Ujung2nya malah lubang bekas jerawat keluar itu membesar dan merah (luka). Apakah bioplacenton dapat mempercepat membentuk jaringan baru agar bekas jerawat itu tidak merah lagi? Soalnya agak mengganggu. Tolong dijawab ya mbak. Terima kasih :)

    =========================================

    Jangan dikasih Bioplacenton. Bioplacenton itu untuk mengobati luka bakar.
    Untuk mengatasi masalah jerawat tentu saja gunakan obat jerawat. Sebaiknya ke dokter saja agar luka nya segera sembuh dan tidak meninggalkan beka kehitaman. Terimakasih

  36. kalo luka bakarnya udah sampe tahap menggembung ad air d dlmnya tuh baiknya di pecahin gak?soalnya ngeganggu juga

    =====================================================

    Sebaiknya jangan dipecahin. Segera berobat ke dokter agar lukanya cepat sembuh dan tidak ada bekasnya. Terimakasih

  37. Mbak, anak perempuanku baru 2 hari jatuh dari sepeda<mukanya luka beset aspal sekitar 5 cm, sudah saya tiap hari saya beri bioplacenton, kira2 kasih obat apa ya untuk menghilangkan bekasnya (merknya)..terima kasih.

    untuk temen2 saya setuju luka bakar jangan diolesi pasta gigi……bagusan diolesi PEPSODENT!!!HALAH…

    =========================================================

    Berobat ke dokter saja, jangan cuma mengandalkan Bioplacenton.
    Jangan dioati sendiri karena kita bukan dokter. Berobat untuk lebih pasti.

    Jangan pake odol. Itu salah!

  38. 1. Kenapa menggunakan Bioplacenton kok enak y?rasanya dingin… jadi kalo luka jadinya terasa dingin dan gak sakit.

    2. Saya selalu memberikan Bioplacenton tiap kali terluka. tapi sebagus apa efeknya bila dibandingkan dengan obat luka seperti (Betadin)?

    makasih.

  39. Gan & Sis.,.,.,.,.,
    Mau tanya ni.,.,.
    Kalau luka terkena minyak goreng panas yang lumayan lebar kulit tangan terkenanya di mulai dari pergelangan tangan sampe ujung jari, telapak tangan juga, bagaimana cara perawatannya agar tidak meninggalkan bekas ?????
    Kasihan Ayah saya tdi barusan tersiram minyak goreng panas ………

    ======================================================

    Pertolongan pertama untuk kena luka bakar atau panas, pertama dengan menurunkan suhu dipermukaan kulit.
    Berikan air mengalir pada permukaan luka untuk mendinginkan suhu kulit, setelah itu segera berobat ke dokter.
    Jangan langsung diberi Bioplacenton, sebaiknya ke dokter agar lukanya dibersihkan dan bila perlu diberikan suntikan antibiotik untuk mencegah infeksi dan mempercepat kering lukanya.

    Setelah itu baru dapat diberikan krim untuk menghilangkan noda bekas luka agar lukanya tidak berbekas. Terimakasih

  40. Terima kasih infonya ya..
    Kemarin si kecil kena air panas. akibatnya kulit bagian perutnya merah2 dan mengelupas. untungnya ada kawan yg ngasih tau dan bawain bio placenton. Setelah dioles, Alhamdulillah lukanya dah mulai mengering. thanks :)

    ====================================================

    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  41. Bagaimana cara menghilangkan bekas luka bqkqr yang sudah belasan tahun ….

    ==================================================

    Untuk bekas luka bakar menahun sebaiknya Ucu berobat ke dokter spsialis kulit.
    Nanti dokter yang akan memeberikan rekomendasi prosedur apa yang tepat untuk mu. itu juga tergantung dari kondisi bekas luka bakarnya.
    Semoga berhasil. Terimakasih

  42. saya kena luka melepuh, tapi ngga segaja terkelupas kulitnya, trus keluar cairan putih. setelah di kasih betadine lama-lama kering, tapi kulit jadi sakit karena ketarik luka kering itu.
    Punya solusi?

  43. saya ad bekas luka d lutut, tpi susah bnget hlangin.a ..
    ada solusinya??? :D

    ==============================

    Sebaiknya berobat ke dokter saja agar bisa diobati sampai tuntas dan bebas noda luka.
    Memangs sih untuk daerah lulut dan siku agak sulit tapi bisa kok. Terimakasih

  44. kalau lukA bakar yang sudah bertahun=tahun masih bisa hilang dengan menggunakan bioplacenta???

