Obat Influenza Menyebabkan Pendarahan otak

Phenylpropanolamine  obat influenza (decongestant) mulai 1 Maret 2009 ditarik oleh FDA USA karena terbukti menyebabkan Pendarahan Otak.

Phenylpropanolamine HCL singkat (PPA) adalah obat untuk mengobati influenza, banyak obat flu dipasaran yang mengandung PPA, seperti Decolgen, Decolsin, Neozep Forte, Sanaflu Forte, Stop Cold, dll.  Lantas dengan keluarnya berita diatas oleh FDA USA apakah semua obat didunia yang mengandung PPA akan ditarik dari peredaran?
Hal itu diserahkan kepada kebijakan BPOM negara masing-masing… Tidak semudah itu untuk menarik obat. Sampai sekarang belum ada statment khusus dari BPOM bahwa PPA ditarik peredaran, maka PPA masih dapat digunakan.

Dulunya, PPA yang memiliki khasiat sebagai decongestant yang juga memiliki efek appetite supressant, oleh masyarakat awam justru efek samping yang digunakan sebagai obat pelangsing. Hal itu sungguh berbahaya untuk kesehatan.

Menururt saya memang benar bahwa penggunaan Phenylpropanolamine berbahaya untuk kesehatan karena dapat menyebabkan pendarahan otak dan stoke. Namun hal itu ada pada kisaran dosis pheylpropanolamine 25mg, jika dosisnya diperkecil menjadi 12,5mg ternyata pheylpropanolamine masing dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu kini komposisi obat inzluenza yang mengandung pheylpropanolamine  dosissnya sudah diturunkan menjadi pheylpropanolamine 12.5mg *lihat komposisi obat flu didalam etiket obat*. Lega…

Jadi berita yang menyebabkan PPA berbahya hal itu sama sekali tidak benar karena dosisnya sudah dikurangi.

Selain PPA apakah ada obat yang sama khasiatnya tapi yang lebih aman?

Penelitian dan pengembangan obat influenza tidak berhenti sampai disitu saja dengan menurunkan dosis, ditemukanlah  dua bahan aktif yang lebih aman dari PPA, yaitu Pseudoefedrin HCL dan Phenylephrin.

Pseudoefedrine HCl 60mg ada dalam komposisi obat influenza yang beredar dimasyarakat, seperti Actifed,  Triaminic, Procold, Tremenza. Obat ini lebih aman daripada PPA dan dosisnya lebih kecil, namun karena golongan ini merupakan prekursor maka setiap kegiatan pembeliannya sangat diawasi oleh BPOM sehingga prosesnya agak ribet. just information… pseudoefedrin prekursor metamfetamin. Artinya dengan ditambah proses beberapa tahap lagi pseudoefedrin dapat menjadi shabu-shabu narkoba.

Phenylephrine juga  aman dan proses pembelian bahan bakunya mudah dan dosisnya kecil hanya 5mg. Phenylephrine 5mg dapat kita jumpai dipasaran dengan nama dagang untk obat flu, seperti: Bisolvon Flu, Ikadryl DMP, Supra Flu,dll

Saya harap informasi ini dapat bermanfaat dan tidak perlu panik. Jika masih ingin mengunakan obat flu dengan kandungan Phenylpropanolamine (PPA) silahkan monggo. Kalo mau yakin “aman” pake Pseudoefedrin atau Phenylephrin.


About these ads

23 thoughts on “Obat Influenza Menyebabkan Pendarahan otak

  1. Pingback: Obat Influenza Menyebabkan Pendarahan otak

  2. @ Achoey
    A emang paling sehat se-Bogor hehehe
    Stay health dan cute :)

    @ Hobosic
    It’s good to see you here.
    thanks for join us and share

    @ Ok
    Isu yang sebenarnya sudah lama tapi tidak semua orang tahu. Semoga berguna :)

  3. Makacih nambah pengetahuan yang berharga, ….. ayo temen2, kalau mau sehat jangan minum obat sembarangan, akibatnya bisa menjalar ketempat lain sakitnya.

  4. kalok gak salah pengurangan dosis PPA di Indonesia sudah dilakukan besar2an pada taun 2000 menyusul penarikan dari FDA sekitar taun 98-99-an, dan saat itu semua obat di Indonesia yg tadinya mencantumkan PPA 25 mg merubah formulanya jadi 12,5 – 15mg.

