Obat Nyeri Saat Menstruasi

Sebagai wanita pastinya pernah mengalami nyeri saat menstruasi. Rasanya seperti mulas, badan lesu, mudah capek dan nyeri. tingkat nyeri setiap wanita berbeda-berbeda… lantas bagaimana mengobatinya?

Kalo diiklan kita sering melihat “Kiranti- Rahasia sehat datang Bulan
Kiranti Sehat Datang Bulan membantu melancarkan haid dan mengatasi berbagai keluhan haid. Kandungan Curcumae Domesticae Rhizoma dengan Curcumin-nya terbukti efektif membantu mengatasi nyeri haid.

Bagaimana penjelasan ilmiahnya? apakah aman untuk dikonsumsi? apa benar itu bisa bikin ketagihan?

kiranti_bulanKandungan Kiranti itu adalah kunyit. Nama latinya Curcuma Domestica Rhizoma, Familia Zingiberaceae. Didalam kunyit ada kandungan akitf¬† yaitu Curcumin. Disini dikatakan bahwa “… Kurkumin juga memiliki khasiat meredakan nyeri. Sebuah penelitian yang dimuat pada bulan November 2006 dalam jurnal Arthritis & Rheumatism menunjukkan efektivitas kurkumin sebagai pereda inflamasi pada sendi. Senyawa ini merupakan penghambat alami enzim COX-2″. [bukan ngiklan kiranti loh..]

Jadi dalam kunyit punya bahan aktif alami yang dapat meredakan nyeri . Kiranti berasal dari alam pastinya aman untuk dikonsumsi. Untuk  ketagihan mungkin itu unsur sugesti aja, kalo ga minum kiranti ga sembuh hehehe.

Selain yang alami kita juga dapat mengkonsumsi antipiretik. Antipiretik itu artinya meredakan nyeri tapi ini pereda nyeri bukan dari alam tapi sintetis. apakah berbahaya? tidak. Jika nyerinya sudah ga tahan mungkin kita bisa membeli antipiretik di Apotek tedekat. Nama generiknya Asam mefenamat 500mg. Mefenamic acid ini Cukup diminum dua kali sehari. Jika sudah tidak sakit obat boleh dihentikan.

Semoga tidak sakit lagi :)

About these ads

45 thoughts on “Obat Nyeri Saat Menstruasi

  1. eh saya ngga pernah minum yang sejenis Kiranti gitu… err kenapa ya.. ngga percaya lebih tepatnya..

    Dulu waktu jaman kuliah pernah kalo haid sampe sesakit-sakitnya cuma bisa guling-guling di kasur doang, sama dokter di kasih obat – ntah apa namanya, saya lupa – cuma minum satu doang abis itu udah, selesai sakitnya. Bulan depan pas sakit lagi, ya minum lagi. Gitu aja..

    tapi ga lama sih.. ada sekitar 4 kali haid doang saya minum obat itu. sampe sekarang sih ngga pernah sakit lagi yang sampe guling-guling gitu…

    • haid saya tidak teratur, kadang 2 kali dalam satu bulan. kalau haid sakit sekali. belum ada obat yang cocok. tolong diberi tahu nama obat yang digunakan, kalau lupa mungkin bisa ditanya dokter yang pernah kasi obatnya.

      =========================================

      Kalo Muliati sering nyeri haid, coba aja ke Apotek dan membeli asam mefenamat 10 tablet.
      Diminum 3 X sehari sesudah makan. Jika sudah tidak sakit obat boleh dihentikan pemakaiannya. Terimakasih

  2. @ Chic
    Kemungkinan obat yang direspekan oleh dokter adalah Asam mefenamat. Ada banyak merek dagang :)

    temen saya ada yang sampai guling-guling-pingsan saking sakitnya dan itu setiap menstruasi :(

    sekarang mbak Chic tetep guling-guling dikasur toh hehehe
    *mesum on*

  3. @ syelviapoe3
    kalo untuk meningkatkan nafsu makan Namanya Curcuma xanthorrhiza Roxb,. namanya Temulawak.

    meski sama-sama satu famili Zingiberaceae, spesiesnya berbeda :)

    Pengen gemuk ya? makan aja… :)

    @ goncecs
    nyasar tapi nambah pinter kan…
    women area.
    kalo gitu besok saya tulis male area deh biar kesini lagi :)

  4. ya sering denger mba Rin ttg asam mefenamat, intinya itu buat ngilangin sakit kan yah? apa kandungannya sama saja dg obat pereda nyeri haid lain misal Feminax?

  5. apa benar kalo sudah tidak perawan maka darahnya menjadi mengalir lebih lancar sehingga tidak sakit?

    jadi biar tidak sakit…. jebol selaput daranya!

    begitukah?