    ===============================================

    Sepertinya tidak. Kalo sudah punya luka bertahun-tahun yang lalu dan ingin dihilangkan sebaiknya berobat dan konsultasikan dengan deokter spesialis kulit. Nanti dokterlah yang akan melihat seberapa tingkatan lukanya dan bagaimana prosedur untuk meratakan/ menghilangkan lukanya. Segera konsultasikan ke dokter ya. Terimakasih

  45. Saya jatuh dari motor, yang menyebabkan kaki saya di deket dengkul tertindih dengan knalpot motor. kejadiannya sdh ampir 3 mgg lalu, dan saya menggunakan bioplacenton, namun lukanya tidak mengering dan gatal sekali disekeliling lukanya, .
    Lukanya sebagian telah terangkat kulit matinya sehingga terlihat putih dan basah, sebagian lagi masih ada kulit matinya, yang mana bagian tersebut lebih parah kena knalpotnya, sehingga kulit terlihat gosong.
    Apakah ada obat laen? bagusan mana bioplacenton dengan burnazin? karena ada yang rekomendasikan burnazin juga.

    Terima kasih

    ===============================================

    Kedua obat tersebut memang saya rekomendasikan untuk luka bakar dan jatuh akibat kecelakaan.

    Saya berharap sebaiknya Maya berobat ke dokter saja agar luka kulit mati itu bia dibersihkan dan teragkat sehingga lukanya bersih, bila perlu diberikan antiseptik dan suntikan untuk mempercepat keringnya luka. Jangan diobati sendiri. Berobat ke dokter lebih baik hasilnya dan saya berharap agar nanti lukanya sembuh, kering dan tidak meninggalkan bekas luka kehitaman. Terimakasih

  46. mbak saya mau tanya 1 minggu lalu daya terkna nimyak goreng panas lalu sampai tahap pngetingan saya mnggunkn bioplacnton. ttp untuk mghlgkn sayadsarani untuk dermatix ultra.. apakah bisa hilang dg obat tsb? mhn diberi solusi sbb saya mrsa terganggu dgn bks luja htm ini. tqu

  47. Bapa saya kan kena mesin yang panas ,sampe terluka di telapak tangan ,di kasih apa yah supaya bisa cepet sembuh ,soal nya supaya bsa nge gendong adik sya ? terima kasih

    =========================================

    Untuk diluka bakar ditelapak tangan perlu penanganan yang baik, tidak cukup diberikan salep saja, Bapaknya harus segera berobat ke dokter agar segera sembuh dan telapak tangannya bisa normal kembali. Jangan diobati sendiri ya, segera ke dokter. Terimakasih

  48. luka kena knalpot sama saja dengan luka bakar kan ka,,,,,, jad apa salahnya di kasih bioplacenton itu ?

    =======================================================

    Tidak boleh langsung dioleskan krimnya.
    Pertama pastikan lebih dahulu luka kena knalpot sudah dibersihkan dan didinginkan dengan disiriam air aqua mengalir. Disiram perlahan-lahan sampai lukanya sudah tidak terasa panas.

    Setelah itu segera ke doter untuk diperiksa dan diobati. Boleh aja diberikan Bioplacenton tapi sebaikya juga diberikan oba lain untu mempercepat keringnya luka dan mencegah infeksi. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  49. yang pasti pake odol tu cuma supaya merk2 odol itu secara gak langsung di promosikan jg ahhaha

    =================================================================

    Masa sih?
    Ini kan sakit luka bakar masa dikasih odol. Ini bukan untuk efek mendinginkan luka.
    Jangan dipake

  50. saya punya atau jelasnya udah kecipratan minyak goreng panas, tapi udah pake odol tuh, terus skarang malah ada yang menggelembung gitu dijari yang kena cipratan minyak gorengnya, sebaiknya digimanain selain konsultasi ke dokter? terimakasih

  51. Abis kena knalpot nih. Begitu kena sih langsung oke karena langsung disiram air kran sampe 10 menitan. lansung adem. Tapi abis itu melendung dan bingung. Kulit yang melendung dibuang apa ngga ya? eh didiemin malah jadi koreng. Ampun dah. Harusnya tuh kulit langsung dibuang biar kering bagian dalamnya… Jadi terpaksa diobatin serius deh…
    Thanks bro tuk share-nya ntar coba ke apotik dah…