    Terakhir tempatku gawe jg aku ngeformulain PPA (kalok gak salah lagi) 15 mg/tablet, kira2 taun 2003 – 2004 (wuh lama benerrr). masih diijinkan sama POM.

    entah kalok skrg, coz udah gak jadi tukang obat lagi :D

  5. Sudah lama aku pakai Procold yang mengandung pseodoefedrin HCL 30 mg pengganti PPA, itupun cukup dgn 1/2 tablet sudah efektip.

  6. tadi pagi liat berita ttg ini di tipi…

    katanya bppom uda mengontrol obat2an yg beredar di indon jd kadar penil2nya masi ‘aman’ digunakan…

  7. @ toto
    dengerin apa kata pak guru :)
    makasih.

    @ Mia
    bener banget mia formula PPA 12.5-15mg masih diperbolehkan dalamobat influenza.
    Biarpun sudah tidak jadi “tukangobat” harus tetep berbagi :)
    blog mu bangus deh…

    @ Ana
    Flu memang penyakit umum, agaknya dengan pola makan teratur. cukup istirahat dan makan yang sehat semoga ga akan sakit flu :)
    Minum vitamin C saja sebernarnya cukup.

    @ Cenya 95
    hadir ya… welcome mas :)
    sekalian sama minum teh hangat dan dipijet tambah sip deh.

    @ Yoan
    Setiap Active Pharmaceutical ingredient yang ada dipasaran pastilah sudah melewati serangkaian pemeriksaan, seperti penetapan kadar, dosis lazim, interaksi obat. DRP-lah (Drug Related Problem)nya…

  8. bukannya obat flu paling mujarab adalah istirahat? bulan lalu flu berat pas ke dokter cuma disuruh istirahat, makan cukup dan banyak minum air….ga dikasi obat sama sekali…..disini jarang banget dokter kasi obat….

  9. Pingback: Obat Flu Sebabkan Perdarahan otak | ADAbisnis.com

  10. thanks bgt infonya ya…. infonya bagus, komennya juga bagus2.
    aku setuju kalo flu ga perlu langsung di kasih obat, yang penting memang istirahat biar cepet fit lagi.
    sekedar berbagi, aku termasuk orang yg paling gampang kena flu tapi sekarang aku coba vaskinasi influenza. kalo dari pengalamanku sih memang tubuh jadi lebih tahan terhadap virus itu (walaupun tidak berarti terbebas dari flu selama 1thn) dan kalo diliat dari harga juga cukup terjangkau harga vaksin ga sampe 200rb & pengulangannya cukup setiap tahun (untuk dewasa & anak diatas 10thn). sejauh yg aku tau kalo ga di ulang jg ga masalah tubuh ga jd makin lemah terhadap virus influenza.
    kalo menurut aku sih ini juga pilihan yg cukup aman untuk menghindari influenza. iya ga ibu apoteker????
    untuk masalah dimana bisa dpt vaksin itu, mungkin di RS / klinik anak / diapotik2 yg ada praktek dokter anaknya.
    kalo waktu itu aku vaksinasi di klinik anakku-cinere, no telp-nya 021-7545123

  11. efek samping PPA juga meningkatkan tekanan darah, setiap orang yang tanya obat flu di Apotek-q selalu kutanya punya riwayat HT ato nggak. Klo punya maka dipilihkan obat flu OTC tanpa PPA.

    Waspada terhadap obat dan tanyakan selalu obat anda pada Apoteker

    • Dear Lia,

      Betul banget, sebagai farmasis sudah saatnya memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat.

      Bahkan sekarang penggunaan Pseudoefedrin sudah diawasi pemerintas USA.
      Mungkin lebih amannya mengunakan decongestan Phenylephrine.

      Regards
      Rina Susanti, Apt

  12. ibu saya mengalami pendarahan otak,,,,,,,
    mohon bantuan nya kalo ad yang tau obatnya

    ==============================================

    Sebaiknya periksakan diri ke dokter, dimana letak perdarahan otaknya.
    Nanti dokter yang akan memberikan saran pengobatan yang tepat untuk Mbak Emil.

    Obatnya harus dengan resep dokter dan pengunaannya diawasi agar dosisnya tepat. Terimakasih

  13. trmaksih ats infrmasi nya. Jadi saya ckrg udh tau ap kgunaan na ppa it..!!

    =============================================

    Sama-sama
    Senang bisa bermanfaat tulisan ini :D

    Baca tulisanku yang lain ya. makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s