  6. dua “obat” itu sudah jadi langganan saya setiap bulannya. Tapi untuk asam mefenamat hanya saya minum hari pertama aja…itupun kalo pas dapatnya di hari kerja, biar bisa kerja dengan lancar. Soalnya kalo ga minum itu bisa panas dingin ga karuan…hehe

  7. @ syelviapoe3
    aku masih seperti yang dulu loh… *halah*

    @ desty
    kamu sudah melakukan swamedikasi dengan baik. Good…
    tetep ikuti aturan pakai ya…

    @ deteksi
    siapa yang mau dijebol mas det? hehehe….
    gini, yang namanya selaput dara itu bentuknya seperti selaput sangat tipis yang berada dipintu depan vagina.

    bentuknya selaput dara/hymen tidak harus bulat penuh imperforate, beberapa buku menyebutnya seperti bulan sabit itu bentuk yang umum.
    lihat gambar disini http://www.youngwomenshealth.org/Images/hymen_variations.jpg

    Jadi sebagian besar wanita mempunyai selaput dara yang tidak utuh (bulat penuh), hal ini sangat memudahkan wanita dalam menstruasi. Perawan atau tidak perawan darah menstruasi pastinya mudah mengalir.

    tidak perlu dijebol karena bentuknya sudah bolong :)

  8. kalo jus jeruk misalnya berri, saat udah dibuka maksimal 1 minggu harus habis karena biasanya rasanya suka berubah jika lebih dari itu.
    bagaimana dengan si kiranti ini? kenapa bisa tahan lama? apakah berarti mengandung zat pengawet mbak? ato ada kandungan alami tertentu dalam curcuma yang bikin dia tahan lama atau gimana?

  9. M’ c,.aq nglami dismenore ni udh lma dri smu dlu, aq udh minum mcam2 obat dr yg alami smpai yg sintetis,.kx skity gx ilang2 y?skrng aq coba minum puyer 16, agak mndingan sch? Knapa y??

  10. stiap hr prtama mens,pasti skt’y mnt ampun.jd sring izin plg paz lg krj,g karu2an deh pko’y.ada g yc obat ajaib yg bs ilangin skt’y?so,utk mens2 mndatang ga uring2an lg.

    =====================================

    Kalo sakitnya ga nahan lagi, biasanya pake asam mefenamat. Diminum 3 kali sehari.
    Gunanya sebagai pereda nyeri/ analgesik. Kalo udah ga sakit berhenti minum obatnya.
    Semoga bisa membantu :D

  11. Sekedar sharing aja, barangkali bermanfaat. Kunyit Putih juga membantu mengatasi nyeri haid dan memperlancar haid loh. Alhamdulillah, kami mudahkan masyarakat dengan Kunyit Putih Sulthon yang mempunyai komposisi murni dari curcuma mangga dan gula pasir. Silahkan kunjungi murnialami.com. Syukron.

  12. kenapa ya kalau setiap mens kaki n perut saya pasti sakit,,tp kl gk lg mens gk sakit…bahkan mpe mu jalan aza susah sangking nyerinya!!bingung mu minum obat apa??semoga ada solusi bwt saya..

  13. itu Yg obatnya namanya asam mefenamat itu ada efek samping nya ga ya, mau minum kiranti takut ada kandungan aneh nya (ga alami), jadi ga berani. tp ga d’minumin apa2 sakit nya ga k’tulungan.trus asam mefenamat itu hrz d’minum rutin pd saat menstruasi?
    kl ga minum2 kambuh2 lagi donk ???
    bnyk org kasih saran, “PERIKSA KE DOKTER” tkut nya ada kista, ap betul tuch sakit menstruasi akibat dr kista?

    ==============================
    asam menefamatanya diminum 3 kali sehari hanya pada saat sakit aja.
    Kalo ga sakit ya tidak usah diminum.

    Setiap obat memang ada efeknya jika dikonsumsi secara berlebihan. Kalo diminum hanya hari pertama dan kedua saat menstruasi kayanya sih ga ada masalah.
    Kista atau tidak saya tidak tahu. coba tanya sama mama waktu muda menstruasinya seperti apa? jika beliau fine-fine aja dan sekarang kamu sakittttttttt luar biasa sebaiknya ke dokter aja.

    Bisa saja ada sesuatu atau mengalami PMS type berat.

  14. ass..mo nanya,, lw doyan makan nanas baik ga sich wat cewe??????????

    ==========================================

    Pada dasarnya semua buah boleh dimakan.
    Hanya makannya jangan banyak-banyak, cukup sepotong aja.
    Bukan satu buah nanas per hari.