    ===================================================

    Sebaiknya setelah luka knalpot telah dingin segera periksa ke dokter untuk mencegah terjadinya infeksi dan luka cepat mengering.
    Jangan hanya didiamkan saja tunggu kering sendiri. Kalo didiamkan pasti prosesnya lama dan jika tidak segera ditangani nanti bisa jadi akan ada bekas luka menghitamnya jadi belang hehehe.
    Segera ke dokter ya untuk diobati dan tebus resepnya di Apotek terdekat. Terimakasih

  52. mau tanya donk mbak :D
    kalo nglangin bekas luka gitu lbih bagus pake nutimoist ato dermatix ? tolong di jawab ya :D

    ================================================================

    keduanya sama-sama baik :D

  53. mba saya mo tanya anak saya umur 1 tahun terkena strika panas 4 jari kakina karena tertindih setrika panas.sudah 4 hari ini saya kasih bioskin tpi luka mengelupas dan bernanah dan berwarna agak putih dan agak sedikit berair baikna dikasih apa ya luka bakarna agak dalam biar gak berbekas dikasih apa ya mba dan cepat mengering yang paling lebar di jari telunjuk kaki na ba tolong bgt dijawab dengan cepat tp jawab via sms ya mba pleas bgt 087777143xxx saya tunggu mba

    =================================================

    Saran saya jangan diobati sendiri. Bioskin saja tidak cukup untuk luka bakar tersebut. Segeralah periksakn diri ke dokter. Takutanya lukanya infeksi karena bernanah. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik agar lukanya cepat sembuh.

    Mohon dapat ke dokter hari ini juga. Jangan kena air dulu ya. Periksakan secara rutin ke dokter agar lukanya cepat kering dan nanti lukanya tidak meninggalakn bekas. Terimakasih

  54. tapi suami saya enggan membawa na mo gak mo saya juga harus nurut,saya bingung akhirna saya kasih bioplacenton luka kering tp pas saya tutup dngan perban luka terbuka lagi dan mengelupas lagi bolehkah saya kasih bioplaceton saat luka terbuka

    ==================================

    Menurut kepada suami adalah kewajiban tetapi harus dilihat juga kasusnya kalo memang lukanya mengelupas dan belum kunjung sembuh sebaiknya berobat ke dokter. Dokter pasti akan memberikan pengobatan yang tepat. Ini kah luka luar. kalo tidak segera diobati akan ada bekasnya.

    Mohon dipikirkan kembali, segeralah ke dokter. Jangan tunggu terlambat. Terimakasih

  55. 6 hari yg lalu sy jatuh dr motor, sampe tdk sadar trnyata betis kpanggang knalpot. mgk krn sy pikir pake celana jeans jd gak mgk tembus. kemudiannya baru saya tahu bhw kulit ada yg sdh nglupas putih jg ada yg msh tertutup kulit tp sdh hitam kulitnya. memanjang mulai 4 jari di bawah lutut hingga 4 jari diatas mata kaki selebar +- 3-4 jari jg. hari 1 sempat q siram air pdam (belum tau kl hrs air aqua/mateng) tp jg cuma sbntr. hari pertama belum terasa sakit malemnya baru mulai cenut2. jd malemnya baru q bri bio placenton. besok malemnya q teplokin lidah buaya. hari ke3nya q beri salep pengobatan homeopati yaitu salep cantharis. hr ke-4nya jg gitu pake salep cantharis. tp kt teman2 yg pernah kena knalpot & ke dokter rata2 di suruh kompres terus pake rivanol. jd udah 2 hari ini q kompres rivanol. apa benar demikian ? oya sejak hari ke 3 betis sekitar luka memerah & agak bengkak apalagi pergelangan kaki sampe jari2 kaki hari ini jg jd ikutan bengkak. kenapa ya betis yg luka kok jd punggung kaki yg bengkak? apa krn sy sering tetap pake jalan ya…, utk ke dokter sdh trpikir sejak hari pertama tp sy tipe yg takut kl luka hrs dibersihkan di RS apalagi setelah liat cara perawat membuka perban bekas khitan anak saya lgsg tariik… mang…wadaoww takuut…

  56. adik saya kena luka bakar karena strika, sudah sekitar seminggu lukanya tidak sembuh2 dan sekarang malah bernanah itu di kasih apa yah biar cepat sembuh? tolong informasinya

    ======================================

    Kalo luka sampai bernanah berarti sudah kena infeksi dan pengobatannya tntu dengan pemberian antibiotik.
    Saran saa sebaiknya berobat ke dokter saja agar luka cepat sembuh dan kering dan juga nantinya tidak meninggalkan bekas.
    Segera ya. Terimkasih

  57. mbak saya punya problem nih, awalnya saya mau ngilangin bekas luka lama pakai odol.ada sebulan saya olesi dengan odol.lama kelamaan kaki saya gatal luar biasa, hingga jadi luka, saya obati pakai FUSYCOM. sudah mau agak mending gatalnya.ada sebagian sudah terkelupas tapi dipinggirnya menjadi merah dan tebal.apa pakai ya mbak?saya takut jadi keloid lukanya

    =====================================

    Saran saya sebaiknya mbak Ayuni berobat ke dokter saja, apalagi sudah salah menegobati dengan diberikan odol. Sebulan diolesin odol adalah waktu yang lama tnetu saja kulit jadi iritasi, kemerahan dan gatal.

    Siapa yang suruh pake Fusycom? kenapa sih banyak yang asal aja pake kirm untuk mengobati. Sudah salah, tidak tahu kok malah nuntut sembuh.
    Fusycom itu mengandung bahan actif Fusidic Acid. Googling deh apa gunanya *geleng-geleng*. kan masih bnayk alternatif pengobatannnya.

    Sekali lagi mohon berobat ke dokter saja, jangan sembarangan pake obat!!!

  58. kalo dengan jalan dilaser menghilangkan bekas luka kiri2 gimana mbak ya?
    brapa je kra2 biayanya?

    ==============================

    Bisa saja hal itu dilakukan tetapi konsultasikan terlebih dhulu dengan dokter.
    Untuk biaya saya tidak tahu pastinya, silakan untuk berobat dan konsultasi dengan dokter ya. Terimakasih

  59. hai mbak, saya satu minggu lalu jatuh dari motor, trus betis saya kena knalpot, n lukanya besar dan lebar selebar betis gitu.. T_T

    setelah kena, saya malah pake odol, trus dilarang sama mama saya, disuruh pake air mengalir, nah trus saya cuci pake air mengalir, n langsung dibawa ke dokter.

    Setelah dibersihkan sama dokter, aku dikasi resep obat untuk makan dan salep mebo. kata dokter sih luka bakar ku tingkat 2, skrg salep mebo uda habis, jadi aku lanjut pake burnazin, kata org cepet tumbuh kulit. Tapi, masalahnya, setelah pake burnazin, kaki ku kok bengkak semua ya ? :( bengkak dari betis sekitar luka sampe pergelangan kaki.. semacam kaki gajaah gitu T_T….trus aku tiap sore bersihkan dan kompres pake cairan Ecosol Nacl, nah,,,,setelah dibersihkan, bengkak di kaki uda agak mendingan, tapi masalahnya, sakitnya itu mbak , ampe ga bisa jalan gitu..padahal kalo aku liat luka bakarku uda ada yg berkerak loh…T_T…apa aku ga cocok pake burnazin ya mbak ?

    Mohon pencerahannya mbak.. thanks :)

    =================================================

    Saya jawab lewat postingan ya. terimakasih

  60. halllo salam kenal mbak

    mbak dulu waktu kecil saya pernah cacar sampai saat ini meninggalkan bekas dikaki.bekasnya hitam2 gitu mbak saya jadi gak pede nih. apa pakai ya untuk menghilangkan bekas nya?

    ===============================================

    Coba saja berobat dan konsultasi ke dokter kulit. Prose peremajaan kulit, pengelupasan yang terpantau dari dokter seperti microdermabrasi dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan sel kulit mati dan bekas kehitaman dikulit. Segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Terimakasih

    • ,,,,,, السلام علايكم ,emba saya terkena musibah s,luruh badan saya dari muka sampai kaki pokok nya bagian depan terkena minyak panas sy dah pergi k,dokter y, s,krang sudah membaik tapi bagian kulit sya yg terkena miyak s,krang menjadi hitam,hitam,,gimana cara nya y emba supaya kulit sy s,perti s,mula terutama di muka,,,siapa tau emba punya tips tentang kulit ….terbakar ,,,,,terimakasih,,,,,,,

      =========================================

      Saya turut prihatin untuk musibah yang terjadi, semoga mbak tegar dan kuat ya.
      Jika kulit menjadi menghitam berarti luka sudah mulai mengering. Untuk mempercepat kesembuhan saran saya Mbak rajin konsultasi dan berobat ke dokter setiap bulan. Harus setiap bulan ya.