    Variasikan dengan buah-buahan lagi, seperti pepaya, mangga, pisang, jambu, salak, duku, sawo, dll.

  15. and setiap aq menstruasi,,,aq merasa sakan nyeri yang sangat hebat,,tp jika aq minum oskadon rasa sakit tu hilang..obt yang aq mnum bhaya ga????

    =====================================

    tentu saja tidak berbahaya tapi jangan terus-terusan.
    Mbak, Isi obat Oskadon itu bahan aktifnya paracetamol 500mg dan caffeine anhydrous 35mg.
    Obat ini biasanya digunakan untuk yang sakit kepala dan migran. Sebaiknya sih tidak diminum setiap sakit datang bulan.

    Besok lagi kalo sakit karena menstruasi beli di Apotek Asam mefenamat (harganya murah kok, obat generik) 10 tablet.
    Diminum 2-3 kali sehari. Diminum kalo sakit aja. kalo udah ga sakit berhenti ya. Biasanya sih, reda nyerinya.
    Coba aja. terimakasih.

  16. assalamualaikum…
    aku peljar SMA umur 16 tahun,,

    aku mau konsul,,aku kan mensnya itu ga pasti,,terakhir mens kmaren itu bln agustus,,nah november skrg br mens…dan itu sudah setengah bulan,,apa itu berbahaya??

    =====================================

    Dear Rima,

    Mulai hari ini sampai seterusnya biasakan mencatat tanggal pertama menstruasi setiap bulannya.
    Hal ini penting untuk mengetahui masa subur dan periode menstruasi.

    Jika hal ini baru terjadi pertama kali maka terlambat menstruasi ini masih wajar. Pengaruh hormonal aja.
    Cukup istirahat minum multivitamin aja. Misalnya bulan depan terlama sampai dua bulan sebaiknya periksa ke dokter tetapi kalo menstruasinya sudah berjalan normal ya syukurlah.

    Stay healthy and Beauty :D

  17. Minum kiranti bisa mengugurkan kandungan ga?

    ===================================

    tentu saja tidak,
    Kiranti ini mengandung bahan herbal alami yang digunakan saat nyeri datang bulan dan bukan untuk mengugurkan/ aborsi.

    Lagipula kenapa harus di aborsi? berikan kesempatan untuk janin itu hidup. Itu adalah hak setipa manusia untuk hidup dan bernafas.
    Jangan diaborsi.

  18. Mksud saiia jika saia lgi hamil 1 mggu
    Trus minum itu
    Ap bisa jd keguguran?

    —————————————

    Saya malah ingin bertanya, kenapa sudah tahu hamil masih minum Kiranti? Apa alasannya?

    Kiranti itu digunakan untuk mengurangi nyeri menstruasi dan bukan untuk wanita hamil. Meskipun ini tidak membuat keguguran, saya berharap Kirantinya jangan pernah diminum.

    Ibu hamil sangat rentan dengan makan, minuman, obat-obatan. Tidak boleh sembarangan mengkonsumsi apapun. Kehamilan ini harus dijaga baik-baik dan menjaga asupan gizi yang cukup.

    Semoga kehamilannya dan dan nanti melahirkan anak yang sehat. Terimaksih

  19. Kalau bulan januari saia mens tggl 20
    Tp smpai skrg blum mens,gmna?
    Ap itu tnda hamil?
    Saya belum pernah melakukan apapun
    Kcuali oral
    Saya ingn konsultasi
    Mhon bntuannya

    ———————————-

    Dear Rosa,
    Terimakasih untuk pertanyaannya.

    Menurut saya masih terlalu dini menyebutnya kehamilan karena smp hari ini (25/2/11), Rosa baru telat mentruasi 5 hari saja (terakhir 20/1/11 kan?).

    Selain itu saya ingin mengajak Rosa untuk berhenti dari aktivitas seks sebelum menikah. Hal itu untuk menghindari kehamilan dan resiko penyakit kelamin menular.

    Memang sih peluang untuk hamil kecil tetapi kalo tangannya ada spermanya gimana? Terus masuk ke dalam vagina.

    Saran saya, Rosa sekarang lebih tenang dan tunggu sampai 10 hari. Bila menstruasi juga boleh saja menggunakan testpack untuk test kehamilan.

    Atau hal ini bisa (telat menstruasi) terjadi karena pengaruh fisik dan psikismu yang tidak stabil beberapa hari lalu. Semoga hasilnya yang terbaiknya.