      Konsumsi obat yang dari dokter beserta dengan salep yang diberikan. Kulit tidak boleh digaruk. tempat tidur harus bersih kering dan rajin mengkonsumsi Vitamin 3 x sehari. Beli NaturE. Banyak minum air putih, makan sayur dan buah agar cepat pulih.

      Hindari kontak dengan sinar matahari langsung. Jangan kena air dan sekali lagi jangan digaru. Semoga cepat sembuh ya. Terimakasih

  61. mbak kalo menghilangkan bulu kaki pakai apa ya?soalnya bulu kaki saya banyak banget kaya cowok gitu mbak.trus saya pernah liat di internet.yaitu dengan cara makai merika,kapur barus dan minyak tanah.apa nantinya kalo memakai campuran itu akan tumbuh lagi mbak ya?takutnya malah tumbuh lebih lebat n tebal..trus saya pernah tanya diNATASYA SKIN CARE katanya sudah gak ada laser menghilangkan bulu kaki.terimakasih sarannya.

  62. Mbak, saya kecipratan minyak panas, terus saya dinginin pake air kurang lebih 5 menit, nah pas di kasih air itu, kulit nya kelupas sendiri. apa boleh dikasih bioplacenton pas kulitnya kelupas? soalnya saya kasih biolacenton…. lukanya sih di 4 titik kecil-kecil …
    Terima kasih

    ===================================================

    Kalo lukanya sudah dingin, tidak panas lagi. SIlakan diberi salep Bioplacenton.
    Minum Vitamin E sebanyak 2-3 X sehari biar cepet kering lukanya. Terimakasih

  63. sebenernya sii….
    orang-orang jaman dulu bilang kalo di kasih odol…untuk meredakan rasa panas saat terjadi luka bakar…secara,..odol kan dingin karena di dalam odol terdapat kandungan mint-nya..
    kalo di kasih kecap tu saya malah baru tau..heheheh
    lebih ampuh..setelah luka bakar di rendam dalam air dingn (bukan di tempelin es) di beri daging dari tanaman lidah buaya untuk meredakan panas dan melepuhnya…

  64. mbak aku barusan kena kuah mie gitu masih panas cuman bukan mendidih. nah pembantu ku suruh pake odol, aku coba deh pake odol tapi odol nya aku pake dibawah air mengalir. aku cuci terus pake lg gitu ampe berkalu kali aku ulang begitu. sama emba ku malah lngsung di tuang kecap banyak bgt….. efek nya kalo gitu bisa apa ya? mami ku lgsung omelin mba ku terus kasih bio placenton. karena bioplacenton nya udh mau abis beli lg deh, pas di tanya ama apoteker nya yg bagus apa buat luka bakar, dia jawab mebo. akhirnya di olesin mebo dan skg malah keluar bintik bintik kecil gitu katanya sih melepuh. trus kata mami ku besok besok bakal gede dan ada air nya. aku harus gmna mbak skg hehe thx info nya

    ===========================================

    Langkah awal penanganan lukanya memang salah. Jangan pake odol apalagi kecap.
    Seharusnya jangan langsung pake krim bioplacenton. tunggu sampai lukanya benar-benar dialiri air mengalir dan sudah terasa tidak panas lagi. Diamkan sampai tidak panas!!!

    Melepuh dan berair karena lukanya masih panas.
    Bioplacenton atau Mebo memang bisa dipakai karena memang untuk mengobati luka bakar.
    Saran saya kalo 2 hari kedepan belum ada perubahan sebaiknya berobat dan konsultasikan ke dokter. Terimakasih

    • Skr sy lg mengalaminnya mbak… Dua hari yg lalu paha saya tersiram air mendidih. Lgs sy guyur air di shower 20 meniit, dikeringkan lalu olesin bioplacenton. Tp skr kok jd bergelembung. Bagaimana ini apa airnya akan keluar atau kempes sendiri mbak ? Bingung… Tiap jalan rasanya airnya ikut goyang2. Trims mbak

  65. Mba temenku, kukunya kena luka bakar trus skrg keluar cairan putih2 gitu. Apa itu bahaya dan bagaimana cara pengobatannya? Makasih

  66. Mbak.anak saya telapak tangannya terkena setrika. Karena kebiasaan ortu saya ngasih pasta gigi jadi saya ikuti. Ternyata malah menggelembung. Gimana caranya supaya gelembungnya bisa segera kempes ya mbak? Thanx

  67. klw udh dkasih bioplacenton tpi luka nya gk kering mlah barair itu langkah selanjut nya gimana ya….mohon penjelasan nya

  68. halooooww mba rina,aku mo nanya nih,anaku usia 2,5 th kena klnalpot,ak taunya kulitnya udah nggelembung coklat *anaku super aktif* trus aku kasih bioplacenton,krn si anak loncat2 eeh pecah deh itu gelembung kulitnya,trus sdh 2hr >>> mandi pagi hr ga sengaja kena tanganku,kluar darah githu,trus tak kasih bethadine,tp msh merah bgt, agar cpt kering kasih salep apa ya mbak,trimakasih sblmnya… salam manis …4×4=16 ya mba heheheheee

    ==================================================================

    Agar luka cepat sembuh tetap diobati dengan Bioplacenton. Lebih dijaga agar lagi agar lukanya cepat kering.
    Kenapa tidak ke dokter saja agar dapat diberikan antibiotik ringan agar lukanya cepat kering dan tidak infeksi.
    Ke dokter lebih baik ya. Terimakasih

  69. soutcccccchhhhhhhhhhhhhhhhh…………
    Qu jga kna air pnas udh smbh lknxa tpi cman bkasnxa msih ada
    nhcccccccccc gmna c’ranya yahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    ========================================

    Mengkonsumsi Vitamin E sangat baik untuk mempercepat regenerasi kulit.
    Dikonsumsi saja 2-3 x sehari agar bekas lukanya memudar dan lakukan peeling didaerah tersebut untuk mengangkat kulit mati.
    Terimakasih

  70. Ini tangan sy kena iritasi dan lukax spt gelembung kena knalpot,, dan blm pecah? Gmn y pngobatannya,, tq

    =======================================================================

    Jangan dipecahin. Nanti kering sendiri.
    Coba beli salep Bioplacenton di Apotek terdekat dan minum Vitamin E 2 x sehari agar mempercepat regenerasi kulit.
    Terimakasih

  71. mbaaaaa…. baru aja
    anak saya megang setrikaan (padahal sudah
    diamankan,tp tetep z dapet) tangannya
    langsung bengkak (1jari z sih) berair gthu
    seperti melepuh (mba tau kn kl kena setrika
    langsung gmna bentukx?) udah saya siram
    dgn air mengalir, sekitar 5-10m saya kasi
    minyak tawon.. terus yg mw saya tanyakan kl
    dkasi obat bakarx (bioplaseton) ntr sore (aga
    telat ngasix) gpp ga ya??? ga ada suami
    drumah, apotik jg jauh.. jd mesti nunggu
    suami pulang gawe dl. jd utk sekarang ini
    apa yg harus saya lakukan??? bioplaseton
    co2k utk ank dbawah 1thn ga??? aman ga??
    kira2 akan demam ga ya si kecil?? paniik…

  72. ªķΰ kena kenalpot kog susah bngt sembuh nya knp ea …..ªķΰ seg pusing dah ªķΰ obatin tp gug sembuh mash aj belom sembuh…solusi nya gmn

  73. mba sebulan yang lalu pipi saya terkena minyak goreng, lukanya sudah ngelupas tapi setelah itu berbekas menjadi kecoklatan bekas lukanya..klo di beri bioplasenthon bisa ngilangin bekas luka yg kecoklatan itu seperti semula lagi gak mba??

    ditunggu jawabannya yaa mba :) makasiihh..

  74. mba sebulan yang lalu pipi saya terkena minyak goreng, lukanya sudah ngelupas tapi setelah itu berbekas menjadi kecoklatan bekas lukanya..klo di beri bioplasenthon bisa ngilangin bekas luka yg kecoklatan itu seperti semula lagi gak mba??

    ditunggu jawabannya yaa mba :) makasiihh..

  75. Mba.,2mgu llu aq trkna luka bkr smpe tngn q bengkak.trus dktr nyaranin buat ngmpres jri2 yg bngkak tu pke rivanol+pke bioplasenton jga.kra2 hrus brapa lma d kmpresnya.apa bleh d hntikn skrg.karna kulit matinya udah mulai gnti jd kulit bru*tp blm smua*apa msh hrus d kmpres/d ksh bioplasenton aja lukanya.krna skrg udah gk trasa pnas lg.tlg d blz yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s