    Untuk konsultasi lebih privat, silakan menghubungi saya lewat email. Terimakasih

  20. Email anda apa?
    Atau kita chat lewat YM? Bantu saya.

    ============================
    Silakan kirimkan email saya.
    COba lihat disamping kanan, dibawah gambar saya… ada kok.

  21. jika datang bulan selalu terasa sakit dan tiap bulannya minum obat yang di konsumsi obat oskadon apa akan ada efek samping yang kurang baik untuk kesehatan atau rahim………………..

    trimz……

    ===================================================

    sesekali sih boleh-boleh saja tetapi jangan keseringan.
    coba deh minum Kiranti

  22. saya memiliki prt yang datang bulannya darahnya selalu kental dan sangat sakit sehingga tidak bisa bekerja. diobatinya bagaimana ya? dia juga ada masalah
    di maagnya.thx

    ======================================

    Kalo setiap datang bulan selalu mengalami rasa sakit yang hebat dan nyeri luar biasa sebaiknya segera berobat ke dokter untuk mendapat pengobatan dan mengecek organ reproduksinya untuk mengetahui keadaan kondisi tubuhnya. Terimakasih

  23. q ja klo lg haid smpe” prnh pingsan tu smua krna skit yg luar biaza…
    q smpe skrng gk tw obat yg manjur deh ,,,kiranti bat q gk da efeknya deh,,.te”ja,,

    apa siiiih obatnya kcih tw dong

    =====================================

    Kalo menstruasinya sampai pingsan dan nyeri hebat artinya kamu harus istirahat total selama menstruasi hari pertama sampai ketiga.
    Sepertiny akadar glukosanya terlalu rendah, coba makan permen biar ga pingsan.

    Tidak perlu pake obat dokter nanti takut ketergantungan, kalo menstruasinya selalu seperti ini ada baiknya kamu berobat ke dokter spesialis kandungan untuk mendapat pengobatan yang tepat dan mengurangi derita menstruasi. Terimakasih

  24. kl aQ lg datang bulan, hari pertama itu sangat sakit, kadang sampai pusing dan pingsan. tapi cuma hari pertama saja.

    obatnya apa ya..???????????

    ========================================

    Jika kamu merasa sakit dan nyeri saat hari pertama menstruasi, coba minum asam mefenamat 500mg diminum 2-3 x sehari. Baik untuk mengurangi nyeri menstruasi.
    Terimakasih

  25. Ak mw tny, tp agk aneh sh..hee..mnrt mbak apkh bs hamil ktika ak m cwo ak pelukan bareng, tp seingatku punya dy m punyaku bergesekan. Memang sih ak n dy pke jeans, lgian ak jg pke pmbalut n CD.. Jd apkh ad kmungkinan hamil?? Please jwb yah mbak!! Ak tkut bngt nih… :’(

    ==================================================

    Kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil
    Tetapi saya berharap jangan lakukan lagi, beruntung kalian masih berpakaia lengkap. Kalo sudah lupa diri bisa bisa sudah berbuat terlalu jauh.
    Masa depanmu masih panjang :D

    • ak mo tanya… apakah saat berhub badan pada saat haid bisa hamil????untuk berhub badan yg aman itu sebelum ato sesudah haid ya????(biar gk hamil)

      ======================================

      Jangan melakukan hubungan seks saat menstruasi. Sabar aja, paling hanya tunggu 5 hari.
      TIdak baik untuk kesehatan.

      Untuk yang aman, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi agar tidak hamil.
      Jenis kontrasepsinya mohon diskusikan dengan Bidan Andalan :D

  26. dua tiga bulan kebelakang haid aku terasa sakit banget,biasanya gak pernah pake obat obatan apapun, tapi karena kerjan yang ga bisa di tunda aku di saranin minum asam mefenamat di apotek, emang lumayan jadi enakan, tapi ko yah kenapa bulan bulan berikut nya haid ku jadi ga teratur, kadang telat sampe satu minggu padahal sebelum nya paling telat 3 harian, kenapa yah?apa ada hubungann nya degan obat yang aku minum????

    ============================================================

    Tanggal menstruasi bukan tanggal mati, menstruasi bisa dinamis tergantung dari kegiatan kita dibulan itu.
    Menstruasi juga dipengaruhi oleh faktor hormonal, psikis dan stress jadi bisa saja berubah-ubah.

    Asam mefenamat juga umum digunakan untuk derita menstruasi karena fungsingya sebagai analgesik (penghilang rasa sakit) jadi tidak ada hubungannya dengan telat menstruasi.
    Terimakasih

  27. mana yang lebih tepat digunakan untuk meredakan nyeri haid, pake kiranti ato feminax ??? obat alami lain ada gak ?

    ==========================================

    Kalo untuk yang ektrak herbal sebaiknya pake Vitafem Free me buatan Dexa Medica. kandungannya dari Phaleria Macrocarpa (mahkota dewa) yang dapat mengurangi nyeri PMS.

  28. apa efek bagi wanita hamil jika minum kiranti? apakah janinnya bisa cacat atau ?
    trus bagaimana cara kerja kiranti?

    ===========================================

    pertanyaan saya adalah: kenapa sudah tahu hamil, kok malah minum kiranti? buat apa sih
    Ini bukan usaha untuk mengaborsi janin kan? please banget, kehamilan itu harus dijaga apa yang boleh dimakan, diminum, dipikiran, dan apa yang dilakukan.

    Keterkejutan saja suah bisa membuat janin berhenti berkembang apalagi minum minuman yang tidak direkomendasikan untu ibu hamil.
    Jangan diminum kirantinya. Sebaiknya konsultasikan ke dokter ya. Terimakasih

    • terimakasih ya sebelumnya… saya hanya sekedar ingin menambah pengetahuan.. krn yang saya tahu kiranti itukan seperti jamu kunyit biasanya… tapi timbul pertnyaan saya, kenapa di botol kiranti dimuat peringatan bahwa ibu hamil tdk dianjurkan untuk mnum.. hanya itu saja yang membuat sya bingung…
      akhirnya kan setelah ank muda mmbaca dmikian akan berdampak bahwa ank muda yg ingin mnggugurkan kandungan akan berpkiran kiranti bisa mnggugurkan kndungan… begitu ya kira”….

  29. Sekedar berbagi saja, semoga bermanfaat. Ada niat membantu juga ada niat promosi, silahkan ambil baiknya saja.

    Untuk keluhan seputar wanita dan kewanitaan, coba konsumsi kunyit putih. Jika kesulitan, sekarang sudah ada Kunyit Putih Sulthon. Alhamdulillah sudah banyak wanita yang cocok. Keluhan seperti nyeri haid, keputihan, dan lainnya bisa dicoba Kunyit Putih Sulthon. Terima kasih.

    =================================================

    Kok seperti sedang beriklan sebuah produk diblog saya?
    Mohon pembaca lebih bijaksana!!

  30. setiap x saya sakit, hampir selalu pas lg haidh… sakit apapun itu, demam, pusing.. semuany lah..
    malah pernah dlu semua badan saya nyeri, ngilu2 sush digerak2′i, mpek 1bln lebh awlny jg pas lg mens,..
    tu knp ya??
    uda gitu, waktu haidh saya makin lama makin mundur.. malah kadang2 telatnya mpek lebih dari 1 minggu, itu bagaimana??
    makasih..

  31. saya terakhir mens tgl 16_02_12,
    dan skrg blum men saya telat 3 hari,
    upa itu hamil apa gug,sya takut,tolonk kasih saran

    ====================================

    Jika baru terlambat 3 hari tentu saja ini bukan tanda kehamilan.
    Kehamilan baru dapat diketahu setelah 3-4 minggu terlambat menstruasi. Test pack positif dan pemeriksaan dari dokter yang komprehensif dapat menguatkan jika seseorang hamil.

    Jika tidak melakukan hubungan seks pastinya tidak perlu khawatir akan terjadinya kehamilan. Terimakasih

  32. Mbak, maaf mau nanya kan setiap kali haid hari pertama itu sakitnya minta ampun tapi setelah hari kedua dan seterusnya normal saja ga sakit. Setiap sakit haid saya selalu mengkonsumsi kiranti, apakah itu bahaya ? soalnya ada yang bilang kalau terlalu keseringan saat sakit haid minum kiranti/obat pereda sakit lainnya bisa menyebabkan ga punya anak nantinya ( hanya dengar saja dari teman ) apakah betul ? Mohon Jawabannya^^

  33. mbak mav mau tnya,saya lg mens hari ptma,rsanya kaya mau pingsan,mual,bdan panas,perut bawah sakit,mpe nangis…bahayakah itu?cara pnyembuhan gmna?

    =====================================

    Tidak bahaya kok. Hal itu biasa disebut Pre Menstrual Syndrome (PMS).
    Kalo badanmu terasa tidak sehat, sebaiknya periksakan diri kedokter.
    Jangan menangis *kasih tissue*

  34. saya mau tanya saya telat mentruasi terus…. 2 bln engga mentruasi lagi… kalau mengkosumsi kiranti bakal lancar ga atau langsung mentruasi ? makasih

  35. mba mau tanya nih, kalo lagi menyusui minum kiranti apa ga berbahaya buat anaknya, soalnya haid nya suka sakit dan gak lancar, terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s